Written by 11:07 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Lip Scrub Terbaik

Di samping sensitif, bibir manusia tidak memiliki kelenjar minyak, berkulit tipis, dan rentan kering serta pecah-pecah. Maka itu, sangat penting merawat kondisi bibir. Peranan lip balm memanglah baik dalam melembapkan bibir, tetapi hasilnya lebih optimal bila didukung penggunaan lip scrub. Produk pengeksfoliasi bibir ini akan membuat kulit bibir tampak halus dan rata.

Di pasaran tersedia bermacam pilihan lip scrub. Sederet produsen mengeluarkan produk terbaiknya, sebut saja Lush, Liplapin, Emina, dan Unpa Cosmetics yang tergolong unik. Bingung memilih produk yang tepat? Kami akan menemani perjalanan Anda temukan lip scrub terbaik. Dari mulai tips memilih beserta rekomendasi produk, semua dapat Anda temukan di sini. Ayo kita mulai!

Apa itu Lip Scrub?

Lip scrub adalah produk perawatan bibir berbasis krim atau minyak yang berfungsi meluruhkan sel-sel mati pada lapisan bibir. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bibir rentan kering karena tidak mempunyai kelenjar keringat (sebaceous gland). Inilah sebabnya, produsen menambahkan bahan pelembap tinggi ke dalam lip scrub keluarannya.

Lip scrub bekerja sebagai physical exfoliator. Meski kulit bibir tergolong tipis, butiran lip scrub didesain lembut agar tidak melukai bibir atau menyebabkan iritasi. Lip scrub dapat membantu Anda peroleh warna lipstik merata dengan cara menghaluskan kulit bibir. Tak sedikit orang membuat sendiri lip scrub, tetapi sebagian lain memilih untuk membeli lip scrub siap pakai karena lebih praktis.

Cara Memilih Lip Scrub

Tidak sulit menentukan lip scrub yang tepat. Tetapi setidaknya, Anda perlu memeriksa beberapa poin penting. Dari mulai bahan dasar scrub-nya, hingga komponen pelembap apa saja yang tercantum di dalamnya. Simak pembahasan selengkapnya di bagian ini, yuk!

Pilih berdasarkan Jenis Scrub/Exfoliator-nya

Scrub adalah partikel berukuran kecil yang memainkan peran utama merontokkan sel-sel kulit mati hingga kotoran. Berbeda dengan body scrub, butiran lip scrub tak hanya berukuran kecil, tetapi juga lembut serta mudah larut dengan air. Produsen biasa menggunakan gula sebagai bahan dasar penghasil scrub. Sementara garam, partikelnya terlalu kasar sehingga berisiko mengiritasi dan mengelupas bibir.

Komponen utama scrub tidak hanya terdiri dari unsur tunggal, namun terkadang produsen mengombinasikan sejumlah bahan. Selain gula, bahan penghasil scrub lain yang sering juga digunakan antara lain bubuk kopi, coarse oats, bubuk kenari (walnut), dan gandum (grain). Periksalah jenis scrub yang digunakan, lalu pastikan scrub tersebut cocok untuk bibir Anda.

Periksa Bahan Pelembap yang Digunakan

Lip scrub bekerja mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan cara menyingkirkan sel kulit mati. Efek eksfoliasi ini tentu saja membuat bibir rentan iritasi. Makannya, kerap kali pengguna direkomendasikan mengoleskan pelembap untuk membentuk lapisan pelindung pada bibir.

Saat ini, hampir semua lip scrub dibekali bahan pelembap. Namun, pelembap sendiri dibedakan menjadi beberapa tipe, misalnya emolien dan humektan. Emolien adalah substansi yang membantu melembutkan, menenangkan, dan melembapkan kulit. Sementara humektan adalah komponen pelembap yang cara kerjanya menarik air dari lapisan kulit ke permukaan bibir.

Lantas, dari semua zat pelembap, manakah yang sebaiknya Anda pilih? Untuk mengetahuinya, berikut karakteristik di antara beberapa bahan pelembap, entahkah golongan emollient maupun humectant. Pilih bahan pelembap yang paling cocok terhadap kondisi bibir Anda, ya!

