Written by 09:31 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Makeup Primer Terbaik

Jika selama ini Anda mengenal makeup primer berbasiskan silikon dengan kemampuan membentuk lapisan baru agar wajah tampak smooth, ada pula water based primer dengan formula lebih ringan. Jajaran produk Smashbox, Wardah, dan Benefitt Cosmetics berlomba menawarkan keunggulannya masing-masing. Bingung menentukan makeup primer terbaik Anda? Tenang, kami akan berikan rekomendasinya!

Dengan primer, riasan Anda akan tampak lebih menyatu. Primer akan mempersiapkan wajah untuk pengaplikasian foundation, moisturizer, atau concealer sesudahnya. Manakah makeup primer yang paling cocok dengan kebutuhan riasan Anda? Untuk mengetahuinya, pertama-tama kami akan menjelaskan pentingnya menggunakan makeup primer beserta cara memilih produk yang tepat. Baca hingga tuntas, ya!

Pentingkah Menggunakan Makeup Primer?

Para makeup artist setuju bahwa makeup primer menyimpan beberapa kelebihan, meski ada pula sebagian wanita merasa tidak perlu menerapkannya. Pada dasarnya, cocok tidaknya penggunaan makeup primer perlu disesuaikan dengan keinginan Anda. Bila selama ini tidak ada masalah bagi Anda mengaplikasikan makeup tanpa menggunakan primer sebelumnya, maka bisa dibilang primer hanya membentuk unnecessary layer.

Akan tetapi, makeup primer kini dirancang tidak hanya untuk menghaluskan tekstur kulit, membuat makeup lebih menyatu, atau menyamarkan pori-pori yang tampak terbuka. Lebih dari itu, produk primer sekarang dibekali formula tambahan untuk fungsi mencerahkan, menutupi jerawat, dan menjaga hidrasi kulit agar makeup lebih menempel sekaligus mencegah breakout.

Produk primer keluaran brandbrand besar mulai mengedepankan formula yang ringan, sehingga Anda tetap merasa nyaman meski menciptakan banyak lapisan makeup di  wajah. Pada intinya, penggunaan primer sebaiknya disesuaikan dengan hasil riasan yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membuat wajah lebih bercahaya pada area T misalnya, primer merupakan produk yang tepat Anda gunakan.

Cara Memilih Makeup Primer

Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya, seperti apakah makeup primer yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda. Untuk mengetahuinya, kami menyarankan Anda mengecek tipe kulit wajah, lalu pilihlah makeup primer yang formulanya pas dengan kondisi wajah Anda.

Keluhan lain yang mungkin terjadi di wajah Anda merupakan aspek yang penting diperhatikan. Bila Anda bermasalah dengan kerutan halus, pori-pori besar, dan tekstur kulit tidak rata, gunakanlah makeup primer yang mampu menangani seluruh permasalahan tersebut. Untuk lebih jelasnya, kami akan memandu Anda memilih makeup primer di bagian ini.

Pilih yang Formulanya Menyesuaikan Kondisi Kulit Wajah Anda

Hal utama yang mesti Anda pertimbangkan adalah memilih makeup primer berdasarkan kondisi wajah Anda. Orang yang kulitnya berminyak tentu memerlukan makeup primer yang berbeda dengan kondisi kulit wajah orang lain yang kering atau kombinasi. Oleh karena itu, cermatilah produk pilihan Anda agar sesuai kondisi kulit.

Untuk Kulit Kering, Temukan Primer yang Mampu Melembapkan dan Mengilaukan Kulit

Bagi pemilik kulit kering, primer dengan komponen moisturizer wajib dipilih. Salah satu permasalahan umum dalam ber-makeup pada orang yang kulitnya kering adalah makeup sulit menyatu. Dengan adanya bahan khusus untuk menghidrasi kulit wajah, makeup pun lebih menempel. Akan lebih baik lagi jika primer pilihan Anda mampu memberikan efek kilau.

Dalam hal ini, kami merekomendasikan Anda mencari makeup primer yang mencantumkan keterangan “hydrating”, “dewy”, “glowing”, atau “moisturizing”. Semua efek tersebut diperlukan oleh kulit kering Anda agar hasil riasan semakin lengket, tahan lama, dan terlihat mengesankan. Dengan begitu, wajah pun tidak kusam, dan bahkan yang ada, wajah tampak lebih segar!

