Kosmetik & Kesehatan

10 Krim Pemutih Wajah Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Wajah kusam merupakan persoalan bagi kebanyakan orang. Tak heran, banyak ditemukan produk untuk membantu mencerahkan wajah. Dari berbagai pilihan, krim pemutih wajah adalah salah satu yang banyak diminati. Dalam membantu upaya mencerahkan wajah, Anda harus memilih produk yang tepat.

Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai pilihan produk krim pemutih wajah terbaik. Saat ini di pasaran telah tersedia beberapa produk krim pemutih wajah dari Laneige, L’Oreal Paris, Avoskin, Olay, dan brand lainnya. Sebelum menentukan pilihan Anda, silakan simak ulasan PickyBest berikut ini ya!

Berkolaborasi dengan dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DV

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Annisa Anjani Ramadhan adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin yang ikut berkontribusi dalam penyusunan artikel ini. Kami berkolaborasi dengan dr. Annisa untuk menjamin keakuratan poin-poin pada section Cara Memilih di artikel ini.

dr. Annisa banyak menambahkan informasi berguna, dari mulai penjelasan terkait melanin dan mekanisme terbentuknya, kandungan aman dan berbahaya pada krim pemutih wajah, hingga saran yang bisa Anda ikuti dalam upaya mendapatkan kulit cerah.

Cara Memilih Krim Pemutih Wajah

Saking banyaknya pilihan, sebagian dari Anda mungkin bingung dalam menentukan. Oleh karena itu, berikut kami jelaskan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari kandungan, tingkat proteksi, dan ada tidaknya bahan pendukung, semua wajib Anda periksa.

Cermati Keberadaan Kandungan untuk Memutihkan dan Mencerahkan Kulit

Untuk mewujudkan klaim yang ditawarkan, krim pemutih wajah terbaik mengandung bahan-bahan pencerah yang bekerja sesuai karakteristiknya masing-masing. Ini dia beberapa kandungan pemutih yang biasa tercantum pada whitening cream.

Vitamin B3 (Niacinamide): Menghambat Produksi Melanin untuk Membuat Warna Kulit Tampak Cemerlang

blank

Sengatan matahari langsung menyebabkan tubuh memproduksi melanin sebagai bentuk perlindungan. Hanya saja, pigmentasi berlebihan membuat warna kulit gelap. Untuk Anda yang mempunyai kulit gelap dan kusam akibat hiperpigmentasi, pilihlah krim pemutih wajah terbaik dengan kandungan vitamin B3 atau niacinamide.

Vitamin B3 lazim disematkan dalam produk pencerah kulit. Vitamin B3 bertindak sebagai antiinflamasi yang juga baik untuk membantu pengurangan jerawat. Dalam rangka mencerahkan wajah, niacinamide akan mengurangi pembentukan melanin, kulit pun tampak merata dan cemerlang.

Pajanan sinar UV mengaktivasi produksi zat warna kulit (melanin) melalui berbagai mekanisme kimiawi, melibatkan enzim dan faktor-faktor penting dalam pembentukan dan distribusi melanin ke epidermis. Faktor lama pajanan sinar UV, intensitas sinar UV, dan faktor genetik atau ras juga menentukan aktivitas dan karakter melanin yang terbentuk sebagai respons pajanan sinar UV.

Penggunaan niacinamide secara topikal (oles) diketahui dapat memperbaiki sawar kulit melalui peningkatan pembentukan seramid, menjaga kelembapan kulit, dan mempercepat regenerasi sel kulit yang bermanfaat sebagai anti-aging.

Selain pemakaian skincare, vitamin B3 (niacinamide) juga dapat diperoleh dari asupan diet berupa daging merah, ikan, susu sapi, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan gandum. Produk multivitamin yang tersedia saat ini juga biasanya telah menambahkan vitamin B3 ke dalam komponen vitamin B kompleks yang dapat dijadikan suplemen sehari-hari.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Vitamin C: Mencegah Pembentukan Bercak Hitam dan Cokelat pada Kulit

blank

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan, alias bekerja menyingkirkan oksigen aktif dan menangkal penuaan dini. Bintik-bintik hitam dan kecokelatan pada wajah dapat dikurangi oleh vitamin C. Zat ini akan menurunkan jumlah melanin serta mencegah tindakan enzim tirosinase.

