Written by 01:00 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Vitamin Untuk Ibu Hamil Terbaik

Folamil Genio

Selama masa kehamilan, setiap ibu hamil memerlukan asupan zat gizi dalam jumlah lebih banyak. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dari konsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang seimbang. Meskipun demikian, tak jarang juga tubuh ibu hamil tetap mengalami kekurangan vitamin dan mineral. Apabila terjadi hal semacam ini, maka vitamin untuk ibu hamil terbaik dapat menjadi penunjang defisiensi vitamin ataupun mineral. Dengan demikian, harapan anak lahir dalam kondisi sehat semakin tinggi.

Apabila saat ini Anda sedang hamil, Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk ibu hamil. Di Indonesia tersedia banyak pilihan merek vitamin seperti Obical, Folamil, Blackmores, dan Hydromamma. Setiap produk mempunyai kandungan yang umumnya sama, tapi ada juga yang berbeda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan produk mana yang paling tepat sesuai kebutuhan gizi Anda.

Cara Memilih Vitamin untuk Ibu Hamil

Suplemen prenatal atau vitamin prenatal haruslah mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga bisa memenuhi kebutuhan ibu dan bayi. Dalam menentukan vitamin untuk ibu hamil dan menyusui, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana panduan memilihnya. Pada bagian ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu Anda simak sebelum mencari suplemen prenatal yang hendak dikonsumsi. Silakan dibaca dengan saksama, ya!

Kenali Zat Gizi yang Sangat Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

Kenali zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil

Pertama-tama, pastikan Anda sudah mengetahui jenis vitamin dan mineral apa yang diperlukan. Saat kehamilan atau fase peningkatan trimester, setiap perempuan memerlukan tiga zat gizi penting. Ketiga nutrisi tersebut antara lain asam folat, zat besi, dan kalsium. Asam folat diperlukan oleh ibu hamil guna mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat. Hal ini dikarenakan asam folat punya peranan penting dalam pembentukan awal otak serta sumsum tulang belakang.

Pemenuhan asam folat pada masa awal kehamilan sangatlah dianjurkan. Anda bisa mengonsumsi suplemen asam folat disamping mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Selain asam folat, zat besi juga penting dalam perannya mengantarkan oksigen untuk ibu dan janin dalam rahim. Terjadinya defisiensi terhadap zat besi berisiko terhadap anemia. Jika kondisi ini sampai terjadi, maka risiko bayi lahir prematur dan dengan berat badan rendah semakin tinggi. Bahkan, risiko kematian bayi juga dapat terjadi!

Sedangkan zat gizi berupa kalsium akan membantu mengurangi terjadinya kepadatan tulang. Saat mengandung, janin akan menyerap kalsium pada tubuh ibu untuk mendukung pertumbuhan tulangnya. Selain merangsang tulang bertumbuh, kalsium juga diperlukan untuk pertumbuhan gigi, kesehatan otot, dan sistem saraf (terutama pada jantung). Meskipun tidak ada standar baku dari sebuah vitamin untuk hamil harus mengandung kandungan apa, setidaknya ketiga kandungan ini penting untuk diperhatikan.

Perhatikan Asupan Makanan dan Sesuaikan dengan Vitamin yang Hendak Dipilih

Perhatikan asupan makanan dan sesuaikan dengan vitamin yang hendak dipilih

Saat menjalani masa kehamilan, ibu membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya (kondisi tidak mengandung). Porsi menu makanan yang ditambahkan mungkin bisa membuat perut terasa kenyang sehingga timbul anggapan nutrisi sudah terpenuhi. Tapi yang sebenarnya terjadi, ketika hamil, porsi yang sama belum tentu mencukupi kebutuhan nutrisi pada ibu sekaligus janin. Maka dari itu, Anda tetap perlu menyesuaikan kekurangan nutrisi yang terjadi dengan konsumsi vitamin untuk ibu hamil.

Suplemen prenatal dapat menjadi penyelamat ketika tubuh belum terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebagai contoh, apabila Anda menjadi jarang atau sulit mendapatkan ikan dan makanan dengan asam lemak omega 3 tinggi, Anda bisa mengonsumsi vitamin prenatal yang di dalamnya juga terdapat kandungan tersebut. Hal ini juga berlaku untuk jenis vitamin ataupun mineral yang lain.

