Written by 01:58 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo Terbaik

Komedo muncul akibat tersumbatnya pori-pori wajah oleh sel kulit mati, minyak, dan kotoran. Selain menggunakan skincare, komedo dapat dihilangkan dengan alat penyedot komedo. Tren vakum komedo ini berasal dari Korea, yang kini mulai diadopsi oleh banyak orang dari berbagai negara.

Alat penyedot komedo hanya mampu menghilangkan komedo hitam yang terbuka (blackhead). Beberapa merek, misalnya Belle, Elona, dan Xpreen, memproduksi alat penyedot komedo dengan spesifikasi yang beragam. Anda tertarik memiliki salah satunya? Yuk, simak dulu efektivitas alat ini dan cara memilihnya!

Seberapa Efektifkah Alat Penyedot Komedo?

Alat penyedot komedo biasa disebut pore cleaner, blackhead vacuum, dan sejenisnya. Produk ini didesain untuk menyingkirkan komedo terbuka atau biasa disebut blackhead. Sementara whitehead yang merupakan komedo tertutup, cukup sulit atau bahkan tidak memungkinkan untuk dihilangkan oleh alat ini.

Efektivitas alat penyedot komedo tergolong cukup signifikan untuk menarik minyak dan sel kulit mati dari dalam pori-pori. Supaya lebih maksimal, Anda dianjurkan untuk menggunakan uap hangat atau handuk hangat agar pori-pori wajah terbuka sebelum menggunakan alat.

Cara Memilih Alat Penyedot Komedo

Proses vakum komedo sebenarnya lebih aman ketika dilakukan oleh tenaga profesional. Namun, beredarnya alat penyedot komedo membuat proses vakum komedo dapat dilakukan sendiri. Meski demikian, Anda tetap perlu memilih produk yang tepat. Apa saja yang sebaiknya Anda perhatikan saat memilih alat ini?

Pilih Alat yang Memiliki Pilihan Kekuatan Daya Sedot

Kami sarankan Anda memilih produk yang menawarkan beberapa pilihan kekuatan daya sedot, agar bisa disesuaikan dengan kondisi kulit. Daya sedot ringan cocok untuk kulit kering, kekuatan sedang untuk kulit kombinasi, dan kekuatan tinggi ideal bagi kulit berminyak.

Dengan adanya pilihan kekuatan daya sedot, Anda yang berkulit sensitif dan berkulit tipis pun dapat terhindar dari risiko kerusakan kulit. Selain itu, penerapan level kekuatan sedot yang tidak melebihi batasi tolerans kulit juga menurunkan risiko telangiectasias (kondisi tampaknya pembuluh darah yang tidak beraturan).

Pilih yang Menyediakan Pilihan Bentuk dan Ukuran Suction Head

Saat membeli produk, Anda sebaiknya memilih alat yang menyediakan berbagai bentuk kepala (suction head). Ukuran kepala penyedot bervariasi, termasuk bentuknya. Kepala penyedot lebar mampu membersihkan blackhead di area T wajah.

Kepala dengan lubang kecil atau ramping efektif untuk menyedot komedo di area hidung. Terakhir, kepala dengan lubang berbentuk oval mampu mengurangi garis-garis halus pada wajah.

Periksa Sumber Daya untuk Mengetahui Kepraktisan Pemakaiannya

Sumber daya dari alat penyedot komedo umumnya berupa baterai rechargeable. Alat penyedot komedo yang bersumber dari baterai isi ulang ini dilengkapi kabel yang bisa dihubungkan dengan port USB. Dengan demikian, alat ini memungkinkan untuk diisi ulang dayanya dari powerbank, laptop, atau PC.

Di sisi lain, ada pula alat dengan baterai sekali pakai. Produk ini tergolong praktis serta tidak memakan tempat saat dibawa bepergian. Namun, Anda harus selalu menyiapkan baterai cadangan bila daya baterai lamanya habis. Dari kedua jenis sumber daya ini, kami lebih menyarankan Anda memilih alat yang rechargeable.

