Written by 01:06 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Kulit Kering

Dove Dermaseries Dry Skin Relief Replenishing Body Lotion

Selain kondisi kulit, genetik, klorin pada kolam renang, dan bertambahnya usia, cuaca dingin serta lembap memainkan peran terbesar dalam menghasilkan kulit kering. Untuk menanggulangi kulit agar tidak mengalami kerusakan, Anda harus jaga kelembapannya dengan body lotion untuk kulit kering.

Body lotion yang diperuntukkan bagi kulit kering memiliki kinerja utama dalam menjaga kelembapan dengan menghidrasi kulit. Anda dapat memakai produk dari sejumlah brand, seperti Aveeno, Kiehl’s, Dove, Physiogel, dan Sebamed. Masih bingung harus memilih yang mana? Tidak perlu khawatir karena di artikel ini, Anda dapat membaca ulasan tentang cara memilih berikut rekomendasi body lotion untuk kulit kering terbaik. Selamat membaca!

Apa Perbedaan Body Lotion dan Body Butter?

Perbedaan Body Lotion dan Body Butter

Untuk membantu merawat kulit yang kering, Anda bisa menggunakan body butter ataupun body lotion. Kedua produk ini sama-sama membantu mengembalikan kelembapan dan elastisitas kulit. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan di antara keduanya. Oleh sebab itu, sebelum melihat panduan memilih body lotion, sebaiknya Anda pahami dulu perbedaan antara body lotion dan body butter.

Jika dibandingkan body butter, body lotion mempunyai karakteristik tekstur yang lebih encer sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari. Tekstur yang mudah dioleskan pada seluruh tubuh menjadi kelebihan yang dimiliki body lotion. Kriteria yang baik dari sebuah body lotion untuk kulit kering adalah tidak terlalu berminyak dan menyerap lebih cepat.

Sementara body butter mempunyai tekstur yang sangat pekat menyerupai mentega. Body butter memiliki manfaat lebih banyak, seperti melembapkan kulit yang kering dan pecah-pecah, di bagian siku, tumit, dan lutut. Body butter terbuat dari bahan baku kacang-kacangan sehingga mengandung lemak nabati. Penggunaan body butter lebih tepat di malam hari. Oleh karena penyerapannya lebih lama, yaitu antara 2 hingga 3 jam, sebaiknya Anda menggunakan body butter beberapa jam sebelum tidur.

Cara Memilih Body Lotion untuk Kulit Kering

Sesudah memahami perbedaannya, di bagian ini terdapat pertimbangan-pertimbangan penting yang harus Anda ketahui saat memilih body lotion. Supaya tidak salah membeli produk, sebaiknya baca bagian ini dengan cermat.

Datanglah ke Ahli Kecantikan untuk Berkonsultasi

Sebagai Langkah Pertama Datanglah ke Ahli Kecantikan untuk Konsultasi

Setiap individu memiliki permasalahan kulit kering yang disebabkan oleh banyak faktor. Apabila kulit kering Anda cenderung kusam, kasar, bersisik, dan bahkan mengelupas disertai rasa gatal, maka boleh jadi ada penyakit kulit yang menyebabkan terjadinya kondisi tersebut.

Untuk itulah, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi ke ahli kecantikan, baik di klinik ataupun rumah sakit. Periksakan pula apakah kulit Anda sebatas kering atau justru cenderung sensitif. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan body lotion yang akan digunakan setiap hari, seperti bebas kandungan paraben, pewangi, atau zat aditif lainnya yang dapat mengiritasi kulit.

Pilihlah yang Diperkaya Formula Pelembap dan Tabir Surya

Pilihlah yang Diperkaya Formula Pelembap dan Tabir Surya

Body lotion yang hendak Anda gunakan sebaiknya juga mengantongi formula-formula tambahan, seperti pelembap dan tabir surya. kandungan-kandungan seperti shea butter, lanolin, ceramide,  gliserin, hyaluronic acid,  atau asam stearat digolongkan ke dalam formula pelembap. Pilihlah body lotion yang memiliki tambahan pelembap dengan memeriksa label kemasannya.

