Written by 10:26 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Obat Pelurus Rambut Terbaik

Matrix Opti Straight

Apakah Anda mendambakan rambut lurus dan lembut sejak lama? Selain melakukan smoothing dan rebonding di salon, Anda dapat menerapkan obat pelurus rambut yang lebih terjangkau dan hemat waktu. Obat pelurus rambut muncul dalam berbagai merek terkenal, seperti Matrix, Makarizo, Shiseido, dan masih banyak lagi.

Tertarik membeli salah satu obat smoothing dan rebonding rambut yang bagus ini? Dalam artikel ini, kami akan tampilkan pilihan obat pelurus rambut terbaik untuk Anda. Namun terlebih dahulu, mari kenali perbedaan antara dua proses pelurusan rambut tersebut, serta melihat tips memilih obat pelurus rambut. Baca terus artikel ini hingga selesai, ya!

Apa Bedanya Rebonding dan Smoothing Rambut?

Apa Bedanya Rebonding dan Smoothing Rambut

Secara mendasar, teknik pelurusan rambut dibedakan menjadi rebonding dan smoothing. Apa perbedaannya? Singkatnya, rebonding adalah tindakan untuk meluruskan rambut menggunakan bahan kimia yang cenderung lebih keras dibandingkan tindakan smoothing. Rebonding sangat dianjurkan untuk rambut super keriting, ikal, dan sangat sulit diatur.

Dari sisi obat yang digunakan, proses smoothing mengandung bahan lebih ramah bagi rambut, serta mengantongi protein untuk menghasilkan rambut sehat. Kekurangan dari smoothing adalah tatanan rambut lurus dan halus tidak bertahan lama, sementara rebonding menjadikan bentuk rambut alami berubah lurus untuk hasil relatif lebih lama.

Sewaktu rebonding, obat pelurus yang digunakan akan meresap ke dalam kutikula rambut untuk memperbaiki dan mengubah struktur alami rambut menjadi lurus. Di sisi lain, metode smoothing bekerja dengan menerapkan obat berkandungan protein atau keratin tanpa mengubah struktur asli rambut, sehingga prosedur ini memberikan hasil tampak alami dan minim kerusakan rambut

Untuk daya tahan sendiri, rebonding mampu menahan bentuk rambut lurus antara 7 bulan sampai 1 tahun, namun tergantung pada jenis rambut awal. Anda perlu retouch rebonding minimal 6 bulan sekali untuk menjaga rambut tetap lurus. Kemudian, untuk daya tahan rambut yang di-smoothing tergolong sebentar, yakni bertahan maksimal 3 bulan.

Cara Memilih Obat Pelurus Rambut yang Bagus

Penasaran ingin membeli obat pelurus rambut untuk dipakai di rumah? Sebelum menentukan produk, pastikan Anda mendapatkan informasi cukup tentang krim pelurus rambut, baik dari sisi kandungan, cara penggunaan, jenis kemasan, dan sebagainya. Semua dapat Anda ketahui tips-nya di bagian ini!

Periksa Kandungan Zat dari Masing-masing Step Obat Pelurus Rambut

Secara umum, produk pelurus rambut dibedakan dalam 2 bentuk, yaitu krim untuk meluruskan rambut yang digunakan sebagai step pertama, dan larutan penetralisir efek kerja kandungan pelurus sebagai krim yang digunakan sebagai step kedua.

Step 1 (Cream): Pastikan Mengandung Bahan untuk Melembutkan dan Meluruskan Rambut

Step 1 Cream Pastikan Mengandung Bahan untuk Melembutkan dan Meluruskan Rambut

Krim pelurus rambut yang diterapkan pertama kali dibekali beragam bahan aktif untuk melembutkan dan meluruskan rambut. Di samping bahan kimia utama dengan efek cenderung keras, ada pula kandungan lain semacam keratin ataupun beberapa jenis natural oil. Keratin sendiri berfungsi sebagai komponen yang membuat rambut mudah diatur dengan memberikan kelembutan alami.

Sederet minyak alami tak jarang disematkan dalam obat pelurus rambut, misalnya castor oil, soy bean oil, ataupun olive oil. Bahan-bahan alami ini biasanya ditemukan pada obat pelurus rambut prosedur smoothing, sedangkan produk yang difungsikan sebgai rebonding rambut umumnya lebih besar konsentrasi kandungan kimianya.