Periksa Ketersediaan Fitur untuk Memudahkan Penggunaan

Hal lain yang tak boleh dilupakan adalah memilih penyedot komedo dengan fitur yang mengoptimalkan penggunaan alat. Beberapa produk dilengkapi lampu LED untuk memudahkan Anda menemukan area wajah yang terdapat komedo. Bila hendak mengoperasikan alat saat mandi, pilihlah produk yang kedap air.

Kemudian, beberapa merek menawarkan fungsi ganda, yakni sebagai penyedot komedo sekaligus mist spray. Fitur mist spray memungkinkan Anda membuka pori-pori kulit sebelum melakukan penyedotan, sehingga komedo lebih mudah disedot untuk hasil lebih bersih.

Pilih Alat dengan Ukuran serta Berat yang Nyaman Digunakan

Sumber: Xpreen.com

Terakhir, Anda mesti mengecek karakteristik fisik produk, mulai dari panjang, lebar, hingga beratnya. Ukuran rata-rata alat penyedot komedo berkisar antara 14 – 18 cm, sedangkan beratnya sendiri berkisar dari puluhan hingga ratusan gram.

Supaya lebih nyaman selama penggunaan, kami menyarankan Anda memilih alat yang pas di genggaman. Selain itu, produk dengan berat di bawah 200 gram juga direkomendasikan, terlebih bila Anda bermaksud membawa alat tersebut bepergian.

10 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo Terbaik

Pada bagian ini, kami menyiapkan sepuluh produk alat penyedot komedo. Jadikanlah list produk berikut sebagai referensi Anda dalam memilih. Yuk, temukan alat yang tepat untuk menyingkirkan komedo Anda!

1. Belle Advanced Pore Cleaner

Sumber: Shopee.co.id

Lolos uji dari berbagai lembaga sertifikasi ternama

Belle Advanced Pore Cleaner merupakan alat pembersih komedo secara menyeluruh yang diklaim tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan alat ini, Anda tidak perlu khawatir terjadi iritasi, terlebih ketersediaan pilihan kekuatan sedotnya semakin memudahkan penyesuaian.

Tidak hanya bebas dari komedo, produk ini juga didesain agar mampu memusnahkan jerawat. Di samping terbuat dari material berkualitas, alat ini telah lulus proses evaluasi FDA, FCC, CE, dan ROHS. Menariknya lagi, produk yang praktis dan elegan ini juga dijamin cocok untuk segala jenis kulit.

Pilihan daya sedot4 pilihan (ringan, sedang, kencang, intermiten)
Mode kerjaContinuous suction, suction-release
Sumber dayaBaterai isi ulang
Fitur unggulanClinically proven, material ABS premium, suara mesin halus
UkuranTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Kisaran hargaRp899.000

2. Kemei Blackhead Remover KM-1868

Sumber: Shopee.co.id

Berbagai bentuk sediaan suction head membuatnya semakin multifungsi!

Jika Anda menginginkan alat yang multifungsi, produk ini bisa menjadi pilihan Anda. Dengan empat bentuk kepala penyedot, Kemei Blackhead Remover KM-1868 mampu membersihkan pori-pori dari kotoran, komedo, dan minyak berlebih secara maksimal.

Manfaat lain yang akan Anda peroleh ketika menggunakan produk ini adalah kulit yang halus dan awet muda. Pasalnya, alat ini termasuk efektif dalam menghilangkan kerutan pada wajah. Harga yang tidak terlalu mahal membuat alat ini semakin mudah dijangkau berbagai kalangan.

Pilihan daya sedot3 pilihan (low, middle, high)
Mode kerjaContinuous suction, suction-release
Sumber dayaBaterai isi ulang
Fitur unggulan6 pilihan ukuran suction head, back ventilation, handel ergonomis
Ukuran4 x 18.5 cm
BeratTidak disebutkan
Kisaran hargaRp296.400

3. Real Bubee RBX-601

Sumber: Shopee.co.id

Membersihkan segala ‘dosa’ tanpa meninggalkan bekas

Real Bubee RBX-601 menghadirkan empat model kepala penyedot, mulai dari bentuk elips dan lingkaran dengan rentang ukuran lubang besar hingga kecil. Produk ini dilengkapi dengan microprocessor yang memungkinkan pengontrolan daya sedot berdasarkan tipe kulit Anda, entah itu oily, normal, maupun dry.

