Written by 17:55 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an

Dari mulai kurangnya elastisitas, kulit kering dikarenakan menurunnya kelembapan, sampai munculnya tanda-tanda penuaan adalah kondisi yang terjadi saat memasuki usia 30-an. Untuk Anda yang ingin menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, penggunaan serum dengan fungsi anti-aging sangatlah tepat. Tersedia banyak macam serum untuk pengguna usia 30-an yang akan menjaga kulit Anda tampak awet muda.

Produsen skin care terkemuka mengeluarkan serum terbaik untuk kulit usia 30. Kiehl’s, Biokos, Klairs, dan Laneige barangkali menjadi merek yang familier buat Anda. Dalam pemilihan serum, Anda perlu menyesuaikan produk berdasarkan keadaan yang dialami kulit. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih serum beserta merekomendasikan serum terbaik untuk Anda yang berusia 30-an. Selamat membaca!

Cara Memilih Serum Wajah untuk Usia 30-an

Bagaimana produk serum yang cocok digunakan oleh pengguna usia 30-an? Sebelum melihat list produk rekomendasi, terlebih dahulu kita ulas bersama poin-poin pemilihan serum kecantikan untuk memelihara kulit tetap cantik, lembap, dan bebas masalah di usia 30. Let’s check this out!

Pilih Fungsi Serum berdasarkan Kondisi Kulit

Umumnya, usia 30 mengalami aging skin yang menjadikan kulit lebih rentan menerima masalah. Hal ini terjadi karena bermacam faktor, seperti yang utama disebabkan oleh menurunnya produksi kolagen untuk pemeliharaan struktur kulit. Oleh sebab itu, pemilihan serum yang bagus sebaiknya fokus terhadap kondisi kulit yang Anda hadapi.

Untuk Aging Skin, Pilih Serum dengan Fungsi Anti-Aging

Ketika menginjak usia 30 tahun, produksi hormon estrogen berkurang dan proses regenerasi sel menjadi lebih lambat. Dampaknya, sel kulit mati lebih sering menumpuk dan membuat warna kulit Anda terlihat lebih kusam. Setidaknya butuh waktu 28 – 35 hari agar tercipta sel kulit baru yang segar, beda halnya pada usia anak dan remaja yang proses pergantian sel langsung terlihat kurang lebih setiap 14 hari.

Menurunnya hormon estrogen memicu pembentukan garis-garis halus di sejumlah area wajah, seperti i rahang dan tulang pipi, serta kerutan di area dahi semakin terlihat. Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan anti-aging dengan serum, carilah produk yang mengutamakan komponen dengan kemampuan merangsang pergantian sel-sel kulit serta mendorong produksi kolagen seperti retinyl palmitate.

Retintyl palmitate lebih ringan dibandingkan retinol, sehingga aman diaplikasikan ke kulit sensitif. Walau efektivitasnya melawan tanda penuaan tidak sebaik retinol serta proses kerjanya lebih lama dalam memberikan hasil, Anda tetap membutuhkan kandungan ini dalam perawatan anti-aging di rentang usia 30. Pilihlah serum wajah dengan kandungan retinyl palmitate yang berkonsentrasi sekitar 0,03% agar tidak memberikan stimulus berlebih pada kulit.

Untuk Kulit Kering, Pilih Serum dengan Fungsi Hydrating/Moisturizing

Kadar air yang berkurang di usia 30-an butuh dirawat secara intensif menggunakan serum dengan bahan pelembap tinggi. Serum yang memainkan fungsi utama menghidrasi dan melembapkan kulit akan menghambat terbentuknya wrinkles di area dahi, rahang, dan pipi.

Untuk Anda yang merasa kulit semakin kering, kami merekomendasikan Anda memilih serum berkandungan bahan seperti hyaluronic acid yang akan mempertahankan kadar air pada lapisan kulit dalam. Bahan-bahan lain yang juga bagus untuk menjaga kelembapan kulit antara lain ceramide, elastin, kolagen, natural moisturizing factor (NMF), dan beberapa lainnya.

