Kosmetik & Kesehatan

10 Handbody Terbaik untuk Kulit Kering [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Banyak orang mengalami masalah kulit kering akibat berbagai faktor, seperti cuaca, gaya hidup, atau penggunaan produk yang kurang tepat. Untuk mengatasi kulit kering, selain mengonsumsi air putih yang cukup, serta makan buah dan sayur secara teratur, handbody untuk kulit kering juga bisa Anda gunakan.

Saat ini sudah tersedia banyak produk handbody untuk kulit kering di pasaran, seperti Cethapil, Aveeno, Rosken, dan Sukin. Untuk menemukan handbody untuk kulit kering terbaik, simaklah rekomendasi produk dari PickyBest kali ini. Kami juga merangkum cara memilihnya, lho!

Berkolaborasi dengan Dermatovenereologist, dr. Annisa Anjani Ramadhan

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DVPakar/Spesialis

Artikel ini disusun bersama dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan. Dokter tamatan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menambahkan informasi terkait penyebab dan gejala kulit kering, golongan bahan pelembap, dan masih banyak lagi.

Dokter yang cukup aktif berbagi informasi terkait kesehatan kulit di akun Instagram-nya ini juga menambahkan tips dalam penggunaan handbody untuk kulit kering terbaik, lengkap dengan panduan penggunaan produk serta alasan mengapa penting merawat kulit yang kering.

Apa Penyebab Kulit Kering?

blank

Kulit yang kering dapat disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.

Faktor internal:

  • Genetik (kekurangan faktor pelembap alami kulit, seperti ceramide pada kulit atopi atau kelainan bawaan pada iktiosis dan sindrom-sindrom lainnya)
  • Dehidrasi atau kekurangan asupan cairan dan nutrisi.

Faktor eksternal:

  • Iklim kering dengan suhu dingin atau panas yang ekstrim.
  • Pajanan air panas berulang.
  • Iritasi dan peradangan.
  • Penggunaan sabun dan skincare secara berlebihan sehingga mengangkat lemak kulit.
  • Mandi secara berlebihan (terlalu sering atau terlalu lama)

Gejala kulit kering yang akan tampak biasanya kulit bersisik, terasa kaku, perih dan merah di area yang sering teregang atau bergerak, mudah iritasi, dan tampak tidak glowing. Rasa gatal juga lebih sering dikeluhkan pada kulit kering.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Cara Memilih Handbody untuk Kulit Kering

Sesudah memahami perbedaannya, di bagian ini terdapat poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih handbody untuk kulit kering.

Pilihlah yang Tinggi Formula Pelembap

Pilihlah yang Diperkaya Formula Pelembap dan Tabir Surya

Handbody untuk kulit kering yang hendak Anda gunakan sebaiknya mengantongi formula pelembap yang tinggi, seperti shea butter, lanolin, ceramide, gliserin, hyaluronic acid, atau asam stearat.

Ada tiga golongan pelembap yang biasa ditemukan pada skincare:

Humektan

  • Golongan bahan aktif pelembap yang bekerja menarik air dari lingkungan di luar kulit dan struktur di bawah kulit. Jenis ini baik untuk meningkatkan kadar air, namun secara bersamaan juga mendorong penguapan air melalui kulit.
  • Contoh humektan: Gliserin, AHA, madu, asam hialuronat, urea, pantenol, aluminium dan sodium laktat, sorbitol, gelatin, asam sodium pirolidon karboksilat, propylene glycol, dan butylene glycol.

Emolien

  • Golongan bahan aktif pelembap yang bekerja melembutkan lapisan teratas kulit stratum korneum melalui komponen lemak/minyaknya. Jenis ini memberikan sensasi lembut dan meredakan peradangan, namun terasa licin atau lengket.
  • Contoh emolien: Minyak natural, ceramide, asam lemak (lauric acid, linoleic acid, oleic acid, atau stearic acid), dan skualan.

Oklusif

  • Golongan bahan aktif pelembap yang bekerja dengan cara menutup permukaan kulit untuk mencegah penguapan air melalui kulit. Jenis ini mampu mempertahankan kandungan air lebih lama di kulit dan meningkatkan penyerapan bahan aktif lain di dalam produk skincare, namun bersifat menutup pori, menimbulkan sensasi panas/gerah, dan lengket.
  • Contoh oklusif: Minyak mineral, dimethicone, parafin, lanolin, shea coccoa mango butters, beeswax, dan minyak natural.