Agar bekerja optimal dalam memutihkan kulit, vitamin C harus masuk ke lapisan bawah epitelium . Pastikan vitamin C yang terkandung berkonsentrasi tinggi dan berbentuk stabil dengan pH menengah agar tidak mengiritasi kulit.

Vitamin C memiliki 2 potensi, yaitu sebagai anti-reactive oxygen species dan pencerah (antipigmentasi).

Sebagai ROS (reactive oxygen species) scavenger, vitamin C mencegah kerusakan sel kulit lebih luas akibat zat radikal bebas. Hal ini bermanfaat dalam terapi anti-aging, di mana dibutuhkan agen pencegah kematian sel kulit yang memang akan semakin banyak terjadi seiring bertambahnya usia.

Terkait anti-aging, vitamin C juga memiliki kemampuan menstimulasi pembentukan kolagen, fotoproteksi (anti-UV), dan meningkatkan imun kulit.

Vitamin C juga mencegah pigmentasi dengan cara menghalangi enzim tirosinase yang dapat menstimulasi pembentukan melanin. Selain itu melanin yang telah terlanjur diproduksi juga dapat didegradasi oleh vitamin C, sebab melanin merupakan tempat berkumpulnya ROS yang menjadi target kerja vitamin C sebagai ROS scavenger.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Hydroquinone: Agen Pencerah sebagai Terapi Hiperpigmentasi

blank

Hydroquinone adalah bahan pencerah kulit yang digunakan secara topikal/oles sebagai terapi hiperpigmentasi. Bahan ini bekerja menghalangi enzim tirosinase menstimulasi pembentukan melanin secara reversibel serta merusak sel pembentuk melanin secara selektif, mengatasi perubahan warna kulit akibat penuaan, serta mengurangi bekas kehitaman striae rubra .

Hydroquinone bekerja dengan cara menghalangi pembentukan melanin dan mendegradasi melanin yang telah terbentuk. Hydroquinone merupakan terapi utama untuk berbagai kelainan hiperpigmentasi, terutama yang kelainannya berada di lapisan kulit bagian atas.

Efek samping hydroquinone yang dilaporkan adalah iritasi kulit, okronosis (bercak kehitaman persisten), milia, pigmentasi kuku dan sklera, katarak, pigmented colloid millia, berkurangnya elastisitas kulit, dan penyembuhan luka yang lambat

Hydroquinone 2-5% digunakan 2x sehari selama maksimal 3 bulan. Biasanya dokter akan mengevaluasi tiap 2 minggu untuk melihat kemungkinan munculnya efek samping dan keberhasilan terapi. Bila setelah penggunaan 3 bulan tidak didapatkan perbaikan hiperpigmentasi, hydroquinone harus dihentikan terlebih dahulu.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Arbutin: Turunan Hydroquinone yang Efektif Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit

blank

Kulit yang putih bercahaya bisa diraih dengan rutin menggunakan krim berkandungan arbutin. Bahan turunan hydroquinone ini sangat efektif mengatasi hiperpigmentasi kulit dalam bentuk topikal. Pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi, arbutin berperan baik mengatasi bercak hitam dan kulit kusam.

Arbutin ditemukan pada dedaunan kering pada beberapa spesies tanaman berbeda, contohnya blueberry, cranberry, bearberry, dan pohon pir. Meski efektif menghambat pembentukan melanin yang memicu penggelapan, kandungan arbutin pada krim pemutih wajah terbaik juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Arbutin merupakan salah satu bahan pencerah kulit pilihan yang merupakan turunan hydroquinone. Meskipun turunan hydroquinone, arbutin dikatakan lebih nontoksik daripada hydroquinone sehingga diduga efek samping yang ditimbulkan tidak sebanyak hydroquinone.

