Written by 01:32 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik

Wellness Omega 3 Fish Oil

Minyak ikan adalah kandungan berupa asam lemak esensial dalam bentuk omega 3 yang sangatlah baik untuk kesehatan. Omega 3 terbagi kembali menjadi dua macam, yaitu EPA (Eiscosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid) yang masing-masing hanya dapat ditemui pada jaringan ikan yang berminyak, seperti salmon, tuna, makarel, sturgeon, mullet, herring, trout, dan sebagainya.

Suplemen minyak ikan atau fish oil ini banyak dipilih sebagai alternatif bagi sebagian orang yang sulit makan ikan. Saking banyaknya merek yang diproduksi, Anda mungkin akan bingung memilihnya. Maka itu, baca terus artikel berikut mengenai cara memilih sekaligus melihat rekomendasi minyak ikan terbaik yang dapat Anda beli secara online atau di toko suplemen terdekat.

Apa Manfaat Minyak Ikan (Fish Oil)?

Manfaat dari Konsumsi Minyak Ikan Fish Oil

Minyak ikan dapat diperoleh dari jaringan ikan yang berminyak, makanan nabati seperti kacang-kacangan, dan suplemen kesehatan. Minyak ikan mengandung asam lemak esensial bernama omega 3 yang mana tidak mampu diproduksi secara mandiri oleh tubuh. Karena itulah, penting bagi setiap orang mendapatkan asupan ini dari sumber eksternal berupa makanan ataupun suplemen tambahan.

Menurut banyak sekali penelitian, minyak ikan memiliki manfaat dalam memelihara berbagai kondisi penyakit agar tidak semakin parah. Sebagai contoh, minyak ikan paling sering dikaitkan dengan pemeliharaan fungsi jantung dan sistem darah. Sebagian orang yang mengalami masalah dengan kolesterol juga dapat mengonsumsi minyak ikan karena mampu menurunkan tekanan darah atau trigliserida.

Orang yang menderita penyakit jantung dan stroke biasanya disarankan dokter untuk konsumsi minyak ikan dengan dosis yang telah disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, anak-anak juga dapat meminum minyak ikan karena peranannya yang baik sebagai “makanan otak”. Bukan hanya meningkatkan kecerdasan otak, minyak ikan juga dapat membantu anak dengan ADHD, penderita Alzheimer, mengatasi depresi psikosis, dan kelainan otak lainnya.

Di sisi lain, minyak ikan juga berguna bagi orang lansia. Biasanya mereka mengonsumsi minyak ikan untuk mengobati mata kering, degenerasi makula (AMD), dan glaukoma yang dapat memicu masalah serius pada penglihatan. Wanita yang mengalami nyeri pada payudara, komplikasi dengan kehamilan seperti keguguran, dan rasa nyeri saat haid juga dapat dibantu dengan minyak ikan.

Cara Memilih Minyak Ikan (Fish Oil)

Setelah mengetahui betapa pentingnya peran dari minyak ikan bagi tubuh, Anda tentu semakin tertarik untuk membeli suplemen minyak ikan, bukan? Di bagian ini, kami sertakan tips memilih minyak ikan yang benar. Anda harus memahami pula poin-poin yang akan kami sampaikan agar tidak keliru atau salah dalam memilih produk nantinya. Sudah siap? Yuk, dibaca langsung ulasannya berikut ini!

Pahami Dosis Maksimum yang Aman Dikonsumsi

Pahami Dosis Maksimum yang Aman Dikonsumsi

Berapakah jumlah atau dosis konsumsi minyak ikan yang disarankan setiap harinya? Pada hakikatnya, tidak ada patokan resmi terkait hal ini. Namun, American Hearth Association menyarankan orang yang menderita penyakit jantung untuk rutin konsumsi 1 gram minyak ikan kaya EPA dan DHA per hari atau setara dengan 85 – 150 gram ikan per hari.

Sementara itu, dosis yang dianjurkan untuk orang yang ingin menurunkan kadar trigliserida dalam darah sekitar 2 sampai 4 gram per hari. Ini adalah total minyak ikan yang harus dipenuhi tubuh. Sumbernya sendiri tidak harus selalu dari suplemen, tetapi angka tersebut merupakan angka total kebutuhan harian dari masing-masing orang dengan kondisi yang berbeda.