Untuk Kulit Normal, Primer Berformula Illuminating dengan Hasil Dewy Pilihannya

Orang dengan kulit normal tidak mengalami masalah kulit terlalu kering atau terlalu berminyak, juga tidak dihinggapi keadaan pori-pori yang terlalu terbuka maupun tertutup. Kabar kurang baiknya, di pasaran kebanyakan produsen merancang makeup primer untuk keperluan kulit berminyak atau kulit kering. Akibatnya, Anda yang berkulit normal tidak memiliki banyak pilihan makeup primer.

Bila Anda mempunyai tipe kulit normal, Anda dapat mencari makeup primer yang disematkan formula illuminating dengan hasil akhir dewy. Sebaiknya Anda menghindari primer yang meninggalkan kesan mattifying karena hanya akan membuat wajah terlihat kering dan kusam. Anda juga disarankan memilih formula primer yang mampu meminimalkan pori karena akan lebih optimal untuk lapisan foundation atau concealer di atasnya.

Untuk Kulit Berminyak, Carilah Primer yang Meninggalkan Kesan Matte

Sama halnya dengan pemilihan makeup product apa pun, Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dianjurkan memilih makeup primer yang memberi efek matte. Anda perlu mengurangi tampilan kilap akibat minyak berlebih yang diproduksi wajah melalui mattifying formula pada produk primer.

Perlu Anda ketahui, kulit yang cenderung berminyak umumnya disertai pori-pori besar. Oleh sebab itu, selain mengutamkaan primer dengan oil control yang baik, Anda juga disarankan memilih produk yang mampu meminimalkan pori-pori. Sebagai gantinya, makeup pun tidak mudah luntur dan wajah terlihat lebih halus.

Untuk Kulit Berjerawat atau Sensitif, Utamakan Primer yang Mengandung Formula Non-Comedogenic dan Minim Zat Aditif

Untuk Anda yang bermasalah dengan kulit berjerawat, temukanlah primer yang mengandung bahan pengontrol jerawat. Asam salisilat (salicylic acid) dan asam glikolat (glycolic acid) merupakan komponen juara yang terbukti ampuh menangani masalah wajah berjerawat. Makeup primer dengan formula non-comedogenic dapat pula Anda pilih agar tidak memperparah kondisi jerawat.

Kemudian, bagi Anda dengan keluhan kulit sensitif, upayakan mencari primer yang hanya sedikit unsur tambahannya. Sebisa mungkin memilih makeup primer dengan minimal ingredients agar tidak memicu alergi atau peradangan kulit. Anda tidak usah khawatir, pada list rekomendasi produk di bawah, kami telah cantumkan informasi keamanan produk supaya Anda yang kulitnya sensitif dapat mengetahui cocok tidaknya produk tersebut dengan kulit senstiif Anda.

Untuk Kulit Kombinasi, Pastikan Terdapat Formula yang Bekerja Ganda Menghidrasi dan Memberikan Efek Mattifying

Kulit kombinasi berarti terdapat dua area dengan kondisi berbeda pada kulit wajah. Biasanya, area U yang meliputi rahang cenderung kering, sementara area T sering kali berminyak. Tipe kulit kombinasi perlu makeup primer yang mampu bekerja melembapkan di area yang kering, namun mengontrol kelebihan minyak pada area yang berminyak.

Makeup primer berformula netral akan pas dengan kulit kombinasi. Produk semacam ini takkan menyebabkan efek kilap ataupun matte berlebihan. JIka Anda kesulitan menemukan primer yang sesuai, kami merekomendasikan Anda membeli dua produk sekaligus yang masing-masing berfungsi sebagai mattifying primer dan hydrating primer. Namun, hal ini tentu memakan lebih banyak anggaran sehingga Anda perlu pertimbangkan kembali dari sisi budget.

Pilihlah Primer dengan Menekankan Fungsi Utamanya

Sebelumnya makeup primer hanya dirancang dengan fungsi utama meratakan tekstur atau warna kulit yang tidak merata. Seiring berkembangnya industri kosmetik dunia, kini banyak dijumpai primer dengan fitur-fitur menarik lain. Jika Anda berkeinginan membeli makeup primer untuk mengurangi kemerahan atau menambah kecerahan wajah, Anda akan cocok dengan color-correcting primer.

Namun, bila yang Anda butuhkan adalah fungsi menutupi garis halus, Anda kami anjurkan memilih makeup primer dengan smoothing atau blurry effect. Apa pun fungsi utama makeup primer pilihan Anda, sangat penting mengutamakan produk yang formulasinya terbukti aman untuk penggunaan harian.