Kebolehannya dalam membersihkan kotoran, minyak, komedo, dan jerawat patut diacungi jempol. Bersama alat ini, impian Anda memiliki wajah mulus akan terwujud. Bahkan, Real Bubee juga menyebutkan alatnya ini disematkan teknologi yang tidak meninggalkan bekas, lho!

Pilihan daya sedot3 pilihan
Mode kerjaTidak disebutkan
Sumber dayaBaterai isi ulang
Fitur unggulanLED display, pilihan daya sedot sesuai jenis kulit, Disroot Cyclone™ technology
Ukuran5 x 20 cm
BeratTidak disebutkan
Kisaran hargaRp139.000

4. Elona Poppy Comedo Suction

Sumber: Shopee.co.id

Mesinnya tidak berisik, Anda pun tak perlu khawatir mengganggu orang lain

Penyedot komedo dari Elona World ini mempunyai daya iisap yang besar. Walau demikian, Anda tak perlu takut kulit iritasi karena kekuatan sedotnya bisa disesuaikan dengan level toleransi kulit Anda. Alat ini mampu mengangkat minyak dan kotoran secara mendalam, mengelupas sel kulit mati, hingga meningkatkan sirkulasi darah.

Dilengkapi dengan port USB, Anda bisa mengisi ulang baterai alat dari powerbank maupun laptop. Layar LCD-nya membantu Anda melihat informasi terkait daya iisap dan status baterai. Yang mungkin paling Anda suka, mesin dari alat ini  beroperasi tanpa mengeluarkan suara, sehingga tidak mengganggu sekitar.

Pilihan daya sedot5 pilihan
Mode kerjaTidak disebutkan
Sumber dayaBaterai isi ulang
Fitur unggulan40KPA suction forces, LCD display, super mute operation
Ukuran4.7 x 4.7 x 16.5 cm
Berat184,3 gr
Kisaran hargaRp546.000

5. Abeluna Aqua Peel

Sumber: Shopee.co.id

Bisa menyingkirkan komedo hitam maupun putih!

Jika Anda mencari alat penyedot komedo yang serba bisa, cobalah menengok Abeluna Aqua Peel. Berbeda dari yang lain, alat ini tidak hanya mampu mengangkat komedo hitam, tetapi juga dikalim efektif dalam mengangkat komedo putih.

Salah satu fiturnya yang paling berguna dari alat ini adalah mist spray, di mana Anda bisa membuka pori agar efektivitas pembersihan komedo meningkat. Di samping optimal berkat adanya fitur mist spray, produk ini juga dipastikan aplikatif untuk kulit normal hingga sensitif, termasuk kulit dengan masalah jerawat!

Pilihan daya sedotYa
Mode kerjaContinuous suction
Sumber dayaListrik
Fitur unggulanAngkat komedo sekaligus menghidrasi, mist spray, LED light therapy
Ukuran21 x 16,4 x 33,9 cm
Berat2,5 kg (termasuk box dan kelengkapannya)
Kisaran hargaRp1.375.000

6. Xpreen Wireless Charging Blackhead Remover with LED Lighting

Sumber: Xpreen.com

Membantu Anda peroleh wajah bersih, berkulit kencang, dan berbentuk V

Produk persembahan Xpreen satu ini tergolong istimewa. Bagaimana tidak, di samping kinerjanya yang optimal dalam membersihkan pori-pori secara mendalam, fitur pemijatnya membuat wajah Anda kencang dan memiliki V-shape. Keberadaan lampu LED juga memudahkan penggunaan alat meski di ruangan minim cahaya.

Sesuai namanya, alat penyedot komedo ini dibekali kemampuan pengisian ulang nirkabel (wireless charging). Portabilitasnya pun tak perlu diragukan, pas dipilih oleh Anda yang ingin membawa alat sebagai teman bepergian.

Pilihan daya sedot4 pilihan (soft, suction, massage, super)
Mode kerjaTidak disebutkan
Sumber dayaBaterai isi ulang
Fitur unggulanLED lighting, wireless charging
Ukuran1,57 x 6,7 inch
Berat132 g
Kisaran hargaRp989.520

7. Xiaomi InFace Blackhead Remover MS7000

Sumber: Shopee.co.id

Dengan material bodi yang bersifat antibakteri, kebersihan kulit terjaga!

