Kosmetik & Kesehatan

10 Conditioner Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Umum]

Conditioner adalah produk yang dianjurkan penggunaannya setiap kali habis keramas. Produk perawatan rambut ini memiliki berbagai macam jenis, tekstur, dan manfaat untuk berbagai macam permasalahan rambut.

Anda bisa memakai conditioner terbaik keluaran berbagai merek, seperti Dove, Kerastase, Pantene, dan TRESemme. Dari banyaknya pilihan, apakah Anda memahami bagaimana cara memilih conditioner yang tepat? Yuk, ikuti terus pembahasan PickyBest di artikel ini sampai tuntas!

Berkolaborasi dengan Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari

dr. Felicia Puspita SariPakar/Spesialis

dr. Felicia Puspita Sari adalah Dokter Umum yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Selama menjalani masa studi, dr. Felicia cukup sering mengikuti beberapa konferensi ilmiah, baik nasional maupun internasional.

Saat ini, dr. Felicia bertugas sebagai dokter umum di RS Cahya Kawaluyan, Bandung Barat. Sebelumnya, dr. Felicia juga pernah menangani banyak kasus di UGD atau poliklinik di salah satu rumah sakit di kota Denpasar, Bali.

Pentingnya Menggunakan Conditioner

Seberapa Pentingnya Menggunakan Conditioner

Peran conditioner pada rambut sangatlah nyata. Itulah mengapa setiap orang dianjurkan memakai conditioner sehabis keramas dengan shampoo. Conditioner membantu menutupi kutikula rambut yang terbuka setelah mencuci rambut menggunakan shampoo.

Di samping itu, conditioner terbaik menyimpan nutrisi yang baik untuk batang rambut, yang kemudian membentuk lapisan perlindungan di setiap batang rambut tersebut. Sebagai akibatnya, rambut Anda akan lebih siap saat terkena paparan sinar matahari atau mengalami proses styling seperti catok dan blowing rambut.

Conditioner biasanya merupakan langkah kedua setelah Anda mencuci rambut. Apabila sampo diformulasikan khusus untuk membersihkan keringat serta sel kulit mati, conditioner berfungsi membuat rambut Anda tampak lebih lembut dan mudah diatur.

Conditioner merupakan pelembap untuk rambut yang bekerja dengan melindungi lapisan terluar rambut yaitu kutikula rambut. Kutikula berfungsi untuk mengontrol kadar air pada helaian rambut dan melindungi lapisan rambut bagian dalam, sehingga memberikan kekuatan dan tekstur pada rambut.

Conditioner akan menghaluskan kutikula rambut sehingga akan membuat rambut Anda tampak lembut, berkilau, dan sehat. Setiap orang memiliki jenis rambut dengan kebutuhan yang berbeda. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih conditioner yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Cara Memilih Conditioner

Poin-poin apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih conditioner rambut? Simak penjelasannya berikut ini!

Untuk Penggunaan Sehari-hari, Pilihlah yang Formulanya Ringan

blank

Di pasaran, paling umum ditemui jenis conditioner untuk pemakaian sehari-hari. Conditioner semacam ini biasanya dijual satu paket bersama varian shampoo-nya. Anda dapat memilih jenis conditioner ini bila ingin memberi perawatan intens pada batang rambut.

Bedanya dari deep conditioner dan leave-in conditioner, jenis conditioner semacam ini mempunyai formula ringan sehingga cepat meresap ke dalam batang rambut tanpa menyebabkan rambut terlihat lepek atau berminyak.

Oleh karena beberapa produk menyimpan formula yang beragam untuk menyehatkan maupun mengatasi permasalahan rambut, sebaiknya Anda teliti terlebih dahulu komposisi produknya.

