Written by 01:37 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Masker Sekali Pakai Terbaik

Umumnya, masker sekali pakai didesain untuk orang sakit agar tidak menyebarkan virus yang menjangkit ke orang lain. Namun saat ini, diproduksinya beberapa macam masker tak sekadar mampu mencegah penularan virus, tetapi juga mampu melindungi dari debu dan polusi. Lantas, masker seperti apa yang efektif?

Sensi, Softies, Multi One Plus, dan beberapa merek lain mengeluarkan beragam jenis dan bentuk masker yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut akan kami sampaikan cara memilih masker sekali pakai sekaligus rekomendasi produk terbaik versi PickyBest. Selamat membaca!

Cara Memilih Masker Sekali Pakai

Sebelum menentukan produk yang akan dipakai, pertama kami akan jelaskan cara memilih masker sekali pakai yang tepat. Tentu saja, tips ini disesuaikan dengan tujuan Anda menggunakannya, serta bentuk dan ukuran yang nyaman digunakan.

Gunakan Jenis Masker sesuai Peruntukannya

Apakah Anda menggunakan masker untuk mengurangi penyebaran virus dan bakteri, untuk melindungi dari debu dan polusi ringan, atau untuk digunakan saat mengendarai motor di jalanan yang penuh asap knalpot? Masing-masing peruntukan membutuhkan jenis masker yang berbeda.

Untuk Mengurangi Penyebaran Virus dan Bakteri, Pastikan Tingkat Filtrasinya Mumpuni

Apabila tujuan Anda menggunakan masker adalah untuk mengurangi penyebaran virus dan bakteri, pastikan Anda memilih masker dengan tingkat filtrasi yang cukup mumpuni. Masker untuk mengurangi penyebaran virus harus terdiri dari tiga lapisan (3 ply) dan memiliki tingkat BFE (bacterial filtration efficiency) di atas 95%. Masker jenis ini disebut juga masker medis atau masker bedah.

Masker medis biasanya digunakan oleh tenaga kesehatan saat bertugas. Tiga lapisan pada masker ini masing-masing memiliki fungsi berbeda. Lapisan terluar yaitu lapisan antiair, melindungi Anda dari percikan air liur dari luar. Lapisan tengah merupakan filter kuman, dan lapisan terakhir yang di dalam berfungsi menyerap cairan yang keluar dari mulut dan hidung.

Selain oleh tenaga kesehatan, masker ini juga sangat disarankan untuk Anda gunakan ketika Anda sedang sakit. Dengan menggunakan masker ini, Anda mencegah penularan virus kepada orang lain. Menggunakan masker memang tidak 100% efektif mencegah paparan kuman, tetapi dapat menurunkan risiko penyebaran penyakit menular akibat virus.

Masker Nonmedis untuk Penggunaan Sehari-hari

Sementara itu, masker nonmedis memiliki tingkat filtrasi yang lebih rendah. Masker ini lebih difungsikan untuk mencegah transfer partikel besar seperti tetesan keringat, air liur, atau ingus. Anda juga dapat menggunakan masker ini untuk melindungi diri dari debu dan polusi.

Saat memilih masker nonmedis, pilihlah yang nyaman dan membuat Anda leluasa untuk bernapas. Pastikan Anda memilih masker yang setidaknya terdiri dari dua lapis bahan seperti katun atau linen. Pastikan juga hidung dan mulut Anda tertutup masker tanpa celah.

Masker Berlapis Karbon Aktif untuk Pengendara Kendaraan Bermotor

Untuk Anda pengendara kendaraan bermotor yang rentan terkena polusi, pilihlah masker berlapis karbon aktif. Lapisan karbon aktif ini dapat menyerap bau tidak sedap, partikel dan debu, serta emisi gas buang kendaraan yang berbahaya bagi kesehatan dan berpotensi menimbulkan penyakit pernapasan.

Masker ini biasanya berwarna kelabu dengan empat lapisan. Lapisan terluar berfungsi untuk menyaring debu dan partikel berukuran besar, kemudian lapisan karbon aktif untuk menyerap bau tidak sedap, lapisan filter serat acak untuk menahan partikel dan debu, lalu lapisan terdalam dengan bahan yang nyaman di kulit.

