Written by 00:08 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik

Untuk Anda yang memiliki wajah berminyak, clay mask bisa menjadi solusi untuk mengontrol sebum berlebih. Masker wajah dari susunan abu vulkanik atau lumpur bumi ini ampuh menyerap minyak sehingga dikategorikan sebagai drying agent. Walau demikian, ada beberapa jenis clay mask yang aman untuk kulit normal, kering, dan bahkan kulit sensitif.

Merek-merek terkemuka seperti Freeman, Innisfree, dan bahkan brand lokal Wardah memproduksi clay mask berkualitas. Guna memudahkan Anda, kami pilihkan sepuluh clay mask terbaik yang memperoleh rating tinggi dan review bagus. Sebelum menengok list-nya, pertama-tama kita bahas dulu apa itu clay mask beserta cara memilihnya. Yuk, disimak!

Mengenal Karakteristik dan Fungsi Clay Mask

Apa itu clay mask? Clay mask adalah salah satu jenis masker yang mampu mendetoksifikasi kulit. Secara bersamaan, komponen tanah liat atau sedimen kaya mineralnya mengangkat kelebihan minyak wajah. Apabila pori-pori besar menjadi masalah Anda, clay mask sanggup menghilangkan kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori.

Umumnya, clay mask berasal dari kaolin clay dan bentonite clay. Kedua bahan tersebut biasa dipadukan untuk meminimalisir minyak wajah, meredakan kulit iritasi, dan beberapa produk dilengkapi moisturizer untuk memberi efek hydrating. Di samping kaolin dan bentonite, jenis clay lain yang juga digunakan antara lain French green clay, Fuller’s earth clay, dan Rhassoul clay.

Clay mask tidak sama dengan mud mask meskipun keduanya berasal dari lumpur bumi. Mud mask cenderung difungsikan sebagai skin healing agent, sedangkan clay mask digolongkan ke dalam drying agent. Selain berguna untuk merawat wajah, clay mask bisa juga diaplikasikan untuk badan dan rambut.

Cara Memilih Clay Mask

Setelah memahami formula clay mask, berikut karakteristik dan fungsi dari masing-masing jenis clay, selanjutnya kami akan menerangkan poin-poin pemilihan clay mask. Meskipun lebih sering digunakan wanita, para pria yang ingin merawat wajah dengan clay mask pun tidak ada masalah asalkan produk yang dipiih sesuai kebutuhan. Penjelasan selengkapnya dapat Anda lihat di bawah ini.

Pilihlah Jenis Clay berdasarkan Karakteristik Kulit

Clay mask berasal dari banyak sumber clay, seperti kaolin clay, bentonite clay, French green clay, Fuller’s earth clay, dan moroccan rhassoul clay. Anda sebaiknya mengenali efektivitas dari masing-masing jenis clay ini.

Kaolin Clay untuk Kulit Kering dan Sensitif

Sebagian orang Indonesia mengenali clay ini sebagai white kaolin clay karena yang terpopuler adalah kaolin berwarna putih. Di beberapa negara lain, kaolin clay memiliki sebutan lain China clay. Soal performa, clay berformula dasar kaolin sempurna untuk menghilangkan kotoran tanpa mengeluarkan minyak berlebih.

Oleh karena karakteristik yang demikian, kaolin clay lebih cocok untuk kulit kering dan sensitif. Kandungan utama kaolin clay adalah mineral-mineral seperti zinc, calcium, magnesium, dan silica. Selain kaolin berwarna putih, ada lagi variasi kaolin clay berdasarkan warna, seperti kuning, merah, atau pink.

White kaolin clay dinilai paling ramah untuk kulit rentan iritasi. Daya angkat minyak yang tidak begitu kuat menjadikan produk ini gentle di kulit wajah. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering dan sensitif, clay mask bisa digunakan bersama beberapa tetes essential oil agar after treatment-nya wajah terasa halus dan kenyal.

Bentonite Clay untuk Kulit Normal, Berminyak, dan Mengalami Alergi

Bagi kulit berminyak yang sering kali mengalami makeup luntur atau dihantui masalah jerawat, cobalah mengganti masker biasa dengan clay mask berbahan utama bentonite clay. Bentonite clay sudah dipakai sejak ribuan tahun sebagai perawatan kulit.