Jika Anda khawatir mengalami kulit sensitif akibat hilangnya kelembapan, pastikan serum pilihan Anda mengombinasi beberapa zat pelembap. Ceramide adalah bahan yang juga bagus untuk melembapkan kulit. Komponen ini sebenarnya diproduksi oleh kulit untuk mengunci jumlah air supaya sel kulit tidak kering.

Ceramide terletak pada sel epidermis yang selain melembapkan kulit hingga lapisan terdalam, kandungan ini juga efektif menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan oleh kulit kering. Jadi, perhatikan komposisi pada produk yang hendak Anda beli, kemudian pastikan beberapa bahan pelembap terkandung di dalamnya.

Untuk Bintik Hitam, Pilih Serum dengan Fungsi Whitening/Brightening

Anda yang memasuki usia kepala tiga sebaiknya memastikan proteksi kulit sebelum beraktivitas ke luar rumah di tengah hari yang panas. Pasalnya, sinar matahari yang memapar kulit akan menyebabkan terjadinya pigmentasi dan bintik-bintik hitam pun mulai muncul.

Semakin bertambahnya usia, kulit semakin sedikit memproduksi melanin. Itulah mengapa Anda diharuskan mengenakan sunscreen setiap kali ke luar ruangan. Namun, bagi Anda yang terlanjur memiliki bintik gelap di wajah sehingga membuatnya terlihat kusam, serum wajah dengan kandungan pencerah seperti turunan vitamin C akan mengembalikan skin tone cerah wajah Anda.

Unsur-unsur yang tergolong turunan vitamin C dinilai lebih stabil serta bekerja lebih efektif dengan potensi mengiritasi kulit yang sangat kecil. Turunan vitamin C akan mengurangi bintik gelap atau noda hitam akibat terbakar sinar matahari. Salah satu bahan yang termasuk vitamin C derivative adalah L-ascorbyl phosphate,

Gunakanlah serum wajah setiap hari sampai noda hitam pada wajah Anda memudar. Jangan lupa untuk selalu lindungi kulit wajah dengan tabir surya agar sengatan matahari tidak merangsang kulit dan menimbulkan kerusakan. Struktur kulit yang rusak berisiko terhadap masalah yang lebih serius. Jadi, jangan disepelekan, ya!

Pilih Serum yang Bekerja sesuai Permasalahan Kulit

Untuk menarik perhatikan konsumen, tidak jarang produsen merumuskan produk all-in-one. Meskipun tampak praktis, produk ini kurang efektif merawat kulit wajah Anda. Apalagi, produk-produk ini memiliki kanudngan dengan kadar yang lebih rendah serta telah diencerkan sehingga manfaatnya pun berkurang.

Oleh sebab itu, kami menganjurkan Anda membeli serum yang menangani permasalahan kulit wajah secara spesifik. Apabila Anda bermasalah dengan noda-noda hitam akibat pigmentasi misalnya, serum yang mengandung bahan kecantikan niacinamide merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan noda hitam.

Begitu pula ketika Anda menghadapi problem kulit wajah lain, bacalah fungsi utama suatu produk dari klaim yang tertera pada kemasannya. Namun secara umum, serum wajah untuk usia 30-an yang sebaiknya Anda pilih harus mengantongi kemampuan dasar untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Pilih Tekstur Serum yang Memberikan Sensasi Nyaman

Perbedaan tekstur serum memengaruhi kenyamanan guna. Anda pastinya memiliki preferensi tersendiri terhadap sebuah produk berdasarkan teksturnya. Secara umum tekstur serum dibagi menjadi tiga jenis, yakni tekstur watery seperti essence, tipe cream yang bagus untuk melembapkan, serta tekstur mild yang mendekati creamy dan watery.

Apabila Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu di cuaca atau ruangan dingin, serum dengan tekstur creamy merupakan opsi tepat. Tekstur creamy membantu kulit Anda terhindar dari kekeringan. Sementara itu, Anda yang berkulit normal dan khawatir akan cuaca panas bisa memakai serum bertekstur ringan dan halus karena penyerapannya yang baik. Lalu, tipe serum untuk melembapkan lebih cocok untuk Anda yang mengalami kondisi kulit kering.