Selain itu, apabila Anda lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, maka penting untuk memberikan perlindungan bagi kulit kering Anda. Gunakanlah body lotion yang bukan hanya membantu melembapkan, tetapi memberi lapisan pelindung bagi kulit. Formula tabir surya minimal SPF 30 menjadi syarat dasar dari produk yang Anda kenakan. Dengan begitu, kulit Anda akan mampu melawan efek buruk sinar matahari seperti radikal bebas atau sunburn.

Walaupun sama-sama mampu melembapkan, pada dasarnya bahan-bahan dari sebuah body lotion dapat diperoleh dari banyak sumber. Karena itulah, penting untuk memastikan body lotion yang Anda gunakan tidak dibekali kandungan berupa toner atau astringen berbasis alkohol. Selain itu, pastian pula agar produk yang akan Anda beli bebas kandungan retinol.

Lebih Baik Tidak Menggunakan Produk dengan Tambahan Parfum

Lebih Baik Tidak Menggunakan Produk dengan Tambahan Parfum

Aroma dari sebuah produk perawatan kulit bukan hanya membuat Anda betah. Lebih dari itu, aroma wangi pada setiap skincare, terlebih yang daya tahannya lama, akan meningkatkan mood, membangkitkan semangat sekaligus membantu Anda tetap rileks.

Akan tetapi, bahan pewangi yang diterapkan ke dalam body lotion untuk kulit kering dapat membawa beberapa dampak seperti iritasi. Hal ini dapat terjadi dikarenakan skin barrier atau pertahanan kulit yang lemah. Untuk mencegah hal tersebut, maka paling direkomendasikan bagi Anda memilih body lotion yang berstatus fragrance-free, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Awali dengan Membeli Produk Berukuran Kecil

Awali dengan Membeli Produk Berukuran Kecil

Selain mengutamakan produk yang yang diperkaya pelembap dan tabir surya, Anda juga telah melihat bahwasanya produk yang mengeluarkan aroma wangi tidak selalu baik, terkhusus pada keadaan kulit Anda yang cenderung kering. Ini berarti Anda hanya akan menaruh produk tersebut di kamar. Terbengkalai, dan ujung-ujungnya dibuang ke tempat sampah karena tidak terpakai.

Untuk menghindari hal tersebut, apabila Anda tetap menginginkan produk yang dibekali aroma wangi, belilah body lotion yang kemasannya kecil. Pada umumnya, kulit akan melakukan adaptasi terhadap setiap produk yang mengenainya. Oleh karena itu, dalam hal ini Anda penting juga mempertimbangkan produk dengan ukuran mini, entahkah travel size atau tester produk.

Dengan begitu, ketika Anda mendapati masalah akibat ketidakcocokan kulit terhadap body lotion yang digunakan, Anda tidak begitu menyesal setelahnya. Anda pun bisa melakukan eksperimen dengan cara yang sama hingga mendapatkan produk yang cocok dengan selera Anda ataupun kebutuhan kulit Anda.

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Kulit Kering

Sejauh ini, Anda telah melihat perbedaan dari body lotion dengan body butter. Cara memilih body lotion pun telah kami rangkum pada bagian sebelumnya. Nah, jika Anda sudah yakin untuk memulai proses perburuan, berikut kami perkenalkan sepuluh produk body lotion terbaik untuk kulit kering sebagai referensi Anda. Selamat memilih!

1. Leivy Goat’s Milk Body Lotion

Leivy Goats Milk Body Lotion

Kisaran harga: Rp75.000

Mampu melembapkan dan mencerahkan kulit dalam satu waktu.

Leivy menawarkan body lotion yang bahan baku utamanya berasal dari susu kambing murni. Di dalam susu kambing atau goat’s milk terdapat kandungan yang baik untuk kulit, seperti vitamin A, E, dan B. Tak hanya itu, susu kambing juga menyimpan protein yang secara bersamaan membantu kulit tetap terjaga kelembapannya.

