Written by 00:07 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Krim Penghilang Bulu Terbaik

Kendati berguna untuk sensor kulit hingga pengontrol kelembapan, sebagian orang mengaku risih dengan banyaknya bulu di area tertentu, seperti wajah, lengan, kaki, ketiak, area kewanitaan, dan sebagainya. Apabila Anda bermaksud menghilangkan bulu agar kulit terasa halus, Anda bisa menggunakan krim penghilang bulu, atau yang akrab dengan sebutan krim perontok bulu.

Jika mencukur menyebabkan kulit kasar, krim penghilang bulu tidak demikian, melainkan tekstur kulit menjadi halus karena bulu yang luruh dari akarnya. Cara kerja krim penghilang bulu akan kami jelaskan di sini. Selain itu, kami hendak menampilkan krim penghilang bulu terbaik untuk Anda pilih berdasarkan kebutuhan.  Ayo wujudkan impian menghilangkan bulu yang tak diinginkan tanpa rasa sakit!

Apa itu Krim Penghilang Bulu?

Istilah lain dari krim penghilang bulu adalah depilatory cream. Apakah itu dan bagaimana cara kerjanya? Secara sederhana, depilatory adalah agen untuk menghilangkan bulu yang umumnya berbentuk krim, sehingga orang-orang menyebutnya krim penghilang bulu atau hair removal cream. Cara kerja krim penghilang bulu adalah dengan memecah struktur keratin bulu supaya mudah dihilangkan dari kulit.

Krim penghilang bulu merupakan produk berbasis alkali yang diaplikasikan langsung ke area bulu yang tidak diinginkan. Beberapa saat setelah dioleskan, substansi bulu berubah menyerupai jelly. Bahan kimia yang sering diformulasikan ke dalam hair removal cream antara lain sodium thioglycolate, calcium thioglycolate, dan strontium sulfide. Bahan-bahan tersebut efektif meluruhkan struktur protein pengikat bulu.

Lama kerja krim kurang lebih 5 sampai 10 menit, tergantung kuantitas bulu yang ingin dihilangkan dan formula produknya sendiri. Semakin lebat bulu, proses depilatory pun akan semakin lama. Untuk bulu yang cukup panjang, umumnya butuh waktu lebih lama agar krim dapat maksimal menghilangkan bulu. Setelah menunggu krim bekerja, Anda cukup mengelap area kerja menggunakan kain atau handuk hangat.

Cara Memilih Krim Penghilang Bulu

Ada banyak kelebihan dari penggunaan krim penghilang bulu dibandingkan proses removing unwanted hair lain. Depilatory tidak memerlukan waktu lama, paling maksimal 15 menit, dari mulai persiapan hingga finishing. Selain itu, alasan mengapa orang lebih memilih menggunakan krim penghilang bulu karena relatif terjangkau, bahkan Anda bisa membelinya secara online. Yang lebih penting lagi, tidak butuh keahlian khusus untuk melakukan treatment. Kemudahan ini menjadi hal yang disukai banyak sekali orang.

Meski begitu, tetap ada minusnya. Anda mungkin harus menahan pancaran aroma yang kurang nyaman, atau malah produk tersebut menyebabkan iritasi karena mengandung strong chemicals. Oleh sebab itu, kami terangkan dulu poin-poin untuk Anda simak ketika memilih krim penghilang bulu, entah itu di drugstore maupun secara online.

Paling Utama! Pilih Krim yang Tidak Menimbulkan Reaksi Alergi

Saat menentukan krim penghilang bulu, satu hal yang mesti Anda ingat adalah memilih produk yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Mekanisme kerja memecah protein turut berpotensi merusak kulit. Oleh karena sensitivitas kulit setiap orang berbeda, pastikan Anda memilih krim penghilang bulu yang tidak menimbulkan reaksi alergi, seperti kulit gatal, peradangan, dan perih.

Jika Anda menerapkan krim pada area kulit sensitif, gunakanlah krim khusus untuk menghilangkan bulu di area-area sensitif. Biasanya, produsen mencantumkan pelembap seperti aloe vera untuk menenangkan kulit selama dan pasca perawatan. Hindari krim yang mengandung bahan kimia kuat agar Anda tidak waswas ketika hendak menggunakannya.

