Written by 19:06 Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Laptop dan Tablet 2 in 1 Terbaik

Walau harga pasarannya lebih tinggi, laptop 2 in 1 tetap populer karena menawarkan fleksibilitas. Dari penggunaan ringan hingga pekerjaan berat sekalipun, laptop 2 in 1 cukup mumpuni. Tentu saja, perbedaan spesifikasi seperti prosesor, tipe mobilitas, RAM, dan media penyimpanan berpengaruh terhadap level performa.

Bila kebutuhan Anda terhadap laptop tergolong mobile, Anda bisa memakai laptop 2 in 1 yang dapat bekerja sebagai laptop sekaligus tablet. Pabrikan terkenal semacam Lenovo, ASUS, Dell, dan Microsoft mengeluarkan laptop 2 in 1 terbaik. Guna membantu Anda temukan produk yang tepat, sederet tips memilih beserta rekomendasi produk akan kami rangkum pada tulisan ini. Selamat membaca!

Cara Memilih Laptop dan Tablet 2 in 1

Laptop dan tablet 2 in 1 adalah perangkat yang mengombinasikan manfaat laptop dan tablet dalam satu device. Dari penyatuan ini, terbentuklah sebuah PC yang ringan dan mudah dibawa-bawa namun tetap mampu menyelesaikan berbagai kebutuhan, mulai dari mengolah dokumen, multimedia, hingga aktivitas hiburan seperti video streaming.

Meski peminatnya belum sebanyak laptop konvensional, penggunaan laptop 2 in 1 ini terus mengalami peningkatan karena menawarkan fleksibilitas dan efisiensi. Laptop dan tablet umumnya memiliki banderol harga tidak murah. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan beberapa hal sebelum membeli laptop 2 in 1 impian. Cermati lebih lanjut di bagian ini!

Pilih Tipe Device  2 in 1 berdasarkan Mobilitasnya

Anda bisa memilih laptop 2 in 1 dengan melihat bentuk engsel penghubung layar dengan keyboard. Tipe hybrid dapat dilepas pasang sesuai kebutuhan, sedangkan pada tipe convertible Anda bisa mengubah laptop menjadi tablet atau sebaliknya dengan cara menekuknya.

Tipe Hybrid: Ketahanan Baterai Lebih Lama untuk Aktivitas Ringan

Laptop 2 in 1 bertipe hybrid memiliki kemampuan detachable, yaitu Anda bisa melepas dan memasang kembali bagian layar dari keyboard untuk mendapatkan fungsi tablet. Karena dapat dilepas, Anda bisa membawa perangkat dengan bobot lebih ringan. Penggunaan daya pada kedua perangkat ini dibebankan pada baterai yang berbeda sehingga baterai relatif lebih tahan lama.

Tipe hybrid lebih mobile-friendly. Hal ini menjadikan prosesor yang digunakan lebih sering diperuntukkan untuk aktivitas ringan serta efisiensi daya. Tugas yang bisa dilakukan dengan baik seperti buka tutup dokumen, browsing, atau bersosial media. Tipe ini kurang sesuai untuk beban kerja yang besar seperti video editing dan gaming berat.

Tipe Convertible: Lebih Tipis dengan Rancangan Hardware Berkualitas Powerful

Tipe convertible memiliki bentuk layar yang menancap permanen pada keyboard. Untuk mengubahnya menjadi seperti tablet, Anda hanya perlu menekuk layarnya lebih dari 180° ke belakang hingga menyatu dengan keyboard. Selain menjadi tablet, Anda bisa mengubahnya menjadi tent mode yang lebih nyaman untuk kebutuhan hiburan. Jika Anda suka memakai touchpad, keyboard jenis ini cocok untuk Anda.

Pada laptop 2 in 1 jenis convertible, hardware-nya memiliki tenaga yang lebih powerful untuk mengakomodasi kebutuhan berat seperti graphic design hingga video editing. Secara umum, prosesornya menggunakan chipset yang lebih tangkas daripada prosesor pada laptop 2 in 1 hybrid. Namun, Anda perlu memerhatikan bagian bobot yang relatif lebih berat dibandingkan laptop 2 in 1 tipe hybrid.