Pilih Conditioner berdasarkan Tekstur dan Jenis Rambut

Apakah Anda mempunyai rambut yang keriting? Conditioner berkomposisikan minyak dapat membantu memberikan kelembapan. Tetapi, bagi pemilik rambut ikal, bergelombang, ataupun lurus, gunakanlah conditioner yang difokuskan untuk masing-masing jenis rambut. Selengkapnya bisa disimak di bagian ini!

Untuk Rambut yang Keriting (Sangat Ikal), Utamakan Conditioner Berbahan Minyak

Untuk Rambut Keriting dan Sulit Diatur Pilihlah Masker Rambut dengan Komponen Pelembap Intensif

Rambut yang keriting butuh perawatan lebih agar mudah diatur. Bagi Anda yang memiliki jenis rambut sangat ikal alias keriting, carilah conditioner yang mengandung beragam jenis minyak, seperti minyak kelapa dan minyak argan Maroko untuk membantu melembapkan rambut.

Kandungan shea butter yang biasa menjadi bahan dasar produk skincare juga digunakan untuk menyusun conditioner. Untuk membantu melemaskan rambut Anda yang keriting, kurangi kegiatan keramas menjadi 7 – 10 hari atau bahkan 14 hari sekali, sehingga minyak alami rambut tidak hilang dan menyebabkan rambut kering.

Untuk Rambut Ikal, Pilihlah Conditioner yang Mampu Menghidrasi secara Mendalam

blank

Conditioner yang cocok untuk rambut ikal adalah yang mengandung pelembap kuat, sehingga mencegah rambut terasa kering, kusam, dan gampang kusut. Belilah conditioner terbaik yang berlabel deep hydrating pada label kemasannya, atau memang diperuntukkan khusus rambut ikal.

Agar bahan pelembapnya menyerap sempurna, Anda perlu membiarkan conditioner menempel pada rambut selama 10 – 15 menit, lalu bersihkan seperti biasanya. Conditioner semprot juga bisa Anda pilih untuk menjaga rambut tetap lembap dan lembut, baik dalam kondisi basah ataupun kering. Hanya saja, pastikan spray conditioner Anda dibilas hingga bersih.

Untuk Rambut Bergelombang, Carilah Conditioner dengan Kandungan Pelembap yang Ringan

blank

Salah satu permasalahan rambut bergelombang adalah sulit sekali ditata. Belum lagi, ketika cuaca lembap rambut menjadi mudah kusut, lalu di cuaca kering rambut tampak tipis dan lemas. Hal ini terjadi sebab minyak alami di kulit kepala kesulitan mencapai ujung rambut, beda dengan tipe rambut lurus.

Untuk menangani kesulitan menata rambut bergelombang Anda, Anda dapat mengandalkan conditioner dengan kandungan pelembap ringan. Hindari conditioner yang sifat melembapkannya justru membuat helai rambut Anda menjadi berat.

Untuk Rambut Lurus dan Tipis, Pilihlah Conditioner yang Mampu Mempertebal Rambut

blank

Selain membantu melemaskan rambut, conditioner juga dirancang untuk mempertebal volume rambut. Anda yang mempunyai rambut lurus, tipis, lembut, dan tidak mudah kusut dapat menerapkan conditioner jenis ini.

Disebut juga volumizing conditioner, produk satu ini mempunyai formula lebih ringan dibandingkan conditioner biasa, sehingga tidak menyebabkan rambut terasa berat jika digunakan secara teratur.

Pilih Conditioner Berdasarkan Permasalahan Rambut

Di samping menyesuaikan penggunaan conditioner berdasarkan jenis dan tekstur rambut, langkah berikutnya untuk diperhatikan adalah memilih conditioner sesuai permasalahan rambut yang Anda alami.

Bagi Anda yang Mewarnai Rambut, Pilihlah Color-Depositing Conditioner

blank

Pewarna rambut dapat luntur akibat air, bukan conditioner ketika Anda berkeramas. Justru, penggunaan conditioner untuk rambut yang diwarnai akan mengunci kutikula rambut, dan membantu mempertahankan warna rambut lebih lama.

