Written by 02:25 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Gel Lidah Buaya Terbaik untuk Kulit dan Rambut

The SAEM Jeju Fresh Aloe Soothing Gel

Gel lidah buaya terbukti baik dalam pemeliharaan kesehatan rambut dan kulit. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan mendukung pemanfaatan lidah buaya sebagai bahan baku industri farmasi, kosmetika, dan makanan ataupun minuman.  Dari sekian banyak fungsi, kami akan menerangkan perihal gel lidah buaya sebagai bahan baku body care dalam artikel ini.

Sejumlah merek mengeluarkan produk gel lidah buaya terbaik, seperti Nature Republic, The SAEM, Innisfree, dan brand lokal Roro Mendut. Masing-masing menjanjikan hasil perawatan yang beragam. Sebelum menampilkan pilihan produk, simaklah terlebih dahulu efek baik dan cara memilih gel lidah buaya yang bagus. Happy reading!

Beragam Khasiat dari Gel Lidah Buaya

Beragam Khasiat yang Dimiliki oleh Gel Lidah Buaya

Sejak dahulu, tanaman lidah buaya banyak difungsikan sebagai obat penyembuhan luka dan perawatan tubuh, terutama kulit badan, kulit wajah, dan rambut. Tumbuhan yang mudah ditemui di kawasan kering Afrika ini dikenal dengan nama lain aloe vera. Ada dua bagian yang biasa diambil pada lidah buaya, yaitu gel dari bagian tengah kulit dan lateks dari sel-sel yang berada tepat di bawah lapisan kulit lidah buaya.

Gel lidah buaya yang asli dan alami memiliki warna bening. Tekstur kenyal membuat gel lidah buaya kerap diterapkan sebagai komponen utama pada obat alami atau salep, losion, krim, dan semacamnya. Dalam berbagai temuan, gel lidah buaya ramah dan lembut di kulit, sehingga banyak diaplikasikan ke kulit kering dan sensitif sebagai pembersih alami, misalnya pembersih makeup.

Produk dalam bentuk losion atau pelembap yang diperkaya gel lidah buaya juga mampu menangani efek sunburn. Rentetan kandungan di dalamnya akan meredakan kulit yang terbakar sinar UV dan meninggalkan kelembapan alami kulit yang hilang. Dengan kata lain, gel lidah buaya bermanfaat untuk membuat kulit terasa nyaman.

Mengacu dari berbagai riset, gel lidah buaya kaya kandungan zat seperti enzim, mineral, asam amino, vitamin, polisakarida, serta senyawa lain yang sangat berguna bagi kesehatan. Sebagai bahan kecantikan, gel aloe vera memberikan dampak positif berupa menghilangkan jerawat, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka, dan meringankan tanda penuaan.

Di sejumlah negara, seperti Korea misalnya, gel lidah buaya sering diolah menjadi bahan alami untuk menghaluskan dan menyegarkan kulit. Anda bisa mengaplikasikan ekstrak tanaman ini ke seluruh tubuh, seperti tumit, lutut, dan sikut untuk membantu mencerahkan warnanya. Sedangkan untuk rambut, gel lidah buaya berperan menjadikan rambut subur dan lebih halus.

Cara Memilih Gel Lidah Buaya yang Bagus

Apakah Anda memerlukan gel lidah buaya sebagai perawatan kulit dan rambut harian? Tidak peduli untuk pria maupun wanita, sebaiknya pertimbangkan poin-poin berikut saat memilih produk gel lidah buaya di pasaran.

Perhatikan Label Kemasan agar Terhindar dari “Permainan” Produsen

Perhatikan Label Kemasan agar Terhindar dari “Permainan” Produsen

Hal pertama yang mesti Anda ingat adalah memeriksa berapa besar persentase ekstrak lidah buaya dari setiap produk. Jika Anda ingin menikmati pengaruh optimal dari lidah buaya, utamakan produk yang mengandung gel lidah buaya tidak kurang dari 90%, dan sisanya merupakan ingredients pendukung lain, seperti pelembap dan whitening agent.