Pilih Prosesor (CPU) berdasarkan Performa dan Tingkat Penggunaan

Anda perlu menyesuaikan performa prosesor dengan kebutuhan Anda. Jika Anda lebih sering melakukan tugas-tugas berat, Anda harus memilih prosesor yang lebih powerful agar pekerjaan dapat selesai secara optimal. Sebaliknya, apabila kebutuhan Anda hanya seputar buka-tutup dokumen, device dengan prosesor sederhana sudah dapat melakukannya dengan baik. Prosesor yang lebih cepat dan canggih tentu harganya lebih mahal.

Intel Core M: Menyeimbangkan Kecepatan dan Daya Tahan Baterai

Selain pada laptop 2 in 1 device, prosesor ini juga digunakan pada beberapa laptop dan ultrabook. Pada awal peresmiannya di tahun 2014, penggunaan prosesor ini didominasi oleh perangkat ultra-mobile seperti laptop. Prosesor ini merupakan yang pertama mengadopsi arsitektur Broadwell 14nm.

Prosesor ini lebih cocok untuk meng-handle kerja ringan seperti untuk browsing dan game sederhana hingga sedang. Tidak disarankan memilih perangkat dengan prosesor Core M untuk kegiatan berat yang membutuhkan spek tinggi karena pasti akan mengurangi kenyamanan Anda.

Intel Core I: Unggul dalam Menunjang Keperluan Bisnis dan Gaming

Jika Anda memerlukan perangkat yang bisa dibawa ngebut dengan lancar, prosesor Intel Core I series merupakan pilihan yang ideal. CPU Intel Core I sering juga disebut dengan CPU kelas bisnis. Oleh karenanya, harga device yang ditenagai prosesor ini biasanya memiliki harga lebih tinggi.

Series Core I telah di-upgrade hingga beberapa versi. Untuk versi terbaru tentu saja berperforma lebih cepat dengan kualitas mumpuni. Hal demikian membuat harganya juga akan lebih tinggi sesuai peningkatan serinya. Sejauh ini Intel Core I telah menelurkan i3, i5, dan disusul Core i7.

Pertimbangkan Kualitas Visual berdasarkan Resolusi Layarnya

Selama mengoperasikan sebuah perangkat, Anda akan terus menatap bagian layar sehingga resolusi layar akan sangat memengaruhi kenyamanan Anda dalam menggunakan laptop 2 in 1. Akan lebih baik untuk memilih layar beresolusi minimal Full HD (FHD) 1920 x 1080 agar gambar yang ditampilkan lebih tajam.

Layar dengan resolusi lebih tinggi akan menghasilkan ketajaman dan kejernihan gambar yang lebih baik, tetapi Anda akan mengompensasi kelebihan tersebut dengan ketahanan baterainya. Semakin tinggi resolusi layar, konsumsi dayanya pun akan semakin besar.

Untuk Ukuran, Pilih yang Tidak Membuat Device Sulit Dibawa

Ketika memutuskan membeli laptop 2 in 1, tujuan utama Anda tentu mendapatkan perangkat yang bisa dijinjing dengan mudah dan ringan. Jika Anda lebih sering membawanya sehari-hari dan tidak bermasalah dengan ukuran layar kecil, laptop berukuran sekitar 8 inci akan lebih ringan dan hemat tempat.

Jika Anda ingin perangkat berukuran sedang, pilih yang berdiameter 10 inci. Ukuran 12 inci atau lebih cocok untuk Anda yang lebih mengutamakan performa. Meski bentuknya bongsor, beberapa merek menyediakan bentuk yang tetap slim dan ringan untuk dibawa bepergian.

