Written by 07:36 Aksesori & Lainnya

10 Rekomendasi Headset Bluetooth Terbaik

Nilai praktis yang ditawarkan headset bluetooth semakin digemari orang. Di samping mendukung mobilitas ketika melakukan panggilan dan mendengarkan musik, headset bluetooth didesain agar nyaman dikenakan untuk aktivitas olahraga. Bahkan, belakangan diproduksi headset bluetooth dengan fitur antiair (waterproof) dan antikeringat (sweatproof).

Bagi Anda yang berencana membeli headset bluetooth, kami merangkum produk terbaik yang telah dipakai orang banyak dan terbukti berkualitas. Ada headset bluetooth dari Xiaomi, JBL, Sony, Baseus, dan masih banyak lagi. Sebelum memilih produk, simak poin-poin pemilihan headset bluetooth yang akan kita bahas di section pertama. Selamat membaca!

Cara Memilih Headset Bluetooth

Ada banyak cara menentukan kriteria headset bluetooth yang tepat. Namun, tiap orang mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kami berusaha untuk merangkumkan kepada Anda beberapa aspek yang mungkin jadi pertimbangan sebelum membeli headset bluetooth. Baca dengan saksama, ya!

Pilih Tipe Headset sesuai Kebutuhan Pemakaian

Setiap jenis headset pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang bisa mempengaruhi seberapa cocok alat ini digunakan di lingkungan atau kondisi tertentu. Jenis headset yang cocok untuk Anda tentunya tergantung pada preferensi dan kebiasaan mendengarkan Anda. Terdapat 4 tipe headset bluetooth secara umum, selengkapnya dapat Anda tengok melalui poin-poin berikut.

Tipe Headphone: Pengalaman Mendengarkan tanpa Diganggu Suara dari Luar

Tipe headset berbentuk headphone ini mampu memberikan kualitas suara yang superior, terutama dalam menangkap bass. Itulah yang membuat headset bluetooth tipe headphone lebih hebat dibandingkan tipe lain dalam memblokir kebisingan di sekitar (noise cancelling).

Karena fungsinya lebih banyak untuk mengisolasi musik atau suara yang Anda dengarkan, maka tipe headphone sangat cocok untuk Anda yang ingin mendengarkan musik tanpa gangguan suara lalu lintas, untuk fokus pada permainan game, atau untuk para costumer service yang ingin mendengarkan keluhan pelanggan mereka dengan baik.

Tipe One Ear: Cocok untuk Anda yang Aktif Berkomunikasi via Smartphone

Headset one ear atau yang biasa disebut mono headset biasanya memiliki desain yang lebih ringkas dengan satu lubang suara dan satu mikrofon yang terintregasi dengan baik. Berbeda dengan stereo headset, jenis headset ini umumnya hanya digunakan untuk membuat atau menerima panggilan suara, sehingga kurang cocok ketika digunakan untuk mendengarkan musik atau podcast.

Karena lebih ringkas tanpa kabel, maka headset tipe one ear juga didesain dengan earbud lebih kecil dan kadang memiliki pengait agar bisa bertengger di telinga. Headset one ear sangat cocok untuk Anda yang aktif berkomunikasi lewat smartphone. Berkat hal tersebut, Anda pun bisa berkomunikasi melalui headset satu arah tanpa harus mengganggu konsentrasi pada hal lain, seperti ketika mengendarai mobil.

Tipe Neck: Jenis Paling Compact yang Ideal untuk Olahraga

Berbeda dengan headset konvensional, Anda tidak akan berurusan lagi dengan kabel kusut atau kabel yang menggulung pada headset tipe neck. Selain itu, jenis ini juga tidak memberikan tekanan di kepala Anda sehingga bisa dipakai untuk waktu yang lama. Sebagai gantinya, alat ini menempatkan neckband (kalung leher) untuk membuatnya tetap di posisi.

Varian dari tipe headset ini ada dua yaitu in-ear dan on-ear. Keduanya bisa Anda gunakan ketika berolahraga atau saat melakukan perjalanan jauh. Oleh karena lebih mengutamakan kenyamanan, model headset satu ini biasanya memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Selain itu, kemampuan mengisolasi kebisingannya juga tergolong baik.

Tipe Complete Separation: Tidak Ada Kabel Penghubung Kedua Earphone

Complete separation headset adalah variasi baru dari headset bluetooth yang tidak menggunakan kabel sebagai penghubung di antara dua earphone. Berkat rancangannya, tipe headset yang terpisah ini berukuran lebih compact, namun tetap menghasilkan suara berkualitas.