Akan tetapi, efektivitas arbutin dalam mengatasi hiperpigmentasi masih dipertanyakan sebab masih sedikit penelitian yang menguji perbandingan arbutin dengan bahan pencerah lainnya. Jenis lain yaitu deoxyarbutin telah diteliti dan terbukti efektif mencerahkan kulit secara lebih tahan lama dan lebih aman daripada hydroquinone.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Kojic Acid: Mencegah Pembentukan Melanin tanpa Merusak Sel Penghasil Melanin

blank

Kojic acid telah populer sejak 1989 sebagai komponen perawatan kulit. Bahan ini sama seperti whitening agent lain yang beroperasi memengaruhi pembentukan pigmen kulit dengan intensitas kerja lebih ringan. Kojic acid akan menekan pembentukan tirosin, yakni asam amino yang diperlukan untuk memproduksi melanin.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kojic acid secara efektif menekan pembentukan melanin tanpa merusak sel penghasil melanin. Sehingga, apabila penggunaan kojic acid dihentikan, produksi melanin akan kembali terjadi.

Kojic acid adalah suatu zat yang secara natural merupakan hasil metabolisme berbagai jenis jamur. Terdapat 12 kelompok famili jamur yang merupakan penghasil kojic acid, termasuk Aspergillus wentii, spesies jamur yang digunakan dalam pembuatan tauco dan kecap.

Kegunaan kojic acid yang telah dilaporkan adalah memudarkan kerusakan kulit akibat sinar matahari, efek anti-aging, antimikrob, antijamur, dan anti-acne.

Sementara itu, kekurangan yang dilaporkan adalah dapat mengakibatkan dermatitis kontak pada kulit sensitif, penggunaan jangka panjang menyebabkan kulit rentan terhadap sunburn, penggunaan pada luka terbuka berpotensi menyebabkan kanker.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Hindari Bahan-bahan yang Berisiko Negatif bagi Kulit

blank

Tak dimungkiri adanya bahan-bahan yang berbahaya pada krim pemutih kulit. Oleh karena itu, waspadalah agar tidak salah memilih produk. Telitilah setiap kandungan yang tertera pada label kemasan produk. Bila terdapat bahan seperti petroleum jelly dan vitamin E misalnya, komponen-komponen tersebut telah dibuktikan aman.

Adapun bahan-bahan berbahaya yang dimaksud, misalnya merkuri. Kandungan merkuri pada krim pemutih wajah terbaik pun tak jarang dituliskan dengan nama lain, misalnya calomel, chloride, mercuric, dan mercurio. Hydroquinone pun membawa efek negatif bila penggunaannya tidak sesuai anjuran dokter.

Hydroquinone pada produk biasanya dicatutkan dengan nama lain seperti arctuvin, benzohydroquinone, p-Hydroxyphenol, p-Hydroquinone, 1,4-Benzenediol, p-Benzenediol, bezoquinol, 1,4-dihydroxybenzol, benzene, aida, dan tequinol. Pada takaran tinggi, hydroquinone berubah kecokelatan saat terpapar udara luar atau matahari, sedangkan merkuri menjadi keabuan gelap atau hijau.

Merkuri adalah suatu zat logam berat yang dahulu sering digunakan sebagai campuran kosmetik sebagai pengawet dan bahan pemutih kulit. Saat ini, penggunaan merkuri dalam skincare tidak lagi diperbolehkan secara berlebihan. FDA hanya membolehkan jumlah merkuri di dalam suatu skincare di bawah 1 ppm. Padahal, untuk mendapatkan efek pemutih, dibutuhkan lebih dari 1.000 ppm merkuri.

Karena efek pemutih yang kuat, kulit menjadi kehilangan melanin sebagai pelindung alami dari pajanan sinar UV, sehingga bila digunakan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Selain itu penggunaan merkuri dalam skincare terbukti menyebabkan gangguan ginjal, syaraf, nyeri kepala, perut, tungkai dan punggung yang bersifat berat dan tidak mudah diobati dengan obat anti nyeri.

