Written by 01:01 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat mengganggu penampilan Anda? Kabar baiknya, Anda bisa menghilangkan bekas jerawat dengan bantuan skincare. Dari facial cleanser, toner, moisturizer, hingga serum dan essence dapat Anda coba. Namun, manakah skincare yang tepat untuk Anda?

Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan skincare terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat. Some by Mi, Somethinc, bahkan merek tradisional Roro Mendut turut menghadirkan skincare andalannya. Sebelum menentukan, ketahui dulu jenis bekas jerawat Anda, yuk!

Mengenal Berbagai Jenis Bekas Jerawat

Jerawat adalah gangguan kulit yang muncul akibat tersumbatnya folikel rambut oleh sel-sel kulit mati dan sebum. Keadaan ini sangat mengganggu sebagian orang, terutama terkait penampilan wajah. Menyebalkannya lagi, jerawat yang sudah sembuh sering meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Bekas jerawat sendiri banyak jenisnya. Kira-kira, manakah jenis bekas jerawat yang Anda miliki?

  • Ice pick scars: Bekas dari jerawat kistik yang membuat bakteri, sebum, dan kulit mati terjebak di bawah pori-pori. Seperti namanya, bekas jerawat terlihat seperti lubang yang ditusuk alat pemecah es. Bekas jerawat ini paling sulit dihilangkan karena kerusakannya menyebar di bawah lapisan kulit.
  • Boxcar scars: Muncul karena kurangnya kolagen dan hilangnya jaringan kulit. Lukanya tampak lebar dengan pinggiran yang tegas seperti box.
  • Rolling scars: Membuat kulit tampak seperti tergulung akibat lapisan epidermis terikat dengan struktur kulit di bawahnya.
  • Keloid scars: Benjolan yang muncul karena tubuh memproduksi terlalu banyak kolagen saat memperbaiki sel kulit mati akibat inflamasi.
  • Hyperpigmentation scars: Bintik gelap yang muncul karena produksi melanin berlebih akibat peradangan.

Jika Anda memiliki bekas jerawat membandel, pilihlah produk skincare yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Selain penggunaan skincare, terdapat pula bentuk perawatan lain untuk menghilangkan bekas jerawat, seperti hyaluronic acid filler, laser, deep chemical peels, dan radiofrequency (RF) microneedling.

Cara Memilih Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Sebelum membeli skincare penghilang bekas jerawat, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Jenis skincare, komponen produk, bahan aditif, dan izin edar merek adalah poin-poin yang sebaiknya Anda periksa.

Pertama-tama, Tentukan Jenis Skincare yang Anda Butuhkan

Untuk pemula, sebaiknya tidak perlu membeli terlalu banyak produk. Pada dasarnya, produk skincare yang benar-benar Anda butuhkan hanya empat, yaitu cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen. Dalam memilih produk-produk tersebut, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kecocokannya dengan kulit Anda.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah kombinasi antara cleaner berjenis foam atau gel, exfoliating toner, moisturizer yang ringan, serta sunscreen oil free dan non-comedogenic. Sedangkan untuk Anda yang berkulit kering, pilihlah cleaner berbasis cream atau cleansing oil, hydrating toner, dan produk mosturizer serta sunscreen yang berhidrasi tinggi dan bebas alkohol.

Untuk memaksimalkan perawatan, Anda juga dapat menggunakan serum. Serum berfungsi untuk melembapkan, menghaluskan, dan meratakan warna kulit. Dengan begitu, area gelap bekas jerawat akan pudar. Tetapi, jika Anda kurang menyukai tekstur serum yang tebal, Anda bisa memilih essence sebagai alternatif.

Periksa Komponen yang Bekerja Menyamarkan Bekas Jerawat

Tidak semua produk skincare memiliki komponen penghilang bekas jerawat. Komponen penghilang bekas jerawat sendiri sangat beragam. Karena itu, Anda perlu meneliti komposisi produk. Berikut ini beberapa komponen yang biasa dipakai untuk menghilangkan bekas jerawat.

Kojic Acid: Mencerahkan Area Gelap akibat Luka Bekas Jerawat

Kojic acid terbuat dari berbagai jenis jamur. Zat ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencerahkan area gelap yang disebabkan bekas jerawat. Selain itu, kojic acid memiliki khasiat lain untuk mencerahkan tanda-tanda penuaan dan mencegah perubahan warna kulit akibat paparan sinar matahari.

