Written by 21:18 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik

Penderita diabetes perlu memantau kadar gula darah secara berkala. Tentu saja merepotkan apabila setiap ingin mengecek gula darah harus mendatangi rumah sakit. Karena itu, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes perlu menyediakan alat cek gula darah atau blood glucose meter di rumah. Dengan begitu, Anda bisa mengecek gula darah secara mandiri tanpa bantuan tenaga medis.

Di toko alat kesehatan atau toko online bisa dengan mudah Anda temukan alat cek gula darah. Merek-merek seperti GlucoDr. ACCU-Chek, Nesco, dan OneTouch termasuk pilihan populer di pasaran. Jika Anda bermaksud membeli alat cek gula darah, telah kami siapkan produk rekomendasi terbaiknya pada artikel ini. Namun sebelum itu, sebaiknya Anda pahami dulu komponen dan cara memilihya. Selamat membaca!

Mengenal Komponen beserta Cara Kerja Alat Cek Gula Darah

Apa itu alat cek gula darah? Sederhananya, alat cek gula darah merupakan perangkat digital dengan fungsi utama melakukan pengukuran kadar gula darah seseorang. Alat ini adalah teman setia penderita diabetes. Ukurannya tergolong mungil sehingga mempermudah penyimpanan. Desainnya yang ringkas memudahkan alat ini disimpan. Anda pun tetap bisa mengontrol gula darah saat di perjalanan.

Alat dengan sapaan akrab lain glucometer ini terdiri dari beberapa komponen, namun yang utama adalah strip pengukur dan alat pengukurnya (glucose meter). Selain dua komponen utama tersebut, masih ada komponen pendukung yakni jarum lancet dan pen lancing device atau pen lancet yang bentuknya menyerupai pena sebagai tempat instalasi jarum lancet.

Strip pengukur adalah komponen yang umumnya bersifat disposable alias sekali pakai. Oleh karena itu, Anda yang menderita diabetes sebaiknya menyiapkan lebih banyak glucose test strip agar bisa teratur melakukan pengukuran. Selain itu, Anda masih harus menyiapkan kapas beralkohol untuk mensterilkan ujung jari atau area lain yang akan ditusuk pen lancet darahnya.

Cara Memilih Alat Cek Gula Darah

Aspek krusial untuk Anda pertimbangkan ketika memilih alat cek gula darah adalah biaya. Selain itu, spesifikasi dan fitur produk menjadi hal lain yang juga harus Anda perhatikan. Simak tips memilih alat cek gula darah di bawah ini agar Anda berhasil temukan produk sesuai kebutuhan.

PIlih Alat yang Mampu Mengukur dengan Sedikit Sampel Darah

Anda sebaiknya mencari tahu seberapa dalam lancet menembus ke bawah kulit. Pasalnya, semakin dalam lancet ditusukkan, darah yang dikeluarkan semakin banyak, namun rasa sakit yang ditimbulkan juga lebih besar karena lancet mengenai saraf di pembuluh kapiler.

Bagi penderita diabetes yang disarankan memeriksa gula darah 2 – 10 kali sehari, tergantung tipe diabetesnya, lebih baik memilih alat cek gula darah yang lancet-nya tidak terlalu dalam ketika mengambil sampel darah, namun alat pengukurnya sudah dapat menghitung kadar gula dari sampel yang sedikit.

Ketika alat pengukur tidak memperoleh sampel darah dalam jumlah cukup, besar kemungkinan terjadi error yang menyebabkan gula darah tidak terukur. Maka dari itu, agar tidak membuang banyak test strip, carilah alat cek gula darah yang hanya perlu sampel darah dalam jumlah kecil untuk bisa melakukan pengukuran.

Utamkan Alat yang Melakukan Pengukuran dari Ujung Jari

Saat hendak memeriksa gula darah, bagian tubuh yang lebih sering ditusukkan lancet adalah ujung jari. Sebenarnya masih ada area lain untuk mengambil sampel darah selain ujung jari, misalnya bawah jempol, lengan, dan paha. Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pemilihan produk yang bisa mengambil sampel darah dari area selain ujung jari, terutama penderita diabetes yang harus lebih sering melakukan pengukuran.