Biasanya, suplemen minyak ikan memberi asupan sebanyak 1 gram untuk setiap softgel atau tablet per sekali konsumsi. Jika pada satu hari Anda merasa kekurangan asupan ikan, Anda dapat mengganti kebutuhannya dengan minum antara 1 – 2 butir suplemen minyak ikan ini. Agar tidak menemui dampak serius, sebaiknya Anda yang belum yakin dapat berkonsultasi dulu dengan dokter.

Perhatikan Kandungan EPA dan DHA pada Label Kemasan

Perhatikan Kandungan EPA dan DHA pada Label Kemasan

Nutrisi penting berupa EPA dan DHA yang ditemui pada asam lemak omega 3 dari minyak ikan adalah pertimbangan utama yang harus Anda perhatikan. Lihatlah keterangan mengenai kadar kedua zat tersebut dari setiap produk suplemen yang hendak Anda beli.

Disadur dari Halodoc, minyak ikan berkualitas baik mengantongi konsentrasi asam lemak esensial berupa omega 3 yang bisa mencapai 70% dengan rasio perbandingan EPA dan DHA sebesar 1,4:1. Meski belum ada pembuktian terkait rasio yang tepat, lebih disarankan untuk memilih suplemen minyak ikan yang memiliki atau mendekati rasio perbandingan tersebut.

Periksa Lokasi Produksi dan Proses Manufakturnya

Periksa Lokasi Produksi dan Proses Manufakturnya

Suplemen fish oil digolongkan sebagai produk yang berlabelkan grade farmasi (pharmaceutical grade). Untuk memproduksi produk seperti ini, Anda harus mengetahui spesifikasi fasilitas manufakturnya. Umumnya, manufaktur menerapkan fasilitas GMP yang memang digunakan untuk menghasilkan obat yang memerlukan resep dengan kualitas kontrol yang ketat.

Lokasi dari tempat produksi suplemen minyak ikan juga sebaiknya Anda ketahui. Suplemen yang lokasi pabrik produksinya dekat dengan sumber ikan akan menghasilkan produk dengan kesegaran maksimal. Untuk mempermudah Anda dalam hal ini, cukup cari keterangan atau istilah “molecular distillation” atau distilasi molekuler pada label. Jika ditemukan keterangan tersebut, maka suplemen di dalamnya telah melewati proses manufaktur yang teruji.

Pilihlah yang Sudah Bersertifikasi Internasional ataupun Lokal

Pilihlah yang Sudah Bersertifikasi Internasional ataupun Lokal

Dewasa ini, suplemen minyak ikan semakin banyak diproduksi. Agar mendapatkan jaminan aman, penting bagi Anda memperhatikan cap sertifikasi yang diberikan oleh lembaga dalam negeri ataupun internasional. Di Indonesia, produk-produk farmasi haruslah melewati proses uji dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) sebelum dapat diedarkan.

Apabila suplemen minyak ikan yang akan Anda beli merupakan produk impor, Anda perlu memeriksa standar yang telah diterapkan apakah menggunakan International Standard atau tidak. Di negara-negara Eropa sendiri terdapat standarisasi European Pharmacopoeia Standard (EPS) atau International Fish Oil Standard (IFOS) yang menangani proses standarisasi keamanan produk.

Suplemen yang telah mengantongi izin edar dalam bentuk cap sertifikasi dari masing-masing lembaga atau instansi tentu dipastikan aman. Pada pengujiannya, mereka akan menetapkan kadar maksimal yang boleh diterapkan atau digunakan oleh produsen terhadap kandungan logam berat, peroksida, fuan, dioksin, dan PCB ke produk yang sedang dikembangkan.

10 Rekomendasi Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik

Sudahkah Anda memperoleh bayangan terhadap fish oil supplement yang akan dibeli? Di bawah ini, kami tampilkan sepuluh suplemen minyak ikan terbaik untuk Anda jadikan referensi. Belilah yang kadar dan kandungannya mendukung kebutuhan tubuh Anda. Jadi, kami ucapkan selamat memilih!

