Written by 18:11 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik di Indonesia

Panadol Flu Batuk

Flu atau influenza merupakan kondisi yang terjadi akibat infeksi virus pada saluran pernapasan. Kebanyakan flu dapat sembuh sepenuhnya, namun obat flu bisa menjadi opsi lain untuk mempercepat penyembuhan. Mulai dari usia anak, remaja, dan dewasa, ataupun jenis kelamin pria dan wanita, semua orang dapat menderita flu.

Untuk menangani flu, terlebih kami akan menjelaskan perbedaan flu dan pilek biasa. Cara memilih obat flu juga kami sertakan dalam artikel ini. Apabila Anda penasaran dengan merek obat flu terbaik yang tersedia di pasaran, kami telah siapkan daftar rekomendasinya. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak ulasannya!

Jangan Keliru, Ini Bedanya Flu (Influenza) dan Pilek Biasa

Orang awam menganggap flu dan pilek adalah kondisi yang sama. Gejala kedua penyakit ini sekilas tampak mirip, namun terdapat beberapa perbedaan utama antara flu dan pilek. Untuk memudahkan Anda memahami, kami akan gambarkan sedikit karakteristik dan kondisi dari kedua penyakit ini.

Bagaimana Kondisi Flu (Influenza) dan Apa Gejalanya?

Bagaimana Kondisi Flu Influenza dan Apa Gejalanya

Kondisi flu terjadi karena infeksi virus yang menyerang seluruh sistem pernapasan, mulai dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Ada tiga virus penyebab flu, yakni influenza A, influenza B, dan influenza C. Cara penularan flu sama dengan pilek dan orang yang menderita penyakit biasanya tidak tahu bahwa beberapa hari sebelum terdeteksi, mereka telah terpapar virus flu.

Untuk flu umumnya ditandai dengan gejala seperti berikut:

  • Hidung tersumbat
  • Pilek
  • Tidak nafsu makan
  • Demam tinggi selama 3 – 5 hari
  • Sering sakit kepala berat
  • Sesekali sakit tenggorokan
  • Batuk kering
  • Nyeri otot di sekujur tubuh
  • Badan gemetar dan menggigil
  • Kelelahan parah hingga 2 – 3 minggu
  • Mual dan muntah (umumnya pada anak-anak).

Gejala flu bertambah semakin parah secara bertahap dalam 2 sampai 5 hari, dan mulai membaik pada waktu kurang lebih 10 hari. Jika Anda telah mengonsumsi obat flu sesuai anjuran namun belum membawa hasil, segera periksakan diri ke dokter.

Bagaimana Kondisi Pilek dan Apa Gejalanya?

Bagaimana Kondisi Pilek dan Apa Gejalanya

Kondisi pilek terjadi akibat infeksi saluran pernapasan atas oleh virus bernama rhinovirus. Virus pilek dapat menular ke orang lain melalui berbagai media, seperti permukaan meja, gagang pintu, pakaian, dan benda lain. Penularan pilek melalui interaksi dengan virus pada permukaan benda paling cepat terjadi dalam 2 – 4 hari pertama setelah terkena virus.

Level gejala yang dialami oleh penderita pilek dianggap lebih ringan daripada gejala flu, antara lain:

  • Hidung tersumbat atau hidung berair (banyak ingus)
  • Sakit tenggorokan yang hilang dalam 1 atau 2 hari
  • Bersin-bersin
  • Batuk berdahak hijau atau kuning
  • Sesekali sakit kepala
  • Badan lemas, lesu, dan tidak bertenaga.

Gejala pilek mulai muncul antara 1 sampai 3 hari dan biasanya cepat membaik dalam kurun waktu 7 – 10 hari. Apabila kondisi pilek yang Anda alami tidak sembuh melebihi 10 hari meskipun dibantu obat pilek generik, paten, atau alami, bawalah diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Memilih Obat Flu yang Tepat

Pastikan Anda mengetahui perbedaan dari flu dan pilek agar dapat menemukan obat flu yang bagus dan tepat. Dalam pemilihan obat sendiri, Anda perlu memertimbangkan beberapa hal, terutama fungsi utama dari obat yang bergantung pada kandungan aktifnya. Bentuk obat juga beragam, sehingga Anda perlu menyesuaikannya agar obat lebih nyaman dan mudah dikonsumsi.