Shea Butter: Melapisi Permukaan Bibir untuk Mempertahankan Kelembapan

Shea butter adalah bahan yang diperoleh dari biji buah pohon shea (karite). Di dalamnya terkandung kekayaan vitamin A, E, dan F, di mana selain membantu menyehatkan kulit, kandungan-kandungan tersebut memproteksi kulit dari efek kerusakan. Ada pula komponen SPF ringan yang menjaga kulit dari sinar UV berbahaya, menjadikannya sanggup menekan tanda penuaan.

Shea butter termasuk emolien yang berkemampuan menciptakan barrier untuk bibir terasa kenyal dan halus. Bahan ini mudah diserap serta efektif mengirimkan nutrisi tambahan bagi bibir. Berkat segala khasiatnya, shea butter menjadi salah satu bahan umum dalam berbagai produk perawatan kulit, termasuk untuk merawat bibir kering dan pecah-pecah.

Jojoba Oil: Andal dalam Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Minyak jojoba (jojoba oil) merupakan minyak sayur hasil ekstraksi biji tanaman jojoba. Tanaman yang rata-rata tumbuh hingga 10 kaki ini lebih sering ditemukan di Amerika Serikat bagian selatan dan Meksiko bagian utara. Jojoba oil bertekstur mirip wax yang mampu membentuk skin barrier pada bibir kering atau pecah-pecah.

Tergolong sebagai emolien, jojoba oil mengandung vitamin E untuk peran antipenuaan alami yang mengurangi munculnya garis halus dan kerutan, serta di tempat lain, bahan yang juga banyak dicampurkan ke dalam losion ini bisa dimanfaatkan sebagai pembersih makeup. Sifat hypoallergenic-nya dinilai aman untuk segala jenis kulit.

Honey: Mampu Mengembalikan Kelembapan Bibir yang Hilang

Selain nikmat dikonsumsi, madu banyak digunakan untuk keperluan topikal. Salah satu keunggulan madu ada pada kemampuannya melembapkan kulit. Beberapa mungkin mengambil manfaat penyembuhan dari madu, namun kebanyakan mengoleskan madu ke permukaan kulit, termasuk bibir, untuk mengembalikan kelembapan yang hilang.

Walau telah lama dilibatkan ke dalam komposisi bahan dasar kosmetik, sebaiknya Anda tidak menggunakan raw honey. Sekarang, lip scrub berkandungan honey tidak sulit ditemukan. Pilihlah lip scrub yang mengandung madu apabila Anda ingin mengatasi masalah bibir kering.

Vaseline: Bantu Cegah Kekeringan Bibir dengan Sifat Oklusifnya

Vaseline dikenal dengan nama lain peroleum jelly atau petrolatum, adalah kombinasi dari mineral oil dan wax. Berbentuk mirip gel, vaselin sejak 1859 dimanfaatkan pekerja untuk menyembuhkan luka baret dan bekas luka bakar. Bibir Anda yang kering bisa diatasi oleh sifat oklusifnya (mengunci kelembapan yang ada di dalam kulit untuk mencegah water loss).

Walau mampu menenangkan bermacam masalah kulit seperti kulit mengelupas dan alergi, sebaiknya Anda tidak menerapkan vasline sebagai pelembap harian karena akan terasa berat di bibir. Vaseline juga cukup jarang digabungkan ke dalam lip scrub.  Meski begitu, beberapa produk tetap menyertakannya, hanya bertingkat kemurnian tinggi sehingga terasa ringan dan bahkan aman dioleskan ke kulit bayi atau untuk keperluan medis.

10 Rekomendasi Lip Scrub Terbaik

Berikutnya, kami akan menampilkan sepuluh produk lip scrub terbaik untuk Anda. Gunakanlah lip balm untuk membuat bibir Anda senantiasa terlihat fresh. Selain berkandungan exfoliator dan moisturizer, ada baiknya untuk memilih juga produk yang diperkaya bahan penutrisi lain. Selamat memilih!

