Perlengkapan Rumah Tangga

10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik

Sebagai peralatan mandi, handuk merupakan hal yang penting untuk dimiliki. Tidak hanya berfungsi untuk mengeringkan tubuh, handuk juga harus nyaman dipakai, mudah menyerap air, dan cepat kering agar tidak bau. Beberapa handuk dibuat ringan untuk dibawa berolahraga atau bepergian, sebagian lagi dibuat tebal dan mewah untuk di hotel berbintang atau di rumah.

Anda dapat memilih handuk dari beberapa pilihan merek yang beredar di pasaran seperti Dunlopillo, Terry Palmer, Indolinen, dan sebagainya. Namun, Anda perlu memilih handuk yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda. Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara memilih handuk yang cocok sekaligus rekomendasi handuk terbaik yang bisa Anda pilih. Simak, ya!

Cara Memilih Handuk Mandi

Bagaimana cara memilih handuk mandi yang paling tepat untuk kebutuhan Anda? Jangan terburu-buru, Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memilihnya, mulai dari bahan kain, ketebalan dan daya serap, hingga ukuran. Untuk lebih jelasnya, simak uraian kami di bawah ini.

Pilih Bahan Kain Handuk yang Cocok untuk Anda

Hal yang paling utama yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih handuk adalah bahan kainnya. Karena, bahan kain mempengaruhi daya serap, bobot, cepat atau lambatnya handuk mengering, dan lain-lain. Bahan-bahan handuk yang umum ditemukan adalah katun, microfiber, dan serat bambu.

Katun: Berdaya Serap Paling Baik, Cocok untuk Penggunaan Sehari-hari

Umumnya handuk terbuat dari katun, karena bahannya lembut, mudah menyerap, dan tidak mudah robek. Selain itu, perawatannya pun mudah, dapat dicuci dengan tangan atau mesin cuci. Namun, handuk katun cenderung tidak cepat kering bila dibandingkan dengan handuk berbahan sintetis.

Katun terdiri dari beberapa jenis, misalnya kain terry, katun Mesir, dan pima. Masing-masing jenis kain mempunyai kelebihan tersendiri. Kain terry lebih tahan lama, sedangkan katun Mesir dan pima lebih lembut dan masa pakainya lebih lama daripada katun lain.

Microfiber: Ringan dan Cepat Kering, Pilihan Tepat untuk Dibawa Travelling

blank

Handuk berbahan sintetis microfiber biasanya terbuat dari nilon, rayon, atau poliester. Handuk ini biasanya digunakan untuk olahraga atau bepergian, karena ringan dan cepat kering. Sebagai tambahan, handuk dengan bahan serat mikro ini juga kadang mengandung antimikroba.

Tak hanya itu, microfiber juga punya banyak kelebihan lainnya, seperti bahan yang halus (tidak kasar), daya serap yang tinggi, aman untuk penderita alergi atau asma, ramah lingkungan, tidak mudah mengelupas, dan awet meski sudah digunakan hingga ratusan kali.

Bamboo Fabric: Bersifat Antimikroba, Efektif Mengurangi Bau Apek Handuk Anda

blank

Bahan handuk ini terbuat dari serat bambu yang dapat mencegah bau apak pada handuk, dan juga berfungsi sebagai antibakteri. Handuk ini ramah lingkungan dan cocok digunakan bila kamar mandi Anda memiliki ventilasi yang terbatas.

Berbahan campuran linen atau katun, handuk ini terasa ringan, bertekstur lembut, berdaya serap baik, nyaman dipakai, dan cocok untuk kulit sensitif. Namun, kainnya lebih tipis daripada handuk biasa dan harganya cukup mahal.

Periksa Ketebalan Handuk untuk Mengetahui Kekuatan Daya Serapnya

blank

Dalam memilih handuk, Anda perlu mempertimbangkan ketebalan dan bobotnya yang diukur dalam gram per meter persegi (GSM). Semakin berat bobotnya, handuk semakin padat dan tebal. Artinya, handuk itu akan semakin mudah menyerap air dan juga terlihat mewah.

Bobot paling ringan yaitu sekitar 300 GSM, sedangkan yang paling berat adalah 900 GSM. Handuk yang tipis dan ringan akan lebih cepat kering, sangat ideal untuk olahraga. Handuk dengan bobot sedang cocok untuk dibawa ke pantai atau mandi sehari-hari. Sedangkan, handuk yang tebal dan padat terasa lebih mewah, tetapi kering lebih lama.