Step 2 (Neutralizer): Pastikan Mengandung Bahan untuk Menyempurnakan Hasil Pelurusan

Step 2 Neutralizer Pastikan Mengandung Bahan untuk Menyempurnakan Hasil Pelurusan

Larutan penetralisir dipakai pada step ke-2. Fungsi krim ini adalah untuk menyempurkan hasil akhir dalam prosedur pelurusan rambut, entah itu smoothing ataupun rebonding. Neutralizer cream biasanya berkomposisikan zat hidrogen peroksida ataupun natrium bromat.

  • Hidrogen Peroksida. Merupakan cairan bening ramah lingkungan yang lebih kental daripada air. Hidrogen peroksida berbau khas keasaman, serta memberikan hasil akhir rambut lebih bercahaya dan indah. Meski demikian, bahan pemutih ini dapat memicu reaksi oksidasi berlebih dan menyebabkan luka saat suhu mulai memanas, sehingga perlu berhati-hati dalam penggunaannya.
  • Natrium Bromat. Merupakan zat yang lebih ramah dibandingkan hidrogen peroksida. Natrium bromat memungkinkan rambut lurus tanpa terlihat lepek sehabis menerapkan prosedur rebonding ataupun smoothing. Hanya saja, zat ini bekerja lebih lama serta memicu pemudaran warna rambut, dan baunya pun agak khas di beberapa merek.

Selain kedua bahan tersebut, beberapa produsen menerapkan komponen lain dalam larutan penetralisirnya. Penting memahami efek dari masing-masing bahan aktif pada krim kedua. Dengan begitu, Anda pun dapat menentukan obat pelurus rambut paling cocok dengan kebutuhan.

Utamakan Produk yang Menjelaskan Cara Penggunaan secara Mendetail

Utamakan Produk yang Menyertakan Cara Penggunaan Secara Mendetail

Penggunaan obat pelurus rambut tidak boleh sembarangan. Kaitannya dengan ini, Anda perlu memeriksa detail penggunaan yang dicantumkan oleh masing-masing produk di kemasannya. Selain menerapkan cara penggunaan secara umum, beberapa merek juga menuliskan trik penggunaan berdasarkan jenis dan volume rambut.

Misalnya, untuk rambut pendek, obat pelurus yang digunakan sekitar 40 – 50 gram untuk krim pertama dan krim kedua. Semakin besar volume rambut, maka jumlah obat yang digunakan pun semakin banyak. Orang berambut panjang hingga menyentuh bahu memerlukan sekitar 80 gram obat pelurus rambut pada kedua jenis krim.

Lalu, Anda yang ingin melakukan smoothing atau rebonding pada rambut panjang melewati bahu, persiapkanlah obat pelurus rambut dalam jumlah lebih banyak. Di masing-masing krim, diperlukan setidaknya 100 gram agar dapat menjangkau seluruh bagian rambut. Kami sarankan Anda menyiapkan obat sedikit lebih banyak dari takaran yang dianjurkan agar hasilnya maksimal.

Pertimbangkan Penggunaan Alat Catok atau Sisir Rambut

Alat pelurus rambut seperti catok dan sisir dapat membantu proses pelurusan rambut. Sebelum menggunakan salah satunya, sesuaikan dulu kebutuhan Anda dengan menengok bagaimana kebutuhan sebenarnya dari kondisi rambut Anda.

Alat Catok: Menjadikan Rambut Sulit Diatur Benar-benar Lurus

Alat Catok Menjadikan Rambut Sulit Diatur Benar benar Lurus

Penerapan alat catok saat mengoleskan obat pelurus rambut sangat ampuh menciptakan rambut benar-benar lurus. Sebaiknya alat catok hanya dipakai apabila Anda mengalami kondisi rambut benar-benar keriting dan sulit diatur. Gunakanlah alat catok seusai penggunaan krim pertama, tujuannya adalah untuk mempermudah formula krim kedua meresap ke dalam rambut.

Meskipun alat catok mampu mengubah bentuk rambut Anda menjadi lurus semi-permanen, adalah rahasia umum jika terdapat sisi negatif dari penggunaan alat catok. Untuk itu, perhatikan betul prosedur yang aman dalam menggunakan catok rambut saat proses pelurusan untuk meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan.