Pilih Bentuk Loop yang Paling Nyaman untuk Anda

Setelah menentukan masker yang hendak Anda pakai sesuai peruntukan, kini saatnya Anda pilih masker dengan loop yang nyaman dipakai. Ada tiga jenis loop masker yang tersedia di pasaran yakni earloop, headloop, dan tie-on yang masing-masing akan dijelaskan di bagian ini.

Earloop: Sangat Fleksibel, Dapat Dipasang dan Dilepas dengan Mudah

Masker earloop adalah masker yang penggunaannya dengan tali dipasang di daun telinga (earloop). Masker ini mudah dipasang dan dilepas serta dapat mengikuti bentuk wajah Anda dengan baik. Akan tetapi, penggunaan masker earloop yang terlalu lama dapat menyebabkan pangkal daun telinga Anda terasa perih.

Jadi, jika Anda memilih masker earloop, pastikan earloop-nya berbahan lembut dan lentur, ya! Bahan earloop yang kaku dan ketat dapat membuat pangkal telinga menjadi iritasi.

Headloop: Cocok untuk Anda yang Menggunakan Hijab

Sumber: Maesindo.com

Bagi Anda pengguna hijab, sebaiknya pilih masker headloop. Masker ini memiliki tali yang dipasang di sekeliling kepala. Karena tidak dipasang di telinga, masker ini tidak menyebabkan daun telinga Anda menjadi perih saat digunakan berlama-lama. Namun, headloop yang mengelilingi kepala dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi sebagian orang.

Tie-on: Dapat Menyesuaikan Sendiri Tingkat Kekencangan Talinya

Berbeda dengan kedua bentuk loop di atas, masker tie-on memiliki tali yang bisa kita ikat sendiri. Hal ini menjadikan masker ini adjustable, Anda dapat menyesuaikan sendiri seberapa kencang talinya.

Masker ini cocok digunakan oleh orang yang ukuran kepalanya agak besar. Sayangnya, jenis loop masker ini cukup merepotkan dan membutuhkan waktu sedikit lebih lama dalam menggunakannya karena tali harus diikat dahulu.

Pilih Ukuran Masker yang Pas di Wajah Anda

Jangan lupa juga untuk memilih masker yang ukurannya pas di wajah Anda. Ukuran masker yang sesuai juga penting, apalagi jika masker akan digunakan dalam waktu cukup lama.

Pastikan juga masker menutup bagian hidung dan mulut dengan baik, terasa nyaman dan tidak ketat, serta Anda masih bisa bernapas dengan nyaman saat dikenakan.

Utamakan Masker yang Lolos Uji Standarisasi Keamanan

Sumber: Kemkes.go.id

Terakhir, pastikan masker yang Anda pilih sudah lolos uji standarisasi keamanan, terutama dari Kementerian Kesehatan RI. Sedangkan untuk standarisasi internasional, pastikan produk sudah mengantongi ISO 13485, CE, dan FDA.

Memilih masker yang sesuai standar keamanan amat penting untuk memastikan bahwa produk yang Anda gunakan terjamin keamanan dan efektivitasnya. Sembarangan dalam memilih masker sekali pakai bisa membahayakan kesehatan Anda.

10 Rekomendasi Masker Sekali Pakai Terbaik

Kini, Anda telah mengetahui cara memilih masker sekali pakai. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan masker sekali pakai yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Selamat menentukan!

1. Evo Plusmed Masker 4D

Sumber: Shopee.co.id

Desain empat dimensi membuat napas lebih nyaman

Bagi Anda yang menderita penyakit sinus/pollinosis atau mudah merasa sesak saat bernapas, kami merekomendasikan Masker 4D dari Evo Plusmed ini. Desain empat dimensinya memberikan ruang di bagian depan mulut dan hidung sehingga masker tidak menyentuh bibir dan hidung Anda. Hal ini membuat napas lebih leluasa dan nyaman.

Tiga lapisan pada masker medis ini dapat menyaring bakteri dan virus hingga 98%. Bahannya yang hypoallergenic cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Tidak hanya itu, masker ini juga punya banyak varian warna yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Jenis maskerMasker medis
Bentuk loopEarloop
Tingkat filtrasi3 lapisan | BFE
PeruntukanDewasa
Ukuran & isi7,5 x 6 x 22 cm | 25 pcs
SertifikasiLaboratory Report Test (Nelson), Kemenkes RI AKD 11603410202
Kisaran hargaRp200.000

2. Anytime Nano Guard Child Mask

Masker anak dengan UV protection

Sedang mencari masker medis untuk anak? Anytime Nano Guard Child Mask bisa Anda pertimbangkan. Masker ini terdiri dari tiga lapis dengan tingkat filtrasi hingga 99% yang dapat menyaring partikel berukuran 0,3 mikron.