Carilah conditioner yang berlabel atau bertanda “color safe”, “color care”, “color extend”, “color protection”, atau “sulfate-free”. Di samping itu, color-depositing conditioner bisa menjadi alternatif karena mampu mempertahankan warna rambut. Namun, pilihlah color-depositing conditioner yang warnanya sesuai dengan pewarna rambut Anda.

Pemilik Rambut Berminyak dan Lepek, Sebaiknya Hindari Conditioner bersifat Moisturizing

blank

Kebanyakan conditioner terbaik dirancang untuk melemaskan dan melembapkan rambut. Efek ini sebenarnya tidak diperlukan bagi orang dengan rambut berminyak dan lepek. Solusinya, Anda tetap bisa memakai conditioner, namun hindarilah produk berlabel “hydrating, “moisturizing”, atau “melembapkan” dalam bahasa Indonesianya.

Conditioner yang bersifat melembapkan justru membuat rambut Anda semakin lepek, sehingga perlu dijauhi. Anda juga bisa mencari produk berlabel “light”, “volumizing”, “strengthening”, atau “balancing” yang tergolong ramah bagi rambut berminyak dan lepek.

Jika Rambut Cenderung Kering, Pertimbangkan Produk Berlabel “Hydrating Effect

blank

Apabila Anda merasa rambut Anda cukup kering, namun tidak sampai tahap parah kekeringannya, Anda dapat mengandalkan produk conditioner berlabel “hydrating”, “moisturizing”, atau “balancing” yang intinya membantu memelihara kelembapan alami pada rambut.

Khusus rambut Anda yang bergelombang atau ikal, dan disertai permasalahan kering, berikanlah perawatan menggunakan conditioner yang ditujukan “untuk rambut kering” atau berlabelkan “for curly hair”. Selalu periksa keterangan produk pada kemasannya agar tidak kecewa setelah membelinya.

Rambut yang Kusut dan Sangat Kering, Cobalah Conditioner dengan Formula Lebih Intensif

blank

Bagi rambut yang sangat kering disertai kusut, tentu Anda memerlukan conditioner dengan formula yang lebih intensif. Kerusakan rambut seperti ini tidak melulu diakibatkan oleh paparan panas dari produk styling rambut, tetapi karena kurangnya produksi minyak alami pada seluruh bagian helai rambut.

Jika mengalami permasalahan ini, Anda dapat menanggulanginya dengan memakai daily conditioner. Selain conditioner biasa, Anda juga perlu menerapkan masker rambut dengan kandungan pelembap tinggi paling tidak seminggu sekali. Minyak kelapa juga dapat jadi alternatif alami sebagai perawatan mingguan untuk atasi rambut yang sangat kering.

Usir Ketombe dengan Conditioner yang Ringan dan Bebas Pewangi

Masker Rambut dengan Kandungan Silikon Membuat Rambut Terlihat Bervolume

Ketombe bukanlah masalah rambut, tetapi masalah kulit kepala. Sel kulit mati dan tumpukan minyak yang tidak dibersihkan pada kulit kepala menjadi pemicu utama timbulnya ketombe. Penggunaan shampoo yang tidak tepat juga dapat menyebabkan munculnya ketombe.

Untuk Anda yang menginginkan pemakaian conditioner saat kulit kepala berketombe, carilah conditioner dengan bahan pelembap atau berbahan minyak yang ringan. Hindari juga produk yang mengandung bahan pewangi untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit kepala, yang menyebabkan kulit kepala terasa semakin gatal.

10 Rekomendasi Conditioner Terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan list conditioner terbaik untuk Anda pakai sehabis keramas. Sesuaikan conditioner dengan jenis maupun permasalahan rambut yang Anda alami. Yuk, buat rambut tampak lebih indah, sehat, dan mudah ditata!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Felicia.

