Written by 21:34 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Serum Bibir (Lip Serum) Terbaik

Serum bibir, atau biasa disebut lip serum, merupakan produk lip care layaknya lip balm, namun performa kerjanya lebih optimal. Kosmetik, polusi, cuaca panas, dan udara dingin yang bibir Anda teirma setiap hari perlu diberi perlindungan. Itulah mengapa, Anda perlu memiliki setidaknya sebuah produk lip care seperti lip serum di makeup pouch Anda.

Sederet lip serum dari Sulwhasoo, Peripera, dan Mineral Botanica mengantongi kelebihan masing-masing. Anda yang membutuhkan serum bibir terbaik perlu memilih secara cermat. Dari mulai cara memilih serum bibir hingga pilihan produk berkualitas akan Anda temukan di sini! Sebelum mengintip list-nya, mari kenali dulu karakteristik serum bibir beserta fungsinya. Bacalah dengan saksama, ya!

Pertama-tama, Apa itu Serum Bibir?

Serum bibir adalah produk perawatan bibir dengan fungsi utama memelihara kondisi bibir agar tidak kering dan pecah-pecah. Keunggulan serum bibir dibandingkan lip balm ada pada karakteristik molekul lip serum yang lebih kecil, sehingga serum bibir sering juga disapa dengan sebutan lip essence. Beda halnya dengan lip balm yang membentuk lapisan luar bibir agar senantiasa lembap, serum bibir sanggup berpenetrasi lebih dalam untuk bekerja langsung di pusat masalah.

Umumnya, serum bibir berkonsistensi lebih tipis sehingga konsentrasi tinggi formula yang dimilikinya akan terkirim optimal untuk berperan aktif menangani masalah bibir, seperti misalnya kekeringan dan kehilangan volume. Jika Anda salah satu orang yang bermasalah dengan bibir kering, pecah-pecah, volume bibir menurun, atau bertekstur tidak rata, Anda dianjurkan menggunakan serum bibir apabila lip balm tidak berhasil mengatasinya.

Selain terbukti ampuh mengatasi bibir pecah-pecah, kering, dan meningkatkan volume bibir, tekstur cair serum bibir berguna juga untuk mengurangi tampilan garis-garis halus yang tampak di area bibir dan sekitarnya. Keseluruhan manfaat serum bibir terletak pada formulanya. Jadi, selanjutnya kami akan mengulas bagaimana memilih serum bibir berdasarkan kandungan aktif beserta poin-poin penting lainnya.

Cara Memilih Serum Bibir (Lip Serum)

Beberapa serum bibir tidak hanya difungsikan untuk menutrisi bibir sekaligus melembapkannya, melainkan multifungsi sebagai lip gloss dan bahkan lipstik. Jadi, perhatikanlah komposisi pelembap dari serum bibir yang hendak Anda beli. Untuk aspek penting lain dalam memilih serum bibir dapat Anda simak di bawah ini.

Pilih Serum Bibir tanpa Warna atau Berwarna?

Secara umum serum bibir dirancang dengan mengenyampingkan fitur kosmetika. Maka dari itu, kebanyakan produk tidak memiliki warna alias transparan atau bening. Akan tetapi, belakangan ramai produsen merilis serum bibir dengan warna-warna natural untuk membuat rona bibir tampak memukau secara alami.

Sulwhasoo dan Peripera adalah contoh brand yang mengeluarkan serum bibir berwarna. Anda akan temukan pilihan warna alami untuk disesuaikan dengan keinginan atau warna asli bibir Anda. Selain itu, tersedia pula produk yang menawarkan hasil akhir bibir berkilau layaknya lip gloss. Maka dari itu, pilihlah serum bibir berwarna apabila Anda ingin merasakan manfaat tambahan.