Walau dibuat kompak, kebanyakan complete separation headset berukuran lebih besar dibandingkan earphone. Hal ini menjadikan bantalan telinganya akan sepenuhnya menutupi telinga dan menghasilkan suara lebih kuat. Keunggulan lain berkat bantalan telinga yang besar dari headset ini membuatnya sangat minim noise atau gangguan kebisingan dari luar.

Kenali Kualitas Audio yang Dimiliki Setiap Produk

Kualitas baik dan buruknya audio pada headset bluetooth bisa dilihat dari tiga faktor yaitu sensitivity, frequency responses, dan driver. Sensitivity adalah faktor yang menentukan tingkat kenyamanan suara di telinga Anda. Biasanya tingkat mid-range adalah pilihan yang direkomendasikan untuk kesehatan telinga Anda.

Selanjutnya ada frequency responses, faktor yang menentukan aliran musik yang ingin Anda dengarkan, contohnya pemilihan bass yang rendah untuk menghasilkan dentuman suara yang menggelegar. Lalu terakhir ada driver (koil suara, magnet, dan diafragma) yang berpengaruh pada kualitas basstreble, dan mid audio. Semakin berkualitas driver yang dipakai maka kualitas audionya pun juga bagus.

Pilih yang Baterainya Tahan hingga Belasan Jam

Salah satu yang membedakan headset bluetooth dengan headset kabel adalah sumber dayanya. Pada headset kabel, sumber daya yang dipakai berasal dari ponsel, sedangkan headset bluetooth menggunakan baterai rechargeable. Pilihlah produk yang daya tahan baterainya cukup lama. Beberapa headset mampu bertahan hanya 5 jam, tetapi ada juga yang tahan hingga 15 jam ke atas.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan headset bluetooth yang hanya bertahan tak sampai belasan jam, sebab Anda mungkin tak membutuhkan waktu selama itu untuk mendengarkan musik, kecuali pada momen-momen tertentu seperti saat bepergian jauh. Meski demikian, tetap disarankan memilih headset bluetooth yang kemampuan aktifnya cukup lama.

Pertimbangkan Produk yang Dilengkapi Fitur Antiair dan Antikeringat

Setiap orang yang suka memakai headset untuk berolahraga sampai berkeringat, pasti menginginkan jenis headset yang tahan air dan antikeringat. Untuk itu, headset yang Anda pilih setidaknya harus berbahan dasar plastik atau karet yang tahan air. Selain itu, utamakan agar headset tersebut memiliki sertifikasi kedap air minimal IPX4 atau lebih.

Meskipun tahan air dan keringat, bukan berarti Anda bisa menggunakannya untuk berenang. Jenis perlindungan ini lebih untuk membatasi tetesan keringat atau air hujan agar tidak merusak sistem driver. Salah satu contoh produk yang memiliki fitur antiair dan keringat yang baik adalah Anker SoundBuds NB10. Anda bisa temukan produk produk tersebut pada rekomendasi produk di bawah.

Cek Kompatibilitas Headset dengan Berbagai Device

Berbeda dengan headset kabel, kualitas audio headset bluetooth umumnya ditentukan oleh format pengkodean transmisi (codec) dan juga unit penghasil suara headset (driver). Nah, semakin tinggi kualitas codec, maka audio yang dihasilkan headset juga semakin baik. Untuk codec yang paling umum dan banyak ditemukan di perangkat bluetooth murah biasanya ada SBC dan AAC.

Sementara, codec yang lebih tinggi lagi ada aptX, HWA dan LDAC. Codec ini bisa mentransmisikan file yang lebih besar sekaligus meningkatkan kualitas audio. Namun codec aptX biasanya hanya ditemukan pada smartphone yang menjalankan prosesor Qualcomm Snapdragon atau Android versi 8.0 ke atas. Sedangkan LDAC dan HWA biasanya ditemukan pada produk Sony.

Versi Bluetooth Memengaruhi Kualitas Sambungan Suara

Hal lain yang membedakan headset bluetooth dengan headset kabel adalah stabilitas dan buffering­-nya. Gangguan sinyal pada headset bluetooth biasanya lebih sering terjadi dibandingkan kabel karena latensinya lebih tinggi. Jadi untuk mengurangi latensi dan meningkatkan stabilitasnya, gunakanlah headset dengan teknologi bluetooth versi tinggi.

Belum lama ini, organisasi yang menangani bluetooth secara resmi, The Bluetooth Special Interest Group (SIG), mengumumkan bahwa semua bluetooth versi 4.1 akan dihapus. Sehingga, sambungan nirkabel yang utama adalah bluetooth 4.2 dan bluetooth 5.0. Dibandingkan versi 4.2, bluetooth 5.0 memiliki 2x laju transmisi lebih cepat dan 4x jarak transmisi lebih lebar.