Pilih Obat Flu yang Bagus Sesuai dengan Gejala/Simtomnya

Pilih Obat Flu yang Sesuai dengan Gejala

Penting memilih obat flu berdasarkan simtom alias gejalanya supaya penanganan lebih efektif dan membuahkan hasil. Di pasaran beredar dua jenis obat flu, yaitu varian yang khusus mengobati flu dan varian untuk mengobati flu dan batuk. Obat-obatan yang bekerja secara simtomatik ini penting untuk Anda sesuaikan dengan simton yang Anda alami.

Apabila Anda mengalami gejala flu awal, carilah obat yang difungsikan untuk meredakan gejala awal flu. Ada pula obat flu yang bekerja dengan menurunkan demam, anti nyeri, melegakan pernapasan, dan obat untuk mengurangi reaksi alergi (antihistamin). Sedangkan untuk Anda yang menderita flu disertai batuk bisa memilih obat flu dan batuk.

Mudahnya, jika Anda terkena flu dengan gejala hidung berair atau tersumbat,  bersin-bersin, radang tenggorokan, demam meriang, dan sakit kepala, carilah obat varian flu yang berperan langsung ke pusat gejala. Anda bisa mengecek keterangan pada obat yang biasanya disertai tulisan “Untuk mengobati berbagai gejala flu”, dan sebagainya.

Sementara jika gejala flu Anda disertai dengan batuk, obat varian flu dan batuk adalah pilihan utama. Pada varian ini tersedia zat kimia yang bekerja menekan refleks batuk di pusat otak. Pada kemasan tablet atau botol umumnya tercantum keterangan “Untuk menyembuhkan batuk”, “Meredakan flu yang disertai batuk”, dan semacamnya.

Cermati Fungsi dari Kandungan Utama yang Tertera di Kemasan Obat

Apakah Anda mulai tidak nyaman dengan berbagai gejala flu yang menyerang? Bergegas mencari obat flu adalah langkah preventif pertama untuk mendukung pemulihan kondisi.

Walau begitu, tetap perhatikan komponen kandungan dari obat pilihan Anda. Pada obat flu dan pilek biasanya tercantum bahan utama seperti parasetamol, dekongestan, antihistamin, ekspektoran, dan sebagainya. Yuk ketahui lebih lanjut fungsi dari masing-masing kandungan tersebut.

Parasetamol: Banyak Ditemukan pada Obat-obatan Flu dan Pilek

Parasetamol Banyak Ditemukan pada Obat obatan Flu dan Pilek

Parasetamol merupakan analgesik ringan yang umum dipakai dalam komposisi obat pereda sakit kepala ataupun rasa sakit ringan lainnya. Parasetamol termasuk salah satu bahan utama dalam obat untuk flu dan pilek. Kandungan ini juga dapat ditemukan pada obat-obatan untuk menurunkan panas dan tersedia untuk segala usia.

Apabila Anda mempunyai gangguan hati seperti radang hati (hepatitis) atau sirosis, lebih baik tidak mengonsumsi obat berkandungan parasetamol melebihi dosis yang ditentukan. Hindari juga produk-produk lain yang mengandung parasetamol tanpa petunjuk dari dokter.

Dekongestan: Untuk Mengobati Flu Disertai Hidung Tersumbat

Dekongestan Untuk Mengobati Flu Disertai Hidung Tersumbat

Dekongestan berguna dalam mengobati flu yang disertai hidung tersumbat dengan mekanisme menyempitkan pembuluh darah di area hidung untuk melegakan hidung yang tersumbat. Anda bisa mengobati kondisi ini dengan obat flu yang mengandung dekongestan.

Dekongestan sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, seperti pseudophedrine, phenylephrineephedrine, dan phenylpropanolamine (PPA). Tidak semua jenis dekongestan dijual bebas, Anda perlu bertanya langsung kepada apoteker untuk mengetahui informasi selengkapnya. Perlu saran dokter pemakaian obat berkandungan dekongestan pada penderita hipertensi, penyakit jantung koroner, hipertiroid, iskema jantung, glaukoma, diabetes, dan kelenjar prostat.