Pilih Serum Bibir yang Cocok dengan Kondisi Bibir Anda

Kondisi bibir dibedakan menjadi tiga macam, yakni normal yang berarti tanpa ada masalah, serta dua lagi kondisi yang disertai masalah, seperti bibir kering atau pecah-pecah dan bibir sensitif. Penggunaan serum bibir harus disesuaikan dengan kondisi bibir Anda. Berikut poin pembahasan lebih lanjut mengenai hal ini.

Bibir Mudah Kering, Gunakan Produk yang Mengutamakan Fungsi Pelembap

Untuk Anda yang kesehariannya lebih produktif di ruangan ber-AC atau kerap terpapar udara bebas, kans bibir mengalami kering semakin besar. Anda mungkin bisa menanggulanginya dengan mengaplikasikan pelembap bibir sebelum beraktivitas. Akan tetapi, lip balm memiliki batasan waktu kerja, sehingga boleh jadi Anda tetap berisiko mengalami kekeringan bibir dari dalam.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda memilih serum bibir berkandungan pelembap. Produk dengan label “moisturizing”, “hydrating”, “nourishing” akan membantu melembapkan bibir kering Anda. Akan tetapi, Anda bisa lebih memastikan kemampuannya membuat bibir lembap dengan memeriksa keberadaan komposisi seperti hyaluronic acidglycerinjojoba oilavocado oilcamellia seed oilgrape seed oilbeeswaxferulic acid, vitamin E, shea butter, dan sebagainya.

Kesepuluh serum bibir berkualitas yang telah kami siapkan pada list rekomendasi di bawah, seluruhnya kaya akan komponen pelembap. Selain dilengkapi pelembap berkonsentrasi tinggi, masing-masing produk didukung formula tambahan yang tentu saja berdampak baik terhadap bibir, misalnya memberikan efek bibir bervolume, menyamarkan garis halus dan kerutan, serta mengatasi bibir gelap.

Bibir Cenderung Sensitif, Pilihlah Produk yang Minim Komponen Iritatif

Bagi Anda yang mengalami bibir sensitif, belum cukup mengutamakan serum bibir yang mengandung agen pelembap tinggi. Anda juga perlu memastikan produk tersebut terbebas dari komposisi bahan-bahan iritatif yang memicu alergi. Upayakan memilih serum bibir yang tidak mengandung pewangi buatan (artificial fragrance) atau zat iritatif lainnya.

Bibir sensitif juga tidak dianjurkan menggunakan serum bibir berwarna. Untuk itu, periksalah komposisi produk atau paling tidak upayakan mencari serum bibir khusus untuk kulit sensitif. Setelah menerapkan tips ini namun tetap timbul rasa tidak nyaman atau gatal hingga tahap mengganggu, hentikan penggunaan lalu konsultasi dengan dokter kulit untuk meminta saran terbaiknya.

Pilih yang berformula Ringan bila Ingin Dipakai dengan Perona Bibir

Sebagian produk serum bibir dapat digunakan bersama lipstik atau lip gloss agar bibir tetap memperlihatkan rona indahnya. Jika Anda menginginkan hal demikian, cobalah membeli serum dengan minimal ingredients agar tidak terlalu berat di bibir. Selain itu, pastikan serum bibir mampu melembapkan dan mengondisikan bibir supaya tetap nyaman ketika Anda jadikan lapisan dasar kosmetik perona bibir.

Berkat fungsi moisturizing-nya, rona bibir Anda pun tampak lebih menonjol. Produk dengan tambahan UV protection juga bisa dipertimbangkan bila Anda ingin mengenakan serum bibir untuk aktivitas harian. Hanya saja, produk berkandungan tabir surya sudah sangat jarang ditemukan karena kebanyakan orang lebih prefer mengenakan serum bibir di malam hari.

Lebih Nyaman dengan Serum Bibir Cepat Serap dan Tidak Lengket

Sebagaimana serum wajah, serum bibir pun mempunyai konsentrasi tekstur yang berbeda-beda. Ada produk yang mudah diratakan karena teksturnya cenderung watery, namun ada juga serum bibir bertekstur gel atau krim yang lebih kental. Pilihlah tekstur serum yang paling nyaman untuk Anda, lalu pastikan juga cairan, gel, atau krim serumnya mudah meresap ke lapisan bibir.

