Fashion Pria

10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik

Kacamata baca telah menjadi aksesori favorit sebagian orang. Anda bermaksud memiliki salah satunya? Pertama-tama, Anda harus tahu keperluan Anda, terlebih bila Anda mengalami rabun jauh atau dekat. Tak kalah penting, Anda juga harus memilih kacamata yang nyaman dipakai serta tidak membuat mata mudah lelah.

Deretan kacamata baca dari Porsche, Tag Heuer, bahkan Nike memiliki beragam kelebihan. Selain membuat aktivitas membaca lebih nyaman, kacamata ini juga cukup stylish. Di sini, Anda akan menemukan kacamata baca berdasarkan rekomendasi kami. Tapi, bahas tips memilihnya dulu, yuk!

Cara Memilih Kacamata Baca

Ada beberapa kiat mudah yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan kacamata baca yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai salah pilih, ya!

Periksa Kondisi Mata dan Sesuaikan dengan Frekuensi Kacamata

Kacamata baca dengan ukuran yang tepat bisa Anda dapatkan dengan tes di dokter mata atau di optik terdekat. Namun, Anda juga bisa melakukan tes sendiri dengan cara memakai kacamata baca ukuran terendah untuk membaca buku, kemudian mencoba ukuran berikutnya apabila ukuran tersebut tidak sesuai, hingga menemukan kacamata yang paling nyaman dipakai.

Tes membaca tidak hanya perlu Anda lakukan dengan buku. Anda juga dapat menggunakan gawai  –jika Anda sering menggunakannya. Ada perbedaan ukuran hingga +1,25 antara kacamata baca untuk membaca buku dan kacamata baca untuk membaca komputer.

Pilih Model Frame yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Kacamata baca hadir dengan berbagai jenis frame yang bisa disesuaikan dengan bentuk wajah Anda.

Frame Persegi Panjang: Untuk Wajah Oval, Hati, dan Bulat

blank

Jika Anda memiliki wajah bulat, hati, dan oval, Anda akan terlihat lebih menarik dengan kacamata ber-frame persegi panjang. Frame ini akan membantu Anda untuk tidak terlihat terlalu bulat dan menonjolkan tulang pipi.

Frame Oval Tipis: Cocok untuk Pemilik Wajah Kotak dan Rahang Persegi

blank

Berbeda dengan orang berwajah bulat, oval, dan hati, Anda yang berwajah kotak/persegi cocok menggunakan frame oval. Frame ini akan mengurangi kesan galak dan kaku pada wajah Anda.

Pilih Berdasarkan Ukuran Lensa dan Frame-nya

Selain bentuk frame, kacamata juga dibedakan berdasarkan ukuran lensa dan frame-nya. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu Anda pikirkan saat memilih ukuran lensa dan frame kacamata baca

Ukuran Besar: Cocok untuk Penggunaan Tahap Awal

blank

Pernah melihat kacamata baca dengan ukuran lensa dan frame yang besar? Rupanya, kacamata ini cenderung dibuat untuk pengguna kacamata baca tahap awal. Menurut Rishi Singh, seorang dokter mata, Anda membutuhkan kacamata dengan lensa dan frame yang lebih besar untuk bisa membaca dengan jelas. Setelah Anda terbiasa dengan kacamata baca, Anda dapat memilih ukuran frame dan lensa yang lebih kecil.

Namun, selain masalah adaptasi, Anda juga perlu memperhatikan tingkat rabun dekat Anda. Lensa yang lebih besar lebih baik jika Anda memiliki tingkat rabun jauh yang tinggi, karena lensa yang kecil memberikan distorsi/efek prisma yang membuat Anda merasa pusing.

Ukuran Setengah Mata: Dapat Pula Digunakan untuk Pemakaian Sehari-hari

blank

Kelebihan dari ukuran lensa setengah mata (tidak penuh) adalah dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari saat Anda beraktivitas. Anda akan lebih nyaman untuk melihat pada jarak jauh karena mata Anda tidak sepenuhnya tertutupi lensa.