Cara kerja clay ini mirip seperti sponge yang menyerap kotoran dan minyak secara bersamaan. Hanya dengan satu kali perawatan, sebum wajah berkurang drastis, dan Anda pun terbebas dari risiko jerawat. Selain itu, bentonite clay termasuk properti bersifat antibakteri dan antiinflamasi yang membantu menyembuhkan kondisi alergi.

French Green Clay untuk Kulit Berminyak, Berjerawat, dan Berpori Besar

Sesuai namanya, French green clay pertama kali ditemukan di Perancis. Sekarang, tipikal green clay yang sama bisa ditemukan di Amerika Serikat, Cina, dan sebagian lain di Eropa. Dikenal dengan sebutan sea clay, jenis sedimen ini kaya mineral seperti magnesium, iron, selenium, calcium, manganese, silicon, phosphorus, dan copper.

Jika tipe kulit Anda berminyak, French green clay akan mengatasi kondisi tersebut. Jenis clay satu ini juga maksimal menyingkirkan kotoran dari permukaan dan pori-pori kulit terbuka. Alhasil, wajah bersih, halus, dan sirkulasi darah semakin lancar. Karena tergolong strong agent, tipe ini tidak disarankan untuk kulit kering atau sensitif.

Fuller’s Earth Clay untuk Kulit yang Sangat Berminyak

Performa Fuller’s earth clay tidak jauh beda dengan French green clay. Oleh karena itu, tipe ini bisa Anda jadikan alternatif untuk menanggulangi produksi minyak wajah yang cukup parah, serta pori-pori besar. Substansi komposisi Fuller’s earth clay kebanyakan aluminum magnesium silicate.

Fuller’s earth clay mendapatkan sapaan lain multan mitti, atau “lumpur dari Multan”’, yang merujuk pada salah satu kota di Pakistan di mana clay tinggi mineral ini ditemukan. Selain berkemampuan mujarab menyerap minyak dan kotoran wajah, jenis clay ini dipercaya juga akan fungsinya memperbaiki skin tone dan complexion, serta meredakan peradangan kulit.

Moroccan Rhassoul Clay untuk Kulit yang Sering Terpapar Toksin

Rhassoul clay mengandung magnesium dan potasium berkadar tinggi. Beberapa orang menggunakan clay ini untuk merawat kulit dan rambutnya. Ciri khas rhassoul clay terletak pada warnanya yang kecokelatan. Menurut catatan, clay ini hanya bisa didapatkan di sebuah lembah di pegunungan Atlas di Maroko. Itulah mengapa, jenis clay ini lebih sering disebut Moroccan rhassoul clay.

Istilah “rhassoul” berasal dari bahasa Arab yang berarti “untuk mencuci/membersihkan”. Walaupun belum banyak studi yang membuktikan efektivitasnya, rhassoul clay turun temurun sejak ribuan tahun lalu dijadikan bahan kosmetik.

Untuk kulit, rhassoul clay bertindak mengembalikan kekuatan skin barrier. Kemudian, beberapa beauty guru menyebut kadar magnesium tinggi pada rhassoul clay sanggup bersihkan kotoran dan tingkatkan elastisitas kulit. Di tempat lain, para peneliti menjelaskan clay ini juga sangat baik untuk detoksifikasi racun dari kulit.

Periksa Bahan Pendukung untuk Peroleh Manfaat Lebih

Hampir sebagian besar clay mask tidak hanya mengandung clay, namun juga didukung bahan lain untuk perawatan kecantikan dan pemeliharaan kesehatan kulit. Jadi, Anda perhatikan pula ketersediaan bahan-bahan aktif yang mendukung kinerja utama produk.

Seperti kami katakan sebelumnya, clay mask semakin baik apabila dipadukan dengan essential oil. Oleh karena itu, produsen kerap menambahkan bahan pendukung berbasis minyak alami, seperti tea tree oil, peppermint oil, jojoba oil, chamomile oil, rosemary oil, atau spearmint oil.  Bacalah komposisi produk, lalu pilih clay mask yang diperkaya berbagai bahan pendukung.

Untuk Pria, Pilih yang Tidak Merusak Janggut dan Kumis

Kata siapa pria tidak butuh perawatan? Faktanya, aktivitas padat yang dijalani kebanyakan pria berisiko menurunkan kesehatan wajahnya. Apabila Anda salah satu pria yang peduli penampilan, jagalah selalu kondisi kulit wajah Anda. Saat ini ada banyak pilihan clay mask untuk pria.

