Written by 02:56 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik

Sabun cuci tangan terbukti lebih efektif menjaga kesehatan dibandingkan hanya dengan air saja. Berkat sabun, kotoran dan lemak yang menempel lebih bersih, sehingga kuman, bakteri, dan virus akan rontok serta mati. Ada cukup banyak produk sabun cuci tangan yang dijual dengan harga variatif. Apa Anda merasa kebingungan untuk memilih hand wash atau hand soap terbaik?

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan sepuluh sabun cuci tangan terbaik. Sejumlah merek mungkin familiar bagi Anda, sebut saja Dettol, Biore, dan Lifebuoy. Beberapa brand lain disertakan pula, misalnya Sensatia Botanicals, Sleek, dan The Body Shop. Sebelum mengecek daftarnya, ayo ketahui dulu pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun. Happy reading!

Pentingnya Mencuci Tangan dengan Sabun

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan setiap orang untuk mencuci tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik. Salah satu alasan mengapa terdapat anjuran tersebut dikarenakan kandungan pembersih pada sabun memerlukan waktu cukup agar seluruh patogen dapat lenyap dari telapak, punggung, dan sela-sela jari tangan.

Menggosok tangan dengan sabun selama 20 detik mampu mencegah risiko tertular flu, demam, dan penyakit menular lain hingga lebih dari 40%. Gangguan pencernaan dan diare juga akan terminimalisir sampai 50% lebih. Bukan hanya baik untuk diri sendiri, para orang tua yang terbiasa mencuci tangan dengan sabun sebelum menyuapi anak-anak akan menghindarkan mereka dari penyakit diare.

Bila mencuci tangan dengan sabun telah menjadi kesadaran banyak orang, pastinya lebih banyak orang yang tidak mudah sakit, terlebih lagi anggota keluarga. Di saat yang bersamaan, tangan bersih mampu menghentikan penyebaran kuman dari satu orang ke orang lain melalui berbagai macam permukaan benda.

Cara Memilih Sabun Cuci Tangan

Setelah mengetahui manfaat menggunakan sabun cuci tangan, Anda akan kami ajak mengenali poin-poin penting dalam pemilihan hand wash/hand soap. Meski semua sabun tergolong efektif untuk membasmi patogen dan menghilangkan kotoran di tangan, ada keuntungan lain bila Anda menggunakan produk yang tepat. Jadi, mohon disimak dengan saksama, ya!

Jangan Tergoda dengan Label, Cermati pula Kandungan yang Tertera

Setiap produsen tentu menginginkan produk sabun cuci tangan buatannya laku di pasaran. Dengan menekankan highlight produk, pemberian promo, hingga pencatutan label tertentu, tak sedikit orang tergoda membelinya. Jika Anda ingin terhindar dari “permainan” semacam ini, kami menyarankan untuk selalu mencermati komponen bahan dari sabun cuci tangan pilihan Anda.

Belakangan ini, produk sabun cuci tangan berlabel “organik”, “alami”, “pure”, dan “gentle” mulai ramai dijumpai. Sebelum tertarik salah satunya akibat iming-iming label, bacalah bagian belakang kemasan untuk memastikan kandungannya. Pasalnya, tak jarang produk berlabel alami atau organik masih menggunakan bahan-bahan non-organik meski persentasenya sedikit.

Untuk mempermudah Anda, carilah sabun cuci tangan yang banyak mendapatkan review positif dari pengguna di internet. Jika kesulitan, Anda perlu mengecek beberapa bahan utama yang terkandung untuk mengetahui cara kerja kandungan tersebut, berikut memastikan efektivitasnya dalam membersihkan seluruh kotoran dan patogen di tangan.

Pilihlah Sabun Cuci Tangan Biasa untuk Menghindari Iritasi Kulit

Pada awal tahun 2020, dunia dihebohkan oleh pandemi COVID-19. Penyebabnya adalah bentuk mutasi dari keluarga coronavirus. Di tengah maraknya informasi untuk mencegah penyebaran virus, banyak orang berburu sabun cuci tangan berkandungan antiseptik atau antibakteri. Sebenarnya, masing-masing sabun sudah sangat efektif untuk menghilangkan kotoran sekaligus membunuh virus, kuman, dan bakteri.