Insomnia, kecemasan, depresi, gangguan tidur, dan tremor adalah beberapa efek samping yang dilaporkan ditemukan pada pengguna skincare yang mengandung merkuri dalam jumlah banyak

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Untuk Day Cream, Pilih yang Dilengkapi SPF agar Kulit Terlindungi

blank

Krim pemutih wajah terbaik dibedakan menjadi dua macam berdasarkan waktu penggunaan, yaitu krim pagi (day cream) dan krim malam (night cream). Bila Anda menginginkan krim pagi dengan fungsi whitening, utamakanlah produk dengan zat penangkal matahari, misalnya SPF (Sun Protection Factor).

SPF merupakan parameter kekuatan suatu produk sunscreen dapat melindungi kulit selama beberapa waktu tertentu.

Nilai SPF optimal sebetulnya disesuaikan dengan aktivitas, intensitas cahaya matahari, dan letak geografis di mana pengguna berada. Secara umum, SPF 30 adalah besaran minimal yang dianggap dapat melindungi secara optimal bila digunakan 30 menit sebelum terpajan matahari dan reaplikasi setiap 2 jam.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Untuk Kulit Kering, Carilah Krim Pemutih yang Memberikan Efek Melembapkan

blank

Anda yang mengalami permasalahan kulit kering, pikirkan untuk memilih krim wajah yang dibekali agen pelembap. Lazimnya, produsen mengandalkan bahan-bahan pelembap seperti hyaluronic acid, glycerin, elastin, ceramide, dan kolagen untuk menahan kadar air di dalam kulit.

Walau dikategorikan sebagai bahan pelembap, beberapa komponen dibedakan berdasarkan lokasi kerjanya. Misalnya saja, hyaluronic acid pada epidermis yang mempertahankan kadar air di dalam kulit. Lalu elastin dan kolagen pada dermis sebagai penyokong struktur kulit agar kokoh, tidak berkeriput, dan elastis.

Untuk mempertahankan struktur dan keberlangsungan hidup sel kulit yang baik, kandungan air di dalam sel kulit harus terjamin. Hal ini dilakukan dengan menjaga asupan cairan dari pola diet dan bantuan skincare yang tepat sesuai jenis dan kondisi kulit

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Upayakan Memilih Produk dengan Zat Aditif Sedikit Mungkin

blank

Penting memastikan ada tidaknya zat aditif pada setiap produk kosmetik, tak terkecuali krim pemutih wajah. Zat aditif dalam jumlah sedikit masih bisa ditoleransi, namun Anda yang berkulit sensitif tetap perlu mewaspadai keberadaannya. Bila memungkinkan, carilah krim wajah dengan zat aditif seminimal mungkin.

Zat-zat yang mencakup aditif antara lain paraben, surfaktan, parfum, phenoxyethanol, dan sebagainya. Setiap zat aditif memiliki peran dan efek samping tertentu. Simak penjelasan dr. Annisa berikut untuk memahaminya lebih lanjut.

Zat aditif adalah zat tambahan yang merupakan komponen sampingan dari komposisi utama suatu produk skin care. Zat aditif dapat merupakan pewangi, pengawet, pewarna, bahan dekoratif lainnya seperti glitter, pearls, dan shimmer.

Beberapa zat seperti surfaktan atau paraben memang perlu digunakan dalam jumlah sedikit untuk mengoptimalkan suatu produk skin care. Penggunaan skin care secara bijak tidak berlebihan, rendah risiko menyebabkan efek buruk pada kulit.

Sementara itu, beberapa bahan aditif seperti parfum atau pewarna seperti paraphenylenediamine dalam jumlah sedikit saja, apabila berkontak dengan kulit seseorang yang memiliki bakat alergi, akan menyebabkan reaksi yang berbahaya. Atau, bila berkontak dengan kulit sensitif dapat menyebabkan iritasi.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan

10 Rekomendasi Krim Pemutih Wajah Terbaik

Berikut, kami tampilkan pilihan krim pemutih wajah terbaik dari berbagai merek.

