Written by 16:06 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Test Pack Terbaik untuk Cek Kehamilan

Ketika ingin melakukan tes kehamilan, biasa digunakan alat uji berupa test pack. Tak hanya ketika satu hari terlambat haid, sekarang telah tersedia test pack untuk mengecek kehamilan beberapa hari sebelum siklus haid. Kemudahan pakai test pack pun semakin lengkap berkat adanya layar digital untuk menginformasikan hasil pengujian.

Bila saat ini Anda sedang mencari sebuah test pack, kami rekomendasikan Anda sepuluh produk terbaik dalam list artikel ini. Selain Sensitif dan Akurat yang menjadi merek test pack kenamaan di Indonesia, masih banyak pilihan test pack dari OneMed, Clearblue, dan Andalan untuk Anda pilih. Jadi, simak sampai akhir ulasan kami kali ini, ya!

Cara Memilih Test Pack untuk Cek Kehamilan

Mengingat ada banyak sekali jenis test pack yang beredar di apotek, tentu sedikit sulit menentukan mana yang lebih tepat, terutama bagi Anda yang kali pertama melakukan periksa kehamilan. Test pack yang baik tidak bisa dilihat dari harganya saja, tapi Anda juga harus melihat beberapa poin lain seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

Pilih Jendela Indikator yang Paling Nyaman untuk Anda

Pengecekan dengan test pack akan memunculkan hasil pada bagian yang disebut jendela indikator. Tampilan pada indikator ini akan menunjukkan hasil apakah Anda hamil atau tidak. Ada dua versi indikator pada test pack ini, yakni strip dan digital. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca ulasan di bawah ini.

Test Pack Strip: Tipe Paling Umum dengan Harga Terjangkau

Test pack strip adalah tipe test pack umum yang paling banyak digunakan. Dengan harga lebih terjangkau, test pack ini bisa memberikan indikasi kehamilan atau tidak dari jumlah garis yang muncul, apakah satu atau dua garis. Tetapi perlu diingat, untuk mengetahui hasil positif dan negatifnya, Anda harus mengumpulkan sampel urin terlebih dahulu.

Untuk menggunakan alat ini, Anda perlu mencelupkan test pack ke dalam urin selama 5-10 detik, atau sesuai instruksi pada kemasan. Tanda kehamilan dapat dilihat dari dua garis yang muncul. Hanya saja, keakuratan dari alat ini masih perlu diragukan karena tak sedikit wanita yang melakukan salah pembacaan dan penggunaan. Bahkan pada beberapa kasus, test pack tidak menunjukkan tanda apa pun. Jadi, tips memakai test pack juga menjadi topik yang akan kami bahas di akhir artikel.

Test Pack Digital: Pembacaan Lebih Mudah dengan Status “Yes” atau “No

Jika Anda termasuk awam dan mengharapkan kemudahan dari proses pengujian kehamilan, kami anjurkan Anda memilih test pack digital. Test pack ini memiliki bentuk stick panjang dengan ujung yang diberi strip untuk menyerap urin. Kelebihan test pack digital adalah bagian strip-nya bisa diganti dengan yang baru sehingga memungkinkan test pack untuk dipakai berulang.

Test pack tipe ini juga mudah dibaca. Indikator yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui status kehamilan biasanya menggunakan kata “Yes” atau “No“. Malahan, ada juga beberapa versi yang lebih unggul dengan menunjukan usia kehamilan. Alat ini cukup sensitif sehingga hasil yang didapat lebih akurat, sayangnya untuk harganya lebih tinggi dibandingkan test pack tipe strip.

Pilih Test Pack berdasarkan Waktu Penggunaannya

Setiap test pack memiliki tingkat kepekaan masing-masing, yang artinya alat ini akan menghasilkan nilai atau hasil sesuai ketika kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropi) dalam urin tepat. Sejumlah test pack dibekali fitur untuk mendeteksi kehamilan lebih awal, namun kebanyakan yang beredar di Indonesia bertipe normal, alias dipakai saat siklus haid terlambat. Kami akan jelaskan lebih lanjut pada bagian ini.

Tipe Awal: Dapat Mengecek Status Kehamilan sebelum Siklus Haid Dimulai

Test pack tipe awal adalah test pack yang bisanya digunakan 6 hari sebelum jadwal siklus haid dimulai. Test pack dengan tipe ini cocok untuk Anda yang memiliki kemungkinan hamil lebih tinggi atau Anda yang ingin segera memastikan kehamilan.

