Written by 03:13 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Krim Pemutih Wajah Terbaik

Olay White Radiance Intensive Whitening Cream

Krim pemutih wajah sering dianggap sebagai jalan pintas untuk memperoleh kulit wajah cerah dan kinclong seketika. Siapa pun bisa tergoda dengan label “dapat memutihkan kulit” pada produk whitening cream, terlebih apabila ada anggota keluarga atau teman yang berhasil membuktikannya. Tanpa berpikir panjang, pasti langsung membeli produk yang sama.

Apabila Anda salah satu yang menginginkan kulit wajah putih dan bersih, tidak ada salahnya menggunakan krim pemutih wajah yang bagus di pasaran. Tapi sebelumnya, Anda perlu tahu bahwa setiap orang memiliki tipe kulit berbeda-beda, termasuk Anda. Oleh karena itu, untuk kulit normal, kering, berminyak, atau kombinasi, ada baiknya mengenali terlebih dahulu jenis krim seperti apa yang cocok.

Cara Memilih Krim Pemutih Wajah

Sebelum mengintip list krim pemutih wajah terbaik, bersama-sama kita pahami dulu poin-poin dalam memilih produk. Saking banyaknya pilihan yang tersedia, tentu membuat sebagian dari Anda bingung. Oleh karena itu, berikut kami jelaskan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari kandungan, tingkat proteksi, dan ada tidaknya bahan pendukung, semua wajib Anda periksa.

Cermati Keberadaan Kandungan untuk Memutihkan dan Mencerahkan Kulit

Untuk mewujudkan klaim yang ditawarkan, krim pemutih wajah mengandung bahan-bahan pencerah yang bekerja sesuai karakteristiknya masing-masing. Ini dia beberapa kandungan pemutih yang biasa tercantum pada whitening cream.

Vitamin B3 (Niacinamide): Menghambat Produksi Melanin untuk Membuat Warna Kulit Tampak Cemerlang

Sengatan matahari langsung menyebabkan tubuh memproduksi melanin sebagai bentuk perlindungan. Hanya saja, pigmentasi berlebihan membuat warna kulit gelap. Untuk Anda yang mempunyai kulit gelap dan kusam akibat hiperpigmentasi, pilihlah krim pemutih wajah dengan kandungan vitamin B3 atau niacinamide.

Vitamin B3 lazim disematkan dalam produk pencerah kulit. Kandungan ini bertindak sebagai antiinflamasi yang juga baik untuk membantu pengurangan jerawat. Dalam rangka mencerahkan wajah, niacinamide akan mengurangi pembentukan melanin, kulit pun tampak merata dan cemerlang.

Vitamin C: Mencegah Pembentukan Bercak Hitam dan Cokelat pada Kulit

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan, alias bekerja menyingkirkan oksigen aktif dan menangkal penuaan dini. Bintik-bintik hitam dan kecokelatan pada wajah dapat dikurangi oleh vitamin C. Zat yang memberikan perlawanan terhadap radikal bebas ini menurunkan jumlah melanin serta mencegah tindakan enzim tirosinase. Anda dapat menemukan vitamin C pada krim pemutih wajah dari merek-merek ternama.

Agar bekerja secara optimal untuk memutihkan kulit, vitamin C harus masuk ke lapisan bawah epitelium. Maka dari itu, perhatikanlah seberapa efektif krim pilihan Anda meresap ke dalam kulit. Pastikan vitamin C yang terkandung berkonsentrasi tinggi dan berbentuk stabil dengan pH menengah agar tidak mengiritasi kulit.

Hydroquinone: Ampuh Mencerahkan Noda dan Bintik Hitam, namun Memiliki Efek Samping Serius

Dari beberapa bahan pemutih yang umum dicantumkan, hydroquinone merupakan salah satu yang patut diberikan perhatian lebih. Hydroquinone adalah komponen yang terbukti ampuh mencerahkan noda dan bintik hitam, mengatasi perubahan warna kulit akibat penuaan, serta mengurangi stretch mark.