Pilih Krim berdasarkan Lokasi Bulu yang Ingin Dihilangkan

Hal tak kalah penting untuk diperhatikan lainnya adalah membeli produk dengan spesifikasi sesuai. Krim penghilang bulu untuk area lengan, paha atas, dan kaki belum tentu cocok diaplikasikan ke daerah kulit sensitif seperti bikini line, ketiak, dan sebagainya. Setiap produk biasanya menerangkan ketentuan penggunaan untuk area-area tertentu saja.

Selain itu, Anda mungkin mendapati krim penghilang bulu yang diklaim aman untuk segala area, termasuk sensitif. Biarpun ada keterangan demikian, sebaiknya Anda tetap lakukan uji coba untuk memeriksa sensitivitas kulit terhadap krim tersebut. Jika tidak ada reaksi negatif, barulah Anda oleskan lebih banyak krim sampai memenuhi jumlah yang dianjurkan.

Selain Krim, Ada pula Produk dalam Bentuk dan Tekstur Lain

Meskipun dinamakan hair removal cream, nyatanya di pasaran tersedia produk berbentuk lain. Mungkin masih jarang di Indonesia, namun di beberapa negara lain bisa Anda temukan krim penghilang bulu dalam bentuk roll-on mirip deodoran. Selain itu, tekstur produk bukan hanya krim, tetapi ada juga berupa gel, milk, foam, dan lainnya.

Variasi bentuk dan konsentrasi tekstur krim penghilang bulu akan mempermudah Anda melakukan treatment. Bagi Anda yang tidak suka sensasi krim, produk bertekstur gel dapat dijadikan alternatif. Upayakan membeli produk yang nyaman Anda gunakan, apalagi jika Anda bermaksud membeli ukuran besar agar bisa dipakai lain waktu.

Seberapa Lama Penggunaan Produk juga Perlu Anda Perhatikan

Apakah Anda berencana menghilangkan bulu saat mandi atau sembari menonton TV? Hal tersebut bukanlah persoalan karena yang lebih penting untuk Anda pertimbangkan adalah soal lamanya pemakaian krim. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, lama waktu setiap krim penghilang bulu bekerja berbeda-beda tergantung kelebatan bulu dan panjang bulu.

Pada umumnya, butuh setidaknya 10 – 15 menit bagi formula krim merusak struktur protein bulu secara sempurna. Selain ditentukan oleh kelebatan dan panjang bulu, area di mana krim dioleskan juga memengaruhi lama produk bekerja. Pada area-area sensitif biasanya hanya memakan 3 – 7 menit, sedangkan untuk area terbuka lain kurang lebih 8 – 15 menit.

Anda perlu memilih produk yang pemakaiannya tidak terlalu lama. Selain menghemat waktu, krim dengan waktu kerja singkat dapat meminimalisir terjadinya alergi. Selain itu, apabila Anda bermaksud mengaplikasikan krim saat mandi, pilihlah krim penghilang bulu yang tidak mudah luntur oleh air.

Pilih berdasarkan Kemudahan Membeli Produk, Termasuk Harganya

Di pasaran Anda bisa mengecek beragam pilihan krim penghilang bulu. Mirael, Veet, SugarPot, dan Cocottee adalah beberapa merek terlaris di Indonesia. Sebagian produk mungkin mudah Anda temukan di counter atau drugstore, namun sebagian lain hanya bisa diperoleh melalui online.

Kami rekomendasikan Anda membeli krim penghilang bulu yang paling mudah. Selain itu, karena frekuensi pemakaian krim mungkin lebih jarang, nampaknya penting agar Anda pertimbangkan ukuran dan harga produk yang hendak dibeli. Krim penghilang bulu yang recommended memiliki kisaran ukuran 50 gram – 250 gram dengan varian harga dari mulai 30 ribu – 150 ribu.