Sisir Rambut: Alternatif Pelurusan yang Tidak Berdampak Buruk bagi Rambut

Sisir Rambut Alternatif Pelurusan yang Tidak Berdampak Buruk bagi Rambut

Di samping pemakaian alat catok, tersedia alternatif lebih aman untuk membuat rambut lebih lurus, yaitu dengan sisir. Sisir membuat Anda lebih nyaman dan terhindar dari risiko kerusakan rambut, walaupun hasil rambut lurus yang diberikan tidak sebaik penerapan alat catok.

Sisir rambut memberikan tampilan rambut yang lurus natural. Satu prinsip yang harus Anda pegang bila memilih opsi ini adalah bersabar. Karena sisir tidak mampu mengirimkan suhu panas untuk melemaskan rambut, maka diperlukan usaha dan kesabaran cukup saat mengubah bentuk rambut agar lebih lurus. But, it’s worth to try!

Tentukan Jenis Kemasan dan Kapasitas Obat Pelurus Rambut sesuai Kebutuhan

Tentukan Jenis Kemasan dan Kapasitas Obat Pelurus Rambut Sesuai Kebutuhan

Terdapat kemungkinan obat pelurus rambut menyisa pasca melakukan prosedur pelurusan. Agar tidak sia-sia, pastikan Anda mengetahui seberapa banyak kebutuhan Anda dengan mengidentifikasi volume rambut. Jika ragu, kami sarankan Anda memilih produk berkemasan botol supaya sisa obat masih bisa disimpan.

Begitu pun sebaliknya, jika Anda merasa yakin dengan kebutuhan terhadap obat pelurus rambut, kami lebih menganjurkan agar Anda membeli krim pelurus rambut dalam kemasan sekali pakai, biasanya berbentuk sachet atau pouch. Periksalah jumlah isi di dalam kemasan dan pastikan cukup untuk diaplikasikan ke seluruh bagian rambut.

Berhati-hatilah dengan Bahan Aktif yang Membahayakan Kesehatan

Berhati hatilah dengan Bahan Aktif yang Membahayakan Kesehatan

Tidak menutup kemungkinan bahwa obat pelurus rambut yang Anda pilih mengandung bahan kimia berbahaya. Untuk menghindarinya, cermati setiap komponen bahan dan jangan lupa mengecek review produk dari orang-orang yang pernah menggunakannya.

Bahan kimia seperti formaldehyde sering digunakan dalam produk pelurus rambut. Apabila terkena panas saat proses mencatok rambut, zat tersebut menguap dalam bentuk gas yang bisa memicu iritasi pada bagian hidung, mata, dan tenggorokan.

Berdasarkan survey yang dilakukan National Cancer Institute (NCI), paparan dari zat formaldehyde menyebabkan kanker paru-paru pada pekerja industri. Kabar baiknya, belakangan ini banyak diproduksi obat pelurus rambut tanpa formaldehyde sehingga aman digunakan. Meski demikian, tetaplah selektif dalam memilih produk agar terhindar dari berbagai efek samping.

10 Rekomendasi Obat Pelurus Rambut Terbaik untuk Smoothing dan Rebonding

Setelah memahami elemen-elemen penting untuk ditinjau saat proses pemilihan, berikutnya akan kami sertakan merek obat pelurus rambut terbaik kepada Anda. Ayo temukan produk yang mampu mewujudkan impian Anda memiliki rambut lurus serta mudah diatur!

1. Makarizo Hair Energy Easy Straight

Makarizo Hair Energy Easy Straight

DIkembangkan dengan mild formula selembut minyak zaitun

Makarizo mengklaim obat pelurus rambut keluarannya ini dapat memberikan hasil permanen. Membawa tagar #EasyStraight, produk berikut dirancang agar mudah dipakai. Tidak itu saja, krim satu ini juga terjangkau dari segi harga. Terdapat 2 macam produk dalam satu kemasan, yaitu Straightening Cream dan Conditioning Milky Neutralizer.

Straightening Cream merupakan krim pelurusan rambut utama untuk menghasilkan rambut lurus kuat, lembut, halus, dan berkilau. Sebagia penutup, Conditioning Milky Neutralizer mengunci tatanan rambut lurus secara permanen serta berkilau melalui kiriman keratin dan milk protein. Menariknya lagi, obat pelurus rambut Makarizo bebas amonia dan beraroma buah-buah segar, nyaman digunakan!