Meski tercantum persentase ekstrak lidah buaya di kemasan produk, berhati-hatilah dengan permainan kata-kata dari produsen. Apabila tertera keterangan “100% Gel”, “Aloe Vera 100% Gel” atau “100% Pure Gel”, maka waspadalah dengan kandungan di dalamnya yang boleh jadi bukan pure aloe vera gel, tetapi hanya gel alami. Sedangkan produk yang mengandung gel lidah buaya asli umumnya bertuliskan “99% Pure Aloe Vera” atau “100% Aloe Vera Gel”.

Periksa Bahan Utama yang Tertera pada Tabel Ingredients

Periksa Bahan Utama yang Tertera pada Tabel Ingredients

Rajin-rajinlah memeriksa kandungan bahan dari produk makeup atau skincare setiap kali Anda bermaksud membelinya. Termasuk urusan membeli produk gel lidah buaya, pastikan kandungan yang digunakan bukan mengutamakan air, melainkan gel lidah buaya. Untuk mengenali hal ini, cermatilah tabel ingredients produk.

Sama halnya dengan kandungan bahan pada produk makanan, komponen utama dari produk gel lidah buaya ditempatkan di urutan atau posisi pertama. Jika terdapat kadar persentase, Anda bisa lebih mudah mengetahui berapa persen penggunaan ekstrak lidah buaya ke dalamnya. Apakah lebih banyak kandungan air (water) atau aloe vera gel-nya? Untuk memastikan, tanyakan langsung pada staf toko semisal Anda melakukan pembelian di drugstore dan semacamnya.

Lebih Baik Memilih Produk yang Menawarkan Sensasi “Cooling Effect” Tanpa Alkohol

Lebih Baik Memilih Produk yang Menawarkan Sensasi “Cooling Effect” Tanpa Alkohol

Sensasi dingin menyegarkan menjadi favorit banyak orang saat menerapkan gel lidah buaya. Suguhan cooling effect ini tidak selalu berasal dari bahan alami lidah buaya, melainkan imitasi dari kandungan alkohol jenis tertentu. Supaya kesan alami produk tidak dirusak oleh keberadaan alkohol, Anda perlu memilih gel lidah buaya tanpa alkohol.

Tenang saja, efek mendinginkan kulit tetap bisa Anda raih dengan melakukan beberapa trik. Caranya mudah, Anda cukup menyimpan produk aloe vera gel ke dalam lemari pendingin sebelum digunakan. Dengan demikian, produk tersebut akan memberikan cooling effect yang sama tanpa harus menyebabkan kulit kering.

Cek Warna Gel untuk Anda yang Mengutamakan Keaslian Produk

Cek Warna Gel untuk Anda yang Mengutamakan Keaslian Produk

Apabila Anda bermaksud mencari gel lidah buaya asli, clue termudah untuk memastikannya adalah mengecek warna gel lidah buaya itu sendiri. Secara alami, warna gel dari tanaman lidah buaya adalah bening sedikit keemasan atau light golden. Anda bisa membuktikannya dengan membelah tanaman aloe vera dan dituangkan ke tangan secara langsung untuk melihat warna aslinya.

Setelah memahami hal tersebut, boleh jadi Anda menemukan produk berbotol transparan dan melihat warna gel di dalam kemasannya bukan light golden atau bening keemasan, tetapi warna lain seperti hijau. Jika demikian, maka besar kemungkinan gel lidah buaya tersebut mengandung pewarna artifisial, sehingga kandungannya tidak sealami yang Anda pikirkan.

Pertimbangkan Gel Lidah Buaya dengan Tambahan Bahan Bermanfaat Lainnya

Pertimbangkan Gel Lidah Buaya dengan Tambahan Bahan Bermanfaat Lainnya

Sejatinya lidah buaya sudah mengirimkan efek moisturizing bagi kulit. Namun, agar tekstur gel menyerap lebih cepat ke dalam kulit, maka diperlukan tambahan bahan untuk meningkatkan daya higroskopik yang dapat diperoleh dari kombinasi kandungan ceramides, hyaluronic acid, atau bahan pelembap lain.

Selain itu, bahan tambahan sepeti morus alba root extract juga ditemukan di beberapa produk sebagai efek pencerah kulit kusam. Anda mungkin juga menemukan gel lidah buaya dilengkapi propolis yang berfungsi sebagai antibakteri ampuh untuk mengatasi jerawat dan meningkatkan daya tahan kulit.