Antihistamin: Untuk Mengobati Flu yang Disebabkan oleh Alergi

Antihistamin Untuk Mengobati Flu yang Disebabkan oleh Alergi

Alergi dapat pula menyebabkan serangan flu, pilek, dan batuk. Obat yang mengandung antihistamin bekerja efektif menyembuhkan flu akibat alergi, namun efektivitasnya tidak sebaik dekongestan dalam mengatasi hidung tersumbat. Beberapa jenis antihistamin yang dapat dibeli tanpa resep dokter contohnya promethazine, tripolidine, chlorpheniramine maleate, dan diphenhydramine hydrochloride,

Obat flu yang mengandung antihistamin dapat menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, pengonsumsian obat dengan komponen kandungan antihistamine tidak dianjurkan untuk Anda yang hendak mengendarai kendaraan bermotor, mengoperasikan mesin, atau aktivitas yang membutuhkan fokus lainnya.

Ekspektoran: Untuk Mengencerkan dan Memudahkan Pengeluaran Dahak

Ekspektoran Untuk Mengencerkan dan Memudahkan Pengeluaran Dahak

Obat-obatan yang mengandung ekspektoran dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menderita flu disertai batuk berdahak. Ekspektoran bertindak meningkatkan sekresi cairan yang pada akhirnya membuat dahak encer dan lebih mudah dikeluarkan.

Anda yang mengalami flu beserta dahak pada saluran pernapasan juga bisa meminum air lebih banyak sebagai sarana swamedikasi alternatif pengencer dahak. Ingatlah bahwa obat berkomponen ekpektoran memiliki efek samping berupa kepala pusing, mual, dan bahkan muntah, sehingga perlu diwaspadai apabila Anda harus beraktivitas seharian penuh.

Pilih Bentuk Obat yang Paling Mudah dan Nyaman Dikonsumsi

Pilih Bentuk Obat yang Paling Mudah dan Nyaman Dikonsumsi

Secara garis besar bentuk obat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu cairan berupa sirop dan padat berupa tablet. Walau demikian, ada pula bentuk obat lain seperti kapsul dan bubuk puyer. Dalam pengobatan flu, biasanya gejala batuk muncul sehingga banyak yang menganggap obat flu berbentuk sirop lebih efektif dan ampuh dibandingkan obat berbentuk tablet. Apakah benar demikian?

Sebenarnya, sampai saat ini belum ada bukti mendalam perihal perbedaan efektivitas dari obat dalam bentuk sirop atau tablet, terutama untuk mengobati gejala flu seperti batuk. American Chemistry Society Reaction sempat melakukan analisis terhadap kinerja dari kedua bentuk obat untuk meredakan batuk, namun belum menemukan perbedaan signifikan mengenai efektivitas dari setiap jenis obat.

Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi obat dalam bentuk apa pun asalkan nyaman, praktis, dan mudah bagi Anda. Respons tubuh setiap orang dalam memproses kandungan obat berbeda-beda tergantung tingkat kondisi yang dialami setiap orang, sehingga efektivitas antara Anda dengan penderita flu lain mungkin berbeda.

10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik yang Efektif Meredakan Batuk dan Pilek

Pada bagian ini, kami telah siapkan list obat flu terbaik yang dapat Anda beli di Indonesia. Obat yang bagus dan efektif tidak lepas dari kandungan di dalamnya. Maka dari itu, pastikan Anda mengecek setiap bahan aktif agar seusai dengan simtom yang muncul. Silakan tengok langsung daftarnya!

1. Decolgen Flu

Decolgen Flu

Kisaran harga: Rp2.000

Mengandung komponen bersifat antipiretik, analgesik, dan antihistamin

Decolgen Flu adalah obat untuk mengobati rangkaian gejala flu umum, seperti sakit kepala, demam, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Pada setiap tablet Decolgen Flu terdapat kandungan paracetamol yang bertindak sebagai antipiretik (penurun panas) sekaligus analgesik.

Jika flu yang Anda alami disertai demam, obat satu ini pilihannya. Selain parasetamol. Decolgen flu mengantongi komponen lain berupa dekongestan dan kommponen untuk menyembuhkan flu akibat alergi golongan antihistamin. Sudah melewati proses uji lab, Decolgen Flu tergolong obat flu yang aman dikonsumsi segala usia.