Hal yang memengaruhi kenyamanan lain dari sebuah serum bibir adalah sensasi yang ditimbulkan usai pengaplikasian. Anda pasti tidak nyaman dengan produk yang meninggalkan kesan lengket di bibir. Maka dari itu, selain memastikan teksturnya cepat serap, pastikan juga agar serum tersebut tidak membuat bibir teras lengket, licin, atau perasaan tidak nyaman lainnya.

Pastikan Keamanan Produk dengan Memeriksa Label BPOM dan Sebagainya

Serum bibir keluaran merek ternama umumnya telah melewati proses uji produk, baik secara dermatologi atau lain-lain. Akan tetapi, beberapa produk tidak mencantumkan keterangan keamanannya. Jika Anda khawatir akan risiko buruk dari produk yang tidak berkualitas, Anda bisa memeriksa keamanan produk dengan cara mengecek izin edarnya di situs BPOM.

Produk yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) lebih terjamin keamanannya. Walau demikian, bukan berarti serum bibir yang tidak tersertifikasi oleh BPOM tidak aman digunakan. Untuk produk yang tidak atau belum memiliki izin edar dari badan pengawas, Anda tetap bisa memilihnya dengan cara membaca ulasan pengguna lain terlebih dahulu.

10 Rekomendasi Serum Bibir (Lip Serum) Terbaik

Lip serum berkualitas dari merek-merek terkemuka bisa Anda tengok di bawah! Pilihlah serum bibir terbaik berdasarkan kebutuhan Anda!

1. ElsheSkin Lip Serum

Tekstur cream cepat serap untuk lembapkan, lembutkan, dan cerahkan bibir

Pemakaian lipstik harian akan menurunkan kondisi bibir, serta perlahan menjadikan bibir gelap dan kering. Permasalahan umum ini menimpa Anda? Tidak perlu cemas selama Anda memiliki ElsheSkin Lip Serum di genggaman! Serum bibir kemasan tube bertutup ulir ini mencantumkan komposisi grape seed oil yang selain memudarkan bekas luka, juga ampuh mengembalikan warna asli bibir.

Kelebihan lain dapat Anda rasakan dari kandungan vitamin E dan minyak alpukatnya. Kedua bahan ini bersinergi melembutkan bibir, serta memastikan kelembapan terjaga dan mengurangi kerusakan kulit akibat kosmetik dan paparan matahari melalui antioksidannya.

Bahan utama Aqua, madu, minyak alpukat, minyak biji anggur, ekstrak akar manis
Warna Bening
Keamanan BPOM NA18171305507
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp75.000

2. LT Pro Lip Care Serum

Pengaplikasian begitu praktis dan nyaman berkat aplikator lembutnya

Lip serum yang diformulasi oleh croton lechleri resin extract ini diklaim efektif merawat bibir dengan fitur antioksidan. Skin damage yang menimpa bibir akan ditangani dengan baik oleh serum bibir dengan aplikator spoolie lembut ini.   Bersama komponen lain bernama palmitoyl hexapeptide-12, LT Pro Lip Care Serum  semakin optimal dalam mempertahankan kelembapan alami bibir.

Anda yang selama ini menginginkan bibir kenyal nan menawan, serum bibir cetusan brand lokal ini mampu menjawab kebutuhan Anda tersebut. Selain diaplikasikan mandiri menjelang tidur malam, Anda bisa memanfaatkan serum bibir yang terdaftar di BPOM ini sebagai primer sebelum penggunaan lipstik, lip cream, atau kosmetik bibir lain.