Ketiga golongan pelembap di atas penting ada pada sebuah handbody untuk kulit kering. Produk pelembap modern biasanya mengandung campuran ketiga golongan pelembab ini guna mengoptimalkan efek hidrasi dan mempertahankannya lebih lama.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Pilih yang Diperkaya dengan Tabir Surya atau Tidak?

blank

Apabila Anda lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, penting juga untuk memilih handbody yang mengandung minimal SPF 30 agar kulit mampu melawan efek buruk sinar matahari seperti radikal bebas atau sunburn.

Anda bisa mengenali keberadaan sunscreen pada label kemasan atau mengecek ada tidaknya bahan tabir surya seperti zinc oxide, titanium dioxide, oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate.

SPF dan PA adalah suatu besaran yang menggambarkan kekuatan dan ketahanan suatu produk, khususnya sunscreen, untuk melindungi kulit dari sinar UVB (digambarkan oleh SPF) dan UVA (digambarkan oleh PA).

Semakin tinggi nilai SPF dan PA, artinya molekul bahan aktif sunscreen lebih banyak sehingga saat diaplikasikan lebih rapat menutup permukaan kulit. Selain itu, besaran SPF juga melambangkan seberapa sering kita harus mengoleskan kembali sunscreen saat beraktivitas.

Jika beraktivitas outdoor, gunakanlah produk dengan minimal SPF 30. Lakukan reaplikasi setiap 2 jam. Sementara nilai PA, Anda bisa menggunakan PA++ hingga PA+++. Di sisi lain, lebih disarankan agar mengenakan pakaian tertutup berwarna gelap yang longgar agar perlindungan tubuh semakin optimal.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Untuk Kulit Sensitif, Cek Bahan Pelengkap yang Terkandung

Lebih Baik Tidak Menggunakan Produk dengan Tambahan Parfum

Jika Anda mempunyai tipe kulit yang sensitif, sebaiknya hindari handbody untuk kulit kering yang mengandung parfum berlebihan, pewarna, atau bahan dekoratif seperti pearl glitter. Hindari juga produk dengan kandungan asam glikolat dan asam laktat.

Pada kulit sensitif, utamakan produk yang berfungsi untuk memperbaiki sawar kulit. Anda bisa mengenali produk ini dengan mengecek keberadaan emolien di dalamnya.

Pilih produk yang bersertifikasi BPOM sebab sertifikasi luar negeri berarti diuji dan dikaji sesuai karakter konsumen luar negeri, yang belum tentu serupa dengan konsumen Indonesia.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

10 Rekomendasi Handbody Terbaik untuk Kulit Kering

Setiap handbody memiliki kelebihan dan manfaat masing-masing. Berikut ini adalah rekomendasi sepuluh produk handbody untuk kulit kering terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat memilih!

Sepuluh rekomendasi handbody untuk kulit kering berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Annisa Anjani Ramadhan.

1. Soho Global Health Noroid Soothing Lotion

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Solusi untuk mengatasi kulit kering, sensitif, dan iritasi

Soho Global Health Noroid Soothing Lotion adalah produk pertama yang bisa Anda pertimbangkan. Selain memperbaiki fungsi skin barrier, produk ini bisa mempertahankan kelembapan kulit. Body lotion untuk kulit kering ini bebas paraben, ethanol, dan fragrance sehingga aman untuk kulit sensitif.

Fungsi lainnya adalah untuk mengurangi rasa gatal dan radang, sehingga dapat menjadi solusi untuk mengatasi kulit sensitif, iritasi, dan dermatitis. Anda bisa menggunakannya pada seluruh tubuh, termasuk muka. Pakailah produk ini setelah mencuci wajah atau setelah mandi. Aplikasikan pada kulit setelah menggunakan sun protection.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Gentle dan cocok untuk penggunaan harian.
  • Teksturnya ringan dan gampang meresap.
  • Isinya banyak dan habisnya cukup lama.
  • Melembuat kulit lembap dan glowing tanpa rasa perih.
  • Bisa meredakan dermatitis, gigitan serangga, atau alergi.
  • Memberikan sensasi adem sehingga nyaman digunakan.
  • Membantu memperbaiki skin barrier.
  • Tidak lengket, tidak berminyak, dan gampang diratakan.
  • Tidak mengandung fragrance, aman untuk kulit kering dan sensitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak tersedia kemasan travel size.
Kandungan pelembab Glycerin, butylene glycol, stearic acid, vitis vinifera seed oil, glyceryl stearate, macadamia ternifolia seed oil, hydrogenated olive oil
Tabir surya Tidak disebutkan
PAO 12 bulan
Keamanan BPOM
Isi 200 mL
Kisaran harga Rp171.600
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Cetaphil Moisturizing Lotion