Glycolic Acid: Mengeksfoliasi Kulit untuk Pudarkan Noda Bekas Jerawat

Glycolic acid menawarkan fungsi eksfoliasi untuk mengikis kulit mati, mengangkat sisa kotoran, dan menghilangkan noda bekas jerawat. Selain itu, salah satu jenis asam ini juga bagus untuk meminimalkan tampilan kerut dan garis halus pada wajah, sehingga cocok menjadi perawatan anti-aging.

Niacinamide: Merawat Area Kulit yang Mengalami Hiperpigmentasi

Bahan ini baik untuk merawat area kulit yang menghitam karena hiperpigmentasi. Pemakaian niacinamide pada skincare terbukti dapat mengurangi hiperpigmentasi serta mencerahkan kulit selama empat minggu pemakaian. Tak hanya itu, niacinamide juga berkhasiat mencegah kanker kulit, lho!

Vitamin C: Mencerahkan sekaligus Mencegah Munculnya Noda Hitam

Vitamin C terkenal akan kemampuannya mencerahkan kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Jenis vitamin yang banyak terkandung dalam buah-buahan ini akan merevitalisasi kulit dengan meningkatkan produksi kolagen. Jika dipakai rutin, vitamin C juga akan mencegah munculnya noda hitam baru.

Utamakan Produk yang Minim Bahan Aditif

Berbeda dari produk makanan, penggunaan zat aditif pada skincare sedikit banyak tidak bisa dihindari. Skincare memerlukan zat aditif seperti pengemulsi dan pengawet untuk mempertahankan bentuk dan menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri.

Meski begitu, ada beberapa zat aditif yang lebih baik Anda hindari sebisa mungkin karena memicu kerusakan kulit. Bahan-bahan tersebut antara lain mineral oil, surfaktan hidrofobik, paraben, alkohol, pewarna, dan parfum.

Sebelum membeli, cari tahu dulu uji klinis apa saja yang telah dilalui produk tersebut. Misalnya, allergy test menguji kemungkinan reaksi alergi dari penggunaan. Anda pun dapat melakukan patch test mandiri dengan cara mengoleskan produk ke permukaan kulit sensitif. Bila tidak muncul reaksi negatif dalam waktu 24 – 48 jam, kemungkinan besar produk tersebut aman untuk kulit Anda.

Lebih Baik Memilih Produk yang Memiliki Izin Edar BPOM

Sumber: Pom.go.id

Jika memungkinkan, selalu pilih produk skincare yang memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk yang lolos uji BPOM terjamin tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. BPOM pun melakukan survei berkala untuk memastikan konsistensi keamanan produk.

Meski demikian, produk tanpa izin BPOM belum tentu berbahaya. Untuk produk impor, seringkali keamanannya telah diverifikasi lembaga resmi di negara asal. Jika Anda tertarik membeli skincare yang belum teregistrasi di BPOM, selain sertifikasi, Anda juga bisa mempertimbangkan testimoni pengguna di berbagai media online.

10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Berikutnya, kami telah siapkan sepuluh produk terbaik sebagai referensi Anda. Pilihlah skincare yang paling cocok untuk kulit Anda, ya!

1. Erha Exfoliating Cleansing Scrub

Menghapus noda hitam akibat hiperpigmentasi

Sabun wajah buatan Erha ini mengandung komponen niacinamide yang ampuh mencerahkan noda hitam karena hiperpigmentasi. Butir scrub dalam produk ini memiliki tekstur halus dengan ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga terasa nyaman di wajah.

Karena mengutamakan fungsi eksfoliasi, sabun wajah ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Pemakaian sebaiknya cukup dua kali seminggu untuk menghindari efek kulit mengering bahkan mengelupas.

Jenis skincareSabun muka
Komponen pentingNiacinamide
Bebas bahan aditifTidak ada keterangan
Nomor BPOMNA18141204794
Ukuran60 g
Kisaran hargaRp83.000

2. Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Toner

Sumber: Somebymi.us

Mengandung ekstrak lendir black snail untuk memperbaiki jaringan kulit

Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair adalah toner yang unik. Pasalnya, terdapat ekstrak lendir black snail dengan peranan memperbaiki kerusakan jaringan kulit. Produk ini juga mengandung komposisi spesial bernama Truecica yang dikembangkan untuk memperkuat skin barrier.