Bila Anda bermaksud membeli sabun antibakteri, pastikan tidak timbul reaksi iritasi pada kulit. Sabun antibakteri untuk cuci tangan umumnya mengandung 0,1% – 0,45% triclosan atau triclocarban. Walau berkadar rendah dan lebih ampuh menghancurkan patogen, sabun antibakteri kerap menimbulkan efek samping kulit tangan kering dan rentan terhadap dermatitis. Jadi, untuk penggunaan jangka panjang, sabun cuci tangan biasa sangatlah cukup.

Pilihlah Produk yang Memberikan Kelembapan pada Kulit

Terkadang, keseringan mencuci tangan memiru kulit tangan kering, bahkan iritasi, luka, dan perih. Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus mengurangi frekuensi mencuci tangan, terlebih bagi Anda yang kesehariannya berada di luar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang.

Sebagai solusinya, pilihlah sabun cuci tangan yang memadukan bahan pelembap di dalamnya. Komponen seperti gliserin dan lanolin banyak digunakan, di mana kedua zat ini bersifat melembapkan. Gunakan juga sabun ber-pH seimbang dengan kulit untuk menekan kekeringan kulit. Opsi tambahan untuk mencegah tangan kering, gunakanlah krim atau salep pelembap guna menghalangi penguapan air dari lapisan kulit.

Untuk Bayi dan Anak-anak, Carilah Sabun Cuci Tangan yang Aman untuk Kulit Sensitif

Apabila Anda memiliki anak kecil atau bayi, menjaga tangannya tetap higienis di sela-sela aktivitasnya sangatlah penting. Akhir-akhir ini, tidak sulit menemukan sabun cuci tangan untuk anak-anak dan bayi. Anda perlu mencari produk yang diformulasi oleh bahan-bahan teruji aman digunakan oleh si buah hati.

Sejumlah produsen mencatutkan ekstrak madu sebagai bahan dasar sabun yang difungsikan menjaga kulit tangan anak tetap halus dan lembut. Bahan anti-bacterial juga ditemukan pada sabun cuci tangan anak, hanya saja diatur agar tidak menimbulkan iritasi, serta nilai pH nya diseusaikan agar seimbang dengan pH kulit anak.

Di samping itu, pastikan pula agar sabun cuci tangan tersebut bebas bahan aditif. Jangan sampai produk membuat kulit tangan buah hati Anda kasar. Kemudian, sabun cuci tangan khusus bayi biasanya diperkaya pelembap, di mana ideal bila dipakai bersamaan oleh Anda yang memiliki kulit cenderung kering.

Sebagai Permulaan, Belilah Produk dalam Kemasan Botol agar Bisa Diisi Ulang

Jika sebelumnya Anda belum mempunyai sabun cuci tangan botolan, belilah produk dalam kemasan botol. Akan ada keuntungan bilamana sabun di dalamnya sudah habis, sehingga di lain waktu Anda cukup membeli kemasan refill dan tetap menggunakan botol yang sama. Selain membantu menjaga lingkungan, produk berkemasan isi ulang juga cenderung terjangkau soal harga.

Hanya saja, tidak semua merek menyediakan kemasan refill. Maka itu, sebaiknya Anda sediakan alternatif sabun cuci tangan produksi brand lain yang cocok dengan kebutuhan Anda. Untuk beberapa merek terkenal, seperti Lifebuoy, Dettol, dan sebagainya, mereka tak hanya dipasarkan dalam kemasan botol, melainkan refill-nya juga.

Cek Bentuk dan Ukuran Kemasan, lalu Pilihlah Aroma yang Anda Sukai

Guna meningkatkan daya jual, para produsen mendesain botol kemasan begitu unik dan cantik supaya menggoda calon pembelinya. Anda mungkin melihat sabun cuci tangan keluaran brand luar negeri berbotol mewah, bentuknya pun bagus sehingga tertarik membelinya. Sebelum menjatuhkan pilihan, periksa dulu ukuran tinggi dan lebar botol. Terutama bila Anda ingin menaruh di rak kamar mandi atau wastafel, pastikan ukurannya muat.