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kulit tampak lebih lembap, lembut, dan halus

Apakah Anda memiliki kulit kering dan kasar? Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan Cetaphil Moisturizing Lotion. Produk ini dapat membuat kulit Anda lebih lembap, bertekstur lembut, dan terlindungi.

Menariknya lagi, handbody untuk kulit kering ini non-comedogenic. Karena sudah teruji secara dermatologi dan bebas pewangi, lotion ini aman untuk semau jenis kulit.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Formulanya gentle dan efek lembapnya tahan lama.
  • Membantu meredakan redness dan beruntusan.
  • Pemakaiannya awet, habisnya cukup lama.
  • Muka menjadi lebih cerah tanpa menimbulkan jerawat atau komedo.
  • Terbuat dari bahan-bahan natural, tanpa paraben dan parfum.
  • Tidak menimbulkan iritasi.
  • Selain untuk wajah, bisa diaplikasikan pada tubuh.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Meninggalkan kesan lengket dan berminyak.
  • Teksturnya cukup heavy.
Kandungan pelembab Avocado oil
Tabir surya Tidak disebutkan
PAO 24 bulan
Keamanan Dermatologist- tested, BPOM, hypoallergenic, non-comedogenic
Isi 200 mL
Kisaran harga Rp239.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. AVEENO Daily Moisturizing Lotion

blank

Sumber: Aveeno.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bebas dari fragrance dan alkohol serta telah teruji secara dermatologi

AVEENO mengeklaim handbody untuk kulit kering buatannya ini dapat memberi kelembapan pada kulit sepanjang hari. Tidak hanya itu, produk ini juga memberi perlindungan terhadap kulit dan membuatnya terlihat lebih halus. Kandungan emollients-nya dapat memberi efek soothing pada kulit.

Colloidal oats yang terkandung di dalamnya dapat mengatasi rasa gatal, melindungi skin barrier, dan menjaga pH kulit. Kelebihan lainnya adalah tidak ada kandungan fragrance dan alcohol, sehingga aman digunakan bahkan oleh kulit sensitif sekalipun.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Wangi oat-nya soft dan tidak mengganggu sama sekali.
  • Efek lembapnya tahan sampai 24 jam, tidak perlu sering re-apply.
  • Setelah dibilas, tidak meninggalkan rasa licin atau lengket.
  • Kulit menjadi lebih sehat setelah penggunaan.
  • Membantu mengurangi rasa gatal.
  • No fragrance, cocok untuk kulit sensitif.
  • Tidak lengket dan mudah diratakan ke kulit.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Butuh waktu agak lama untuk meresap.
Kandungan pelembab Glycerin, prebiotic oat
Tabir surya Tidak disebutkan
PAO 6 bulan
Keamanan Dermatologist-tested
Isi 354 mL
Kisaran harga Rp209.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Sensatia Botanicals Hydrating Body Lotion

blank

Sumber: Sensatia.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Efek lembapnya tahan lama

Kulit kering Anda diserta warna tidak merata dan terlihat kusam? Produk dari Sensatia Botanicals ini dapat menjadi solusi untuk mengatasinya. Dengan memberikan kelembapan yang tahan lama, handbody untuk kulit kering ini dapat membuat kulit Anda terasa lembut.

Karena wanginya soft dan tidak berlebihan, handbody ini nyaman digunakan. Jika digunakan secara rutin, kulit akan lebih sehat dan halus. Uniknya, produk buatan lokal ini tidak meninggalkan rasa lengket dan ramah lingkungan. Supaya hasilnya lebih optimal, pakailah pada pagi dan malam hari.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya cair, ringan, dan cepat meresap.
  • Wanginya enak, segar, natural, calming, dan tahan lama.
  • Membuat kulit lembap, lembut, dan calm.
  • Memberikan sensasi dingin di kulit.
  • Meredakan alergi dan tidak menyebabkan beruntusan.
  • Size-nya besar, isinya banyak, bisa dipakai beberapa bulan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Agak susah di-blend.
Kandungan pelembab Coconut oil, shea butter, bitter orange flower oil, citric acid, cananga odorata flower oil, aloe leaf extract
Tabir surya Tidak disebutkan
PAO 12 bulan
Keamanan BPOM
Isi 300 mL, 500 mL
Kisaran harga Rp180.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Terbukti meningkatkan kelembapan kulit

