Written by 04:30 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Masker untuk Menghilangkan Komedo Terbaik

Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Komedo terdiri dari dua jenis, komedo putih dan komedo hitam. Komedo putih biasa disebut whitehead, sedangkan komedo hitam disebut blackhead. Benjolan kecil yang muncul apda pori-pori kulit ini bisa menjadi cikal bakal timbulnya jerawat. Karena itu, diperlukan langkah penanganan seperti memakai masker untuk menghilangkan komedo terbaik. Selain pada area wajah, komedo juga bisa muncul pada area tubuh lain semisal bahu, dada, punggung, dan lengan.

Pada tulisan ini, kami akan membahas masker pengangkat komedo. Bila Anda merasa kesulitan untuk membasmi komedo, maka kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai akhir. Di Indonesia, Anda bisa membeli beberapa merk masker untuk menghilangkan komedo dan flek hitam seperti Envygreen, Innisfree, Dr. Jart+, dan masih banyak lagi.

Kenapa Komedo Bisa Muncul?

Kenapa Komedo Bisa Muncul

Komedo dapat muncul pada area wajah seperti di sekitaran hidung, dagu, bibir dan telinga dengan ciri-ciri bintik kecil berwarna putih dan ada juga yang gelap. Secara bentuk komedo akan nampak seperti jerawat, tapi ukuran komedo lebih kecil dan ringan. Warna gelap ini muncul akibat pigmen melanin yang mengalami proses oksidasi dikarenakan terkena paparan sinar matahari ataupun udara.

Penyebab kemunculan komedo pada area wajah bisa disebabkan oleh kotoran yang terjebak di dalam pori-pori kulit. Hal ini dapat memicu produksi sebum terganggu serta sel kulit mati yang berdiam di dalam pori-pori. Apabila Anda jarang membersihkan muka, terlebih setelah memakai riasan wajah, maka tak mengherankan jika komedo mudah muncul.

Faktor penyebab timbulnya komedo lain bisa dikarenakan usia dan perubahan hormo. Pada saat pubertas, umumnya akan terjadi perubahan hormon yang memicu produksi minyak di bawah kulit. Hormon androgen yang diproduksi secara berlebihan saat masa pubertas (laki-laki dan perempuan) akan membuat sebum dan sel kulit mati lebih banyak. Walaupun perubahan hormon ditemui pada usia pubertas, tak jarang juga hal ini terjadi saat menstruasi, kehamilan, dan saat mengonsumsi pil KB.

Cara Memilih Masker untuk Menghilangkan Komedo

Di bagian ini kami akan membahas sedikit tentang cara memilih masker penghilang komedo. Pastikan Anda tidak salah dalam menggunakan produk demi memperoleh hasil yang maksimal. Seperti apa tips memilih masker pengangkat komedo yang benar? Mohon dibaca sampai akhir, ya!

Bagi Kulit Sensitif, Gunakan Clay Mask karena Lebih Aman

Bagi kulit sensitif gunakan clay mask karena lebih aman

Komedo dapat menimpa setiap orang tanpa memandang jenis kulit. Tapi bicara perawatan kulit, Anda tidak boleh sembarangan menggunakan produk. Bagi pemilik kulit sensitif, tentu Anda memerlukan masker untuk menghilangkan komedo dan jerawat khusus kulit sensitif. Jenis masker yang tepat adalah clay mask. Bagi yang belum tahu, masker berjenis clay dibuat dari bahan utama berupa lumpur atau partikel-partikel lain yang diambil dari dasar laut sehingga memiliki tingkat adsorpsi tinggi.

Clay mask punya sifat yang lebih ramah terhadap kulit sensitif, seperti mencegah timbulnya peradangan atau kulit memerah. Beberapa produk masker pengangkat komedo sudah banyak yang berbentuk clay. Bahkan, ada juga sebagian yang dilengkapi dengan bahan anti-inflamasi dan anti bakteri untuk memastikan wajah tetap bersih dan terjaga dari kuman pemicu masalah lain.