10 Rekomendasi Headset Bluetooth Terbaik

Terlalu banyak pilihan headset bluetooth di pasaran boleh jadi membingungkan Anda. Oleh karena itum kami di sini sudah menyiapkan 10 rekomendasi headset bluetooth terbaik dengan tipe, desain, dan keunggulan teknologi atau fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda!

1. Xiaomi MiFa X3

Dilengkapi teknologi terbaru dengan desain yang kokoh

Xiaomi MiFa X3 adalah jenis headset bluetooth complete separation yang dipasarkan dengan harga terjangkau untuk kualitas yang tergolong mumpuni. Rancangan dasar headset ini cukup kokoh dengan balutan plastik berwarna hitam glossy. Xiaomi mengklaim produknya antiair meskipun tidak memiliki sertifikasi IPX4.

Fiturnya sendiri cukup meyakinkan. Terdapat sensor touch untuk mengatur penggunaan. Headset bluetooth versi 5.0 ini juga mendukung wireless charging dengan daya baterai mencapai 32 jam. Perihal kualitas audionya termasuk balance, didukung bass yang kuat dan vokal yang jernih. Hanya saja, beberapa pengguna melaporkan adanya sedikit delay saat digunakan untuk game berat.

Tipe Complete separation earphone
Ketahanan baterai 32 jam
Fitur Waterproof, super bass, easy and fast pairing, wireless charging, sensor touch control, panggilan hands-free + microphone
Versi bluetooth 5.0
Kisaran harga Rp465.000

2. QCY T1 Pro

Casing-nya berfungsi untuk menyimpan sekaligus mengisi daya

Satu lagi produk earbuds yang tidak kalah menarik yaitu QCY T1 Pro. Headset nirkabel satu ini tersedia dalam warna hitam dan putih silver. Tersedia case charger yang berguna untuk menyimpan dan mengisi daya headset. Soal fiturnya sama seperti headset bluetooth lain yang menggunakan sensor touch untuk mengaktifkan dan mematikan headset.

Hanya saja, headset ini telah dipersenjatai fitur antiair dengan sertifikasi IPX4. Menggunakan versi bluetooth 4.2, produk ini kompatibel pada device iPhone, LG, Samsung Galaxy, iPad, Bluetoothenabled devices, dan lain-lain. QCY T1 Pro didesain ringan, menjadikannya nyaman dipakai untuk waktu lama. Apalagi, properti unitnya sangat pas di telinga disertai kemampuan mereduksi kebisingan di sekitar, Anda pasti puas!

Tipe Complete separation earphone
Ketahanan baterai 18 jam
Fitur CVC noise reduction, low radiation calling, 10m operation range, one touch control (answer phone call, switch songs, play/pause, power on/off), waterproof IPX4
Versi bluetooth 5.0
Kisaran harga Rp358.000

3. Vyatta Airboom Pro

Brand lokal dengan banyak fitur yang memudahkan

Mengikuti tren headset bluetooth, brand lokal Indonesia Vyatta ikut merilis seri TWS (True Wireless Stereo) yang diberi nama Vyatta Airboom dan Airboom Pro. Keunggulan dari produk seri terbaru ini selain harganya yang murah, juga menawarkan kualitas audio yang hebat. Belum lagi, suara bass yang pas di telinga membuat pendengar semakin betah memakainya lama-lama.

Headset ini dipersenjatai fitur 14 in 1 Touch Sensor yang artinya Anda hanya perlu mengaktifkan satu sensor untuk memanggil asisten virtual Siri guna mengatur 14 fungsi kontrol. Sungguh keren, bukan? Tak berhenti di situ, pada kedua earbuds ini telah juga dilengkapi mikrofon yang akan menjaga kualitas suara Anda ketika melakukan panggilan maupun saat online gaming.

Tipe Complete separation earphone
Ketahanan baterai 16 jam
Fitur Complete touch control function, dual stereo microphone, fast charging,
Versi bluetooth 5.0
Kisaran harga Rp299.000

4. Xiaomi Haylou GT1

Sertifikasi IPX5 Waterproof-nya mengurangi dampak kerusakan

Headset bluetooth lain dari Xiaomi ini juga mengadopsi bluetooth 5.0 dengan harga relatif murah. Sepasang headset ini memiliki warna hitam tanpa kabel yang membuatnya elegan ketika dikenakan. Xiaomi Haylou GT1 mampu menempel sempurna di telinga, bahkan Anda tidak perlu menyesuaikan posisinya lagi meskipun telah dipakai berjam-jam.