1. Wellness Omega 3 Fish Oil

Wellness Omega 3 Fish Oil

Kisaran harga: Rp275.000

Berisikan 150 kapsul lunak yang dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Berbekal pengetahuan yang didapat langsung dari para ahli, Wellness menciptakan suplemen minyak ikan yang baik untuk menurunkan kadar lemak dan trigliserida di dalam tubuh. Konsumsi rutin Omega 3 Fish Oil dari Wellness dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, stroke, ginjal, dan sebagainya yang dapat berujung pada kematian.

Setiap kapsul dari suplemen ini akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengembalikan nilai normal jumlah trigliserida. Di samping itu, suplemen minyak ikan ini mampu mengurangi kekentalan darah sehingga sirkulasi darah kembali lancar. Dikemas dalam bentuk softgel, Anda dapat meminumnya satu butir per hari sesudah makan.

2. Blackmores Pregnancy & Breast – Feeding Gold Suplemen

Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold Suplemen

Kisaran harga: Rp170.000

Untuk dikonsumsi wanita dewasa pada sebelum dan selama masa kehamilan hingga menyusui

Suplemen satu ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi wanita sebelum dan selama masa kehamilan hingga fase menyusui. Blackmores menyediakan 60 kapsul pada setiap botolnya. Dengan harga yang terjangkau, Anda tak harus menyiapkan dana lebih agar bisa mengonsumsinya.

Disarankan untuk meminum suplemen minyak ikan ini dua kapsul per harinya guna menjamin asupan minyak esensial dan mineral yang baik untuk kesehatan bayi ataupun Anda sendiri. Selain kaya mineral dan asam lemak omega 3, Blackmores melengkapi suplemen ini dengan nutrisi lain berupa 10 macam vitamin yang sangat baik menunjang kesehatan secara menyeluruh.

3. Kirkland Signature Wild Alaskan Fish Oil Multivitamin

Kirkland Signature Wild Alaskan Fish Oil Multivitamin

Kisaran harga: Rp425.000

Salah satu suplemen minyak ikan terbaik di Amerika Serikat!

Kirkland Signature Wild Alaskan Fish Oil Multivitamin merupakan suplemen yang per kapsulnya terdapat 1,4 gram asam lemak esensial dalam bentuk omega 3. Proses ekstraksi minyak ikan melalui tekanan panas yang diatur sedemikian rupa sehingga tidak merusak kekayaan gizi yang tersimpan di dalamnya.

Produk ini diproduksi tanpa perlakuan kimia sehingga sangat aman tanpa menimbulkan efek samping selama dikonsumsi dengan benar. Selain diperkaya oleh DHA dan EPA, ada pula kandungan baik lain berupa DPA (Docosapentaenoic Acid), ALA (Alpha Linoleic Acid), AA (Arachidonic Acid), LA (Linoleic Acid), GLA (Gamma Linoleic Acid), dan DGLA (Dihomo-Gamma Linoleic Acid).

4. Blackmores Odourless Fish Oil 1000

Blackmores Odourless Fish Oil 1000

Kisaran harga: Rp403.000

Proses produksi yang diawasi langsung untuk memastikan kandungan dan kemurniannya tetap terjaga

Proses manufaktur yang sangat panjang berhasil membuat minyak ikan pada suplemen ini tetap kaya kandungan tanpa menimbulkan aroma amis. Berkat hal tersebut, bagi Anda yang sensitif dengan aroma ikan yang bau amis, suplemen minyak ikan ini tentu akan menjadi pendamping setia di kala tubuh mengalami kekurangan omega 3.

Dipadukan dengan ekstrak buah lemon dan vanila, suplemen dalam bentuk softgel dari produk ini terasa nikmat saat terkena lidah. Saat proses produksi, badan internasional WWF mengawasi jalannya hingga fase finishing. Dengan demikian, kualitas dan kemurnian minyak ikan di dalamnya terjamin sehingga aman dikonsumsi oleh orang dewasa, ibu hamil dan menyusui, ataupun anak-anak.