Khasiat utamaMengobati flu, hidung tersumbat, dan sakit kepala
Kandungan aktifParacetamol, phenylpropanolamine hydrochloride, dan chlorpheniramine maleate
BentukTablet

2. Neozep Forte Pereda Flu

Neozep Forte Pereda Flu

Kisaran harga: Rp2.500

Meringankan berbagai gejala penyakit flu

Produk satu ini diproduksi oleh PT. Darya-Varia Laboratorian Tbk. yang juga mengeluarkan merek obat Decolgen Flu. Diformulasi dengan komposisi aktif berupa parasetamol 250 mg, salisilamida 150 mg, fenilpropanolamin HCI 15 mg, dan klorfeniramin maleat 2 mg pada settiap tabletnya.

Kombinasi kandungan tersebut berfungsi meringankan gejala flu seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, sakit kepala, dan demam. Pada satu setrip Neozep Forte Pereda Flu tercantum 4 tablet siap minum untuk usia anak sampai dewasa. Belilah obat ini apabila Anda ingin mengobati flu dan hidung tersumbat.

Khasiat utamaMengobati flu dan hidung tersumbat
Kandungan aktifFenilpropanolamin HCI. klorfeniramin maleat. parasetamol. dan salisilamida
BentukTablet

3. Decolsin Sirup Batuk & Flu

Decolsin Sirup Batuk Flu

Kisaran harga: Rp21.600

Obat flu berbentuk sirop yang nyaman diminum

Masih dengan produsen yang sama, kali ini brand Darya Varia merilis obat flu dan batuk dalam bentuk sirop. Produk ini nyaman dikonsumsi oleh segala usia, terutama anak-anak. Decolsin Sirup Batuk & Flu bertindak meringankan batuk yang disertai flu langsung ke pusat otak.

Zat-zat di dalamnya bekerja intensif untuk memberi efek penyembuhan optimal. Hanya dalam waktu beberapa hari, obat flu Decolsin Sirup akan membuat anak Anda ceria kembali. Untuk dewasa sendiri, obat ini juga memberikan sensasi lega di tenggorokan sehingga cocok dijadikan stok di rumah.

Khasiat utamaMengobati batuk dan flu
Kandungan aktifParacetamol, pseudoephedrine HCI, chlorphenamine maleate, dextomethorphan hydrobromide, dan guaifenesin
BentukSirop

4. Sanaflu

Sanaflu

Kisaran harga: Rp2.000

Obat flu dan pilek yang tidak menyebabkan kantuk

Nama produk ini terbilang unik, Sanaflu. Dengan kata lain, obat flu berikut memang bekerja khusus dalam menangani gejala flu. Mengandalkan parasetamol dan phenylpropanolamine HCI, Sanaflu berperan langsung meredakan hidung tersumbat akibat flu.

Bukan hanya itu, cairan ingus yang menyulitkan hidung bernapas dapat disembuhkan total oleh obat ini. Menariknya lagi, Sanaflu tidak menyebabkan rasa kantuk sehingga aman dikonsumsi sebelum berkendara atau mengoperasikan mesin.

Khasiat utamaMeredakan gejala flu dan pilek
Kandungan aktifParasetamol dan phenylpropanolamine HCI
BentukTablet

5. Nellco Special O.B.H Sirup

Nellco Special OBH Sirup

Kisaran harga: Rp34.400

Obat batuk herbal bentuk sirup yang dipercaya banyak keluarga

Perusahaan Nellco memproduksi obat batuk yang menjadi salah satu indikator serangan flu. Dengan pasaran harga yang lebih mahal dibandingkan beberapa sirup obat batuk lain, Nellco Special O.B.H Sirup dikemas dalam botol berukuran 100 ml.

Obat satu ini sangat terkenal sehingga Anda takkan kesulitan menemukannya. Nellco Special O.B.H Sirup mempunyai tekstur sirop cukup kental berwarna gelap yang siap meredakan flu yang disertai oleh batuk. Obat ini akan mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan, juga membantu meringankan sakit kepala, demam, serta melegakan hidung tersumbat.

Khasiat utamaMengobati flu dan batuk
Kandungan aktifGlycyrrhizae succus, ephedrin hydrochloride, chlorpheniramine maleat, amonium chloride, dan paracetamol
BentukSirop

6. Bodrex Flu & Batuk Berdahak PE

Bodrex Flu Batuk Berdahak PE Phenylephrine

Kisaran harga: Rp2.000

Tersedia dalam bentuk sirop yang melegakan tenggorokan dan kaplet yang praktis dibawa

Bodrex Flu & Batuk Berdahak PE menawarkan varian wujud tablet dan sirop. Untuk sirop yang berkemasan lebih besar bisa Anda beli sebagai stok obat di kotak P3K rumah, dan kemasan kapletnya yang praktis dijadikan persiapan obat saat bepergian.