Apabila kulit Anda kering dan rusak, Anda memerlukan produk yang bisa merawat kulit kering, seperti Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion. Hasil penelitian Universitas Jena membuktikan bahwa produk ini dapat meningkatkan kelembapan kulit hingga 26 persen sesudah tiga minggu pemakaian.

Dilengkapi dengan shea butter, handbody untuk kulit kering ini bisa menjaga keseimbangan lipid yang membuat kulit lebih lembut dan halus. Selain itu, produk ini juga dapat membantu proses regenerasi kulit. Iritasi kulit bisa diringankan berkat kadar phytoterols-nya yang tinggi.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya cair, ringan, dan gampang meresap.
  • Setelah pemakaian, kulit menjadi lebih halus dan lembut.
  • Meredakan eczema dan menghilangkan noda hitam.
  • Melembapkan kulit seharian tanpa menimbulkan rasa lengket dan iritasi.
  • Menangkal radikal bebas dan mencegah timbulnya kerutan.
  • Free paraben, sangat cocok untuk kulit sensitif.
  • Terbuat dari bahan-bahan alami.
  • Kadar pH-nya sangat seimbang dengan kebutuhan kulit.
  • Wanginya enak dan soft.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Desain tutupnya agak kurang rapat.
  • Meninggalkan kesan greasy dan licin di kulit.
Kandungan pelembab Shea butter, glycerin, sodium lactate, lactic acid
Tabir surya Tidak disebutkan
PAO 36 bulan
Keamanan Dermatologist-tested
Isi 200 mL
Kisaran harga Rp295.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. The Body Shop Olive Nourishing Body Butter

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kualitasnya tetap terjaga meskipun kemasannya sering berubah

Dilengkapi dengan olive oil dan shea butter, The Body Shop Olive Nourishing Body Butter bakal melembapkan dan menutrisi kulit Anda yang kering. Walaupun kemasannya sering mengalami perubahan, kualitasnya tetap terjaga hingga sekarang.

Meskipun formulanya cukup kental, handbody untuk kulit kering ini tidak meninggalkan rasa lengket. Wanginya yang lembut dan fresh memberikan rasa nyaman bagi penggunanya. Setelah mandi, gunakan produk ini ke seluruh tubuh dan biarkan sampai meresap ke kulit.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memberikan kelembapan yang tahan lama pada kulit.
  • Aromanya sangat enak, soft, dan relaxing.
  • Mudah meresap di kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket.
  • Memberikan efek hidrasi dan menutrisi kulit.
  • Membuat kulit lebih lembut, halus, glowing, dan kencang.
  • Produknya tahan lama karena isinya cukup banyak.
  • Bisa mencegah dan menyamarkan strech mark setelah pemakaian rutin.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Teksturnya agak berat.
Kandungan pelembab Shea butter, cocoa butter
Tabir surya Tidak disebutkan
PAO 12 bulan
Keamanan BPOM, dermatologist-tested
Isi 200 mL
Kisaran harga Rp249.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Rosken Dry Skin Cream

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengatasi kulit kering dalam waktu empat hari saja

Karena paparan sinar matahari dan sering berada dalam ruangan ber-AC, kulit bisa menjadi kering dan bersisik. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk dari Rosken ini. Rosken Dry Skin Cream menambah kelembapan kulit dua kali lipat daripada sebelumnya dalam waktu empat hari saja. Bahkan, efek lembapnya bisa dirasakan sejak penggunaan pertama.