Tidak hanya melindungi dari paparan bakteri dan virus, produk ini juga melindungi anak dari debu, asap kendaraan, polusi, serta sinar UV. Bahannya pun bebas alergi sehingga nyaman di kulit anak. Dengan berbagai sertifikasi internasional yang dimilikinya, masker ini pun direkomendasikan oleh para dokter anak.

Jenis maskerMasker medis
Bentuk loopEarloop
Tingkat filtrasi3 lapisan | BFE 99%
PeruntukanAnak-anak
Ukuran & isi14,5 x 8,5 cm | 50 pcs
SertifikasiUS FDA, CE, ISO 13485
Kisaran hargaRp193.512

3. Softies Daily Mask 5’s Batik Design

Sumber: Estore.softexindonesia.com

Motif unik dengan harga bersahabat, cocok untuk sehari-hari!

Untuk penggunaan sehari-hari, Anda bisa memilih masker nonmedis bermotif batik dari Softies ini. Produk ini bisa melindungi dari debu, polusi, bakteri, serta virus dengan tiga lapisannya.

Harganya pun relatif pas di kantong. Tidak sampai sepuluh ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan lima lembar masker. Sementara itu, kemasan sasetnya memudahkan Anda untuk membawanya saat bepergian.

Jenis maskerMasker non-medis
Bentuk loopEarloop
Tingkat filtrasi3 lapisan
PeruntukanDewasa
Ukuran & isiTidak disebutkan | 5 pcs
SertifikasiTidak disebutkan
Kisaran hargaRp8.200

4. Skrineer Girly Hijab Mask Motif

Memiliki motif feminin untuk pengguna hijab

Jika Anda pengguna hijab dan menyukai motif masker yang feminin, Anda bisa memilih Skrineer Girly Hijab Mask Motif. Masker ini mempunya motif yang girly dengan tali headloop sehingga mudah dikenakan saat memakai hijab.

Selain bermotif cantik, masker ini juga turut menjamin perlindungan optimal dari virus, kuman, debu, asap, dan partikel kecil lain yang berterbangan di udara.

Jenis maskerMasker medis
Bentuk loopHeadloop
Tingkat filtrasi3 lapisan | BFE 99,9%
PeruntukanDewasa
Ukuran & isiTidak disebutkan | 50 pcs
SertifikasiTidak disebutkan
Kisaran hargaRp121.550

5. Nexcare 3M Carbon Mask

Sumber: Nexcare.3m.co.id

Dengan ekstra karbon aktif untuk mengurangi bau

Lapisan karbon aktif pada masker ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang sering mengunjungi area penuh debu dan asap kendaraan. Selain memfilter debu, asap, dan partikel besar, Nexcare 3M Carbon Mask juga mampu mengurangi bau sampah, bau minyak tanah, dan bau bensin.

Kemasannya sendiri dalam satu boks terdapat 12 sachet yang masing-masing berisi dua lembar masker. Cukup praktis untuk dibawa bepergian, bukan? Masker pun tetap higienis karena terbungkus plastik.

Jenis maskerMasker berlapis karbon
Bentuk loopEarloop
Tingkat filtrasi4 lapisan
PeruntukanDewasa
Ukuran & isiTidak disebutkan | 24 pcs
SertifikasiKemenkes TU.02.02/5/0170/2016
Kisaran hargaRp99.000

6. Bagus PiPi Kids Surgical Mask

Sumber: Shopee.co.id

Tali earloop lebih besar dan nyaman

Masker anak lain yang dapat Anda pertimbangkan yakni Bagus PiPi Kids Surgical Mask. Produk ini memiliki earloop yang lebih lebar dari masker kebanyakan, membuat daun telinga anak tetap nyaman saat menggunakannya.

Bahannya yang higienis dan breathable memastikan anak tetap bisa bernapas dengan leluasa. Dengan tiga lapisan yang dapat menyaring lebih dari 98%, masker ini cocok digunakan sehari-hari untuk mencegah anak Anda tertular dari virus penyebab penyakit.