Pada umumnya clay mask ideal digunakan pria dan wanita. Akan tetapi, produk khusus pria sebaiknya tetap disesuaikan karakteristik kulit. Selain itu ada hal lain yang tak kalah penting, yakni memilih clay mask yang tidak akan merusak rambut wajah seperti kumis dan janggut.

10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik

Apakah Anda sudah tahu bagaimana ciri-ciri clay mask yang hendak dipilih? Berikut tercantum clay mask produksi merek-merek terbaik. Tidak perlu repot-repot mengunjungi drugstore karena seluruh clay mask pada list ini bisa Anda dapatkan secara online. Selamat memilih!

1. Joylab Cool Clay Pore Mask

Solusi mengatasi pori-pori tersumbat yang menyebabkan wajah kusam

Pori-pori wajah terbuka berpotensi menjadi tempat menginapnya kotoran. Semakin banyak dan lama menumpuk, tercampurlah kotoran tersebut dengan sebum yang berujung pada komedo, jerawat, atau bahkan iritasi. Untuk menangani kondisi ini, Anda bisa percayakan pada Joylab Cool Clay Pore Mask.

Kandungan peppermint oil di dalamnya bersifat antiviral dan antibakteri yang berguna membasmi bakteri serta kuman yang berkembang. Dukungan witch-hazel extract memastikan wajah Anda terhindar dari iritasi akibat radikal bebas. Tidak perlu khawatir kaolin clay membuat wajah kering atau memerah karena clay mask ini dilengkapi hydrating agent berupa propylene glycol dan vitamin E.

Jenis clayKaolin
Bahan pendukungPeppermint oil, witch hazel extract, propylene glycol, dan vitamin E
Ukuran50 mL
Kisaran hargaRp145.000

2. L’Oreal Paris Pure Clay Mask Illuminating

Dengan 3 fungsi utama: merevitalisasi, menghaluskan, dan mencerahkan kulit

Clay mask berbahan dasar british kaolin dan bentonite clay ini memiliki exfoliating beads super mungil untuk memaksimalkan pengangkatan kotoran. Tidak seperti butiran scrub yang lebih mungkin menimbulkan iritasi, L’oreal Paris menjamin exfolating beads-nya aman bagi wajah, sehingga Anda yang berkulit sensitif tidak perlu ragu menggunakannya.

Teksturnya padat, namun tetap lembut di jari serta tidak sulit diratakan ke seluruh wajah. Cukup didiamkan 10 menit atau hingga mengeras, lalu masker dibilas sampai bersih, dan Anda akan merasakan kulit wajah halus tanpa tekstur serta kekusaman sirna seketika.

Jenis clayKaolin dan bentonite
Bahan pendukungLemongrass extract
Ukuran50 g
Kisaran hargaRp130.000

3. Organic Supply Co. French Pink Clay

Produk lokal yang mengandalkan clay asal Perancis

Clay mask dari Organic Supply Co. tersusun atas kombinasi red clay dan white clay. Kedua jenis clay ini dianggap yang paling ringan dari semua tanah liat. Dengan kata lain, French Pink Clay pilihan tepat untuk orang dengan kulit normal, sensitif, dan mengalami penuaan.

Untuk Anda yang kesehariannya terpapar udara bebas, wajah tak cuma dipenuhi kotoran, namun toksin-toksin ikut hinggap ke kulit wajah. Clay mask berikut dapat Anda terapkan untuk mencegah pertumbuhan jerawat dan masalah kulit lain. Selain itu, kerusakan kulit akibat terpaan matahari juga bisa dicegah berkat dukungan jojoba oil dan chamomile oil yang berperan sebagai skin conditioning agent.

Jenis clayFrench pink
Bahan pendukungJojoba oil dan chamomile essential oil
Ukuran120 g
Kisaran hargaRp130.000

4. Freeman Oil Absorbing Mint + Lemon Clay Mask

Satu produk untuk beragam fungsi sekaligus!

Kalau sudah berminyak, sangat besar potensi kemunculan jerawat. Ini yang sekarang lagi Anda hadapi? Ayo lawan bersama clay mask buatan Freeman ini. Lemon extract yang tercantum di dalamnya merupakan agen antiinflamasi yang berfungsi meredakan peradangan kulit akibat jerawat. Sementara bentonite dan kaolin clay-nya bersinergi mengurangi angka minyak berlebih.