Pada intinya, Anda perlu mengetahui dulu nutrisi yang berasal dari sumber makanan Anda apakah sudah memenuhi kebutuhan Anda dan janin dalam kandungan atau belum. Selain itu, penting juga kiranya untuk memilih jenis suplemen yang disesuaikan dengan usia kandungan. Hal ini dikarenakan pada setiap tahap pertumbuhan atau peningkatan masa kehamilan, tubuh juga memerlukan nutrisi yang berbeda.

Tidak Semua Kandungan pada Suplemen Baik untuk Kesehatan

Tidak semua kandungan pada suplemen baik untuk kesehatan

Walaupun sulit dipungkiri kalau sebuah vitamin untuk ibu hamil bisa melengkapi asupan nutrisi berupa vitamin dan mineral, tetap saja ada suplemen yang tidak baik untuk kesehatan ibu. Sebagai contoh, suplemen dengan kandungan vitamin A dan vitamin E merupakan suplemen yang lebih baik dihindari. Alasannya, vitamin A yang selama ini dikenal baik untuk memelihara kesehatan mata dan kekebalan tubuh, ternyata zat ini bisa meningkatkan risiko kecacatan pada bayi.

Sedangkan kandungan lain seperti vitamin E yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan saat masa kehamilan juga bisa mempromosikan risiko bayi lahir secara prematur. Di samping itu juga, Anda perlu memperhatikan efek samping yang bisa ditimbulkan. Misalnya, jika Anda sudah mendapatkan asam folat dari sumber makanan, maka lebih baik hindari suplemen dengan kandungan asam folat tinggi. Hal ini akan menghindari bayi lahir dengan autisme.

Temui Dokter untuk Meminta Saran Terbaik Darinya

Temui dokter untuk meminta saran terbaik darinya

Pada akhirnya, Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih vitamin untuk ibu hamil. Tentu Anda tidak ingin merusak salah satu hari paling bahagia Anda, yakni saat melahirkan, bukan? Oleh karena itu, disarankan sebelum memilih suplemen kesehatan selama kehamilan, ada baiknya Anda bicarakan langusng dengan dokter atau bidan. Dengan memperoleh informasi dari profesional, Anda juga akan lebih mudah mengetahui asupan suplemen yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya, dokter kandungan akan menganalisis terlebih dahulu kebiasaan makan Anda. Hal ini akan mempermudah penentuan jenis vitamin ataupun mineral tambahan yang Anda peroleh dari suplemen. Selain itu, dokter pada umumnya juga akan memberi informasi mengenai dosis dan waktu yang tepat untuk memakai suplemen tersebut. Saat ini Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara langsung di rumah sakit, klinik bidan, atau secara online pada situs-situs kesehatan terpercaya di Indonesia.

10 Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil Terbaik

Setelah memperoleh informasi yang cukup, sekarang Anda sudah bisa menentukan jenis vitamin untuk ibu hamil yang bagus dan tepat seperti apa. Pada bagian ini kami akan merangkum sejumlah produk dari berbagai brand yang mempunyai standar kualitas tinggi. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh asupan nutrisi yang ideal untuk mendukung kesehatan Anda serta janin dalam kandungan. Selamat memilih!

1. Hydromamma

Hydromamma

Kisaran harga: Rp45.000

Dibuat tanpa campuran pewarna dan pemanis buatan. Dijamin aman!

Vitamin untuk wanita hamil ini diciptakan dalam bentuk tablet yang mudah larut dalam air. Jika Anda pernah mengonsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh seperti CDR, maka Hydromamma juga seperti itu. Jenis tablet ini tentu akan memudahkan Anda saat ingin mengonsumsinya. Dengan cita rasa buah-buahan yang segar, Anda tak akan terasa mual saat ingin memenuhi asupan cairan pelengkap air putih.

Hydromamma dipastikan aman untuk dikonsumsi karena terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran zat pemanis ataupun pewarna buatan. Produk ini juga rendah kandungan gula dan bahkan memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan produk minuman lainnya. Suplemen vitamin untuk ibu hamil agar tidak mual ini tersedia dalam banyak pilihan rasa, mulai dari blackcurrant, kelapa, lemon, mixed berry, hingga jeruk yang menyegarkan.