1. Safi Hair Xpert-Hair Conditioner

Safi Hair Xpert Hair Conditioner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Menjadikan rambut ternutrisi, lembap, halus, dan tetap wangi selama 48 jam

Produk hair care ini menjadikan permukaan rambut Anda terasa lembut saat disentuh. Selain itu, conditioner dari Safi ini juga tidak akan membuat rambut mengembang ataupun lepek. Banyak orang menyukai conditioner berikut karena aroma wanginya yang mengesankan.

Apalagi, harga jual dari conditioner terbaik ini termasuk ekonomis, cocok untuk kalangan pelajar sekalipun! Berbicara kandungan, Safi Hair Xpert-Hair Conditioner berkomposisikan habbatussauda yang 2x lebih baik dalam menghaluskan rambut agar mudah diatur.

2. Dove Nourishing Oil Care Conditioner

Dove Nourishing Oil Care Conditioner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Mengatasi rambut kering dan kusut secara cepat

Dove Nourishing Oil Care Conditioner kami rekomendasikan untuk Anda yang bermasalah dengan rambut kering dan kusut. Rambut Anda yang sulit diatur akan teratasi secara cepat oleh conditioner terbaik ini. Formulasi Weightless Nutri-Oils di dalamnya menjadikan rambut 100% lebih lembut.

Kinerjanya dalam melembapkan, menghaluskan, dan menutrisi rambut dari dalam tak perlu dilakukan lagi. Kabar baiknya, Dove berani menjamin rambut kusut Anda langsung terasa lebih halus dan lembut sejak pemakaian pertama. Untuk hasil optimal, Dove menyarankan penggunaannya bersama Dove Nourishing Oil Care Shampoo.

3. Kérastase Ciment Anti-Usure

Kérastase Ciment Anti Usure

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Cegah rambut mudah patah akibat proses kimiawi dengan conditioner ini!

Untuk mencegah dan mengatasi rambut mudah patah, kami rekomendasikan Kerastase Ciment Anti-Usure kepada Anda. Walau harganya terbilang pricey, conditioner terbaik ini sangat andal dalam memperbaiki struktur rambut dari lapisan dalam hingga ke luarnya.

Selain itu, teknologi Vita-Ciment yang disematkan mampu mengembalikan semen antar sel, merekonstruksi struktur kutikula rambut, dan membangun kembali struktur rambut secara internal. Sangat ampuh mengatasi rambut Anda yang mudah patah!

4. Wardah Nutri Shine Conditioner

Wardah Nutri Shine Conditioner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Terobosan baru yang memadukan bahan alami dan scentlock fragrance

Mencatutkan scentlock fragrance. aroma segar pada rambut Anda tetap terkunci dan awet seharian, entah itu saat tertutup maupun terbuka. Berbasiskan bahan-bahan alami, conditioner terbaik ini semakin aman dan cocok untuk Anda yang rambutnya sedang sensitif.

Argan oil misalnya, kandungan ini akan menutrisi setiap heali rambut dan menjauhkannya dari kerusakan. Sementara grapeseed extract dan ceramide-nya akan membantu mendorong produksi rambut dan mengurangi tampilan rambut bercabang.

5. Schwarzkopf Extra Care Ultimate Repair Conditioner

Schwarzkopf Extra Care Ultimate Repair Conditioner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Rambut rusak, cenderung kering, dan mudah rontok mampu dijinakkan!

Membawa formula keratin ke dalamnya, kandungan ini akan memperbaiki kerusakan rambut sekaligus mengisi kutikula rambut untuk mengembalikan ketebalan dan kesehatannya. Schwarzkopf Extra Care Ultimate Repair Conditioner menawarkan aroma cokelat manis yang enak dihirup.

Rambut yang tipis, frizzy, ngembang, ataupun sulit diatur mampu ditangani. Sayangnya, cukup sulit menemukan conditioner terbaik ini secara offline di Indonesia, sehingga Anda perlu memesannya melalui online store atau semacamnya.

