Written by 08:08 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Air Mineral (Mineral Water) Terbaik

Berasal dari sumber mata air yang tinggi kandungan mineral, air mineral memberikan manfaat lebih dibandingkan air putih biasa. Di Indonesia, air mineral dikemas dalam botol plastik maupun kaca dengan mengikuti anjuran lembaga kesehatan. Apakah Anda bermaksud membeli air mineral untuk konsumsi harian?

Di Indonesia, Anda bisa menemukan mineral water dengan merek Aqua, Le Minerale, Pristine, hingga Equil, produk lokal dengan kualitas premium. Dari mulai kadar TDS, sertifikasi, dan aspek lain seperti nilai pH perlu diperhatikan ketika memilih mineral water. Yuk, baca tuntas artikel ini guna menemukan mineral water terbaik Anda!

Apa itu Air Mineral (Mineral Water)?

Banyak orang masih bingung dengan perbedaan air mineral dan air putih biasa. Memang secara tampilan keduanya tampak sama, namun dari kandungan dan asalnya jelas berbeda. Air mineral adalah air yang didapat dari sumber kaya mineral, seperti garam dan belerang. Berbeda dengan air putih biasa yang berasal dari hasil penyulingan air sungai, danau, atau sumber alami lainnya.

Tidak semua air alam bisa dikategorikan sebagai air mineral, namun mereka bisa diubah dengan menambahkan kandungan mineral atau mengaerasinya dengan karbondioksida. Baik air mineral asli atau buatan umumnya mengandung mineral yang beragam. Akan tetapi secara umum, air ini biasanya mengandung kalsium karbonat, magnesium sulfat, kalium, dan natrium sulfat.

Cara Memilih Air Mineral (Mineral Water)

Mineral water dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan derajat keasaman yang dimilikinya. Walau dinamakan air mineral, kandungan mineral di dalam setiap produk boleh jadi berbeda, Anda harus cermat memilihnya! Agar tak salah pilih, simak saksama terlebih dulu perihal pemilihan mineral water di bagian ini.

Pahami tentang Kadar TDS pada Air Mineral

Total padatan terlarut (TDS) adalah ukuran total gabungan zat organik dan anorganik yang terkandung dalam suatu cairan. Zat-zat ini termasuk apa pun yang ada di dalam air selain molekul H2O murni. Sementara yang dimaksud dengan garam anorganik adalah mineral alami, yang terdiri dari kalium, kalsium, magnesium, natrium, karbonat, nitrat, klorida, bikarbonat, dan sulfat.

Di dalam air, TDS ditunjukkan dalam satuan part per million (ppm) atau milligram per liter (mg/L). Satuan ini dimaksudkan untuk mengukur berapa massa bahan kimia yang terkandung atau mencemari per satuan volume air. Jika dianalogikan, satu ppm sama dengan satu detik dalam 11,5 hari atau satu menit dalam dua tahun. Dengan analogi demikian, kadar TDS sangat kecil dan jarang menimbulkan risiko bagi kesehatan.

Pilih Air Mineral dengan Kadar TDS sesuai Anjuran Lembaga Kesehatan

TDS yang ada dalam air pada umumnya bukan ukuran kontaminan tunggal, oleh karenanya ini tidak diatur sebagai masalah kesehatan bagi beberapa lembaga pemerintah. Akan tetapi, tingkat TDS yang tinggi bagaimanapun juga dapat mempengaruhi rasa dan bau air. Sementara tingkat TDS yang rendah akan mengurangi jumlah nutrisi yang ada di dalamnya.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No. 492/Menkes/Per/IV/2010, kadar TDS pada air mineral yang boleh beredar dan masih aman untuk diminum maksimum 500 mg/L. Sementara menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), batasan kandungan TDS yang dianjurkan berada di atas 100 ppm atau 100 mg/L. Jadi, Anda bisa mencari air mineral dengan rentang TDS kisaran 100 – 500 mg/L.