Bahan-bahan lain seperti niacinamide, arbutin, dan white flower complex-nya bertugas mengurangi hiperpigmentasi dan produksi melanin berlebih. Anda juga tidak perlu khawatir alergi karena toner asal Korea Selatan ini bebas dari zat aditif berbahaya.

Jenis skincareToner
Komponen pentingNiacinamide, glutathione, arbutin, morus alba bark extract, licorice root extract, snail secretion filtrate, centella asiatica extract
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, alkohol, silikon, alergen
Nomor BPOMBelum terdaftar
Ukuran135 mL
Kisaran hargaRp146.000

3. Mia Glansie Acne Sunscreen

Samarkan bekas jerawat sekaligus melindungi kulit dari sinar UV!

Krim sunscreen produksi Mia Glansie ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak. Memiliki tekstur creamy, Acne Sunscreen mudah diaplikasikan untuk menutupi bekas jerawat dengan sempurna.

Selain mencegah efek buruk sinar matahari, Mia Glansie Acne Sunscreen juga mengantongi niacinamide sebagai pemudar area yang mengalami hiperpigmentasi. Bahkan, produk ini juga ideal Anda gunakan saat kulit sedang berjerawat!

Jenis skincareSunscreen
Komponen pentingNiacinamide
Bebas bahan aditifTidak ada keterangan
Nomor BPOMNA18191705779
Ukuran12 g
Kisaran hargaRp60.000

4. Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Menghidrasi kulit sekaligus meringankan hiperpigmentasi

Krim ini bekerja dengan merangsang produksi ceramide lewat kandungan niacinamide. Ceramide sendiri bermanfaat untuk memperkokoh skin barrier agar lebih tahan dari efek polusi dan kotoran. Selain itu, ceramide juga meningkatkan hidrasi kulit untuk mencegah timbulnya jerawat baru.

Produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Pasalnya, ekstrak beetroot dalam krim ini mampu menyeimbangkan kelembapan kulit. Kulit pun menjadi lebih sehat karena kandungan beetroot-nya akan melawan berbagai bentuk radikal bebas. Alhasil, kulit lebih bersih, lembap, dan tidak mudah berjerawat!

Jenis skincareSerum
Komponen pentingNiacinamide
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, alkohol, silikon, alergen
Nomor BPOMNA18200106118
Ukuran20 mL
Kisaran hargaRp115.000

5. N’Pure Face Toner Centella Asiatica

Menawarkan khasiat daun centella asiatica untuk sembuhkan luka

N’Pure memproduksi toner berkandungan daun centella asiatica asli yang berkhasiat menyembuhkan luka, termasuk luka bekas jerawat. Dengan fungsi utama skin hydrating, Anda yang bermasalah dengan kulit kering turut terbantu.

Selain menghilangkan bekas jerawat dan melembapkan, toner ini juga memiliki peranan anti-aging. Alasannya, penggunaan rutin akan meningkatkan produksi kolagen yang mencegah munculnya kerutan dan garis halus.

Jenis skincareToner
Komponen pentingNiacniamide, centella asiatica extract, licorice leaf extract, tranexamic acid
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, alkohol, silikon, alergen, SLS, mineral oil
Nomor BPOMNA18191231647
Ukuran150 mL
Kisaran hargaRp95.000

6. Roro Mendut Brightening Face Treatment Oil

Sumber: Shopee.co.id

Resep tradisional untuk menghilangkan bekas jerawat

Roro Mendut memformulasikan serum ini dari bahan-bahan tradisional seperti jeruk purut, biji bunga matahari, biji bunga mawar, dan air beras. Sederet komposisi tersebut memberikan dampak pencerah kulit dengan menghilangkan bekas jerawat.

Vitamic C pada produk ini tak sekadar membuat wajah glowing, tetapi juga lembap dan kenyal. Tekstur ringan membuat serum ini mudah dipakai serta cepat meresap ke dalam kulit. Agar hasilnya maksimal, gunakanlah produk ini dua kali sehari pada pagi dan malam.

Jenis skincareMoisturizer
Komponen pentingVitamin C
Bebas bahan aditifTidak ada keterangan
Nomor BPOMNA18180100368
Ukuran20 mL
Kisaran hargaRp117.000

7. Lacoco Hydrating Divine Essence

Sumber: Lacoco.co.id

Essence pengganti serum untuk mencerahkan kulit

Jika Anda kurang menyukai serum, cobalah essence dari Lacoco berikut. Dilengkapi vitagen dan melazero, essence ini akan mencerahkan serta meminimalkan hiperpigmentasi akibat bekas jerawat dan flek hitam.