Salah satu blackhead vacuum yang juga menawarkan pilihan daya sedot adalah Xiaomi InFace Blackhead Remover MS7000. Bekerja dengan dua mode, alat ini dapat diaplikasikan pada kulit dengan pori-pori besar dan kulit sensitif.

Dengan sistem rechargeable serta ukurannya yang kecil membuat alat ini semakin mobile. Uniknya lagi, Xiaomi merancang bodi alat ini dari antibacterial plating yang menjamin kebersihan saat Anda memakainya.

Pilihan daya sedot3 pilihan (high, mid, low)
Mode kerjaContinuous suction, suction-release
Sumber dayaBaterai isi ulang
Fitur unggulan30° suction nozzle, antibacterial plating body, material ramah lingkungan
Ukuran183 x 35 mm
BeratTidak disebutkan
Kisaran hargaRp235.000

8. CkeyiN Peeling Machine MR039

Sumber: Shopee.co.id

Bersihkan komedo sekaligus membantu meratakan warna kulit

Mengaplikasikan CkeyiN Peeliing Machine MR039 tidak hanya membantu mengangkat komedo, namun juga mengatasi masalah warna kulit tidak merata. Selain itu, kombinasi cahaya biru dan diamond head pada alat ini menjadikannya mampu membersihkan dan mensterilkan kulit.

Adanya display time indicator membantu Anda melakukan perawatan dengan waktu yang pas. Saat memakai alat ini, pastikan untuk tidak menyedot satu area yang sama lebih dari 3 detik. CkeyiN menyediakan sebuah tas berisikan paket mesin penyedot, suction head, dan kabel charger-nya.

Pilihan daya sedot3 pilihan
Mode kerjaTidak disebutkan
Sumber dayaListrik
Fitur unggulanKeterangan waktu & tingkat kekuatan penyedotan, diamond head, Built-in wavelength of 470 nm blue LED lights
Ukuran20 x 5 cm
BeratTidak dsebutkan
Kisaran hargaRp279.300

9. Chang Wei Beauty Skin Care Specialist CW-666

Sumber: Shopee.co.id

Satu alat untuk ciptakan kulit wajah bersih dan kencang

Alat dari Chang Wei ini bekerja dengan mode continuous suction yang cocok diterapkan pada kulit berpori-pori besar. Dengan satu produk ini saja, Anda bisa melakukan pembersihan pori, pengelupasan sel kulit mati, hingga pengencangan kulit wajah.

Pilihan daya sedot5 pilihan
Mode kerjaContinuous suction
Sumber dayaBaterai isi ulang
Fitur unggulanIndikator warna
Ukuran18 x 4,2 cm
Berat155 gr
Kisaran hargaRp120.000

10. Xpreen Blackhead Remover with LED Screen

Sumber: Xpreen.com

Desain ergonomis dengan tenaga baterai yang awet hingga tiga minggu

Produk ini mempunyai medical grade air pump yang menghasilkan isapan dengan kekuatan mencapai 65 kPa, sehingga sangat efektif untuk mengangkat komedo. Cukup dengan satu tombol, Anda bisa mengubah suction level-nya dari soft, normal, hingga strong.

Pada indikator LED-nya, Anda juga bisa mengetahui sisa baterai. Xpreen menyematkan baterai bertenaga yang tahan selama tiga minggu penggunaan. Bentuk gagang yang ergonomis membuat genggaman tangan Anda nyaman saat memakai alat.