Pastikan Memilih Ukuran Handuk yang Pas untuk Anda

blank

Hal terakhir yang tak kalah penting dalam memilih handuk adalah ukuran yang cocok. Anda tentu tak ingin memakai handuk yang terlalu kecil atau terlalu besar. Umumnya, handuk mandi untuk orang dewasa berukuran 70 x 140 cm. Bila ada yang berbeda biasanya hanya selisih beberapa sentimeter saja.

Bila Anda memiliki tubuh tinggi atau besar, Anda dapat menggunakan jenis bath sheet atau handuk pantai (beach towel). Handuk pantai dan bath sheet berukuran lebih lebar daripada handuk mandi standar.

10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik

Setelah mengetahui cara-cara memilih handuk, kini Anda bisa memilih handuk yang paling sesuai dengan yang Anda butuhkan. Simak 10 rekomendasi handuk mandi berikut ini agar Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih.

1. Dunlopillo® Microfibre Towel

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Berdaya serap tinggi dan ringan untuk dibawa di dalam tas olahraga

Bila Anda sering berenang atau berolahraga di gym, Anda perlu handuk yang ringan dan mudah dibawa di dalam tas. Dengan bahan microfiber berkualitas, Dunlopillo® Microfibre Towel mempunyai daya serap tinggi dan lebih cepat kering. Selain bisa digunakan di rumah atau gym, handuk ini juga ideal untuk Anda yang sering bepergian.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Terbuat dari serat microfiber yang memiliki daya serap air hingga tujuh kali lipat bobotnya.
  • Bersifat hypoallergenic sehingga aman bagi penderita asma maupun pemilik kulit sensitif.
  • Diklaim dapat lebih cepat kering dari jenis kain handuk biasa.
  • Seratnya awet, dapat digunakan hingga ratusan kali.
  • Bahan kain ringan dan lembut, tidak abrasif untuk kulit.
  • Pilihan warnanya beragam.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dapat terbentuk penggumpalan serat kain akibat penggunaan yang terlalu lama.
Bahan kain 100% microfiber
Ukuran 70 x 140 cm
Berat Tidak disebutkan
Pilihan warna Denim blue, sage green, golden brown, coral, baby blue
Kisaran harga Rp99.000

2. Terry Palmer Royal Egyptian – Giza

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Halus dan lembut serta mampu membunuh bakteri

Terry Palmer dikenal dengan ciri khas produknya yang mewah dan berkualitas, tak terkecuali handuk Royal Egyptian – Giza ini. Terbuat dari bahan katun Mesir, handuk ini terasa halus, lembut, dan berdaya serap tinggi. Dalam pembuatannya, handuk ini menggunakan teknologi Anti Bacteria Silvertech, sehingga aman dan mempunyai kemampuan membunuh bakteri.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Terbuat dari 100% katun premium Egyptian cotton yang kualitasnya jauh lebih baik dari bahan katun biasa.
  • Menggunakan teknologi Anti Bacteria Silvertech (berbasis silver), memiliki kemampuan membunuh bakteri lebih baik daripada antibakteri nonsilver.
  • Seratnya bersifat lembut, kuat, dan berdaya serap tinggi.
  • Aman untuk dipakai semua jenis kulit.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya cukup mahal.
Bahan kain 100% Egyptian cotton
Ukuran 70 x 140 cm
Berat 539 gr
Pilihan warna Dark brown, light brown, orange
Kisaran harga Rp239.000

3. Canopy Essentials TG3L Bath Towel

blank

Sumber: Lazada.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Handuk sehari-hari yang antibau dan antimikroba

Terkadang handuk yang dipakai sehari-hari mengeluarkan bau apak atau bau lembap yang mengganggu. Dengan menggunakan Canopy Essentials TG3L Bath Towel, hal itu tidak perlu terjadi lagi. Dengan perlindungan silvafresh, handuk Anda dan keluarga akan terhindar dari bau dan mikroba. Terlebih lagi, handuk ini juga cepat menyerap, bebas luntur, dan tahan lama.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menggunakan material katun berkualitas.
  • Dilengkapi teknologi Silvafresh yang memberikan perlindungan dari aroma tak sedap dan mikroba.
  • Bahan kain kuat, berdaya serap tinggi, dan warnanya tidak cepat memudar.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Tidak ada. Mayoritas pengguna merasa puas dengan harga dan kualitas yang ditawarkan produk ini.

