Written by 01:24 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik

Masker wajah organik terbuat dari bahan-bahan alami yang kaya nutrisi, sehingga aman dan bermanfaat untuk kulit. Dengan masker organik, Anda dapat lebih tenang karena kandungan di dalamnya cenderung aman bagi kulit, meski digunakan jangka panjang.

Masker organik cocok untuk semua jenis kulit. Anda dapat memilih berbagai macam merek, seperti Roro Mendut, Organic Supply Co., dan Missha. Untuk memudahkan Anda memilih produk, kami telah merangkum cara memilih masker organik beserta rekomendasi produk terbaik versi PickyBest. Selamat membaca!

Cara Memilih Masker Organik

Masker organik aman digunakan siapa saja dengan efek samping yang minim. Meski begitu, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan produk, misalnya komposisi, kesesuaian dengan kebutuhan kulit, serta sertifikasi dan keamanan produk. Selengkapnya, kami akan bahas pada poin-poin di bawah ini.

Periksa Komposisi Bahan untuk Mengenali Fungsi Utamanya

Pada umumnya, masker organik tersusun atas bahan utama seperti madu, clay, dan pomegranate. Namun, Anda juga patut memperhatikan bahan lain yang terkandung dalam produk. Berikut ini beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk kulit wajah Anda.

  • Kembang sepatu: Bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit, mempercepat regenerasi sel, dan mengontrol jerawat.
  • Rose hip: Kaya akan vitamin C yang berguna untuk mengencangkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.
  • Aronia berries: Mengandung senyawa resveratrol yang mencerahkan dan melindungi permukaan kulit dari polusi serta dampak sinar matahari.
  • Akar marshmallow: Menyegarkan, menghidrasi, dan membuat kulit wajah lebih kenyal.
  • Kelopak mawar: Membuat kulit wajah makin kencang.
  • Jamur reishi: Melembutkan dan menyejukkan kulit serta mencegah penuaan.

Oleh karena tumbuhan yang dibudidaya secara organik begitu banyak jenisnya, Anda perlu mengecek satu per satu agar memahami keutamaan produk yang Anda pilih.

Pilih Masker dengan Menyesuaikan Kebutuhan Kulit

Berbeda jenis kulit wajah, berbeda pula kebutuhannya. Produk terbaik untuk Anda adalah produk yang paling cocok dengan kulit Anda. Sebelum membeli, kenali dulu jenis kulit yang Anda miliki, lalu pilihlah produk sesuai kulit wajah Anda.

Kulit Berminyak: Pilih yang Bekerja Menyerap Minyak

Kulit wajah berminyak terjadi karena pori-pori wajah memproduksi terlalu banyak sebum. Zat ini dapat menyumbat pori-pori dan memicu terbentuknya jerawat dan terjadinya peradangan. Selain itu, wajah berminyak juga dapat disebabkan oleh lingkungan yang lembap maupun fluktuasi hormon.

French green clay dan bentonite clay adalah dua jenis clay yang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan produksi minyak wajah. Efeknya akan lebih maksimal ketika dicampur dengan air mawar. Sebagai alternatif, pisang dan lemon juga dapat diolah untuk menyerap minyak dan membersihkan pori-pori.

Kulit Kering: Pastikan Mengandung Bahan untuk Menghidrasi Kulit

Jika kulit wajah berminyak disebabkan oleh produksi sebum berlebih, sebaliknya, kulit kering disebabkan oleh kurangnya produksi sebum. Penurunan produksi sebum ini dapat disebabkan berbagai macam hal, misalnya terlalu lama terpapar sinar matahari, penggunaan sabun dengan kandungan terlalu keras, maupun faktor genetik.

Kulit kering cenderung sensitif terhadap iritasi. Karena itu, kelembapan kulit harus selalu dijaga. Gel lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang membantu menghidrasi kulit. Tak hanya itu, bahan ini juga mampu mengurangi kusam dan gatal. Selain gel lidah buaya, bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk merawat kulit kering adalah mentimun dan alpukat.

Kulit Berjerawat: Pilih yang Bersifat Antiinflamasi dan Antibakteri

Umumnya, jerawat disebabkan oleh sel-sel kulit mati, yang karena produksi sebum berlebih, menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan inflamasi. Gangguan kulit ini juga disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes, sumbatan pada folikel rambut, dan aktivitas hormon androgen. Stres dan penggunaan kosmetik yang berlebihan juga menjadi sebab lain tumbuhnya jerawat.