Bagi Kulit Cenderung Kering, Pilihlah Masker Berjenis Sheet Mask

Bagi kulit cenderung kering pilihlah masker berjenis sheet mask

Selain clay mask, ada juga bentuk masker lembaran atau biasa disebut sheet mask. Masker untuk menghilangkan komedo dan bruntusan ini mempunyai ukuran yang tipis menyerupai lembaran tisu. Pemakaiannya juga bisa dibilang susah-susah gampang karena harus menyesuaikan posisinya agar tidak bergeser. Sheet mask dapat dipakai untuk Anda yang punya kondisi kulit normal cenderung kering.

Saat memilih masker berjenis sheet, pastikan Anda melihat performa yang mampu diberikan karena umumnya jenis masker ini punya banyak varian dengan fungsi berbeda-beda. Carilah yang efektif untuk mengangkat komedo. Tentunya, pastikan juga kalau produk bisa memberikan efek hidrasi yang baik untuk kulit kering Anda. Alhasil, wajah bisa terbebas dari komedo, lembap, lebih cerah, dan pastinya bebas kerutan.

Bagi Kulit Normal, Pilihlan yang Berjenis Peel-off Mask

Bagi kulit normal pilihlan yang berjenis peel off mask

Tidak punya kondisi kulit yang memerlukan produk perawatan khusus? Anda bisa pakai masker pengangkat komedo berjenis peel-off. Bentuk masker wajah ini punya kemampuan yang cukup baik dalam membersihkan komedo secara menyeluruh pada area yang diaplikasikan. Cara kerja peel-off mask sendiri adalah dengan mengencangkan kulit dan menghilangkan sel kulit mati.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kalau penumpukan sel kulit mati bisa memicu timbulnya komedo. Karena itu peel-off mask akan bekerja mengusir sel-sel kulit mati yang terjebak tadi. Dengan begitu, kulit wajah akan menjadi lebih bersih dan sehat. Untuk hasil maksimal, pastikan masker ini sudah mengering sebelum Anda lepas, ya!

Carilah yang Mengandung Tea Tree Oil atau Vitamin C

Carilah yang mengandung tea tree oil atau vitamin C

Cukup banyak bahan yang bisa digunakan sebagai produk masker untuk membersihkan komedo, seperti tea tree oil dan vitamin C. Bagi kulit berminyak dan kusam terutama, upayakan untuk memilih masker dengan kandungan vitamin C. Semisal dari lemon, Anda bisa melihat pada komposisi bahannya apakah mengandung bahan ini atau tidak.

Vitamin C pada lemon efektif dalam mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kemunculan komedo, jerawat, dan kulit kusam disertai minyak. Selain vitamin C, kandungan tea tree oil juga mampu mengatasi masalah komedo. Beberapa produsen bahkan fokus dalam merancang masker untuk menghilangkan komedo membandel dengan kandungan minyak pohon teh ini.

Tea tree oil mengantongi banyak sekali manfaat bagi kulit, seperti meredakan jerawat meradang dan mencegah timbulnya jerawat dengan cara membersihkan komedo putih. Pada bahan ini tertanam sifat antiseptik yang aman bagi kulit. Keberadaan agen antiseptik tersebut akan menghentkan peradangan ringan seperti komedo dan jerawat.

10 Rekomendasi Masker untuk Menghilangkan Komedo Terbaik

Setelah mengetahui bagaimana dan apa penyebab kemunculan komedo serta tips memilih masker komedo yang benar, pada bagian ini kami akan memberikan Anda rekomendasi produk masker untuk menghilangkan komedo terbaik. Pilihlah produk yang punya bahan-bahan berkualitas dan yang terpenting produk tersebut cocok untuk kondisi kulit wajah Anda, ya!

