Written by 03:12 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik

Selain digunakan untuk kebutuhan kuliner, argan oil disebut-sebut sebagai minyak kosmetik dengan ragam fungsi istimewa. Produk yang diperoleh dari biji buah argan ini beredar luas ke banyak sekali negara. Di Indonesia, Anda bisa membeli minyak argan secara online dengan sangat mudah.

Jika Anda berencana menggunakan minyak argan untuk keperluan kosmetik maupun kuliner, di dalam artikel ini kami merangkum minyak argan terbaik produksi Indoganic, The Ordinary, Organic Supply Co., dan lainnya. Namun, karena belum sepopuler minyak kosmetik lain, kami akan menjelaskan terlebih dahulu seluk-beluk, kandungan, beserta penggunaan dari minyak biji argan. Yuk, kita bahas bersama-sama!

Sekilas tentang Minyak Argan (Argan Oil)

Sebelum memilih produk, ketahuilah bagaimana dan di mana minyak argan diperoleh, serta untuk keperluan apa minyak argan digunakan berdasarkan kandungan yang tertera di dalamnya.

Berasal dari Biji Pohon Endemis asal Maroko

Minyak argan adalah salah satu jenis minyak alami yang dihasilkan dari ekstraksi biji buah argan. Menurut sederet keterangan, pohon argan hanya tumbuh di bagian barat daya Maroko. Mulanya, biji argan diolah secara tradisional dari penduduk setempat tanpa bantuan mesin.

Biji-biji buah argan yang sudah dipetik diekstrak melalui serangkaian proses hingga menjadi minyak. Untuk menghasilkan 1 liter minyak argan, butuh paling tidak 40 kg buah argan kering dengan lama proses sekitar 3 hari. Seiring perkembangan, minyak argan diperas menggunakan mesin untuk menghemat waktu dan tujuan efisiensi.

Saking berharganya, UNESCO menetapkan hutan argan di Maroko Barat Daya sebagai cagar biosfer pada tahun 1998. Pohon endemis Maroko ini dahulunya hanya digunakan orang-orang di wilayah sekitar. Namun sekarang, masyarakat Eropa mulai menaruh minat terhadap minyak argan, sehingga pemanfaatan hutan argan pun berhasil meningkatkan ekonomi penduduk sekitar.

Mengandung Beragam Nutrisi Esensial

Di dalam minyak argan terdapat keutamaan kandungan asam lemak dan nutrisi esensial lain. Sekitar 43 – 49% dari komposisi nutrisi minyak argan dipenuhi oleh asam oleat (oleic acid), yang meskipun tidak digolongkan sebagai nutrisi esensial, asam lemak ini memiliki nilai manfaat yang sangat baik, misalnya untuk memelihara kesehatan jantung.

Selain oleic acid, ditemukan pula keberadaan linoleic acid sebanyak 36,8%, palmitic acid 36,8%, stearic acid 6,0%, dan linolenic acid <0,5%. Nutrisi berbentuk vitamin E dalam minyak argan dinilai lebih banyak 2 – 3 kali lipat dibandingakn minyak zaitun. Seluruh nutrisi dasar minyak argan memberikan manfaat luar biasa ketika diaplikasikan ke kulit dan rambut.

Dapat Digunakan untuk Kebutuhan Kuliner dan Kosmetik

Sejak lama penduduk Maroko bagian barat daya menggunakan minyak argan untuk keperluan kuliner dan kosmetik. Sebagai produk kuliner, minyak argan dijadikan dipping bread atau celupan roti, dicampurkan bersama small dish lokal bernama couscous, diolah menjadi amlou yang menyerupai selai kacang, atau difungsikan sebagai obat karena memiliki sifat antiinflamasi.

Sebab peredaran yang begitu masif hingga ke Amerika Serikat, sebuah perusahaan bernama Shea Terra Organics meluncurkan minyak argan pertama untuk kebutuhan kosmetik dan perawatan rambut di tahun 2003. Pada 2020, penggunaan minyak argan lebih sering untuk kebutuhan kosmetik. Minyak ini banyak dipesan produsen kosmetik sebagai bahan baku krim wajah, lip gloss, sampo, pelembap, dan sabun.

Cara Memilih Minyak Argan (Argan Oil)

Pada bagian selanjutnya, kami akan menerangkan poin-poin yang mesti Anda perhatikan ketika memilih argan oil. Tentu Anda hanya menginginkan argan oil terbaik, bukan? Maka itu, simaklah dengan saksama ulasan kami berikut ini!