Periksa Jenis Media Penyimpanan beserta Kapasitasnya

Terdapat berbagai jenis media penyimpanan yang ada pada laptop 2 in 1 seperti eMMC, SSHD, SSD, HDD, dan lain-lain. Nantinya, media penyimpanan ini akan menjadi tempat Anda menyimpan seluruh file yang ada di dalam device. Penting untuk memerhatikan kapasitas yang sekiranya bisa mencukupi kebutuhan Anda.

Jenis penyimpanan SSD bisa dipilih jika Anda mengutamakan performa karena mampu membaca data paling cepat dari jenis lainnya. Tipe eMMC memiliki kualitas agak di bawah penyimpanan lain tetapi mampu menyajikan data dengan sederhana sehingga perangkat akan terasa lebih ringan.

Apabila Anda memiliki budget minim, HDD bisa menjadi alternatif karena harganya paling terjangkau. Di sisi lain, Anda bisa memilih SSHD untuk performa dan harga yang seimbang. Namun, belakangan ini penyimpanan file berbasis online menggunakan cloud marak digunakan sehingga Anda tidak perlu terlalu cemas untuk memilih laptop 2 in 1 dengan internal storage yang kecil.

Utamakan Produk dengan RAM (Random Access Memory) yang Besar

RAM berperan besar pada cepat atau lambatnya device melakukan aktivitas processing dan multitasking, seperti kecepatan loading membuka dan menutup aplikasi serta kemampuannya mengingat aplikasi yang berjalan di background. Apabila Anda lebih sering menggunakan device 2 in 1 sebagai tablet, RAM sebesar 2 GB sudah bisa mencukupi kebutuhan.

Untuk kebutuhan lebih tinggi, Anda membutuhkan setidaknya RAM 4 GB agar perangkat lebih nyaman digunakan. Sebagai informasi tambahan, laptop 2 in 1 tidak dibekali dengan dedicated slot untuk memory card sehingga akan lebih baik untuk memilih kapasitas memory yang lebih besar sedari awal, meskipun kebutuhan Anda tidak begitu tinggi.

10 Rekomendasi Laptop dan Tablet 2 in 1 Terbaik

Pada bagian ini, kami telah menyiapkan 10 rekomendasi produk laptop 2 in 1 yang bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan. Sebelum menentukan pilihan, jangan lupa memerhatikan beberapa hal yang sudah dibahas sebelumnya. Selamat memilih!

1. Lenovo Ideapad D330

Laptop 2 in 1 ekonomis untuk pekerjaan ringan sehari-hari

Bagi Anda ber-budget minim untuk pembelian laptop 2 in 1, Lenovo Ideapad D330 dapat dipertimbangkan. Hanya dengan harga 4 jutaan saja, Anda sudah bisa mendapatkan benefit perangkat hybrid laptop plus tablet dengan sistem operasi Windows 10.

Tak hanya itu, perangkat ini memiliki bentang layar 10,1 inci beresolusi Full HD serta baterai yang awet hingga 13 jam, suatu fitur yang cukup sulit ditawarkan produk lain di kelas harga sama. Ada juga fitur docking keyboard magnetik yang bisa dipasangi tablet menghadap belakang.

Material bodi laptop 2 in 1 ini terbuat dari plastik yang membuatnya ringan untuk dibawa-bawa. Pada bagian mesin disematkan chipset Intel Celeron N4000 dengan RAM 4 GB. Meski chipset ini kurang bisa diajak ngebut, aktivitas sehari-hari seperti membuka dokumen, browsing, game ringan, dan menjalankan aplikasi media sosial dijamin lancar.

Tipe device Hybrid/detachable
CPU Intel Celeron N4000
Resolusi layar FHD (1920 x 1200)
Ukuran 10,1 inci
Media penyimpanan 128 GB eMMC
RAM 4 GB
Bobot 1,11 kg
Kisaran harga Rp4.199.000

2. ASUS ZenBook Duo UX481FA

Laptop tablet kualitas premium dengan desain inovatif

Laptop ini hadir dalam 2 pilihan warna elegan yaitu rose gold dan gun gray. Pertama kali melihat unitnya, Anda akan mendapati desain yang tak hanya canggih namun juga inovatif. Desain layar nanoedge frame disertai ukuran bezel ultra slim memberikan kesan layar lebih lega dengan screen to body ratio mencapai 90%. Engselnya yang bisa ditekuk hingga 360° akan menambah fleksibilitas penggunaan.