Pilih yang Tidak Mengandung Zat Aditif untuk Memastikan Keamanannya

Pilih yang Tidak Mengandung Zat Aditif untuk Memastikan Keamanannya

Apakah Anda mempunyai kondisi kulit rentan iritasi? Jika iya, Anda membutuhkan gel lidah buaya untuk kulit sensitif. Kami sarankan Anda mengutamakan produk tanpa tambahan pewangi, pewarna, dan paraben guna mencegah reaksi iritatif. Pengaplikasian lidah buaya ke kulit memberikan rasa tenang di kulit sekaligus meningkatkan ketahanan kulit sensitif.

Gel lidah buaya yang tidak mengandung zat aditif juga dianggap lebih aman untuk segala jenis kulit. Pada kulit acne-prone misalnya, produk tanpa zat aditif berformula oil-free akan mencegah pembentukan jerawat baru. Meski cenderung aman, sebaiknya Anda lakukan uji coba produk yang diklaim alami tanpa bahan aditif untuk double check keamanannya.

Pertimbangkan Juga Kapasitas dan Tekstur Gel Lidah Buaya agar Nyaman Dipakai

Pertimbangkan Juga Kapasitas dan Tekstur Gel Lidah Buaya agar Nyaman Dipakai

Umumnya, gel lidah buaya dikemas dalam botol tube dan jar. Jika Anda berencana menggunakannya ke seluruh tubuh, belilah produk berukuran besar dalam kemasan jar. Anda bisa mengaplikasikan gel lidah buaya dalam kapasitas besar tidak hanya ke kulit tubuh, tetapi juga rambut untuk perawatan menyeluruh.

Selain memperhatikan kapasitas produk, kami juga menyarankan Anda memilih gel lidah buaya bertekstur ringan agar nyaman digunakan. Antara satu merek dengan merek lain boleh jadi berbeda dari segi tekstur, sehingga Anda perlu menyeleksinya sesuai preferensi dan keinginan.

10 Rekomendasi Gel Lidah Buaya Terbaik untuk Rambut dan Kulit

Seusai memaparkan tips memilih gel lidah buaya, di bawah ini dapat Anda tengok kesepuluh merek gel lidah buaya terbaik. Tentukan produk dengan mengutamakan keaslian komposisinya, serta fungsi khusus yang membantu Anda memperoleh kulit dambaan. Selamat memilih!

1. Guardian Aloe Vera Gel

Guardian Aloe Vera Gel

Kisaran harga: Rp19.500

Dapat diaplikasikan sebagai masker wajah, rambut, dan penanganan bekas luka

Membutuhkan produk yang mengandung 100% gel lidah buaya murni? Cukup siapkan budget  tak sampai ratusan ribu, Anda sudah bisa mendapatkan produk tersebut. Ini dia Guardian Aloe Vera Gel! Selain memanfaatkan pure aloe vera, tercantum pula vitamin E untuk mengirimkan efek hydrating dan soothing bagi kulit.

Guardian Aloe Vera Gel diformulasi bersama kandungan alami tanpa minyak. Untuk mengatasi kulit terbakar matahari dan gatal, produk ini sangat bisa diandalkan. Di samping melembapkan kulit kering akibat sunburn, gel lidah buaya ini juga tidak mengandung alkohol, pewarna, dan fragrance.

2. Quesella Soothing, Moisture & Brightening Aloe Vera Gel

Quesella Soothing Moisture Brightening Aloe Vera Gel

Kisaran harga: Rp45.000

Bebas formula alkohol, aman untuk segala tipe kulit

Gel yang terbentuk dari 97% ekstrak lidah buaya dari pulau Jeju ini membantu menyejukkan kulit yang meradang. Bukan hanya itu, Quesella menyebutkan produk buatannya ini mampu melembutkan dan memutihkan kulit dengan cara mengurangi bintik flek hitam pada kulit.

Di luar fungsi mencerahkan, tentu gel lidah buaya ini optimal memberi kelembapan kulit. Untuk kulit sensitif, kering, berminyak, dan berjerawat sekalipun, seluruhnya dipastikan aman menggunakan produk ini berkat formulanya yang bebas alkohol.