Pilih Bahan Frame sesuai Kebutuhan

blank

Ada dua jenis bahan yang sering dipakai dalam pembuatan frame kacamata, yakni plastik dan metal/besi. Dibandingkan frame besi, frame plastik memang lebih murah dan juga hadir dengan warna dan gaya yang lebih variatif. Namun, frame metal memang lebih kuat. Untuk jenis metal titanium, bobotnya pun lebih ringan.

Pilih Ukuran yang Tepat untuk Menunjang Kenyamanan

blank

Periksa apakah kacamata baca itu nyaman untuk Anda pakai atau tidak. Pastikan kacamata tidak terlalu turun di hidung, membuat Anda harus berkali-kali membetulkannya. Rasakan juga apakah gagang kacamata menyebabkan rasa pegal di bagian telinga atau tidak.

Pertimbangkan Lapisan Pelindung pada Lensa Kacamata

Beberapa kacamata baca dilengkapi dengan lapisan pelindung. Hal ini dapat membuat kacamata menjadi lebih mahal, tetapi, terdapat berbagai keuntungan yang akan Anda rasakan.

Anti-scratch: Meningkatkan Daya Tahan Kacamata

blank

Jika Anda adalah orang yang ceroboh dan kerap terburu-buru dalam memasukkan kacamata ke dalam tempatnya, kacamata baca anti-scratch adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Kacamata ini tidak mudah tergores, sehingga Anda tidak perlu berulang kali mengganti lensa di optik.

Anti-reflection: Mengurangi Silau dan Pantulan dari Kacamata

blank

Bagi Anda yang membutuhkan kacamata untuk menyetir atau kerap beraktivitas di luar ruangan, kacamata antirefleksi akan sangat membantu Anda. Kacamata ini dilengkapi dengan lapisan khusus yang dapat mereduksi pantulan cahaya dan glare yang menyilaukan mata.

Photochromic: Melindungi Mata dari Sinar UV

blank

Jenis kacamata antirefleksi yang satu ini bisa melindungi mata dari sinar UV, cocok bagi pengguna yang kerap membaca di luar ruangan pada siang hari. Kacamata ini akan menggelap pada siang hari, membuat Anda terlihat seperti menggunakan kacamata hitam. Namun, kacamata ini tidak disarankan pemakaiannya untuk menyetir.

Anti-radiation: Melindungi Mata dari Sinar Biru Layar Komputer dan Ponsel

blank

Saat ini, aktivitas kita banyak dihabiskan di depan layar digital. Kacamata antiradiasi menjawab kebutuhan tersebut. Kacamata ini dapat memblokir radiasi elektromagnetik sehingga tidak memberikan efek buruk kepada mata Anda. Jika pekerjaan Anda banyak dihabiskan di depan layar, inilah pilihan yang tepat. Harganya pun tidak terlalu mahal.

10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik

Memilih kacamata baca sebaiknya tidak dilakukan secara asal. Jika Anda menginginkan rekomendasi kacamata berkualitas, berikut kami punya beberapa pilihan.

1. Grey Jack TR90 8242

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kacamata sederhana yang cocok untuk penggunaan harian.

Bentuknya yang sederhana membuat kacamata ini cocok dipakai untuk siapa saja. Selain itu, ia juga sangat ringan dan lentur, membuatnya nyaman dipakai seharian. Frame besinya membuat kacamata ini lebih kuat dan awet.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

Memiliki bobot yang ringan dan lentur sehingga tidak mengakibatkan pegal saat dipakai seharian.

Memiliki desain yang stylish dan modern.

Dapat digunakan oleh pria, wanita, dan orang tua.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Kurang cocok bagi Anda yang menyukai frame besi.

Model frame Oval
Ukuran lensa dan frame Besar
Bahan frame Plastik
Ukuran produk Lebar lensa: 5,2 cm, lebar frame: 13,6 cm tinggi lensa: 4,2 cm, jarak nosped: 1,8 cm, panjang kaki: 13,8 cm
Lapisan pelindung Anti-radiation bluray
Kisaran harga Rp129.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

2. Porsche Design P837

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Sporty dan cocok untuk pria.