Bahan utama Croton lechleri resin (dragon’s blood) extract, palmitoyl hexapeptide-12
Warna Bening
Keamanan BPOM NA18181304232
Ukuran 3,5 g
Kisaran harga Rp95.000

3. Dissy Lip Serum

Serum bibir yang terinspirasi dari pasangan artis

Dissy Lip Serum diklaim sebagai serum bibir yang unggul memberikan kelembapan bibir. Di dalamnya kaya akan moisturizing agent untuk mencegah bibir pecah-pecah dan bertekstur akibat kering. Selain itu, lip serum berkemasan tube ini tidak berwarna, menjadikan Anda aman bila mengoleskannya di malam hari tanpa takut mengotori seprai, bantal, guling, dan piama.

Produk jebolan brand yang terinspirasi dari pasangan artis Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty ini mungkin tidak disertai fungsi pengembalian warna bibir alami, namun Anda tetap bisa mengandalkannya untuk melindungi bibir dari kerusakan. Gunakan Dissy Lip Serum merata ke kulit bibir yang bersih dari lipstik di malam hari, lalu biarkan meresap 10 – 15 menit sebelum Anda tidur.

Bahan utama Tidak dicantumkan
Warna Bening
Keamanan BPOM NA18181302085
Ukuran 15 mL
Kisaran harga Rp99.000

4. Lanbena Isoflavone Lip Care Serum

Bibir menawan hanya dengan satu produk perawatan

Lanbena memproduksi cukup banyak produk sediaan krim untuk berbagai keperluan. Selain hair removal cream dan scar removal cream yang terkenal, ada pula lip care serum yang wajib Anda coba. Mengandalkan kealamian sprout black bean, serum bibir ini akan membuat bibir terasa kenyal.

Sprout black bean yang merupakan komposisi bahan utamanya mengandung senyawa isoflavone. Senyawa yang tergolong active phytoestrogenic ingredient ini bukan hanya meningkatkan elastisitas kulit, namun juga mempromosikan produksi kolagen, memainkan peran anti-aging dengan mengurangi garis halus bibir, sekaligus membuat bibir terasa full alias bervolume.

Bahan utama Sprout black bean (isolflavone)
Warna Bening
Keamanan Tidak ada keterangan
Ukuran 4,4 mL
Kisaran harga Rp145.000

5. Sulwhasoo Essential Lip Serum Stick

Ciptakan rona bibir alami dengan efek lembap yang tahan lama

Apakah Anda termasuk salah satu yang kesulitan mengenakan lip serum bertekstur liquid? Sebenarnya, serum bibir tidak hanya dihadirkan dalam bentuk liquid yang teksturnya cenderung watery. Seperti Sulwhasoo misalnya, produk lip care ini didesain menyerupai lipstick, namun teksturnya tetap lembut dan mudah di-blend. Sangat cocok untuk pemula!

Lip serum ini sempat booming di tahun 2018 karena dipakai Song Hye Kyo pada drama Encounter. Tentu ada alasan lain mengapa produk ini begitu populer, yakin ragam fungsi yang ditawarkan, seperti ekstra melembapkan, mengenyalkan, dan meningkatkan vitalitas bibir. Tersedia pula pilihan warna perona bibir dari mulai soft hingga deep color.

Bahan utama Camelia oil, saflower complex, apricot kernel oil
Warna Apricot, blossom, flower pink, rose red, blossom coral, deep berry, glow orange, vivid pink, radiant red, soft orange, subtle pink, autumn red
Keamanan BPOM, nomor registrasi sesuai varian
Ukuran 3 g
Kisaran harga Rp425.000

6. Blistex Conditioning Lip Serum

Tutup pompa yang mampu keluarkan serum berjumlah cukup. Irit, deh!

Kendati belum mengantongi BPOM, serum bibir dari Blistex ini digemari banyak orang Eropa. Conditioning lip serum ini tidak berwarna karena didesain untuk kebutuhan utama merawat kesehatan bibir secara mendalam. Bagi Anda yang menghendaki serum bibir untuk merevitalisasi  bibir, Blistex Conditioning Lip Serum sangatlah recommended.