3. Innisfree Aloe Revital Soothing Gel

Innisfree Aloe Revital Soothing Gel

Kisaran harga: Rp100.000

Kelembapan mendalam bagi kulit berkat aloe vera asal pulau Jeju

Bahan dasar gel lidah buaya dalam produk ini didapat dari pulau Jeju di Korea. Dikemas dalam bentuk tube, Innisfree Aloe Revital Soothing Gel praktis digunakan, terlebih ketika Anda bawa travelling ke berbagai kota maupun negara. Berkat kemasan tube-nya pula, gel di dalamnya terjamin higienis dari paparan bakteri.

Dengan membawa 93% bahan utama gel lidah buaya murni, komponennya siap memberikan kelembapan tinggi melalui kiriman amino acid ke lapisan kulit. Tanpa alkohol maupun pewangi buatan, gel ini pun aman diterapkan ke berbagai jenis kulit.

4. The Face Shop Jeju Aloe 99% Fresh Soothing Gel

The Face Shop Jeju Aloe 99 Fresh Soothing Gel

Kisaran harga: Rp90.000

Cocok dijadikan body care, krim pencukur rambut, maupun hair treatment

The Face Shop turut meramaikan pasar dengan memproduksi produk gel lidah buaya berbahan utama 99% pure aloe vera. Sewaktu dioleskan ke permukaan kulit, tidak butuh waktu lama bagi gel untuk menyerap ke dalam kulit. Tekstur gel tidak kental berwarna bening begitu nyaman dan mudah diratakan.

Kemasannya berupa jar sangat pas untuk Anda yang mencari gel lidah buaya untuk perawatan seluruh tubuh. Untuk mencegah gel melekat ke bagian tutup, The Face Shop menambahkan tutup plastik transparan sebagai pengunci. Produk ini memiliki wangi yang enak dan tidak menyengat.

5. The SAEM Jeju Fresh Aloe Soothing Gel

The SAEM Jeju Fresh Aloe Soothing Gel

Kisaran harga: Rp95.000

Membantu menghilangkan jerawat, mencerahkan kulit, dan meredakan gatal

Merek satu ini cukup populer di Indonesia. Terdapat sebesar 99% lidah buaya murni dilengkapi morus alba root extract, komposisi keduanya diklaim mampu mencerahkan warna kulit terlihat kusam. Gel lidah buaya ini dapat Anda andalkan untuk meredakan kemerahan kulit tanpa butuh waktu lama, yakni sekitar 7-15 menit, dan kulit langsung merasakan efek lembap menyejukkan!

Di samping formula yang cepat bekerja, gel lidah buaya ini dipastikan bebas alkohol, paraben, dan asal sulfat sehingga cocok untuk membantu menghilangkan jerawat tanpa membuat kulit gatal. Tidak berhenti di situ, The Saem juga menjamin kenyamanan pengguna melalui aroma lidah buaya yang sangat lembut.

6. Sensatia Botanicals Aloe Vera Botanical Gel

Sensatia Botanicals Aloe Vera Botanical Gel

Kisaran harga: Rp70.000

Membantu meredakan iritasi kulit dan melawan efek penuaan

Formula ringan menjadikan tekstur gel lidah buaya besutan Sensatia Botanicals cepat menyerap ke jaringan kulit. Mempunyai tingkat pH 5.0 – 6.0, gel lidah buaya ini takkan menciptakan lingkungan hidup bagi bakteri penyebab jerawat maupun masalah kulit lain.

Gunakanlah gel lidah buaya ini ke seluruh bagian tubuh yang Anda mau, mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Berbagai zat aktif dari kombinasi lidah buaya, lavender oil, dan gotu kola akan mendorong efek melembapkan, mengurangi iritasi kulit, dan mencegah penuaan dini.