Sebaiknya Anda beli krim penghilang bulu yang dapat dipakai paling tidak 2 kali. Hal ini dapat mengantisipasi penggunaan berulang ketika tidak lama dari pemakaian pertama, bulu tumbuh kembali dalam waktu singkat. Soal harga, siapkan budget yang pas agar Anda tetap bisa berkelanjutan menggunakan produknya.

Belilah Produk berukuran Kecil untuk Lakukan Skin Patch Test

Potensi masalah terbesar saat menerapkan krim penghilang bulu disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, hair removal cream mengandung harsh chemicals, dan sifat alkali sebagai pelarut protein tidak hanya beroperasi pada bulu, melainkan kulit ikut menjadi target alkali karena kulit pun mengandung keratin.

Untuk Anda yang kali pertama mengaplikasikan krim penghilang bulu, lakukanlah skin patch test untuk jangka 24 jam sebelum mengoleskan lebih banyak krim ke area lebih luas. Pengujian ini akan menunjukkan bagaimana reaksi Anda terhadap kandungan kimia di dalam krim. Apabila tidak timbul masalah, beruntunglah Anda!

Namun, jika yang kulit terasa perih, kemerahan, ataupun muncul problem lain, Anda perlu hentikan penggunaan untuk konsultasi dengan dokter. Kami sarankan supaya Anda membeli produk tester atau berukuran kecil dulu. Alasannya, melakukan skin patch test sangat berguna untuk bantu Anda peroleh krim penghilang bulu yang aman dan tidak mengiritasi kulit.

Lebih Terjamin dengan Produk yang Terdaftar di BPOM

Untuk krim penghilang bulu buatan lokal, perlu Anda periksa sertifikasi keamanannya. BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) diberi tanggung jawab negara untuk memberi izin edar produk-produk kosmetik, skincare, makanan, dan obat-obatan di Indonesia. Beberapa merek luar juga tak sedikit yang melakukan uji produk ke BPOM.

Anda bisa cek status izin edar produk di situs BPOM. Sementara itu, ada juga produk impor yang telah dites oleh lembaga terakreditasi dari negaranya. Seperti Some by Mi misalnya yang produknya telah disetujui KFDA (Korea Food and Drug Administration) –kini jadi MFDS, maupun sertifikasi badan-badan terakreditasi lain. Pastikan produk yang Anda gunakan berstatus aman, ya!

10 Rekomendasi Krim Penghilang Bulu Terbaik

Produk dengan kualitas terbaik akan membantu Anda hilangkan bulu yang tidak diinginkan. Bukan hanya pilihan produknya saja, namun keamanan, tekstur, hingga lama waktu kerja yang diperlukan oleh masing-masing krim penghilang bulu dapat Anda temukan di sini. Selamat memilih!

1. SugarPot Strawberry Sugar Wax Kit

Hilangkan bulu secara merata sampai ke akarnya

Waxing kit dari SugarPot ini menggunakan bahan-bahan alami yang tidak mengiritasi kulit. Selain ekstrak stroberi dan apricot seed powder, ditambahkan pula komposisi madu untuk memaksimalkan kinerja waxing gel mengangkat setiap helai bulu hingga ke akar-akarnya.

Produk penghilang bulu ini membuat Anda tidak perlu melakukan treatment dalam waktu singkat. Pasalnya, SugarPot mengklaim produk satu ini bisa menahan pertumbuhan bulu relatif lama, yakni 3 – 4 minggu. Sejak pemakaian pertama, kulit halus bebas bulu menjadi keniscayaan bagi SugarPot Strawberry Sugar Wax Kit.

Area buluWajah, tubuh, brazilian
Jenis/teksturWax, gel
Waktu penggunaanTidak diketahui
KeamananBPOM NA18190800005
Isi250 gram gel wax, 12 washable wax strips, 1 spatula
Kisaran hargaRp105.000

2. Nature Republic Cotton Hair Removal Cream

Bisa dipakai kembali setelah 24 jam apabila hasilnya belum maksimal

Nature Republic mengandalkan 80% thiglycolic acid sebagai komposisi utama krim penghilang bulu ini. Untuk daerah intim maupun daerah terbuka lainnya, krim penghilang bulu ini mudah diratakan walaupun tekstur cream-nya yang thick. Tidak perlu ada khawatir karena produk ini dipastikan aman untuk seluruh area tubuh, termasuk bagian-bagian yang kulitnya sensitif.