2. Blackmores I-Folic

Blackmores I Folic

Kisaran harga: Rp129.000

Kaya akan asam folat untuk mendukung proses pembentukan sel darah merah

Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan badan, maka nama Blackmores mungkin sudah tak asing di telinga. Brand satu ini sudah lama memproduksi produk untuk menunjang kebugaran tubuh. Dalam jajaran vitamin untuk ibu hamil, Blackmores mengeluarkan seri I-Folic. Seperti namanya, suplemen ini diformulasikan sebagai terapi penunjang kebutuhan asam folat dalam tubuh. Tentu Anda tahu kalau saat hamil, tubuh memerlukan asupan asam folat lebih banyak.

Asam folat dalam bentuk vitamin B kompleks ini akan digunakan oleh tubuh untuk melakukan proses pembangunan. Dengan begitu, maka proses produksi DNA dan pembentukan sel darah merah dapat terlaksana dengan baik. Selain tinggi asam folat, Blackmores I-Folic juga diperkaya dengan yodium yang terbukti baik untuk perkembangan otak bayi. Selain dikonsumsi ketika hamil, vitamin untuk ibu hamil yang mengandung asam folat ini juga bisa dikonsumsi sebelum terjadinya kehamilan, lho!

3. Erela Visela

Erela Visela

Kisaran harga: Rp46.000

Cakupan gizi kehamilan yang dapat pula dikonsumsi oleh lansia

Untuk mempersiapkan masa kehamilan, Anda bisa memulai pemenuhan asupan nutrisi berupa asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12. Dengan Erela Visela, Anda bisa mencapai kebutuhan asupan gizi tersebut. Vitamin untuk ibu hamil ini juga bisa dikonsumsi oleh orang tua hingga lansia. Kandungan folat dan komponen lain di dalamnya akan mendukung tubuh orang yang sudah memasuki usia lanjut agar tetap sehat dan prima.

Pada orang tua ataupun wanita hamil, Erela Visela dapat dikonsumsi untuk mendukung fase kehamilan hingga menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terserang penyakit. Produk ini dikemas dalam bentuk box ataupun setrip. Anda bisa mendapatkan produk ini di apotek terdekat ataupun membelinya secara online. Erela Visela juga dijamin sebagai vitamin yang aman untuk ibu hamil agar tidak mudah lelah karena sudah mengantongi label layak edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

4. Obical

Obical

Kisaran harga: Rp38.000

Diperkaya kalsium untuk mendukung perkembangan tulang janin

Jika yang Anda butuhkan adalah vitamin untuk masa kehamilan dengan kandungan kalsium tinggi, maka Obical pilihannya. Suplemen kesehatan dalam bentuk tablet ini diformulasikan dengan kalsium, Ca citrate, dan cholecalciferol. Kalsium yang tersimpan dalam produk ini siap memenuhi tubuh Anda untuk mendukung proses pertumbuhan tulang janin. Selain itu, produk ini juga akan membantu Anda terhindar dari risiko osteoporosis di kemudian hari.

Obical bukan cuma bisa dikonsumsi oleh perempuan hamil, tetapi Anda yang sedang tidak hamil namun ingin memperoleh kalsium cukup juga dapat meminumnya. Bahkan, setelah melahirkan atau memasuki fase laktasi (menyusui), Anda juga bisa mengonsumsi vitamin ini. Selain terdiri dari kalsium dan kolekalsiferol atau vitamin D3 untuk memelihara tulang, produk ini juga menyimpan kandungan lain seperti phosphorus dan fructo olgosaccharide.

5. Folamil Genio

Folamil Genio

Kisaran harga: Rp130.000

Kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu dan bayi dalam rahim

Selain Blackmores, rekomendasi vitamin kehamilan satu ini juga tergolong mahal dari segi harga, yakni mencapai 100 ribuan rupiah. Suplemen prenatal ini menjadi salah satu vitamin untuk ibu hamil kembar yang direkomendasikan oleh dokter. Sudah barang tentu, dokter juga akan memberikan anjuran pemakaian produk ini sesuai dengan kondisi badan Anda. Vitamin yang diproduksi oleh PT. Dexa Medica ini terdiri dari 30 kapsul dalam setiap kemasannya. Kemasannya berwarna putih dan pink, cantik dan menyenangkan untuk dilihat!