Pilihan daya sedot3 pilihan (soft, normal, strong)
Mode kerjaTidak disebutkan
Sumber dayaBaterai isi ulang
Fitur unggulanMedical grade air pump, LED screen, indikator baterai,
Ukuran6,7 x 1,6 inch
BeratTidak disebutkan
Kisaran hargaRp220.299

Tabel Perbandingan Alat Penyedot Komedo

ProdukBelle Advanced Pore CleanerKemei Blackhead Remover KM-1868Real Bubee RBX-601Elona Poppy Comedo SuctionAbeluna Aqua PeelXpreen Wireless Charging Blackhead Remover   with LED LightingXiaomi InFace Blackhead Remover MS7000CkeyiN Peeling Machine MR039Chang Wei Beauty Skin Care Specialist CW-666Xpreen Blackhead Remover with LED Screen
Pilihan daya sedot4 pilihan: Ringan, sedang, kencang, intermiten3 pilihan: Low, middle, high3 pilihan5 pilihanYa4 pilihan: soft, suction, massage, super3 pilihan: high, mid, low3 pilihan5 pilihan3 pilihan: soft, normal, strong
Mode kerjaContinuous suction, suction-releaseContinuous suction, suction-releaseTidak disebutkanTidak disebutkanContinuous suctionTidak disebutkanContinuous suction, suction-releaseTidak disebutkanContinuous suctionTidak disebutkan
Sumber dayaBaterai isi ulangBaterai isi ulangBaterai isi ulangBaterai isi ulangListrikBaterai isi ulangBaterai isi ulangListrikBaterai isi ulangBaterai isi ulang
Fitur unggulanFDA certified, clinically proven, material ABS premium,   suara mesin halus6 pilihan ukuran suction head, back   ventilation, handel ergonomisLED display, pilihan daya sedot sesuai jenis kulit,   Disroot Cyclone™ technology40KPA suction forces, LCD display, super mute operationAngkat komedo sekaligus menghidrasi, mist spray, LED   light therapyLED lighting, wireless charging30° suction nozzle, antibacterial plating body, material   ramah lingkunganKeterangan waktu & tingkat kekuatan penyedotan,   diamond head, Built-in wavelength of 470 nm blue LED lightsIndikator warnaMedical grade air pump, LED screen, indikator baterai
UkuranTidak disebutkan4 x 18.5 cm5 x 20 cm4.7 x 4.7 x 16.5 cm21 x 16,4 x 33,9 cm1,57 x 6,7 inch183 x 35 mm20 x 5 cm18 x 4,2 cm6,7 x 1,6 inch
BeratTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan184,3 gr2,5 kg (termasuk box dan kelengkapannya)4,66 ozTidak disebutkanTidak dsebutkan155 grTidak disebutkan
Kisaran hargaRp899.000Rp296.400Rp139.000Rp546.000Rp1.375.000Rp989.520Rp235.000Rp279.300Rp120.000Rp220.299
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi produk penghilang komedo dari PickyBest lainnya!

Permasalahan komedo hampir terjadi secara berulang. Jadi, meskipun Anda telah mengaplikasikan alat penyedot komedo, di kemudian hari komedo dapat muncul lagi. Oleh karenanya, penting untuk membersihkan komedo secara rutin.

Selain dengan blackhead vacuum, Anda dapat menghilangkan komedo dengan masker dan sabun wajah. Pada dua artikel berikut, masing-masing kami rangkum pilihan produk yang efektif menghilangkan komedo. Seperti biasa, temukan produk sesuai kebutuhan dan tipe kulit wajah Anda, ya!

Kesimpulan

Untuk membersihkan komedo hitam, Anda bisa mengandalkan alat penyedot komedo. Pada produk-produk pilihan kami di atas, beberapa di antaranya disematkan fitur unggulan, seperti mist spray, LED display, hingga motor yang bekerja tanpa suara.

Apabila Anda masih pemula atau khawatir mengalami iritasi, pilihlah produk yang dibekali pilihan kekuatan daya sedot. Kemudian, pastikan bentuk kepalanya juga beragam, agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan adanya artikel ini, kami harap Anda berhasil temukan alat penyedot komedo yang tepat!

Referensi

Vacuum Your Pores?
https://healthcare.utah.edu/healthfeed/postings/2017/06/pore-vacuum.php diakses pada 22 Desember 2020

I Used A Pore Vacuum To Suction Out My Blackheads—and It Actually Worked
https://www.health.com/beauty/pore-vacuum-review diakses pada 22 Desember 2020

Using a Blackhead Vacuum to Clean Your Pores
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/blackhead-vacuum diakses pada 22 Desember 2020

(Visited 746 times, 2 visits today)