Written by 04:27 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Pria Terbaik

Clinique For Men Charcoal Face Wash

Bagi para pria, rutin membersihkan wajah berdampak pada penampilan secara menyeluruh. Terpaan debu dan polusi kendaraan berisiko buruk terhadap kulit wajah. Dengan rajin mencuci muka, bermacam masalah wajah dapat dicegah. Saat ini tidak sulit mendapatkan sabun cuci muka pria di pasaran. Apakah Anda kebingungan memilihnya?

Di kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun muka pria sekaligus menampilkan rekomendasi produk terbaik. Beberapa merek memproduksi sabun cuci muka untuk pria. Dari mulai Nivea, Vaseline, dan Biore, sampai premium brand Clinique dan Kiehl’s mengeluarkan sabun muka pria terbaik. Ayo temukan pembersih wajah yang tepat untuk Anda!

Alasan Pria Memerlukan Pembersih Wajah

Bermacam polusi yang mengenai kulit wajah dapat menciptakan radikal bebas. Akibatnya, sel-sel kulit wajah rusak dan timbul masalah lain seperti tanda-tanda penuaan. Guna membantu meregenerasi sel kulit, Anda perlu menerapkan sabun muka untuk membersihkan wajah. Dengan begitu, sel kulit baru membuat wajah tampak fresh dan kondisinya pun menjadi lebih sehat.

Disebutkan bahwa pria lebih banyak memproduksi minyak akibat pengaruh hormon. Wajah yang dipenuhi minyak atau sebum harus rutin dibersihkan untuk menghindari timbulnya komedo dan jerawat. Sabun muka akan mengurangi akulumasi sebum serta kotoran yang memungkinkan pembentukan jerawat maupun komedo.

Cara Memilih Sabun Cuci Muka untuk Pria

Berharap tampilan wajah Anda selalu maksimal setiap harinya? Rajin-rajinlah mencuci muka. Ada banyak pilihan produk yang bisa Anda coba, namun tidak semua cocok dengan Anda. Oleh sebab itu, bacalah ulasan berikut mengenai poin-poin pemilihan sabun cuci muka supaya Anda memperoleh produk sesuai kebutuhan.

Sesuaikan Karakteristik dan Formula Sabun Muka dengan Kondisi Kulit

Setiap orang mempunyai kondisi dan permasalahan wajah berbeda-beda. Secara garis besar, karakteristik kulit wajah dibedakan menjadi kulit normal, kering, berminyak, dan sensitif. Selain itu, masalah jerawat juga sering terjadi pada banyak pria. Ceklah kondisi wajah Anda, lalu beli sabun muka yang cocok dengan kulit wajah Anda tersebut.

Untuk Kulit Normal, Carilah Produk yang Tidak Menghilangkan Keseimbangan Kulit Wajah

Apabila Anda beruntung memiliki tipe kulit normal, sabun muka yang ideal dipilih sebaiknya tidak mengandung bahan pembersih kuat. Anda dianjurkan memilih sabun muka berbentuk gel atau liquid sedang memasuki fase musim kemarau.

Namun, saat musim penghujan atau Anda cukup sering terpapar suhu rendah, pilihlah sabun muka dengan formula lebih creamy serta mampu menjaga wajah tetap terhidrasi.

Untuk Kulit Kering, Pilihlah Sabun Muka yang Diperkaya Unsur Pelembap

Kulit kering sering kali terjadi pada musim dingin. Ruangan ber-AC ikut berkontribusi membuat kulit kering. Pemilihan sabun muka pria untuk kulit kering haruslah cermat karena salah membeli produk berisiko menyebabkan kekeringan semakin parah.

Kami menyarankan Anda memilih sabun muka yang dilengkapi agen pelembap. Hindari produk yang menawarkan daya pembersihan kuat, misalnya terdapat kandungan sabun dan sabun potasium. Bahan-bahan sabun pada pembersih wajah hanya akan memperparah kondisi karena cara kerjanya yang kuat meluruhkan minyak.