Bicara soal keunggulannya, Folamil Genio sendiri sengaja dirumuskan untuk membantu masalah kekurangan nutrisi pada ibu hamil. Vitamin dan mineral seperti asam folat, beta karoten, vitamin B1, B6, B12, D3, K1, kalsium, biotin, Docahexaenoic Acid (DHA), Arachidonic Acid (ARA), dan Iron Polymaltose Complex (IPC) terdapat dalam setiap kapsulnya. Dengan segudang nutrisi yang disediakan, tentunya vitamin ini menjamin tubuh ibu dan bayi memperoleh gizi yang cukup setiap harinya.

6. Folavit

Folavit

Kisaran harga: Rp12.000

Mudah dicari dan murah harganya!

Apabila yang Anda perlukan adalah vitamin untuk ibu hamil dengan harga murah, maka Folavit pilihannya. Dijual dengan harga tak sampai 15 ribu, vitamin ini bisa dikonsumsi untuk perempuan yang sedang merencanakan kehamilan ataupun sedang menjalaninya. Folavit sendiri menyediakan asam folat atau vitamin B9 yang mudah larut dalam air. Formulasi utama berupa zat folat dalam Folavit akan melakukan proses pembentukan sel-sel DNA untuk tumbuh kembang janin.

Selain itu, asam folat juga akan membantu pembentukan sel darah merah. Dengan demikian, risiko terhadap anemia yang umum menimpa ibu hamil dapat berkurang. Untuk jenis anemia, Folavit bisa mengatasi anemia megaloblastik atau anemia akibat adanya kelainan DNA sel darah merah. Bahkan, Folavit juga bisa mengatasi jenis anemia akibat kekurangan nutrisi. Dengan bandrolan harga yang ekonomis, Anda sudah bisa terhindar dari risiko mengerikan ini. Luar biasa, ya!

7. Ferofort

Ferofort

Kisaran harga: Rp25.000

Bantu jaga produksi homoglobin (Hb)

Ferofort adalah suplemen untuk kehamilan yang didesain dalam bentuk kaplet selaput. Produk ini mengantongi sejumlah kombinasi komponen seperti preparat besi, vitamin B kompleks, zinc, dan asam amino esensial. Zat besi yang terkandung di dalam vitamin untuk ibu hamil di apotik ini sangat diperlukan dalam pembentukan hemoglobin (Hb). Selain itu, ada juga asam askorbat yang berperan dalam produksi kolagen sintetis. Sementara vitamin B kompleks akan meminimalisir keadaan defisiensi.

Bagi Anda yang ingin terhindar dari anemia saat kehamilan, maka Ferofort bisa dikonsumsi untuk memenuhi keinginan tersebut. Walaupun demikian, produk ini tidak cocok dikonsumsi oleh penderita anemia hemolitik tanpa defisiensi zat besi. Setiap kapsul dari suplemen kehamilan ini bisa dikonsumsi 1 kaplet sehari bersama makanan atau sehabis makan. Namun yang perlu diingat, pemberian jangka panjang dengan dosis tinggi perlu dihindari.

8. Folda

Folda

Kisaran harga: Rp32.000

Mengandung DHA untuk memenuhi seperempat komposisi otak

Tentu setiap ibu menginginkan anak yang terlahir dalam kondisi sehat dan berotak cerdas, termasuk Anda, bukan? Apabila itu yang Anda harapkan, maka tak ada salahnya untuk Anda mengonsumsi Folda. Pasalnya, suplemen penunjang wanita hamil ini menyimpan kandungan DHA yang akan memenuhi seperempat komposisi otak. Dengan demikian, nutrisi satu ini tentu akan membantu otak janin berfungsi dengan baik, terlebih ketika sudah lahir ke dunia.

Selain mampu mempromosikan kecerdasan otak janin, kandungan DHA juga bisa memelihara kesehatan mata anak. Vitamin untuk ibu hamil agar anak cerdas ini juga memastikan keperluan asam folat yang menjadi zat penting untuk dipenuhi pada masa kehamilan. Anda bisa mengonsumsi suplemen yang tergolong dalam obat bebas edar ini pada trimester awal kehamilan. Alasannya, pada masa awal kehamilan, ibu hamil rentan mengalami morning sickness pada pagi atau sore hari. Oleh karena itu, terjadinya defisiensi asam folat bisa Anda cegah dengan meminum Folda secara rutin.

