Written by 20:39 Gaya & Penampilan

10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik

Selain menghemat waktu, mencukur rambut sendiri akan menghemat pengeluaran bulanan. Tersedia bermacam jenis alat cukur di pasaran, namun alat cukur elektrik paling umum dipilih karena menjual kepraktisan. Berbagai keunggulan ditawarkan, mulai dari fitur pengisian ulang baterai (recharge), hingga alat cukur yang bisa dicuci dengan air.

Kemei dan Wahl memproduksi banyak pilihan alat cukur yang mungkin membuat Anda kebingungan memilih salah satunya. Selain kedua merek tersebut, Philips, Nova, dan Andis juga merilis alat cukur elektrik untuk memperbanyak pilihan kepada orang-orang. Untuk menemukan alat cukur rambut terbaik, Anda bisa memilih produk alat bedasarkan referensi yang kami berikan. Selamat membaca!

Cara Memilih Alat Cukur Rambut

Pertama-tama, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih alat cukur rambut. Setiap produk menjual kelebihan, mulai dari material pisau, kecepatan motor, hingga fitur inovatif seperti antiair untuk menarik minat pengguna. Sebelum memilih salah satunya, bacalah secara saksama ulasan panduan pemilihan alat cukur rambut di bawah ini!

Pilih Alat Cukur dengan atau tanpa Kabel?

Alat cukur rambut dibedakan ke dalam dua jenis, yakni alat cukur dengan kabel (cord) dan tanpa kabel (cordless). Untuk alat cukur tanpa kabel terbagi lagi menjadi dua macam yaitu dengan baterai sekali pakai dan baterai yang dapat diisi ulang (recharge). Keduanya memang praktis, namun terdapat perbedaan kecil di antara masing-masingnya.

Untuk alat cukur dengan kabel, Anda perlu mencolokkan kabel ke stopkontak agar  bisa dioperasikan. Oleh karena mempunyai kabel yang cukup panjang, Anda mungkin merasa kurang nyaman menggunakannya. Namun, alat cukur rambut dengan kabel dinilai lebih stabil dan Anda bisa memakainya untuk waktu lebih lama tanpa khawatir kehabisan baterai.

Sementara alat cukur tanpa kabel memang membuat Anda harus menyiapkan dulu daya baterainya agar mesin cukur bisa digunakan. Namun, alat cukur rambut tanpa kabel memungkinkan penggunaan di kamar mandi. Beberapa orang lebih nyaman untuk mencukur rambut di kamar mandi. Jadi, pilihlah alat cukur yang paling memudahkan untuk Anda, entahkah alat cukur dengan kabel atau tanpa kabel.

Periksa Tipe Motor yang Digunakan

Produk pencukur rambut untuk self cut ataupun keperluan komersial dimotori oleh beberapa tipe mesin. Ada alat cukur yang menggunakan rotary motor, electromagnetic motor, dan pivot motor. Ketiga tipe motor ini paling lazim dijadikan penggerak pisau cukur. Manakah tipe motor yang paling ideal?

  • Rotary Motor. Tipe motor ini menyediakan kekuatan dan kecepatan gerak motor yang seimbang. Alat cukur yang menggunakan rotary motor dianggap lebih fleksibel, sehingga Anda lebih leluasa membentuk gaya rambut sesuai selera.
  • Electromagnetic Motor. Sering disebut universal motor karena tipe motor ini paling banyak ditemukan pada alat cukur elektrik, khususnya yang berharga terjangkau. Desain motor cukup bisa diandalkan dengan menggerakan pisau ke depan dan beakang. Alat cukur dengan electromagnetic motor lebih sering aus dan motornya cukup berisik, sehingga kurang ideal untuk penggunaan komersial.
  • Pivot Motor. Tipe ini mirip dengan magnetic motor namun menggunakan dua elektromagnet dan tidak disertai pegas. Daya potong pivot motor dua kali lebih baik dibandingkan alat cukur yang menggunakan electromagnetic motor. Tipe motor ini cukup kuat memotong rambut yang basah, sehingga bynak dipilih oleh hair stylist professional dan ideal untuk penggunaan sehari-hari.

Tipe motor pada alat cukur rambut ibarat jantung pada setiap produk. Jadi, pikirkan matang-matang jenis motor mana yang akan Anda pilih dari alat cukur pilihan Anda.