Setelah memastikan lebar dan tinggi botol cukup untuk diletakkan di wastafel atau rak kamar mandi, aroma sabun perlu juga Anda periksa. Ada bermacam sediaan aroma sabun, dari mulai aroma lembut hingga harum menyegarkan. Secara umum, sabun cuci tangan beraroma buah-buahan citrus, namun Anda bisa pilih aroma floral misal ingin menikmati efek relaksasi.

Pilihlah Sabun Cuci Tangan berdasarkan Jenisnya

Pada umumnya, sabun cuci tangan dihadirkan dalam dua bentuk, yakni bentuk cair (liquid) dan busa (foam). Kemudian, jika selama ini lebih lazim dijumpai produk yang penggunaannya dituang atau ditekan tutup pump-nya, sekarang telah hadir inovasi baru berupa dispenser yang bisa mengeluarkan sabun otomatis.

Liquid/Cair: Kaya akan Kandungan Deterjen, Wanginya Tahan Lama

Sabun cuci tangan yang paling banyak diproduksi adalah bentuk cair. Dari segi efektivitas, sabun cair dinilai lebih unggul ketimbang sabun busa. Hanya saja, memerlukan waktu cukup bagi sabun cair menghasilkan busa. Anda harus menggosok terus-menerus sampai busa tercipta.

Kemudian, sabun cuci tangan jenis cair mengandung deterjen lebih banyak sehingga bertekstur kental. Produk tipe ini menawarkan wewangian lebih kuat dibandingkan foamy wash, cocok bagi Anda yang menyukai sensasi keharuman sabun. Karena aromanya yang kuat pula, sabun cuci tangan cair dapat menyelamatkan Anda dari bau amis setelah membersihkan ikan atau bahan makanan lain.

Foam/Busa: Lebih Hemat Waktu karena Tidak Perlu Membuat Busa

Beredarnya sabun cuci tangan sediaan busa menimbulkan rasa penasaran banyak orang. Oleh karena pada dasarnya berupa busa, Anda akan menghemat waktu saat mencuci tangan. Cukup sekali pencet, busanya langsung keluar dan siap dipakai membersihkan tangan.

Melansir halaman ScienceDirect, sabun busa tidak memberikan penurunan angka bakteri yang signifikan. Masih dalam eksperimen yang sama, sabun cair terlihat lebih banyak merontokkan bakteri. Pengujian lain dengan mengandalkan brand sabun berbeda menunjukkan hasil konsisten. Jadi, secara efektivitas jelas lebih baik sabun cair, sehingga Anda mungkin perlu busa lebih banyak untuk mencapai level pembersihan yang sama seperti sabun cair.

Sabun dengan Botol Sensor Otomatis: Lebih Aman tanpa Berbagi Kuman

Salah satu merek produk pembersih tubuh dan tangan, Dettol, mengenalkan sabun cuci tangan bersensor otomatis. Memanfaatkan dispenser sebagai media peletakkan sabun, alat ini akan mengeluarkan cairan sabun cuci tangan secara otomatis sehingga lebih higienis.

Biasanya, sabun cuci tangan dan dispenser otomatis dijual satu paket seharga ratusan ribu rupiah. Mungkin butuh biaya lebih besar di awal, namun Anda akan diuntungkan karena tidak perlu menyentuhnya sehingga risiko berbagi kuman akan berkurang. Keuntungan lainnya, sabun berdispenser otomatis akan mengeluarkan cairan yang pas sehingga penggunannya pun takkan boros.

10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik

Di bawah ini, kami memilihkan produk sabun cuci tangan terbaik dari berbagai macam merek. Ada produk yang mengandalkan bahan-bahan organik hingga tambahan agen antibakteri untuk meningkatkan efektivitas kerjanya. Pilihlah sabun cuci tangan berkarakteristik paling pas dengan kebutuhan Anda, ya!