Akan tetapi, dikatakan bahwa pemeriksaan kadar gula darah pada daerah tubuh lain selain ujung jari tidak memberikan hasil cukup akurat dibandingakn mengukur gula darah dari sampel ujung jari. Untuk urusan ini sebaiknya Anda pikirkan betul-betul karena apabila hasil pengukurannya kurang akurat, bukan hanya test strip yang banyak terbuang, tetapi darah Anda ikut terbuang sia-sia.

Pastikan Mampu Mengukur dalam Waktu Singkat

Seberapa lama alat pengukur membutuhkan waktu untuk menampilkan hasil menjadi aspek lain yang penting Anda perhatikan. Kebanyakan produk mengklaim mampu memperlihatkan hasil pengukuran hanya dalam 5 – 10 detik. Anda dapat mengetahui hal ini lebih lanjut pada kemasan produk atau membaca review pengguna lain di internet.

Alat dengan kemampuan mengukur gula darah dalam waktu singkat bukan hanya menghemat waktu Anda. Ketika frekuensi penggunaannya meningkat, butuh waktu lebih lama lagi bagi alat ukur untuk menampilkan hasil. Malahan, semakin sering penggunaannya, kemungkinan error-nya pun semakin besar. Oleh sebab itu, pilihlah alat cek gula darah dengan waktu pengukuran singkat apabila dalam sehari Anda akan menggunakannya lebih sering.

Pilih yang Dilengkapi Kemampuan Menyimpan Riwayat Tes

Memiliki catatan riwayat pengetesan gula darah akan membantu Anda dan dokter merencanakan pengobatan. Namun rasanya akan repot jika Anda harus selalu mencatat hasil pengukuran setiap kali mengukur gula darah di kertas atau ponsel. Oleh karena itu, alat ukur yang bisa menyimpan riwayat pengecekan lebih direkomendasikan.

Anda juga perlu memeriksa berapa besar kapasitas simpan memori dari sebuah alat ukur. Khususnya untuk penderita diabetes tipe 1 yang harus melakukan pengecekan lebih sering dalam sehari, alat dengan kapasitas penyimpanan besar sangatlah membantu.

Pilihlah Alat Ukur yang Memiliki Fitur Tambahan

Fitur-fitur yang tersemat pada sebuah alat ukur akan memberikan kemudahan bagi pengguna. Periksalah fitur apa yang Anda butuhkan dari sebuah produk. Misalnya buat Anda yang mengalami gangguan penglihatan, alat ukur dengan layar monitor cukup besar akan memudahkan Anda membaca hasil pengukuran.

Fitur audio atau alarm juga membuat Anda tidak harus menatap layar terus-menerus hanya untuk menunggu hasilnya keluar. Alat ukur dengan layar yang bisa menyala memungkinkan Anda melakukan pengecekan gula darah di ruangan minim cahaya. Fitur modern lain yang belakangan diadopsi produsen antara lain sambungan USB dan software khusus untuk monitoring riwayat pengecekan di komputer atau laptop.

Kemudian, alat cek gula darah dengan fungsi tambahan melakukan pengukuran kadar kolesterol dan asam urat dapat dipilih untuk Anda yang ingin mengecek kondisi kesehatan lebih menyeluruh. Alat ukur ini biasanya dirancang dengan teknologi khusus yang dapat mendeteksi sampel darah pada strip secara otomatis tanpa memerlukan pengkodean (auto recognition).

Pertimbangkan Biaya Operasional dan Kemudahan Penggunaan Alat

Faktor biaya termasuk paling utama yang dipertimbangkan orang-orang saat membeli alat cek gula darah. Seperti penjelasan sebelumnya, strip pengukur bersifat sekali pakai di mana hal ini mengharuskan Anda menyediakan strip pengukur lebih banyak supaya pengontrolan gula darah bisa terus dilakukan secara berkala. Karena harga test strip pun berbeda-beda, sebaiknya Anda beli yang tidak membuat budget pengeluaran Anda membengkak.

Selain itu, kemudahan menggunakan alat menjadi aspek lain yang tak boleh luput dari perhatian. Indikator alat cek gula darah dikatakan berkualitas adalah memiliki layar monitor yang menampilkan hasil tes dengan jelas, ukurannya ringkas serta berbentuk ergonomis, dan strip pengukurannya mudah dicari. Pilihlah alat cek gula darah yang memberikan kenyamanan setiap kali Anda menggunakannya.