Sepuluh produk rekomendasi berikut murni pilihan PickyBest, bukan dr. Annisa Anjani Ramadhan.

1. Laneige Radian-C Cream

blank

Sumber: Laneige.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberikan efek cerah dalam waktu dua minggu

Dilengkapi dengan vitamin, Laneige mengklaim produknya mampu membuat kulit bercahaya dan cerah dalam dua minggu. Krim pemutih wajah terbaik ini mudah meresap dan mampu memberikan kelembapan pada kulit. Kandungan vitamin C dan E-nya memberikan efek antioksidan sehingga dapat mengatasi kulit yang kusam. Aromanya pun segar sehingga nyaman untuk digunakan.

Jika dipakai secara teratur, skin tone akan meningkat dan noda di wajah akan berkurang. Ketika menggunakannya, Anda tidak perlu khawatir terhadap iritasi kulit. Sebab, produk ini mengandung madecassoside yang efektif untuk menenangkan kulit, mengatasi alergi, dan sudah teruji memiliki sifat non-comedogenic.

Tipe Day cream
Kandungan pencerah 8.5% vitamin C (ethyl ascorbyl ether), melasolv, vitamin E
Tingkat SPF dan PA Tidak ada keterangan
Tektur Pekat dan sedikit thick
Fungsi tambahan Menjaga kesehatan kulit, melindungi kulit dari paparan infrared light, UV light & blue light, menjaga kulit tetap lembut, lembab, dan halus
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp593.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. L’Oreal Paris Aura Perfect Clinical Day Cream

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Samarkan bekas jerawat dan flek hitam setelah pemakaian rutin

Anda memiliki bekas jerawat di wajah? Anda bisa menggunakan produk ini secara rutin agar bekas jerawat pudar dan kulit wajah lebih cerah. Bahkan, produk ini cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Sebab, teksturnya tidak berminyak dan mudah meresap ke kulit.

Karena mengandung pro-vanish 3, krim pemutih wajah terbaik ini bisa mencegah kulit menjadi gelap. Pasalnya, pro-vanish 3 efektif untuk menghambat proses produksi melanin pada kulit. Selain itu, kandungan SPF-nya bisa melindungi kulit agar terhindar dari efek buruk dari sinar ultraviolet.

Di samping itu, flek hitam bisa disamarkan setelah delapan minggu pemakaian dan kulit terlihat lebih segar sejak pemakaian pertama. Aplikasikan krim ini pada wajah dan leher setiap pagi.

Tipe Day cream
Kandungan pencerah Pro-vanish 3, niacinamide, titanium dioxide
Tingkat SPF dan PA SPF 19 dan PA+++
Tektur Cream, mudah menyerap
Fungsi tambahan Menyamarkan noda hitam, melindungi kulit dari sinar UV, merawat keremajaan kulit
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp220.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Avoskin Ultra Brightening Cream

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Terasa ringan, nyaman, dan tidak lengket di kulit

Dapatkan kulit cerah alami dengan menggunakan Avoskin Ultra Brightening Cream. Produk Avoskin ini mengandung ekstrak chamomile, actosome retinol, dan alpha arbutin yang efektif untuk memudarkan flek hitam, mengatasi kulit kusam, dan menjaga kelembapan kulit. Sehingga, produk ini dapat menghambat munculnya tanda-tanda penuaan kulit.

Krim pemutih wajah terbaik ini tidak hanya menghaluskan kulit saja namun juga menyamarkan bekas jerawat dan membantu menyembuhkan jerawat. Walaupun teksturnya tampak heavy dan rich, namun saat diaplikasikan ke kulit terasa sangat ringan dan nyaman. Bahkan, formulanya tidak meninggalkan sensasi lengket sama sekali.