1. Sensatia Botanicals Violet & Geranium Hand Wash

Mengandung minyak geranium sebagai antibakteri yang optimal

Didesain dengan tutup pump cukup panjang, sabun cair ini tidak menyulitkan Anda setiap kali ingin mencuci tangan. Ukurannya yang besar ideal dipilih untuk penggunaan bersama anggota keluarga lain. Sensatia Botanicals mempercayai minyak lavendel dan ekstrak daun violet sebagai bahan dasarnya. Kedua komponen tersebut mampu mengangkat kotoran dan bakteri.

Keberadaan vitamin di dalamnya ikut serta memberikan tekstur lembut dan efek menenangkan kulit. Buat Anda yang menyukai sabun cuci tangan beraroma lembut, Sensatia Botanicals Violet & Geranium Hand Wash mencuatkan wewangian herbal menyegarkan. Selesai mencuci tangan dengan produk ini, mood Anda akan meningkat berkat aromanya yang relaxing.

JenisLiquid/cair
Aman untuk anakTidak ada keterangan
Kandungan pelembap
AromaHerbal menyegarkan
Ukuran500 ml
Kisaran hargaRp240.000

2. Organic Care Vanilla Shea Hand Wash

Botolnya terbuat dari plastik 100% hasil daur ulang!

Gunakanlah produk ini jika Anda ingin terbebas dari sensasi kulit kering setelah mencuci tangan. Organic Care membawa kebaikan organic shea butter dan safflower untuk mempertahankan kelembapan kulit. Sabun cuci tangan dari Australia ini dikemas dalam botol hasil recycle.

Saking pedulinya dengan keseimbangan alam, Organic Care Vanilla Shea Hand Wash tidak melakukan pengujian pada binatang, sehingga terakreditasi oleh CCF (Choose Cruelty Free). Di samping itu, produk dengan susunan bahan tumbuh-tumbuhan ini juga bebas kandungan paraben dan beraroma vanila lembut tahan lama.

JenisLiquid/cair
Aman untuk anakTidak ada keterangan
Kandungan pelembap
AromaVanilla shea
Ukuran250 ml
Kisaran hargaRp71.600

3. Biore Guard Foaming Hand Soap

Sediaan busa halus Microfoam-nya menyenangkan bagi anak

Bisa dibilang kalau Biore termasuk salah satu merek body care terkenal di Indonesia. Pada jajaran sabun cuci tangan, Biore menawarkan dua varian yaitu Fruity Antibacterial dengan kemasan berwarna merah muda dan Fresh Antibacterial dengan kemasan berwarna hijau.

Varian Fruity Antibacterial diperuntukkan kepada Anda yang menginginkan sabun cuci tangan wangi buah-buahan lembut. Baik pada varian berbotol merah muda maupun hijau, Biore Guard Foaming Hand Soap sanggup membersihkan kotoran dan kuman hingga kuku dan sela-sela jari. Sabun ini menjamin kulit tetap lembut dan aman digunaakn untuk anak karena tanpa pewarna.

JenisFoam/busa
Aman untuk anak
Kandungan pelembapTidak ada keterangan
AromaWangi segar dan buah-buahan
Ukuran250 ml
Kisaran hargaRp47.600

4. Lifebuoy Total 10 Antibacterial Handwash

Memberikan proteksi terhadap kuman hingga 99,9% hanya dalam 10 detik

Kami yakin Anda tidak asing dengan brand satu ini. Lifebuoy mengenalkan sabun cuci tangan berkandungan antibakteri yang cocok dipakai Anda beserta seisi keluarga. Varian Total 10 yang termasuk paling laris di pasaran mengandung ActivSilver Formula sebagai perlindungan bagi kulit dari 10 kuman penyebab masalah kesehatan.