Pilih yang Mata Pisaunya Terbuat dari Material Berkualitas

Sama halnya dengan motor atau mesin yang digunakan, material mata pisau pun memengaruhi kenyamanan guna dan kualitas hasil yang diberikan. Pada umumnya, mata pisau pada alat cukur terbuat dari material stainless steel dan carbon steel. Kedua material tersebut mampu mempertahankan ketajaman lebih lama. Buat Anda yang ingin menggunakan alat cukur dengan sedikit perawatan mata pisau, pilihlah alat cukur dengan mata pisau berbahan carbon steel atau stainless steel.

Selain kedua bahan tadi, beberapa produsen lebih memilih material titanium karena dari segi kualitas lebih baik. Namun, mata pisau berbahan titanium cenderung ditemukan pada alat cukur rambut dengan label harga jual lebih tinggi dibandingkan stainless steel atau carbon steel. Kemudian, alat cukur ada pula yang memiliki mata pisau bermaterialkan ceramic.

Ceramic blades adalah pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menggunakan alat cukur rambut untuk penggunan sekeluarga. Mata pisau dari keramik tidak cepat panas meski beroperasi dalam waktu lama. Walau demikian, Anda perlu merawatnya dengan baik karena ketahanan mata pisau keramik tidak sebaik stainless steel atau carbon steel blades.

Lebih Nyaman dengan Alat Cukur yang Tidak Berisik

Sebaiknya Anda memilih alat cukur yang mesinnya tidak berisik. Pasalnya, perlu waktu sampai seluruh bagian rambut tercukur sempurna. Biasanya proses mencukur memakan waktu antara 20 – 30 menit tergantung keahlian masing-masing orang. Baik sudah mahir atau kali pertama mencukur rambut sendiri, pastikan alat cukur pilihan Anda tidak berisik.

Alat cukur yang tidak berisik jelas lebih nyaman digunakan. Selain menghindari produk yang mengeluarakn suara berisik, Anda kami sarankan memilih alat cukur yang getarannya tidak terlalu kencang. Kedua aspek ini perlu diperhatikan agar demi kenyamanan selama proses mencukur rambut.

Mencari Produk dengan Fitur Shaving? Pastikan Kepala Pencukurnya Fleksibel

Apakah Anda termasuk orang yang mengalami pertumbuhan rambut kumis dan jenggot cepat? Jika iya, Anda perlu alat cukur yang dilengkapi fungsi shaving. Pilihlah produk yang ideal mencukur rambut kepala, kumis, dan jenggot. Menurut sebuah riset, setidaknya setiap pria mengalami luka halus 20-40 goresan yang baru akan terasa sehabis mencukur (after shave).

Maka itu, kami menganjurkan Anda membeli alat cukur yang mempunyai desain kepala fleksibel bila ingin dipakai menSecukur rambut wajah. Mata pisau yang mampu mengikuti kontur rahang wajah takkan menimbulkan luka halus saat bercukur. Produk yang dapat bekerja dalam kondisi basah dan kering lebih direkomendasikan karena Anda akan menerapkan shaving cream.

Pilih Alat Cukur yang Nyaman di Genggaman Tangan Anda

Seperti telah disinggung sebelumnya, butuh waktu sekurang-kurangnya 20 menit bagi setiap orang menyelesaikan self cut-nya. Karena tidak bisa dianggap sebentar, akan terasa lebih nyaman jika alat cukur Anda berbobot ringan. Secara umum alat cukur rambut memiliki berat 300 – 500 gram. Pilihlah produk pencukur yang tidak membebani tangan Anda, ya!

Di samping memperhatikan berat alat cukur, hal lain yang penting diperiksa adalah kemudahan penggunaannya. Anda tentu menginginkan hasil cukuran yang bagus dan sempurna, bukan? Oleh sebab itu, carilah produk yang mencantumkan penjelasan cara pakai produk, termasuk menjalankan fitur-fitur khususnya.

Pilih Produk yang Mata Pisaunya Bisa Dicuci

Setelah mencukur Anda akan mendapati banyak anak rambut hinggap pada sisir atau malah mata pisaunya. Bersihkanlah secara rutin supaya alat cukur Anda tetap mengeluarkan kinerja baik. Sekarang ini, rata-rata produsen menyediakan sikat pembersih berukuran mini sebagai alat pembersih mata pisau dan guide combs.

Tak hanya itu, beberapa merek bahkan menginovasikan produknya dengan washable system. Berkat sistem antiair, Anda akan merasakan kemudahan lebih setiap kali membersihkan alat cukur. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati agar tidak terjadi korsleting pada alat cukur rambut  antiair sehingga menyebabkan kerusakan. Waspadai pula agar Anda terhindar dari kemungkinan tersengat listrik sewaktu menggunakannya.