Sebaiknya Tidak Memilih yang Kadar TDS-nya 0 atau Lebih dari 500 mg/L

Banyak orang masih menganggap TDS adalah faktor estetika semata. Padahal dalam studi WHO, dijelaskan bahwa tingkat TDS yang berbeda-beda bisa mempengaruhi rasa dan baunya. TDS yang kurang dari 50 ppm atau 0 ppm tidak dianjurkan karena Anda akan kekurangan mineral esensial. Hal ini juga berdampak pada rasa air yang tidak diinginkan bagi banyak orang.

Sementara TDS yang tinggi di atas 500 ppm juga kurang direkomendasikan. Pasalnya, kadar TDS tinggi dapat meninggalkan endapan pada perabot rumah tangga dam menimbulkan korosi pipa. Di banyak kasus, TDS yang tinggi sering dikaitkan dengan kontaminasi zat limbah berbahaya seperti sulfat dan bromida arsenik yang dikhawatirkan memengaruhi kesehatan.

Pilihlah Air Mineral yang Memenuhi SNI dan Izin Edar BPOM

Air mineral yang diolah dengan teknologi tertentu dan dikemas langsung dalam botol, umumnya disebut dengan AMDK (Air Minum dalam Kemasan). AMDK ini terdiri dari air mineral dan air mineral alami. Air mineral biasanya mengandung mineral dalam jumlah tertentu, kemudian diolah tanpa mengubah atau menambah unsurnya sesuai SNI 3553:2015 yang memiliki 27 kriteria syarat mutu.

Sementara air mineral alami umumnya langsung diambil dari sumber mata air atau dibor dari sumur yang dalam, sehingga kandungannya tetap terjaga dari pencemaran. Meskipun begitu, air mineral alami harus melewati 11 kriteria uji mutu yang tercantum pada SNI 6242:2015, dan harus mengantongi izin edar BPOM sebelum didistribusikan ke masyarakat.

Periksa Derajat Keasaman (pH) yang Dimiliki

Sebagian air mineral yang dijual dalam kemasan biasanya mencantumkan nilai pH, dan sisanya tidak. pH ini digunakan untuk mengukur derajat keasaman atau alkali pada larutan. Air dengan pH rendah sering bersifat asam, dan air dengan pH tinggi umumnya bersifat basa (alkali). Sementara untuk air murni yang tidak tercampur kontaminan (netral) biasanya memiliki pH 7 pada suhu 25 oC.

Meski tidak ada pengaruh kuat antara pH air minum dengan kesehatan seseorang, air dengan pH kurang dari 6,5 dapat melepaskan ion logam dari perlengkapan pipa. Sebaliknya, air dengan pH lebih dari 8,0 akan sulit didisinfeksi. Di Indonesia, air yang boleh dijual harus memiliki pH 6 – 8. Sementara minuman seperti jus atau soda dengan pH di bawah 6 boleh diperjualbelikan, namun tidak dikategorikan sebagai air minum.

Jika Ada, Cek juga Kandungan Mineral yang Tertera di Kemasan

Umumnya kandungan setiap air mineral cukup bervariasi, terutama karena sumber dan pemrosesannya yang berbeda-beda di setiap produk. Air minum dalam kemasan yang baik setidaknya harus mengandung mineral alami yang baik untuk tubuh. Untuk itu, sebaiknya pilihlah produk AMDK yang mencantumkan keterangan “air mineral” pada label kemasannya.

Kandungan mineral pada air yang berguna banyak bagi kesehatan antara lain kalsium, magnesium, dan natrium. Kalsium digunakan tubuh untuk kesehatan tulang dan gigi. Sementara magnesium akan membantu dalam produksi energi, kontraksi otot, dan komunikasi sinyal saraf. Terakhir natrium, bisa membantu Anda lebih fokus karena mampu menghasilkan sinyal listrik antara otak, saraf pusat, dan otot.

Pertimbangan saat Memilih Sparkling Mineral Water

Sparkling water atau air berkarbonasi adalah variasi air minum, yang pada dasarnya tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Produk ini masih termasuk jenis air mineral, namun memiliki gelembung (sparkling) yang berasal dari sumur dengan karbonasi atau sumber mata air yang mengandung banyak karbondioksida dan hidrogen sulfida.