Hanya saja, hydroquinone menimbulkan efek samping seperti neuropati, suatu penyakit sistem saraf bila tidak dipakai secara tepat. Oleh karena itu, perhatikanlah kadar hydroquinone dalam krim pemutih yang Anda pilih. Datangi pula dokter untuk menerima anjuran penggunaan sekaligus pantauan ketat agar terhindar dari risiko negatif.

Arbutin: Turunan Hydroquinone yang Efektif Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit

Kulit yang putih bercahaya bisa diraih dengan rutin menggunakan krim berkandungan arbutin. Bahan turunan hydroquinone ini sangat efektif mengatasi hiperpigmentasi kulit dalam bentuk topikal. Pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi, arbutin berperan baik mengatasi bercak hitam dan kulit kusam.

Arbutin ditemukan pada dedaunan kering pada beberapa spesies tanaman berbeda, contohnya blueberry, cranberry, bearberry, dan pohon pir. Meski efektif menghambat pembentukan melanin yang memicu penggelapan, kandungan arbutin pada krim pemutih wajah juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Berkonsultasilah pada ahli kulit untuk memintai pendapatnya.

Kojic Acid: Lebih Cocok untuk Orang Berkulit Gelap karena Bertindak Mencegah Pembentukan Tirosin

Kojic acid telah populer sejak 1989 sebagai komponen perawatan kulit. Bahan ini sama seperti whitening agent lain yang beroperasi memengaruhi pembentukan pigmen kulit dengan intensitas kerja lebih ringan. Kojic acid akan menekan pembentukan tirosin, yakni asam amino yang diperlukan untuk memproduksi melanin.

Pada orang yang berkulit gelap, melanosit menciptakan lebih banyak melanin sehingga berujung pada penggelapan kulit. Pada krim pemutih wajah, kojic acid dikombinasikan bersama bahan lain, alias bukan sebagai komponen tunggal. Alasannya, senyawa ini bersifat tidak stabil, sehingga harus dipadukan dengan zat-zat lain agar warnanya tidak berubah cokelat.

Hindari Bahan-bahan yang Berisiko Negatif bagi Kulit

Tak dimungkiri adanya bahan-bahan yang berbahaya pada krim pemutih kulit. Oleh karena itu, waspadalah agar tidak salah memilih produk. Telitilah setiap kandungan yang tertera pada label kemasan produk. Bila terdapat bahan seperti petroleum jelly, vitamin E, atau asam ekstrak buah misalnya, komponen-komponen tersebut telah dibuktikan aman.

Adapun bahan-bahan berbahaya yang dimaksud, misalnya merkuri. Kandungan merkuri pada krim pemutih pun tak jarang dituliskan dengan nama lain, misalnya calomel, chloride, mercuric, dan mercurio. Hydroquinone pun membawa efek negatif bila penggunaannya tidak sesuai anjuran dokter.

Hydroquinone pada produk biasanya dicatutkan dengan nama lain seperti arctuvin, benzohydroquinone, p-Hydroxyphenol, p-Hydroquinone, 1,4-Benzenediol, p-Benzenediol, bezoquinol, 1,4-dihydroxybenzol, benzene, aida, dan tequinol. Pada takaran tinggi, hydroquinone berubah kecokelatan saat terpapar udara luar atau matahari, sedangkan merkuri menjadi keabuan gelap atau hijau.

Untuk Day Cream, Pilih yang Dilengkapi SPF agar Kulit Terlindungi

Krim pemutih wajah dibedakan menjadi dua macam berdasarkan waktu penggunaan, yaitu krim pagi (day cream) dan krim malam (night cream). Bila Anda menginginkan krim pagi dengan fungsi whitening, utamakanlah produk dengan zat penangkal matahari, misalnya SPF (Sun Protector Formula).

Bila memungkinkan, carilah krim pemutih multi-spektrum, sehingga kulit pun terlindungi dari sinar UV-A dan UV-B. Penggunaan harian sudah cukup dengan day cream ber-SPF 15 ke atas. Jika lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, gunakanlah krim dengan SPF lebih tinggi agar efektivitas penghalau matahari semakin tinggi, serta waktu kerjanya lebih lama.