Jenis maskerMasker medis
Bentuk loopEarloop
Tingkat filtrasi3 lapisan | BFE >98%
PeruntukanAnak-anak
Ukuran & isiTidak disebutkan | 30 pcs
SertifikasiExecutive Standard EN14683:2019, Kemenkes RI AKL 21603023459
Kisaran hargaRp99.000

7. Multi One Plus Premium Face Mask Tie-on

Sumber: Multioneplus.com

Melindungi saluran pernapasan dari kontaminasi partikel dan bakteri

Masker ini memiliki tiga lapisan yang tidak hanya melindungi dari bakteri dan partikel di udara, tetapi juga dari cipratan cairan dan darah. Tipe talinya tie-on yang kuat dan panjang sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran kepala. Mengantongi lima sertifikasi keamanan, Anda tidak perlu ragu lagi akan kualitas dari produk ini.

Jenis maskerMasker medis
Bentuk loopTie-on
Tingkat filtrasi3 lapisan | BFE ≥98%
PeruntukanDewasa
Ukuran & isi17,5 x 9, 5 cm | 25 pcs
SertifikasiKemenkes RI AKD 21603020095, Laboratory Report Test (Nelson), CE, ISO 13485:2016, FDA register
Kisaran hargaRp76.000

8. SPC Masker Medis Headloop

Sumber: Spcsehat.com

Melindungi dari virus dan bakteri berkat BFE lebih dari 99%

Untuk melindungi diri dari paparan virus atau partikel kecil berbahaya lain, SPC Masker Medis bisa menjadi pilihan. Produk ini sudah memiliki filter BFE lebih dari 99% yang telah teruji klinis dari test lab Amerika. Bahannya yang lembut dan antialergi menjadikannya nyaman untuk Anda gunakan sehari-hari.

Jenis maskerMasker medis
Bentuk loopHeadloop
Tingkat filtrasi3 lapisan | BFE >99%
PeruntukanDewasa
Ukuran & isi17,5 x 9,5 cm | 50 pcs
SertifikasiKemenkes RI AKD 21603020842, teruji klinis test lab Amerika
Kisaran hargaRp96.000

9. Sensi Earloop Surgical Mask

Sumber: Shopee.co.id

Earloop bebas lateks yang nyaman di kulit

Masker medis dari Sensi memiliki tali earloop yang lembut dan bebas lateks. Anda yang alergi terhadap lateks atau suka merasa gatal saat memakai masker perlu mencoba produk ini.

Desainnya juga pas dengan lekuk wajah sehingga terasa aman dan nyaman saat digunakan. Anda juga dapat memilih warna yang Anda sukai dari empat varian warna yang disediakan oleh masker ini.

Jenis maskerMasker medis
Bentuk loopEarloop
Tingkat filtrasi3 lapisan | BFE 95%
PeruntukanDewasa
Ukuran & isi– | 50 pcs
SertifikasiCE, ISO 13485
Kisaran hargaRp115.000

10. E-Care Surgical Mask Tie-on

Sumber: Shopee.co.id

Memberi perlindungan dan tidak berbau

Masker sekali pakai lain yang kami rekomendasikan untuk Anda yaitu E-Care Surgical Mask Tie-on. Bahan hypoallergenic dan odorless-nya memberikan kenyamanan saat dipakai.

Masker ini juga bebas fiberglass sehingga Anda dapat bernapas dengan leluasa. Di samping itu, produk ini resisten terhadap cairan dan memastikan Anda terlindungi dari percikan yang mengandung virus di udara.

Jenis maskerMasker medis
Bentuk loopTie-on
Tingkat filtrasi3 lapisan | BFE 99,9%
PeruntukanDewasa
Ukuran & isiTidak disebutkan | 50 pcs
SertifikasiKemenkes RI AKD 21603210154, BSI, ISO 9001, ISO 13485
Kisaran hargaRp137.700

Panduan dalam Memakai, Melepas, dan Membuang Masker

Untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri secara efektif, pastikan Anda memakai, melepas, dan membuang masker dengan benar. Berikut kami paparkan cara-cara tersebut menurut WHO.