6. Selsun Nourishing Conditioner

Selsun Nourishing Conditioner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Conditioner yang ampuh mengatasi rambut gatal akibat ketombe

Membawa kebaikan selenium sulfide, kandungan yang direkomendasikan para ahli kesehatan ini bekerja lebih efektif menangani ketombe ketimbang formula anti ketombe lain.

Selain ampuh mengusir ketombe, Selsun juga menerapkan komposisi hydrolized protein untuk memberi kelembapan dan kelembutan rambut yang terjaga setiap hari. Conditioner terbaik ini diperkaya pula oleh prunus dulcis oil dan pro-vitamin B5 yang berperan dalam menutrisi rambut agar senantiasa sehat, serta menjadikannya bersinar.

7. Love Beauty & Planet Volume and Bounty Conditioner

Love Beauty Planet Volume and Bounty Conditioner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Dibekali teknologi cepat bilas, menjadikannya hemat air!

Conditioner terbaik ini memakai botol hasil daur ulang dan telah mengantongi Vegan-Certified juga cruelty free, sangat cocok untuk Anda yang menyukai produk yang melibatkan komposisi dan proses pengujian alami. Love Beauty & Planet Volume and Bounty Conditioner menawarkan keharuman bunga Mimosa yang lembut menyegarkan.

Kandungan organik coconut water di dalamnya turut membantu menguatkan dan mempertebal volume rambut. Bagi Anda yang bertanya-tanya soal keamanannya, conditioner ini dipastikan bebas silikon, paraben, dan pewarna.

8. L’Oreal Paris Smooth-Intense Smoothing Conditioner

LOreal Paris Smooth Intense Smoothing Conditioner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Buat rambut kusut Anda lebih mudah diatur hingga 48 jam!

Kandungan argan oil pada conditioner ini menjadikan rambut Anda 4x lebih lembut dan halus sehingga mudah diatur. Risiko rambut patah juga berkurang berkat teknologi Thermo-Protect yang dicatutkan oleh conditioner terbaik merek L’oreal ini.

Formula Thermo-Protect di dalamnya juga ikut merawat dan melindungi rambut Anda agar tidak mengembang dan tidak mudah lepek. Selain varian botol berukuran 165 ml, L’oreal Paris Smooth-Intense Smoothing Conditioner juga ditawarkan dalam ukuran 200 ml dan 330 ml.

9. TRESemme Keratin Smooth Conditioner

TRESemme Keratin Smooth Conditioner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Formulasi keratin dan minyak argan untuk meluruskan rambut lebih lama

TRESemme pada varian conditioner terbaik Keratin Smooth-nya menawarkan kebaikan bagi rambut Anda yang rusak. Kandungan keratin menjadi komposisi utama dalam melembutkan rambut dan menjadikannya tampak lurus.

Bersama argan oil, rambut lebih ternutrisi dan lembap lebih lama. Jika penggunaannya didampingi TRESemme Keratin Smooth Shampoo, hasilnya akan semakin maksimal. Rambut lurus tanpa mengembang bakal membuat penampilan Anda memukau hingga 48 jam!

10. Pantene Total Damage Care 3 Minute Miracle Conditioner

Pantene Total Damage Care 3 Minute Miracle Conditioner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Solusi untuk segala bentuk permasalahan rambut

Formula Pro-Vitamin pada produk ini bekerja optimal dalam memperbaiki dan melapisi setiap batang rambut, sehingga kerusakan akibat proses pewarnaan pun bisa ditekan. Pantene mengklaim produknya ini mampu mencegah tampilan rambut bercabang hingga 3 bulan!

Gunakanlah conditioner terbaik satu ini untuk melawan kerusakan rambut yang menurunkan kepercayaan diri Anda. Apalagi, pemakaiannya praktis dan efek kerjanya langsung terasa hanya dalam 3 menit, tunggu apalagi? Yuk, miliki conditioner ini sekarang juga!