Pilih berdasarkan Tujuan Penggunaannya, Kosmetik atau Kuliner?

Argan oil bisa dimanfaatkan sebagai makanan yang dikonsumsi langsung, atau Anda yang ingin merawat kulit dan rambut dapat menjadikan minyak argan sebagai treatment oil. Bila Anda ingin menggunakan minyak argan sebagai makanan, pilihlah produk yang secara khusus dirancang untuk keperluan kuliner.

Minyak argan untuk kuliner harus mencantumkan keterangan 100% pure argan oil. Untuk kebutuhan kuliner, minyak argan telah lama menjadi dipping bread dan raw dressing couscous, vegetables salad, atau apa pun yang cocok. Minyak argan dengan fungsi culinary sebaiknya tidak menerima suhu panas yang tinggi ketika dimasak.

Pilih berdasarkan Metode Pengekstraksian Bijinya

Metode ekstraksi biji argan dibedakan menjadi dua macam, yakni ekstraksi bersuhu rendah (cold pressure) dan bersuhu tinggi (hot pressure). Minyak dari proses ekstraksi bersuhu rendah dan non-hand made merupakan pilihan terbaik. Sebab selain lebih higienis, produk ini dapat bertahan sekitar 18 – 24 bulan. Minyak argan dari metode ekstrasi cold pressed menggunakan mesin umumnya dibanderol dengan harga cukup tinggi, namun kekayaan nutrisinya lebih terjaga.

Sementara itu, metode ekstraksi bersuhu tinggi atau hot pressure dilakukan dengan memeras biji sekaligus memanaskan biji pada suhu tinggi. Proses pengekstrasian ini menghasilkan lebih banyak minyak dalam waktu singkat. Harga jualnya pun lebih murah, tetapi kualitas yang ditawarkan tidak sebaik minyak argan hasil ekstraksi dengan metode pemerasan suhu tinggi.

Perhatikan Warna dan Konsistensinya

Argan oil yang murni terbuat dari 100% ekstraksi biji argan memiliki karakteristik warna kuning yang jernih. Meskipun sedikit keruh akibat oksidasi, minyak argan yang asli tidak mengeluarkan warna keemasan. Apabila produk pilihan Anda dicampur varietas minyak lain, cara paling mudah mengetahui keasliannya adalah mengecek warna minyak apakah kuning transparan atau kuning kental keemasan.

Sejumlah brand ada yang mencampurkan minyak argan dengan minyak lain seperti olive oil untuk memperkaya fungsinya. Walau harganya lebih terjangkau, pertimbangkan kembali  sebelum membelinya karena minyak argan yang baik berkonsentrasi ringan sehingga cepat meresap ke kulit. Apabila minyak argan yang Anda beli lama terserap kulit, Anda perlu waspada terhadap keaslian produk.

Periksa Sertifikasi untuk Memastikan Kualitasnya

Baik dikonsumsi sebagai makanan atau untuk kebutuhan perawatan kulit dan rambut, Anda perlu memastikan kualitas minyak argan yang Anda beli. Semakin terkenalnya minyak argan, tak jarang produsen mengeluarkan produk berkualitas rendah.

Prioritaskan untuk memilih minyak argan produksi merek-merek ternama. Agar lebih terjamin lagi, Anda bisa mengecek sertifikasi produk yang diberikan oleh lembaga-lembaga dari berbagai negara, seperti Ecocert, USDA Organic, BDIH, Cosmebio, Nature et Progrès, dan di Indonesia ada BPOM.

ECOCERT: Organisasi Sertifikasi Produk Organik di Eropa

Ecocert adalah organisasi penyertifikasi yang berdiri di Perancis pada 1991. Walau berpusat di Eropa, organisasi ini telah melakukan inspeksi di lebih dri 80 negara, seperti Brasil, Kanada, Kolombia, Ekuador, Jerman, India, Jepang, Korea, Portugal, Romania, Afrika Selatan, Spanyol, Swiss, Turki, dan Amerika Serikat.

Tugas Ecocert adalah mengesahkan produk organik berjenis makanan, kosmetik, deterjen, parfum, dan tekstil. Saat ini, sudah sangat mudah Anda temukan minyak argan yang memperoleh sertifikasi Ecocert. Menurut Wikipedia, Ecocert telah menginspeksi sekitar 70% industri makanan organik di Perancis dan 30% di seluruh dunia.