Perhatikan Proposi Terbesar Kandungan Dasarnya, Berbasis Silikon atau Air?

Kandungan dasar makeup primer dibedakan menjadi dua, yaitu silikon (silicone based) dan air (water based). Produk silicone based lebih banyak diproduksi dibandingkan water based formula. Sebenarnya, apa perbedaan dari kedua tipe ini? Selengkapnya kita ulas bersama di sini, yuk!

Berbasis Silikon (Silicone Based): Sanggup Mengisi Pori dan Meratakan Tekstur Kulit

Ciri utama makeup primer berbasis silikon adalah kemampuannya mengisi pori-pori dan meratakan tekstur kulit. Apabila Anda memiliki kulit beruntusan yang mengganggu, makeup primer silicone based sangat direkomendasikan. Begitu pun pada kulit wajah berubang akibat bekas jerawat, komponen silikonnya akan mengisi lubang serta menciptakan lapisan baru agar tekstur kulit lebih merata.

Silicone based primer mengandung bahan turunan silikon dengan proporsi besar. Adapun komponen silikon yang umum digunakan adalah dimethicone, trimethicone, trisiloxane, atau cyclopentasiloxane. Karena cara kerjanya membentuk layer baru untuk smoothing effect, beberapa produk sedikit terasa berat sehingga Anda perlu atur penggunaannya agar tetap nyaman.

Berbasis Air (Water Based): Peran Optimal dalam Mengoreksi Warna Kulit Tidak Merata

Anda yang berkulit kering lebih direkomendasikan memakai makeup primer dengan formula dasar air. Primer ini menyimpan komponen pelembap cukup tinggi yang akan memelihara lingkungan wajah tetap basah agar makeup melekat lebih lama. Meski water based, rata-rata primer tipe ini bertekstur krim yang mudah diaplikasikan ke seluruh permukaan wajah.

Oleh karena mengutamakan formulanya yang lightweight, water based primer terasa lebih ringan. Hanya saja, makeup primer ini tidak sebaik silicone based primer dalam coverage tekstur tidak rata. Selain itu, kemampuan mengontrol minyaknya juga tidak terlalu baik sehingga Anda yang berkulit berminyak mungkin kurang puas dengan primer ini.

Periksa Fitur Lain yang Mungkin Diperlukan Kulit Anda

Di luar fungsi utamanya, produsen menyematkan bahan tambahan khusus seperti seperti SPF (sun protection factor) dan PA (protection grade of UVA) ke dalam primer besutannya. Tak hanya itu, beberapa primer mengandung fmrula untuk menyamarkan pori-pori agar makeup terlihat flawless. Sebaiknya Anda periksa juga formula pendukung ini yang menambah manfaat sebuah primer.

Makeup Lebih Flawless dengan Primer yang Mampu Menyamarkan Pori-pori

Kulit mulus dambaan Anda dapat terwujud dengan bantuan makeup primer yang mampu mengisi pori-pori. Primer jenis ini memungkinkan Anda peroleh hasil makeup yang flawless tanpa tampilan pori besar maupun kerutan halus. Bila Anda ingin menghadiri acara penting, makeup flawless yang menyatu dapat Anda raih dengan pore-minimizing primer.

Kulit Terlindungi dengan Primer yang Mengandung Formula UV Protector

Paparan UVA dan UVB akan menghasilkan masalah yang sulit diatasi, mulai dari kulit kusam, bintik gelap, kulit terbakar, hingga penuaan. Maka dari itu, sebaiknya Anda proteksi lapisan kulit terluat dengan makeup primer yang mengandung UV protector. Bacalah keterangan SPF dan PA dari sebuah produk untuk mengetahui ada tidaknya fitur pelindung matahari.

Dengan menggunakan primer ber-SPF, Anda pun tidak harus mengenakan sunscreen atau sunblock sebelumnya. Jika sebelumnya Anda tidak mengaplikasikan tabir surya, maka gunakanlah primer dengan nilai SPF cukup tinggi agar perlindungan yang diterima kulit pun lebih maksimal.

10 Rekomendasi Makeup Primer Terbaik

Tampilan kulit lebih halus tanpa adanya imperfeksi dapat Anda wujudkan dengan bantuan primer. Di bawah ini kami telah siapkan makeup primer terbaik yang beberapa di antaranya mungkin cocok dengan Anda. Selamat memilih!

1. Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer

Samarkan ketidaksempurnaan dengan sempurna!

Pixy menyuguhkan makeup primer berkinerja baik dalam menyamarkan imperfections pada kulit wajah. Bahan-bahan botani seperti jojoba oil, olive oil, dan yuzu extract disematkan ke dalamnya, menjadikan produk ini tak sekadar melembapkan wajah Anda, tetapi membantu penutrisian sekaligus membuat wajah tampak sehat bercahaya.

Dilengkapi kandungan SPF 35 dan PA++, makeup primer tanpa alkohol ini memastikan keselamatan wajah melalui efek perlindungan optimal dari sinar UVA dan UVB. Kemasan tube-nya yang ramping memudahkan produk ini Anda bawa bepergian tanpa menyita banyak spot di tas atau makeup pouch. Selain mengantongi sertifikasi halal MUI, primer ini telah lulus tes klinis. Pasti aman, deh!

Kondisi kulit Normal dan kering
Jenis Water based
UV protection SPF 35 / PA++
Keamanan Sulfate-free, alcohol-free, sulfate-free, cruelty-free, allergen-free
Ukuran 25 ml
Kisaran harga Rp54.500

2. Smashbox Photo Finish Foundation Primer

Makeup terlihat flawless tanpa khawatir dirusak oleh polusi dan stres

Primer persembahan Smashbox ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin meminimalisir tampilan pori-pori, tanda penuaan, dan bentuk ketidaksempurnaan lain. Produk berbentuk gel yang sempat memperoleh penghargaan ini memberikan hasil memuaskan pada 103 perempuan. Mulai dari kulit halus, pori-pori dan kerutan tersamarkan, serta makeup flawless mampu diwujudkan oleh produk ini.

Formula oil-free dan fragrance-free dari Smashbox Photo Finish Foundation Primer menjadikannya kompatibel pada seluruh tipe kulit, termasuk kulit berminyak dan sensitif. Tekstur ringannya dipastikan cepat serap, Anda pun dapat menghemat waktu untuk melakukan penataan makeup. Tambahan antioksidan, vitamin A, vitamin E, dan peptida membuat primer ini efektif melindungi wajah dari polusi, kerusakan, dan stres.

Kondisi kulit Semua jenis kulit
Jenis Silicone based
UV protection
Keamanan Sulfate-free, alcohol-free, paraben-free, allergen-free, fragrance-free, phthalate-free, minimal ingredients
Ukuran 30 ml
Kisaran harga Rp610.000

3. Wardah Instaperfect Porefection Skin Primer

Formula ringan dan non-comedogenic yang ideal untuk kulit sensitif dan berminyak

Bagi Anda yang membutuhkan makeup primer dengan formula pore blurring, produk keluaran Wardah satu ini patut dipertimbangkan. Kualitasnya sebagai base makeup untuk menyamarkan tampilan-pori-pori tak perlu diragukan lagi. Klaim breathable formulanya tidak meninggalkan perasaan berat di kulit wajah.

Meski tidak didukung UV protection, makeup primer Wardah berikut memungkinkan Anda mengaplikasikan sunblock sebelumnya. Tekstur creamy lembutnya terasa nyaman untuk segala tipe kulit, terutama kulit sensitif dan berjerawat karena tidak terasa perih, gatal, ataupun panas.

Kondisi kulit Semua jenis kulit
Jenis Silicone based
UV protection
Keamanan Non-comedogenic,
Ukuran 20 ml
Kisaran harga Rp65.500

4. Make Over Velvet Mattifying Primer

Tekstur gelnya transparan dan tidak berbau

Tak hanya Powerstay Color Correcting Primer-nya yang terkenal, melainkan ada varian lain primer dari Make Over yang juga laris di pasaran, yakni Velvet Mattifying Primer. Varian ini diperuntukkan khusus Anda yang yang membutuhkan makeup primer untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat (acne-prone).

Primer ini mengantongi formula ringan yang tidak lengket di kulit. Klaim daya tahannya yang mencapai 8 jam memungkinkan Anda menjalani hari dengan makeup yang all out tanpa retouch. Oil absorber yang dimilikinya akan menjaga kulit tetap matte seharian. Selain itu, makeup primer dengan hasil akhir velvety smooth ini juga maksimal menyamarkan pori sekaligus kerutan halus, lho!