Kacamata pria yang satu ini memberikan kesan sporty, cocok untuk pria yang berjiwa muda. Terlebih lagi, Anda dapat mengganti lensanya dengan mudah. Bentuknya yang kokoh membuatnya terlihat eksklusif dan juga tidak mudah rusak.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

Tersedia dalam berbagai warna.

Lensa dapat diganti sesuai kebutuhan.

Cocok untuk pemakaian sehari-hari.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Memiliki harga yang cenderung lebih mahal.

Model frame Persegi panjang
Ukuran lensa dan frame Setengah mata
Bahan frame Plastik
Ukuran produk Lebar frame: 138 mm, tinggi frame: 33 mm, lebar lensa: 50 mm, tinggi lensa: 28 mm, panjang tangkai: 141 mm
Lapisan pelindung Anti-radiation
Kisaran harga Rp110.000

 

Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

3. One Power Readers Auto Focus

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kacamata autofokus yang universal.

Tidak hanya memiliki desain stylish dengan adanya frame gradasi, kacamata One Power Readers Autofocus ini bisa menyesuaikan tingkat presbiopi mata. Anda tidak perlu lekas mengganti lensa apabila angka presbiopi Anda bertambah.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

Dapat digunakan oleh pria, wanita, maupun orang tua.

Memiliki desain yang trendy dan modis.

Gagang kacamata dilengkapi dengan per.

Universal dapat digunakan untuk mata +0,5 sampai + 2,5.

1 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Lensa belum dilengkapi lapisan pelindung.

Model frame Persegi panjang
Ukuran lensa dan frame Setengah mata
Bahan frame Plastik
Ukuran produk Lebar lensa: 54 mm, tinggi lensa: 36 mm, lebar kacamata: 140 mm, tinggi kacamata: 42 mm, panjang gagang: 140 mm
Lapisan pelindung Belum tersedia
Kisaran harga Rp71.999
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Moscot Lemtosh Kacamata

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kokoh dengan konsep vintage.

Beberapa orang menyukai kacamata dengan gaya yang vintage. Jika Anda juga demikian, Moscot Lemtosh akan menjadi pilihan yang tepat. Material frame dan lensanya kokoh dengan gaya klasik yang membuat penampilan Anda menjadi unik.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

Tersedia dalam berbagai jenis warna dan ukuran.

Lensa bisa diganti sesuai kebutuhan.

Terbuat dari material standar optik yang kuat dan kokoh.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Harga relatif lebih mahal.

Model frame Oval
Ukuran lensa dan frame Besar
Bahan frame Plastik
Ukuran produk Lebar lensa: 5 cm, jarak hidung: 2 cm, lebar keseluruhan: 14 cm, panjang gagang: 14,5 cm
Lapisan pelindung Anti-radiation, photochromic
Kisaran harga Rp275.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

5. Oakley Sporty OX Currency 8026

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kacamata premium yang nyaman dipakai.

Siapa yang tidak mengenal Oakley? Saat berbicara tentang kacamata premium berkualitas, nama ini akan selalu disebut. Oakley juga mengeluarkan seri kacamata baca dengan material ringan yang nyaman dipakai seharian. Anda dapat memilih berbagai variasi warna sesuai dengan keinginan ANda.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

Tersedia dalam berbagai macam warna.

Terbuat dari material yang ringan dan nyaman digunakan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Harga relatif lebih mahal.

Model frame Oval
Ukuran lensa dan frame Besar
Bahan frame Plastik dan magnesium
Ukuran produk Lebar lensa: 5,4 cm, jarak hidung: 1,7 cm, panjang gagang:13,0 cm
Lapisan pelindung Anti-radiation, photochromic
Kisaran harga Rp400.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Nike Anti Radiasi

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Cocok untuk aktivitas di depan layar.

Kiwari, sepertinya begitu sulit untuk melepaskan diri dari layar. Hampir semua aktivitas dilakukan di depan layar. Itulah sebabnya Anda membutuhkan kacamata antiradiasi yang dapat mengurangi dampak buruk sinar biru layar, seperti Nike Anti Radiasi ini. Anda tak perlu mempertanyakan kualitas produk Nike yang memang terkenal tangguh.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

Material besi yang digunakan bersifat lentur dan tidak mudah berkarat.