10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik

Selanjutnya kami akan memperkenalkan sepuluh alat cek gula darah terbaik yang akan membantu Anda melakukan pengecekan berkala secara mandiri. Oleh karena setiap produk mempunyai beberapa perbedaan spesifikasi, desain, dan harga, pastikan Anda membeli alat ukur sesuai frekuensi penggunaan atau kebutuhan terkait lainnya. Selamat memilih!

1. EasyTouch GCU

Akurasi baik dengan garansi produk seumur hidup

GCU pada nama alat ukur ini merujuk pada glucose, cholesterol, dan uric acid. Dengan kata lain, EasyTouch GCU adalah alat ukur multifungsi. Selain berfungsi mengecek gula darah, alat ini membantu Anda mengukur kadar kolesterol dan asam urat dalam darah. Anda dapat melakukan pencatatan hingga 200 untuk gula darah (glukosa), 50 untuk asam urat, dan 50 lagi untuk kolesterol.

Selain menawarkan memori penyimpanan yang besar, alat ini membantu Anda melihat  rata-rata kadar glukosa pada minggu pertama, kedua, hingga hari ke-28. Bagi Anda yang tertarik membeli alat ukur made in Taiwan ini, Anda akan mendapatkan lifetime warrantly alias garansi seumur hidup. Yuk, beli sekarang melalui marketplace favorit Anda!

Fungsi utamaMengecek gula darah, kolesterol, dan asam urat
Fitur tambahanIdentifikasi strip otomatis, memberikan hasil pengukuran glukosa rata-rata pada hari ke-7, 14, dan 28, power on/off otomatis
Dapat menyimpan riwayat pengukuran
Waktu pengukuran10 detik (glukosa), 20 detik (asam urat), 150 detik (kolesterol)
Isi paket1 alat tes, 10 strip pengecekan gula darah, 10 strip pengecekan asam urat, 2 strip pengecekan kolesterol, 1 pen lancing device,  20 jarum lancet, 2 baterai AAA, tas penyimpanan
Kisaran hargaRp160.000

2. GlucoDr. AGM-2100 Bio Sensor

Dengan elektroda emas yang memastikan strip sensitif terhadap sampel darah untuk hasil tes akurat

GlucoDr. AGM-2100 memampukan pengukuran pada rentang sampel luas, yakni 30-600 mg/dL. Produk berukuran mungil ini hanya memakan waktu 11 detik setiap kali melakukan pembacaan glukosa darah. Menggunakan alat ini juga akan menghemat pengeluaran Anda karena level akurasinya yang sangat baik berkat gold electrode-nya membuat test strip terpakai dengan optimal.

GlucoDr. AGM-2100 mampu menampung hingga 100 hasil tes. Daya baterai alat ini dapat bertahan hingga kurang lebih 4.000 kali penggunaan. Ketika hendak menggunakannya, Anda tidak perlu melepas strip pengukur dari alat. Biarkan strip terpasang, lalu Anda teteskan darah ke strip pengukur, tak lama kemudian hasil tes yang akurat akan tampak pada layar.

Fungsi utamaHanya mengecek gula darah
Fitur tambahanElectrochemical biosensor technology
Dapat menyimpan riwayat pengukuran
Waktu pengukuran11 detik
Isi paket1 alat tes, 25 strip pengecekan gula darah, 1 pen lancing device, 2 baterai, tas penyimpanan
Kisaran hargaRp165.000

3. AutoCheck Multi-Monitoring System 3 in 1

Pengujian cepat dan akurat dengan sampel darah sedikit

Ada banyak risiko yang ditimbulkan akibat kelebihan kolesterol, gula darah, dan asam urat di dalam tubuh. Lakukanlah pemeriksaan rutin menggunakan alat ukur tiga dengan fungsi pengukuran ini. Dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa memantau berkala kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat.

Pengoperasian alat ini sangat mudah sehingga waktu adaptasi yang Anda butuhkan tidak memakan waktu lama. Apalagi, perangkat ini dipersenjatai sistem canggih auto strip recognition yang memudahkan pengguna melakukan pergantian mode uji. Apabila Anda menginginkan alat cek gula darah yang hanya perlu sedikit sampel darah, AutoCheck Multi-Monitoring System 3 in 1 sangat pas dijadikan pilihan.