Kondisi kulit Berminyak dan berjerawat
Jenis Silicone based
UV protection
Keamanan Non-comedogenic
Ukuran 20 ml
Kisaran harga Rp93.000

5. Emina Pore Ranger

Memberikan efek mattifying yang bertahan lama tanpa kesan cakey

Tidak nyaman dengan penampilan pori-pori terbuka di wajah Anda? Cobalah Emina Pore Ranger sekarang juga! Primer dengan harga ekonomis ini menyimpan keutaman sebagai pore minimizer yang akan memaksimalkan riasan Anda. Hanya dengan sedikit gerakan menekan, produk lokal yang digadang-gadang menjadi dupe primer dari brand high-end ini akan mengisi pori secara optimal.

Tenang saja, Emina Pore dirancang dengan minimal ingredients yang mana tidak menyumbat pori, apalagi sampai menyebabkan tumbuhnya jerawat. Efek blur pada pori dan kulit terasa smooth menjadikan primer ini disukai banyak perempuan. Selain itu, oil control dari primer ini termasuk juara. Pada kulit berminyak, Emina Pore mampu bertahan 3 – 5 jam tanpa luntur.

Kondisi kulit Berminyak
Jenis Silicone based
UV protection
Keamanan Paraben-free, alcohol-free, sulfate-free, allergen-free, minimal ingredients
Ukuran 20 ml
Kisaran harga Rp60.000

6. Benefit The POREfessional Face Primer

Menyatu pada berbagai tone dan warna kulit

Benefit The POREfessional Face Primer mengandung turunan vitamin E untuk melindungi kulit dari molekul radikal bebas yang desktruktif. Produk dengan tiga pilihan ukuran ini bekerja cepat meminimalkan pori-pori dan garis halus. Akibatnya, kulit super mulus idaman Anda akan tercipta, makeup flawless pun bukan lagi harapan belaka!

Formulanya yang bebas alkohol, sulfat, dan paraben dipastikan aman untuk segala tipe kulit. Bukan itu saja, formula transparan (translucent) menjadikan primer ini cocok untuk semua tone kulit. Belum lagi kandungannya yang bebas minyak, makeup yang stay lebih lama tanpa luntur menjadi sebuah keniscayaan!

Kondisi kulit Semua jenis kulit
Jenis Silicone based
UV protection
Keamanan Sulfate-free, alcohol-free, paraben-free
Ukuran 7,5 ml
Kisaran harga Rp230.000

7. Flormar Illuminating Primer Make-Up Base

Water based primer yang mudah dibaurkan serta lebih cepat meresap

Tutup pump diimbangi botol kemasan kukuh dengan lapisan cukup tebal rancangan Flormar memungkinkan primer ini Anda bawa di dalam tas tanpa takut mengotori isi tas. Sekali pencet, takarannya pas untuk menutupi permukaan wajah guna menghasilkan makeup antiluntur hingga sore hari.

Berbahan dasar air, Flormal Illuminating Primer Make-Up Base memelihara kelembapan agar wajah senantiasa basah. Meski tidak dirancang untuk keperluan menyamarkan pori dan kerut halus, makeup primer ini menjauhkan Anda dari produksi minyak berlebih. Untuk kulit yang kering, produk ini menciptakan efek dewy atau glowy.

Kondisi kulit Semua jenis kulit
Jenis Water based
UV protection
Keamanan Tidak dicantumkan
Ukuran 30 ml
Kisaran harga Rp215.000

8. Hourglass Veil Mineral Primer

Kulit lebih cerah dan halus layaknya menggunakan filter!

Apakah Anda mengharapkan penampilan sempurna sekaligus kulit terlindungi dari kusam akibat sinar matahari? Produk unggulan Hourglass ini menyediakan kandungan SPF 15 untuk memberi penjagaan ekstra terhadap wajah Anda. Didesain dengan formula oil-free, primer ini cocok dipilih oleh Anda yang memiliki kulit berminyak maupun kombinasi.

Veil Mineral Primer menggunakan kandungan utama silikon yang ampuh menutupi kemerahan, serta memperbaiki tampilan pori-pori berikut kerutan halus yang menyertai. Bagi kulit sensitif sekalipun, primer ini aman diaplikasikan karena komponennya yang bebas paraben, pewangi, dan pewarna buatan.