Bodrex Flu & Batuk Berdahak PE (Phenylephrine) bekerja aktif dalam meringankan gejala flu dan batuk. Kombinasi dekongestan, parasetamol, dan beberapa bentuk lain pada obat ini membantu melegakan hidung, menurunkan panas demam, mengencerkan dahak, dan mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

Khasiat utamaMengobati flu dan batuk berdahak
Kandungan aktifParacetamol, phenylephrine hydrochloride, glyceryl guaiacolate, dan bromhexine hydrochloride
BentukTablet dan sirop

7. NatraBio Children’s Cold & Flu Relief

NatraBio Childrens Cold Flu Relief

Kisaran harga: Rp185.000

Menyembuhkan flu pada anak mulai usia 4 bulan

NatraBio Children’s Cold & Flu Relief adalah obat flu untuk bayi dan anak-anak asal Amerika Serikat. Produk ini bisa diminum oleh bayi mulai usia 4 bulan ke atas. Jika ingin diberikan pada anak di bawah 4 bulan, sebaiknya konsultasi dulu kepada ahli kesehatan.

NatraBio menjamin produk rancangannya ini bebas formula alkohol, gula, dan tidak menyebabkan kantuk. Menariknya lagi, obat ini terbuat dari komponen alami sehingga dipastikan tanpa efek samping. Oleh karena berasal dari bahan alami yang mengikuti standar farmasi, obat ini aman bagi anak.

Khasiat utamaMengobati flu pada bayi dan anak
Kandungan aktifAconitum napellus, echinacea angustifolia, allium cepa, euphrasia officinalis, gelsemium sempervirens, dan sticta pulmonaria
BentukSirop

8. Ultraflu

Ultraflu

Kisaran harga: Rp3.400

Mudah dicari, murah harganya, dan efektif khasiatnya!

Apabila Anda malas membeli obat flu di apotek, produk satu ini bisa menjad opsi. Walau mudah dicari di warung-warung kecil, Ultraflu termasuk salah satu oibat yang efektif dalam menurunkan gejala flu seperti sakit kepala, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan panas demam.

Ultraflu merupakan obat varian flu yang disebabkan oleh alergi. Tiga komponen utama yang berperan aktif dalam mengobati flu antara lain paracetamol (acetaminophen), chlorpheniramine maleate (CTM), dan phenylpropalamine. Karena mengandung antihistamin, obat ini menimbulkan efek mengantuk pasca konsumsi.

Khasiat utamaMeringankan gejala flu
Kandungan aktifParacetamol (acetaminophen), chlorpheniramine maleate (CTM), dan phenylpropalamine
BentukTablet

9. Mixagrip Flu

Mixagrip Flu

Kisaran harga: Rp2.000

Mengurangi empat gejala awal flu: sakit kepala, demam, hidung tersumbat, dan bersin-bersin

Sakit kepala, demam, bersin-bersin, dan hidung tersumbat merupakan gejala mendasar dari penyakit flu. Saat terserang salah satu atau beberapa simtom ini, Anda bisa membantu meredakannya dengan meminum Mixagrip Flu berkemasan kuning dominan.

Mixagrip Flu mengantongi tiga komponen yang membantu menurunkan panas demam, melegakan hidung tersumbat, serta meredakan alergi, pilek, dan bersin-bersin. Mengonsumsi obat ini tidak dianjurkan apabila Anda hendak beraktivitas yang memerlukan fokus karena obat ini menyebabkan rasa kantuk.

Khasiat utamaMengatasi empat gejala flu
Kandungan aktifParasetamol, phenylephrine hydrochloride, dan chlorpheniramine maleate
BentukTablet

10. Panadol Flu & Batuk

Panadol Flu Batuk

Kisaran harga: Rp9.850

Obat flu yang ampuh untuk orang dewasa

Flu dan batuk rentan menyerang saat cuaca ekstrem. Produk ini dikemas dalam setrip berisikan 10 buah tablet obat siap minum. Tidak sulit menemukan Panadol Flu & Batuk karena brand-nya yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Satu yang perlu Anda ingat, obat ini bertindak meredakan gejala flu dan jenis batuk tidak berdahak.