Fungsi utamaMengecek gula darah, asam urat, dan kolesterol
Fitur tambahanAuto strip recognition
Dapat menyimpan riwayat pengukuran
Waktu pengukuran5 detik (glukosa), 15 detik (asam urat), 26 detik (kolesterol)
Isi paket1 alat tes, check strip untuk mengecek kondisi GCU meter, 1 pen lancing device, jarum lancet (jumlah tidak disebutkan), 10 strip pengecekan gula darah, 10 strip pengecek asam urat, 5 strip pengecekan kolesterol, baterai CR2032 lithium, tas penyimpanan
Kisaran hargaRp220.000

4. Nesco MultiCheck GCU 3 in 1

Mudah membaca hasil berkat ukuran layarnya yang besar

Kendati mencatutkan tiga fungsi dalam satu alat, Nesco menjamin produk ini cukup akurat untuk mengecek kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah. Tidak ada tombol on/off karena alat ini akan hidup secara otomatis ketika test strip dipasang, lalu mati beberapa saat ketika alat tidak mendeteksi adanya aktivitas penggunaan.

Layar LCD pada alat ini berukuran cukup besar untuk memudahkan pengguna melakukan pembacaan hasil. Selain ramah buat pemula, Nesco MultiCheck GCU 3 in1 juga tidak memangkas budget Anda terlalu besar berkat pasaran nilai jualnya yang bersahabat. Multifungsi, praktis guna, dan murah, inilah alat cek gula darah yang Anda perlukan!

Fungsi utamaMengecek gula darah, asam urat, dan kolesterol
Fitur tambahanIdentifikasi strip otomatis
Dapat menyimpan riwayat pengukuran
Waktu pengukuran10 detik (glukosa), 20 detik (asam urat), 150 detik (kolesterol)
Isi paket1 alat tes, check strip untuk mengecek kondisi GCU meter, 1 pen lancing device, 20 jarum lancet, 10 strip pengecekan gula darah, 2 strip pengecekan kolesterol, 10 strip pengecekan asam urat, baterai AAA 2 buah, tas penyimpanan
Kisaran hargaRp160.000

5. Accu-Chek Active

Memudahkan monitoring di komputer hingga 3 bulan terakhir

Produk ini direkomendasikan banyak dokter karena selain cepat mengukur gula darah, Accu-Chek Active hanya membutuhkan volume sampel darah 1 – 2 µl. Kualitas alat ini sangat terjamin karena memenuhi 100% accuracy requirements dari DIN EN ISO 15197:2003. Dua tombol pada glucometer menjadikannya ramah di tangan pemula sekalipun.

Tersemat fitur menarik yang membantu Anda peroleh hasil pengukuran secara optimal, misalnya notifikasi kedaluwarsa test strip, peringatan kekurangan dosis sampel, dan alarm yang berbunyi 2 jam setelah Anda makan (post-meal). Dengan alat ini, Anda dapat melakukan monitoring di komputer melalui kabel USB. Kemampuan menyimpan hingga 500 data pengukuran juga menambah poin lebih perangkat ini.

Fungsi utamaHanya mengecek gula darah
Fitur tambahanBisa untuk semua sampel darah (kapiler, vena, arteri, dan neonatus), auto on, memori penyimpanan dengan jam dan tanggal, memberikan hasil pengukuran rata-rata di hari ke-7, 14, 30, hingga 90
Dapat menyimpan riwayat pengukuran
Waktu pengukuran5 detik
Isi paket1 alat tes, 1 pen lancing device, 10 jarum lancet, 20 strip pengecekan gula darah, tas penyimpanan
Kisaran hargaRp385.000

6. On Call Redi Blood Glucose Meter

Produk andalan diabetesi untuk mengukur gula darah berkala

On Call Redi Blood Glucose Meter produksi Acon menggunakan teknologi biosensor untuk meningkatkan akurasi pengukuran. Bagi Anda yang tidak suka menatap monitor glucometer terlalu lama, alat ini akan memperlihatkan hasil ukur dalam waktu 10 detik saja.