Untuk Kulit Kering, Carilah Krim Pemutih yang Memberikan Efek Melembapkan

Anda yang mengalami permasalahan kulit kering, pikirkan untuk memilih krim wajah yang dibekali agen pelembap. Lazimnya, produsen mengandalkan bahan-bahan pelembap seperti hyaluronic acid, glycerin, elastin, ceramide, dan kolagen untuk menahan kadar air di dalam kulit.

Walau dikategorikan sebagai bahan pelembap, beberapa komponen dibedakan berdasarkan lokasi kerjanya. Misalnya saja, hyaluronic acid, elastin, dan kolagen bekerja pada dermis (lapisan di bawah paling luar kulit atau epidermis). Kemudian, bahan seperti ceramide, cholesterol stearate, dan natural moisturizing factors (NMF), beroperasi aktif pada bagian terluar kulit atau epidermis.

Kulit lembap mendukung proses pencerahan lebih optimal. Maka dari itu, carilah keseimbangan kandungan antara bahan-bahan pelembap yang bekerja pada dua bagian kulit tadi, yakni epidermis dan dermis. Di samping melembapkan, bahan-bahan seperti hyaluroniac acid, ceramide, kolagen, dan lainnya efektif melawan tanda penuaan.

Upayakan Memilih Produk dengan Zat Aditif Sedikit Mungkin

Penting memastikan ada tidaknya zat aditif pada setiap produk kosmetik, tak terkecuali krim pemutih wajah. Zat aditif dalam jumlah sedikit masih bisa ditoleransi, namun Anda yang berkulit sensitif tetap perlu mewaspadai keberadaannya. Bila memungkinkan, carilah krim wajah dengan zat aditif seminimal mungkin.

Zat-zat yang mencakup aditif antara lain paraben, surfaktan, parfum, phenoxyethanol, dan sebagainya. Jumlah sedikit zat aditif tidak memberikan efek buruk pada kulit, namun tidak berlaku untuk semua orang. Bila Anda mencari produk yang minim unsur tambahan, pastikan produk tersebut baru diproduksi alias masa kedaluwarsanya masih panjang.

10 Rekomendasi Krim Pemutih Wajah Terbaik

Di Indonesia sendiri tersedia banyak sekali pilihan krim untuk memutihkan wajah yang bagus dan sudah dibuktikan banyak orang. Produk-produk yang kerap menjadi incaran baik wanita maupun pria itu ada yang merek lokal dan internasional. Jika Anda menginginkan krim pemutih wajah terbaik, Anda bisa melihat pilihan produk dari kami di bawah ini. Beberapa ada yang aman untuk ibu hamil dan mempunyai bahan aktif untuk memberi efek anti aging, lho!

1. Wardah White Secret Day Cream SPF 35 PA+++

Bertutup super rapat untuk cegah krim tumpah keluar

Wardah adalah brand skincare lokal yang begitu terkenal. Salah satu krim yang bisa memutihkan kulit wajah dari Wardah adalah White Secret Day Cream SPF 35 PA+++. Dibalut dalam kemasan jar berwarna bening seperti kaca, whitening cream ini memudahkan Anda melihat jumlah dan teksturnya. Selain terkesan mewah dan eksklusif, krim pemutih wajah ini disertai tutup yang mampu mencegah krim meleber atau tumpah kemana-mana.

Wardah White Secret Day Cream diklaim bukan hanya memberikan efek cerah maksimal, melainkan mampu menjaga kelembapan kulit wajah Anda. Diperkaya dengan kandungan SPF 35 dan PA+++, Anda tak perlu khawatir efek buruk sinar UVA dan UVB. Selain itu, Wardah menerapkan Crystal White Active yang menjadikan produk ini memaksimalkan proses pencerahan kulit serta mempertahankan hasilnya lebih tahan lama.