Pada varian Zenbook Duo UX481FA, tercatut prosesor Intel i3, RAM 8 GB, serta internal storage 512 GB. Spesifikasi gahar ini mampu mendukung kebutuhan multitasking yang berat sekalipun. Touchpad pada laptop 2 in 1 ASUS ini dapat dialihfungsikan sebagai number pad dengan backlight ketika diaktifkan. Selain unik, numberpad pada touchpad juga bisa menjadi solusi kurangnya ruang untuk keypad numerik.

Tipe device Convertible
CPU Intel Core i3-8145U
Resolusi layar FHD (1920 x 1080)
Ukuran 13,3 inci
Media penyimpanan 512 GB SSD
RAM 8 GB
Bobot 1,3 kg
Kisaran harga Rp10.299.000

3. Dell Inspiron 5491

Penuhi kebutuhan desain grafis dengan teknologi graphic processing 

Bagi Anda yang hobi desain grafis serta memiliki mobilitas tinggi, laptop ini cocok untuk Anda miliki. Untuk urusan pemrosesan grafis, laptop ini mengandalkan GPU Intel UHD Graphics 620 serta grafis diskrit Nvidia Geforce MX230. Software untuk desain umumnya memiliki ukuran file besar serta menguras RAM. Tak perlu khawatir, Dell Inspiron 5491 telah dibekali memori 512 GB serta RAM 8 GB yang bisa di-upgrade. Agar tetap berjalan smooth saat kerja berat, prosesornya ditenagai Intel Core i7 Comet Lake.

Pengerjaan gambar pasti membutuhkan tampilan layar yang tajam dan kaya warna. Kualitas panel layar IPS LCD dengan ketajaman Full HD cukup untuk memanjakan mata Anda. Tak berhenti di situ, produk ini dibekali pre-installed OS Windows 10 sehingga Anda tidak perlu membeli lisensinya lagi. Anda juga dapat menggunakannya dalam beberapa mode, di antaranya mode tablet, laptop, dan tent.

Tipe device Convertible
CPU Intel Core i7-10510U
Resolusi layar FHD (1920 x 1080)
Ukuran 14 inci
Media penyimpanan 512 GB SSD
RAM 8 GB
Bobot 1,67 kg
Kisaran harga Rp14.999.000

4. Alldocube KNote X Pro

Dilengkapi kipas pendingin antibising untuk memaksimalkan kenyamanan

Pada umumnya, laptop akan mengalami kenaikan suhu ketika digunakan terlalu lama yang menyebabkan kipas pendingin bekerja lebih keras dan bising. Alldocube Knote X Pro dibekali dengan kemampuan pelepasan panas yang senyap dan tidak mengganggu. Selain tidak berisik, laptop 2 in 1 ini membuat Anda betah digunakan berlama-lama.

Produk ini memiliki konsumsi daya relatif rendah berkat proses fabrikasi 14nm pada prosesornya yang berjenis quad-core generasi ke-8 dari Intel. Button keyboard terbuat dari kulit yang lembut saat ditekan. Selain itu, pada tiap tombol keyboard terdapat backlight berwarna biru untuk memudahkan Anda mengetik pada ruangan minim cahaya.

Tipe device Keyboard dan layar independen
CPU Intel Gemini Lake N4100 Quad Core
Resolusi layar QHD (2560 x 1440)
Ukuran 13,3 inci
Media penyimpanan 128 GB SSD
RAM 8 GB
Bobot 1,05 kg
Kisaran harga Rp5.499.000

5. Dell XPS 13 2-in-1 7390

Mampu menghalau panas lebih lama dengan sistem pendinginan canggih

Jika Anda sering melakukan perjalanan bisnis, laptop 2 in 1 ini mampu menemani mobilitas Anda. Sistem pendinginannya mampu menjaga suhu tetap stabil dengan dua kipas terpisah, serta desain internal vapor chamber yang membuang panas dengan lebih efektif. Desain yang tipis, mewah, dan elegan tidak akan menyusahkan untuk dijinjing!