Test pack ini mempunyai kelemahan yaitu hasil yang tak begitu akurat. Hal ini terjadi dikarenakan tubuh Anda mungkin membutuhkan waktu untuk mengeluarkan hCG dalam jumlah cukup. Selain itu, kemungkinan kekeliruan hasil dapat juga terjadi, misalnya tampak hasil positif yang sebenarnya negatif ketika Anda mengunjungi dokter kandungan untuk memastikan..

Tipe Biasa/Normal: Memeriksa Kehamilan Satu Minggu setelah Terlambat Haid

Berbeda dengan tipe awal, test pack tipe normal dapat digunakan 4 – 7 hari setelah masa keterlambatan haid. Pada masa-masa keterlambatan haid, jumlah hCG yang diproduksi tubuh diharapkan berada dalam jumlah yang cukup untuk memberikan hasil akurat ketika melakukan pengetesan.

Akan tetapi, tidak semua wanita memiliki siklus haid teratur sehingga mereka mungkin tidak bisa memprediksi kapan haid berikutnya akan dimulai. Jadi untuk mengatasi hal ini, lebih baik menggunakan test pack dengan jangka waktu 45 hari setelah haid terakhir.

Guna Memaksimalkan Hasil Tes, Perhatikan Poin-poin Penting Lainnya

Keakuratan hasil juga tidak ditentukan hanya dari jenis test pack-nya saja. Ada beberapa indikator lain yang harus Anda perhatikan, terutama yang berkaitan dengan kemudahaan dalam penggunaan alat. Untuk itu, cobalah perhatikan aspek-aspek berikut untuk menentukan jenis test pack mana yang lebih tepat buat Anda.

Selain Keakuratan, Pastikan Jendela Indikatornya Mudah Dibaca

Walaupun sebagian besar test pack menjanjikan keakuratan hasil hingga 99%, kerap kali ditemukan kasus banyak wanita yang mengalami kesalahan pembacaan. Kejadian ini biasanya dikarenakan bagian indikator strip yang tidak jelas, misalnya buram, terlalu kecil, atau malah tidak kelihatan, yang membuat pembacaan semakin sulit.

Peran visibilitas sangat penting di sini. Maka dari itu, pilihlah test pack dengan jendela indikator yang mudah dibaca. Jendela indikator digital mungkin lebih cocok untuk Anda yang masih baru dalam menggunakan test pack. Jika memilih test pack berindikator strip, pilihlah dari merek berkualitas, atau Anda bisa cek review pengguna lain untuk mengetahui kemudahan membaca hasil tes pada layar indikator.

Pertimbangkan Produk yang Dilengkapi Wadah Urin

Jika Anda lebih senang menggunakan test pack strip, cobalah untuk mempertimbangkan produk yang sudah dilengkapi wadah atau cawan urin. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menyediakan wadah sendiri. Selain itu, wadah ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan dengan lebih dari satu test pack untuk membandingkan hasilnya.

Salah satu produk test pack yang sudah dilengkapi wadah urin adalah produk keluaran Sensitif yang dapat Anda lihat lebih lengkap pada bagian rekomendasi produk di bawah. Poin satu ini sebaiknya tak perlu Anda jadikan prioritas karena dengan wadah urin yang Anda sediakan terpisah pun, tak membawa pengaruh signifikan terhadap kepraktisan pengujian.

Lebih Praktis Membeli Produk dengan Kemasan Isi Lebih dari Satu

Salah satu kelemahan test pack bentuk strip adalah tidak bisa dipakai ulang. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda membeli produk yang memiliki isi dua atau lebih strip untuk dipakai berkali-kali. Test pack dengan isi lebih dari satu juga lebih ekonomis, Anda pun tak perlu datang ke apotek lebih sering untuk membeli strip test pack.

Bagi Anda yang sedang menjalani program kehamilan, kami merekomendasikan produk test pack berisikan 2 – 3 strip. Selain itu, test pack dalam kemasan isi dua atau lebih juga memudahkan Anda melakukan perbandingan hasil tes manakala Anda kurang yakin dengan hasil sebelumnya.

10 Rekomendasi Test Pack Terbaik untuk Cek Kehamilan

Setiap produsen berupaya mengeluarkan test pack terbaik untuk mempermudah penggunanya melakukan pengujian kehamilan. Dari sekian banyak pilihan, berikut test pack yang bagus hasil pencarian kami. Banyak orang telah menggunakannya, dan kami harap salah satunya cocok dengan Anda. Selamat memilih!