Lifebuoy Total 10 Antibacterial Handwash muncul dengan sediaan botol pump 225 ml dan refill pouch 118 ml. Harganya terjangkau, Anda juga bisa membeli sabun cuci tangan ini di pusat perbelanjaan terdekat. Apabila Anda menginginkan buah hati terbebas dari intaian kuman, berikanlah produk ini sebagai agen pembersih tangan setelah dia bermain. Keep their hands clean and healthy, Bun!

JenisLiquid/cair
Aman untuk anak
Kandungan pelembapTidak ada keterangan
AromaWangi menyenangkan
Ukuran180 ml (kemasan refill)
Kisaran hargaRp25.500

5. Dettol Antibacterial Sensitive Handwash

Sanggup melindungi tangan 10x lebih efektif daripada sabun biasa

Perlindungan maksimal ditawarkan oleh Dettol melalui sabun cuci tangan ini patut Anda coba. Formula yang terkandung memungkinkan keluarga Anda terhindar dari infeksi kuman penyakit. Pengaturan pH pun dilakukan oleh Dettol, memastikan cairan dan busa yang tercipta takkan mengiritasi tangan.

Sebagai brand terkemuka, Dettol Antibacterial Sensitive Handwash dipersembahkan dengan 2 pilihan kemasan dan ukuran, yakni botol 110 ml dan refill pouch 200 ml. Tangan bebas dari kuman dan bakteri bukan hanya satu-satunya jaminan, melainkan juga lembap dan lembut berkat gliserin di dalamnya.

JenisLiquid/cair
Aman untuk anak
Kandungan pelembap
AromaLavendel
Ukuran200 ml
Kisaran hargaRp47.800

6. Nuvo Family Hand Soap Natural Series Icy Splash

Ampuh menyingkirkan kotoran, minyak, dan kuman di permukaan tangan

Nuvo Hand Soap Natural Series Icy Splash adalah sabun cuci tangan yang optimal membunuh 99% kuman. Untuk memenuhi klaim tersebut, produk berkemasan biru ini memadukan antibacterial agent 0,16%, sabun, dan surfaktan 11%. Jadi, kinerjanya tak cuma sebatas membasmi kuman, melainkan juga membersihkan minyak dari permukaan kulit.

Di sisi membersihkan kuman, minyak, dan kotoran, Nuvo menyematkan moisturizer supaya kulit tangan tetap lembut pasca dicuci. Meski dilengkapi pelembap, Anda yang berkulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan sabun ini karena dikhawatirkan terjadi iritasi akibat kandungan antibakterinya.

JenisLiquid/cair
Aman untuk anak
Kandungan pelembap
AromaWangi segar yang tahan lama
Ukuran250 ml
Kisaran hargaRp26.500

7. Sleek Foamy Hand Wash Extract Honey & Moisturizer

Bantu tanamkan sadar kesehatan pada anak sejak dini

Orang tua perlu selektif dalam memilih sabun cuci tangan untuk buah hatinya. Cobalah Sleek Foamy Hand Wash Extract Honey & Moisturizer, produk ini dilengkapi anti-bacterial formula yang akan memusnahkan bakteri dan kuman dari tangan si kecil. Tenang saja, komposisi antibakterinya telah diatur sehingga tidak membahayakan kulit anak Anda.

Selain itu, Sleek menyusun produk ini bersama bahan-bahan food grade. Bunga lavendel yang diekstraksi menghadirkan keharuman semerbak, si kecil akan merasa riang berkat wangi yang terpancarkan. Satu lagi yang tidak boleh dilupakan, sabun cuci tangan ini tidak lengket di kulit, sehingga memberikan sensasi nyaman sehabis mencuci tangan.

JenisFoam/busa
Aman untuk anak
Kandungan pelembap
AromaLavendel
Ukuran250 ml (kemasan refill)
Kisaran hargaRp18.400

8. The Body Shop Tea Tree Hand Wash

Nikmati aroma pemurnian bersama tekstur gel uniknya

The Body Shop mengeluarkan sabun cuci tangan berkandungan tea tree oil dari Kenya. Bahan tersebut mempunyai aksi melawan bakteri yang cukup baik. Kelebihan lainnya, tea tree oil akan meninggalkan kulit kesat namun tidak sampai kering. Sensasi mencuci tangan akan terasa lebih maksimal menggunakan produk ini.