Bahan kain 100% cotton USA
Ukuran & berat 68 x 142 cm
Berat 450 gr
Pilihan warna Off white, pink, green, blue
Kisaran harga Rp135.000

4. Nabaiji Handuk Microfiber Motif Garis – Size L

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Ringkas dan efektif untuk perenang dan atlet olahraga

Handuk ini diperuntukkan bagi perenang dan atlet, namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan di rumah seperti biasa. Terbuat dari mikrofiber ultra-ringkas, handuk ini dapat mengeringkan tubuh secara efektif, cepat kering, dan ringan untuk dibawa ke mana saja. Dengan ukuran yang ringkas, handuk ini dapat digunakan di ruang loker yang terbatas.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok untuk atlet dan penggemar olahraga, terutama olahraga renang.
  • Terdapat lubang pengait, membuat desainnya kompak dan mudah dibawa-bawa.
  • Daya serap cukup baik dan dapat kering dengan cepat.
  • Motif garis bergelombang mempercepat proses pengeringan.
  • Bobotnya ringan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Tidak ada. Mayoritas pengguna merasa puas dengan produk ini.

Bahan kain 88% poliester (PES), 12% polyamide (PA)
Ukuran 80 x 130 cm
Berat 203 gr
Pilihan warna Blue, pink, tosca, red
Kisaran harga Rp119.000

5. Morning Whistle by Terry Palmer – Aharon

blank

Sumber: Lazada.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Handuk mewah yang ramah lingkungan

Satu lagi handuk keluaran Terry Palmer dengan tampilan mewah dan elegan, yaitu Morning Whistle. Dengan bahan 100% premium katun bambu yang ramah lingkungan, handuk ini terasa lembut di kulit, menyerap lebih cepat, dan cepat kering. Tambahan lainnya, handuk mengandung antibakteri serta tidak mudah bau meski dalam keadaan lembap. Karena berkesan mewah, handuk ini cocok untuk hadiah atau hantaran pernikahan.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Katun bambu bersifat mi dan hypoallergenic, cocok untuk pemilik kulit sensitif dan mudah alergi.
  • Kemampuan daya serapnya tinggi dan lebih cepat kering.
  • Serat bambu merupakan material yang eco-friendly.
  • Kain handuk sangat lembut.
  • Bau apek minim saat handuk dalam keadaan lembap.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bahan kain lumayan tipis.
Bahan kain Premium bamboo cotton
Ukuran 70 x 135 cm
Berat 450 gsm
Pilihan warna Brown, coffee, ivory, green, blue
Kisaran harga Rp69.900

6. Howel and Co Single Towel – Elsie

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia

Handuk premium antibakteri untuk hadiah pernikahan

Bicara soal handuk dengan tampilan premium, Howel and Co Single Towel – Elsie adalah salah satunya. Motif yang mewah berpadu dengan warna yang lembut adalah gambaran kualitas bahan yang super. Apalagi, handuk ini mengandung antibakteri dan antibau. Bisa dipesan dengan bordiran nama atau inisial, handuk ini cocok untuk hadiah pernikahan.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Material utama menggunakan serat bambu yang memiliki sifat antibau dan antibakteri alami.
  • Aman digunakan untuk kulit sensitif sekalipun.
  • Bahan handuk tebal, terasa ringan, dan sangat lembut.
  • Desain motifnya mewah dengan pilihan warna soft.
  • Produk dikemas menggunakan box premium, cocok sebagai hadiah pernikahan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya relatif tinggi.
Bahan kain 70% serat bamboo, 30% serat cotton
Ukuran 70 x 140 cm
Berat Tidak disebutkan
Pilihan warna Brown, rose, cream
Kisaran harga Rp186.000

7. IndoLinen Bath Towel

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Nyaman dan berkualitas seperti handuk di hotel berbintang

Anda ingin handuk yang kualitasnya seperti yang dipakai di hotel berbintang? Jatuhkan pilihan Anda pada IndoLinen Bath Towel, yang terbuat dari 100% katun yang tebal. Tanpa ada kandungan polyester, handuk ini memiliki daya serap tinggi dan terasa lembut di kulit, serta memiliki daya tahan yang kuat. Rasakan seperti mandi di hotel berbintang saat Anda menggunakannya.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Terbuat dari 100% kain katun murni (tanpa campuran poliester) sehingga daya serapnya sangat tinggi.
  • Kualitasnya setara dengan handuk yang digunakan di hotel berbintang.
  • Bahannya tebal, kuat, dan lembut.
  • Pilihan warna beragam.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bahan handuk tebal membuat bobotnya juga lebih berat, cukup merepotkan jika ingin dicuci dan dibawa-bawa.
Bahan kain 100% cotton
Ukuran 70 x140 cm
Berat 550 gsm, ± 539 gr
Pilihan warna Maroon, biru muda, coklat, coklat susu, putih, grey, blue
Kisaran harga Rp155.000