Ketersediaan nutrient-rich oils membuat produk ini unggul dalam hal melembapkan bibir. Paduan vitamin E dan ekstrak minyak dari bahan organik pada produk ini sekaligus menutrisi bibir agar lebih sehat, serta membuat tekstur bibir lembut tanpa garis-garis halus.

Bahan utama Nutrient-rich oils (olive oil, avocado oil, and omega-3 fatty acids), vitamin E
Warna Bening
Keamanan Tidak ada keterangan
Ukuran 8,5 g
Kisaran harga Rp125.000

7. Peripera Ink Tint Serum

Warnanya pigmented dengan efek glossy, inilah serum bibir berwarna idaman semua orang!

Anda yang ingin menggunakan kosmetik perona bibir sekaligus melindungi kesehatannya akan cocok dengan produk ini. Lima pilihan warna Peripera Ink Tint Serum dapat diseusaikan dengan skintone bibir Anda. Sesuai namanya, produk ini tidak hanya bertindak sebagai lip tint, tetapi juga diperkaya enriched water untuk memerankan fungsi serum yang melakukan pemeliharaan bibir.

Teksturnya ringan dengan konsistensi cenderung cair, produk ini sangat gampang untuk Anda ratakan ke seluruh permukaan bibir. Pigmentasi warna disertai hasil akhir efek glossy menambah nilai lebih ink tint serum ini. Walau berefek kilau, tidak ada kesan oily seperti habis makan gorengan, tetapi justru bibir Anda nampak segar dan sehat.

Bahan utama Enriched water
Warna Over pretty, rosy around, gossip pink, active orange, go go red
Keamanan BPOM, nomor registrasi sesuai varian
Ukuran 4 g
Kisaran harga Rp85.000

8. Mineral Botanica Sugar Lip Serum Intensive Care

Dengan wangi manis madu lembut yang tidak mengganggu

Kondisi bibir pecah-pecah memang menjengkelkan. Selain sulit mengaplikasikan riasan bibir, rasa perih apabila terkelupas mengharuskan Anda mencari cara menanganinya. Kabar baik datang dari Mineral Botanica untuk Anda yang memerlukan serum bibir dengan keutamaan merawat bibir pecah-pecah disertai kekeringan.

Mineral Botanica mengklaim produk ini unggul dalam hal menghidrasi bibir. Kekayaan zat alami didukung vitamin akan menutrisi bibir Anda guna merevitalisasi kondisinya. Gabungan formulasinya memastikan bibir tidak hanya lembap, namun juga mengembalikan kecerahan alami, melembutkan, dan membuat bibir terlihat luscious.

Bahan utama Avocado oil, grapeseed oil, honey, shea butter, vitamin E
Warna Bening
Keamanan BPOM NA18171305817
Ukuran 10 g
Kisaran harga Rp45.900

9. WMU Honey Sweety Sugar Lip Serum

Kebaikan madu, gula, dan ekstrak beras tergabung jadi satu

Bertambahnya usia mengharuskan seseorang lebih rajin merawat kondisi kulit. Adalah hal wajar kulit bibir mulai timbul kerutan akibat aging skin. Bila ini yang Anda hadapi sekarang, serum bibir persembahan WMU satu ini akan meminimalisir tanda-tanda penuaan di bibir, sehingga bibir tampak bervolume dan segar.

WMU Honey Sweety Sugar Lips membantu peremajaan kulit Anda. Bukan hanya itu, ketika diaplikasikan rutin setiap malam, bibir Anda secara berangsur menjadi lebih sehat, bebas kering ataupun pecah-pecah, serta perubahan warna bibir yang tadinya gelap akan cerah lagi!

Bahan utama Gula, madu, ekstrak beras
Warna Bening
Keamanan BPOM NA18181302790
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp109.000

10. Cle de Peau Beaute The Lip Serum

Unggul akan fitur anti-aging untuk pertahankan tampilan indah bibir Anda

Brand asal Jepang, Cle de Peau Beute (CPB), mencetuskan serum bibir dengan empat komposisi kunci berupa golden silk essencejapanese pearltheanine, dan scutellaria baicalensis extract. Setiap komponen tersebut memainkan perannya masing-masing.