Konsumsi daya yang rendah serta ramah lingkungan dibuktikan dengan sertifikasi dari Energy Star, EPEAT, dan bebas BFR/PVC. Layarnya mengusung desain InfinityEdge dengan rasio layar ke bodi 16:10. Bagi penggemar desain, komposisi warna yang dihasilkan produk ini lebih kaya dan sempurna dengan DCI P3 90% keseluruhan warna dan layar UHD tersertifikasi HDR 400.

Tipe device Convertible
CPU Intel Core i7-1065G7
Resolusi layar FHD (1920 x 1200)
Ukuran 13,4 inci
Media penyimpanan 512 GB SSD
RAM 16 GB
Bobot 1,33 kg
Kisaran harga Rp24.399.000

6. Lenovo Yoga C640

Layar cerah dan jernih untuk kebutuhan hiburan Anda

Lenovo mengusung 2 in 1 laptop dan tablet dengan tampilan warna layar yang vibrant, menghasilkan grafis jernih untuk menonton video atau sekedar scrolling kiriman Instagram. Kecerahan layar mencapai 400 knit membuatnya tetap visible saat terkena sinar matahari.

Fiturnya semakin lengkap berkat kemampuan audio yang kaya. Kelebihan Ini berkat ditancapkannya speaker menghadap depan serta teknologi Dolby Audio yang terkenal dengan kualitas suaranya yang nyata dan jernih ketika Anda hubungkan keheadphone.

Tipe device Convertible
CPU Intel Core i7-10510U
Resolusi layar FHD (1920 x 1080)
Ukuran 13,3 inci
Media penyimpanan 512 GB SSD
RAM 16 GB
Bobot 1,25 kg
Kisaran harga Rp15.249.000

7. ASUS VivoBook Flip 14 TP412FA

Layar super responsif cocok untuk desainer grafis profesional

Bagi seorang graphic designer, sensitivitas layar saat disentuh menjadi poin utama saat memilih perangkat untuk mendesain seperti tablet. ASUS Vivobook Flip 14 TP412FA menerapkan sensor sentuh dengan presisi tinggi yang menghasilkan tekanan layar responsif mengikuti gerakan jari tangan. Device ini juga mendukung penggunaan ASUS Pen. Tak hanya itu, 10-point multitouch memungkinkan Anda menyentuh layar dengan sepuluh jari secara bersamaan.

Laptop sekaligus tablet berukuran 13 inci ini memiliki ukuran sangat tipis dan stylish dengan bezel sempit di setiap sisinya. Dilengkapi konektor USB Type-C, transportasi file antarperangkat dapat berjalan lebih cepat dan smooth. Jika Anda adalah seorang content creator atau graphic designer, memiliki VivoBook Flip 14 akan sangat membantu kebutuhan kreatif Anda!

Tipe device Convertible
CPU Intel Core i5-8265U
Resolusi layar FHD (1920 x 1080)
Ukuran 14 inci
Media penyimpanan 512 GB SSD
RAM 8 GB
Bobot 1,5 kg
Kisaran harga Rp11.299.000

8. HP Envy X360 13-ar0108AU

Cocok untuk menunjang produktivitas di kantor

Pekerja kantoran seringkali harus melakukan presentasi di depan kolega. Dengan laptop 2 in 1 besutan HP ini, aktivitas presentasi Anda dapat dilakukan lebih mudah berkat engsel layar yang dapat diputar 360°. Didukung bobot ringan hanya 1,3 kg, tangan Anda takkan cepat pegal.