Namun ingat, beberapa produsen ada pula yang sengaja mangaerasi lebih banyak CO2 di dalam air agar lebih berbuih. Bahkan ada juga yang ditambahkan perasa, natrium bikarbonat, dan garam supaya cita rasanya lebih nikmat, contohnya seperti air soda. Sparkling water yang demikian tentu saja tidak menyehatkan, jadi lebih baik pilih sparkling mineral water untuk mendukung kesehatan Anda.

10 Rekomendasi Air Mineral (Mineral Water) Terbaik

Berikut kami rekomendasikan sepuluh produk mineral water yang dapat Anda beli di warung kelontong hingga supermarket terdekat. Pilihlah mineral water yang bisa diterima tubuh Anda, serta memenuhi standar keamanan dari lembaga kesehatan. Selamat memilih!

1. Eternal Plus (E+)

Dibotolkan langsung dari alam, tanpa sentuhan tangan manusia

Eternal Plus diklaim 100 persen mengandung natural mineral water, yang artinya diproses dan dibotolkan langsung dari alam. Karena tidak menggunakan teknologi ataupun melibatkan sentuhan tangan manusia, kandungan TDS produk ini cukup rendah. E+ tergolong baik karena terionisasi dan bebas logam berat atau bahan kimia berbahaya.

Sementara itu, air mineral ini juga lulus pengawasan mutu yang ketat dari Eplus Alkaline Water Pte. Ltd dengan standar ISO 22000:2005 (food safety management system), ISO 9001:2005, SNI, dan Halal. Untuk kandungannya ada 1,67 mg/L kalsium yang baik bagi tulang dan gigi, serta ada 1,00 mg/L magnesium yang dipercaya bisa menenangkan tubuh dari kecemasan dan stres.

Kadar TDS< 38 mg/L
Derajat keasaman (pH)> 8,3
Teregistrasi di BPOM
Isi500 mL
Kisaran hargaRp8.950

2. Aqua Reflections Still

Merefleksikan diri di tengah kehidupan modern dari kebaikan alam

Sparkling water bertajuk ‘Reflections of You’ ini cukup berbeda dari produk-produk Aqua yang biasa Anda temui. Terutama karena packaging-nya lebih elegan dengan bahan botol kaca. Sparkling water ini biasa diedarkan di hotel, restoran, atau kafe kenamaan yang mengutamakan kualitas tinggi dan lulus BPOM, sehingga harganya pun lebih tinggi dari air mineral pada umumnya.

Aqua Reflections Still mengantongi kebaikan yang tidak kalah baik dari produk AMDK Aqua lainnya. Baik pada kemasan 380 mL maupun 750 mL, dijelaskan bahwa kemurniannya terinspirasi dari sumber air pegunungan Salak yang tersaring melalui bebatuan vulkanis selama ratusan tahun, dan menyatu dengan mineral baik yang menjadikan setiap tetes dari AQUA ini bisa dinikmati semua orang.

Kadar TDSTidak dicantumkan
Derajat keasaman (pH)Tidak dicantumkan
Teregistrasi di BPOM
Isi380 mL
Kisaran hargaRp12.000

3. Le Minerale

Memiliki kandungan mineral yang sangat terjaga

Sumber air Le Minerale didapatkan dari 100 meter di bawah permukaan tanah, sehingga setiap tetes mineral yang terkandung di dalamnya masih sangat alami. Kandungan yang ada dalam air mineral ini meliputi kalsium, sodium, potasium, magnesium, nitrat, sulfat, bikarbonat, dan klorida. Kadar TDS 177 mg/L membuat mineral water ini ideal untuk penderita penyakit kardiovaskular.

Kesegaran Le Minerale ditandai dengan sedikit rasa manis yang menandakan mineral di dalamnya cukup seimbang. Produk ini juga sudah mendapatkan izin BPOM dan tersertifikasi MUI. Selain baik untuk pemeliharaan jantung, air mineral ini mampu menyeimbangkan asam basa dalam tubuh, mempercepat pemulihan kapasitas aerobik, dan menguatkan otot tungkai.