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an

Kami telah merangkum serum wajah terbaik dengan banyak sekali ulasan positif dari pengguna berusia 30-an. Pilihlah produk yang tidak hanya berformula anti-aging, namun juga mampu melembapkan, mencerahkan, dan menawarkan fungsi tambahan lainnya sesuai kondisi kulit Anda. Selamat memilih!

1. Kiehl’s Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate

Serum dengan konsentrasi vitamin C tertinggi untuk kulit awet muda

Serum dengan kebaikan vitamin C high grade ini menjanjikan garis-garis halus dan kerutan tersamarkan, serta kulit tampak lebih bercahaya. Saking powerful-nya, Kiehl’s juga mengklaim hasilnya akan mulai dapat Anda rasakan di 2 minggu pertama pemakaian.

Ringannya tekstur serum didukung 12,5% vitamin C dari 10,5% vitamin C murni (L-ascorbic acid) yang berfungsi menyamarkan garis halus, dan 2% vitamin Cg (ascorbic glucoside) untuk bahan pencerahnya. Selain itu, tersedia juga hyaluronic acid untuk merawat kelembapan kulit Anda. Kesan silicony membuatnya tidak meninggalkan kesan lengket setelah diratakan.

FungsiAnti-aging dan mengecilkan pori-pori
KandunganL-Ascorbic Acid, ascorbyl glucoside,
Isi50 mL
Kisaran hargaRp1.050.000

2. Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Serum untuk memperbaiki kulit bertekstur

Memiliki masalah kulit bertekstur? Ini bisa jadi produk yang tepat untuk Anda! Formula andalan ChronoluxCB™-nya bekerja mengaktivasi proses regenerasi kulit di malam hari (catabolysis). Tak hanya itu, Estee Lauder juga menyematkan 3 komponen utama lain berupa alkyl guanine transferase (AGT), hyaluronic acid, serta antioksidan. Perpaduan bahan-bahan terbaik ini akan memberikan perbaikan pada tekstur kulit, melawan tanda penuaan, serta merawat kelembapan kulit Anda!

Tidak perlu khawatir bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, produk ini diformulasikan tanpa campuran pewarna, serta bebas pewangi (fragrance). Selain itu, serum ini telah teruji secara dermatologis dan optalmologis sehingga keamanannya lebih terjamin, khususnya untuk penggunaan harian. Sambut kulit mulus sehatmu mulai dari sekarang!

FungsiAnti-aging dan melembapkan kulit
KandunganAlkyl guanine transferase (AGT), antioksidan, hyaluronic acid
Isi20 mL
Kisaran hargaRp770.000

3. Sariayu Econature Nutreage Face Serum

Kebaikan ekstrak pomegranate untuk merawat kekencangan kulit

Pomegranate dipercaya sejak lama ampuh merawat kulit agar tetap awet muda. Produk lokal Sariayu mengekstraksi sederet manfaat pomegranate ke dalam face serum-nya. Kandungan 90% natural origin pada produk ini akan cocok bagi Anda yang menyukai produk perawatan kulit berbahan alami. Sebagai nilai tambah, serum ini juga diklaim ramah lingkungan, lho!

Dipadukan bersama kolagen dan natural moisturizer extract, Sariayu Econature Nutreage Face Serum mampu menutrisi hingga lapisan kulit terdalam untuk mewujudkan efek kulit kenyal, lembap, dan sehat. Pomegranate-nya juga dikenal akan khasiat mencegah jerawat, mengganti sel kulit mati, serta mengatasi peradangan kulit.

FungsiAnti-aging dan menutrisi kulit
KandunganOrganic pomegranate extract, collagen, ekstra natural moisturizer
Isi30 mL
Kisaran hargaRp145.000

4. Biokos Age Renew Anti Wrinkle Revitalizing Serum

Hempaskan kerutan dan memberikan hidrasi maksimal

Semakin khawatir dengan fine line dan tanda awal kerutan? Serum ini patut Anda perhitungkan. Biokos Age Renew bekerja dengan 3 langkah efektif, mulai dari memberikan kelembapan secara intensif, mengencangkan kulit, hingga mengurangi kerutan. Serum ini teruji secara klinis mampu menutrisi kulit hingga lapisan epidermis terdalam untuk mengoptimalkan regenerasi dan metabolisme sel kulit.