Produk ini dilengkapi sensor sentuh yang akurat serta mudah dijalankan. Xiaomi memastikan produknya antiair bersama sertifikasi IPX5 . Bila Anda ingin beraktivitas di luar ruangan dan tiba-tiba turun hujan, tidak jadi masalah! Performa suara yang dihasilkan begitu jernih, bebas kebisingan, serta fast connection-nya memudahkan Anda setiap kali menghubungkannya ke perangkat.

Tipe Complete separation earphone
Ketahanan baterai 15 jam
Fitur Waterproof IPX5, auto-pairing, fast connection, sensor touch yang akurat, noise cancelling
Versi bluetooth 5.0
Kisaran harga Rp252.000

5. JBL T450BT

Harga murah dengan desain kompak dan ringan

Secara tampilan, JBL T450BT hadir berdesain kompak, mudah dilipat, dan cocok untuk menunjang gaya hidup Anda yang aktif. Headset bluetooth model headphone earcup ini berbobot ringan, sehingga bisa dipakai saat olahraga tanpa membebani kepala. Bantalan earcup dibuat lembut dan halus untuk memastikan kenyamanan, serta meminimalisir kebocoran suara.

Kualitas audio yang dimiliki JBL T450BT unggul dari segi bass, namun mid-range yang keluar tetap seimbang. Semua kontrol headphone dilakukan secara manual dan letaknya ada pada bezel penutup telinga kanan. Overall, produk ini layak Anda jadikan pilihan karena selain murah, JBL menyematkan teknologi bluetooth versi 4.0 yang sanggup mencakup area hingga 10 meter!

Tipe Headphone
Ketahanan baterai 11 jam
Fitur Kontrol musik dan panggilan pada earcup, dapat dilipat
Versi bluetooth 4.0
Kisaran harga Rp450.000

6. Sony WH-CH510

Dukungan konektivitas bluetooth 5.0

Didukung inovasi baterai Tesla, Sony WH-CH510 benar-benar bisa Anda andalkan untuk memutar musik hingga lebih dari 1 hari tanpa henti! Tetapi satu yang perlu Anda ingat, bagian earcup produk ini belum cukup ampuh meredakan kebisingan yang datang dari luar.

Sony telah menginovasikan produk ini agar mampu mengontrol perangkat dan panggilan secara effortless. Selain itu, headset ini juga sudah mengusung standar bluetooth 5.0 yang merupakan versi terbaru teknologi nirkabel. Walau mahal, Sony tidak merancang headset ini waterproof, sehingga lebih cocok untuk penggunaan indoor.

Tipe Headphone
Ketahanan baterai 35 jam
Fitur Tombol satu sentuhan untuk asisten suara, komunikasi bebas genggam (hands-free),
Versi bluetooth 5.0
Kisaran harga Rp799.000

7. Baseus Encok D02

Memiliki speaker stereo dan bantalan over-ear yang nyaman di telinga

Ini adalah model headphone over-ear yang memiliki bantalan empuk dan ramah kulit. Tawaran kenyamanan pakai untuk waktu lama adalah keniscayaan yang dimiliki Baseus Encok D02. Tak hanya itu, bantalan over-ear headset ini juga mampu meredakan noise di sekitar  ketika Anda berada di tengan keramaian.

Audionya luar biasa sebab didukung speaker stereo dan bluetooth versi 5.0. Selain itu, produk ini juga memungkinkan Anda menggunakan fungsi non-bluetooth karena dilengkapi port jack audio 3.5 mm. Port ini bisa digunakan untuk meletakkan microphone universal untuk melakukan panggilan. Headset bluetooth ini bisa dilipat untuk memudahkan Anda bawa kemana saja.

Tipe Headphone
Ketahanan baterai 25 jam
Fitur Dapat dilipat, mikrofon untuk melakukan panggilan, mendukung perangkat non-bluetooth (tersedia jack audio 3,5 mm), noise cancelling
Versi bluetooth 5.0
Kisaran harga Rp399.000

8. Anker SoundBuds NB10

Desain tahan air yang sangat pas untuk dipakai ketika berolahraga

Banyak orang menyukai produk Anker karena kualitas audionya yang sedemikian bagus. Pada jajaran headset bluetooth tipe headphone-nya, Anker mengeluarkan SoundBuds NB10 yang dirancang dari kombinasi plastik dan karet ringan serta antiair. Berkat konstruksi material tersebut, bisa dipastikan produk ini mendukung kegiatan olahraga Anda. Tenang saja, sertifikasi IPX5 menjamin headset ini tahan air dan keringat.