Essence ini memiliki tekstur kental berwarna putih yang mudah terserap kulit. Beraroma lembut, Anda bebas menggunakan produk ini di pagi hari, malam hari, maupun sebelum menggunakan makeup.

Jenis skincareEssence
Komponen pentingVitamin C, ekstrak rhizoma arisaematis (melazero)
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, alkohol, silikon, alergen
Nomor BPOMNA18180101189
Ukuran50 mL
Kisaran hargaRp250.000

8. Whitelab Brightening Toner

Kombinasi dua komponen ekstra untuk kulit lebih muda dan bebas bekas jerawat!

Produk toner dari Whitelab ini mengombinasikan niacinamide dan kolagen untuk memudarkan hiperpigmentasi. Selain itu, toner ini turut memperkuat jaringan kulit agar jerawat tidak tumbuh lagi. Jaringan kulit yang lebih kuat dan elastis juga mencegah munculnya kerutan dan garis halus.

Teksturnya yang cair serta tidak lengket membuat toner ini nyaman dipakai. Aromanya pun dijamin tidak menusuk penciuman. Karena mengandung alkohol jenis etanol, toner ini dapat membuat kulit mengering. Untuk itu, sebaiknya Anda imbangi produk ini dengan skincare lain yang memiliki hidrasi tinggi.

Jenis skincareToner
Komponen pentingNiacinamide, licorice leaf extract, glycolic acid
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, silikon, alergen
Nomor BPOMNA18191233966
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp35.000

9. Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Serum

Sumber: Somebymi.us

Tekstur light-watery tanpa meninggalkan kesan lengket dan berminyak

Selain varian toner dari rangkaian produk Snail Truecica produksi Some by Mi, Anda juga dapat mencoba varian serumnya. Kandungan lendir black snail dan Truecica pada serum ini paling tinggi di antara produk varian Snail Truecica lainnya. Hasilnya, serum ini sangat efektif dalam menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Serum memiliki tekstur kental namun tidak lengket. Ketika dioleskan ke wajah, serum ini tak sekadar cepat terserap, namun memberi efek segar pada kulit. Untuk Anda pemilik kulit sensitif, produk ini aman dipakai karena bebas alkohol dan aditif berisiko lain.

Jenis skincareSerum
Komponen pentingNiacinamide, licorice root extract, snail secretion filtrate, centella asiatica extract, madecassoside, willow bark extract
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, alkohol, silikon, alergen
Nomor BPOMBelum terdaftar
Ukuran50 mL
Kisaran hargaRp150.000

10. Whitelab Brightening Facial Wash

Bantu kembalikan wajah cerah, kenyal, dan tampak segar!

Punya kulit tampak kusam disertai tanda penuaan? Jangan risau karena Whitelab memproduksi face wash khusus untuk mencerahkan sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

Dengan dua kandungan utama berupa niacinamide dan kolagen, Whitelab Brightening Facial Wash memastikan wajah Anda lebih cerah, bersih, dan kenyal. Sudah tersertifikasi BPOM, Anda semakin tenang menggunakannya!

Jenis skincareSabun muka
Komponen pentingNiacinamide, kolagen
Bebas bahan aditifParaben, alkohol, silikon, alergen
Nomor BPOMNA18191233969
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp34.000

Lihat juga rekomendasi produk penghilang bekas jerawat terbaik lainnya di sini!

Bila Anda memerlukan skincare khusus, cobalah serum dan krim dengan fungsi utama menghilangkan bekas jerawat.

Seluruh produk rekomendasi beserta cara memilihnya telah kami siapkan pada artikel berikut. Silakan pahami tips-nya, lalu tentukan produk sesuai kebutuhan Anda!

10 Rekomendasi Serum Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
10 Rekomendasi Krim Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Kesimpulan

Untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda memerlukan skincare yang tepat. Dari sepuluh produk rekomendasi kami, sudahkah Anda menemukan produk sesuai kebutuhan?

Oleh karena menghilangkan bekas jerawat tidak bisa instan, Anda harus bersabar dan konsisten. Gunakanlah produk dengan teliti sesuai anjuran pakai agar memperoleh hasil maksimal. Semoga artikel ini membantu mengatasi masalah Anda!

(Visited 362 times, 7 visits today)