Written by 20:35 Elektronik

10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung

Samsung WT85H3210MB Mesin Cuci 2 Tabung

Meski kurang praktis dalam pemakaiannya, sebagian orang tetap memilih mesin cuci 2 tabung karena berbagai alasan. Harga yang lebih murah, konsumsi listrik lebih sedikit, dan risiko kerusakan lebih kecil menjadi kelebihan yang dimiliki oleh mesin cuci 2 tabung. Apakah Anda hendak membeli mesin cuci twin tub? Pada artikel ini, Anda akan menemukan produk terbaik di kelasnya.

Produsen elektronik seperti Sharp, LG, Toshiba, dan Akari mengeluarkan seri mesin cuci 2 tabung terbaik dengan spesifikasi yang beragam. Agar Anda tidak bingung, sebaiknya Anda simak terus artikel ini hingga akhir. Di sini, kami akan ulas bagaimana cara memilih mesin 2 tabung terbaik berikut sepuluh produk rekomendasi yang dapat Anda jadikan referensi. Selamat membaca!

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung

Sebelum masuk ke panduan memilih atau melihat rekomendasi produk, kami akan ajak Anda mengetahui lebih jauh kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mesin cuci 2 tabung. Informasi ini tentu saja akan berguna apabila Anda masih belum yakin untuk memilih mesin cuci 1 atau 2 tabung.

Kelebihannya:

  • Hemat Uang dan Air. Bukan rahasia lagi kalau rata-rata mesin cuci 2 tabung dijual dengan harga lebih terjangkau. Selain hemat uang, tentu Anda akan menghemat air dibandingkan menggunakan mesin cuci otomatis (satu tabung).
  • Hemat Listrik dan Bisa Dipakai Kapan Saja. Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, mesin cuci 2 tabung hanya memerlukan daya listrik antara 100 – 400 saja. Jika ada yang lebih besar, maka bisa dipastikan produk tersebut memiliki performa pulsator yang sangat baik dalam menghasilkan putaran. Selain itu, mesin cuci 2 tabung juga dapat dihentikan ataupun dimulai prosesnya pada setiap titik pencucian.
  • Fleksibel Penggunaannya. Dibandingkan jenis lainnya, mesin cuci dengan tabung ganda memungkinkan Anda memasukkan pakaian lain yang belum sempat dimasukkan ke dalam tabung. Bukan hanya itu, Anda pun dapat menambahkan air ketika proses pencucian berjalan.

Kekurangannya:

  • Perlu Banyak Waktu. Bagi Anda yang tidak punya waktu atau aktivitas banyak, tentu kurang ideal jika memakai mesin cuci 2 tabung. Pasalnya, jenis ini perlu pengoperasian secara berulang, beda halnya dengan mesin cuci otomatis yang hanya perlu satu kali pengoperasian.
  • Hasil Cucian Kurang Maksimal. Ini menjadi poin penting untuk Anda ketahui. Pakaian yang dicuci menggunakan mesin cuci 2 tabung dinilai kurang bersih hasilnya. Selain itu, biasanya juga kain pakaian lebih mudah kusut sehingga butuh perlakuan ekstra saat menyetrikanya.
  • Risiko Tersengat Listrik. Oleh karena perlu memindahkan hasil pencucian ke tabung pengering, maka pakaian yang basah dapat memicu sengatan listrik apabila terjadi kerusakan pada alat tanpa Anda sadari. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencabut terlebih dahulu kabel daya dari stopkontak ketika ingin mengalihkan pakaian hasil pencucian ke tabung pengering.

Cara Memilih Mesin Cuci 2 Tabung

Apabila Anda sudah yakin untuk membeli mesin cuci tipe 2 tabung, berikut ini kami jelaskan sedikit pertimbangan apa saja yang harus dilihat sebelum memutuskan untuk membeli salah satu produk yang dijual di pasaran.