9. Fetavita

Fetavita

Kisaran harga: Rp108.000

Suplemen yang sekaligus menjaga kebugaran tubuh selama hamil

Pernahkah Anda mendengar nama multivitamin untuk ibu hamil ini? Fetavita adalah suplemen prenatal yang tergolong dalam obat bebas. Atau dengan kata lain, produk ini bisa dikonsumsi meski tanpa resep dokter. Fetavita dibuat dalam bentuk kapsul lunak yang mudah larut dalam air. Suplemen tambahan ini akan mendukung pemeliharaan kesehatan serta kebugaran tubuh saat masa kehamilan.

Di dalam Fetavita sendiri terdapat komponen yang baik seperti DHA untuk perkembangan otak bayi ataupun janin dalam kandungan. Selain DHA, terdapat juga kandungan lain berupa minyak omega 3 dan EPA yang diperoleh dari minyak ikan laut. Tak hanya itu, Fetavita juga terbuat dari gabungan zat lain seperti antioksidan yang akan membantu tubuh menangkal radikal bebas. Dalam satu produk ini, Anda bisa menemukan beragam manfaat kesehatan yang dihasilkan oleh lebih dari 8 jenis vitamin, mineral, dan kandungan lain di dalamnya.

10. Hemobion

Hemobion

Kisaran harga: Rp22.000

Turunkan risiko anemia pada wanita hamil

Mendengar nama Hemobion, kami bisa tebak kalau yang terbesit di kepala Anda adalah suplemen untuk pengobatan anemia. Memang benar, produk kesehatan dalam bentuk kapsul ini mempunyai keutamaan untuk penderita anemia. Begitu juga dengan wanita hamil dimana risiko anemia rentan terjadi, Hemobion dapat dikonsumsi untuk mencegah kemunculan gangguan anemia.

Untuk membantu pembentukan sel darah merah, Hemobion menyertakan kandungan berupa ferrous fumarate, asam folat, dan vitamin B12. Lebih dari itu, vitamin untuk ibu hamil anemia ini juga menyediakan kalsium karbonat yang mudah larut dalam usus sehingga lebih cepat diserap. Proses penyerapan kalsium dari produk ini akan didukung dengan keberadaan kolekalsiferol, sehingga memastikan janin mengalami proses pertumbuhan tulang secara optimal.

Hindari Terjadinya Masalah pada Perut Setelah Konsumsi Vitamin Kehamilan

Gangguan pencernaan saat hamil

Apabila setelah mengonsumsi suplemen kehamilan terjadi gangguan pencernaan, pasti ada yang salah dan harus segera diperbaiki. Sebagai contoh, suplemen dengan kandungan zat besi yang melebihi dosis lazim (>30 mg) memungkinkan terjadinya masalah pada saluran pencernaan. Sementara untuk menghindari sensasi mual, Anda bisa meminum vitamin untuk ibu hamil saat menjelang tidur atau bersama makanan lain agar lebih mudah dicerna.

Intinya, Anda perlu mengontrol jumlah zat besi yang masuk ke dalam tubuh agar tidak terjadi masalah pada perut lain semisal sembelit atau diare (meskipun jarang terjadi). Namun apabila sembelit maupun diare terlanjur menimpa, Anda bisa atasi dengan minum jus buah prune, makan dua hingga tiga porsi buah dalam sehari, dan mengonsumsi suplemen serat psyllium.

Kesimpulan

Suplemen prenatal atau vitamin untuk ibu hamil memang penting dikonsumsi. Tapi yang lebih penting lagi adalah cerdas dalam menerapkannya. Dengan memilih produk yang tepat, Anda akan memperoleh dampak positif secara maksimal. Masa kehamilan adalah waktu yang paling krusial bagi setiap orang. Maka dari itu, saat fase ini, pastikan tubuh Anda tetap sehat dengan senantiasa memperhatikan kelengkapan gizi harian, baik yang diperoleh dari makanan ataupun suplemen tambahan.

(Visited 479 times, 1 visits today)