1. Emina Sugar Rush Lip Scrub

Walau tanpa spatula, kualitasnya sudah dibuktikan banyak perempuan!

Keseharian Anda dituntut tampil prima sehingga lipstik menjadi komsetik yang rutin digunakan? Sayangnya, terlalu lama ditutupi oleh perona bibir berpotensi menyebabkan bibir kering. Sekarang, Anda bisa atasi bibir kering dan bertekstur menggunakan lip scrub keluaran Emina.

Sugar RushLip Scrub dikemas dalam pot transparan bertutup ulir merah muda. Lip scrub berdesain girly ini memang bertekstur sedikit kasar, namun partikel scrub-nya tetap lembut saat diaplikasikan ke bibir. Klaim mengatasi bibir keringnya tidak meninggalkan efek negatif, bahkan untuk Anda yang permukaan kulit bibirnya tergolong sensitif.

Jenis scrub Gula
Bahan pelembap Shea butter, avocado oil, olive oil, tocopherol (vitamin E)
Ukuran 4,2 g
Kisaran harga Rp38.000

2. ElsheSkin Lip Sugar Scrub

Partikel scrub gula halus yang tidak melukai bibir

Dengan adanya ElsheSkin Lip Sugar Scrub, Anda semakin mudah menghemat pengeluaran. Yang sebelumnya menjalani lip treatment di salon, sekarang sudah bisa melakukan treatment di rumah dengan biaya terjangkau. Lip scrub merek lokal ini terdaftar di BPOM, serta dipastikan aman untuk segala jenis kulit bibir. Bahkan saking amannya, produk ini boleh digunakan ibu hamil dan menyusui.

Menggunakan scrub berbahan dasar sukrosa, ElsheSkin memastikan produknya ampuh menangkat kulit mati pada bibir. Tak hanya itu, tampilan hitam akibat kebiasaan memakai matte lipstick mampu dipudarkan olehnya. Jangan takut menggunakannya karena bibir terasa lembut dan segar setelahnya, serta adanya oryza sativa powder memberikan efek netralisir untuk cegah iritasi bibir.

Jenis scrub Gula
Bahan pelembap Honey, avocado oil
Ukuran 10 g
Kisaran harga Rp55.000

3. Mineral Botanica Sugar Lip Scrub Intensive Care

Wujudkan bibir lembap dan cantik dengan rona alami

Mineral Botanica menambahkan cukup banyak bahan pelembap untuk menetralisir bibir serta melembapkannya pasca treatment. Bila Anda membutuhkan lip scrub dengan harga bersahabat yang terbukti mencegah bibir pecah, sekaligus optimal mengeksfoliasi sel kulit mati, lip scrub satu ini patut dicantumkan ke wishlist.

Volume kemasannya memang tidak besar, malah hanya berukuran 2,5 gram, akan tetapi cukup digunakan sedikit, efektivitasnya langusng nampak. Bibir bukan hanya lembap dan bebas kering, namun warna gelap bibir juga perlahan sirna, sehingga tampilan rona alami bibir Anda kembali terpancar!

Jenis scrub Gula
Bahan pelembap Shea butter, honey, vitamin E, avocado oil, squalene
Ukuran 2,5 g
Kisaran harga Rp41.900

4. Lush Bubblegum Lip Scrub

Scrub bibir tidak pernah senikmat dan semenyenangkan ini!

Scrub berwarna pink membuat produk ini menarik hati banyak orang. Terbuat dari bahan utama fine castor sugar, Lush mendeskripsikan keunggulan produk ini dalam hal merontokkan sel kulit mati secara lembut. Setelahnya, bibir lembap berkat organic jojoba oil sekaligus menciptakan tekstur lembut dan kenyal yang terasa nyaman.

Uniknya lagi, lip scrub ini mengeluarkan rasa manis mirip permen karet. Aromanya pun lembut, proses scrub bibir sangat menyenangkan! Di Eropa, banyak wanita menyediakan lip scrub ini untuk merawat bibirnya selama musim dingin. Bagi Anda yang sering beraktivitas di ruangan ber-AC, tak ada ruginya menyiapkan Lush Bubblegum Lip Scrub untuk weekly lip treatment.