Pilih Kapasitas Tabung Berdasarkan Jumlah Anggota Keluarga

Pilih Kapasitas Tabung Berdasarkan Jumlah Anggota Keluarga

Agar lebih efektif dalam penggunaannya, Anda harus melakukan analisis terlebih dahulu. Apabila Anda ingin mencuci pakaian untuk Anda dan anggota keluarga lain yang jumahnya lebih dari 2 orang, ukuran mesin cuci yang tepat berkisar antara 6 kg – 8 kg.

Namun, apabila Anda tinggal sendiri, maka pilihlah mesin cuci yang kapasitas tabungnya berada pada rentang 3 kg – 5 kg. Secara umum, setiap orang mencuci baju dengan berat 1,5 kg per harinya. Apabila Anda memiliki pakaian yang berbahan tebal, seperti handuk, selimut, sprei, dan sebagainya, maka pertimbangkan kembali untuk membeli mesin dengan kapasitas tabung lebih besar.

Periksa Ukuran Secara Menyeluruh dan Pilihlah yang Tidak Berisik

Periksa Ukuran Secara Menyeluruh dan Pilihlah yang Tidak Berisik

Saat membeli mesin cuci, periksalah pada situs penjual atau produk resminya dimensi dari produk secara keseluruhan. Pastikan produk dapat mengakses ruang-ruang yang hendak dilewati pada proses pengantaran, seperti pintu, tangga, dan lift. Di samping itu, produk juga harus dipastikan muat pada space yang tersedia di ruang pencucian.

Kemudian, jika Anda terbiasa mencuci di malam hari, tentu saja penting memastikan keluarga Anda bisa tidur nyenyak. Oleh karena itu, perhatikan tingkat kebisingan yang dihasilkan. Carilah mesin cuci yang tidak mencapai tingkat kebisingan di atas 45 dB.

Bila memungkinkan, belilah produk yang telah disematkan teknologi peredam suara dan getaran. Ini tentu akan membantu Anda juga agar merasa nyaman selama mencuci, baik di malam, pagi, ataupun siang hari.

10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik

Setelah memahami pros dan cons serta panduan memilihya, pada bagian ini kami akan perlihatkan sepuluh mesin cuci 2 tabung terbaik dari merek-merek terkemuka. Silakan Anda tentukan satu atau dua produk sebagai pertimbangan. Carilah produk yang mengutamakan fitur hemat listrik, tidak bising, dan rotasi air berkecepatan tinggi. Selamat memilih!

1. Sharp ES-T1490WA-RD Mesin Cuci 2 Tabung

Sharp ES T1490WA RD Mesin Cuci 2 Tabung

Kisaran harga: Rp2.620.000

Teknologi Super Aquamagic Filter yang menonaktifkan 56% bakteri pada air yang mengandung zat besi

Sharp menawarkan mesin cuci 2 tabung yang dapat menimbulkan efek tornado pada putaran air untuk mempercepat proses pelarutan detergen. Teknologi bernama W-Screw Pulsator yang memungkinkan keberlangsungan proses tersebut. Dengan demikian, kotoran pada pakaian lebih cepat terangkat, hasil cucian pun akan bersih secara optimal.

Tabung pencucian dengan kapasitas 14 kg dapat menampung lebih banyak pakaian untuk seluruh anggota keluarga. Fitur Low Wattage yang diterapkan menjadikan mesin cuci 2 tabung terbaik merek Sharp tidak boros listrik. Bukan hanya itu, Sharp juga menambahkan teknologi Super Aquamagic Filter sehingga baju dan celana hasil cucian bebas bakteri berkat kemampuannya mengurangi zat besi di dalam air sebanyak 56%.

Kapasitas14 kg
Konsumsi listrik365 watt
FiturW-Screw Pulsator dan Super Aquamagic Filter

2. Sharp ES-T65MW-BK Mesin Cuci 2 Tabung

Sharp ES T65MW BK Mesin Cuci 2 Tabung

Kisaran harga: Rp1.183.000

Mesin cuci 2 tabung yang hemat listrik dan mudah dioperasikan

Sebagai brand produk elektronik terkemuka di Asia, Sharp banyak menghadirkan produk mesin cuci 2 tabung. Selain ES-T1490WA-RD, Sharp mempunyai koleksi lain berupa ES-T65MW-BK dengan nilai jual lebih ekonomis. Berbekal pulsator ekstra besar, putaran air yang dihasilkan begitu kencang dan kuat sehingga hasil cucian terjamin kebersihannya.