Golden silk essence mengembalikan elastisitas kulit yang menurun, lalu japanese pearl meninggalkan efek bibir halus nan berkilau alami. Sementara dua bahan lainnya berfungsi mencerahkan skintone bibir serta mendukung peran theanine dalam menghambat penggelapan bibir akibat efek buruk sinar UV dan produk kosmetik.

Bahan utama Golden silk essence, japanese pearl, theanine, scutellaria baicalensis extract
Warna Bening
Keamanan BPOM NA22171305289
Ukuran 2 mL
Kisaran harga Rp150.000

Gunakanlah Serum Bibir di Malam Hari untuk Hasil Lebih Efektif

Serum bibir dapat digunakan kapan saja. Akan tetapi, malam hari menjadi waktu terbaik untuk mengaplikasikannya. Hal ini dikarenakan kulit tubuh, termasuk kulit bibir, melakukan regenerasi saat kita beristirahat di malam hari. Jika Anda ingin melihat perubahan kondisi bibir dalam waktu singkat, rutinitaskan menggunakan serum bibir di malam hari menjelang tidur.

Penggunaan serum bibir juga harus mengikuti anjuran pakai. Sebelum mengaplikasikan serum, Anda perlu menyiapkan bibir dalam kondisi bersih dan kering. Untuk hasil maksimal, Anda dapat melakukan scrub bibir beberapa hari sekali agar sel kulit mati rontok dan kandungan serum bisa meresap lebih optimal.

Apabila serum bibir Anda berwarna bening dan Anda bermaksud menggunakannya untuk mendukung kinerja lipstik, oleskanlah serum sebelum memulas lipstik. Namun, seperti yang disebutkan di atas, serum bibir akan lebih baik diterapkan malam hari. Jadi, sediakanlah waktu 5 – 10 menit sebelum tidur untuk melakukan lip serum treatment.

Sepanjang Anda tertidur, formula serum akan bekerja lembut memperbaiki kondisi bibir. Segala masalah yang dialami bibir Anda perlahan sirna. Bahkan, untuk beberapa serum bibir, banyak review pengguna yang mengaku merasakan perubahan signifikan sejak hari pertama. Namun perlu diingat, serum bibir untuk  malam hari sebaiknya berwarna bening dan tidak mudah luntur, sehingga Anda tidak akan melihat noda menempel di bantal, guling, selimut, dan pakaian tidur.

Lihat juga rekomendasi produk pelembap bibir terbaik di sini!

Jika serum bibir bertindak lebih mendalam ke lapisan kulit bibir, beda halnya dengan lip balm yang justru mengutamakan fungsi pelembap dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit.

Anda tertarik menggunakan lip balm karena satu dan lain alasan? Pada kesempatan lain, kami telah menayangkan lip balm terbaik tanpa warna dan berwarna. Pilihlah produk lip balm sesuai kebutuhan Anda!

10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik
10 Rekomendasi Lip Balm Berwarna Terbaik

Kesimpulan

Pada awalnya serum bibir hanya untuk memperbaiki kondisi bibir yang rusak akibat beragam faktor. Namun belakangan, produsen menyertakan all in one product sehingga Anda bisa gunakan untuk beraktivitas, misalnya lip serum berwarna atau lip serum dengan efek glossy.

Apa pun pilihan Anda, selalu utamakan membeli produk berkualitas dan cocok untuk kebutuhan Anda. Di artikel ini Anda telah menengok sepuluh serum bibir terbaik yang kualitasnya sudah dibuktikan banyak orang. Pilihlah salah satu produk tersebut, lalu gunakan rutin agar bibir Anda senantiasa sehat dan tampak mempesona!

(Visited 6.630 times, 84 visits today)