Jangan Lupa untuk Mengecek Kelengkapan Aksesorinya

Di setiap pembelian alat cukur rambut, Anda akan menerima paket komplet yang umumnya terdiri dari alat cukur, minyak pelumas, dan sikat pembersih. Aksesori lainnya yang biasa dicantumkan antara lain gunting rambut, sisir khusus dengan lebar gigi berbeda-beda, dan yang paling penting adalah sisir pelengkap mata pisau atau guide combs/attachment combs.

Upayakan memilih alat cukur dengan variasi sisir pelengkap mata pisau cukup banyak. Setiap sisir mata pisau mampu memberikan hasil pencukuran dengan panjang berbeda-beda. Dengan adanya guide combs, Anda pun lebih mudah mengatur potongan rambut dan menghindari kesalahan potong.

10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik

Berikut ini kami memperkenalkan sepuluh alat cukur rambut terbaik kepada Anda. Pilihlah produk mengacu bagian tips pemilihan alat cukur yang sudah kami terangkan sebelumnya. Selamat menentukan!

1. Kemei KM-809A Electric Hair Clipper

Bermata pisau stainless steel, tak perlu perawatan lebih!

Kemei K809-A memiliki empat sisir yang dapat disesuaikan panjangnya, dari mulai 3 mm, 6 mm, 10 mm, hingga 13 mm. Dilengkapi layar LCD, alat cukur ini memungkinkan penggunanya mencukur rambut lebih mudah dan nyaman karena bisa melihat daya baterai yang tersisa pada layar yang tertera.

Material mata pisaunya terbuat dari bahan stainless steel, menjadikan alat cukur persembahan Kemei berikut tahan karat dan tajam. Selain itu, Kemei-809A juga sangat praktis digunakan di kamar mandi sebab bisa beroperasi tanpa kabel, namun pastikan baterainya sudah terisi dulu, ya!

Tipe pemakaianDengan kabel dan tanpa kabel
Material mata pisauStainless steel
Bisa dicuci
Aksesori1 x cleaning brush, 4 x guide combs, dan 1 x power adapter
Berat± 365 g
Kisaran hargaRp295.000

2. Mitsuyama MS-5022 Professional Trimmer

Meskipun murah, kualitasnya prima

Desain minimalis dan ringan dengan berat kurang lebih 400 gram menjadikan Mitsuyama MS-5022 nyaman digunakan. Tak perlu terganggu oleh kabel melilit karena alat cukur ini dapat dioperasikan tanpa kabel hanya dengan me-recharge baterainya. Alat cukur ini bermata pisau stainless steel yang tidak mudah berkarat.

Mitsuyama MS-5022 mempunyai 3 sisir clip-on dengan panjang yang beragam, yaitu 3 mm, 6 mm, dan 9 mm sehingga dapat menyesuaikan hairstyle yang Anda inginkan. Satu lagi, alat cukur ini sudah dilengkapi minyak pelumas untuk menjaga pisau cukur tetap tajam.

Tipe pemakaianDengan kabel dan tanpa kabel
Material mata pisauTidak disebutkan
Bisa dicuci
Aksesori1 x botol minyak pelumas, 1 x power adapter, dan 3 x guide combs
Berat± 400 g
Kisaran hargaRp50.000

3. Wahl Cordless Magic Clip

Baterainya tahan hingga 90 menit!

Memang, produk keluaran tahun 2017 ini dibanderol dengan harga cukup mahal. Tapi Anda jangan pergi ke lain hati dulu, ya! Alasannya, price tag tersebut tentu sepadan dengan kecanggihan yang dimilikinya. Wahl Cordless Magic Clip dipersenjatai teknologi terbaru yang dirancang untuk memberikan performa mencukur maksimal untuk menghasilkan potongan bersih, halus, dan sempurna.

Alat cukur satu dari brand dunia ini dilengkapi mata pisau lancip yang dapat memotong rambut dengan tajam, cepat, dan effortless. Tidak hanya itu, baterai Li-Ion menjadikan Wahl Cordless Magic Clip dapat digunakan tanpa kabel selama 90 menit. Penasaran membuktikannya sendiri?