1. Acnes Pore Strip

Acnes Pore Strip

Gabungan tea tree oil dan witch hazel extract untuk angkat komedo dan sel kulit mati

Acnes mengusung bentuk strip yang mudah digunakan, Anda bisa langsung memakainya di area hidung yang dikelilingi komedo. Telah menjadi masker penghilang komedo (acne care) nomor 1 di beberapa negara Asia seperti Jepang, China, Hongkong, dan Taiwan, produk ini pun lantas populer di Indonesia. Pada 1 pack Acnes Pore Strip berisikan 3 pore strip yang dikemas secara individu.

Mengandung tea tree oil yang baik dalam menyamarkan noda hitam dan mengangkat sel kulit mati, juga menyimpan witch hazel extract untuk membantu mengecilkan pori-pori. Perlu sedikit trik untuk memperoleh hasil komedo yang terangkat maksimal. Pemakaian Acnes Pore Strip dianjurkan setiap 3 hari sekali. Harganya affordable dan produk ini mudah dibeli di supermarket seperti Carrefour, Giant, dan sebagainya.

Jumlah 3 sheet
Kisaran harga Rp11.000

2. Envygreen Comedo Mask

Envygreen Comedo Mask

Mengangkat komedo secara lembut

Envygreen Comedo Mask cocok dipakai untuk siapapun yang memiliki kulit kering, berminyak, dan berjerawat. Kemasan masker penghilang komedo ini berupa tube dengan detail tutup putar. Bila Anda mengharapkan kualitas produk sekaligus mempertahankan kehigienisan isi masker, produk tawaran Envygreen satu ini layak dicoba.

Kemampuan kerja masker ini sangat ampuh berkat jenisnya berupa peel-off mask yang optimal dalam membersihkan komedo hitam dan putih. Untuk hasil yang lebih maksimal, diperlukan pemakaian dengan tingkat ketebalan lebih banyak.

Ukuran 20gr
Kisaran harga Rp51.939

3. LUSH Mask of Magnaminty

LUSH Mask of Magnaminty

Kisaran harga: Rp100.000

Usir bintik komedo secara total dengan efek sejuk

Ini adalah masker untuk menghilangkan komedo dan pori-pori besar dengan brand asal Inggris. Dikemas dalam pot plastik berwarna hitam dan putih dengan detail produk yang mudah dipahami. Bila Anda tertarik membeli produk ini, LUSH Mask of Magnaminty sudah banyak dijual di online marketplace Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada.

Diklaim dapat melawan outbreak, jerawat, dan mengangkat komedo. Tekstur masker pengangkat komedo ini padat, kering, dan flaky dengan butiran ground aduki beans. Punya aroma mint yang cenderung manis dan tidak menusuk. Warna krim berwarna hijau pucat dengan butiran ground aduki beans yang berwarna cokelat. Saat digunakan, masker ini memberikan sensasi sejuk tanpa membuat wajah terasa kencang atau kesan ditarik.

Ukuran 125gr
Kisaran harga Rp245.000

4. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

Mengandalkan clay untuk angkat minyak, kencangkan pori, dan sapu komedo

Innisfree mengklaim produk ini 10 in 1 yakni mampu mengencangkan pori-pori, mengontrol sebum, membersihkan debu halus, membersihkan keratin, menghilangkan komedo, deep cleansing, efek menyejukkan, melembutkan tekstur kulit, mencerahkan kulit, dan meningkatkan elastisitas. Masker dalam packaging jar ini cocok untuk kulit kombinasi cenderung berminyak, karena efektif dalam mengurangi produksi minyak.

Berjenis clay mask yang ramah terhadap kulit berminyak, terutama untuk membersihkan komedo membandel. Masker untuk menghilangkan komedo dan mencerahkan kulit ini bertekstur padat dengan butiran halus yang terasa creamy, sangat mudah untuk dibalurkan ke seluruh permukaan wajah. Memiliki warna abu-abu dan aroma clay yang tidak kuat sehingga tidak akan mengganggu.

Ukuran 100ml
Kisaran harga Rp195.000

5. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Mudah dibersihkan hanya dengan beberapa kali bilas

Masker keluaran Nature Republic berikut diformulasikan khusus untuk membantu membersihkan kotoran pada wajah, termasuk komedo dan minyak berlebih secara mendalam. Berjenis clay mask yang sangat cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Terbuat dari bahan-bahan alami seperti bentonite untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah, serta kaolin sebagai mineral yang akan membersihkan kotoran dengan lembut dan menjadikan kulit lebih halus.