1. Sensitif Digital

Menjamin pembacaan digital sangat sensitif hingga level akurasi 99,9%

Test pack ini sangat cocok terutama bagi Anda yang belum pernah menggunakan alat pengecekan kehamilan sebelumnya. Jenis indikatornya berupa digital dengan keterangan “Yes” untuk hamil, dan “No” untuk tidak hamil. Meski digagas sebagai test pack tipe awal, produk ini sangat sensitif meskipun dipakai lima hari sebelum siklus haid dimulai.

Selama digunakan dengan benar, Anda akan dipermudah melakukan pembacaan hasil. Apalagi, keakuratannya mencapai 99,9 persen lebih menjamin begitu minimnya kekeliruan hasil yang ditampilkan. Produk ini juga praktis dan nyaman dipegang karena berbentuk batang. Belum berhenti, produk Sensisif Digital satu ini juga lebih higienis berkat adanya tutup pada bagian ujung resapannya.

Tipe Awal (5 hari sebelum siklus haid)
Indikator Digital
Dilengkapi wadah urin
Klaim keakuratan 99,9%
Isi kemasan 1 pcs
Kisaran harga Rp120.000

2. Andalan Strip Uji Kehamilan Pribadi

Isi lebih banyak, dan tentunya ini menjadi produk “Andalan” banyak orang!

Dengan tingkat keakuratan hingga 99 persen, Anda bisa mengandalkan produk satu ini untuk mengetahui status kehamilan. Harga satu box-nya tak mencapai Rp50.000 dengan isi 6 buah strip yang bisa dipakai secara bergantian. Anda bisa mencelupkan test pack ini dalam urin, dan hasilnya langsung terlihat hanya dalam 1 menit.

Supaya lebih maksimal, disarankan menggunakan test pack ini di pagi hari setelah bangun tidur. Waktu ini dipercaya lebih efektif untuk melakukan pengecekan kehamilan dikarenakan kadar hCG dalam tubuh Anda lebih tinggi. Selain itu, jangan terlalu banyak minum air sebelum melakukan pengecekan agar urin tidak encer dan mempengaruhi hasil tes.

Tipe Biasa/normal
Indikator Strip
Dilengkapi wadah urin
Klaim keakuratan 99,9%
Isi kemasan 6 pcs
Kisaran harga Rp26.800

3. Clearblue Pregnancy Test with Weeks Indicator

Dilengkapi weeks indicator untuk menentukan usia kehamilan

Clearblue adalah alat test kehamilan yang menawarkan Anda hasil lebih lengkap dibandingkan test pack biasa. Selain memiliki keakuratan hingga 99 persen, test pack ini juga bisa memperkirakan usia kehamilan melalui weeks indikator digital-nya yang menampilkan minggu ke berapa Anda hamil.

Karena sangat sensitif, test pack Clearblue berikut dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekan lebih awal. Saran penggunan adalah 5 hari lebih awal sebelum memasuki siklus haid. Meski harga satu alatnya mencapai ratusan ribu, Anda sudah bisa mengurangi pengeluaran berkat tipe test pack yang bisa digunakan berulang.

Tipe Awal (5 hari sebelum siklus haid)
Indikator Digital
Dilengkapi wadah urin
Klaim keakuratan 99%
Isi kemasan 1 pcs
Kisaran harga Rp175.000

4. Puspa Pharma Directtest Midstream

Mudah dipakai dengan ujung strip yang bisa diarahkan langsung ke aliran urin

Anda tidak perlu mengumpulkan sampel urin untuk diuji dengan Directtest Midstream. Pasalnya, test pack besutan Puspa Pharma ini melakukan pengecekan langsung pada urin mengalir. Test pack tipe strip ini dibuat midstream atau compact. Jadi, bentuk pegangannya berupa batang dan di ujung alatnya ada area resapan sendiri yang bisa diarahkan langsung ke aliran urin.

Test pack satu ini bisa dipakai untuk pengecekan awal satu minggu setelah berhubungan. Anda pun bebas memakainya, entahkah di pagi, siang, sore, atau malam hari. Hasil pembacaan 99% akurat dengan waktu tunggu hanya 1 – 5 menit menjadikan produk ini disukai sebagian besar wanita.