Sebaiknya gunakan sabun muka berbahan dasar amino acid dan amphoteric surfactant yang dianggap lebih lembut. Utamakan produk bertekstur creamy dan tidak banyak menghasilkan busa saat digunakan. Sehabis mencuci wajah, aplikasikan pelembap atau face emulsion agar wajah tidak tambah kering.

Untuk Kulit Berminyak, Pastikan Terdapat Formula Penyekresi Sebum

Apakah kulit wajah Anda tergolong berminyak? Kondisi satu ini terjadi akibat produksi minyak berlebihan oleh kelenjar yang berada di bawah folikel rambut. Untuk mengurangi efek kilap akibat lapisan sebum, Anda dapat mengandalkan sabun muka yang mengeluarkan banyak busa. Produk berkandungan surfaktan membantu mengikat minyak agar luruh, kotoran pun ikut berkurang.

Saat wajah berminyak, pori-pori wajah berukuran lebih besar. Anda perlu memastikan sabun muka yang digunakan dapat mengangkat sebum dan kotoran dari pori-pori. Untuk membersihkan pori-pori, Anda butuh produk berkandungan witch hazel atau bahan acid, misalnya lauric acidpalmitic acid, dan myristic acid, yang fungsinya memurnikan pori-pori dari kotoran serta sebum.

Untuk Kulit Sensitif, Prioritaskan Sabun Muka Berformula Lembut yang Tidak Memicu Iritasi

Kulit dikatakan sensitif apabila lebih sering reaktif terhadap produk perawatan kulit. Efek kemerahan, gatal, dan sensasi terbakar akan muncul sehabis menggunakan satu atau lebih produk sebagai tanda sensitivitas kulit yang tinggi. Jika Anda termasuk pemilik kulit sensitif, selektiflah memilih produk.

Tidak semua produk cocok untuk kulit sensitif. Anda sebaiknya mengutamakan produk yang diklaim hypoallergenic. Sabun muka bebas sabun juga bisa dipilih, serta pastikan kekuatan pembersihnya tergolong gentle. Bila memungkinkan, carilah sabun muka berkomposisikan lidah buaya, chamomile, atau vitamin E yang berguna menenangkan kulit sehabis mencuci muka.

Bahan antiperadangan seperti allantoin juga cocok untuk kulit sensitif dan kering. Anda bisa menemukan komponen tersebut pada sabun muka berjenis medicated. Untuk lebih memastikan kecocokan suatu produk dengan wajah sensitif Anda, bacalah ulasan pengguna lain di internet mengenai produk yang hendak Anda beli.

Untuk Kulit Kombinasi, Lebih Baik Memilih Sabun Muka yang Diperuntukkan bagi Kulit Sensitif

Merawat kulit kombinasi memang tidak mudah. Pada area T yang rentan berminyak butuh dibersihkan dengan sabun muka yang cukup kuat, sedangkan area U, khususnya bagian dagu bawah cenderung kering sehingga produk pembersih berkekuatan tinggi dapat menimbulkan iritasi akibat minyak pengatur kelembapan berjumlah sangat sedikit.

Untuk mengakali kondisi ini tanpa mengeluarkan biaya lebih, Anda kami anjurkan membeli sabun muka khusus kulit sensitif. Gunakanlah satu kali pada bagian U yang kering, lalu lakukanlah pencucian berulang di bagian T (oily zone) hingga wajah terasa sedikit kesat. Komposisi bahan yang umum ditemukan pada sabun muka kulit sensitif antara lain aloe veraactivated charcoal, dan olive oil.

Untuk Kulit Berjerawat, Temukan Face Wash yang Mengangkat Minyak sekaligus Memperkecil Pori

Sel kulit mati yang tidak segera dibersihkan dapat menumpuk dan menyumbat folikel rambut. Apabila diperparah dengan kotoran, minyak, sekaligus bakteri, maka timbul masalah umum berupa jerawat. Jerawat sering terjadi pada orang-orang dengan kulit berminyak, entahkah karena faktor genetik maupun lingkungan dan gaya hidup.