Mineral kaolin pada masker untuk menghilangkan komedi ini juga bisa dipakai untuk kulit yang sensitif dan kering agar tidak kehilangan kadar minyak sepenuhnya. Tekstur produk creamy dengan isi clay berwarna keabu-abuan layaknya bamboo charcoal atau arang bambu. Produk ini sedikit beraroma tanah liat, namun tidak mengganggu saat digunakan. Sebab totalitasnya dalam bekerja, sebaiknya untuk tidak menggunakan masker ini lebih dari 10 menit karena bisa memicu timbulnya masalah baru pada kulit.

Ukuran 150gr
Kisaran harga Rp85.000

6. Skinfood Egg White Pore Mask

Skinfood Egg White Pore Mask

Berkomposisi utama telur yang tidak berbau saat digunakan

Skinfood Egg White Pore Mask adalah produk masker untuk mengatasi komedo dari Korea yang sudah terkenal di Indonesia. Produk berwadah jar satu ini cocok untuk kulit wajah berpori besar yang cenderung berkomedo dan berjerawat. Dikemas dalam pot kecil berukuran 100 gram dengan kombinasi warna kuning putih yang cantik. Saat menggunakannya tidak perlu tebal-tebal agar masker bisa bertahan hingga 5 – 6 bulan pemakaian.

Pada kemasan produk tertera keterangan dalam bahasa Korea dan bahasa Inggris. Memiliki tekstur yang creamy sehingga mudah untuk diaplikasikan ke tangan ataupun diratakan ke area wajah tanpa bantuan kuas. Meskipun mengandung telur, masker ini mempunyai aroma wangi sehingga bau telur tidak tercium. Bagi kulit sensitif, masker untuk komedo ini juga bisa digunakan karena bebas paraben. Dianjurkan untuk pemakaian rutin sebanyak dua kali dalam satu minggu untuk hasil pori-pori mengecil dan wajah bebas komedo ataupun jerawat.

Ukuran 100gr
Kisaran harga Rp120.000

7. Origins Clear Improvement

Origins Clear Improvement

Kisaran harga: Rp200.000

Ciptakan tekstur wajah halus dan bebas komedo

Origins merancang khusus masker untuk membersihkan kotoran yang sulit dikeluarkan dari pori-pori kulit. Bagi kulit kering, tidak disarankan pemakaian berlebihan, cukup 1-2 kali per minggu atau satu bulan sekali. Untuk kulit berminyak, Anda bisa memakai produk ini 10 – 15 menit. Namun bagi kulit sensitif lebih baik 5 menit saja.

Berjenis clay mask, membuat masker wajah untuk menghilangkan komedo ini bekerja maksimal. Selain efektif dalam mengangkat semua kotoran dalam pori wajah, masker ini juga bisa membuat wajah menjadi halus dan kenyal.

Ukuran 75ml
Kisaran harga Rp210.000

8. GlamGlow Supermud Clearing Treatment

GlamGlow Supermud Clearing Treatment

Produk unggulan untuk atasi segala bentuk tekstur berbintik kecil pada wajah

Diciptakan untuk kebutuhan kulit dalam melawan berbagai permasalahan seperti pori-pori besar, kulit wajah berjerawat, flek atau bintik hitam, dan komedo putih ataupun komedo hitam. Masker ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit karena mengandung bahan-bahan alami. Kemampuan menyerap minyak dari masker untuk menghilangkan komedo putih di wajah ini sangat bagus, terutama untuk kulit Anda yang kombinasi dan sensitif di beberapa bagian, T-Zone misalnya.