Tipe Biasa/normal (7 hari setelah berhubungan)
Indikator Strip
Dilengkapi wadah urin
Klaim keakuratan 99%
Isi kemasan 1 pcs
Kisaran harga Rp14.400

5. Sensitif Compact

Produk strip compact dengan hasil lebih cepat

Test pack dari Sensitif berikut didesain dalam bentuk strip compact. Alat ini mampu menampilkan hasil yang lebih cepat, yakni hanya 1 – 3 menit setelah ujung strip dibasahi urin selama kurang lebih 10 detik. Sensitif Compact menjanjikan akurasi hasil mencapai 99,9 persen ketika penerapannya benar.

Meskipun termasuk tipe test pack normal atau biasa, test pack ini sebenarnya bisa Anda pakai tujuh hari setelah berhubungan, lho! Anda juga bebas waktu melakukan pengecekan, namun sebaiknya kurangi meminum air dua jam sebelum menggunakan test pack.

Tipe Biasa/normal (7 hari setelah berhubungan)
Indikator Strip
Dilengkapi wadah urin
Klaim keakuratan 99,9%
Isi kemasan 1 pcs
Kisaran harga Rp50.000

6. Sensitif Strip UC (Urine Container)

Adanya wadah urin dan tabel komparasi semakin memudahkan pengecekan

Seri produk Sensitif satu ini memiliki tipe indikator strip biasa, namun Anda memperoleh bonus wadah urin di dalamnya. Berkat tersedianya wadah urin, pastinya Anda tak perlu menyediakan wadah urin sendiri. Test pack ini dilengkapi tabel komparasi untuk membantu Anda memvalidasi warna hasilnya.

Anda dapat menggunakan alat uji kehamilan ini meskipun baru mengonsumsi pil KB, antibiotik, atau alkohol dengan tingkat keakuratannya 99,9 persen. Untuk waktu penggunaan bisa dilakukan mulai dari 7 hari setelah berhubungan, baik di pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Tipe Biasa/normal (7 hari setelah berhubungan)
Indikator Strip
Dilengkapi wadah urin
Klaim keakuratan 99,9%
Isi kemasan 1 pcs
Kisaran harga Rp26.700

7. Akurat Strip

Produk ekonomis, akurat, dan cepat hasilnya

Bagi Anda yang berbujet tipis dan menginginkan test pack akurat, cobalah melirik Akurat Strip. Test pack model strip ini diklaim memiliki tingkat keakuratan hingga 99 persen dalam mendeteksi kehamilan lebih awal. Dengan kata lain, Anda dapat memakai test pack tujuh hari setelah berhubungan.

Oleh karena dibanderol dengan harga sangat terjangkau, Akurat hanya menyediakan sebuah tes strip serta tidak melengkapinya dengan wadah urin. Sama seperti test pack pada umumnya, produk ini perlu dicelupkan pada urin selama 15 detik, lalu Anda bisa melihat hasilnya setelah menunggu 1 – 3 menit.

Tipe Biasa/normal (7 hari setelah berhubungan)
Indikator Strip
Dilengkapi wadah urin
Klaim keakuratan 99%
Isi kemasan 1 pcs
Kisaran harga Rp11.000

8. First Response Early Result Pregnancy Test

Mendeteksi tanda kehamilan awal hingga 99 persen

Anda bisa mendeteksi kehamilan 6 hari sebelum masa haid dengan produk First Response. Early Result Pregnancy Test mempunyai bentuk compact strip yang menjanjikan pembacaan hasil dalam waktu tiga menit saja. Uniknya, alat ini bervariasi soal tingkat akurasi hasil, yakni 76% apabila dilakukan 5 hari sebelum periode haid, dan lebih dari 99% ketika digunakan 3 hari sebelum periode haid.

Sebagai salah satu best selling test pack di berbagai negara 3 tahun berturut-turut, pasaran harga test pack First Response pun tergolong cukup mahal untuk produk sekali pakai. Walau demikian, test pack yang memperlihatkan hasil uji dalam 3 menit ini dapat dipakai untuk melakukan 2 kali pengujian. Dengan jendela indikator berdimensi besar, Anda yang awam sekalipun tak kesulitan membaca hasilnya!