5. Nutrimax Kidz Omega 3 Minyak Ikan Salmon Multivitamin & Suplemen

Nutrimax Kidz Omega 3 Minyak Ikan Salmon Multivitamin Suplemen

Kisaran harga: Rp160.000

Dukung terus tumbuh kembang otak, mental, dan fisik anak Anda sejak masa pertumbuhan

Nutrimax menawarkan suplemen minyak ikan yang juga kaya akan vitamin untuk Anda yang telah mempunyai anak. Produk ini dapat dikonsumsi 1 – 2 kali dalam sehari setelah sarapan atau makan siang sepulang sekolah. Bukan hanya terkandung asam lemak omega 3 berkualitas baik dengan kadar hingga 70%, tetapi produk ini juga memiliki 20% EPA, 20% DHA, dan 10% ALA yang didapat dari hasil ekstraksi ikan salmon.

Kombinasi dari keseluruhan nutrisi tersebut bukan hanya membantu anak Anda tumbuh kembang menjadi anak yang cerdas, tetapi juga sehat. Pasalnya, Nutrimax Kidz Omega 3 diperkaya pula dengan formula untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengotpimalkan penglihatan, fisik, dan mental anak-anak. Suplemen minyak ikan ini tidak bau amis karena dicampurkan dengan Natural Lemon Essence, anak Anda pasti menyukainya!

6. Puritan’s Pride Maximum Strength Triple Omega 3-6-9

Puritans Pride Maximum Strength Triple Omega 3 6 9

Kisaran harga: Rp224.000

Aman dikonsumsi oleh Anda yang menderita intoleransi laktosa

Banyak bentuk asam lemak yang terkandung di dalam suplemen ini. Selain omega 3, Puritan’s Pride juga menambahkan asam lemak esensial lain yang berupa omega 6 dan 9. Ketiga asam lemak tersebut akan mendukung pemeliharaan sel tubuh, organ hati, sekaligus mampu memperbaiki fungsi metabolisme yang terganggu.

Aman digunakan untuk semua orang karena suplemen minyak ikan ini tidak mengandung pengawet, perasa atau pemanis, pewarna buatan, gula, tepung, laktosa, susu, gandum, ragi, sodium, dan susu. Mengonsumsi secara rutin suplemen satu ini akan membantu tekanan darah dan trigliserida yang tinggi kembali normal.

7. Swisse Ultiboost Odourless High Strength Wild Fish Oil Odourless 1500mg

Swisse Ultiboost Odourless High Strength Wild Fish Oil Odourless 1500mg

Kisaran harga: Rp250.000

Perlindungan utuh agar tubuh terhindar dari penyakit jantung dan kardiovaskular lain

Bila Anda ingin merasakan kenyamanan saat konsumsi suplemen minyak ikan, produk dari Swisse ini layak dipertimbangkan. Bebas dari bau amis, Anda akan dengan mudah untuk menelannya. Dikemas secara premium, suplemen berikut menyimpan sumber nutrisi berupa EPA dan DHA yang baik dalam memberikan dukungan terhadap hati, otak, mata, dan sistem saraf.

Terpeliharanya organ-organ vital dalam tubuh tersebut akan menjauhkan Anda dari penyakit jantung atau kardiovaskular lainnya. Tekanan darah dan level trigliserida pun akan berada pada angka normal. Menariknya lagi, Ultiboost Odourless High Strength Wild Fish Oil Odourless 1500mg juga ideal dikonsumsi oleh ibu dalam masa kehamilan ataupun menyusui.

8. Healthy Care Fish Oil 1000mg + Krill Oil

Healthy Care Fish Oil 1000mg Krill Oil

Kisaran harga: Rp260.000

Suplemen omgea 3 yang diperkaya krill oil sebagai antioksidan penangkal radikal bebas

Seperti namanya, suplemen minyak ikan ini menawarkan kapsul yang pada satu butirnya menyimpan 1 gram minyak ikan. Sudah didistribusikan di banyak sekali negara, Healthy Care Fish Oil 1000mg + Krill Oil dianggap sebagai salah satu sumber minyak ikan terbaik yang hadir dalam wujud suplemen.

Selain mengirimkan minyak ikan pada tubuh, produk ini juga diperkaya dengan 50 gram krill oil pada setiap kapsulnya. Krill oil sendiri mengandung astaxanthin yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Produk ini aman dikonsumsi oleh orang dewasa ataupun anak-anak pada fase pertumbuhannya.