Tipe Night cream
Kandungan pencerah 3% alpha arbutin, 0.5% actosome retinol, chamomile extract
Tingkat SPF dan PA Tidak ada keterangan
Tektur Creamy rich, ringan dan mudah meresap
Fungsi tambahan Menjaga kelembapan kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini, mengurangi komedo dan jerawat
Ukuran 10 g
Kisaran harga Rp169.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Olay White Radiance Luminous Light Perfecting Day Cream

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Solusi tepat untuk cegah penuaan kulit

Apakah Anda sering terpapar sinar matahari karena melakukan aktivitas outdoor? Skincare pencerah dari Olay ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit. Kandungan SPF 15 di dalamnya bisa memberikan perlindungan terhadap kulit dari sinar ultraviolet. Dengan kata lain, produk ini bisa mencegah terjadinya penggelapan kulit.

Krim pemutih wajah terbaik ini juga bisa mengatasi tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis halus dan kerutan. Selain itu, skincare ini bisa mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus. Kulit juga menjadi kencang dan kenyal karena produk ini bisa meningkatkan hidrasi pada kulit. Gunakan produk ini setiap pagi dan sore hari untuk hasil yang optimal.

Tipe Day cream
Kandungan pencerah Niacinamide (vitamin B3), sepitonik, sepiwhite, silitol
Tingkat SPF dan PA SPF 24 dan PA++
Tektur Rich
Fungsi tambahan Menghidrasi kulit, mengurangi garis dan kerutan di wajah
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp149.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. L’Oreal Paris Aura Perfect Melanin Vanish Night Cream

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Terjamin keamanannya karena sudah tercatat di BPOM

Miliki noda hitam di wajah? Segera atasi dengan Aura Perfect Night Cream dari L’Oreal Paris. Selain bisa mencerahkan kulit, krim ini dapat memudarkan noda hitam bila dipakai secara teratur.

Krim dengan tekstur yang ringan ini bisa melindungi kulit dari efek buruk akibat radikal bekas. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan vitamin E-nya. Pakailah produk ini setiap malam pada wajah dan leher. Tidak perlu ragu untuk menggunakannya karena krim pemutih wajah terbaik ini telah terdaftar di BPOM.

Tipe Night cream
Kandungan pencerah Melanin-vanish, tourmaline gemston, vitamin E
Tingkat SPF dan PA Tidak ada keterangan
Tektur Cream, ringan
Fungsi tambahan Melindungi kulit dari bahaya radikal bebas
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp185.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Tull Jye Night Cream

blank

Sumber: Tulljye.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Wajah tampak bercahaya, lembap, dan cerah

Kojic acid telah terbukti mampu mencerahkan kulit. Tidak heran bila banyak produsen kosmetik menggunakannya dalam produk mereka. Ternyata, formula ini juga ada di dalam Tull Jye Night Cream. Kandungan green tea yang terkandung di dalamnya dapat mencegah efek buruk dari radikal bebas dan kerusakan sel.

Krim pemutih wajah terbaik ini selain bisa mencerahkan kulit, juga bisa memberikan kelembapan pada kulit. Sehingga, krim ini menjadi solusi yang tepat untuk membuat wajah lebih bercahaya, tidak kering, dan warna kulit lebih rata.

Tipe Night cream
Kandungan pencerah Kojic acid, camelia sinensis oil (green tea)
Tingkat SPF dan PA Tidak ada keterangan
Tektur Cream, ringan
Fungsi tambahan Melembabkan kulit, menjaga kulit dari bahaya radikal bebas
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp205.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. ERHA Truwhite Niacinamide & Starfish Essence Brightening Night Cream

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kulit lebih cerah setelah satu minggu pemakaian

Salah satu daily skincare yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita adalah night cream dari ERHA. Krim pemutih wajah terbaik ini dirancang dengan formula dermatologi untuk membuat kulit lebih cerah, tidak kusam, lembap, dan elastis. Berdasarkan klaim dari ERHA, efek cerahnya bisa dirasakan setelah satu minggu pemakaian.