Solusi yang bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat adalah menggunakan sabun muka yang menyerap minyak. Apabila minyak wajah berkurang, pori-pori tersumbat akan bersih serta mengecil. Namun, ingatlah untuk mengaplikasikan pelembap setelah mencuci muka agar kulit tidak kering. Jika kulit kering, yang ada kelenjar minyak mengompensasi kondisi kekeringan dengan memproduksi lebih banyak sebum. Ujung-ujungnya, jerawat bertambah parah!

Pilih Produk yang Tidak Membebani Keuangan Anda

Tergantung keadaan kulit, namun umumnya Anda akan melakukan facial wash setiap hari. Ini berarti, Anda akan menghabiskan produk lebih cepat. Oleh sebab itu, kami tak lupa mengingatkan agar Anda memperhatikan segi keuangan. Di bawah ini kami merekomendasikan produk dengan rentang harga variatif.

Apabila keuangan Anda terbilang cukup, pilihlah sabun muka dengan kualitas yang sudah dibuktikan banyak orang agar hasilnya sesuai ekspektasi. Akan tetapi, bila ingin lebih menghemat, kami mencantumkan beberapa produk seharga kurang dari Rp100.000 sehingga Anda tetap nyaman membersihkan wajah setiap hari tanpa khawatir pengeluaran bulanan terbebani.

10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Pria

Anda tidak perlu repot-repot melakukan grooming sebagaimana wanita melakukannya. Cukup dengan melaksanakan kegiatan merawat wajah setiap hari, Anda sudah bisa terhindar dari masalah-masalah seperti kulit wajah kotor, kusam, kering, berminyak, atau berjerawat. Saat ini tersedia banyak pilihan sabun cuci muka pria terbaik di pasaran dari berbagai merek. Untuk memudahkan Anda, kami akan membantu Anda dalam memilih produk lewat rekomendasi berikut. Silakan disimak!

1. Kiehl’s Facial Fuel Energizing Face Wash

Kiehls Facial Fuel Energizing Face Wash

Membersihkan dan menyegarkan kulit wajah

Kiehl’s adalah brand premium yang menawarkan produk berkualitas unggul. Salah satu sabun cuci muka pria terbaik keluarannya yaitu Kiehl’s Facial Fuel Energizing Face Wash. Produk ini dciptakan khusus untuk kebutuhan pria dengan mobilitas harian cukup tinggi. Wajah yang lelah dan penuh kotoran mampu dibersihkan secara maksimal dengannya.

Pembersih wajah pria andalan Kiehl’s ini diperkaya sejumlah formula, contohnya kafein, vitamin, dan ekstrak buah jeruk yang berguna menyegarkan dan memberi energi bagi kulit. Kandungan lainnya juga turut meningkatkan performa dari produk ini. Jika kulit Anda tampak kusam atau terdapat masalah lain seperti komedo, flek hitam, dan jerawat, produk ini sanggup menanggulangi permasalahan tersebut.

Kondisi kulit Berminyak, berjerawat
Kisaran harga Rp400.000
Isi 250ml

2. Clinique For Men Charcoal Face Wash

Clinique For Men Charcoal Face Wash

Mengombinasikan bamboo charcoal, gliserin, dan kafein

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah segar, sehat, dan berseri setiap hari, Anda bisa menggunakan produk pembersih muka unggulan dari Clinique. Diperkaya dengan formulasi arang bambu (bamboo charcoal) menjadikan produk ini sangat efektif membersihkan kulit wajah yang kotor. Clinique For Men Charcoal Face Wash berperan baik dalam urusan menyapu debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah serta mengontrol minyak.