Tangkai terbuat dari engsel besi ringan sesuai dengan bentuk kepala.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Kurang cocok bagi Anda yang menyukai kacamata berbahan plastik 100%.

Model frame Persegi panjang
Ukuran lensa dan frame Setengah mata
Bahan frame Plastik dan besi
Ukuran produk Panjang gagang:13,5 cm, tinggi: 3,5 cm, lebar keseluruhan: 13 cm, tangkai nosepad: 17 mm
Lapisan pelindung Anti-radiation dan photochromic
Kisaran harga Rp121.500

 

Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

7. William Palmer Wise Black 3017 C1 S54

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kacamata unisex yang kokoh

William Palmer memberikan kualitas frame dan lensa kokoh lewat William Palmer Wise Black 3017 C1 S54. Modelnya pun sederhana, tetapi membuat wajah terlihat elegan dan trendy. Anda dapat mengganti lensa sesuai dengan kebutuhan dan tingkat presbiopi.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

Terbuat dari bahan yang berkualitas.

Lensa dapat dipasang dan diganti sesuai kebutuhan.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Lensa asli belum memiliki lapisan pelindung

Model frame Oval tipis
Ukuran lensa dan frame Besar
Bahan frame Plastik
Ukuran produk Diameter lensa: 5,4 cm lebar bridge: 1,8 cm, panjang kaki: 14,6 cm
Lapisan pelindung Belum tersedia
Kisaran harga Rp450.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

8. Tag Heuer Urban Super

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Kacamata berkelas yang kuat dan elegan

Begitu mudahnya untuk jatuh cinta dengan Tag Heuer Urban Super. Desain minimalisnya cocok untuk bentuk wajah oval dan bulat. Gagangnya sangat presisi dan dirancang khusus supaya tidak terasa sakit di telinga.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

Tersedia dalam berbagai warna.

Memiliki desain frame yang kokoh.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Harga relatif lebih mahal.

Model frame Persegi panjang
Ukuran lensa dan frame Setengah mata
Bahan frame Plastik
Ukuran produk Lebar: 54 mm, tinggi 35 mm, bridge: 16 mm, panjang: 140 mm
Lapisan pelindung Anti-radiation
Kisaran harga Rp260.000

 

Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

9. MONTBLANC 160

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kacamata berpegas yang kokoh tetapi ringan.

Desain kacamata ber-frame kotak ini sangat kekinian dan membuat wajah terlihat lebih muda. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan pegas yang menjadikannya lebih fleksibel, tidak mudah patah.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

Memiliki bobot yang ringan dan terdapat pegas.

Cat tidak mudah luntur.

Didukung dengan full frame yang memiliki desain fashionable.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Harga cenderung lebih mahal karena frame dan lensa dijual secara terpisah.

Model frame Oval
Ukuran lensa dan frame Besar
Bahan frame Plastik ultem
Ukuran produk Lebar lensa: 53 mm, lebar jembatan hidung: 17 mm, panjang tangkai: 138 mm
Lapisan pelindung Belum tersedia
Kisaran harga Rp160.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Rodenstock Formal Office

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kacamata frame setengah mata antiradiasi.

Apabila Anda sudah terbiasa dengan kacamata baca, kini saatnya untuk mengganti kacamata lama Anda dengan kacamata frame setengah yang stylish dan terlihat profesional ini. Ia juga dilengkapi dengan antiultraviolet sehingga dapat dipakai di luar ruangan

Alasan untuk Membeli Produk:

Terbuat dari material plastik tangkai besi yang solid sehingga nyaman dipakai sehari hari.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Kurang cocok untuk pengguna pemula karena memiliki model frame setengah mata.