Perlu diperhatikan bagi Anda yang sensitif dengan aroma, serum ini memiliki aroma cukup kuat. Meski begitu, teksturnya yang cair memastikannya nyaman saat diaplikasikan, cepat meresap, dan tidak meninggalkan kulit lengket. Untuk Anda yang membutuhkan serum lokal dengan formula anti kerutan, produk ini akan menjadi pilihan tepat!

FungsiAnti-aging dan melembapkan kulit
KandunganBio microalgae essential
Isi30 mL
Kisaran hargaRp162.000

5. Klairs Midnight Blue Youth Activating Drop

Perawatan untuk kulit tampak jauh lebih muda

Serum Klairs satu ini diformulasikan untuk melawan penyebab munculnya berbagai tanda-tanda penuaan agar kulit tampak jauh lebih muda dari umur asli penggunanya. Diperkaya bahan aktif berupa dual peptide formula, dan dukungan EGF (sh-Oligopeptide-1) serta bEGF (sh-Polypeptide-1) menjadikannya andal untuk menciptakan penampilan kulit yang awet muda.

Tak sekadar diperuntukkan bagi Anda yang berusia 30-an, serum keluaran Klairs ini juga baik digunakan sebagai perawatan preventif untuk mencegah munculnya tanda-tanda kerutan dan penuaan dini sejak usia 20-an. Kandungan 10 bahan utamanya sendiri telah disempurnakan agar cocok digunakan untuk segala jenis kulit. Tertarik mencobanya?

FungsiAnti-aging
KandunganAdenosine, butylene glycol
Isi20 mL
Kisaran hargaRp369.000

6. Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Perkuat barrier kulit untuk menangkal aging spot

Somethinc membekali serum ini niacinamide dan beet extract untuk kulit lembab dan mulus bercahaya. Niacinamide selain bermanfaat untuk mencerahkan, juga dapat memperkuat skin barrier dengan memproduksi ceramide. Sementara ekstrak beet-nya berguna untuk melawan radikal bebas sekaligus merawat kelembapan kulit.

Selain itu, serum ini diklaim juga memiliki manfaat anti-aging seperti meningkatkan tekstur kulit, menyingkirkan dark spot, dan mengembalikan kekenyalan kulit Anda, serta sebagai agen antiinflamasi. Produk-produk Somethinc terkenal dengan bahannya yang gentle sehingga cocok untuk semua jenis kulit, bahkan untuk Anda yang berkulit sensitif!

FungsiAnti-aging dan mencerahkan wajah
KandunganNiacinamide, ekstrak buah bit, butylene glycol, glycerin, allantoin
Isi20 mL
Kisaran hargaRp115.000

7. Sulwhasoo Bloomstay Vitalizing Serum

Lawan tanda penuaan dengan khasiat kuncup bunga plum

Satu lagi produk yang mengekstraksi kebaikan alam untuk perawatan wajah. Sulwhasoo memetik manfaat antioksidan yang tinggi pada bunga plum sebagai bahan anti aging serta untuk peremajaan kulit. Kandungan utama lain berupa 5 komponen buah-buahan dan biji-bijian alami membuat kulit Anda tampak lebih sehat dan berkilau.

Serum dari produsen high-end ini memiliki tekstur yang kaya dengan hasil halus dan ringan, meninggalkan feel kulit kenyal dan sehat setelah pemakaian. Aplikasikan serum ini secara merata ke bagian sekitar mata, hidung, dan bibir dengan cara dipijat ringan membentuk bunga plum yang sedang mekar untuk hasil lebih memuaskan.

FungsiEkstrak plum blossom, kacang merah, quince, biji pinus Korea, dan wijen hitam
KandunganAnti-aging
Isi50 mL
Kisaran hargaRp1.950.000

8. Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Bantu peremajaan kulit dengan Apple PhytoCell Extract

Serum dari rangkaian Wardah Renew You ini mengantongi manfaat Advance Recover Age System, yakni komposisi dari susunan ekstrak stem cell buah apel dan 5 botanical extracts sebagai penunjang proses eksfoliasi dan pembentukan sel-sel baru. Hasilnya? Kulit Anda akan terbebas dari bentuk penuaan untuk tampilan sehat dan terjaga muda.