Kandungan zat lain yang tertera dalam produk ini antara lain gliserin dan kafein. Kandungan gliserin yang tersimpan dalam sabun cuci muka pria ini dapat membantu mengembalikan kekenyalan serta menjaga kelembaban kulit alami. Sedangkan kafeinnya ikut bertindak sebagai anti-irritant yang berperan menutrisi dan melembutkan kulit teriritasi akibat razor burns.

Kondisi kulit Berminyak, kering, sensitif
Kisaran harga Rp495.000
Isi 200ml

3. Nivea Men Facial Foam Oil

Nivea Men Facial Foam Oil

Busa melimpah yang sanggup mengusir segala kotoran dari pori

Nivea Men Whitening Oil Control Facial Foam merupakan produk pembersih yang dapat menghasilkan busa melimpah untuk mengontrol kelebihan sebum. Walau keluaran busanya cukup banyak, produk ini takkan membuat kulit wajah kering dan kusam, apalagi sampai iritasi.

Formula yang kaya dengan ekstrak magnolia bark menjadikan produk ini sangat baik untuk urusan mengusir kotoran, debu, dan bakteri penyebab munculnya jerawat dari kulit wajah. Setelah digunakan, produk ini akan memberikan efek dingin dan segar pada kulit dengan seketika.

Kondisi kulit Berminyak, berjerawat
Kisaran harga Rp26.000
Isi 100ml

4. LT Men Moisturizing Facial Cleanser Mild

LT Men Moisturizing Facial Cleanser Mild

Ciptakan kelembapan yang bikin nyaman pasca pembersihan

LT Men seakan ingin memberi jalan tengah untuk semua pria dengan berbagai macam tipe kulit. Lewat LT Men Moisturizing Facial Cleanser Mild, Anda yang punya tipe kulit kering, normal, berminyak, dan kombinasi bisa menggunakannya. LT Men menyatakan produk facial wash ciptaannya ini membantu para pria memperoleh kulit wajah bersih, segar, dan bebas kilap seharian.

Dibuat dengan formula khusus yang ringan, efektif dalam mengangkat kotoran tanpa membuat kulit menjadi kering. Produk ini akan memberikan sensasi sejuk setelah pemakaian dan membuat kulit terhindar dari efek memerah karena iritasi ringan. Anda bisa memakainya pagi dan sore hari, terutama untuk pria dengan kondisi kulit berminyak.

Kondisi kulit Kering, sensitif
Kisaran harga Rp19.000
Berat 80gr

5. Gatsby Skin Tonic Oil Control

Gatsby Skin Tonic Oil Control

Dengan sentuhan smooth power yang mengantongi 6 fungsi pembersihan

Jika Anda tidak belum menemukan sabun cuci muka pria untuk kulit berminyak, Anda bisa memilih produk ini. Gatsby Skin Tonic Oil Control adalah produk pembersih muka khusus pria yang bisa Anda mudah Anda temukan di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret.

Diformulasikan khusus untuk pria, Gatsby Skin Tonic Oil Control mampu memberikan hasil wajah yang bersih dan sensasi segar setelah pemakaian sekaligus. Dibuat dengan melibatkan teknologi smooth power menjadikan produk ini memiliki 6 manfaat sekaligus. Selain itu, perpaduan kekuatan jutaan scrub efektif mengangkat minyak di seluruh permukaan wajah secara merata.

Kondisi kulit Berminyak, berjerawat
Kisaran harga Rp21.000
Berat 100gr

6. Vaseline Men Active Bright

Vaseline Men Active Bright

Pilihan pria modern untuk membasmi masalah jerawat

Produk persembahan Vaseline ini juga termasuk sabun cuci muka pria untuk memutihkan terlaris yang bisa diperoleh dengan mudah di minimarket. Vaseline mengklaim produk ini bukan hanya mampu menyapu kotoran secara maksimal, melainkan juga dapat memberikan efek melembabkan pada kulit yang dapat memperbaiki 10 kali lebih banyak.