Di sisi lain, ditemukan pula bahan lain berupa susu yang telah terpurifikasi sebagai agen pencerah, pelembut, dan penghalus kulit. Apabila Anda mencari hand body yang bukan hanya efektif melembapkan kulit, tetapi sekaligus mencerahkan dan membuat kulit bertekstur halus dan lembut, Goat’s Milk Body Lotion dari Leivy pilihannya.

2. QV Skin Lotion Repairs Skin

QV Skin Lotion Repairs Skin

Kisaran harga: Rp107.000

Formula bebas pewarna, pewangi, dan zat aditif pemicu iritasi lainnya

Setelah menjadi body lotion untuk kulit kering nomor satu di Australia, kini QV mengepakkan sayapnya dengan memasuki pasar Indonesia. Produk ini dirancang dengan pH yang seimbang sehingga sangat cocok dipakai oleh orang dengan kulit kering maupun sensitif. Di dalamnya tersimpan beragam formula baik yang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

QV Skin Lotion Repairs Skin  memberikan kinerja efektif dalam melindungi permukaan kulit dengan memelihara kelembapannya. Selain ideal dipakai pada kulit kering dan sensitif, body lotion ini juga dapat membantu mengurangi tampilan kulit bersisik dan kusam. Jika Anda mengalami masalah kulit menggelap di bagian siku, lutut, dan tumit, kembali cerahkan bagian tersebut dengan produk ini!

3. Kiehl’s Creme de Corps

Kiehls Creme de Corps

Kisaran harga: Rp380.000

Diperkaya formula pelembap dan tidak meninggalkan kesan lengket

Kulit yang rusak akibat kondisi kering harus diatasi sesegera mungkin. Selain mengonsumsi vitamin yang dikhususkan untuk mengembalikan kesehatan kulit, Anda dapat membantu perawatan dari luar menggunakan body lotion untuk kulit kering persembahan Kiehl’s satu ini.

Kandungan pelembap yang tertera di dalamnya berasal dari cocoa butter, sesame oil, dan beta-carotene untuk membantu kulit kembali berada pada keadaan terbaiknya. Gunakanlah produk pada seluruh kulit tubuh yang kering dan menggelap sehabis mandi. Formula bahan-bahannya tidak lengket sehingga nyaman di kulit.

4. Aveeno Daily Moisturizing Body Lotion

Aveeno Daily Moisturizing Body Lotion

Kisaran harga: Rp200.000

Memberikan kulit super lembap dari pagi hingga malam!

Hanya dalam satu hari pemakaian, produk ini memperlihatkan keajaibannya pada kulit kering Anda! Bagaimana tidak, formulasi Colloidal Oatmeal dan bahan pelembapnya bekerja sangat efektif dan cepat dalam melindungi kulit dari kekeringan selama 24 jam. Hasil berupa kulit yang halus, lembut, dan beberapa tingkat lebih sehat akan Anda peroleh.

Tidak mengherankan jika body lotion ciptaan Aveeno ini tergolong sebagai body lotion terbaik untuk kulit kering di dunia. Pasalnya, selain terbukti mampu meningkatkan kecerahan dan mencegah kulit kering, formulanya yang tanpa pewangi dan bersifat non-comedogenic membuat siapa pun cocok memakai produk ini.

5. Dove Dermaseries Dry Skin Relief Replenishing Body Lotion

Dove Dermaseries Dry Skin Relief Replenishing Body Lotion

Kisaran harga: Rp286.000

Tidak mengandung bahan pewangi dan teruji secara klinis, sangat aman!

Dove Dermaseries Dry Skin Relief Replenishing adalah body lotion untuk kulit kering yang laku keras di Amerika Serikat. Kedatangannya di Indonesia tentu saja disambut baik oleh mereka yang bermasalah dengan kulit sensitif. Jadinya, bagi Anda yang benar-benar ingin terbebas dari masalah kulit kering dan gatal, skincare inilah solusinya!

Tekstur yang dimiliki oleh body lotion Dove ini creamy namun tidak lengket saat diaplikasikan ataupun setelah teraplikasikan ke permukaan kulit. Sudah teruji klinis baik dalam melindungi kulit kering, Anda tak perlu khawatir perihal performanya. Berformulakan fragrance-free dan telah terbukti aman secara dermatologis, produk ini dipastikan membuat Anda nyaman hingga seharian.

