Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Suplemen Pembentuk Otot Terbaik

Membesarkan otot bukan perkara sederhana. Selain mesti rutin latihan dan makan makanan bergizi, ada kalanya Anda juga memerlukan suplemen tambahan. Kendati demikian, tidak semua suplemen pembentuk otot dapat memberikan hasil yang memuaskan. Karena itu, supaya tidak salah beli, di artikel ini akan kami jelaskan cara memilih suplemen pembentuk otot terbaik.

Ada banyak merek suplemen pembentuk otot yang beredar di pasaran, contohnya Optimum Nutrition, JNX, dan BSN. Selain menjelaskan cara memilih produk, kami juga telah mengumpulkan sepuluh suplemen pembentuk otot terbaik dari berbagai merek. Kita mulai pembahasannya, ya!

Apakah Membentuk Otot Memang Perlu Suplemen?

Sebelum membahas trik memilih suplemen, mari bahas dulu pertanyaan mendasarnya: apakah membentuk otot memang perlu suplemen? Sebenarnya, suplemen bukan hal yang mutlak perlu dikonsumsi dalam upaya membentuk otot. Selama rutin latihan dan mengikuti diet ketat makanan berprotein tinggi, otot bakal terbentuk dengan sendirinya.

Fungsi suplemen hanyalah mempercepat dan memaksimalkan proses pembentukan otot, sekaligus memberi tambahan energi untuk mendukung latihan yang lebih berat. Jadi, jika Anda baru pertama memulai, Anda tidak memerlukan suplemen. Suplemen baru akan Anda perlukan setelah Anda lebih berpengalaman dan siap naik ke level binaraga yang lebih tinggi.

Cara Memilih Suplemen Pembentuk Otot

Jika sudah yakin bahwa Anda memang memerlukan suplemen pembentuk otot, sekarang kita bisa masuk ke pembahasan utamanya. Di bagian ini, kami menjelaskan beragam hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyeleksi suplemen pembentuk otot.

Kenali Kandungan Nutrisi Apa Saja yang Bermanfaat

blank

Tidak semua jenis nutrisi akan bermanfaat dalam proses pembentukan otot. Daripada beli banyak suplemen yang kandungan nutrisinya tidak bermanfaat untuk pertumbuhan otot Anda, lebih baik pahami dulu nutrisi apa saja yang mesti dicari. Kami akan menjelaskan beberapa di antaranya.

Protein

Untuk memperbesar otot, Anda perlu mengonsumsi protein lebih banyak dari asupan harian normal yang disarankan. Jika asupan harian yang normal adalah 0,8 gram per kilogram berat badan, jumlahnya perlu ditingkatkan menjadi sekitar 1,2 sampai 2 kilogram per kilogram berat badan, tergantung pada fase latihan Anda.

Konsumsi protein dapat dilakukan sebelum, saat, ataupun sesudah latihan. Namun, ada yang berargumen bahwa konsumsi sehabis latihan lebih baik. Alasannya karena Anda memerlukan protein lebih banyak untuk perbaikan dan pertumbuhan sel otot. Selain itu, ada dua tipe protein yang bisa Anda konsumsi, yakni whey dan casein.

Protein whey lebih cepat dicerna sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah latihan, sementara casein perlu waktu lama untuk dicerna sehingga lebih baik dikonsumsi sebelum tidur.

Kreatin

Kreatin berfungsi menambah massa otot dengan menambah cairan di dalam membran sel otot. Kreatin bermanfaat pula sebagai sumber energi tambahan. Suplemen kreatin baiknya Anda konsumsi sebelum dan sesudah latihan. Konsumsi sesudah latihan ini akan membantu otot Anda lebih cepat pulih.

Kreatin sebenarnya sudah diproduksi oleh tubuh kita dan terkandung dalam makanan yang kita konsumsi, terutama daging merah dan ikan. Karenanya, asupan kreatin yang Anda butuhkan dari suplemen tidak begitu banyak. Hanya sekitar 3 sampai 5 gram setiap harinya.