Untuk mengurangi jerawat, kunyit dapat menjadi bahan alami yang patut Anda pilih dalam masker organik. Kunyit memiliki fungsi alami meredakan peradangan. Tanaman witch hazel juga memiliki sifat antibakteri, serta mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Anda juga dapat mencoba produk berkandungan dedak gandum yang tinggi antioksidan untuk membantu meringankan peradangan.

Kulit Kusam: Pilih yang Memberikan Efek Depigmentasi Kulit

Kulit kusam terjadi karena proses pigmentasi yang disebabkan produksi melanin berlebih. Kelebihan melanin sendiri dapat dipicu oleh paparan sinar matahari. Kulit juga dapat menjadi kusam karena jarang melakukan eksfoliasi sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan jerawat. Pada usia tua, fungsi regenerasi sel kulit tidak lagi maksimal yang berujung pada kulit tampak kusam.

Terdapat beberapa bahan alami yang dapat mencerahkan wajah kusam. Kandungan asam asetat pada cuka apel mampu mendepigmentasi kulit. Lidah buaya dengan kandungan aloinnya juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Bawang merah, ekstrak teh hijau, air rebusan teh hitam, dan susu adalah contoh bahan alami lainnya yang juga memiliki manfaat serupa.

Kulit dengan Wrinkles: Pilih yang Bekerja Mendorong Produksi Kolagen

Kerutan dan garis halus muncul akibat kontraksi otot-otot wajah ketika wajah bergerak dan menciptakan lekukan di bawah permukaan kulit. Berkurangnya elastisitas wajah yang dipengaruhi faktor usia membuat lekukan-lekukan ini membekas secara permanen menjadi kerutan dan garis halus. Untuk mengembalikan kelenturan wajah, Anda perlu mendorong produksi kolagen.

Pilihlah masker yang terbuat dari kombinasi alpukat dan bubuk kakao. Kedua bahan tersebut mampu menstimulasi produksi kolagen. Selain itu, madu juga bagus untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Lengkapi treatment Anda dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Agar efek masker semakin maksimal, hindari paparan matahari langsung dengan menggunakan produk tabir surya.

Pastikan untuk Memeriksa Sertifikasi Organik dan Keamanan Produk

Sumber: Pom.go.id

Pastikan produk masker organik yang Anda pilih telah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, periksa pula apakah produk tersebut telah memenuhi standar organik yang ditandai dengan sertifikasi dari BIOCert, ECOCERT, USDA, atau NSF. Lembaga sertifikasi memastikan masker yang Anda gunakan berasal dari bahan yang selain dibudidaya secara organik, juga ramah terhadap lingkungan.

10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik

Kami telah membahas cara memilih masker organik berdasarkan beberapa indikator seperti komposisi, kesesuaian dengan kebutuhan kulit, dan sertifikasi keamanan produk. Demi memudahkan Anda dalam memilih produk, kami telah merangkum sepuluh merek masker organik terbaik. Anda dapat memilih merek yang paling sesuai dengan kebutuhan!

1. Organic Supply Co. French Pink Clay

Merawat wajah sensitif tanpa khawatir iritasi

Masker French Pink Clay dari Organic Supply Co. cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Masker organik ini terbuat dari campuran clay merah dan putih. Kedua jenis clay ini lembut di kulit sehingga ideal digunakan pada kulit dewasa. Asal digunakan sesuai petunjuk yang ada, Anda tidak perlu khawatir mengalami iritasi.

Masker organik ini ampuh membersihkan sel-sel kulit mati dan menyegarkan seluruh tampilan wajah Anda. French Pink Clay juga mumpuni merawat kulit yang berjerawat dan terkena dampak paparan sinar matahari. Selain itu, produk ini menawarkan kemampuan detoksifikasi untuk hasilkan kulit wajah yang lebih sehat.

Jenis maskerWash-off mask
Bahan utamaClay
Rekomendasi kulitNormal, sensitif, dan dewasa (mature)
SertifikasiBPOM NA18200200003
Ukuran120 g
Kisaran hargaRp120.000

2. Crushlicious Milk Organic Face Mask

Mencerahkan wajah kusam dengan khasiat susu

Kandungan susu dalam masker organik buatan Crushlicious ini begitu kaya. Pertama kali Anda membuka kemasannya, indera penciuman Anda akan langsung dipenuhi aroma khas susu. Produk ini dapat mengontrol intensitas sebum, mengecilkan pori-pori, menyamarkan bekas jerawat dan komedo, serta menyingkirkan polusi dan debu di wajah.

