Written by 23:00 Kesehatan & Kecantikan

10 Sabun Antiseptik Terbaik yang Ampuh Membasmi Kuman

Sabun Cair Anti Bakteri Dettol Sensitive

Sabun antiseptik dapat membantu tubuh kembali bersih setelah seharian terekspos oleh jutaan bakteri tak kasat mata. Di balik pro dan kontra soal penggunaannya, tetap saja sabun antiseptik mempunyai kelebihan dibandingkan sabun biasa. Hal ini dapat ditemukan pada bahan-bahan dan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Sabun antiseptik diperkaya oleh kandungan aktif berupa bahan antimikrob yang tidak ditemukan pada sabun biasa. Dahulu, bahan berupa triclosan dan triclocarban digunakan sebagai bahan antibakteri aktif. Namun, sekarang kedua bahan tersebut mulai digantikan dengan bahan antibakteri natural yang diperoleh dari alam.

Tugas utama dari sabun antiseptik adalah membasmi kuman secara efektif. Selain itu, beberapa produk juga dirancang dengan bahan antiseptik alami berupa timol yang memberikan wewangian khas serta membantu membersihkan kulit serta mencegah infeksi. Kandungan satu ini jarang ditemui pada sabun produk biasa.

10 Rekomendasi Sabun Antiseptik dan Antibakteri Terbaik

Jika Anda lebih sering aktif di luar ruangan, apalagi pada area yang terpapar polusi dan debu, maka bakteri dan kuman bisa menempel pada kulit. Agar terhindar dari penyakit, Anda dapat menjaga kebersihan tubuh dengan memakai sabun antiseptik. Berikut kami rekomendasikan sepuluh produk sabun antiseptik terbaik yang dapat Anda pakai setiap hari atau saat-saat tertentu.

1. Biore GUARD Body Foam Active Antibacterial

Biore GUARD Body Foam Active Antibacterial

Kisaran harga: Rp37.000

Efektif membersihkan kuman, kotoran, dan daki yang menumpuk di pori dan permukaan kulit

Biore memproduksi sabun antiseptik dengan berbagai pilihan ukuran, mulai dari 100 ml, 250 ml, 450 ml, hingga 550 ml dalam botol pump. Selain menyediakan ukuran kemasan yang beragam, baik bentuk refill ataupun botol, produk ini dapat menjadi pilihan tepat untuk dipakai mandi oleh Anda dan anggota keluarga lainnya.

Dengan teknoogi deep pore cleansing-nya yang diadopsi dari Jepang, sabun antiseptik ini memberikan perean ganda dalam membersihkan kotoran serta kuman tanpa perlu digosok kuat. Dengan demikian, kulit bukan hanya bersih, tetapi juga bebas iritasi. Mengandalkan bahan antibakterial ganda IPMP dan Sanisol, sabun antiseptik cair ini memberi perlindungan kulit tetap sehat dan tidak terasa kering.

2. Betadine Sabun Cair Antiseptik

Betadine Sabun Cair Antiseptik

Kisaran harga: Rp45.000

Facial wash dengan kandungan antiseptik untuk mengatasi masalah jerawat

Selain hormon dan pori-pori tersumbat, bakteri propionibacterium acnes kerap kali dilupakan orang sebagai salah satu biang penyebab masalah jerawat. Menggunakan facial wash biasa terkadang belumlah cukup mengusir bakteri tersebut. Untuk itu, kami sarankan Betadine Sabun Cair Antiseptik untuk Anda yang ingin menghilangkan jerawat akibat bakteri tersebut.

Sabun antiseptik yang mudah ditemukan di drugstore ini berkemasan botol flip top dengan tutup cukup kencang sehingga aman dibawa bepergian. Diklaim membasmi 99,9% kuman penyebab penyakit berkat formulasi 7,5% povidone iodine-nya, produk dengan tekstur cair yang thick ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengempeskan sekaligus menghilangkan jerawat.

3. Sabun Cair Anti Bakteri Dettol Sensitive

Sabun Cair Anti Bakteri Dettol Sensitive

Kisaran harga: Rp49.000

Memiliki nilai pH yang setara dengan nilai pH kulit Anda

Dettol mengoleksi banyak sabun antiseptik untuk banyak keluarga Indonesia. Salah satu produk yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Sabun Cair Anti Bakteri Dettol Sensitive. Produk ini diciptakan dalam berbagai kemasan dan ukuran. Untuk ukuran botol terdapat ukuran 125 ml, 300 ml, dan 625 ml, sedangkan kemasan refill pouch berukuran 250 ml dan 450 ml.