BCAA

BCAA (branched-chain amino acids) merupakan kelompok asam amino esensial yang terdiri dari leusin, isoleusin, dan valin. BCAA mengaktifkan enzim-enzim yang terlibat dalam protein sintetis, yakni proses pembentukan partikel protein yang kemudian menjadi otot. Selain berdampak pada penambahan massa otot, BCAA juga berperan sebagai sumber energi serta mampu mengurangi nyeri otot pasca latihan.

Jumlah asupan BCAA yang disarankan adalah 5 gram pada pagi hari, sebelum, dan sesudah latihan. Sebagai catatan bila ingin mendapat asupan tambahan, BCAA juga banyak terkandung dalam makanan yang berprotein tinggi seperti daging, ikan, telur, dan banyak lagi.

Sesuaikan Jumlah Kalorinya dengan Perhitungan Target Kalori Harian

blank

Untuk membentuk otot, selain perlu mengasup banyak protein, Anda juga perlu mengonsumsi lebih banyak kalori dari orang normal. Tujuannya agar jumlah kalori yang diserap tubuh lebih banyak dari yang terbakar oleh aktivitas latihan.

Anda perlu mengasup sekitar 50 kkal per 1 kilogram berat badan. Dari total konsumsi kalori ini, 20 sampai 30 persennya harus berasal dari protein, 40 sampai 60 persen dari karbohidrat, dan 20 sampai 30 persen sisanya dari lemak.

Perhitungan tadi tentu hanya gambaran umum saja. Taget kalori harian yang mesti Anda penuhi mungkin saja berbeda. Intinya, untuk membentuk otot, asupan kalori mesti surplus. Di samping itu, perlu diingat juga bahwa peningkatan kalori ini mesti diiringi dengan penyesuaian menu diet. Utamakan untuk memakan makanan yang tinggi kalori seperti telur, daging ayam, ikan salmon, ikan tuna, susu, dan seterusnya.

Pilih yang Rasanya Anda Suka dan Bubuknya Mudah Larut di Air

blank

Mengonsumsi suplemen yang rasanya tidak enak tentu akan menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Apalagi dalam hal ini Anda akan mengonsumsinya secara rutin. Untuk itu, pilihlah suplemen pembentuk otot yang rasanya cocok dengan lidah Anda. Beberapa produk menyediakan sample yang bisa Anda coba untuk mengetahui rasa asli produk sebelum membelinya dalam jumlah banyak.

Karena Anda akan mengonsumsinya untuk waktu yang lama, jangan ragu untuk mencoba varian rasa lain dari suplemen yang biasa Anda konsumsi. Namun, perbedaan rasa ini kadang juga diiringi sedikit perbedaan kandungan. Jadi, tak ada salahnya untuk memeriksa tabel informasi nilai gizinya lagi walaupun Anda sudah pernah memeriksanya sebelumnya.

Selain rasanya harus enak, pastikan juga bubuk suplemen yang Anda pilih mudah larut dalam air. Jika tidak terlarut dengan baik, bubuknya dapat menggumpal dan membuat rasa dan teksturnya jadi tak keruan. Beberapa produk baru dapat tercampur dengan baik jika diaduk dengan blender. Sebab itu, kalau bubuknya tak tercampur dengan rata saat Anda bikin dengan dikocok, maka Anda bica coba untuk memblendernya.

Hindari Suplemen yang Mengandung Steroid

blank

Steroid sebenarnya adalah senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Steroid yang dimaksud di sini adalah steroid buatan yang sering disalahgunakan untuk membesarkan otot, yakni steroid anabolik. Jika dikonsumsi, steroid ini dapat mengganti atau menambah level testosteron seseorang. Maka, sebagaimana testosteron, steroid anabolik juga efektif memperbesar otot.