Batuk kering yang membuat tenggorokan sakit dapat ditangani dengan baik oleh obat ini. Konsumsi obat flu merek Panadol varian ini tidak akan menyebabkan pusing atau sakit perut karena formulanya bebas ibuprofen. Satu lagi, obat ini termasuk aman untuk penderita gangguan lambung, namun pemberiannya untuk anak di bawah 12 tahun tidak dianjurkan tanpa petunjuk dokter.

Khasiat utamaMengobati flu dan batuk
Kandungan aktifParasetamol, phenylephrine HCl, dan dextromethorphan hydrobromide
BentukTablet

Kapan Waktunya ke Dokter Saat Terkena Flu?

Kapan Waktunya ke Dokter Saat Terkena Flu

Beberapa kondisi mengindikasikan seseorang perlu dilarikan ke rumah sakit untuk memperoleh penanganan langsung dari dokter, misalnya kesulitan bernapas atau wajah mulai tampak pucat pasi hingga tubuh tidak bisa berdiri karena tubuh yang sangat lemah.

Selain tu, ketika seseorang nampaknya akan semakin baik, namun tiba-tiba gejala flu datang kembali dan bahkan lebih parah, inilah tanda paling serius yang mengharuskan seseorang dibawa ke dokter. Adapun hal yang mendorong kondisi seperti wajah pucat pasi dan tubuh lemas antara lain karena saat flu, cairan yang masuk dapat menyebabkan mual dan muntah, sehingga tubuh kekurangan cairan tubuh.

Sakit flu dan pilek juga membuat lendir menghalangi hidung yang berisiko menyebabkan infeksi sinus. Jika obat flu yang dikonsumsi tidak mampu menghentikan cairan ingus berlebih, seorang pasien juga perlu ditangani langsung oleh dokter.

Cara Efektif dalam Mencegah Serangan Flu

Cara Efektif dalam Mencegah Serangan Flu

Langkah untuk mencegah penularan virus flu dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya rutin mencuci tangan pakai air dan sabun, atau dengan hand-sanitizer berbahan dasar alkohol. Pastikan tangan senantiasa bersih agar tidak memaparkan virus penyebab flu saat tangan menyentuh mulut, hidung, ataupun mata.

Menjaga kebersihan permukaan benda yang sering disentuh juga dapat mengurangi risiko terserang flu. Bersihkanlah permukaan benda dengan cairan disinfektan untuk hasil terbaik. Sebisa mungkin hindari juga berbagi makanan atau minuman menggunakan benda pribadi, seperti perlatan makan, gelas, atau botol minum.

Apabila tubuh terlanjur terserang flu, Anda dapat menekan risiko penularan dengan tidak berada satu ruangan yang juga dihuni orang atau anggota keluarga lain, sampai setidaknya 24 jam setelah demam turun. Pakailah masker saat keluar rumah. atau tutupi mulut dan hidung dengan tisu saat batuk dan bersin. Buang tisu di tempatnya dan cuci tangan Anda setelahnya.

Menerima vaksinasi juga dapat mencegah flu. Namun, pemberian vaksin bisanya hanya sampai berusia 18 tahun. Vaksinasi merupakan opsi preventif alternatif pada orang yang berisiko mengalami komplikasi. Meski termasuk efektif, nyatanya pemberian vaksin influenza tidak dapat 100% mencegah flu.

Kesimpulan

Baik dalam bentuk cair atau tablet, obat flu terbaik akan memberikan efek kerja secara bertahap. Pastikan Anda meminum obat yang kandungannya difungsikan untuk menangani gejala flu yang Anda alami. Dukung juga proses penyembuhan dengan banyak meminum cairan agar tubuh tetap terhidrasi.

Untuk anak-anak, penting melakukan pencegahan flu melalui pemberian vaksin. Sementara untuk bayi, pemberian vaksin influenza dilakukan pada usia 6 bulan, lalu diulang setiap satu tahun sekali hingga berusia 18 tahun. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan tangan dan permukaan benda supaya Anda tidak terpapar oleh virus flu yang melekat di atasnya.

(Visited 90 times, 1 visits today)