Pada wash tub-nya, Sharp menambahkan Water Inlet. Fitur ini memudahkan Anda dalam mengisi air ke dalam tabung tanpa harus menunggu air penuh. Cukup memasangkan selang ke water inlet, tabung akan terisi air hingga takaran yang Anda inginkan tanpa harus dipegangi. Pengoperasian yang mudah berkat panel kontrol berbahasa Indonesia semakin memanjakan Anda saat proses mencuci.

Kapasitas6,5 kg
Konsumsi listrik199 watt
FiturBig Pulsator dan Water Inlet

3. Sanken TW-883EPK Twin Tub Washing Machine

Sanken TW 883EPK Twin Tub Washing Machine

Kisaran harga: Rp1.325.000

Bukan cuma bersih dari kotoran, tetapi juga bakteri dan kuman yang menempel pada pakaian

Sanken memperkenalkan mesin cuci 2 tabung terbaik keluarannya dengan banyak fitur yang memanjakan pengguna. Terdapat X-Tor Technology yang menghasilkan putaran air kuat untuk memastikan kotoran yang menempel akan terangkat secara optimal dari pakaian. Teknologi lain berupa Silven Ion Filter yang diikutsertakan menjadikan setiap lembar pakaian terbebas dari kuman atau bakteri pemicu penyakit.

Selain bisa melindungi pakaian dari kuman dan bakteri, mesin cuci 2 tabung ini juga dibekali fitur Super Spin Dry pada tabung pengering. Jadi, tidak perlu waktu lama atau melakukan proses pengeringan berulang kali karena pakaian basah dijamin lebih cepat kering berkat fitur tersebut. Mesin cuci berdimensi 750 x 440 x 950 mm ini akan muat ditempatkan pada sudut ruang pencucian atau dapur rumah Anda.

Kapasitas7 kg
Konsumsi listrik250 watt
FiturX-Tor, Silver Ion Filter, dan Super Spin Dry

4. Aqua QW-880XT Mesin Cuci 2 Tabung

Aqua QW 880XT Mesin Cuci 2 Tabung

Kisaran harga: Rp1.350.000

Mesin cuci 2 tabung dengan Hijab Mode yang laris di pasaran

Tidak hanya mengandalkan pulsator berukuran besar, Aqua juga membenamkan fitur Dynamic Soak Function untuk proses perendaman secara otomatis. Dengan begitu, kotoran yang menempel dan sulit dihilangkan akan lebih mudah terangkat saat proses pencucian berlangsung. Tambahan fitur Fuzzy Logic pada Aqua QW-880XT juga mampu menyesuaikan jumlah air dan durasi pencucian terhadap pencapaian.

Mesin cuci 2 tabung terbaik dengan fitur pintar ini dapat beroperasi meski pada tekanan air yang rendah. Alasannya, Aqua membekali perangkat ini dengan fitur Low Water Pressure yang menjadikannya bisa bergerak pada tekanan air rendah. Bukan cuma itu, mesin cuci 2 tabung ini juga bersahabat untuk bahan kain lembut seperti kerudung atau hijab. Adanya fitur Hijab Mode memungkinkan mesin berputar dengan putaran kuat tanpa menyebabkan kain yang tipis menjadi rusak.