Masalahnya, terdapat sederet efek samping yang berisiko timbul dari pemakaian steroid. Mulai dari risiko penyakit jantung, tingkah laku agresif, masalah hati, kesuburan, kebotakan dini, dan banyak lagi. Itu sebabnya Anda perlu menghindari suplemen steroid, mengingat suplemen seperti ini cukup banyak dijual.

Sebagian produk ini mungkin membuat klaim bahwa steroid yang terkandung dalam suplemen mereka legal dan aman. Kendati begitu, Anda tetap mesti menghindarinya karena konsumsi steroid harus berada di bawah pengawasan dokter. Jadi, selama Anda tidak berada dalam arahan dokter, lebih baik bentuk otot Anda dengan mengasup kandungan-kandungan aman yang telah kami jelaskan di poin-poin sebelumnya.

10 Rekomendasi Suplemen Pembentuk Otot Terbaik

Setelah membahas hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih suplemen pembentuk otot terbaik, sekarang Anda tinggal menjatuhkan pilihan. Di bagian ini kami telah merangkum sepuluh produk terbaik yang sangat patut Anda beri pertimbangan.

1. Evolene Evomass

Memberi asupan kalori sampai surplus

Sebelum Anda bisa membentuk otot, Anda perlu menaikkan berat badan dan massa otot Anda dengan kalori sampai surplus. Evolene Evomass adalah gainer yang fungsinya khusus untuk itu. Jumlah kalori yang terkandung dalam satu gelas Evomass adalah 932 kkal atau setara dengan 14 butir telur ayam. Asupan rutin yang besar ini bakal menjadi pondasi yang kuat untuk pembentukan otot ideal.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Berat badan segera naik pada 1 sampai 3 bulan pertama.
  • Proteinnya berasal dari whey sehingga cepat diserap tubuh.
  • Keamanannya terjamin karena sudah lolos uji BPOM dan GMP.
  • Rasanya coklatnya enak.
  • Paket penjualan sudah termasuk bonus botol shaker.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagai gainer, tingkat kalorinya bukan yang paling besar.
Kandungan utama Protein
Jumlah kalori (kkal) 932
Ukuran 4,5 kg
Kisaran harga Rp750.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Evolene Crevolene

Untuk dikonsumsi bersama Evomass demi memaksimalkan hasil

Crevolene merupakan suplemen kreatin buatan Evolene yang juga memproduksi gainer yang kami bahas pada nomor sebelumnya. Produk ini merupakan suplemen pelengkap yang dapat Anda konsumsi bersama Evomass. Jadi, setelah kalori Anda surplus berkat Evomass, Crevolene bertugas untuk memberi energi lebih. Alhasil, latihan Anda makin maksimal dan otot bakal lebih cepat terbentuk.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kalorinya sangat kecil sehingga tidak menumpuk di tubuh yang kalorinya sudah surplus berkat konsumsi Evomass.
  • Rasa anggurnya enak.
  • Harga relatif murah karena satu kemasan bisa untuk 60 saji.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jika dikonsumsi bersama Evomass, biaya total yang dikeluarkan jadi cukup banyak.
Kandungan utama Kreatin
Jumlah kalori (kkal) 4
Ukuran 5,5 g
Kisaran harga Rp175.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Optimum Nutrition Gold Standard Pre-Workout

Suplemen pralatihan untuk memberi lonjakan energi sepanjang latihan

Seperti tertera pada namanya, produk ini adalah suplemen yang dikonsumsi pralatihan. Formulasi antara kreatin, beta-alanin, dan kafeinnya akan memberi Anda lonjakkan energi sepanjang latihan.