USDA Organic: Melacak Proses Produksi dari Awal hingga Akhir

Sama halnya dengan Ecocert, USDA Organic merupakan lembaga resmi di Amerika Serikat yang bertugas memeriksa komponen organik pada sebuah produk. Ada banyak faktor untuk bisa menerima sertifikasi organik dari USDA Organic, misalnya kualitas tanah, praktik pemeliharaan tanaman/hewan, pengendalian hama dan gula, dan penggunaan bahan tambahan.

USDA Organic baru akan melabeli produk organik apabila memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Produk yang bahan-bahannya berasal dari tanah bebas zat berbahaya, contohnya pestisida dan pupuk sintetis, selama tiga tahun sebelum panen besar kemungkinan disetujui oleh lembaga ini. Selain itu, standar organik yang diterapkan juga melibatkan bahan tambahan seperti pengawet, pewarna, dan perasa buatan.

BDIH: Lembaga Sertifikasi yang Memastikan Produk Berbahan Baku Alami

BDIH adalah badan sertifikasi asal Jerman yang dikelola oleh lembaga publik bernama German Federation of Food Law and Food Science. Sertifikasi yang diterapkan harus melalui pengujian panjang. Salah satu kunci produk lolos sertifikasi BDIH adalah bahan bakunya berasal dari komponen alami dan tidak melakukan uji coba terhadap hewan.

BDIH mengurusi sertifikasi berbagai lini produk, dari mulai kosmetik, suplemen makanan, nutritional food, dan obat OTC (on-the-counter). Lebih dari 2.000 produk telah dicek dan lolos uji sertifikasi BDIH. Setali tiga uang dengan badan sejenis, BDIH menerapkan inspeksi yang mencakup bahan baku produk berupa tanaman dan mineral, bebas pengujian hewan, dan tidak mengandung pewarna buatan, pewangi buatan, silikon, parafin, dan produk petroleum-based.

10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik

Selanjutnya, Anda akan melihat sepuluh pilihan minyak argan terbaik dari merek-merek ternama. Pilihlah minyak argan dengan mempertimbangkan poin-poin pemilihan yang telah kita bahas sebelumnya. Selamat menentukan!

1. Indoganic Argan Oil

Memberikan kelembapan maksimal untuk pemilik wajah berminyak

Bagi Anda yang sedang mencari minyak untuk memberikan kelembapan sehari-hari pada kulit wajah, produk ini dapat menjadi alternatif buat Anda. Kandungan antioksidan dalam wujud vitamin E di dalamnya bermanfaat untuk melembapkan sekaligus memelihara elastisitas kulit wajah.

Di sisi lain, argan oil mampu menahan kelebihan minyak, sehingga ideal digunkaan oleh Anda yang berkulit normal cenderung berminyak. Ketika dioleskan ke kulit, Indoganic Argan Oil tidak memberikan kesan lengket. Formula ringan menjadikannya cepat meresap ke dalam kulit.

PenggunaanKosmetik
Metode ekstraksiSuhu rendah
SertifikasiTidak ada keterangan
Isi30 mL
Kisaran hargaRp169.000

2. Argavell Argan Oil

Mengandung tiga kali lebih banyak vitamin E

Agravell Argan Oil memiliki kandungan essential fatty acid, omega 3 dan 6, dan vitamin E. Konsentrasi vitamin E-nya diklaim 3x lebh tinggi dibandingkan minyak zaitun. Bila menemui permasalahan bibir kering dan kulit bersisik karena dehidrasi, Anda bisa mengandalkan produk ini untuk treatment.

Telah menerima label organik dari dua institusi sertifikasi di Eropa dan Amerika, BPOM turut memastikan minyak argan yang juga bagus untuk menutrisi rambut ini aman digunakan. Menariknya lagi, Argavell Argan Oil aman untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan bahkan untuk bayi maupun anak-anak.

PenggunaanKosmetik
Metode ekstraksiTidak ada keterangan
SertifikasiEcocert, USDA Organic, BPOM
Isi20 mL
Kisaran hargaRp140.000

3. The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Moroccan Argan Oil

Merawat kulit berjerawat dan produksi minyak berlebih

Bahan utama biji argan dari Maroko menjamin kemurnian produk unggulan The Ordinary satu ini. Diekstraksi melalui metode pemerasan bersuhu rendah, seluruh kandungan asam lemak esensial, vitamin, dan phenolic terjaga kualitasnya. Dikemas dalam botol gelap, proses oksidasi sampai efek buruk sinar UV dapat ditekan.