Kapasitas8 kg
Konsumsi listrik380 watt
FiturFuzzy Logic, User Friendly, Water Selector, Air Intake Technology, Hijab Mode, Low Water Pressure, dan Dynamic Soak Function

5. Denpoo DW-898W Mesin Cuci 2 Tabung

Denpoo DW 898W Mesin Cuci 2 Tabung

Kisaran harga: Rp1.300.000

Mesin cuci 2 tabung murah dan tahan lama berkat bodi plastik yang kokoh

Jika selama ini Anda harus merendam pakaian sebelum dimasukkan ke dalam tabung mesin cuci untuk memudahkan noda terangkat dari serat kain, dengan produk ini Anda tak harus melakukan kegiatan tersebut. Pasalnya, Denpoo telah membesut mesin cuci 2 tabung yang ditanamkan teknologi Auto Soak sehingga pakaian tidak langsung digiling, tetapi direndam terlebih dahulu secara otomatis.

Mesin cuci ini bisa diandalkan untuk kebutuhan mencuci 4 – 5 orang, sangat cocok buat Anda yang tengah berkeluarga atau tinggal di rumah sewa bersama beberapa teman. Kerangka berdesain Super Strong Body dari perangkat ini terbuat dari bahan plastik yang kokoh. Berkat mengutamakan material bahan yang digunakan, mesin cuci 2 tabung ini menjadi lebih tahan lama serta tidak menimbulkan suara bising saat beroperasi.

Kapasitas8,5 kg
Konsumsi listrik550 watt
FiturBig Pulsator, Auto Soak, dan Super Strong Body

6. Midea MTA77-P1302S Mesin Cuci 2 Tabung

Midea MTA77 Mesin Cuci 2 Tabung

Kisaran harga: Rp1.200.000

Lihat langsung putaran pakaian di dalam mesin!

Salah satu keunggulan yang dipunyai oleh mesin cuci 2 tabung terbaik besutan Midea adalah sifatnya yang anti karat. Buat Anda yang tak ingin mengeluarkan uang lebih sering untuk membeli mesin cuci, persembahan Midea satu ini harus dipertimbangkan. Material plastik yang menutupi seluruh bodi mesin menjadikannya paling awet dan tahan lama.

Bagian tutup kedua tabung yang dibuat transparan menjadikan pengguna leluasa untuk melihat proses mencuci ataupun mengeringkan. Midea membekali mesin cuci 2 tabung ini dengan teknologi Big Pulsator. Anda bisa megoperasikan mesin ini dengan dua mode, yakni Regular dan Heavy Duty. Untuk memilih salah satu mode, Anda hanya perlu melakukan pengaturan pada kenop yang tertera di bagian atas mesin.

Kapasitas6 kg
Konsumsi listrik320 watt
FiturBig Pulsator dan Double Mode

7. LG P800N Mesin Cuci 2 Tabung

LG P800N Mesin Cuci 2 Tabung

Kisaran harga: Rp2.100.000

Mempermudah pencucian pakaian keluarga Anda ataupun sanak saudara yang menginap

LG sangat serius dalam memproduksi mesin cuci dua tabung ini. Di dalamnya terdapat pulsator utama dengan sematan 3 pulsator mini yang dapat mendorong dan menarik air dengan kencang secara berulang. Seluruh pakaian kotor Anda dan keluarga akan bersih sempurna.

Bahkan, mesin cuci 2 tabung ini dapat Anda gunakan ketika banyak sanak saudara yang menginap di rumah. Pada tabung pengeringnya, LG menyematkan putaran tube berkecepatan tinggi dengan memanfaatkan gaya sentrifugal sehingga air yang masuk ke serta kain lebih cepat kering. Dengan mesin cuci ini, LG turut menjamin setiap pakaian takkan kusut berlebih sehingga mudah saat disetrika.

Kapasitas9 kg
Konsumsi listrik350 watt
FiturRoller Jet Pulsator, Punch +3, dan Wind & Jet Dry

8. Samsung WT85H3210MB Mesin Cuci 2 Tabung

Samsung WT85H3210MB Mesin Cuci 2 Tabung

Kisaran harga: Rp2.200.000

Dilengkapi papan untuk membersihkan noda yang sulit diraih!