Jenis scrub Gula
Bahan pelembap Jojoba oil
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp250.000

5. Sensatia Botanicals Pouty Lips Sugar Lip Scrub

Sepenuhnya terdiri dari komposisi bahan alami

Sensatia Botanicals Pouty Lips Sugar Lip Scrub mengandung scrub gula dari pohon tebu untuk fungsi exfoliating. Diklaim 100% berbahan alami menjadikan produk ini ideal dipakai semua orang. Baik Anda yang berkulit bibir sensitif atau mengutamakan produk alami, rasanya akan sangat pas mencoba produk satu ini.

Untuk efek melembapkannya, Sensatia Botanicals menggabungkan shea butter dan beberapa ekstrak biji beserta buah anggur. Aroma manis dan sensual yang terpancar membuat kegiatan merawat bibir semakin seru. Apalagi, kandungan minyak biji aprikot di dalamnya ikut menutrisi bibir, nampaknya tak ada alasan lain untuk berpaling darinya.

Jenis scrub Gula
Bahan pelembap Shea butter, sweet almond oil, aprikot oil, grapefruit oil, tocopherol (vitamin E)
Ukuran 20 mL
Kisaran harga Rp80.000

6. Unpa Bubi Bubi Lip

Andal menyiapkan bibir yang hendak dipulas lipstick!

Ini adalah lip scrub asal Korea Selatan yang booming beberapa tahun belakangan. Satu keunikan Unpa Bubi Bubi Lip laris adalah cara kerjanya yang mengeluarkan busa. Busa tersebut yang nantinya akan membersihkan bibir dari residu serta sel kulit mati. Scrub berbahan alaminya akan menyiapkan bibir Anda untuk dipulas lipstik favorit. Dijamin, warna lipstik lebih lama menempel!

Dari mulai kotak packaging hingga kemasan botolnya, seluruhnya bergaya fun dan chic. Untuk Anda yang menyukai lip scrub beraroma lembut, Unpa Bubi Bubi Lip memiliki wewangian khas, seperti grape, peach, dan sebagainya. Sebab tingkat peluruhannya tidak sekuat lip scrub kebanyakan, Anda bisa menggunakan lip scrub ini 2x seminggu.

Jenis scrub Gula
Bahan pelembap Grapefruit oil, peach oil, squalene
Ukuran 12 mL
Kisaran harga Rp124.900

7. Gulaco Yummy Lip Scrub Honey

Selain varian madu, ada lagi pilihan lain yang mudah Anda sesuaikan

Cukup hits sebagai salah satu merek skincare, Gulaco turut mengeluarkan lip scrub dengan butiran scrub yang halus. Apakah Anda mencari lip scrub untuk kulit sensitif? Yummy Lip Scrub Honey merupakan pilihan terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan. Produk ini akan membebaskan Anda dari bibir kering melalui peran eksfoliasi, lalu meninggalkan kelembapan sepanjang hari.

Selain varian Honey yang bertugas menjadikan bibir Anda lebih lembut, bersih, dan sehat ternutrisi, Gulaco memproduksi varian lain yakni Coffee Scrub, Cocoa Scrub, dan Greentea Scrub. Untuk pengaplikasiannya, produk ini disarankan hanya 2 – 3 kali dalam seminggu.

Jenis scrub Gula
Bahan pelembap Honey, almond oil, minyak zaitun
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp45.000

8. Lush Honey Lip Scrub

Anda penyuka rasa manis wajib memilihnya!

Lush menekankan kepada para konsumennya bahwa seluruh produk lip scrub besutannya tersusun dari bahan utama castor sugar, termasuk seri Honey Lip Scrub. Namun, khusus untuk satu ini, Lush tak hanya mengandalkan castor sugar, tetapi komposisi bercita rasa manis lain, yakni syrupy honey, aromatic vanilla, dan creamy white chocolate.