Isi1. Straightening cream
2. Conditioning milky neutralizer
Ukuran120 ml
Kisaran hargaRp22.000

2. Matrix Opti.Straight

Matrix Opti Straight

Obat pelurus rekomendasi hairdresser dari berbagai kota besar di Indonesia

Salah satu merek obat pelurus rambut best seller di Indonesia diproduksi oleh Matrix. Varian Opti.Staright dirumuskan untuk membantu meluruskan rambut tanpa menghilangkan senyawa alami rambut. Dengan produk ini, Anda akan memperole rambut yang lurus permanen,berkilau, ringan, lembut, mudah diatur, dan tidak kaku.

Guna menjamin hasil pelurusan, Matrix Opti.Straight diperkaya Multi Ionic Technology yang dapat mencegah rambut terlihat kering akibat over process dalam prosedur pelurusan. Sementara penetralisirnya dilengkapi cationic neutralizer yang mampu melembutkan serta menutrisi rambut agar terlindungi dari panas serta mudah diatur.

Isi1. Straightening cream
2. Conditioning milky neutralizer
Ukuran125 ml
Kisaran hargaRp55.000

3. Makarizo Professional Rebonding System Kit Super Gold

Makarizo Professional Rebonding System Kit Super Gold

Obat pelurus rambut yang tidak merusak rambut

Anda tidak perlu khawatir mengenai rambut rusak akibat proses pelurusan. Dengan obat pelurus rambut merek Makarizo berikut, kandungan hydrolyzed collagen dan hydrolyzed keratin membantu mempertahankan tatanan rambut sehat dan tidak gampang rusak.

Makarizo Rebonding System Kit Super Gold sangat ampuh dalam meluruskan rambut keriting dan kribo. Canggihnya lagi, obat pelurus rambut ini sanggup melembutkan tekstur rambut kasar. Dengan harga yang murah, produk berkemasan pouch putih ini siap me-rebonding secara aman berkat formula 100% bebas amonia.

Isi1. Straightening cream
2. Conditioning milky neutralizer
Ukuran125 ml
Kisaran hargaRp42.500

4. Y-2000 Hair Straightening Plus System

Y 2000 Hair Straightening Plus System

Meluruskan rambut maksimal dengan hasil lebih berkilau alami

Y-2000 Hair Straightening Plus System menawarkan dua langkah mudah untuk meluruskan rambut. Produk yang sangat praktis ini berkemampuan dalam meluruskan semua jenis rambut, baik rambut resisten, normal, dan rambut sensitif sekalipun.

Dengan kata lain, rambut Anda yang belum, jarang, atau pernah mendapati proses kimia dapat diluruskan oleh krim pelurus rambut ini. Proses pengaplikasiannya begitu mudah, sehingga cocok dipakai para pemula. Selain menghasilkan rambut straight, produk ini meninggalkan hasil lebih berkilau natural.

Isi1. Activator
2. Gel neutralizer
Ukuran125 ml
Kisaran hargaRp40.000

5. L’oreal Professionnel Paris X-Tenso Moisturist

Loreal Professionnel Paris X Tenso Moisturist

Proses pelurusan kian mudah dengan adanya lapisan pelindung rambut

Apabila Anda membutuhkan perawatan khusus untuk menghaluskan rambut yang kusut agar mudah diatur, L’oreal merilis obat pelurus rambut yang juga efektif mengubah rambut keriting lebih lembut dan berkilau. Seluruh hasil tersebut diklaim bertahan hingga 60 hari pasca treatment.

X-Tenso Moisturist juga ideal diaplikasikan pada rambut tebal dan kasar. Bukan itu saja, obat pelurus rambut L’oreal dapat pula diandalkan untuk mengurangi dan mempertahankan volume rambut. Melalui Nutricationic Technology-nya, kegiatan pelurusan semakin mudah tanpa khawatir rambut patah berkat lapisan pelindung yang diciptakan olehnya.