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

blank

Pilih conditioner sesuai kebutuhan rambut Anda

Berbeda dengan cara pemilihan sampo yang dipilih berdasarkan dengan jenis kulit kepala Anda, conditioner dipilih berdasarkan jenis dan kebutuhan rambut Anda.

Conditioner memiliki tujuan utama untuk menghindari rambut memiliki minyak berlebih, tampak kusut, atau tampak tipis. Pilihlah conditioner yang sesuai dengan tekstur, jenis, dan kebutuhan rambut Anda agar memperoleh hasil yang maksimal.

Penggunaan conditioner yang dianjurkan

Conditioner sebaiknya hanya digunakan dari pertengahan hingga ujung rambut saja. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan ujung rambut Anda berpotensi menjadi bagian paling kering dan rapuh dari keseluruhan rambut Anda.

Jangan mengaplikasikan conditioner pada kulit kepala karena kulit kepala telah menghasilkan minyak alaminya sendiri. Penggunaan conditioner pada kulit kepala dikhawatirkan akan menyebabkan rambut semakin tampak berminyak.

Langkah menggunakan conditioner:

  1. Cucilah rambut dan bilas hingga sampo tidak tersisa.
  2. Gunakan jumlah conditioner yang disarankan pada kemasan produk.
  3. Oleskan conditioner secara merata pada pertengahan hingga ujung rambut Anda.
  4. Jangan mengoleskan conditioner pada kulit kepala.
  5. Pijat lembut conditioner menggunakan jari Anda.
  6. Diamkan conditioner selama beberapa saat sesuai anjuran pada label produk (biasanya selama 1 menit).
  7. Bilas conditioner secara menyeluruh, pastikan tidak ada conditioner yang tertinggal.

Frekuensi yang tepat dalam menggunakan conditioner

Selain harus memperhatikan jenis conditioner yang Anda pilih, Anda juga perlu mengatur frekuensi (seberapa sering) Anda menggunakan conditioner. Frekuensi penggunaan conditioner tergantung dari jenis dan kondisi rambut Anda serta jenis conditioner yang Anda gunakan.

Penggunaan conditioner yang berlebihan (terlalu banyak dan terlalu sering) dapat menimbulkan resiko rambut menjadi berminyak. Penggunaan conditioner yang tidak mencukupi menyebabkan rambut kering dan tampak kusut.

Ciri-ciri rambut dengan penggunaan conditioner berlebihan:

  • Rambut menjadi tampak berminyak
  • Rambut menjadi lepek
  • Rambut berkilau berlebihan
  • Kesulitan melakukan styling rambut

Ciri-ciri rambut dengan penggunaan conditioner yang kurang:

  • Helaian rambut tampak kering dan rapuh
  • Rambut mudah patah
  • Rambut kusut berlebihan
  • Frizzy hair
  • Rambut tampak kusam

Setelah Anda mengetahui hal di atas, segera sesuaikan penggunaan conditioner apabila muncul tanda-tanda over conditioning atau under conditioning tersebut.

Anda sebaiknya selalu memperhatikan dan menggunakan conditioner sesuai anjuran yang tertera pada label kemasan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menetapkan salah satu conditioner yang bagus untuk digunakan? Ketika mengaplikasikan conditioner setelah keramas, lakukanlah dengan menerapkannya ke batang-batang rambut. Hindari memakai kondisioner ke kulit kepala karena justru meninggalkan lapisan yang kemudian menimbulkan masalah baru, seperti ketombe, kulit kepala gatal, dan kulit kepala berminyak.

Demikian pembahasan mengenai conditioner terbaik pada artikel ini. Semoga informasi yang telah kami bagikan dapat menjadi bekal Anda dalam memilih conditioner yang ada di pasaran. Semoga hasilnya sesuai ekspektasi, ya!

You may also like

Comments are closed.