Setelah meminumnya, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk mulai latihan karena efek dari suplemen ini dapat terasa dalam waktu singkat. Asyiknya lagi, tersedia beragam pilihan rasa yang semuanya enak!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasanya enak dengan pilihan rasa di antaranya blueberry lemonade, fruit punch, green apple, dan watermelon candy.
  • Setelah latihan, tubuh tidak terasa selelah sebelumnya.
  • Hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk bekerja.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Rasanya mungkin terlalu manis buat beberapa orang.
Kandungan utama Kafein, kreatin, beta-alanin
Jumlah kalori (kkal) Tidak disebutkan
Ukuran 300 g
Kisaran harga Rp525.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Optimum Nutrition Gold Standard 100% Whey Protein

Suplemen pascalatihan untuk membantu pemulihan sel-sel otot

Untuk melengkapi suplemen pralatihan Optimum Nutrition sebelumnya, Anda dapat mengonsumsi suplemen whey protein ini. Suplemen ini dikonsumsi sehabis latihan untuk membantu pemulihan sel-sel otot.

Efektivitasnya makin dimaksimalkan lagi oleh 5,5 gram BCAA yang terkandung pada satu porsi suplemen ini. Varian rasanya yang mencapai 21 jenis rasa juga membuatnya makin menarik.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mudah tercampur dengan air sehingga tidak ada sisa bubuk yang menggumpal.
  • Sudah bebas gluten.
  • Efeknya dapat terlihat setelah pemakaian 1 sampai 2 bulan saja.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak kemahalan untuk sebagian orang.
Kandungan utama Whey protein, BCAA
Jumlah kalori (kkal) Tidak disebutkan
Ukuran 2,2 kg
Kisaran harga Rp825.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. JNX The Curse

Bermanfaat untuk embentuk otot sekaligus meningkatkan performa selama latihan

JNX The Curse adalah suplemen pralatihan yang cukup terkenal. Tentu bukan tanpa alasan. Suplemen ini memuat begitu banyak nutrisi bermanfaat, tidak hanya untuk pembentukan otot, tetapi juga sebagai sumber energi untuk meningkatkan performa latihan Anda. Menariknya, untuk ukuran kemasannya yang bisa untuk 50 saji, harga suplemen ini tergolong murah.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga lebih murah dibanding beberapa produk sejenis lain dengan ukuran yang sama.
  • Dapat tercampur air dengan baik sehingga tak ada yang menggumpal.
  • Ada sepuluh varian rasa yang semuanya enak.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dosis kandungannya tergolong agak rendah. Efektivitasnya bukan yang terbaik.
Kandungan utama Beta-alanin, kreatin, citric acid, L-citrulline, L-arginine alpha-ketoglutarate, kafein
Jumlah kalori (kkal) Tidak disebutkan
Ukuran 250 g
Kisaran harga Rp399.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. BSN True-Mass 1200

Diformulasi khusus untuk orang yang memerlukan dukungan kalori serius

BSN True-Mass adalah gainer yang diformulasikan untuk orang yang memerlukan dukungan kalori serius. Kalori per porsinya mencapai 1.220 kkal dengan perbandingan rasio protein dan karbohidrat 4:1.

Formulanya juga termasuk 12 gram BCAA dan EAA atau essential amino acids yang terdiri dari 9 varian. Kandungan ini bermanfaat buat mencegah kerusakan otot saat Anda sakit atau tidak latihan untuk beberapa waktu.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Efektivitasnya tinggi.
  • Tidak banyak kandungan nutrisi lain sehingga perhitungan asupan nutrisinya menjadi lebih simpel.
  • Cita rasanya yang tak terlalu tajam membuatnya cocok diblender bersama bahan lainnya, misalnya susu, pisang, oat, dan lain-lain.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bubuknya baru dapat tercampur sempurna kalau diblender. Jika hanya dikocok masih akan ada sisa gumpalan.
  • Sebagian orang mungkin kurang menyukai rasanya.
Kandungan utama Protein, BCAA, EAA
Jumlah kalori (kkal) 1220
Ukuran 4,71 kg
Kisaran harga Rp1.398.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. BSN Syntha-6 Isolate