Dipasarkan dengan harga terjangkau, ukuran cukup besar, serta masa kedaluwarsa hingga 36 bulan membuatnya layak Anda jadikan pilihan. Apalagi, Freeman menjamin clay mask dengan fungsi lain mencerahkan dan mengecilkan pori-pori ini bertesktur lembut, meratakannya pun tidak repot.

Jenis clayBentonite dan kaolin
Bahan pendukungMentha piperita oil dan citrus medica limonum peel oil
Ukuran175 mL
Kisaran hargaRp104.000

5. Everwhite Let It Glow Charcoal & Mud Clay Mask

Keamanan formulanya telah dijamin oleh BPOM

Everwhite menggabungkan kebaikan bentonite clay dan charcoal ke dalam produk satu ini. Sebagaimana kita ketahui, arang hitam adalah salah satu bahan terbaik untuk mengontrol minyak berlebih serta mengencangkan pori-pori. Maka itu, produk ini sangat pas digunakan oleh Anda yang bermasalah dengan wajah kusam, berpori lebar, dan berminyak.

Jika clay mask lain dibanderol seharga ratusan ribu, Everwhite Let It Glow Charcoal & Mud Clay Mask tidak membuat kantong jebol, bahkan ramah di kantong pelajar! Meski terjangkau, clay mask ini terdaftar di BPOM. Selain itu, Evewhite memastikan produk ini aman digunakan ibu hamil atau menyusui. Bagi pria yang ingin melakukan facial mask, produk berkemasan tube hitam ini merupakan salah satu best option!

Jenis clayBentonite
Bahan pendukungSea salt extract, charcoal powder, aloe vera leaf extract, dan algae extract
Ukuran125 mL
Kisaran hargaRp97.000

6. Herbalife Skin Purifying Mint Clay Mask

Ciptakan wajah berpori kencang dan bebas minyak sejak pemakaian pertama!

Herbalife mempercayakan bentonite clay sebagai bahan andalan produk ini. Untuk menjaga ciri khasnya, Herbalife melengkapi clay mask berikut dengan beberapa ekstrak minyak alami dan vitamin yang baik untuk kulit. Krim clay yang rich-nya bertindak optimal memberikan efek penyerapan minyak dan pengencangan kulit wajah.

Apabila Anda yang membutuhkan clay mask untuk mengencangkan pori secara singkat, Skin Purifying Mint Clay Mask telah dibuktikan secara klinis berhasil mewujudkan keinginan Anda tersebut. Absennya kandungan paraben serta klaim dermatologically tested menjadikan masker ini suitable ke segala tipe kulit.

Jenis clayBentonite
Bahan pendukungVitamin B3, vitamin C, vitamin E, aloe vera, rosemary leaf oil, dan spearmint oil
Ukuran120 mL
Kisaran hargaRp194.600

7. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

Memperoleh rating tinggi di berbagai situs review produk

Produk persembahan Innisfree satu ini mengandalkan formula utama Jeju volcanic scoria. Karena termasuk salah satu clay mask best seller di Indonesia, Super Volcanic Pore Clay Mask sangat mudah Anda temukan di counter atau marketplace. Klaim performa unggul menyerap sebum menjadi kunci kepopuleran produk ini.

Jika masalah wajah Anda bukan sekadar minyak berlebih, tetapi juga kulit kusam akibat bintik-bintik noda pigmentasi, clay mask keluaran Innifsree berikut mampu mencerahkan kulit dengan mengangkat kotoran hingga lapisan pori terdalam. Tekstur clay lembutnya tidak membuat kulit terasa tertarik, serta menjamin wajah terhindar dari kekeringan after treatment.

Jenis clayKaolin dan bentonite
Bahan pendukungJeju volcanic scoria
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp190.000

8. Laneige Mini Pore Waterclay Mask

Kecilkan pori-pori untuk kurangi potensi munculnya jerawat

Brand ini tentu familier di telinga Anda, bukan? Tidak hanya sleeping mask-nya yang tersohor, Laneige juga mengeluarkan masker clay yang digemari banyak sekali orang. Buat Anda yang membutuhkan clay mask untuk mengecilkan pori-pori, Mini Pore Waterclay Mask sangatlah recommended Anda pilih.