Masker ini akan memperhalus kulit wajah dan mengembalikan kecerahan kulit. Dengan kata lain, Anda dapat menjadikan masker ini solusi untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam. Terlebih lagi, nutrisi yang terkandung dalam susu juga baik untuk menyehatkan dan meremajakan kulit.

Jenis maskerWash-off mask
Bahan utamaSusu murni
Rekomendasi kulitKusam
SertifikasiBPOM NA18190705625
Ukuran60 g
Kisaran hargaRp45.000

3. Roro Mendut Masker Rempah Hitam Whitening

Menjadikan kulit lebih bersih dengan resep tradisional

Jika Anda tipe orang yang lebih menyukai resep tradisional, masker buatan Roro Mendut ini mungkin akan menjadi favorit Anda. Masker ini diracik menggunakan bahan-bahan tradisional seperti teh hitam, rumput laut, ketan hitam, dan rempah pilihan bercita rasa lokal lainnya.

Ketika digunakan, masker ini mengeluarkan aroma khas rempah-rempah yang memberi Anda efek relaksasi. Khasiat produk ini antara lain menyingkirkan komedo dan flek hitam, mengangkat sel-sel kulit mati, menyerap minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, dan membuat wajah Anda cerah merona.

Jenis maskerWash-off mask
Bahan utamaTeh hitam, rumput laut, ketan hitam, dan beberapa rempah pilihan lain
Rekomendasi kulitKusam
SertifikasiBPOM NA18190205477
Ukuran40 g
Kisaran hargaRp28.000

4. Sensatia Botanicals Wild Honey Facial Mask

Sumber: Sensatia.com

Formula madu liar khas Bali untuk mencegah penuaan

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan tanda-tanda penuaan di wajah. Pasalnya, Sensatia Botanicals Wild Honey Facial Mask diformulasi khusus untuk menyingkirkan kerutan dan garis halus pada wajah Anda. Dibuat dari madu liar asli Bali, masker ini berfungsi sebagai antioksidan yang akan meremajakan kulit wajah.

Bahan lain yang juga terkandung di dalam produk ini adalah minyak argan. Asam lemak esensial pada minyak argan akan bekerja membantu pembentukan sel baru. Terdapat pula kandungan kakadu plum yang secara khusus berfungsi mencegah timbulnya garis halus.

Jenis maskerWash-off mask
Bahan utamaMadu, minyak argan, dan kakadu plum
Rekomendasi kulitDengan wrinkles
SertifikasiBPOM NA18170200652
Ukuran60 mL
Kisaran hargaRp120.000

5. Aztec Secret Indian Healing Clay

Sumber: Shopee.co.id

Menyerap minyak wajah berlebih dengan clay dari Death Valley!

Masker organik satu ini seratus persen terbuat dari bentonite clay yang diambil dari Death Valley, California, Amerika Serikat. Dijemur dalam suhu ekstrem sampai 134 °C selama kurang lebih enam bulan, produk ini sangat ampuh menyerap minyak wajah berlebih dan menghilangkan jerawat.

Saking hebatnya produk ini dalam menyerap minyak wajah berlebih, Anda disarankan untuk tidak menggunakannya terlalu sering. Cukup satu kali seminggu dengan durasi tidak lebih dari dua puluh menit tiap pemakaian. Penggunaan lebih dari itu dikhawatirkan justru akan membuat wajah menjadi kering.

Jenis maskerWash-off mask
Bahan utamaBentonite clay
Rekomendasi kulitBerminyak dan berjerawat
SertifikasiBPOM NE51190205103
Ukuran454 g
Kisaran hargaRp152.600

6. Nature Republic Real Nature Shea Butter Mask Sheet

Hidrasi kulit dengan kandungan shea butter

Terbuat dari ekstrak shea butter, masker organik ini dapat melembapkan dan menghidrasi kulit wajah Anda secara optimal. Lembaran masker yang terbuat dari kayu pohon eucalyptus dan kapas ini menempel baik di permukaan kulit, sehingga kandungannya dapat diserap dengan maksimal.

Produk berjenis sheet mask ini sangat praktis untuk digunakan. Tidak seperti masker wash-off di mana Anda harus mengoleskannya sendiri ke wajah, dengan sheet mask Anda cukup membuka kemasan dan langsung menempelkan masker ke wajah.

Jenis maskerSheet mask
Bahan utamaShea butter
Rekomendasi kulitKering, normal, dan kombinasi
SertifikasiBPOM NA26200200393
Ukuran23 mL
Kisaran hargaRp18.000

7. Missha Airy Fit Sheet Mask Honey

Sumber: Misshaus.com

Nutrisi untuk wajah dari masker madu setipis kertas

Masker madu buatan Missha ini menjadikan kulit Anda lebih lembap, cerah, dan berseri. Airy Fit Sheet Mask Honey mengandung vitamin tinggi, mineral, dan asam amino. Bahan-bahan dalam masker ini diekstrak menggunakan metode cold brew demi menjaga kesegaran aslinya.