Masalah seperti jerawat bisa ditangani dengan baik melalui formula khusus yang mampu mengurangi bakteri penyebab jerawat dari produk ini. Alhasil, bukan hanya kulit bersih yang Anda peroleh, kulit wajah yang mulus, halus, dan lembut karena bebas dari gangguan jerawat juga Anda raih. Untuk Anda yang punya masalah dengan kulit kusam, Vaseline Men Active Bright akan menghasilkan kulit wajah cerah dengan mudah!

Kondisi kulit Berjerawat
Kisaran harga Rp25.400
Berat 100gr

7. Biore Men Facial Foam Anti Bacterior

Biore Men Facial Foam Anti Bacterior

Optimal mengusir kotoran dan bakteri penyebab jerawat

Biore menjanjikan kulit wajah bebas dari masalah jerawat. Bagi Anda yang mempunyai kondisi kulit acne prone disarankan untuk menggunakan sabun cuci muka pria terbaik dari Biore ini. Aktivitas harian yang begitu padat membuat wajah tak bisa terhindar dari paparan debu, kotoran, dan polusi. Dengan butiran double scrub berwarna putih, Biore Men Facial Foam Anti Bacterior akan mengusir segala bentuk kotoran sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Diperkaya formula tea tree oil menjadikan produk pembersih wajah ini mampu menyerap minyak berlebih serta menghilangkan noda bekas jerawat. Anti-bacterial menjadi agen yang tak kalah penting dalam facial cleanser ini, sehingga memastikan wajah terhindar dari jerawat di kemudian hari. Penggunaan Biore Men Facial Foam Anti Bacterior setiap hari merupakan langkah tepat untuk membaskan diri dari gangguan jerawat dan minyak berlebih.

Kondisi kulit Berjerawat, berminyak
Kisaran harga Rp33.500
Berat 100gr

8. Pond’s Men Oil Control Face Wash

Ponds Men Oil Control Face Wash

Serap kotoran dan minyak tanpa membuat kulit kering

Belum menemukan sabun cuci muka pria untuk kulit berminyak yang cocok? Jangan khawatir, Anda masih punya pilihan lain. Pond’s Men Oil Control Face Wash adalah alternatif facial wash yang dirancang khusus untuk Anda dengan kondisi wajah rentan berminyak. Efek yang biasa dihasilkan dari kulit berminyak adalah jerawat, di mana produk ini juga ideal untuk dipakai oleh siapapun yang mengalami masalah serupa.

Dikemas dalam tube bertutup flip top menjadikan produk ini praktis digunakan di mana-mana. Pond’s Men Oil Control Face Wash mengeluarkan busa melimpah dan lembut untuk cegah iritasi kulit. Kandungan mineral clay pada produk ini membuatnya mampu menyerap minyak serta mengangkat kotoran berlebih pada permukaan kulit luar hingga paling dalam.

Kondisi kulit Berminyak, berjerawat
Kisaran harga Rp37.500
Berat 100gr

9. Garnier Men Turbo Light Oil Control 3 in 1 Charcoal Black

Garnier Men Turbo Light Oil Control 3In1 Charcoal Black

Bebaskan wajah dari tumpukan sebum dan komedo

Garnier Men Turbo Light Oil Control 3 in 1 Charcoal Black mengandung 3 fungsi yang diperoleh dari 3 bahan utama. Ketiga fungsi ini antara lain kemampuan menghilangkan komedo, menyamarkan noda hitam, dan mengendalikan minyak wajah hingga 12 jam. Garnier mengklaim produk ini sebagai produk pembersih wajah pertama di dunia yang mengantongi kemampuan tersebut.

Sementara ke-3 kandungan utamanya ada charcoal, beads, dan clay yang tergabung menghasilkan performa maksimal untuk memastikan wajah bebas minyak, komedo, dan flek hitam. Garnier Men Turbo Light Oil Control 3 in 1 Charcoal Black cukup praktis digunakan sebagai sabun pencuci wajah, scrub, ataupun masker.