Kadar TDS177 mg/L
Derajat keasaman (pH)7,2 – 7,7
Teregistrasi di BPOM
Isi600 mL
Kisaran hargaRp1.666

4. Equil Natural Mineral Water

Produk lokal yang go internasional!

Produk lokal yang sudah menguasai pasar Eropa ini pada dasarnya merupakan produk eksklusif yang dibuat untuk masyarakat kelas atas. Equil Natural Mineral Water diproduksi dalam jumlah terbatas, mengingat kealamiannya yang terjaga tanpa pemompaan dan pelibatan teknologi lain. Untuk itulah TDS dalam air mineral ini hanya 89 mg/L.

Selain tampilan botol kacanya yang mewah, tekstur Equil Natural Mineral Water juga khas, terasa lembut dan segar. Selain varian ini, Equil mengeluarkan seri sparkling mineral water. Kedua vairan air minum berkanudngan mineral ini telah lulus BPOM. Anda dapat menikmati produk ini dalam keadaan dingin tanpa tambahan es agar lebih nikmat.

Kadar TDS89 mg/L
Derajat keasaman (pH)7,2
Teregistrasi di BPOM
Isi380 mL
Kisaran hargaRp19.000

5. Hydra Thera Natural Mineral Water

Kandungan alaminya bisa digunakan untuk hidroterapi

Hydra Thera Natural Mineral Water dapat digunakan untuk hidroterapi. Komposisinya 100 persen alami, yang langsung dibotolkan tanpa ada pengolahan atau pengubahan unsur di dalamnya. Seluruh kandungannya memenuhi standard CODEX untuk natural mineral water. Produk ini juga memenuhi target US-EPA karena bebas nitrat, klorin, dan disinfektan yang merupakan kontaminan berbahaya bagi tubuh.

Air mineral ini dipasarkan dalam kemasan PET khusus tanpa BPA guna memastikan keamanannya. Dengan paket 2 L ini, Hydra Thera Natural Mineral Water sanggup melengkapi kebutuhan mineral dan hidrasi tubuh Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, banyak orang memanfaatkan Hydra Thera untuk terapi diuretik dan detoksifikasi juga, lho!

Kadar TDSTidak dicantumkan
Derajat keasaman (pH)7,2
Teregistrasi di BPOM
Isi6 botol @2.000 mL
Kisaran hargaRp136.000

6. Pristine 8+

Memiliki ukuran mikro molekul yang bisa mengatasi dehidrasi dengan cepat

Kebanyakan air mineral umumnya mengandung ukuran partikel air berkisar antara 15 – 20 molekul. Berbeda dengan Pristine 8+, produk ini memiliki ukuran mikro molekul antara 5 – 6 molekul. Berkat mikro molekulnya, mineral water ini takkan membuat perut Anda kembung serta lebih mudah diserap tubuh.

Pristine 8+ adalah air mineral alami yang berasal dari sumber mata air Gunung Gede Pangrango. Air mineral dengan pH lebih dari 8 ini diproses bersama teknologi Jepang dengan tetap mempertahankan kesegarannya. Selain dipastikan higienis dan tersertifikasi BPOM RI MD 265210005974, Anda pun akan terlindungi dari bahaya radikal bebas berkat sifat antioksidannya.

Kadar TDS> 8
Derajat keasaman (pH)Tidak dicantumkan
Teregistrasi di BPOM
Isi400 mL
Kisaran hargaRp2.850

7. Aqua Air Mineral

Diproses melalui teknologi tinggi untuk menjaga kemurniannya

Aqua Air Mineral mengadopsi unsur yang mengikuti SNI terbaru. Produk ini telah melewati 400 uji kualitas untuk memastikan mutu produk tetap baik. Walau berasal dari Daerah Aliran Sungai, Aqua memastikan produknya ideal dikonsumsi dengan nilai TDS yang tergolong aman.