Bila digunakan secara konsisten, kulit Anda bisa terlindungi dari tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus. Produk ini cocok digunakan oleh pengguna yang sering terpapar sinar matahari. Sebab, kandungan allantoin-nya bisa menenangkan kulit dan mengatasi inflamasi yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Tipe Night cream
Kandungan pencerah Niacinamide, starfish essence
Tingkat SPF dan PA Tidak ada keterangan
Tektur Cream, mudah meresap
Fungsi tambahan Melembapkan wajah, menenangkan kulit, mengangkat sel kulit mati
Ukuran 30 g
Kisaran harga Rp181.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Laneige White Dew Sherbet Cream

blank

Sumber: Laneige.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Terbuat dari bahan-bahan alami yang aman bagi kulit

Agar kulit terlihat dewy dan cerah, tidak ada salahnya mencoba Laneige White Dew Sherbet Cream. Cream bertekstur lembut ini bisa membuat kulit lebih cerah dan lembap berkat ekstrak saururus chinensis yang terkandung di dalamnya. Bila kulit  menjadi kusam karena efek dari sinar matahari, produk ini bisa mengatasinya dengan menurunkan suhu kulit Anda.

Komposisinya berasal dari tumbuh-tumbuhan dan diseleksi secara hati-hati agar aman digunakan pada kulit. Setelah pemakaian selama empat minggu, kulit wajah akan terlihat lebih jernih dan sehat serta noda hitam tersamarkan. Pakailah krim pemutih wajah terbaik ini sebagai rangkaian skincare kulit setiap pagi dan malam hari.

Tipe Day cream
Kandungan pencerah Saururus chinensis extract
Tingkat SPF dan PA Tidak ada keterangan
Tektur Soft creamy
Fungsi tambahan Menenangkan kulit yang lelah akibat paparan sinar UV dan kulit yang sedang iritasi, menjaga kelembapan kulit
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp966.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Ella Skincare Premium Whitening Night Cream

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Night cream yang efektif mengatasi flek hitam

Ella Skincare telah mengeluarkan produk night cream yang bisa mencerahkan kulit sekaligus mengatasi flek hitam pada wajah. Tidak hanya menjadi cerah saja, kulit akan tampak lebih sehat dan lembap. Sesuai namanya, gunakan krim pemutih wajah terbaik ini pada malam hari secara merata pada wajah dan leher.

Setelah diaplikasikan ke kulit, formulanya akan meresap dengan mudah. Di pagi harinya, efek cerahnya akan langsung terlihat. Kualitasnya cukup terjamin karena telah terdaftar dan tersertifikasi di BPOM dan MUI.

Tipe Night cream
Kandungan pencerah Niacinamide, chromabright, licorice extract
Tingkat SPF dan PA Tidak ada keterangan
Tektur Soft cream, tidak lengket
Fungsi tambahan Membantu menjaga kesehatan dan kelembapan kulit
Ukuran 12.5 g
Kisaran harga Rp115.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. The Body Shop Drops Of Light Brightening Day Cream

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Ringan, soft, non-comedogenic, dan mudah meresap ke kulit.

Dilengkapi dengan red algae dan vitamin C, day cream ini mampu melembapkan kulit dan mengurangi bintik-bintik hitam di wajah. Setelah penggunaan yang rutin, warna kulit akan menjadi lebih rata.

Formulanya ringan, soft, tidak lengket dan berminyak, serta mudah meresap ke kulit. Krim pemutih wajah terbaik ini tidak memicu munculnya komedo dan memiliki wangi yang harum.