Untuk kulit wajah yang beruntusan karena jerawat, komedo, dan masalah lain, masker ini akan memperlihatkan keajaiban hanya dalam 1 – 2 kali pemakaian setiap minggu. Bagi kulit berjerawat, krim ini bisa dipakai pada malam hari dengan pengaplikasian hanya pada jerawat. Pada pagi harinya, jerawat bisa kempes dan bahkan kering. Tersedia dalam kemasan sachet yang cocok dibawa berpergian (travel friendly).

Ukuran 7ml
Kisaran harga Rp110.000

9. Philosophy Purity Made Simple Pore Extractor Mask

Philosophy Purity Made Simple Pore Extractor Mask

Ampuh singkirkan komedo hitam secara maksimal

Philosophy menawarkan produk yang mampu mengekstraksi pori-pori dari segala bentuk kotoran dan debu yang sulit dihilangkan. Sangat baik dipakai sebagai masker untuk menghilangkan komedo yang ampuh mingguan. Terbuat dari kombinasi tanah liat putih, asam salisilat, dan exfoliant natural yang bersifat meluruhkan blackhead atau komedo hitam dengan baik.

Cocok digunakan untuk jenis kulit normal, kering, kombinasi, dan berminyak. Produk ini menjadi masker untuk membersihkan komedo nomor satu di Amerika yang sudah memperoleh penghargaan dari Allure sebagai Best of Beauty product. Sudah melewati proses uji coba pada 56 wanita berusia 20 hingga 35 tahun dengan 2 kali pemakaian. Hasilnya, lebih dari 90% memperoleh efek kulit lebih lembut dan halus disertai fresh look.

Ukuran 5ml
Kisaran harga Rp85.000

10. Dr. Jart+ Rubber Mask Clear Skin Lover

Dr Jart Rubber Mask Clear Skin Lover

Mengandung campuran rumput laut yang untuk hasilkan wajah halus

Berjenis rubber face mask yang mempunyai konsentrasi seperti getah karet, produk keluaran Dr. Jart+ ini terasa unik saat digunakan. Masker untuk menghilangkan komedo yang aman ini menciptakan efek dingin selama penggunaan. Selain itu, Dr. Jart+ Rubber Mask Clear Skin Lover sanggup mengunci nutrisi dan memberikan kelembapan lebih baik bagi kulit.

Performa dalam membersihkan komedo dari masker ini sangat baik dengan mekanisme menutup pori-pori namun tetap membiarkan kulit bisa bernapas. Ingredients-nya dibekali dengan bahan berupa rumput laut berkualitas untuk kulit tampak halus dan sehat. Bagi Anda yang penasaran ingin mencoba masker ini, cukup klik salah satu marketplace favorit Anda di bawah, dan masker komedo satu ini bisa Anda miliki!

Ukuran 45gr
Kisaran harga Rp165.000

Lihat juga rekomendasi masker wajah terbaik lainnya di sini!

Komedo bukanlah satu-satunya masalah kulit wajah. Saat pori-pori terbuka, Anda butuh masker pengangkat kotoran dan minyak hingga pori-pori terdalam. Clay mask akan bekerja baik menyerap minyak dan debu yang terperangkap.

Selain tipe clay, hadir pula varian masker dengan fungsi lain, serta kapan waktu penggunaannya. Bagi Anda yang menginginkan perawatan ekstra agar wajah senantiasa terjaga, produk masker berikut ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selamat memilih!

10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik
10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik
10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik
10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Masker Wajah (Face Mask) Terbaik
10 Rekomendasi Masker Freeman Terbaik

Kesimpulan

Itu dia ke-10 merk masker untuk menghilangkan komedo terbaik yang dapat Anda gunakan. Agar wajah bisa terhindar dari komedo, Anda bisa melakukan langkah preventif seperti mencuci muka teratur, keramas setiap hari, menjaga kebersihan tangan dan kuku. Selain itu, rutinkan juga membersihkan sarung bantal dan seprai seminggu sekali. Hindari makanan yang tinggi kandungan gula dan lemak. Jangan lupa juga menggunakan produk perawatan yang bisa mengangkat sel kulit mati dan tidak mengandung minyak.

(Visited 192.916 times, 122 visits today)