Mengandung protein isolat yang lebih tinggi protein dan rendah kalori

Jika kebutuhan protein Anda normal-normal saja, maka suplemen protein dari BSN ini lebih cocok. BSN Syntha-6 Isolate mengandung protein isolat. Protein isolat diolah dari whey dengan proses khusus agar jumlah proteinnya lebih tinggi, namun karbohidrat dan lemaknya lebih rendah.Di samping itu, kadar laktosanya juga rendah sehingga mungkin bisa dikonsumsi oleh Anda yang intoleransi laktosa.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Otot lebih cepat pulih karena suplemen ini dikonsumsi setelah latihan serta sebelum tidur.
  • Ada tiga varian rasa yang enak: milkshake coklat, milkshake stroberi, dan es krim vanila. Rasanya makin enak lagi kalau dicampur dengan susu cair.
  • Mudah tercampur dengan air. Tidak ada sisa bubuk yang menggumpal.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa orang mungkin kurang menyukai rasa dan teksturnya.
Kandungan utama Whey protein isolate
Jumlah kalori (kkal) 140
Ukuran 1,82 kg
Kisaran harga Rp830.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Muscle First M1 Pro Creatine

Suplemen kreatin yang tidak bikin kantong jebol

Kami sangat merekomendasikan Muscle First M1 Pro Creatine buat Anda yang membutuhkan suplemen kreatin namun tidak memiliki dana yang terlalu besar.

Untuk kemasan 300 gram, produk ini hanya dibanderol di bawah 200 ribu. Isi 300 gram ini cukup untuk 60 saji. Dari segi khasiat, produk ini juga diklaim cukup baik untuk menambah massa otot sekaligus menambah energi saat latihan.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Paket penjualan sudah termasuk bonus botol shaker.
  • Aman dikonsumsi pada hari saat tidak sedang latihan.
  • Sudah terdaftar di BPOM.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Kandungan utama Kreatin
Jumlah kalori (kkal) 19
Ukuran 300 g
Kisaran harga Rp180.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Muscletech Mass-Tech Extreme 2000

Kalori di atas rata-rata untuk Anda yang berkebutuhan di atas rata-rata pula!

Ada satu lagi mass gainer untuk Anda yang membutuhkan asupan kalori di atas rata-rata. Satu kali penyajian Muscletech Mass-Tech Extreme 2000 mengandung 2.330 kalori. Kalori sebanyak ini sudah pasti akan menghasilkan efek yang kentara pada tubuh Anda. Apalagi kalau sebelumnya Anda memang mengalami kesulitan untuk menaikkan massa otot meskipun sudah latihan keras dan minum suplemen.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kandungannya lengkap. Sudah termasuk BCAA dan kreatin. Alhasil, Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen lainnya.
  • Protein yang terkandung sudah protein isolat.
  • Efeknya sudah mulai dapat terlihat pada beberapa minggu setelah pemakaian.
  • Rasanya enak dengan dua varian: triple chocolate brownie dan vanilla milkshake.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kandungan gula cukup tinggi. Orang yang berisiko diabetes mesti hati-hati.
  • Harganya mungkin cukup mahal buat sebagian orang.
Kandungan utama Protein, kreatin
Jumlah kalori (kkal) 2330 KCal
Ukuran 9,9 kg
Kisaran harga Rp1.275.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Muscletech Nitro-Tech 100% Whey Gold

Suplemen protein yang dilengkapi BCAA dan glutamin

Muscletech Nitro-tech 100% Whey Gold merupakan produk terakhir dari daftar rekomendasi kami kali ini. Sebagaimana namanya, kandungan utama produk ini adalah protein whey.