Tipe Day cream
Kandungan pencerah Red algae, vitamin C
Tingkat SPF dan PA Tidak ada keterangan
Tektur Cream, ringan
Fungsi tambahan Melembapkan wajah
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp479.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Krim Pemutih Wajah Terbaik

Produk Laneige Radian-C Cream L’Oreal Paris Aura Perfect Clinical Day Cream Avoskin Ultra Brightening Cream Olay White Radiance Luminuous Light   Perfecting Day Cream L’Oreal Paris Aura Perfect Melanin Vanish   Night Cream Tull Jye Night Cream ERHA Truwhite Niacinamide & Starfish   Essence Brightening Night Cream Laneige White Dew Sherbet Cream Ella Skincare Premium Whitening Night Cream The Body Shop Drops Of Light Brightening Day   Cream
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe Day cream Day cream Night cream Day cream Night cream Night cream Night cream Day cream Night cream Day cream
Kandungan pencerah 8.5% vitamin C (etil ascorbyl ether), melasolv, vitamin E Pro-vanish 3, niacinamide, titanium dioxide 3% alpha arbutin, 0.5% actosome retinol, chamomile extract Niacinamide (vitamin B3), sepitonik, sepiwhite, silitol Melanin-vanish, tourmaline gemston, vitamin E Kojic acid, camelia sinensis oil (green tea) Niacinamide, starfish essence Saururus chinensis extract Niacinamide, chromabright, licorice extract Red algae, vitamin C
Tingkat SPF dan PA Tidak ada keterangan SPF 19 dan PA+++ Tidak ada keterangan SPF 24 dan PA++ Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan
Tektur Pekat dan sedikit thick Cream, mudah menyerap Creamy rich, ringan dan mudah meresap Rich Cream, ringan Cream, ringan Cream, mudah meresap Soft creamy Soft cream, tidak lengket Cream, ringan
Fungsi tambahan Menjaga kesehatan kulit, melindungi kulit dari paparan nfrared light, UV   light & blue light, menjaga kulit tetap lembut, lembab, dan halus Menyamarkan noda hitam, melindungi kulit dari sinar UV, merawat   keremajaan kulit Menjaga kelembapan kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini, mengurangi   komedo dan jerawat Menghidrasi kulit, mengurangi garis dan kerutan di wajah Melindungi kulit dari bahaya radikal bebas Melembabkan kulit, menjaga kulit dari bahaya radikal bebas Melembapkan wajah, menenangkan kulit, mengangkat sel kulit mati Menenangkan kulit yang lelah akibat paparan sinar UV dan kulit yang   sedang iritasi, menjaga kelembapan kulit Membantu menjaga kesehatan dan kelembapan kulit Melembapkan wajah
Ukuran 30 mL 50 mL 10 g 50 g 50 mL 20 g 30 g 50 mL 12.5 g 50 mL
Kisaran harga Rp593.000 Rp220.000 Rp169.000 Rp149.000 Rp185.000 Rp205.000 Rp181.500 Rp966.000 Rp115.000 Rp479.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Saran dari dr. Annisa Anjani Ramadhan

blank

Upaya mencerahkan kulit wajah juga harus diimbangi dengan target yang rasional. Konsultasi dengan dokter sebelum memilih perawatan pencerah kulit dapat membantu kita mencapai target kecerahan kulit, tanpa harus merusak kulit akibat penggunaan/pemilihan produk yang kurang tepat.

Konsekuensi kulit yang lebih cerah untuk orang Indonesia adalah harus rutin menggunakan sunscreen dengan besaran SPF dan cara pakai yang benar. Sebab, intensitas sinar matahari di area tropis lebih tinggi dan berisiko menyebabkan kerusakan kulit.

Yuk, cek rekomendasi produk pencerah wajah dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Kebanyakan orang baik pria maupun wanita ingin memiliki kulit wajah yang lebih cerah. Namun, perlu diingat bahwa dalam memilih produk krim pemutih wajah yang tepat dibutuhkan beberapa pertimbangan. Pastikan Anda memilih produk yang aman bagi kulit wajah.

Itulah daftar rekomendasi produk krim pemutih wajah terbaik yang aman dan baik digunakan oleh semua jenis kulit. Apakah dari beberapa produk di atas ada yang ingin Anda coba? Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat, ya!

You may also like

Comments are closed.