The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Moroccan Argan Oil memancarkan aroma alami khas minyak argan. Anda yang ingin memperoleh kulit sehat dan bebas dari tekstur tidak rata, minyak argan bebas alkohol dan silikon ini patut dipertimbangkan. Bila rambut Anda mudah rontok atau tampak kusam, oleskanlah setiap hari untuk mengembalikan kekuatan serta kilau rambut.

PenggunaanKosmetik
Metode ekstraksiSuhu rendah
SertifikasiTidak ada keterangan
Isi30 mL
Kisaran hargaRp165.000

4. Organic Supply Co. Argan Oil

Lawan tanda-tanda penuaan dengan formulasi anti-aging

Argan oil dari Organic Supply Co. mengandung formulasi yang berkemampuan membantu proses regenerasi sekaligus perbaikan sel-sel kulit rusak. Dirancang untuk memerankan fungsi pelembut serta peningkat elastisitas kulit menjadikannya pas dipilih Anda yang sedang menghadapi berbagai gejala penuaan.

Tidak hanya sebagai skin treatment, Organic Supply Co. Argan Oil juga bisa Anda andalkan sebagai campuran kondisioner rambut agar kesehatan dan kelembapan rambut lebih terjaga. Dari mulai kulit kering hingga berminyak, minyak argan berdaya simpan selama 6-12 bulan ini kompatibel. Sertifikasi Ecocert dan BPOM memastikan kualitasnya semakin mantap!

PenggunaanKosmetik
Metode ekstraksiSuhu rendah
SertifikasiBPOM, Ecocert
Isi20 mL
Kisaran hargaRp155.000

5. Everpure Argan Oil

Efektif menghilangkan bekas jerawat dan menghidrasi kulit

Bila Anda memiliki banyak bekas jerawat, inilah produk yang Anda butuhkan! Everpure Argan Oil dibekali fungsi untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Saat berjerawat pun, properti antiperadangannya berguna meringankan efek kemerahan akibat jerawat

Walaupun diolah menggunakan metode cold-pressed, Anda tetap bisa menyimpan produk ini tanpa perlu mengeluarkan kocek sampai ratusan ribu. Teteskan 2-4 argan oil ke telapak tangan, lalu aplikastikan ke area yang Anda inginkan, seperti rambut, kulit, dan bahkan bibir kering atau pecah-pecah. Teregistrasi di Badan POM, cruelty-free, dan vegan, nampaknya tak ada alasan lain untuk tidak menjajal produk ini!

PenggunaanKosmetik
Metode ekstraksiSuhu rendah
SertifikasiBPOM
Isi20 mL
Kisaran hargaRp99.000

6. Biotalk Organic Argan Oil

Argan oil yang merangkap fungsi sebagai sleeping mask

Produk ini baik digunakan sebagai moisturizer malam hari untuk menutrisi kulit selagi Anda tidur. Biotalk mengklaim minyak argan buatannya menjadi favorit banyak orang sebab formulanya yang noncomedogenic. Kulit Anda berjerawat? Jangan ragu memilih Biotalk Organic Argan Oil!

Anda pemula yang ingin merasakan khasiat argan oil namun khawatir akan efek samping sebuah produk? Minyak kosmetik rumusan Biotalk ini mengantongi sertifikasi organik serta lolos uji BPOM. Anda dapat mengaplikasikan minyak ini sebelum tidur malam, atau sebagai day moisturizer.

PenggunaanKosmetik
Metode ekstraksiSuhu rendah
SertifikasiBPOM
Isi20 mL
Kisaran hargaRp145.000

7. Eucalie Argan Oil Certified Organic

Dapatkan manfaat all-inone dalam satu produk!

Punya kulit lembut dan tampak kenyal seperti wanita Timur Tengah merupakan salah satu impian Anda? Mulai sekarang, cobalah melakukan ritual perawatan dengan minyak argan. Eucalia mengeluarkan produk yang tak hanya berfungsi sebagai argan oil, melainkan dapat pula dijadikan eye serum, face serum, moisturizer, dan hair mask.