Jenis Day cream
Kandungan pemutih Niacinamide
Tingkat SPF/PA ✔ | SPF 35/PA+++
Kandungan pelembap ✔ | Butylene glycol, glycerin, propylene glycol
Tekstur Cream, cukup rich
Ukuran 30 g
Kisaran harga Rp105.000

2. Garnier Sakura White Pinkish Radiance Whitening Cream

Menjanjikan perubahan menakjubkan dalam 4 minggu pemakaian

Garnier menawarkan krim pemutih wajah yang dapat dipakai sebagai day cream dan night cream. Dibuat dari ekstrak bunga sakura yang dipetik langsung dari Jepang, produk yang cocok untuk remaja ini memberikan hasil pemakaian berupa kulit lebih putih dan cerah merona hanya dalam 4 minggu. Bahkan, Garnier berani menjamin uang kembali apabila dalam waktu tersebut tidak tampak hasilnya.

Kandungan ekstrak bunga sakura yang dipadukan dengan whitening vitamin, yaitu vitamin B3 dan vitamin C, menjadikan krim ini tak hanya mencerahkan warna kulit, namun sekaligus menutrisi wajah. Apabila Anda punya masalah dengan flek hitam atau noda dosa lain, Garnier Sakura White Pinkish Radiance Whitening Cream mampu mengusirnya. Kulit wajah halus dan berpori kecil juga bisa diperoleh dengan pemakaian krim pemutih merek Garnier ini.

Jenis Day cream dan night cream
Kandungan pemutih Niacinamide, ascorbyl glucoside
Tingkat SPF/PA ✔ | SPF 21/PA+++
Kandungan pelembap ✔ | Glycerin, propylene glycol, tocopherol (vitamin E)
Tekstur Ringan, mudah meresap
Ukuran 50 ml
Kisaran harga Rp80.000

3. Innisfree Whitening Pore Sleeping Pack

Mencerahkan kulit dengan meregenerasi sel baru di malam hari

Innisfree Whitening Pore Sleeping Pack adalah krim pemutih wajah yang tepat untuk Anda gunakan sebagai penunjang proses pencerah wajah di malam hari saat tidur. Pada keesokan harinya, saat dibersihkan, Anda akan melihat langsung perubahan signifikan pada tingkat kecerahan kulit wajah.

Krim dengan fungsi mencerahkan dari Innisfree ini tak sekadar membuat wajah terlihat cerah bercahaya, tetapi juga meratakan warna kulit dan menyamarkan noda hitam yang mengganggu penampilan. Salah satu kandungannya yaitu ekstrak buah tangerine dari Pulau Jeju menawarkan hasil kulit halus dan lembut bagaikan putri raja.

Jenis Night cream
Kandungan pemutih Arbutin
Tingkat SPF/PA
Kandungan pelembap ✔ | Butylene glycol, glycerin
Tekstur Creamy gel, sedikit thick, mudah meresap
Ukuran 100 ml
Kisaran harga Rp195.000

4. Olay White Radiance Intensive Whitening Cream

Atasi kulit kusam akibat bintik gelap dengan bantuan vitamin B3

Setali tiga uang dengan Garnier, Olay juga mengeluarkan cream pemutih wajah dengan SPF. Diciptakan dalam tekstur losion yang ringan, Anda akan lebih mudah saat mengaplikasikannya ke seluruh permukaan kulit wajah. Krim pemutih wajah ber-SPF 24 ini dapat digunakan untuk pemilik tipe kulit berminyak. Pasalnya, Olay White Radiance Intensive Whitening Cream bebas formula minyak.

Di dalamnya terdapat vitamin B3 dengan konsentrasi tinggi yang efektif menyamarkan bintik hitam, sehingga berdampak pada kulit terlihat lebih cerah. Lewat kandungan SPF 24-nya, produk ini sanggup menjadikan kulit kusam akibat sinar matahari cerah kembali. Selain mudah digunakan, Olay Whitening Radiance Intensive Whitening Cream juga mempunyai formula ringan sehingga ideal digunakan sebagai night cream.

Jenis Day cream
Kandungan pemutih Niacinamide, morus alba root extract
Tingkat SPF/PA ✔ | SPF 24
Kandungan pelembap ✔ | Panthenol, glycerin, butylene glycol, propylene glycol
Tekstur Rich
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp112.000

5. L’Oreal Paris White Perfect Laser Day Cream

Krim untuk memutihkan sekaligus menghaluskan kulit wajah

Dikemas dalam bentuk botol berwarna biru yang membuat tampilannya terlihat mewah, berkelas, dan terkesan mahal, krim pemutih wajah ini dapat Anda gunakan pada pagi dan siang hari sebelum mengaplikasikan pelembap wajah. L’oreal Paris mengklaim krim pemutih wajah ciptaannya ini mampu memberikan efek hidrasi bagi kulit yang kering.