Di samping itu, formulanya tidak berminyak sehingga kulit bisa menyerapnya dengan cepat. Handbody untuk kulit kering dari Rosken ini dirancang untuk menghidrasi, melembutkan, dan menghaluskan kulit. Dilengkapi ekstrak zaitun, produk ini dapat membantu proses regenerasi kulit. Karena kadar pH-nya seimbang, produk ini cocok diaplikasikan pada seluruh area tubuh.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Selain wajah, bisa diaplikasikan pada badan.
  • Meredakan rasa gatal dan mengurangi black head.
  • Kulit lebih smooth, supple, cerah, hydrated, dan tidak mudah berjerawat.
  • Gampang diratakan dan bisa memperbaiki skin barrier.
  • Tidak meninggalkan kesan lengket di kulit.
  • Mudah di-blend dan efek lembapnya awet.
  • Memberikan sensasi sejuk di kulit.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Memiliki wangi yang menyengat.
  • Teksturnya heavy dan meninggalkan kesan greasy.
Kandungan pelembab Glycerin, oleo europaea (olive) fruit oil, sodium lauryl sulfate, sodium cetearyl
Tabir surya Tidak disebutkan
PAO Tidak disebutkan
Keamanan BPOM
Isi 25 mL, 75mL, 250 g, 400 mL
Kisaran harga Rp142.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. L’Occitane Shea Ultra Rich Body Lotion

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pelembap harian yang bisa menutrisi kulit

Gunakan L’Occitane Shea Ultra Rich Body Lotion untuk merawat kulit kering Anda. Selain berfungsi sebagai pelembap harian, produk ini juga memberikan nutrisi bagi kulit.

Kemasannya berupa botol yang tidak gampang pecah sehingga cocok dibawa saat berpergian. Handbody untuk kulit kering ini diklaim aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan alami.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya ringan, cepat meresap, dan efek lembapnya awet.
  • Recommended untuk mengatasi eksem.
  • Membuat kulit terhidrasi, lembut, kenyal, dan cerah.
  • Wanginya fresh, lembut, relaxing, dan tahan lama.
  • Produknya mudah ditemukan.
  • Tersedia kemasan travel size yang mudah dibawa berpergian.
  • Formulanya light dan cenderung liquidy.
  • Kemasannya disertai pump sehingga kebersihannya terjaga.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Teksturnya thick dan agak lengket di kulit.
Kandungan pelembab 15% shea butter, honey, apricot oil, glycerin, jojoba oil, caprylyl glycol, beeswax
Tabir surya Tidak disebutkan
PAO 3 bulan
Keamanan Dermatologist-tested
Isi 250 mL
Kisaran harga Rp500.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Sukin Hydrating Body Lotion Bergamot & Patchouli

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dapat melembapkan sekaligus menghaluskan kulit

Kini telah tersedia produk yang dapat melembapkan dan menghaluskan kulit sekaligus, yaitu Sukin Hydrating Body Lotion Bergamot & Patchouli. Sukin merupakan skincare brand yang selalu menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi kulit.

Kandungan aloe vera pada handbody untuk kulit kering ini dapat membantu menutrisi kulit yang kering. Produk ini dapat diserap kulit dengan cepat. Kelembutan dan perlindungan yang dihasilkannya cukup tahan lama. Selain itu, produk ini juga cocok digunakan oleh semua jenis kulit.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya ringan dan gampang meresap.
  • Tidak lengket sama sekali di kulit.
  • Wanginya sangat enak, soft, fresh, dan tidak mengganggu.
  • Sangat moisturizing dan cukup menghidrasi.
  • Tidak ada kandungan sulfat dan paraben.
  • Dilengkapi dengan pump sehingga mudah diambil produknya.
  • Membuat kulit terlihat shining.
  • Bisa dipakai sebagai eczema treatment.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Konsistensinya cukup thick.
Kandungan pelembab Rosehip, avocado oil, jojoba oils, shea butter, cocoa butte
Tabir surya Tidak disebutkan
PAO 12 bulan
Keamanan Tidak disebutkan
Isi 500 mL
Kisaran harga Rp190.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Physiogel Daily Moisture Care Body Lotion

blank

Sumber: Halodoc.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Perawatan harian yang efektif untuk kulit kering dan sensitif

Handbody untuk kulit kering terbaik lainnya adalah Physiogel Daily Moisture Care Body Lotion. Diformulasi untuk merawat kulit kering dan sensitif, handbody ini dapat memberi kelembapan pada kulit.