Tipe Awal (6 hari sebelum siklus haid)
Indikator Strip
Dilengkapi wadah urin
Klaim keakuratan 99%
Isi kemasan 2 pcs
Kisaran harga Rp220.000

9. OneMed hCG Urine Pregnancy Test

Lebih ekonomis dengan isi 50 buah test pack strip

Untuk Anda yang menyukai produk eceran yang bisa dibeli per box atau per satuan, OneMed menyediakan produk yang memenuhi kriteria pencarian Anda. Di dalam satu box-nya terdapat 50 buah test pack strip yang selain bisa dibeli per biji, Anda juga bisa memborongnya secara paketan. Meski affordable, produk ini menjamin tingkat keakuratan hingga 99,9 persen.

Cukup mencelukan ujung tes strip pada urin selama kurang dari lima menit, dalam waktu 1-3 menit setelahnya, Anda bisa mengetahui status kehamilan. Kurang yakin? Lakukan saja berulang dengan strip test lain apabila Anda membeli per boks! Sebagai informasi tambahan, harga satuan strip test OneMed hCG Urine Pregnancy Test berkisar Rp950 – Rp1.900-an.

Tipe Tidak ada keterangan
Indikator Strip
Dilengkapi wadah urin
Klaim keakuratan 99,9%
Isi kemasan 50 pcs
Kisaran harga Rp49.500

10. OneMed ultraONE Test Kehamilan

Bentuk stick lebih pendek dan lebar, serta dirancang pocket size!

Sama seperti seri sebelumnya, OneMed UltraONE ini juga terdiri dari 50 buah test pack strip dalam satu box-nya. Perbedaan test pack seri ini dengan hCG Urine Pregnancy Test adalah, Anda bisa menggunakan seri ini untuk tes kehamilan lebih awal maupun sehari setelah terlambat haid. Tingkat kepekaan test pack ini juga lebih tinggi yaitu 10 mIu HCG/ml urin.

Dengan tingkat kepekaan yang ultrasensitif, test pack produksi OneMed ini sanggup mendeteksi kehamilan hingga 99,9 persen. Satu lagi yang membuat test pack ini menarik ada pada bentuk gagang lebih pendek dan lebih lebar, sehingga memungkinkan untuk Anda masukkan ke dalam saku celana.

Tipe Tidak ada keterangan
Indikator Strip
Dilengkapi wadah urin
Klaim keakuratan 99,9%
Isi kemasan 50 pcs
Kisaran harga Rp110.000

Cara Menggunakan Test Pack yang Benar di Rumah

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan test pack di rumah adalah membaca instruksi atau petunjuk pada kemasannya. Bacalah dengan saksama panduan penggunaan alat agar tidak salah prosedur dan menampilkan hasil lebih akurat.

Ketika mencelupkan ujung resapan ke sampel urin, tunggulah waktu celan sesuai peraturan yang tercantum pada kemasan. Setelahnya, diamkan test pack di tempat datar sementara waktu. Hasil reaksi akan tampak pada jendela indikator sesuai tipe indikatornya, misalnya garis 2 untuk tipe strip yang menandakan hamil, atau pada indikator digital muncul keterangan “yes” atau “pregnant”.

Apabila status kehamilan positif, sebaiknya Anda konfirmasi hasilnya dengan melakukan pemeriksaan ulang ke dokter kandungan. Datanglah ke bidan atau rumah sakit terdekat. Bila tidak ada kasus false positive, berarti tandanya Anda hamil dan kemudian, dokter akan memberi saran perihal pola makan, aktivitas harian, dan jam istirahat untuk menjaga kesehatan Anda sekaligus bayi di dalam kandungan.

Kesimpulan

Disarankan agar Anda memilih test pack dengan jendela indikator yang mudah dibaca. Tak hanya itu, test pack yang Anda beli sebaiknya mencantumkan janji hasil keakuratan hingga 99% atau lebih. Untuk Anda yang rutin melakukan tes kehamilan, lebih hemat biaya, waktu, dan tenaga dengan memilih test pack berisika 2 atau lebih agar bisa dipakai lebih sering.

Lantas, bagaimana tanggapan Anda dengan ke-10 test pack terbaik dari sejumlah brand di atas? Ada test pack berjendela indikator digital dengan harga lebih mahal, serta test pack konvensional dengan indikator pembacaan hasil berupa strip. Pilihlah produk sesuai kebutuhan dan budget Anda, terutama bagi Anda yang berencana rutin melakukan pregnancy test. Selamat mencoba!

(Visited 88 times, 1 visits today)