6. Physiogel Daily Moisture Lotion

Physiogel Daily Moisture Lotion

Kisaran harga: Rp110.000

Ideal dipakai untuk melembapkan kulit tangan, kaki, ataupun wajah Anda

Bernama lengkap Physiogel Daily Moisture Care Lotion for Dry & Sensitive Skin, produk ini tentu saja dibuat khusus untuk membantu orang-orang terlindungi keadaan kulitnya yang kering. Terbuat dari bahan-bahan yang tidak menimbulkan iritasi, body lotion untuk kulit kering bukan hanya baik dipakai orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan bahkan yang masih berusia bayi.

Agar hasilnya maksimal, Anda dapat menggunakan body lotion ini dua kali atau lebih dalam sehari. Bukan cuma ideal dipakai pada kulit tubuh, produk ini juga bisa Anda aplikasikan ke kulit wajah Anda yang sensitif. Dengan harga jual yang terjangkau, tak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak membeli produk satu ini.

7. Sebamed Anti Dry Hydrating Body Lotion

Sebamed Anti Dry Hydrating Body Lotion

Kisaran harga: Rp213.000

Bantu tingkatkan kadar air dalam kulit hingga 26% hanya dalam 3 minggu

Sebamed banyak memproduksi produk perawatan kulit untuk masyarakat dunia. Pada jajaran body lotion untuk kulit kering buatannya, Anda dapat memilih Anti Dry Hydrating Body Lotion. Dirancang dengan formula aktif berupa fitosterol yang kaya, kandungan tersebut akan berkonsentrasi dalam menyeimbangkan kadar air pada kulit Anda yang kering dan sensitif.

Produk ini mampu menghidrasi kulit hingga 26% hanya dalam pemakaian 3 minggu saja. Secara bertahap, kulit Anda akan berubah dari yang tadinya kering, gatal, atau bahkan bersisik menjadi halus, lembut, dan elastis. Anda bisa menggunakan produk ini di pagi atau malam hari. Untuk hasil maksimal, gunakanlah 2x apabila kinerjanya mulai menurun setelah beberapa jam pemakaian.

8. Cocona Care Body Lotion – Cocolime

Cocona Care Body Lotion Cocolime

Kisaran harga: Rp155.000

Formula tanpa paraben, silikon, dan pewarna yang cepat menyerap ke dalam kulit

Komponen utamanya tidak disertai zat aditif seperti paraben, minyak mineral, silikon, dan pewarna, membuat produk ini cocok untuk segala jenis kulit, termasuk kulit kering. Meski demikian, body lotion untuk kulit kering ini mempunyai aroma buah lemon yang menyenangkan.

Tidak perlu takut kulit memerah karena iritasi yang ditimbulkan oleh bahan pewangi di dalamnya sebab Cocona menjamin komponennya aman untuk semua kondisi kulit. Namun sayangnya, produk ini tidak cocok dipakai sering-sering karena masih terdapat alkohol. Untuk itu, pemakaiannya disarankan hanya ketika kulit mulai kering saja sehingga hanya ideal dipakai ketika Anda di rumah seharian.

9. Nu Skin Perennial® Intense Body Moisturizer

Nu Skin Perennial® Intense Body Moisturizer

Kisaran harga: Rp225.000

Efektif dalam melembapkan, mencerahkan, dan meningkatkan pertahanan kulit Anda

Bila saat ini Anda memerlukan body lotion yang bukan hanya melembapkan kulit Anda yang kering, tetapi juga meningkatkan kecerahan warna kulit secara alami, produk dari Nu Skin satu ini dapat mengabulkan harapan Anda. Body lotion dengan tekstur yang lembut dan formula ringan terhadap kulit ini akan membantu menyehatkan, menyegarkan, dan mencerahkan kulit.

Kenyamanan selama memakai produk ini yang kemudian menjadikannya begitu diminati banyak wanita. Nu Skin menerapkan IBR-Dormin sebagai kandungan yang mampu memberi perlindungan bagi kulit, memelihara elastisitas, dan memperkuat daya tahan jaringan sel-sel kulit tubuh. agar tak mudah rusak oleh radikal bebas.