9. Natures Own Odourless Fish Oil 1000mg

Natures Own Odourless Fish Oil 1000mg

Kisaran harga: Rp160.000

Mengandung asam lemak berkualitas tinggi dengan harga jual ekonomis

Apabila yang Anda cari adalah suplemen minyak ikan dengan kadar cukup namun tetap mengantongi asam lemak berkualitas baik, tentu saja Natures Own Odourless Fish Oil 1000mg menjadi produk yang tepat untuk Anda. Dengan kadar 1 gram di setiap kapsulnya, Anda pun bisa mengatur dosis konsumsi sesuai kebutuhan harian.

Suplemen ini diproses dengan teknologi modern dengan mengombinasi ekstraksi beberapa buah untuk mengurangi bau amis yang dianggap mengganggu sebagian orang. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan jantung, persendian, dan menstabilkan tekanan darah dan kolesterol dengan cara mudah, minumlah suplemen ini secara rutin. Di samping itu, fungsi otak dan stamina tubuh Anda juga akan terpelihara dengan baik berkatnya!

10. Blackmores Omega Triple Concentration Fish Oil

Blackmores Omega Triple Concentration Fish Oil

Kisaran harga: Rp450.000

Dinilai 3x lebih baik dibandingkan kapsul minyak ikan biasa

Diklaim memiliki kualitas minyak ikan yang 3x lebih baik dari kapsul minyak ikan biasa, Blackmores patut Anda masukkan ke dalam daftar pilihan. Di dalamnya terkandung EPA sebesar 540 mg dan DHA sebesar 360 mg. Setiap kapsul yang masuk ke dalam tubuh bekerja efektif dalam menjaga kesehatan jantung dengan menormalkan aliran darah dan level trigliserida.

Sistem saraf, retina mata, dan otak akan merasakan manfaat luar biasa setelah mendapatkan asupan omega 3 dari suplemen minyak ikan satu ini. Tidak cuma itu, mengonsumsi rutin Blackmores Omega Triple Concentration Fish Oil juga akan menjauhkan Anda dari masalah peradangan yang terjadi akibat adanya degenerasi senyawa tertentu.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Kapsul Minyak Ikan, Dikunyah atau Ditelan?

Cara Mengonsumsi Kapsul Minyak Ikan

Setelah membeli salah satu kapsul minyak ikan dari daftar yang telah kami buat, hal berikutnya yang juga harus Anda ketahui adalah cara mengonsumsinya. Kapsul minyak ikan dikonsumsi dengan cara ditelan atau dikunyah? Jawabannya adalah dengan ditelan langsung alias tidak dikunyah terlebih dahulu. Alasannya, ketika dikunyah, maka minyak ikan akan tumpah ke seluruh rongga mulut dan membuat Anda trauma karena rasanya yang tidak enak.

Di samping itu, bukan hanya karena alasan rasanya yang tidak enak, namun kapsul yang dikunyah juga dapat menghancurkan kandungan di dalamnya sebelum melewati saluran pencernaan. Jika terjadi, maka dinding usus yang dirancang untuk menyerap elemen-elemen penting di dalamnya tidak akan diproses lebih lanjut. Sebagai akibatnya, Anda tidak akan mendapatkan manfaat yang optimal dari suplemen yang Anda konsumsi.

Kesimpulan

Fungsi dari minyak ikan memang sangat penting dan banyak bagi tubuh. Namun tetap saja, tidak disarankan untuk berlebihan dalam mengonsumsinya. Selalu gunakan berdasarkan anjuran yang tertera pada label suplemen minyak ikan terbaik Anda. Minumlah dengan dosis pemakaian yang tepat agar kebutuhan harian tubuh terhadap minyak ikan tetap terpenuhi.

Apabila ingin membelikan suplemen minyak ikan untuk anak Anda, utamakan memilih produk yang tidak berbau. Sekarang ini sudah banyak suplemen fish oil yang aromanya berkurang dan bahkan sudah ditambahkan perasa dengan kadar yang aman. Belikanlah suplemen ini untuk anak agar bukan hanya Anda yang merasakan manfaatnya, tetapi anak Anda juga ikut mendapatkan khasiatnya.

(Visited 10.746 times, 74 visits today)