Isi1. Smoothing cream
2. Neutralising cream
Ukuran125 ml
Kisaran hargaRp135.000

6. Gentle Fever Down Foam

Gentle Fever Down Foam

Opsi terbaik obat pelurus rambut untuk pria

Satu hal menarik dari krim pelurus Gentle Fever Down Foam adalah bisa digunakan untuk pria. Alih-alih mengutamakan komposisi kimiawi, produk ini justru menerapkan bahan alami yang diformulasi untuk memberikan tatanan rambut lurus dan rapi secara menyeluruh tanpa perlu disisir. Buat pria dengan rambut mengembang juga bisa memakai produk berikut!

Gentle Fever Down Foam bertekstur lembut seperti krim busa yang sangat mudah diaplikasikan ke rambut. Tekstur unggulan ini tidak kasar di kulit serta nyaman saat diusapkan. Setelah pemakaian krim pertama, tube kecil berisikan tea tree extract perlu diusapkan kembali untuk memaksimalkan hasil kerja obat pelurus rambut.

IsiPremium down perm, sisir khusus, dan sarung tangan
Ukuran100 ml
Kisaran hargaRp190.000

7. Shiseido Crystallizing Straight

Shiseido Crystallizing Straight

Menjaga kelembapan rambut tanpa meninggalkan kesan berminyak

Shiseido Crystallizing Staright hadir dalam beberapa pilihan rebonding dan smoothing sesuai tipe rambut. Varian N1 untuk rambut sensitif sampai normal, H1 untuk rambut normal sampai resisten, dan EX1 untuk rambut resisten hingga ekstra resisten. Setiap varian dikemas dengan warna berbeda sehingga mudah dikenali.

Obat pelurus rambut ini dirumuskan bersama hyaluronic acid yang memberikan kelembapan alami sekaligus memperkuat struktur rambut. Shiseido Crystallizing Straight termasuk produk yang dirancang untuk kebutuhan rambut orang Asia, sehingga besar kemungkinannya cocok dengan kondisi rambut orang Indonesia.

Isi1. Straightening cream (N1/H1/EX1)
2. Neutralising cream/emulsion
Ukuran400 ml
Kisaran hargaRp390.000

8. Inaura One Step Express Smoothing

Inaura One Step Express Smoothing

Teknik satu langkah untuk menghemat waktu, air, dan tenaga

Enggan berlama-lama saat menjalankan smoothing treatment? Inaura One Step Express Smoothing adalah produk yang Anda butuhkan! Selaras dengan namanya, obat pelurus rambut ini didesain one step. Cukup satu langkah, rambut yang lurus permanen mudah Anda raih, penggunaan air pun menjadi lebih hemat!

Inaura One Step Express Smoothing menyediakan 3 varian, yakni kemasan pouch biru untuk rambut normal, pink untuk rambut kribo/keriting, dan hijau untuk rambut rusak/sudah terkena proses kimia. Selain dirancang sebagai one step treatment, produk ini juga dilengkapi odor control parfume yang mampu mengontrol bau rambut tidak sedap.

Isi1. Relaxer cream
2. Botol spray
Ukuran750 ml
Kisaran hargaRp220.000

9. NR Softline Silky Smooth & Neutralizer

NR Softline Silky Smooth Neutralizer

Wujudkan rambut lurus dengan treatment keratin yang mengagumkan

Sebagian obat pelurus rambut mengeluarkan bau yang cukup mengganggu. Apabila Anda bermaksud melakukan smoothing menggunakan produk yang tidak beraroma menyengat, NR Softline Silky Smooth & Neutralizer pilihannya! Produk ini diklaim aman tanpa menyebabkan kulit tangan teriritasi saat mengaplikasikannya.

Bukan cuma berformula good perfume, krim pelurus rambut ini tidak mengandung formaldehyde yang membahayakan kesehatan. Kiriman keratin dan olive oil menciptakan rambut yang lurus dan lembut bagaikan sutra, serta berkilau alami. Tenang saja, NR telah melengkapi sunflower oil ke dalamnya agar kerusakan rambut terhindarkan.

Isi1. Smoothing cream
2. Neutralizer cream
Ukuran250 ml & 500 ml
Kisaran hargaRp150.000

10. Lamei Hahonico Hair Straight

Lamei Hahonico Hair Straight

Bisa langsung keramas di hari yang sama

Supaya efek pelurusan benar-benar maksimal, Anda disarankan untuk tidak mencuci rambut selama 2 – 3 hari. Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu, obat pelurus rambut satu ini mengizinkan Anda mencuci rambut di hari yang sama. Lamei Hahonico Hair Straight sanggup menghasilkan rambut yang bukan cuma lurus, namun bervolume hanya dengan di-blow.