Silakan pilih lip scrub berikut apabila Anda ingin merasakan manis bibir sehabis perawatan. Hanya perlu seukuran kacang polong, butiran scrub-nya sudah bisa Anda gosokkan untuk melembutkan bibir. Dalam sekejap, sel kulit mati terkelupas, hasil bibir terlihta fresh dan moist akan mengejutkan Anda!

Jenis scrub Gula
Bahan pelembap Jojoba oil, honey
Ukuran 25 g
Kisaran harga Rp180.000

9. Felinz Lip Scrub Frosted Peach

Harganya bersahabat, ramah pula untuk bibir sensitif

Bila Anda hobi bergonta-ganti lipstik, apalagi kerap menciptakan bibir matte look finish, rajin-rajinlah melakukan lip treatment. Tak sampai lima puluh ribu, lip scrub dari Felinz sudah bisa merawat bibir Anda agar tetap halus, terhindar dari pecah-pecah, dan ternutrisi dengan baik.

Produk ini tergolong unik karena bebas bahan exfoliator, entah itu gula, gandum, atau scrub agent lainnya. Sebagai alternatifnya, Felinz Lip Scrub Frosted Peach berbutiran sangat halus sehingga sangat aman diterapkan pada bibir yang sensitif. Hanya saja, lip scrub ini mengeluarkan aroma cukup kuat sehingga perlu diperhatikan bagi Anda yang tergolong sensitif terhadap wewangian.

Jenis scrub
Bahan pelembap Peach oil, vitamin E, jojoba oil
Ukuran 5 g
Kisaran harga Rp28.900

10. Liplapin Cotton Candy Lip Scrub

Rasakan kemudahan memulas gincu di permukaan bibir halus Anda

Anda takkan kecewa bila memilih lip scrub produksi Liplapin. Alasannya, di samping pasaran harga yang terjangkau, produk berisikan scrub dari premium sugar ini tak sekadar meruntuhkan sel kulit mati pada bibir yang kering dan pecah-pecah, melainkan ikut mengembalikan kecerahan skin tone bibir Anda yang kusam.

Klaim yang ditawarkan Liplapin Cotton Candy Lip Scrub terasa nyata sejak pemakaian pertama. Bibir halus dan lembut idaman memudahkan Anda men-swipe lipstik. Lebih kerennya lagi, lip scrub yang rasanya tergolong manis ini efektif juga menyamarkan garis-garis halus di permukaan bibir. Agar hasil pemakaian senantiasa maksimal, pakailah rutin seminggu 2 – 3 kali.

Jenis scrub Gula
Bahan pelembap Honey, coconut oil
Ukuran 15 g
Kisaran harga Rp42.000

Lihat juga rekomendasi produk perawatan bibir terbaik lainnya di sini!

Di sini kita membahas lengkap lip scrub untuk merawat bibir. Selain lip scrub, Anda bisa menjaga kelembapan bibir dengan lip balm, atau menutrisi bibir lebih dalam menggunakan lip serum.

Jika berminat, sediakan juga produk perawatan bibir lain agar bibir Anda senantiasa terjaga kondisinya. Pada artikel berikut, Anda bisa mengecek rekomendasi produk terbaiknya. Selamat menetapkan pilihan!

10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Melembapkan Bibir
10 Rekomendasi Lip Balm Berwarna Terbaik
10 Rekomendasi Serum Bibir (Lip Serum) Terbaik

Kesimpulan

Bahan utama dan pelembap dari setiap produk boleh jadi berbeda-beda antara satu produk dengan produk lain. Anda perlu memeriksa komponen yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, lip scrub pilihan Anda akan cocok dan memberikan hasil terbaik.

Sejauh ini, kita sudah menengok cara memilih lip scrub beserta rekomendasi lip scrub terbaik. Sudahkah Anda menetapkan pilihan? Lakukan lip scrubbing secara teratur beberapa minggu sekali. Pastikan produk yang Anda gunakan tidak membuat bibir perih atau mengelupas karena tidak cocok dengan kondisi bibir Anda. Selamat mencoba!

(Visited 14.749 times, 72 visits today)