  1. Sebelum mengenakan masker, bersihkan tangan Anda dengan pembersih tangan berbahan dasar alkohol atau cuci dengan sabun dan air bersih.
  2. Pastikan masker menutup mulut dan hidung dengan benar dan tidak ada celah antara wajah Anda dan masker.
  3. Hindari menyentuh masker saat digunakan; jika terlanjur menyentuh, segera bersihkan tangan Anda dengan pembersih tangan berbahan dasar alkohol atau cuci dengan sabun dan air bersih.
  4. Segera ganti masker ketika dirasa sudah lembap dan jangan gunakan lagi masker sekali pakai.

Lalu saat ingin melepas masker, lepaslah dari belakang. Pastikan tangan tidak menyentuh bagian depan masker. Segera buang masker ke tempat sampah dan bersihkan tangan Anda dengan hand sanitizer atau cuci dengan sabun dan air bersih.

Tabel Perbandingan Masker Sekali Pakai

ProdukEvo Plusmed Masker 4DAnytime Nano Guard Child MaskSofties Daily Mask 5’s Batik DesignSkrineer Girly Hijab Mask MotifNexcare 3M Carbon MaskBagus PiPi Kids Surgical MaskMulti One Plus Premium Face Mask Tie-onSPC Masker Medis HeadloopSensi Earloop Surgical MaskE-Care Surgical Mask Tie-on
Jenis maskerMasker medisMasker medisMasker non-medisMasker medisMasker berlapis karbonMasker medisMasker medisMasker medisMasker medisMasker medis
Bentuk loopEarloopEarloopEarloopHeadloopEarloopEarloopTie-onHeadloopEarloopTie-on
Tingkat filtrasi3 lapisan | BFE3 lapisan | BFE 99%3 lapisan3 lapisan | BFE 99,9%4 lapisan3 lapisan | BFE >98%3 lapisan | BFE ≥98%3 lapisan | BFE >99%3 lapisan | BFE 95%3 lapisan | BFE 99,9%
PeruntukanDewasaAnak-anakDewasaDewasaDewasaAnak-anakDewasaDewasaDewasaDewasa
Ukuran & isi7,5 x 6 x 22 cm | 25 pcs14,5 x 8,5 cm | 50 pcsTidak disebutkan | 5 pcsTidak disebutkan | 50 pcsTidak disebutkan | 24 pcsTidak disebutkan | 30 pcs17,5 x 9, 5 cm | 25 pcs17,5 x 9,5 cm | 50 pcs– | 50 pcsTidak disebutkan | 50 pcs
SertifikasiLaboratory Report Test (Nelson), Kemenkes RI AKD   11603410202US FDA, CE, ISO 13485Tidak disebutkanTidak disebutkanKemenkes TU.02.02/5/0170/2016Executive Standard EN14683:2019, Kemenkes RI AKL   21603023459Kemenkes RI AKD 21603020095, Laboratory Report Test   (Nelson), CE, ISO 13485:2016, FDA registerKemenkes RI AKD 21603020842, teruji klinis test lab   AmerikaCE, ISO 13485Kemenkes RI AKD 21603210154, BSI, ISO 9001, ISO 13485
Kisaran hargaRp200.000Rp193.512Rp8.200Rp121.550Rp99.000Rp99.000Rp76.000Rp96.000Rp115.000Rp137.700
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Memilih masker yang tepat sesuai kebutuhan dapat melindungi Anda dari paparan virus dan penyakit. Pastikan juga Anda memilih masker yang nyaman, entah dari bentuk masker, maupun jenis loop-nya.

Selain itu, perhatikan pula sertifikasi maupun tingkat filtrasinya, agar efektivitas masker optimal. Kami harap, artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari masker sekali pakai. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu!

Referensi

Inilah Pilihan Masker untuk Virus Corona
https://www.alodokter.com/inilah-pilihan-masker-untuk-virus-corona/ diakses pada 10 Desember 2020

5 Cara Efektif agar Tidak Tertular Virus Corona
http://padk.kemkes.go.id/health/read/2020/03/17/9/5-cara-efektif-agar-tidak-tertular-virus-corona.html diakses pada 10 Desember 2020

Everything you need to know about non-medical face masks for the whole family
https://www.todaysparent.com/family/family-health/face-mask-faq/ diakses pada 10 Desember 2020

How to put on, use, take off and dispose of a mask
https://www.who.int/docs/default-source/epi-win/how-to-use-mask-v0-1-print.pdf?sfvrsn=64ba1493_2 diakses pada 10 Desember 2020

(Visited 441 times, 19 visits today)