Gunakanlah krim ini tidak hanya untuk merontokkan bulu yang lebat, namun bisa juga Anda pakai untuk merontokkan bulu-bulu kasar akibat proses mencukur. Nature Republic Cotton Hair Removal Cream hanya memerlukan 5 – 10 menit sebelum kulit diusap menggunakan wet towel. Apabila setelah pemakaian tampak masih ada sisa-sisa bulu, produk ini sudah bisa digunakan lagi selang waktu 24 jam.

Area buluTangan, ketiak, bikini line/brazilian, kaki
Jenis/teksturCream, thick
Waktu penggunaan± 10 menit
KeamananBPOM NA26190800001
Isi60 g
Kisaran hargaRp155.000

3. Mirael Sugar Paste Wax

Produk penghilang bulu berbentuk waxing gel yang painless

Mirael Sugar Paste Wax termasuk salah satu krim penghilang bulu terlaris di Indonesia. Walau berbentuk wax, produk ini minim rasa sakit alias tidak seperti melakukan waxing di salon. Terdapat 5 varian produk, yakni Apple, Green Tea, Honey, Passion, dan Strawberry, yang masing-masingnya membawa peran tambahan berbeda.

Pada saat membeli krim penghilang bulu Mirael, Anda akan mendapatkan 1 jar sugar wax, 10 kain (strip) yang bisa dipakai ulang, dan 1 spatula untuk mengambil sugar wax. Cukup menempelkan wax strip 5 – 10 detik, Anda sudah bisa menarik kain berlawanan arah dengan pertumbuhan bulu. Bila terasa cekit-cekit setelahnya, Anda bisa gunakan lotion atau soothing gel untuk mengondisikan kulit.

Area buluSeluruh tubuh
Jenis/teksturWax, kental
Waktu penggunaan± 10 detik
KeamananBPOM NA18190800006, NA18190800002, NA18190800003, NA18180800027, NA18180800026
Isi250 mL sugar wax, 10 washable wax strips, 1 spatula
Kisaran hargaRp95.000

4. Some by Mi Perfect Hair Removal Cream

Didukung rose scent yang nyaman dihirup

Bukan karena namanya saja, namun kualitsa yang ditawarkan membuat krim dalam kemasan tube biru telur asin ini digadang-gadang sebagai salah satu perfect hair removal cream. Selain mampu menghilangkan bulu di area lengan dan kaki, bulu pada bagian sensitif seperti ketiak pun dapat dibersihkan oleh produk ini.

Krim penghilang bulu asal Korea Selatan dipastikan aman sebab mengantongi persetujuan dari KFDA (Korea Food and Drug Administration). Kalau rata-ratar produk lain beraroma menyengat, Some by Mi menyematkan aroma rose lembut untuk memastikan kenyamanan pengguna. Dalam waktu 7 menit saja, krim ini merealisasikan tekstur kulit halus tanpa bulu yang kasat mata.

Area buluKetiak, lengan, kaki
Jenis/teksturCream, tidak runny
Waktu penggunaan± 5 – 10 menit
KeamananApproved by KFDA (Korea Food and Drug Administration)
Isi120 g
Kisaran hargaRp176.500

5. Veet Hair Removal Cream Kulit Sensitif – Aloe Vera & Vitamin E

Terbukti klinis melembutkan kulit tanpa adanya bulu

Veet Hair Removal Cream berkandungan aloe vera dan vitamin E akan cocok untuk Anda yang ingin merontokkan bulu pada spots kulit sensitif. Tak cuma itu, apabila Anda tidak mengetahui jenis kulit Anda seperti apa, krim penghilang bulu ini dipastikan aman untuk segala kondisi kulit.

Selain menghilangkan bulu kasat mata hingga dekat ke akarnya, produk ini juga sanggup meluruhkan protein pada bulu-bulu halus. Berkatnya, kulit pun senantiasa lembut hingga 7 hari Formulasi lidah buaya dan vitamin E-nya membantu menyehatkan kulit, sekaligus mengurangi dampak iritasi.