Tipe pemakaianDengan kabel dan tanpa kabel
Material mata pisau2161 x Stagger-Tooth Crunch Blade
Bisa dicuci
Aksesori1 x sikat pembersih, 1 x botol minyak pelumas, 8 guide combs, 1 x red blade guard, dan 1 x power adapter
Berat± 290 g
Kisaran hargaRp1.495.000

4. Codos CHC-830 Waterproof Rechargeable Baby Clipper

Tahan air dan tanpa suara, aman digunakan untuk bayi

Codos CHC-830 merupakan alat cukur rambut yang dirancang khusus untuk bayi. Alat cukur tahan air dan tanpa suara ini mempunyai lebar 0,8 mm sehingga nyaman digenggam. Desainnya pun bergambar kartun yang menarik bagi anak-anak.

Codos CHC-830 dilengkapi mata pisau yang dapat dilepas pasang sehingga mudah dibersihkan. Apalagi, kecepatan motornya dapat disesuaikan hingga tujuh level, mencukur semakin praktis. Pakailah tanpa kabel (cordless), niscaya buah hati Anda akan tenang selama proses mencukur!

Tipe pemakaianDengan kabel dan tanpa kabel
Material mata pisauCeramic
Bisa dicuci
Aksesori1 x guide combs, 1 x cleaning brush, 1 x power adapter
Berat± 150 g
Kisaran hargaRp1.150.000

5. Philips HC3426/15 Hair Clipper

Dipersenjatai dual technology yang canggih

Alat cukur yang dibanderol seharga kurang dari satu juta ini menawarkan pengalaman mencukur yang mudah dan cepat. Bagaimana tidak, Philips mempersenjatainya dengan teknologi Trim-n-Flow dan Dual-Cut yang membuat rambut tidak tersangkut saat dicukur, serta pisau cukurnya yang didesain agar mampu mengasah sendiri.

Selain dilengkapi teknologi canggih, Philips HC3426/15 mempunyai mata pisau yang dapat dilepas pasang sehingga mudah untuk dicuci. Alat cukur ini tidak memerlukan pelumas untuk mempertajam pisau cukurnya kembali. Dengan baterai Ni-MH, Philips HC3426 dapat bertahan selama 75 menit tanpa kabel dan memerlukan waktu pengisian daya selama delapan jam.

Tipe pemakaianDengan kabel dan tanpa kabel
Material mata pisauStainless steel
Bisa dicuci
Aksesori2 x guide combs dan 1 x power adaptor
Berat± 280 g
Kisaran hargaRp790.000

6. Kemei KM-2600 Electric Hair Clipper

Alat cukur yang cocok digunakan seluruh anggota keluarga

Jika Anda membutuhkan alat cukur dengan tingkat kebisingan rendah, mata pisau yang mampu mengasah otomatis, serta hasil potongan halus, jelas Kemei KM-2600 pilihannya! Material mata pisau stainless steel membuat pisau cukur ini memudahkan Anda memotong rambut bahkan dengan ukuran tebal sekalipun!

Alat cukur ini dilengkapi 5 sisir dengan ukuran beragam, mulai dari 3 mm, 6 mm, 9 mm, 10 mm, hingga 13 mm. Cukup diisi ulang selama 1 jam, Kemei KM-2600 siap bekerja hingga 2 jam tanpa kabel. Alat cukur berdesain menarik ini termasuk aman digunakan untuk bayi, anak-anak, serta pastinya orang dewasa.

Tipe pemakaianDengan kabel dan tanpa kabel
Material mata pisauStainless steel
Bisa dicuci
Aksesori1 x cleaning brush, 1 x power adapter, dan 4 x guide combs
Berat± 350 g
Kisaran hargaRp410.000

7. Harnic HCL-008 Magnetic Hair Clipper

Sediaan kabel sepanjang 180 cm, tak perlu dekat-dekat stopkontak

Harnic HCL-008 hadir dengan look minimalis dan elegan. Alat cukur ini dapat diatur untuk memotong bermacam-macam panjang dan gaya rambut serta dapat menghasilkan cukuran presisi yang optimal. Material pisau dari baja karbon menjadikan alat cukur ini kuat, keras, serta tahan aus.

Harnic HCL-008 dilengkapi dengan empat buah sisir clip-on dengan ukuran yang beragam. Sayangnya, produk ini belum bisa beroperasi tanpa kabel. Walau demikian, Anda tetap dijamin merasakan kenyamanan saat menggunakan alat cukur ini karena panjang kabelnya yang mencapai 180 cm.

Tipe pemakaianDengan kabel
Material mata pisauCarbon steel
Bisa dicuci
Aksesori1 x botol minyak pelumas, 1 x pelindung mata pisau, 1 x gunting, 1 x sisir, 1 x sikat pembersih, dan 4 x guide combs
Berat± 400 g
Kisaran hargaRp197.000

8. Nova NHC 3738 Professional Rechargeable Trimmer

Ukuran mini dan ringan, multifungsi pula!