10. Cetaphil Restoraderm Skin Restoring Body Moisturizer

Cetaphil Restoraderm Skin Restoring Body Moisturizer

Kisaran harga: Rp230.000

Mampu cegah kulit kering dan gatal tanpa menimbulkan efek alergi

Paparan sinar matahari yang secara berlebihan menembus ke dalam lapisan epidermis bisa merusak jaringan kulit. Alhasil, kulit bukan hanya kering, tetapi juga timbul rasa gatal yang sangat mengganggu. Agar kembali sehat dan kuat, kulit Anda dapat diberikan perlindungan memakai body lotion untuk kulit kering dari Cetaphil ini.

Cetaphil Restoraderm Skin Restoring Body Moisturizer akan memainkan perannya dalam melembapkan kulit Anda yang sangat kering dan gatal. Formulanya yang mudah merata dan menyerap ke dalam kulit menjadi keunggulan dari produk ini. Tak hanya itu, body lotion ini juga bebas minyak, pewangi, dan hypoallergenic sehingga cocok dipakai oleh semua usia, mulai dewasa, anak-anak, dan bahkan bayi.

Cara Menggunakan Body Lotion untuk Mengatasi Kulit Kering

Cara Menggunakan Body Lotion untuk Mengatasi Kulit Kering

Keberhasilan dari body lotion yang Anda gunakan untuk mengatasi kulit kering akan lebih maksimal apabila Anda mengetahui cara pengaplikasiannya yang benar. Berikut ini kami jelaskan secara singkat panduan menggunakan body lotion untuk kulit kering yang dapat Anda ikuti.

  • Pastikan Kulit dalam Keadaan Bersih. Disarankan untuk memakai body lotion ketika kulit sudah dalam keadaan bersih. Para pakar kecantikan menyarankan setiap orang menggunakan produk pelembap seperti body lotion setelah mandi agar kulit terjaga kesegaran dan kelembapannya lebih lama.
  • Gunakan Dua Kali Sehari. Apabila produk yang beli secara spesifik diperuntukkan bagi orang dengan kulit kering dan sensitif, maka frekuensi pemakaian yang ideal adalah dua kali sehari. Bila kulit Anda tergolong sangat kering, melakukan pengaplikasian ulang setiap kali kelembapan kulit menurun juga disarankan.
  • Aplikasikan dengan Cara Memijat. Untuk mengoptimalisasi hasilnya, penggunaan body lotion tidak boleh sembarangan. Setelah Anda oleskan ke kulit yang ingin diberi perlindungan, lakukan pemijatan dengan arah memuta agar seluruh nutrisi yang terkandung bisa meresap sempurna. Diamkan selama 5 – 10 menit sebelum Anda pakai beraktivitas ke luar ruangan.
  • Gunakan Secukupnya. Kemampuan dari setiap produk telah dirancang sedemikian rupa agar hasilnya bisa maksimal. Karena itulah, Anda hanya perlu memakai body lotion secukupnya. Gunakan sedikit demi sedikit hingga seluruh permukaan kulit terlapisi dengan sempurna. Jangan buat lapisan terlalu tebal karena kulit Anda justru akan sulit bernapas dan menjadi berminyak.

Kesimpulan

Kulit Anda yang kering akan kembali sehat selama terjaga kelembapannya setiap saat. Gunakanlah body lotion untuk kulit kering terbaik rekomendasi kami secara rutin. Untuk memperoleh manfaat ganda, carilah produk yang diperkaya formula pelindung matahari berupa SPF dengan nilai minimum 30 apabila Anda banyak menghabiskan waktu di luar ruangan.

Selain melakukan perawatan rutin dengan body lotion, Anda juga bisa mengombinasikan pemakaiannya dengan body butter di malam harinya. Mengetahui karakteristik yang pekat namun kaya manfaat dari produk body butter, maka pakailah minimal 30 menit sebelum tidur agar sebagian formulanya telah meresap dari lapisan terluar kulit.

(Visited 15.462 times, 3 visits today)