Eucalie Argan Oil Certified Organic telah diinspeksi Ecocert dan Cosmos Organic untuk mengecek kualitas bahan organik di dalamnya. Sementara BPOM menambah jaminan aman produk ini beredar di Indonesia. Gunakanlah minyak argan dengan fungsi all-in-one ini untuk mengembalikan pesona kulit sehat, lembut, dan bebas rusak Anda!

PenggunaanKosmetik
Metode ekstraksiSuhu rendah
SertifikasiEcocert, Cosmos Organic, BPOM
Isi20 mL
Kisaran hargaRp193.000

8. Moroccanoil Treatment Original

Katakan selamat tinggal pada masalah rambut kering dan bercabang!

Jika selama ini Anda mengeluh akibat rambut yang kusut, tidak bervolume, dan bercabang, minyak argan keluaran Moroccanoil ini dapat membebaskan Anda dari serangkaian masalah tersebut. Treatment Original menyimpan kombinasi argan oil dan linseed extract yang membawa kebaikan untuk melembapkan dan meningkatkan kesehatan rambut.

Secara khusus diolah menjadi produk hair treatment, Anda tak perlu menerapkan perawatan lain yang memakan waktu layaknya hair mask. Moroccanoil Treatment Original sudah cukup untuk mentransformasi rambut kasar, kusam, bercabang, dan tipsi Anda menjadi halus, berkilau, dan sehat kurang dari satu bulan!

PenggunaanKosmetik
Metode ekstraksiSuhu rendah
SertifikasiTidak ada keterangan
Isi100 mL
Kisaran hargaRp583.420

9. Purivera Botanicals Argan Oil

Atasi kulit dehidrasi tanpa menyumbat pori-pori

Purivera Botanicals Argan Oil dibekali kemampuan ekstra hidrasi yang sangat baik dalam merawat kulit kering. Konsentrasi ringan menjamin face oil ini cepat terserap ke lapisan kulit. Selain meninggalkan kulit lembap tanpa efek greasy, minyak argan bebas fragrance ini juga tidak menyumbat pori yang berisiko memunculkan komedo.

Apabila kulit bibir Anda rentan kering, segera aplikasikan minyak argan besutan Purivera. Tak butuh waktu lama, tekstur bibir Anda kembali lembut dan terasa lembap. Jangan sampai Anda lewatkan produk menarik satu ini! Cukup siapkan budget kurang dari Rp100.000, Anda bisa langsung menikmati khasiat minyak argan dengan fungsi hydrating dan anti-aging berukuran 30 mL ini!

PenggunaanKosmetik
Metode ekstraksiSuhu rendah
SertifikasiBPOM
Isi30 mL
Kisaran hargaRp75.000

10. Botaneco Garden Organic Argan & Virgin Olive Oil Hair Serum

Mengantongi empat komposisi minyak alami untuk pelihara rambut

Rambut dan kulit kepala kering perlu diatasi sedini mungkin agar terhindar dari kerontokan. Untuk Anda yang mengalami kondisi tersebut, Botaneco Garden merilis hair serum berbahan dasar argan oil, sunflower oil, jojoba oil, virgin olive oil, dan aloe vera.

Kehadiran 4x bahan esensial dengan fungsi conditioning memberikan produk kemampuan untuk memelihara kelembutan rambut kusut akibat kulit kepala yang kering. Organic Argan & Virgin Olive Oil Hair Serum rancangan Botaneco Garden satu ini juga efektif mengilaukan rambut kusam dari hari ke hari.

PenggunaanKosmetik
Metode ekstraksiSuhu rendah
SertifikasiBPOM
Isi95 mL
Kisaran hargaRp69.900

Kesimpulan

Di antara banyaknya pilihan minyak kosmetik, argan oil menjadi salah satu primadona. Ada bermacam fungsi menakjubkan yang dimiliki minyak argan. Selain dicampurkan ke dalam makanan, minyak argan memungkinkan Anda miliki kulit lembap, kenyal, ternutrisi, lebih cerah, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan serta kerusakan oksidatif.

Pilihlah minyak argan keluaran produsen ternama. Sepuluh minyak argan terbaik di atas bisa Anda jadikan referensi. Sudah punya pilihan? Periksa kembali apakah produk pilihan Anda ideal digunakan untuk kesehatan tubuh sekaligus perawatan kulit dan rambut, atau hanya salah satunya. Kami harap Anda temukan produk yang tepat!

(Visited 169 times, 1 visits today)