Kebaikan bahan aktifnya semakin dioptimalkan oleh tekstur ringan serum yang menjadikannya gampang terserap kulit. Produk ini sangat efektif melembapkan dan memelihara elastisitas kulit. Anda pun bisa terbebas dari bintik hitam, garis-garis halus, dan kerutan! Tak lupa, kandungan antioksidan vitamin E-nya aktif menangkal efek buruk radikal bebas.

FungsiAnti-aging
KandunganEkstrak stem cell apel, ubiquinone, tocopheryl acetate (vitamin E), centella asiatica extract, sodium hyaluronate, butylene glycol, sodium hyaluronate, glycerin, allantoin, lemon extract
Isi17 mL
Kisaran hargaRp81.000

9. Laneige Perfect Renew Regenerator

Teknologi Skin Rebirth™ untuk recharge energi muda kulit Anda

Ingin serum anti-aging Anda memberikan hasil dewy dan glowing? Jika iya, Anda tidak boleh melewatkan produk ini! Serum ini diformulasikan khusus untuk Anda pemilik kulit sangat kering, kusam, dan khawatir akan munculnya kerutan-kerutan halus di wajah. Produk ini terdiri dari 2 formula utama yaitu Skin Rebirth™ dan ceramide water.

Inovasi Skin Rebirth™ oleh Laneige mengandung flavonoid dari tanaman lengkuas yang dipercaya dapat menjaga keremajaan kulit. Untuk manfaat moisturizing, serum ini mempercayakannya pada advance ceramide water yang mampu merawat kulit agar kelembapannya tahan lama meskipun tekstur serum ini ringan dan mudah meresap seperti air.

FungsiAnti-aging, mencerahkan, dan melembapkan wajah
KandunganCeramide water, ekstrak akar lengkuas (flavonoid)
Isi40 mL
Kisaran hargaRp850.000

10. Olay Total Effects 7 in 1 Anti-Ageing Serum

Lawan 7 tanda penuaan dalam 1 produk

Kandungan VitaNiacin racikan Olay menjadi bahan utama dalam serum ini untuk membantu menghambat tanda-tanda penuaan kulit. Diperkaya dengan vitamin B3, pro-vitamin B5, dan vitamin E menjadikannya ideal berperan sebagai anti-aging complex untuk Anda yang mulai concern dengan kemunculan awal tanda-tanda penuaan, entah itu garis halus, warna kulit tidak merata, maupun kulit kusam.

Seluruh formulasi serum Olay ini didesain cepat terserap kulit, bebas minyak, dan noncomedogenic. Anda yang memiliki pori-pori terbuka pun bisa menikmati perawatan dari serum ini. Memiliki permasalahan kulit kering? Serum ini juga mampu merawat kelembapan alami kulit Anda secara intensif, lho! Paket lengkap untuk harga yang affordable, bukan?

FungsiAnti-aging, mencerahkan wajah, meratakan tekstur kulit, menghaluskan dan melembutkan kulit, melembapkan kulit
KandunganNiacinamide, glycerin, butylene glycol, panthenol, tocopheryl acetate, allantoin, camellia sinensis leaf extract
Isi50 mL
Kisaran hargaRp154.000

Kesimpulan

Serum wajah sangat direkomendasikan untuk Anda yang memasuki fase aging skin seperti usia 30-an. Dengan memakai serum secara rutin, permasalahan wajah bukan hanya berkurang, tetapi kondisi kulit senantiasa terjaga. Alhasil, keremajaan kulit menjadi dampak positif yang Anda rasakan!

Dari ke-10 serum wajah rekomendasi kami di atas, adakah produk yang sesuai dengan kriteria pilihan Anda? Pilihlah serum yang menangani kulti Anda secara spesifik, ya! Semoga tampilan wajah Anda tetap cerah, sehat, dan awet muda dengan bantuan serum wajah yang tepat!

(Visited 849 times, 26 visits today)