Belum usai di situ, krim pemutih wajah ini sanggup pula membuat kulit terlihat bersinar dan bertekstur halus. Apabila dipakai dalam jangka panjang, performa yang terus-menerus bekerja pada kulit akan memudarkan bintik-bintik hitam di wajah. Tekstur kulit lembut dengan warna merata juga bisa Anda peroleh hanya dengan rutin mengaplikasikan L’oreal Paris White Perfect Laser Day Cream.

Jenis Day cream
Kandungan pemutih Niacinamide
Tingkat SPF/PA ✔ | SPF 19/PA+++
Kandungan pelembap ✔ | Glycerin, propylene glycol
Tekstur Tidak ada keterangan
Ukuran 50 ml
Kisaran harga Rp155.000

6. Pond’s Flawless White Visible Lightening Day Cream

Peroleh kulit wajah bebas kusam cukup dengan 7 hari penggunaan

Produk krim pencerah wajah dari Pond’s ini teruji klinis memberikan hasil sesuai dengan klaim pada kemasannya. Dari hasil pengujian tersebut, dapat dilihat bahwa Pond’s Flawless White Visible Lightening Day Cream ini mampu menyamarkan noda hitam dan membuat wajah lebih bercahaya hanya dalam satu minggu pemakaian. Dijual dengan harga murah, tentu Anda bisa menghemat pengeluaran apabila tertarik membeli produk ini.

Pond’s menyertakan bahan khusus seperti rose lumiere serum yang dihasilkan dari ekstrak kelopak bunga mawar alphine untuk membantu menyamarkan kulit kusam dari dalam. Selain itu, ekstrak bunga mawar alphine akan menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Pakailah secara rutin Pond’s Flawless White sebagai krim pemutih wajah permanen harian, Anda akan merasakan perubahan ajaib pada kulit wajah Anda.

Jenis Day cream
Kandungan pemutih Niacinamide, sodium ascorbyl phosphate
Tingkat SPF/PA ✔ | SPF 18/PA++
Kandungan pelembap ✔ | Glycerin
Tekstur Padat, cepat meresap
Ukuran 10 g
Kisaran harga Rp20.800

7. SK-II Whitening Source Derm-Brightener

Investasi terbaik untuk Anda yang ingin kulit senantiasa glowing

SK-II terkenal dengan produk-produk perawatan kulit eksklusifnya. Meskipun mahal, produk-produk cetusan SK-II selalu laris di pasaran. Salah satu krim yang dapat mencerahkan kulit wajah dari SK-II adalah Whitening Source Derm-Brightener. Produk ini sangat cocok dipakai oleh Anda yang punya tipe kulit berminyak dan kombinasi. Meskipun tidak mengandung minyak, produk ini tetap mampu memperlihatkan efek glowing hanya pada satu kali pengaplikasian.

SK-II Whitening Source Derm-Brightener diperkaya pula dengan efek smoothing yang akan meningkatkan tekstur halus pada kulit wajah. Jika Anda memiliki bekas jerawat yang sulit dihilangkan, krim pencerah dari SK-II ini efektif dalam memudarkan bekas jerawat tersebut. Untuk memperoleh hasil yang benar-benar maksimal, setidaknya Anda gunakan produk ini secara rutin hingga 4-6 bulan.

Jenis Day cream dan night cream
Kandungan pemutih Niacinamide, panthenol
Tingkat SPF/PA
Kandungan pelembap ✔ | Glycerin, allantoin
Tekstur Dry
Ukuran 75 g
Kisaran harga Rp1.150.000

8. Laneige White Plus Renew Original Cream

Gampang diratakan ke seluruh kulit wajah berkat teksturnya yang lembut

Laneige banyak menghadirkan krim pemutih wajah dengan spesifikasinya masing-masing. Kami sarankan Anda mencoba krim pencerah seri White Plus Renew yang sudah dibuktikan banyak perempuan dunia memberikan hasil kulit wajah cerah sekaligus lembap. Whitening cream persembahan Laneige ini aman digunakan tanpa memberikan efek timbulnya bruntusan atau jerawat di wajah.