Namun, di samping itu, ada pula kandungan BCAA dan glutamin untuk memperkuat khasiatnya pada proses pembentukan otot. Suplemen ini dianjurkan untuk Anda konsumsi sehabis makan, serta sebelum dan sesudah latihan.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mudah larut dalam air.
  • Rasanya enak dengan dua varian: double rich chocolate dan french vanilla cream. Bisa dicampur dengan susu biar rasanya makin enak sekaligus lebih sehat.
  • Laktosa minim sehingga orang yang intoleran laktosa bisa mengonsumsinya.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa orang mungkin tidak menyukai aftertaste-nya.
Kandungan utama Protein, BCAA, glutamin
Jumlah kalori (kkal) 932 KCal
Ukuran 2,5 kg
Kisaran harga Rp820.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Suplemen Pembentuk Otot

Produk Evolene Evomass Evolene Crevolene Optimum Nutrition Gold Standard Pre-Workout Optimum Nutrition Gold Standard 100% Whey  Protein JNX The Curse BSN True-Mass 1200 BSN Syntha-6 Isolate Muscle First M1 Pro Creatine Muscletech Mass-Tech Extreme 2000 Muscletech Nitro-Tech 100% Whey Gold
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan utama Protein Kreatin Kafein, kreatin, beta-alanin Whey protein, BCAA Beta-alanin, kreatin, citric acid, L-citrulline, L-arginine   alpha-ketoglutarate, kafein Protein, BCAA, EAA Whey protein isolate Kreatin Protein, kreatin Protein, BCAA, glutamin
Jumlah kalori (kkal) 932 4 Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan 1220 140 19 2330 KCal 932 KCal
Ukuran 4,5 kg 5,5 g 300 g 2,2 kg 250 g 4,71 kg 1,82 kg 300 g 9,9 kg 2,5 kg
Kisaran harga Rp750.000 Rp175.000 Rp525.000 Rp825.000 Rp399.000 Rp1.398.000 Rp830.000 Rp180.000 Rp1.275.000 Rp820.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Adakah dari sepuluh suplemen di atas yang ingin Anda konsumsi? Sebelum pilih yang manapun, pastikan untuk memperhatikan hal-hal penting yang telah kami bahas di bagian cara memilih.

Perlu kami ingatkan lagi, kalau Anda baru memulai latihan rutin, kemungkinan Anda takkan membutuhkan suplemen. Pada kebanyakan pemula, pondasi otot dapat terbentuk dengan mudah hanya dengan latihan dan makan-makanan bergizi. Baru setelah Anda merasa pertumbuhan otot terasa stagnan, Anda dapat mendorongnya lebih jauh dengan bantuan suplemen. Semangat terus latihannya, ya!

Referensi

There are only two supplements proven to help you build muscle
https://www.popsci.com/supplements-help-build-muscle/ diakses pada 20 Juli 2021

Are Pre-Workout Supplements Good or Bad for You?
https://www.healthline.com/nutrition/pre-workout-supplements diakses pada 20 Juli 2021

What to know about supplements for muscles
https://www.medicalnewstoday.com/articles/325147 diakses pada 20 Juli 2021

The Ultimate Beginner’s Guide to Supplements
https://www.muscleandfitness.com/supplements/build-muscle/ultimate-beginner-s-guide-supplements/ diakses pada 20 Juli 2021

For The Bodybuilder – How To Choose Supplements Wisely And Still Get Huge
https://www.bodybuilding.com/fun/weik28.htm diakses pada 20 Juli 2021

5 Best Supplements to Build Muscle (FASTER)
https://www.youtube.com/watch?v=lwvTXmBJSnw diakses pada 20 Juli 2021

10 Nutrition Rules to Follow if You Want to Build Muscle
https://www.muscleandfitness.com/nutrition/gain-mass/10-nutrition-rules-follow-if-you-want-build-muscle/ diakses pada 20 Juli 2021

Legal Steroids: Do They Work and Are They Safe?
https://www.healthline.com/health/legal-steroids diakses pada 20 Juli 2021

Apa Efeknya Jika Menggunakan Steroid untuk Membesarkan Otot?
https://hellosehat.com/kebugaran/kekuatan/efek-steroid-untuk-otot/ diakses pada 20 Juli 2021

You may also like

Comments are closed.