Jika Anda termasuk orang yang tidak mau repot membeli banyak macam alat cukur, kami harap Anda tertarik mencoba Nova NHC 3738. Selain untuk memotong rambut kepala, produk ini juga dapat digunakan untuk memotong kumis dan jenggot. Lebih praktis dan multifungsi, bukan?

Ukurannya yang mini dan ringan sangat nyaman digenggam. Nova NHC 3788 menyedikaan sisir berbentuk clip-on yang mudah digeser ke depan dan belakang, memudahkan penggunanya memotor rambut dengan berbagai gaya. Walau tidak bisa dicuci, mata pisaunya terbuat dari stainless steel yang minim perawatan, lho!

Tipe pemakaianDengan kabel dan tanpa kabel
Material mata pisauStainless steel
Bisa dicuci
Aksesori1 x botol minyak pelumas, 1 x sikat pembersih mini, 1 x pelindung mata pisau, dan 1 x power adapter
Berat± 200 g
Kisaran hargaRp46.000

9. Kemei KM-8058 Multifunctional Hair Clipper Shaver

Tidak pegal meski digunakan dalam waktu lama

Selain untuk mencukur rambut, Kemei KM-8058 juga dapat digunakan untuk memotong kumis. Desainnya yang unik serta berbobot ringan membuatnya ramah di genggaman tangan untuk waktu lama. Alat cukur ini didukung teknologi peredam suara sehingga dipastikan tidak berisik.

KM-8058 dilengkapi LED sebagai lampu indikator baterai saat pengisian ulang. Produk ini memiliki dudukan untuk meminimalisir alat cukur diletakkan di sembarang tempat. Pada satu paket pembelian, konsumen akan memperoleh 5 jenis kepala cukur dan sisir berbentuk clip-on yang dapat mewujudkan gaya rambut sesuai keinginan.

Tipe pemakaianTanpa kabel (recharge)
Material mata pisauCeramic
Bisa dicuci
Aksesori3 x guide comb, 1 x shaver head, 1 x beard trimmer, 1 x precision trimmer, 1 x nose and ear trimmer, 1 x gunting, 1 x sikat pembersih mini, 1 x power adapter, dan 1 x charging base
Berat± 337 g
Kisaran hargaRp240.000

10. Andis Fade Adjustable Blade Clipper

Mampu mencukur rambut yang masih basah!

Andis merupakan salah satu brand alat cukur terbaik di Amerika Serikat. Salah satu produk terlarisnya adalah Andis Fade Adjustable Blade Clipper. Alat cukur ini dikenal dengan ketajaman dan daya tahannya, serta kecepatan motor magnetnya yang dapat menghasilkan tenaga hingga 14.000 goresan per menit.

Hal menarik yand ditawarkan oleh Andis adalah, Anda dimungkinkan mencukur rambut yang masih dalam keadaan basah. Tentu saja, kondisi rambut kering pun akan terpotong sempurna olehnya. Berkreasi pun semakin leluasa berkat sediaan 5 sisir tambahan berukuran 1,5 mm, 2,4 mm, 3 mm, 4,5 mm, dan 6 mm.

Tipe pemakaianDengan kabel dan tanpa kabel
Material mata pisauCarbon steel
Bisa dicuci
Aksesori5 x guide comb, 1 x sikat pembersih, dan 1 x pelindung mata pisau
Berat± 498 g
Kisaran hargaRp1.400.000

Kesimpulan

Berbagai gaya rambut kesukaan bisa Anda ciptakan sendiri setelah memiliki alat cukur rambut untuk kebutuhan self cut. Apabila Anda memerlukan produk untuk kebutuhan usaha barbershop, pilihlah alat yang dapat bertahan lama, tidak cepat panas, dan tidak mengeluarkan suara berisik maupun getaran kencang.

Kesepuluh alat cukur rambut terbaik sudah kami cantumkan di atas. Anda berhasil menemukan salah satu yang paling diminati? Rawatlah alat cukur secara rutin agar tetap berfungsi baik. Gunakan sikat pembersih secara teliti sehingga tidak ada anak rambut yang menempel pada sisir atau mata pisau. Eits, namun lebih praktis bila alat cukur Anda bisa dicuci! Semoga artikel ini bermanfaat!

(Visited 55.547 times, 132 visits today)