Produk asal Korea Selatan ini bertekstur sangat kental. Namun, karena dirancang berbentuk gel, clay mask kemasan jar ini mudah diaplikasikan. Gel berwarna abu-abunya juga menyerap cepat serta meninggalkan kelembapan kulit. Selain membantu treatment pori, produk ini efektif mengurangi minyak berlebih, mencegah pembentukan jerawat, dan merontokkan sel-sel kulit mati.

Jenis clayKaolin dan bentonite
Bahan pendukungMentha piperita (peppermint) extract dan pinus sylvestris bud extract
Ukuran70 mL
Kisaran hargaRp360.000

9. Naruko Tea Tree Purifying Clay Mask & Cleanser In 1

Ucapkan selamat tinggal pada wajah kusam noda dan minyak

Yang tadinya harus menyiapkan budget lebih untuk membeli cleanser dan face mask, produk besutan Naruko ini akan menghemat dana Anda. Pasalnya, selain berperan sebagai masker wajah, produk berukuran 129 mL ini hanya perlu didiamkan 5 menit, sehingga bertindak juga sebagai pembersih wajah.

Jika Anda mencari clay mask yang teruji secara dermatologi, produk 2 in 1 ini mengantongi kriteria tersebut. Bahkan, formula bebas paraben-nya membuat produk ini semakin aman. Selain menjaga keseimbangan minyak dan membersihkan wajah, produk dengan ekstrak rempah alami ini berfungsi menunda penuaan, membuat kulit lebih kencang, serta mencegah produksi noda hitam.

Jenis clayKaolin
Bahan pendukungTea tree oil, peppermint extract, glycolic acid, tremelle extract, dan piroctane olamine
Ukuran120 mL
Kisaran hargaRp127.000

10. Wardah Mineral + Clarifying Clay Mask

Katakan “Selamat datang” pada wajah bersih tanpa efek kilap minyak

Dengan bangga Wardah merilis clay mask berkomposisikan abu vulkanik jenis white kaolin dan bentonite. Tidak perlu colak-colek krim karena produk ini dikemas berbentuk tube bertutup flip top. Bagi Anda yang aktif di luar ruangan, masker produksi lokal ini mengandung CarbonActiv untuk menyerap polutan seperti kotoran, debu, dan asap secara maksimal.

Belum usai, Wardah mencantumkan formula gabungan beberapa mineral alam yang bermanfaat menyerap minyak. Sebab keunggulan dua formula tersebut, clay mask berwarna abu-abu pekat ini memberikan aksi ganda. Wajah bersih dari polutan, minyak pun ikut terangkat. Alhasil, kulit terasa halus, lembap, dan bebas kusam!

Jenis clayKaolin dan bentonite
Bahan pendukungCharcoal powder, witch hazel extract, caprae lac extract, dan aloe vera extract
Ukuran60 mL
Kisaran hargaRp18.000

Lihat juga rekomendasi masker wajah terbaik lainnya di sini!

Masker wajah didesain untuk berbagai keperluan. Selain clay mask yang dapat mendetoksifikasi kulit secara mendalam, beberapa jenis masker mempunyai fungsi dan bentuk lain, seperti menghilangkan komedo, atau masker berbentuk lembaran yang praktis guna.

Bagi Anda yang ingin membuat wajah tetap segar, kenyal, dan awet muda, sleeping mask menjadi produk yang bisa Anda gunakan sebelum tidur. Berikut kami sediakan rekomendasi masker wajah terbaik dengan bentuk dan fungsi berbeda-beda. Pilihlah yang paling pas untuk Anda!

10 Rekomendasi Masker Penghilang Komedo Terbaik
10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Pemeliharaan Kulit
10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik
10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik
10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Masker Freeman Terbaik

Kesimpulan

Sejauh ini, kita sudah membahas karakteristik, fungsi, dan cara memilih clay mask. Berdasarkan rekomendasi produk kami di atas, adakah satu clay mask yang berhasil mengambil perhatian Anda? Piihlah clay mask yang teruji aman serta kualitasnya sudah dibuktikan banyak orang.

Formula bermacam dari clay mask mengharuskan Anda memilih produk yang sesuai tipe kulit supaya terhindar dari iritasi. Cukup 1 – 2 kali perawatan setiap minggu, clay mask membantu Anda peroleh wajah senantiasa bersih, lembut, dan pastinya minim minyak. Dengan begitu, ayo katakan “Bye-bye” pada jerawat!

(Visited 23.665 times, 6 visits today)