8. Handuk Mandi Chalmer – Motif Leafy

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Bukalapak

Elegan serta berdaya serap maksimal

Handuk dengan motif daun yang cantik dan elegan ini keluaran merek Chalmer. Tersedia dalam berbagai warna menarik dengan kualitas medium, handuk ini terbuat dari bahan kain terry yang berdaya serap maksimal. Memiliki bobot yang relatif ringan, handuk ini juga bisa dibawa saat Anda melakukan perjalanan.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kain cukup halus dengan daya serap yang baik.
  • Harganya terjangkau.
  • Motif daunnya cantik dan elegan, tidak terlihat seperti handuk murah.
  • Ketebalan handuk standar sehingga bobotnya relatif ringan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Penggunaan pelembut pakaian (softener) dapat mengurangi daya serapnya.
Bahan kain Katun terry
Ukuran & berat 135 x 70 cm
Berat 400 gsm, ± 390 gr
Pilihan warna Biru, cokelat muda, hijau, maroon
Kisaran harga Rp67.000

9. Lenuta Shella – Motif Okiji

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

100% katun tebal dan mudah menyerap serta bersertifikat SNI

Handuk Lenuta Shella dibuat dari 100% katun yang halus dan lembut, serta memiliki daya serap yang baik. Motif okiji di bagian ujungnya membuat handuk ini terlihat elegan. Tersedia dalam beberapa warna mulai dari warna pastel hingga warna tua.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bersertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia).
  • Motifnya elegan.
  • Harga relatif terjangkau.
  • Ketebalan kain standar dengan daya serap yang baik karena terbuat dari 100% katun.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengeringkan handuk cukup memakan waktu.
Bahan kain 100% katun
Ukuran/ketebalan 70 x 135 cm
Berat 420 gsm
Pilihan warna Grey, pink, dark brown
Kisaran harga Rp80.000

10. Howel and Co Gift Set – Serena

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia

Handuk mewah 3 in 1 untuk hadiah

Jika Anda ingin memberikan hadiah pernikahan untuk sahabat atau kolega Anda, Howel and Co Gift Set Serena ini adalah pilihan yang tepat. Gift set dalam kemasan kotak premium ini berisi 3 jenis handuk dengan warna yang cantik dan motif royal klasik. Terbuat dari bahan carded cotton, tekstur handuk ini berbulu halus dan berdaya serap tinggi.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Gift set yang cocok diberikan sebagai hadiah untuk sahabat dan kerabat.
  • Berisi tiga jenis handuk yang fungsional: Handuk mandi, handuk olahraga, dan handuk tangan.
  • Material kain cukup tebal, halus, dan berdaya serap tinggi.
  • Dikemas dalam box
  • Motif royal klasik memberikan kesan mewah.
  • Harga relatif terjangkau untuk kualitas yang ditawarkan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Material cotton carded yang berbulu membuat tekstur handuk tampak kurang rata.
Bahan kain Carded cotton
Ukuran Handuk mandi: 70 x 140 cm; Handuk olahraga: 35 x 80 cm; Handuk tangan: 35 x 35 cm
Berat Tidak disebutkan
Pilihan warna Purple, grey, cream
Kisaran harga Rp205.000