Desain neckband over-ear yang dilengkapi hook fleksibel yang bisa mengikuti kontur telinga  membuatnya tak mudah jatuh dari telinga. Apalagi, kabel pengaitnya yang pipih memastikan kabel tidak mudah menggulung atau kusut. Bila berminat membeli headset ini, Anker memberikan garansi resmi 18 bulan untuk men-support para pengguna.

Tipe Neck
Ketahanan baterai 6 jam
Fitur Waterproof dan sweatproof IPX5, noise cancelling
Versi bluetooth 4.1
Kisaran harga Rp965.000

9. Baseus Encok S06

Dilengkapi tombol fisik dan lampu indikator yang memudahkan kontrol

Baseus Encok S06 adalah jenis headset neckband in-ear yang memiliki kabel pipih dan dilengkapi tombol fisik. Tombol fisik ini terdapat di salah satu modul plastik yang berisi 3 buah kontrol multimedia dan lampu indikator. Untuk modul satunya yang berada di sisi lain adalah tempat untuk baterai yang memiliki daya 100 mAh.

Headset bluetooth yang cocok untuk olahraga ini takkan mudah berpindah posisi,  Anda pun bisa fokus bergerak ditemani dentuman bass kuat dan suara jernih dari playlist favorit Anda. Meski masih menggunakan bluetooth 4.1 yang dilengkapi magnet,  headset ini kompatibel dengan berbagai merek smartphone, tablet, pemutar MP3, sistem stereo, dan perangkat sejenis lain.

Tipe Neck
Ketahanan baterai 8 jam
Fitur Tombol multifungsi, mendukung panggilan dan musik, kompatibilitas luas (smartphone, tablet, pemutar MP3, dsb), magnetic function
Versi bluetooth 4.1
Kisaran harga Rp269.000

10. Joyroom JR-S2

Mono headset berukuran kecil yang cocok untuk segala kondisi

JR-S2 dari Joyroom mempunyai ukuran mini yang hampir tidak terlihat ketika dikenakan. Terbuat dari silikon ringan, Anda semakin leluasa mengurusi pekerjaan tanpa diusik kenyamanannya. Untuk olahraga hingga kegiatan santai pun, headset bluetooth tanpa distorsi ini begitu andal!

Standar bluetooth versi 4.1 + EDR-nya mampu terkoneksi sampai jarak 10 meter. Meski jauh, transmisinya tetap stabil. Pada bagian atas unit head terdapat koneksi multitombol cerdas yang bisa dipakai untuk melakukan panggilan. Selain warna hitam yang best seller, Joyroom JR-S2 hadir dalam pilihan warna lain, seperti putih dan rose gold.

Tipe One ear
Ketahanan baterai 2,5 jam
Fitur Tanpa distorsi untuk efek suara mengejutkan, satu tombol kontrol
Versi bluetooth 4.1
Kisaran harga Rp260.000

Lihat juga rekomendasi earphone dan headphone terbaik di sini!

Jenis aksesori untuk mendengarkan musik selain headset ada earphone dan headphone. Sebab ukuran earphone lebih ringkas, beberapa orang sering membawa earphone bepergian dengan disimpan ke dalam tas atau bahkan ke kantong celana.

Headphone yang ukurannya lebih besar mungkin tidak begitu mobile, tetapi sensasi nyaman setiap kali menggunakannya menjadi nilai lebih tersendiri. Apabila Anda menginginkan peranti pendengar musik alternatif selain headset, pilihan earphone dan headphone terbaik dapat Anda tekan pada ulasan berikut.

10 Rekomendasi Earphone Terbaik
10 Rekomendasi Headphone Terbaik

Kesimpulan

Ingatlah waktu ketika mengenakan headset bluetooth. Apabila Anda rutin melakukan panggilan untuk kebutuhan bisnis, pakailah headset bluetooth tipe one ear. Neck type lebih cocok untuk berolahraga, sedangkan tipe headphone menjamin suara tanpa bocor keluar. Bila ingin lebih nyaman dan praktis, tipe complete separation sangat direkomendasikan.

Periksa kembali kekuatan baterai dari headset bluetooth yang hendak Anda beli, lalu sesuaikan dengan penggunaan Anda. Perhatikan standar bluetooth yang digunakan agar kompatibel dengan perangkat Anda, serta kenali fitur-fitur yang disediakan agar segala kebutuhan Anda terpenuhi. Selamat menikmati musik maupun melakukan komunikasi dengan headset bluetooth idaman Anda!

(Visited 368 times, 5 visits today)