Laneige White Plus Renew Original Cream mempunyai tekstur lembut dan tidak berat saat dibaurkan ke permukaan wajah. Aroma yang tidak menyengat dari produk ini juga menambah kenyamanan saat menerapkannya. Meskipun mahal, Laneige menjamin produk ini tidak cepat habis. Anda hanya perlu gunakan sedikit di wajah, hasil yang dijanjikannya pun terlihat dengan cepat.

Jenis Day cream dan night cream
Kandungan pemutih Niacinamide, ascorbyl glucosade
Tingkat SPF/PA
Kandungan pelembap ✔ | Butylene glycol, glycerin
Tekstur Creamy lembut, tidak lengket
Ukuran 50 ml
Kisaran harga Rp530.000

9. Secret Key Snow White Cream

Bentuk kemasan yang memperhatikan betul kebersihan krimnya

Dikemas dalam jar dominan putih, mulai bagian badan hingga tutupnya, hal tersebut dianggap sebagai tengara nama produk ini. Terdapatnya tutup plastik pemisah dan spatula ikut memberikan nilai lebih. Klaimnya yang mampu meningkatkan kecerahan warna kulit dalam waktu singkat ini diperoleh lewat kandungan niacinamide di dalamnya.

Secret Key Snow White Cream memiliki aroma lembut seperti wangi bedak bayi. Tekstur krim pemutih wajah ini sedikit pekat seperti tabir surya, namun tetap mudah untuk di-blend ke seluruh permukaan wajah. Kulit yang putih dan cerah bukan hanya bertahan seminggu dua minggu, namun permanen jika digunakan secara rutin.

Jenis Day cream dan night cream
Kandungan pemutih Niacinamide
Kandungan pelembap ✔ | Propylene glycol
Tingkat SPF/PA
Tekstur Sedikit pekat, mudah meresap
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp124.000

10. COSRX Advanced Snail Cream 92 All In One Cream

Perawatan menyeluruh untuk wajah lembap, cerah, dan bertekstur halus

COSRX Advanced Snail Cream 92 All In One Cream merupakan krim andalan banyak orang dengan ragam fungsi. Mengandalkan lendir siput sebagai komponen utamanya, produk ini berguna optimal mengatasi kulit wajah kasar dan dihinggapi banyak bekas jerawat. Warna krimnya berwarna putih dengan tekstur gel creamy agak thick, namun mudah diratakan.

Selain berperan meratakan tekstur wajah dan memperbaiki tanda-tanda bekas jerawat, krim wajah ini meninggalkan kelembapan lama pada kulit, sehingga kecerahannya pun meningkat perlahan-lahan. Produk ini mengeluarkan aroma cenderung ringan, membuat Anda yang sensitif terhadap bebauan masih bisa menggunakannya.

Jenis Day cream dan night cream
Kandungan pemutih
Kandungan pelembap ✔ | Panthenol, sodium hyaluronate
Tingkat SPF/PA
Tekstur Sedikit thick, ringan dan mudah meresap
Ukuran 100 g
Kisaran harga Rp240.000

Kesimpulan

Ketika memilih krim pemutih wajah terbaik, pastikan produk yang Anda pilih tidak mengandung bahan-bahan berbahaya yang tergolong ilegal atau tidak aman. Pasalnya, produk dengan zat berbahaya seperti merkuri bisa membawa dampak negatif pada kulit wajah.

Di sisi lain, penting juga untuk memeriksakan kredibilitas produsen atau brand setiap produk. Setidaknya, Anda utamakan produk pencerah wajah yang sudah tercatat di BPOM karena sudah dijamin teruji secara klinis. Bila produk impor, cermati pula izin edar dari lembaga terkait, misalnya FDA atau semacamnya.

(Visited 486.978 times, 1.170 visits today)