Area buluKaki, garis paha atas, ketiak, lengan
Jenis/teksturCream, sedikit cair
Waktu penggunaan± 5 – 10 menit
KeamananBPOM NA17160800014
Isi1 x 60 gram tube, 1 spatula
Kisaran hargaRp39.500

6. One Spring Hair Removal Cream

Fungsi 2 in 1 untuk hair removal dan soothing skin

Terkadang, mencukur bulu menjadi jalan praktis yang dipilih banyak orang, terutama pria. Akan tetapi, kebiasaan tersebut lebih sering membuat kulit kasar atau malah meninggalkan bekas kehitaman pada kulit. Anda sebaiknya mengurangi kebiasaan tersebut, lalu beralihlah menggunakan krim penghilang bulu.

Produk ini dirumuskan bersama komposisi bahan-bahan yang terjamin melembutkan kulit. Lebih menariknya lagi, krim penghilang bulu ini One Spring diklaim mampu ciptakan sensasi halus bagaikan kulit bayi. Untuk Anda yang merasa lebih percaya diri dengan lengan dan kaki bebas tampilan bulu, One Spring Hair Removal Cream sangat rugi untuk dilewatkan begitu saja.

Area buluLengan, kaki
Jenis/teksturCream, cukup tebal
Waktu penggunaan± 3 – 10 menit
KeamananTidak ada keterangan
Isi60 g
Kisaran hargaRp68.000

7. Cocottee Depilatory Cream for Intimate Areas

Rasa aman berkat komposisi yang teruji klinis oleh BPOM

Ingin menghilangkan bulu untuk daerah intim, namun Anda belum berhasil menemukan produk yang pas? Pilih saja depilatory cream keluaran Cocottee satu ini. Walau brand-nya kurang familier di telinga kebanyakan orang, krim penghilang bulu ini sangat ampuh menghilangkan bulu pada area kulit sensitif hanya dalam 7 – 8 menit.

Keamanan produk lebih terjamin sebab produk Cocottee berikut terdaftar resmi di BPOM. Di samping kegunaannya yang terbukti optimal mengangkat bulu mencapai akarnya, produk berkandungan cocoa butter ini juga efektif menghilangkan bulu-bulu pendek.

Area buluKetiak, miss V
Jenis/teksturCream
Waktu penggunaan± 7 – 8 menit
KeamananBPOM NA11180805000
Isi100 g
Kisaran hargaRp59.000

8. Vi-John Feather Touch Hair Removal Cream – Lime & Aloe Vera

Secara aman menghilangkan bulu hingga ke akar dalam waktu 3 menit!

Bagi yang belum tahu, Vi-John adalah brand asal India yang telah lama mengedarkan produknya ke berbagai negara Asia. Di Indonesia, kita bisa buktikan keunggulan salah satu krim penghilang bulu besutannya bernama Feather Touch Hair Removal Cream. Produk ini didesain secara inovatif untuk menciptakan kulit halus, bebas bulu, dan terlihat fresh.

Krim ini mengutamakan bahan herbal seperti jeruk nipis dan lidah buaya. Kedua natural ingredients tersebut dinilai aman tanpa menimbulkan efek samping. Anda bisa mengoleskan krim secara merata untuk menghilangkan bulu di area kaki, lengan, ketiak, dan paha atas. Klaim formula 3 menitnya menjadikan proses treatment hemat waktu!

Area buluKaki, tangan, ketiak, garis paha atas
Jenis/teksturCream
Waktu penggunaan± 3 – 8 menit
KeamananBPOM NA17160800004
Isi110 mL
Kisaran hargaRp45.000

9. Clean Pop Hair Removal Cream

Selain aman, komponen organiknya menjadikan kulit lembap dan cerah

Khusus Anda yang terganggu oleh pertumbuhan yang tidak diinginkan, Clean Pop menghadirkan krim penghilang bulu berkandungan kimia minim iritasi. Dari mulai area lipatan seperti ketiak, hingga bagian kaki atau area yang ditumbuhi bulu halus lain sanggup ditangani oleh produk ini.