Tabel Perbandingan Handuk Mandi

Produk Dunlopillo® Microfibre Towel Terry Palmer Royal Egyptian – Giza Canopy Essentials TG3L Bath Towel Nabaiji Handuk Microfiber Motif Garis – Size L Morning Whistle by Terry Palmer – Aharon Howel and Co Single Towel – Elsie IndoLinen Bath Towel Handuk Mandi Chalmer – Motif Leafy Lenuta Shella – Motif Okiji Howel and Co Gift Set – Serena
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Bahan kain 100% microfiber 100% Egyptian cotton 100% cotton USA 88% poliester (PES), 12% polyamide (PA) Premium bamboo cotton 70% serat bamboo, 30% serat cotton 100% cotton Katun terry 100% katun Carded cotton
Ukuran 70 x 140 cm 70 x 140 cm 68 x 142 cm 80 x 130 cm 70 x 135 cm 70 x 140 cm 70 x140 cm 135 x 70 cm 70 x 135 cm Handuk mandi: 70 x 140 cm; Handuk olahraga: 35 x 80 cm; Handuk tangan: 35 x 35 cm
Berat Tidak disebutkan 539 gr 450 gr 203 gr 450 gsm Tidak disebutkan 550 gsm, ± 539 gr 400 gsm, ± 390 gr 420 gsm Tidak disebutkan
Pilihan warna Denim blue, sage green, golden brown, coral, baby blue Dark brown, light brown, orange Off white, pink, green, blue Blue, pink, tosca, red Brown, coffee, ivory, green, blue Brown, rose, cream Maroon, biru muda, coklat, coklat susu, putih, grey, blue Biru, cokelat muda, hijau, maroon Grey, pink, dark brown Purple, grey, cream
Kisaran harga Rp99.000 Rp239.000 Rp135.000 Rp119.000 Rp69.900 Rp186.000 Rp155.000 Rp67.000 Rp80.000 Rp205.000
Periksa ketersediaan

Tips Perawatan Handuk agar Masa Pakainya Lebih Awet

blank

Setiap kali sehabis mandi, tentunya Anda ingin merasakan handuk yang bersih dan lembut. Namun terkadang, handuk menjadi kasar setelah beberapa kali cuci. Lalu bagaimana cara merawat handuk agar tetap nyaman seperti baru? Berikut ini adalah tips merawat handuk yang bisa Anda praktikkan:

  • Cuci handuk setiap 3-5 kali penggunaan. Pisahkan handuk putih dengan yang berwarna, cuci secara terpisah dan jangan dicampur dengan pakaian lain. Gunakan air dingin atau hangat dan bilas hingga benar-benar bersih. Jangan gunakan deterjen lebih banyak dari yang disarankan, karena akan membuat handuk terasa kasar dan kaku. Jangan gunakan pemutih ataupun pelembut pakaian karena akan membuat handuk berubah warna dan berkurang daya serapnya.
  • Setelah digunakan atau setelah dicuci, keringkan handuk dengan menggantungnya hingga benar-benar kering, atau gunakan api kecil untuk mengeringkannya. Hindari pemakaian pengering panas dan jangan langsung terkena sinar matahari karena akan merusak serat kapas dan handuk menjadi kasar. Jangan simpan handuk di lemari dalam keadaan lembap, karena akan menimbulkan jamur dan bau apak.
  • Meski handuk sudah dirawat dengan baik, tetapi Anda disarankan untuk mengganti handuk setelah 1-2 tahun penggunaan.

Kesimpulan

Handuk berfungsi sebagai pengering tubuh setelah mandi. Namun tidak hanya itu, handuk yang nyaman dengan daya serap tinggi dan keunggulan lainnya memiliki nilai yang lebih. Selain bisa dipakai oleh Anda dan keluarga, juga bisa dijadikan hadiah.

Dari penjelasan di artikel ini, kami harap Anda terbantu dalam memilih handuk mandi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah memilih dan menggunakan handuk, jangan lupa untuk merawatnya agar dapat dipakai dalam jangka waktu lama. Selamat berbelanja!

Referensi

How to Pick the Best Bath Towels
https://www.realsimple.com/home-organizing/decorating/decorating-bathroom/how-to-pick-the-best-bath-towels diakses pada 26 Mei 2021

How to Choose Bathroom Towels
https://www.wikihow.com/Choose-Bathroom-Towels diakses pada 26 Mei 2021

Handuk & Kain Pembersih Microfiber
https://www.microfiber.mipacko.com/blog/apa-itu-microfiber/ diakses pada 26 Mei 2021

Mengapa Harus Memilih Bahan Cotton Bamboo?
https://knitto.co.id/blog/mengapa-harus-memilih-bahan-cotton-bamboo/ diakses pada 26 Mei 2021

5 Ways to Find the Best Bath Towels
https://www.goodhousekeeping.com/home-products/towel-reviews/a25466/how-to-buy-towels/ diakses pada 26 Mei 2021

Bath Towels 101: How to Choose Towels
https://www.crateandbarrel.com/ideas-and-advice/how-to-choose-towels diakses pada 26 Mei 2021

You may also like

Comments are closed.