Dalam proses produksi, Aqua menerapkan teknologi modern untuk menjaga setiap tetes air bebas dari kontaminasi limbah berbahaya hasil rumah tangga maupun industri. Berkat proses dan teknologi yang canggih, Aqua Air Mineral pun hadir di sebagai pilihan ekonomis untuk memenuhi kebutuhan air harian masyarakat.

Kadar TDS140 mg/L
Derajat keasaman (pH)7
Teregistrasi di BPOM
Isi600 mL
Kisaran hargaRp1.750

8. Vit Air Mineral

Diolah melalui proses filtrasi terkontrol dan ozonisasi guna menjamin keamanannya

Walau tidak sepopuler merek sebelumnya, Vit Air Mineral mampu bersaing sebagai alternatif air mineral bagi penduduk Indonesia. Kualitasnya pun telah diteliti melalui banyak uji kimia, fisika, dan mikrobiologi, menjadikannya berhasil memenuhi standar ISO 9001 dan SNI 01-3553-2006-AMDK.

Tak hanya itu, Vit pun menerapkan standar HACCP di semua pabrik mereka untuk meningkatkan jaminan aman bagi setiap air minum yang diproduksi. Sebelum masuk lini produksi, dilakukan proses filtrasi terkontrol yang menjadikan air lebih bersih. Vit Air Mineral telah pula diozonisasi yang membuatnya bebas dari bakteri.

Kadar TDS178 mg/L
Derajat keasaman (pH)Tidak dicantumkan
Teregistrasi di BPOM
Isi600 mL
Kisaran hargaRp2.100

9. Crystalline

Kualitas air segar sebening kristal

Produk Crystalline dari OT Group ini memiliki klaim air bening sejernih kristal yang menyegarkan. Diperoleh dari sumber mata air pegunungan yang mengandung mineral kaya, mineral water ini dapat menjadi alternatif lain bila Anda bosan dengan karakteristik rasa dan kemasan dari produk keluaran brand lain.

Crystalline sendiri lebih banyak menjangkau general trade yang pada gilirannya turut menjangkau modern trade. Di samping kemasan botol yang praktis Anda bawa, produk ini dapat pula Anda beli dalam kemasan gelas 240 mL ataupun gallon water bottle dengan daya tampung 19 L.

Kadar TDSTidak dicantumkan
Derajat keasaman (pH)8
Teregistrasi di BPOM
Isi600 mL
Kisaran hargaRp2.600

10. Nestlé Pure Life

Lulus standar keamanan tinggi dengan rasa yang khas

Nestle Pure Life adalah air mineral yang diambil dari sumur atau persediaan kota, yang telah melewati uji kualitas mutu 12 langkah. Di samping memenuhi standar ketat untuk jenis air minum dalam kemasan, air mineral ini juga diperkaya mineral ringan untuk menambah kekhasan rasanya.

Setiap kemasan botol PET dari mineral water ini dapat didaur ulang untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Bila Anda ingin menerima kebaikan mineral dari konsumsi cairan sehari-hari, sekaligus membantu pemeliharaan bumi, ada baiknya menjatuhkan pilihan pada produk satu ini! Anda bisa temukan Nestle Pure Life di toko tradisional, pasar modern, dan bahkan Horeca (Hotel, Restaurant, dan Cafe).

Kadar TDS94 mg/L
Derajat keasaman (pH)6,8 – 7,4
Teregistrasi di BPOM
Isi330 mL
Kisaran hargaRp2.900

Kesimpulan

Ada mineral water lokal dan impor pada list rekomendasi produk di atas. Bila Anda membeli produk impor, sebaiknya perhatikan sertifikasi dari lembaga terkait yang mengurusi keamanan produk. Dari segi harga, kebanyakan mineral water tergolong murah, bukan? Pilihan merek mineral water yang beragam pun membuat Anda semakin mudah menentukan.

Rutinlah meminum mineral water untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain memelihara tulang, mineral water berperan pula dalam menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol LDL, dan membantu menjaga keseimbangan elektrolit. Karena termasuk produk yang ramah kantong, sehat, dan mudah ditemukan, Anda sebaiknya mulai membiasakan diri konsumsi mineral water setiap hari!

(Visited 2.345 times, 5 visits today)