Dengan Clean Pop Hair Removal Cream, bulu halus baru akan kembali setelah 1 – 2 minggu setelah treatment. Kebaikan bahan-bahan alami yang berpadu di dalam produk ini bukan sekadar membersihkan bulu yang tidak diinginkan, melainkan efek lembap dan kulit cerah pun tercipta!

Area buluKaki, ketiak, area bulu halus lainnya
Jenis/teksturCream
Waktu penggunaan± 8 – 10 menit
KeamananTerbuat dari bahan-bahan alami
Isi100 mL
Kisaran hargaRp169.900

10. Nair Sensitive Hair Removal Cream

Dipercaya sejak 1940 sebagai brand penghilang bulu nomor satu di Eropa!

Efek iritasi dan alergi setelah menggunakan krim penghilang bulu dapat diminimalisir oleh Nair Sensitive Hair Removal Cream. Berkat formula alami dengan fungsi pelembap seperti camellia oil, produk perontok bulu impor ini akan memelihara kondisi kulit dari risiko kerusakan yang mengintai.

Camellia oil tidak bekerja sendirian, melainkan didukung ekstrak Ylang-ylang sehingga terciptalah fungsi perlindungan kulit pasca treatment tersebut. Sebelum beredar, krim penghilang bulu dari Nair sudah diuji secara klinis dan dermatologi. Yuk, buat nyata keinginan Anda miliki permukaan kulit halus, lembut, dan sehat bersama produk keluaran brand yang dielu-elukan sebagai #1 Hair Removal Brand ini!

Area buluKaki, bikini line, ketiak
Jenis/teksturCream
Waktu penggunaan± 5 menit
KeamananDermatologically tested, clinically tested
Isi80 mL
Kisaran hargaRp97.600

Gunakan Krim Penghilang Bulu sesuai Anjuran yang Benar

Kebanyakan krim penghilang bulu tidak menjanjikan hasil 100% pada pemakaian pertama, sehingga masih ada sedikit bulu yang tersisa untuk diberi perlakuan di lain hari. Meski demikian, tidak disarankan Anda melakukan hair removal treatment dua hari berturut-turut. Berilah jeda waktu sekitar 1 – 2 hari sebelum kembali menerapkan krim penghilang bulu.

Selain itu, banyaknya krim yang Anda oles bergantung pada jumlah atau kualitas bulu yang hendak dihilangkan. Untuk bulu lebat butuh krim lebih banyak, begitu pun sebaliknya. Perhatikan baik-baik seberapa lama Anda mendiamkan krim pada kulit. Jangan membiarkan krim melekat lebih lama dari waktu yang ditentukan guna mencegah kerusakan kulit, ya!

Terakhir, pemakaian krim penghilang bulu perlu disesuaikan dengan kondisi kulit. Hindari penerapan produk pada area kulit yang terdapat masalah, misalnya timbul ruam akibat matahari atau bentuk iritasi lain. Bukan hanya itu, pengaplikasian sebelum atau sesudah menstruasi juga tidak direkomendasikan.

Kesimpulan

Krim penghilang bulu bekerja meluruhkan protein yang mempermudah perontokkan bulu. Walau tidak terasa sakit, komposisi bahan kimia yang tergolong kuat memungkinkan terjadinya iritasi kulit. Untuk mencegahnya, Anda perlu menyesuaikan spesifikasi produk dengan penggunaan. Bila masih ragu, kami anjurkan Anda mendatangi dokter kulit untuk meminta sarannya.

Bacalah betul-betul petunjuk penggunaan. Anda mungkin perlu melakukan treatment 2x agar kulit halus idaman terealisasi. Oleh karena itu, belilah produk berukuran cukup besar agar bisa dipakai berulang. Setelah menerapkan krim penghilang bulu pun Anda perlu mengembalikan kelembapan kulit. Semoga treatment menghilangkan bulu yang Anda lakukan membuahkan hasil. Good luck!

(Visited 348 times, 26 visits today)