7. NPURE Cactus Aloe Vera Soothing Gel

NPURE Cactus Aloe Vera Soothing Gel

Kisaran harga: Rp80.000

Bisa dijadikan sleeping mask untuk kulit lembap sepanjang malam

Cuaca panas yang menerpa kulit dapat memicu kerusakan kulit. Anda bisa cegah dampak sunburn tersebut dengan menerapkan NPURE Cactus Aloe Vera Soothing Gel. Mengandung 92% gel lidah buaya asli, produk berlabel BPOM ini berfungsi mengatasi kulit memerah dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

Menariknya, NPURE Cactus Aloe Vera Soothing Gel dapat Anda jadikan base makeup agar kulit lebih siap menerima rangkaian produk kosmetik. Bukan hanya itu, gel lidah buaya tanpa paraben, sodium lauryl sulfate, mineral oil, dan alkohol ini juga dapat Anda aplikasikan sebagai sleeping mask untuk memelihara kelembapan alami kulit sepanjang malam.

8. Holika Holika Aloe Soothing Gel

Holika Holika Aloe Soothing Gel

Kisaran harga: Rp146.000

Menenangkan kulit yang teriritasi akibat sengatan sinar matahari

Holike Holika Aloe Soothing Gel adalah produk gel yang sangat efektif menangkal pengaruh buruk radikal bebas terhadap sel kulit. Anda yang sehari-hari rutin terpapar polusi perlu memberikan perawatan intensif terhadap kulit dengan bantuan gel lidah buaya ini.

Gel lidah buaya ini bakal memberikan kesejukan ekstra yang diperlukan oleh kulit yang terpapar radikal bebas. Selain mendinginkan kulit, gel yang mengandung 99% ekstrak lidah buaya ini tidak mengandung alkohol, paraben, dan asam sulfat, sehinga ideal digunakan untuk seluruh tipe kulit.

9. Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel

Nature Republic Aloe Vera 92 Soothing Gel

Kisaran harga: Rp98.000

Pionir trend produk gel lidah buaya asal Negeri Ginseng

Produk asal Korea ini merupakan pelopor gel lidah buaya yang beberapa tahun terakhir ini booming di berbagai negara. Hadir dalam kemasan berukuran besar, pemeliharaan kulit dan rambut kini dapat Anda lakukan lebih sering tanpa harus me-repurchase produk lebih sering. Ada juga kemasan tube-nya yang lebih kecil, cocok untuk Anda bawa sebagai teman travelling.

Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel mengambil lidah buaya asal California yang terbukti optimal dalam melembutkan, menyegarkan, dan melembapkan kulit. Bintik hitam akibat terpaan sinar matahari juga mampu disamarkan secara signifikan oleh produk ini. Pemakaian teratur membuat kulit Anda tampak glowing, kenyal, dan awet muda. Penasaran mencobanya?

10. Roro Mendut Aloe Vera Gel

Roro Mendut Aloe Vera Gel

Kisaran harga: Rp65.000

Pancarkan kulit cerah dan segar tanpa jerawat ataupun kerutan wajah!

Produk gel lidah buaya persembahan Roro Mendut tak hanya diperkaya aloe vera, tetapi juga komponen bernutrisi lain untuk memastikan kulit dan rambut sehat terjaga. Dalam satu produk, Roro Mendut Aloe Vera Gel mengirimkan bermacam fungsi, seperti pengontrol minyak, pencegah jerawat, penenang kulit teriritasi, anti-aging, dan pencerah kulit.

Kebaikan utama berupa kulit lembap dan terhidrasi mendukung perbaikan kulit akibat pengaruh negatif sinar matahari. Gel lidah buaya ini dapat dipakai sebelum day cream, night cream, atau makeup sebagai primer. Selain itu, Roro Mendut Aloe Vera Gel juga telah memperoleh label halal MUI dan BPOM sehingga tidak ada alasan lagi untuk Anda melewatkan produk ini.

Kesimpulan

Bagaimana, sudahkah Anda menemukan gel lidah buaya terbaik sesuai kebutuhan perawatan? Untuk menjaga kualitas produk supaya tetap awet, Anda perlu menyimpan gel lidah buaya pada suhu ruangan. Jika ingin meningkatkan efek dingin yang diberikan, taruhlah gel lidah buaya ke lemari pendingin.

Berdasarkan rekomendasi gel lidah buaya di atas, kami harap Anda berhasil memperoleh seluruh keutamaan dari kandungan lidah buaya. Kulit yang senantiasa sehat dan rambut bertekstur halus kini mudah Anda miliki hanya dengan rutin melakukan perawatan dengan gel lidah buaya. Selamat mencoba!

(Visited 66 times, 1 visits today)