Kondisi kulit Normal, berminyak, dan kombinasi
Jenis Silicone based
UV protection SPF 15
Keamanan Alcohol-free, sulfate-free, paraben-free, alergen-free, minimal ingredients
Ukuran 30 ml
Kisaran harga Rp920.000

9. Etude House Fix and Fix Primer Tone Up

Lindungi wajah dari kekeringan sekaligus sinar matahari

Warna kulit tidak merata yang dialami sebagian orang tentulah mengganggu. Apa Anda salah satu orang dengan masalah serupa? Jika iya, produk rekomendasi kami berikut merupakan primer yang tepat untuk mengatasi problem Anda. Untuk varian ini, Etude House menyediakan tiga varian warna yang akan mengoreksi tone kulit Anda yang tidak rata.

Mulai dari tone kemerahan, pucat, hingga kusam bisa ditangani segera oleh Etude House Fix and Fix Primer Tone Up. Primer berjenis silicone based ini dilengkapi komponen minyak alami, seperti tea tree leaf oil, green seed oil, dan moringa oil yang bermanfaat untuk pemeliharaan kulit kering agar senantiasa lembap.

Kondisi kulit Berminyak, kering, dan kombinasi
Jenis Silicone based
UV protection SPF 33 / PA++
Keamanan Sulfate-free, alcohol-free, paraben-free, allergen-free, cruelty-free
Ukuran 30 ml
Kisaran harga Rp128.000

10. Too Faced Hangover Replenishing Face Primer

Mempromosikan kulit yang elastis, sehat, dan tampak bercahaya

Punya kulit kombinasi cenderung kering dan belum menemukan primer yang sesuai? Kami harap produk ini match dengan Anda. Mengutamakan bahan utama air, primer bertutup pompa ini menjaga hidrasi wajah untuk penampilan sehat dan efek dewy dengan makeup  yang terlihat smooth.

Too Faced Hangover Replenishing Face Primer menyimpan kombinasi coconut water dan olive oil sebagai komponen utama untuk mencegah dehidrasi kulit akibat tumpukan layer makeup. Berkat bahan-bahan penghidrasi tersebut, kulit yang terlapisi olehnya akan terasa lembut dan tampak semakin cerah.

Kondisi kulit Normal dan kering
Jenis Water based
UV protection
Keamanan Sulfate-free, allergen-free, paraben-free, alcohol-free
Ukuran 20 ml
Kisaran harga Rp265.000

Hindari Kesalahaan Pengaplikasian Makeup Primer

Akan terasa sia-sia jika makeup primer yang baru saja Anda beli tidak diaplikasikan secara tepat. Untuk itu, gunakanlah makeup primer dengan benar agar hasil riasan yang Anda inginkan terwujud sempurna. Berilah jeda kurang lebih satu menit setelah mengaplikasikan primer agar formulanya menyerap dan kering terlebih dulu sebelum menerapkan rangkaian produk makeup.

Kemudian, hal lain yang perlu Anda lakukan untuk menghindari kesalahan adalah memilih primer yang match dengan foundation Anda. Apabia primer tidak cocok dengan foundation, besar kemungkinan timbul masalah seperti wajah terasa berat, makeup terlihat cakey, dan lain sebagainya. Jadi, sebaiknya Anda bawa foundation favorit sewaktu berkunjung ke counter untuk menguji kesesuaiannya.

Bila Anda membeli primer secara online, bacalah review pengguna lain untuk memperoleh gambaran kecocokannya dengan foundation Anda. Poin terakhir yang mesti Anda ingat saat mengeplikasikan makeup primer adalah upayakan untuk mengaplikasikannya tipis-tipis. Imbangi penggunaan sesuai kebtuuhan untuk menghindari tumpang-tindih layer yang justru membuat hasil riasan kurang maksimal.

Kesimpulan

Apakah Anda merasa terbantu dengan tips memilih produk dan jajaran makeup primer terbaik rekomendasi kami tersebut? Kami harap dengan adanya artikel ini, Anda tidak kesulitan lagi menentukan primer yang sesuai dengan rangkaian makeup Anda. Sebagai produk dasar yang bertujuan menyempurnakan hasil akhir riasan, maka penting untuk memilih produk berdasarkan tipe kulit dan fungsi yang diinginkan.

Dari ke-10 produk rekomendasi kami, adakah yang berhasil membuat Anda jatuh hati? Gunakanlah primer secara tepat agar makeup tidak terlihat seperti topeng atau terkesan cakey. Semoga artikel kali ini berguna untuk Anda dalam menentukan makeup primer terbaik. Sampai bertemu di lain kesempatan, ya!

(Visited 2.342 times, 33 visits today)