Dengan banyaknya pilihan ukuran dan kemasan, Anda bisa sesuaikan dengan melihat jumlah anggota keluarga yang akan memakainya. Sabun antiseptik dari Dettol ini terbukti ampuh dalam menanggalkan kuman dan bakteri. Formula pH yang seimbang akan cocok untuk kulit tropis orang Indonesia. Tak hanya itu, produk ini dilengkapi pula dengan gliserol sehingga kulit bukan cuma sehat, tetapi juga lembut dan halus setiap hari.

4. Holly Sabun Hijau Antiseptik

Holly Sabun Hijau Antiseptik

Kisaran harga: Rp13.000

Produk antiseptik andalan banyak orang sejak 1989

Holly Hijau adalah sabun antiseptik batangan yang cukup terkenal di Indonesia. Kebaikan bahan-bahan alami berupa minyak kelapa akan membuat kulit senantiasa lembut dan elastis. Produk ini tidak mengandung bahan aditif seperti pewangi sehingga aman tanpa menimbulkan alergi. Dengan kata lain, kulit yang mudah bereaksi pada kosmetik atau skincare berbahan kimia juga bisa memakai sabun ini.

Sudah beredar ke banyak sekali daerah di Indonesia sejak 1989, produk ini bukan hanya mudah ditemui, tetapi tak perlu diragukan lagi perihal efektivitasnya dalam membasmi kuman. Holly Sabun Hijau Antiseptik sudah mendapatkan sertifikasi resmi dari BPOM, CPKB, dan lolos tahap uji halal. Jika Anda mencari sabun antiseptik yang halal dan terjamin mutu serta kualitasnya, inilah produk yang Anda butuhkan!

5. Shinzui Zen Antibacterial Body Wash

Shinzui Zen Antibacterial Body Wash

Kisaran harga: Rp26.000

Mudah dicari di minimarket dekat rumah Anda!

Khawatir akan risiko iritasi ketika memakai sabun antiseptik? Cobalah Shinzui Zen Antibacterial Body Wash, formula antibakteri yang terkandung di dalamnya telah dibuktikan aman bagi segala jenis kulit. Tidak pula mengandung sulfate, Anda bisa semakin tenang meski produk ini dipakai oleh seluruh anggota keluarga.

Formula antibacterial dan anti-inflamasi dari Shiso di dalam sabun ini bekerja membersihkan dan melindungi kulit secara menyeluruh. Bahan alami tersebut juga akan menjadikan kulit sehat dan segar. Sementara sandalwood menjadi komposisi tambahan bahan natural lain yang menciptakan aroma nyaman untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.

6. Utama Spice Antiseptic Liquid Soap

Utama Spice Antiseptic Liquid Soap

Kisaran harga: Rp99.000

Membersihkan, melembapkan, dan memelihara kulit awet muda

Sabun cair antiseptik dari Utama ini dapat menjadi opsi lain bagi Anda yang tidak menyukai sabun berbentuk batangan. Performa membersihkan kulit dari bakteri, kuman, dan kotoran dari produk ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Utama mengandalkan minyak kelapa sebagai komposisi tambahan yang membantu menjaga kulit tetap lembap sekaligus sebagai anti-aging.

Selain sebagai antibakteri yang juga membuat kulit tampak muda, Utama Spice Antiseptic Liquid Soap berperan pula sebagai antijamur. Lebih luar biasanya lagi, sabun ini memiliki sifat antikuman dan disinfektan berkat minyak jarak yang ikut serta dalam komposisinya. Tertarik?