Perputaran air yang begitu dinamis dari mesin cuci 2 tabung keluaran Samsung ini menjamin hasil pencucian yang sangat bersih. Arus kuat akan mengoyak-ngoyak kotoran keluar dari serat pakaian tanpa menimbulkan kerusakan. Bukan mengangkat bersih kotoran, alat pencuci ini juga mampu menyapu noda kuning yang sulit dihilangkan.

Kinerjanya yang memukau ditambah lagi dengan fitur Air Turbo yang membuat putaran angin pada tabung pengering sangat kencang. Pakaian tipis ataupun tebal Anda pun lebih cepat kering berkat fitur ini. Di samping itu, Samsung juga melengkapi mesin cuci 2 tabung ini dengan papan penggilasan yang dapat dimanfaatkan utuk mengucek pakaian yang sulit dijangkau, semisal di area ketiak, kerah, atau lengan.

Kapasitas8,5 kg
Konsumsi listrik420 watt
Fitur4 Dynamic Pulsator, Air Turbo Drying, Dust Proof Body, dan Bak Pengucek Khusus

9. Toshiba VH-H85MN Mesin Cuci Twin Tub

Toshiba VH H85MN Mesin Cuci Twin Tub

Kisaran harga: Rp1.310.000

Motor bertenaga tinggi hingga 1.280 rpm untuk pencucian lebih maksimal!

Toshiba menawarkan mesin cuci 2 tabung yang bukan hanya menghasilkan pakaian bersih setelah dicuci, tetapi juga cepat kering sehingga siap disetrika sebab tak perlu dijemur dalam waktu lama. Tutupnya yang transparan memudahkan Anda melihat proses pencucian yang sedang berlangsung.

Bodi produk dibuat dari material fiber anti karat. Untuk Anda yang mencari mesin cuci 2 tabung tahan lama, milikilah produk ini! Bukan cuma itu, di dalamnya Toshiba juga menyematkan motor berkecepatan hingga 1.280 rpm yang efektif mengeringkan pakaian dalam waktu singkat. HighBlades Pulsator-nya juga akan mengirimkan air lebih kuat dengan 8 bilah pulsator.

Kapasitas7,5 kg
Konsumsi listrik340 watt
FiturAnti Rust, Filter Cassette Type, SuperJet Spin, Pulsator HighBlades, Washing Board, Golden Soak Period, dan Tutup Transparan

10. Akari AWM-88SK Mesin Cuci 2 Tabung

Akari AWM 88SK Mesin Cuci 2 Tabung

Kisaran harga: Rp1.680.000

Pilihan terjangkau dengan tabung pencuci berkapasitas besar

Membutuhkan mesin cuci 2 tabung berkapasitas besar? Anda dapat menjatuhkan pilihan pada Akari AWM-88SK. Walau berdaya tampung besar, mesin cuci ini dijual dengan harga terjangkau, lho! Keandalannya dalam menangani seluruh baju kotor Anda dan keluarga tak perlu diragukan lagi.

Dengan sistem pulsator yang berputar kencang sekaligus melemparkan air yang kuat secara berkala, partikel kecil yang membuat pakaian kotor dan kusam angkat terangkat. Mesin cuci ini terbuat dari material plastik berkualitas sehingga ringan dipindahkan. Plastik yang digunakan pun dapat menjaga mesin cuci dari timbulnya karat.

Kapasitas8 kg
Konsumsi listrik340 watt
FiturAnti Tikus

Kesimpulan

Kehadiran mesin cuci 2 tabung di Indonesia membuat banyak orang terbantu dalam urusan memelihara pakaian tetap bersih setiap hari. Seperti yang telah Anda lihat, cukup banyak pilihan produk dengan spesifikasi yang saling mengunggulkan satu sama lain.

Sebelum memperhatikan fitur-fitur yang disediakan, lebih baik Anda cermati keutamaannya dari segi fungsionalitas, seperti ukuran utama, kapasitas tampung, dan kemudahan penggunaannya. Lihatlah panel-panel kontrol berupa kenop putar di atasnya, pastikan lengkap sehingga Anda dapat mencuci, mengeringkan, atau mengeluarkan air dengan mudah.

(Visited 49 times, 1 visits today)