Ditenagai processor generasi kedua AMD Ryzen 5 membuat performanya lebih baik dibandingkan seri pendahulunya. Jika Anda menyukai game, aktivitas game ringan masih dapat dilibas dengan tangguh sebab GPU AMD Radeon Vega 8 Graphics-nya..

Tipe device Convertible
CPU AMD Ryzen 7 3700
Resolusi layar FHD (1920 x 1080)
Ukuran 13,3 inci
Media penyimpanan 1 TB SSD
RAM 16 GB
Bobot 1,31 kg
Kisaran harga Rp19.199.040

9. Microsoft Surface Pro 7

Laptop serba bisa untuk segala kebutuhan Anda

Produk ini cocok dipilih untuk Anda yang menginginkan laptop 2 in 1 dengan kemampuan all in one yang seimbang di setiap aspek. Untuk keperluan kerja tak perlu diragukan lagi, baterai awet ditambah dukungan fitur dari Microsoft memungkinkan segala pekerjaan kantor dapat terselesaikan. Kebutuhan kreatif Anda terakomodasi prosesor Intel Core yang powerful serta resolusi layar FHD.

Microsoft Surface Pro 7 semakin versatile berkat fitur tambahan Instant On dan Wake On Open yang membuatnya bisa segera Anda gunakan kembali, bahkan ketika layar sudah dalam keadaan mati. Tak hanya awet, pengisian ulang dayanya telah didukung fast charging sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk penuh.

Tipe device Keyboard dan layar independen
CPU Intel Core i7-1065G7
Resolusi layar QHD (2736 x 1824)
Ukuran 12,3 inci
Media penyimpanan 256 GB SSD
RAM 16 GB
Bobot 775 g
Kisaran harga Rp27.700.000

10. Lenovo ThinkPad X1 Yoga Gen 4

Lebih aman dengan layar berteknologi privacy guard

Apakah Anda khawatir jika ada orang lain sering menengok ke arah tablet Anda? Jika iya, Anda mungkin cocok dengan laptop 2 in 1 satu ini. Perangkat ini menjaga privasi dalam layar hanya untuk Anda, sedangkan ketika orang lain melihat akan nampak layar gelap saja. Ada juga software Privacy Alert yang terintergasi dengan IR camera pada tablet yang akan memperingkatkan Anda jika ada orang yang mencuri pandang ke arah perangkat Anda.

Tidak hanya bagian keamanan, pada seri ini Lenovo memerhatikan aspek lain yang tak kalah penting. Bodinya memiliki build quality gahar yang telah diuji standar militer serta ratusan kali quality check untuk memastikan produknya kuat di kondisi ekstrem sekalipun. Laptop 2 in 1 Lenovo ini sudah termasuk ThinkPad Pen Pro untuk mempermudah Anda membuat coretan kreatif di layar secara langsung.

Tipe device Convertible
CPU Intel Core i7-8565U
Resolusi layar FHD (1920 x 1080)
Ukuran 14 inci
Media penyimpanan 512 GB SSD
RAM 16 GB
Bobot 1,4 kg
Kisaran harga Rp20.999.999

Kesimpulan

Sesudah mengikuti artikel dari cara pemilihan hingga melihat laptop 2 in 1 pada list produk di atas, apakah Anda sudah memastikan ingin membeli laptop 2 in 1 yang mana? Perhatikanlah kebutuhan dasar Anda agar memudahkan pemilihan, apakah laptop tipe convertible atau hybrid yang sesuai bagi Anda? Ada juga laptop 2 in 1 yang posisi keyboard dan layarnya independen.

Soal performa, pilihlah prosesor dengan memerhatikan generasi dan tingkatan core-nya. Anda juga bisa memilih prosesor dari lini AMD yang terkenal unggul untuk urusan gaming. Pada akhirnya, spesifikasi laptop 2 in 1 yang bagus berdampak pada nilai jual yang tinggi pula. Oleh karena itu, sesuaikan kembali kebutuhan Anda dengan budget yang Anda miliki. Selamat memilih!

(Visited 418 times, 8 visits today)