Seperti produk sebelumnya, produk ini juga berjenis sheet mask yang lebih praktis digunakan. Tidak hanya itu, lembaran masker ini lebih tipis dari selembar kertas, lho. Hasilnya, masker ini akan menempel pada kulit tanpa membuat Anda merasa risih.

Jenis maskerSheet mask
Bahan utamaMadu
Rekomendasi kulitKering
SertifikasiBPOM NA26180201345
Ukuran19 g
Kisaran hargaRp15.000

8. Jafra Spa Mud Mask

Sumber: Jafra.com

Singkirkan sel-sel kulit mati penyebab jerawat dengan detoks

Spa Mud Mask dari Jafra satu ini dapat menjadi opsi lain bagi Anda yang membutuhkan masker organik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini dilengkapi lumpur kaya mineral yang berasal dari Laut Mati di perbatasan Yordania dan Israel. Berkat komponen tersebut, masker ini bermanfaat untuk melegakan pori-pori, mengurangi kadar minyak berlebih, dan membersihkan sel-sel kulit mati.

Manfaat lain dari Jafra Spa Mud Mask adalah kandungan bentonitnya yang ampuh untuk mendetoks kulit dengan mengeluarkan kotoran dan racun melalui pori-pori. Hasilnya, jerawat lebih cepat hilang, kulit pun lebih cerah dan kencang!

Jenis maskerWash-off mask
Bahan utamaBentonite clay
Rekomendasi kulitBerminyak, berpori, dan berjerawat
SertifikasiBPOM NE34130700105
Ukuran75 mL
Kisaran hargaRp189.000

9. Emina Masquerade Face Mask Pomegranate

Kulit lebih awet muda berkat ekstrak buah pomegranate

Jika sampai sini Anda masih bingung harus memilih produk yang mana, barangkali masker satu ini bisa menjadi opsi. Emina Masquerade Face Mask Pomegranate adalah produk yang cocok untuk semua jenis kulit. Masker ini mengnadung pomegranate yang berkhasiat untuk menyegarkan dan memelihara kulit.

Pomegranate kaya akan vitamin C dan antioksidan. Keduanya merupakan nutrisi yang baik untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti timbulnya kerutan dan garis halus. Pomegranate juga merangsang kulit untuk melakukan eksfoliasi lebih sering, yang bermanfaat untuk mencegah bercak hitam, jerawat, dan peradangan.

Jenis maskerSheet mask
Bahan utamaPomegranate
Rekomendasi kulitSemua kondisi
SertifikasiBPOM NA18180200831
Ukuran23 g
Kisaran hargaRp14.200

10. Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Mask

Sumber: Kiehls.co.id

Merevitalisasi kulit dengan menyamarkan tanda-tanda stres yang muncul

Calendula & Aloe Soothing Hydration Mask persembahan Kiehl’s diformulasikan dari kelopak bunga calendula dan lidah buaya. Masker ini tergolong ringan dan ramah untuk semua jenis kulit. Sensasinya yang segar ketika dipakai selaras dengan fungsi utamanya untuk menghidrasi kulit.

Selain menghidrasi, produk ini juga dapat menyamarkan tanda-tanda stres pada kulit. Jika digunakan secara rutin, Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Mask dapat merevitalisasi kulit. Alhasil, kulit sehat dan segar terpelihara lebih lama!

Jenis maskerWash-off mask
Bahan utamaEkstrak calendula dan lidah buaya
Rekomendasi kulitSemua kondisi
SertifikasiBPOM NE51160200809
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp690.000

Kesimpulan

Dari sepuluh merek yang kami rekomendasikan, apakah Anda menemukan salah satu produk sesuai keinginan? Kecocokan masker organik dengan jenis kulit Anda sangat penting. Jangan ragu untuk mencoba merek lain apabila produk yang sebelumnya Anda pilih ternyata tidak cocok dengan kebutuhan kulit wajah Anda.

Jika Anda masih belum yakin produk mana yang cocok, lebih baik memilih produk yang aman digunakan semua jenis kulit. Dari situ, perhatikan bagaimana kulit Anda merespon pemakaian. Hal ini dapat Anda jadikan referensi dalam memilih merek masker organik selanjutnya. Kami harap Anda menemukan produk terbaik!

(Visited 2.264 times, 84 visits today)