Model frame Persegi panjang
Ukuran lensa dan frame Setengah mata
Bahan frame Besi
Ukuran produk Panjang gagang: 13.5 cm tinggi: 3.2 cm
Lapisan pelindung Belum tersedia
Kisaran harga Rp157.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Kacamata Baca

Produk Grey Jack TR90 8242 Porsche Design P837 One Power Readers Auto Focus Moscot Lemtosh Kacamata Oakley Sporty OX Currency 8026 Nike Anti Radiasi William Palmer Wise Black 3017 C1 S54 Tag Heuer Urban Super MONTBLANC 160 Rodenstock Formal Office
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Model frame Oval Persegi panjang Persegi panjang Oval Oval Persegi panjang Oval tipis Persegi panjang Oval Persegi panjang
Ukuran lensa dan frame Besar Setengah mata Setengah mata Besar Besar Setengah mata Besar Setengah mata Besar Setengah mata
Bahan frame Plastik Plastik Plastik Plastik Plastik dan magnesium Plastik dan besi Plastik Plastik Plastik ultem Besi
Ukuran produk Lebar lensa: 5,2 cm, lebar frame: 13,6 cm tinggi lensa: 4,2 cm, jarak nosped: 1,8 cm, panjang kaki: 13,8 cm Lebar frame: 138 mm, tinggi frame: 33 mm, lebar lensa: 50 mm, tinggi lensa: 28 mm, panjang tangkai: 141 mm Lebar lensa: 54 mm, tinggi lensa: 36 mm, lebar kacamata: 140 mm, tinggi kacamata: 42 mm, panjang gagang: 140 mm Lebar lensa: 5 cm, jarak hidung: 2 cm, lebar keseluruhan: 14 cm, panjang gagang: 14,5 cm Lebar lensa: 5,4 cm, jarak hidung: 1,7 cm, panjang gagang:13,0 cm Panjang gagang:13,5 cm, tinggi: 3,5 cm, lebar keseluruhan: 13 cm, tangkai nosepad: 17 mm Diameter lensa: 5,4 cm lebar bridge: 1,8 cm, panjang kaki: 14,6 cm Lebar: 54 mm, tinggi 35 mm, bridge: 16 mm, panjang: 140 mm Lebar lensa: 53 mm, lebar jembatan hidung: 17 mm, panjang tangkai: 138 mm Panjang gagang: 13.5 cm tinggi: 3.2 cm
Lapisan pelindung Anti-radiation bluray Anti-radiation Belum tersedia Antiradiasi, potochoromic Anti-radiation, photochromic Anti-radiation dan photochromic Belum tersedia Anti-radiation Belum tersedia Belum tersedia
Kisaran harga Rp129.000 Rp 110.000 Rp 71.999 Rp275.000 Rp400.000 Rp121.500 Rp450.000 Rp260.000 Rp160.000 Rp157.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia

Cara Merawat Lensa Kacamata Agar Lebih Tahan Lama

Kacamata adalah barang yang rentan pecah dan patah. Namun, dengan beberapa perawatan sederhana, kacamata bisa menjadi lebih tahan lama:

Bersihkan kacamata setiap hari setelah dipakai menggunakan lap khusus kacamata. Anda bisa membeli cairan lens cleanser untuk menghilangkan debu yang sulit dibersihkan dengan air supaya lensa lebih cemerlang.

Bersihkan bagian gagang. Bagian ini menyimpan kotoran karena bersinggungan dengan keringat di bagian lipatan telinga. Jangan biarkan kacamata menjadi berkerak dan beraroma tidak sedap.

Jangan gunakan pembersih perabot untuk membersihkan kacamata. Ini akan membuat lensa menjadi keruh.

Beli tempat kacamata hard case atau microfiber couch. Keduanya dapat membantu Anda untuk membuat kacamata tidak mudah tergores bahkan pecah.

Kesimpulan

Memilih kacamata baca yang sesuai dapat Anda lakukan jika Anda memahami kebutuhan Anda dan style yang Anda inginkan. 10 rekomendasi kacamata baca terbaik di atas bisa menjadi inspirasi pilihan kacamata yang berkualitas dan juga cocok untuk dipakai dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi, sudah tahu mana kacamata yang Anda inginkan?

You may also like

Comments are closed.