Produk ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada tubuh saja, melainkan juga pada wajah. Aplikasikan pada tubuh dan wajah dua hari sekali atau sesuai kebutuhan Anda.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya ringan, cair, cepat meresap, dan tidak lengket.
  • Tidak ada kandungan fragrance, aman untuk kulit sensitif.
  • Mudah diratakan ke kulit dan daya lembapnya cukup lama.
  • Setelah pemakaian rutin, kulit terasa lebih lembut, glowing, dan sehat.
  • Membantu memulihkan iritasi, rasa perih, dan gatal.
  • Gentle dan tidak meninggalkan kesan greasy.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Isinya hanya sedikit sehingga cepat habis.
Kandungan pelembab Konsentrat DMS
Tabir surya Tidak disebutkan
PAO 18 bulan
Keamanan BPOM
Isi 200 mL
Kisaran harga Rp272.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Handbody untuk Kulit Kering

Produk Soho Global Health Noroid Soothing Lotion Cetaphil Moisturizing Lotion AVEENO Daily Moisturizing Lotion Sensatia Botanicals Hydrating Body Lotion Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion The Body Shop Olive Nourishing Body Butter Rosken Dry Skin Cream L’Occitane Shea Ultra Rich Body Lotion Sukin Hydrating Body Lotion Bergamot &   Patchouli Physiogel Daily Moisture Care Body Lotion
blank

Sumber: Sohoglobalhealth.com

blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan pelembab Glycerin, butylene glycol, stearic acid, vitis vinifera seed oil,   glyceryl stearate, macadamia ternifolia seed oil, hydrogenated olive oil Avocado oil Glycerin, prebiotic oat Coconut oil, shea butter, bitter orange flower oil, citric acid, cananga   odorata flower oil, aloe leaf extract Shea butter, glycerin, sodium lactate, lactic acid Shea butter, cocoa butter Glycerin, oleo europaea (olive) fruit oil, sodium lauryl sulfate, sodium   cetearyl 15% shea butter, honey, apricot oil, glycerin, jojoba oil, caprylyl   glycol, beeswax Rosehip, avocado oil, jojoba oils, shea butter, cocoa butte Konsentrat DMS
Tabir surya Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan
PAO 12 bulan 24 bulan 6 bulan 12 bulan 36 bulan 12 bulan Tidak disebutkan 3 bulan 12 bulan 18 bulan
Keamanan BPOM Dermatologist- tested, BPOM, hypoallergenic, non-comedogenic Dermatologist-tested BPOM Dermatologist-tested BPOM, dermatologist-tested BPOM Dermatologist-tested Tidak disebutkan BPOM
Isi 200 mL 200 mL 354 mL 300 mL, 500 mL 200 mL 200 mL 25 mL, 75mL, 250 g, 400 mL 250 mL 500 mL 200 mL
Kisaran harga Rp171.600 Rp239.000 Rp209.000 Rp180.000 Rp295.000 Rp249.000 Rp142.000 Rp500.000 Rp190.000 Rp272.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Tip dan Saran dari dr. Annisa Anjani Ramadhan

blank

Kulit kering memiliki sawar kulit yang rapuh, sehingga mudah teriritasi oleh zat kimia yang biasa digunakan sehari hari, bahkan oleh faktor fisik ringan seperti garukan atau kontak dengan permukaan kasar.

Kulit kering juga mudah terinfeksi dan terasa gatal sebab ujung saraf gatal lebih terekspos pada kulit kering. Oleh karena itu, perawatan dengan handbody untuk kulit kering diperlukan agar sawar kulit dapat membaik.

Berikut cara menggunakan handbody:

  • Gunakan minimal 2x sehari 3 – 5 menit setelah mandi. Boleh diulangi 3 – 5 menit setelah kulit berkontak dengan air, seperti setelah berwudu, setelah mencuci pakaian/alat rumah tangga, dsb.
  • Gunakan secukupnya alias tidak berlebihan agar lebih nyaman dan tidak membuat area lipatan terlalu lembap.

Apabila kulit kering tidak membaik dengan perbaikan asupan cairan harian dan penggunaan pelembap yang mumpuni, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Barangkali, kondisi keringnya kulit merupakan gejala penyakit yang lebih berat dan harus ditangani secara ekstra.

Kesimpulan

Setelah menyimak rekomendasi produk dan tips memilihnya, sekarang Anda lebih mudah menentukan handbody untuk kulit kering, bukan? Sebaiknya, gunakan handbody secara teratur agar kulit menjadi lembap.

Handbody akan memberikan nutrisi sekaligus memperbaiki struktur skin barrier Anda. Dari berbagai produk yang telah diulas, manakah yang paling menarik untuk Anda?

You may also like

Comments are closed.