Belum lagi, properti conditioning yang disertakan memperkecil kemungkinan terjadinya iritasi kulit. Beda dengan sabun cuci tangan lain yang umumnya bertekstur cair, The Body Shop Tea Tree Hand Wash memiliki gel lebih pekat yang terasa unik di tangan. Aromanya pun menenangkan, membuat proses pencucian tangan selama 20 menit lebih menyenangkan.

JenisLiquid/cair
Aman untuk anakTidak ada keterangan
Kandungan pelembap
AromaPurifying scent
Ukuran275 ml
Kisaran hargaRp113.200

9. Sodasan Liquid Soap

Didominasi komponen alami tanpa campuran bahan kimia, pengharum, dan pewarna buatan

Sodasan Liquid Soap menggunakan mawar, citrus, dan lavender sebagai komponen alami penghasil aroma pada sabun cuci tangan besutannya. Masing-masing dirancang untuk varian berbeda, seperti Rose Olive, Citrus Olive, dan Lavender Olive. Apabila Anda memiliki tipe kulit sensitif, Sodasan masih mempunyai varian Sensitive tanpa aroma.

Sesuai namanya, sabun cair Sodasan mengombinasikan bahan-bahan alami dengan minyak zaitun untuk menyisakan kesan lembut di tangan. Setiap varian sabun cuci tangan ini telah tersertifikasi Ecocert, sehingga tidak perlu diragukan lagi keaslian natural ingredients-nya.

JenisLiquid/cair
Aman untuk anak
Kandungan pelembapTidak ada keterangan
AromaNatural scent dan unscented
Ukuran300 ml
Kisaran hargaRp84.000

10. Yuri Hand Soap Foaming Premium Lavender

Menggunakan formula bahan yang ramah lingkungan

Apakah Anda khawatir kulit tangan menjadi kering akibat terlalu sering mencuci tangan? Dengan produk keluaran Yuri, Anda tidak perlu takut lagi akan risiko tersebut. Alasannya, sabun cuci tangan berdesain imut ini menyertakan vitamin E sebagai penyeimbang bahan pembersih lainnya.

Yuri Hand Soap Foaming Premium Lavender dapat mempersingkat waktu karena dirancang berjenis foam. Sesuai dengan namanya, sabun cuci tangan yang cukup populer di Indonesia berikut beraromakan lavendel. Selain varian di atas, ada pula pilihan lain yaitu Premium Rose berkemasan merah muda dan Green Tea berkemasan hijau.

JenisFoam/busa
Aman untuk anakTidak ada keterangan
Kandungan pelembap
AromaLavendel
Ukuran410 ml
Kisaran hargaRp39.600

Cara Mencuci Tangan yang Benar sesuai Anjuran WHO

Kegiatan mencuci tangan tidak boleh sembarangan dilakukan. Ada tata cara yang mesti Anda ikuti guna mencapai tingkat pembersihan paling optimal. Untuk memudahkan Anda, kami mencantumkan panduan mencuci tangan dari official channel Youtube World Health Organization (WHO) di bawah ini. Tonton dan ikuti dengan cermat, ya!

Kesimpulan

Kegiatan mencuci tangan merupakan perilaku sehat yang baru dikenal pada akhir abad ke-19. Dengan bantuan sabun cuci tangan, kita bisa menekan laju pertumbuhan virus yang menyebabkan penyakit menular. Di waktu yang sama, rutin menjaga higienitas tangan dapat memperpanjang usia hidup lebih banyak orang.

Oleh karena itu, pastikan Anda menyediakan sebuah sabun cuci tangan di rumah. Sesudah mengecek sabun cuci tangan terbaik rekomendasi kami di atas, apakah ada salah satu yang ingin Anda beli? Selain mengecek aroma dan mereknya, periksa juga kandungannya agar aman digunakan oleh Anda dan keluarga. Mari jaga kebersihan tangan setiap saat!

(Visited 398 times, 4 visits today)