Anda tidak perlu waktu lama untuk bisa mengoperasikannya karena hanya tersedia satu tombol. Kelebihan ini tentu berdampak pada menurunnya risiko kesalahan guna. Selain itu, tak perlu lagi Anda menahan sakit berkat sensitivitas alat membaca glukosa hanya dengan 1 μl sampel darah.

Fungsi utamaHanya mengecek gula darah
Fitur tambahanKalibrasi otomatis dengan kode chip
Dapat menyimpan riwayat pengukuran
Waktu pengukuran10 detik
Isi paket1 alat tes, 25 strip pengecekaln gula darah, 1 pen lancing device, jarum lancet (jumlah tidak disebutkan), tas penyimpanan
Kisaran hargaRp180.000

7. Sinocare Safe AQ Smart Blood Glucose Monitor

Pantau gula darah dengan sampel sedikit dan waktu singkat

Bentuk imut berbalut warna merah menjadikan alat ini menarik dari segi desain. Tidak butuh banyak-banyak, tetapi hanya 0,6 μl volume darah, alat ini sudah bisa memperlihatkan berapa jumlah kadar gula darah Anda secara akurat. Hanya saja, produk dengan daya tahan baterai hingga 1.000 kali penggunaan ini kurang ideal untuk penggunaan sering dalam sehari.

Pasalnya, Safe AQ Smart hanya menyediakan kapasitas simpan 10 hasil tes, sehingga akan merepotkan penderita hiperglikemia yang harus memantau kadar gula darahnya secara teratur. Meski demikian, alat cek gula darah ini masih tetap direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengontrol jumlah gula dalam darah beberapa hari sekali.

Fungsi utamaHanya mengecek gula darah
Fitur tambahanNo coding, strip ejector, auto test, trace blood
Dapat menyimpan riwayat pengukuran
Waktu pengukuran5 detik
Isi paket1 alat tes, 50 strip pengecekan gula darah, 1 pen lancing device, 10 jarum lancet, 2 baterai AAA. tas penyimpanan
Kisaran hargaRp267.000

8. FreeStyle Optium Neo

Bantu jaga kadar gula dan keton dalam darah

Akurasi pengukuran dari alat ini tak sebatas untuk glukosa, melainkan juga keton dalam darah. Apabila Anda adalah orang dengan diabetes tipe 1, sangat penting memperhatikan kadar keton agar terhindar dari kondisi yang dinamakan ketoasidosis. Bagi Anda yang rutin menggunakan insulin, FreeStyle Optium Neo dilegnkapi fitur insulin logging yang memberitahu Anda perihal kadar insulin dalam darah.

Sampel darah yang dibutuhkan alat ini hanya 0,6 μl. Test strip yang disediakan dibungkus oleh foil untuk melindunginya dari udara dan kelembapan. Buat Anda yang hendak melakukan perjalanan namun memiliki kewajiban mengontrol gula darah, alat cek gula darah persembahan Abbott ini patut dipertimbangkan.

Fungsi utamaHanya mengecek glukosa dan keton
Fitur tambahanMonitoring ke komputer dengan kabel USB
Dapat menyimpan riwayat pengukuran
Waktu pengukuran5 detik
Isi paket1 alat tes, 25 strip pengecekan gula darah (bonus), 1 pen lancing device, 10 jarum lancet (bonus), kabel USB, tas penyimpanan
Kisaran hargaRp480.000

9. OneTouch® SelectSimple™

Tanpa tombol pengoperasi dan dilengkapi alarm notifikasi. Ramah untuk pemula!

Khusus Anda yang mengharapkan kemudahan dalam penggunaan alat cek gula darah, Johnson & Johnson menawarkan produk andalannya untuk Anda pilih. Sesuai namanya, OneTouch SelectSimple didesain sesederhana mungkin agar siapa pun tidak kesulitan menggunakannya. Anda tidak perlu melakukan pengkodean atau pemrograman apapun untuk bisa memakai alat ini.

Tidak adanya tombol membuat alat ini praktis pakai. Cukup memasukkan test strip, proses pengukuran yang berjalan langsung menampilkan hasil ke layar dalam hitungan 5 detik. Ketika kadar gula darah tampak pada monitor pun, akan bunyi alarm dengan petunjuk warna yang mengabarkan Anda tentang kadar gula yang terbaca rendah atau tinggi.