7. pHisohex Facial Wash

pHisohex Facial Wash

Kisaran harga: Rp42.000

Beraroma lembut dengan tekstur lotion yang aman untuk kulit sensitif

Debu polusi, kotoran, dan sebum yang menumpuk pada pori kulit bisa memicu komedo. Bila dibiarkan tanpa solusi perawatan, wajah bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Untuk Anda yang mengalami hal tersebut, gunakanlah sabun antiseptik ini. Daya pembersih dari produk ini begitu lembut karena dirancang dengan pH yang seimbang dengan nilai pH kulit.

pHisohex Facial Wash juga terbilang mampu dalam mengurangi pertumbuhan jerawat. Sabun ini tidak berbusa sehingga tetap ramah terhadap kulit wajah yang sensitif. Karena mempunyai konsentrasi pH yang diseimbangkan dengan kulit, sebagian orang juga memakaikan produk ini pada bayinya. Anda dapat membeli sabun antiseptik untuk membersihkan wajah ini di apotik ataupun secara online.

8. Sabun Asepso Antiseptik

Sabun Asepso Antiseptik

Kisaran harga: Rp6.500

Murah dan banyak varian sesuai hasil yang Anda inginkan!

Sabun Asepso telah dikenal lama sebagai produk pembersih tubuh yang efektif dalam mencegah pertumbuhan kuman maupun bakteri di kulit badan. Diracik dalam wujud batangan, produk mengandung formulasi belerang atau sulfur yang membawa peran baik untuk mengatasi jamur.

Jika Anda bermasalah dengan biang keringat, sabun antiseptik ini juga dapat membersihkan kuman pemicu kulit gatal secara optimal. Belum lagi soal jerawat, Sabun Asepso Antiseptik menjamin kemampuan menghilangkan jerawat bila dipakai secara teratur. Anda bisa menggunakan sabun dengan tiga varian ini secara berkelanjutan dikarenakan harga jual yang sangat terjangkau, lho!

9. Procare Green Tea Premium Body Wash

Procare Green Tea Premium Body Wash

Kisaran harga: Rp100.000

Sabun antiseptik berwujud cair dengan konsentrasi pH 6,5 – 7,5

Procare Green Tea Premium Body Wash terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Mempunyai busa berlimpah, Anda tidak harus menggosok kulit lebih sering hanya untuk menghasilkan busa. Kulit tetap terawat tanpa menimbulkan ruam atau iritasi. Dengan kata lain, sabun ini dapat pula digunakan oleh pemilik kulit kering dan sensitif.

Diproses dengan teknologi dan formulasi dari Australia, mutu yang ditawarkan pun tidak perlu lagi diragukan. Mempunyai aroma wangi, aktivitas mandi Anda akan semakin menyenangkan. Belum lagi kemampuannya membersihkan kulit hingga ke pori-pori terdalam, baik kuman ataupun kotoran akan tersapu bersih setelahnya.

10. Illie’s Antiseptic Bar Soap Extra Moistcare Almond Nut

Illies Antiseptic Bar Soap Extra Moistcare Almond Nut

Kisaran harga: Rp2.800

Membersihkan dengan optimal tanpa menghilangkan kelembapan klit

Apakah selama ini Anda mendambakan kulit yang halus dan lembut tanpa melakukan perawatan dengan produk mahal? Jika iya, Illie’s Antiseptic Bar Soap Extra Moistcare Almond Nut dapat mengabulkan harapan Anda tersebut. Sabun mandi batangan ini tidak akan membuat kantong Anda tercekik setiap kali membelinya.

Dengan memanfaatkan kebaikan kacang almond, produk ini tidak hanya membantu membersihkan kulit secara maksimal. Keberadaan vitamin E sebagai antioksidan alami di dalamnya juga dapat menjaga kulit terhindar dari penuaan dini. Pelembap alami bioemollen yang terkandung juga akan membuat kulit tetap kenyal seharian.

Kesimpulan

Sabun antiseptik dapat menjadi alternatif pelindung yang baik dibandingkan sabun biasa. Saat tubuh terekspos oleh bakteri-bakteri tak kasat mata, maka risiko timbulnya masalah semakin besar. Beberapa dampak kesehatan yang mungkin muncul antara lain infeksi, ruam, dan gangguan saluran pencernaan semisal diare.

Itulah alasannya menggunakan sabun antiseptik tetaplah dibutuhkan. Anda tidak perlu memakainya setiap hari, tetapi pada waktu-waktu tertentu saja. Sebagai contoh, saat berolahraga olahraga, hiking, menyentuh barang atau fasilitas umum, menggendong hewan peliharaan, dan kontak fisik dengan pasien rumah sakit atau penderita penyakit menular, penggunaan sabun antiseptik semakin disarankan.

(Visited 46 times, 1 visits today)