Kondisi kulit Berminyak (termasuk komedo)
Kisaran harga Rp16.000
Isi 50ml

10. Cloris Soap For Men

Cloris Soap For Men

Sabun muka batangan untuk bersihkan komedo dan samarkan bekas jerawat

Cloris Soap For Men menghadirkan keunggulan yang tak kalah bagus dengan jajaran merek sabun cuci muka pria lainnya. Produk ini diklaim sebagai sabun perawatan wajah yang dapat membersihkan, menutrisi, melembabkan, dan meremajakan kulit.

Bagi Anda yang bermasalah dengan komedo, pori-pori besar, ataupun bekas jerawat yang susah dihilangkan, andalkanlah sabun cuci muka khusus pria ini. Produk yang teruji klinis untuk semua jenis kulit ini mengantongi sertifikat aman dan terdaftar di Badan POM Indonesia. Anda bisa menggunakan produk sabun cuci muka pria anti jerawat ini 2 – 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Kondisi kulit Berminyak, berjerawat
Kisaran harga Rp55.000
Isi 1 buah soap bar (80gr)

Lihat juga rekomendasi pelembap wajah dan masker wajah khusus pria di sini!

Sehabis mencuci muka, Anda bisa melanjutkan regimen perawatan dengan pengaplikasian masker. Kemudian, kelembapan muka sebaiknya Anda jaga selalu dengan rutin mengoleskan pelembap. Di bawah ini kami sediakan pilihan produk terbaik berupa pelembap wajah dan masker wajah untuk pria. Selamat memilih!

10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Pria
10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Pria

Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan saat Mencuci Muka

Mencuci wajah harus dilakukan secara total sampai kulit benar-benar bersih. Namun, jangan sampai Anda menggosok terlalu keras yang justru membebani kulit wajah. Selain itu, tidak perlu mencuci muka terlalu lama karena dapat menurunkan jumlah minyak yang dibutuhkan wajah secara drastis. Simaklah panduan mencuci muka yang tepat berikut ini agar kulit menjadi bersih tanpa terjadi iritasi.

  1. Mulai dengan membersihkan telapak tangan, lalu basahi permukaan wajah menggunakan air suam-suam bersuhu 30 – 36oC.
  2. Bila sabun muka Anda menghasilkan busa, buatlah terlebih dahulu busa di telapak tangan untuk kemudian digosokkan ke wajah. Jika sabun muka Anda minim busa, tetap lakukan hal serupa sebelum cairan pembersih wajah mengenai kulit Anda.
  3. Gosok lembut selama 15 – 20 detik, prioritaskan untuk area yang lebih banyak sebum seperti zona T.
  4. Basuh wajah dengan air hangat secara lembut untuk menghilangkan busa pembersih. Pastikan tidak ada sisa busa yang melekat di wajah.

Lakukan pencucian muka paling tidak 20 detik agar sebum berlebih serta kotoran dapat terangkat. Bila ingin mengeringkan wajah, tepuk-tepuk dengan telapak tangan atau handuk lembut, tetapi jangan sampai digosok. Setelahnya, oleskan lotion pelembap agar kelenjar minyak mampu mengontrol kelembapan wajah.

Kesimpulan

Ada banyak alasan mengapa pria perlu melakukan perawatan wajah yang sederhana seperti mencuci muka. Mulai dari mengurangi kusam, meluruhkan minyak, mengatasi jerawat, hingga memiliki kondisi wajah sehat dan ternutrisi dengan baik bisa diperoleh dengan rutin menggunakan sabun cuci muka. Sepuluh produk terbaik telah kami perlihatkan, adakah sabun muka yang tertarik Anda beli? Semoga cocok, ya!

Dari sekarang, mulailah peduli dengan kesehatan sekaligus penampilan wajah. Tidak perlu melakukan perawatan yang merepotkan dan banyak memakan waktu. Cukup dengan membersihkan wajah setiap hari, Anda sudah bisa memperoleh wajah senantiasa bersih, tampak lebih cerah, dan bebas masalah.

(Visited 300.473 times, 990 visits today)