Satu lagi, obat pelurus rambut cetusan Lamei Hahonico diklaim tidak menyebabkan rambut kusam, patah, atau bahkan merusak tekstur rambut. Cocok diterapkan untuk semua jenis rambut, entah rambut keriting dan kribo yang pernah di-rebonding berkali-kali, atau untuk rambut diwarnai.

Isi1. Smoothing cream
2. Neutralizer cream
Ukuran500 ml
Kisaran hargaRp250.000

Risiko Pelurusan Rambut yang Tidak Diimbangi Perawatan Tepat

Risiko Pelurusan Rambut yang Tidak Diimbangi Perawatan Tepat

Ketika impian Anda memiliki rambut lurus, lembut, dan berkilau tercapai, jagalah selalu tampilan tersebut dengan melakukan perawatan rutin. Jika tidak, besar kemungkinan masalah-masalah rambut muncul di kemudian hari. Oleh karena obat pelurus rambut tekstur asli rambut, bila tidak diimbangi dengan perawatan tepat maka rambut akan rentan kering dan bercabang.

Bukan hanya itu, ketebalan rambut juga dapat berkurang sehingga rambut pun mudah patah dan bahkan rontok. Risiko rambut beruban pun cukup tinggi persentasenya, di mana hal ini disebabkan oleh efek bahan kimia pada obat pelurus terhadap memudarnya warna asli rambut.

Pastikan Anda teratur melakukan pembersihan rambut dengan shampo khusus rambut hasil smoothing. Perawatan ini membantu Anda tercegah dari kemunculan ketombe dan bahkan kulit kepala mengalami iritasi. Untuk menghindari risiko-risiko ini, Anda bisa mengetahui tips-nya pada section berikutnya!

Tips Mempertahankan Rambut Lurus Lebih Lama

Tips Mempertahankan Rambut Lurus Lebih Lama

Untuk beberapa bulan pertama setelah menerapkan prosedur rebonding, Anda harus menahan diri untuk tidak melakukan penataan rambut atau melakukan blow out. Hentikan juga tindakan lain terhadap rambut yang melibatkan bahan kimia keras, seperti mewarnai rambut, karena dikhawatirkan membuat rambut rusak dan semakin kering.

Bagi Anda yang menggunakan obat pelurus rambut berjenis smoothing, Anda masih diperbolehkan melakukan styling rambut dengan gaya lain, namun disarankan mengulangi proses smoothing setiap 3 bulan sekali agar efek lurusnya tetap terjaga.

Sedikit tips untuk Anda yang baru saja melakukan proses pelurusan, disarankan untuk tidak mencuci rambut paling tidak 1 hari. Tahan juga keinginan menguncir rambut Anda setidaknya antara 2 – 3 hari. Karena proses pelurusan rambut memerlukan waktu untuk hasil ideal, lakukanlah seluruh treatment-nya dengan benar. Oke?

Baca juga rekomendasi shampo pelurus rambut di sini!

Selain menggunakan obat pelurus rambut, Anda dapat memilih cara yang dinilai lebih aman untuk meluruskan rambut, yakni menggunakan shampo. Untuk mengetahui manakah produk shampo pelurus rambut terbaik, daftarnya bisa Anda lihat di dalam artikel ini.

10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Meluruskan Rambut

Kesimpulan

Tidak sulit bukan melakukan rebonding dan smoothing sendiri di rumah? Cukup membeli obat pelurus rambut terbaik sesuai kebutuhan, Anda bisa menghemat hingga ratusan ribu yang biasa dikeluarkan untuk proses pelurusan di salon. Datang ke acara-acara khusus kini tidak lagi menjadi momok berkat rambut lurus Anda.

Kami harap keseluruhan isi artikel mengenai obat pelurus rambut ini berguna untuk Anda. Jangan lupa untuk men-share  tulisan ini ke akun jejaring sosial aktif Anda agar lebih banyak yang tahu. Selamat menentukan produk dan semoga keinginan Anda mempunyai rambut lurus terwujudkan!

 

(Visited 3.476 times, 30 visits today)