Fungsi utamaHanya mengecek gula darah
Fitur tambahanTanpa coding, tanpa setup, tanpa tombol, alarm suara dengan petunjuk warna
Dapat menyimpan riwayat pengukuran
Waktu pengukuran5 detik
Isi paket1 alat tes, 1 lancing device, 10 jarum lancet, tas penyimpanan
Kisaran hargaRp420.000

10. Ascensia Diabetes Care Contour Plus

Tunjukkan rata-rata gula darah Anda kepada dokter melalui smartphone

Fitur inovatif yang dicantumkan Ascensia pada alat cek gula darah ini memungkinkan Anda memakai kembali test strip yang sama dalam waktu 30 detik apabila sampel darah pada pengujian pertama tidak terdeteksi. Anda bisa melakukan pengaturan mode untuk kondisi-kondisi tertentu.

Pada mode sederhana, alat ini dapat Anda operasikan seperti biasa. Namun, jika diubah pada advanced mode, Anda dapat menyetel alarm yang disesuaikan dengan jam makan Anda, baik sebelum maupun sesudah makan. Selain itu, alat pengukur gula darah ini memudahkan Anda melihat rekap hasil pengukuran melalui smartphone. Rata-rata gula darah dalam hari ke-7, ke-14, dan ke-30 bisa dengan mudah Anda cek melalui smartphone!

Fungsi utamaHanya mengecek gula darah
Fitur tambahanTeknologi Second-Chance untuk pengujian ulang pada strip yang sama, dapat dipakai langsung tanpa perlu di-setting, dapat beroperasi dalam dua mode (oL-1 dan oL-2)
Dapat menyimpan riwayat pengukuran
Waktu pengukuranKurang dari 5 detik
Isi paket1 alat tes, 1 pen lancing device, 5 jarum lancet, 4 box @25 strip pengecekan gula darah
Kisaran hargaRp529.500

Seberapa Akurat Hasil Pengukuran Gula Darah?

Umumnya alat cek gula darah memberikan hasil cukup akurat. Kendati demikian, tetap ada potensi kesalahan yang membuat Anda harus melakukan pengukuran ulang. Terjadinya ketidakuratan atau malah kesalahan pengukuran disebabkan oleh beberapa hal, namun paling umum karena kesalahan pengguna dalam mengoperasikan alat. Bacalah cara pakai alat yang tertera di kemasan atau Anda dapat mengetahui cara pakai alat tes secara tepat dengan berdiskusi kepada dokter.

Saat memeriksa gula darah, Anda akan mengambil sampel darah dari ujung jari. Pastikan tidak ada sisa makanan, minuman, atau lapisan pelembap yang memengaruhi hasil. Bersihkan dulu area yang ingin ditusuk lancet dengan kapas beralkohol, kemudian tunggu kering sebelum Anda gunakan pen lancet untuk mengeluarkan darah sampel.

Kesalahan lain yang kerap ditemui adalah ketidaksesuaian strip pengukur dengan alat ukur. Anda mungkin bermaksud membeli strip pengukur dengan harga terjangkau. Namun yang mesti Anda ketahui, tidak semua strip kompatibel dan cocok dengan alat ukur. Sebaiknya Anda beli alat cek gula darah dari merek terkenal agar tidak kesulitan ketika hendak membeli ulang strip pengukurnya.

Kesimpulan

Dengan menyediakan alat cek gula darah, Anda dapat secara mandiri melakukan pengukuran. Alat pengukur kadar gula dalam darah mengantongi spesifikasi bermacam-macam. Prioritaskan produk yang mengklaim akurasi tinggi meski dengan sampel darah sedikit. Produk semacam ini juga meminimalisir rasa sakit, sehingga Anda lebih nyaman setiap kali menggunakannya.

Yang tidak kalah penting lagi, alat ukur pilihan Anda setidaknya memiliki memori penyimpanan yang memungkinkan Anda mengecek riwayat gula darah satu bulan terakhir. Harapan kami dengan diterbitkannya artikel ini bukan hanya Anda berhasil menemukan produk terbaik, tetapi kesehatan Anda lebih terjaga. Semoga Anda selalu dilimpahkan kesehatan!

(Visited 18.384 times, 17 visits today)