Written by 08:12 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Cushion Compact Terbaik

Laneige BB Cushion Pore Control

Cushion compact foundation biasa digunakan para wanita yang tidak memiliki waktu lama untuk berdandan. Berkat inovasi dan berbagai penelitan, sekarang produk makeup yang dipelopori brand asal Korea ini hadir dengan formula lebih baik untuk menampilkan hasil natural. Bermacam brand Korea ataupun non-Korea mulai memproduksi cushion compact, termasuk merek lokal.

Jika Anda berencana membeli cushion compact terbaik, entah merek Laneige, Emina, Pixy, atau apa pun, pastikan memilih produk yang tepat! Tenang saja, kami akan mengenalkan Anda terhadap cushion compact berikut cara memilihnya. Kami juga memilihkan produk cushion compact terbaik untuk Anda pilih sesuai kebutuhan. So, let’s get started!

Mengenal Cushion Compact

Cushion adalah produk coverage yang umum diaplikasikan sebagai pengganti foundation atau makeup base lain. Hadir dalam bentuk compact, cushion praktis dan ringkas saat dimasukkan ke makeup pouch. Jika sebelumnya Anda perlu mengotori tangan sewaktu mengenakan liquid coverage, cushion telah dibekali aplikator spons atau puff berbahan polyurethane rubycel sehingga mencegah tangan kotor.

Selain itu, terdapat beberapa perbedaan antara cushion compact dengan foundation atau BB cream. Begitu pula soal manfaat, cushion dibekali formula lebih kaya nutrisi serta pelindung, namun tetap mempertahankan tekstur agar ringan di muka. Mari berkenalan lebih jauh tentang cushion compact di bagian ini!

Tidak Sama dengan Foundation ataupun BB Cream

Tidak Sama dengan Foundation ataupun BB Cream

Umumnya, foundation berwujud liquid dan padat (two way cake), dan mempunyai kemasan tube atau botol berpompa. Tingkat coverage foundation lebih dalam dibandingkan cushion, membuatnya ideal untuk heavy makeup ke acara-acara khusus, namun kurang cocok sebagai daily makeup.

Anda yang mengharapkan tampilan makeup flawless tanpa heavy sense, jadikan cushion alternatif foundation. Cushion cenderung berefek dewy skin yang glowing dan sedikit mengilap ala makeup wanita Korea (K-Beauty), bahkan beberapa produk menjanjikan no-makeup makeup look untuk kesan lebih natural.

Dari segi tekstur, cushion juga lebih ringan dibandingkan BB (blemish balm) cream. Meski demikian, belakangan muncul produk cushion yang menawarkan tingkat coverage medium to full, namun tetap terasa ringan di wajah. Banyak sekali cushion yang kemampuan covering-nya bagus, Anda hanya perlu menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan saja!

Menawarkan Ragam Fungsi dalam Rangkaian Makeup

Menawarkan Ragam Fungsi dalam Rangkaian Makeup

Cushion biasanya dibekali oleh komponen lebih kaya dengan upaya mempertahankan tekstur ringan dan nyaman ketika teraplikasi di kulit wajah. Cushion juga digolongkan sebagai makeup multifungsi. Sebagian produk dilengkapi kandungan tabir surya, Anda bisa memilih produk ini sehingga tidak perlu lagi menerapkan sunscreen.

Selain itu, pemakaian cushion juga memungkinkan Anda men-skip pemakaian concealer. Cushion dengan coverage bagus akan membuat wajah Anda terlihat natural flawless. Untuk memperoleh tampilan matte, Anda bisa mengombinasikan cushion dengan bedak tabur. Selain itu, cushion turut dibekali komponen lain seperti pelembap, oil control, dan pencerah.

Cara Memilih Cushion Compact

Baik cushion berjenis drugstore makeup ataupun high-end makeup, sangat penting memilih produk berdasarkan kebutuhan. Rentetan elemen perlu diperhatikan, seperti warna dasar kulit, tekstur cushion, level coverage, bahan aktif, efek akhir, dan formula penutrisi maupun pelindung kulit yang terkandung dari setiap produk. Mari kupas satu per satu aspek dalam memilih cushion tersebut di section ini!

Identifikasi Jenis dan Undertone Kulit Wajah Anda

Identifikasi Dahulu Jenis dan Undertone Kulit Wajah Anda

Hal pertama yang mesti dilakukan saat memilih cushion adalah menyesuaikan shade cushion dengan warna dasar (undertone) kulit wajah Anda, serta jangan pertimbangkan juga apakah cushion tersebut meng-cover dengan baik untuk jenis kulit Anda. Oleh karena cushion merupakan kosmetik yang “lahir” di Korea, tentu kebanyakan produk mempunyai varian warna selaras dengan kulit perempuan Korea yang cenderung putih.

Untuk kulit orang Indonesia yang rata-rata ber-undertone kuning langsat, pastikan Anda mencari warna cushion yang sesuai. Jika berbeda, kulit wajah bisa terlihat abu-abu (greyish), dan bahkan kusam.  Anda bisa mengutamakan produk lokal yang variasi shade-nya didesain khusus kebutuhan orang Indonesia. Walau demikian, cushion non-lokal tetap bisa Anda pilih, asalkan warnaya cocok dengan undertone kulit Anda.

Pilihlah Cushion berdasarkan Tekstur dan Daya Coverage-nya

Pilihlah Cushion Berdasarkan Tekstur dan Daya Coverage nya

Tekstur cushion compact secara umum terdiri dari 2 bentuk, yakni tekstur mirip foundation cair dan lainnya menyerupai tekstur foundation krim. Untuk style makeup tipis dan natural, pilihlah cushion bertekstur cair. Formula ringan pada cushion compact ini mudah menyatu ke kulit serta tidak membuat wajah terlihat cakey. Anda juga bisa memaksimalkan riasan dengan pemberian concealer.

Di sisi lain, untuk memperlihatkan makeup flawless tanpa bekas jerawat, flek hitam, dan imperfeksi lain bisa menggunakan cushion yang teksturnya menyerupai foundation krim. Daya coverage yang ditawarkan cushion compact foundation berwujud krim lebih dalam. Untuk cushion ber-coverage tinggi sebaiknya tidak perlu lagi menerapkan concealer untuk mencegah heavy makeup.

Sesuaikan Kandungan Formula dengan Kondisi Kulit

Komponen dalam tabel ingredients penting Anda teliti sewaktu ingin membeli cushion. Kandungan pengontrol minyak, pelembap, dan zat aditif perlu diperiksa keberadaannya agar Anda mendapatkan petunjuk menemukan produk yang tepat sesuai kondisi kulit.

Untuk Kulit Berminyak, Pilih Cushion yang Mengandung Oil Absorber

Untuk Kulit Berminyak Pilih Cushion yang Mengandung Oil Absorber

Apabila Anda mencari cushion compact untuk kulit berminyak, periksalah kehadiran formula oil control dari setiap produk. Green tea merupakan salah satu contoh agen yang efektif menahan pengeluaran minyak berlebih. Dengan demikian, makeup pun tidak mudah luntur akibat sebum yang tak terkontrol.

Jika Anda merasa kesulitan memahami product ingredients, aspek lain yang lebih mudah untuk diperhatikan adalah mengecek klaimnya. Jika tercantum keterangan “water-resistant” atau “with mattifying formula”, maka klaim tersebut menjadi hint untuk Anda. Selain itu, cushion berbahan dasar air juga dapat dipilih untuk Anda yang kulitnya rentan berminyak.

Untuk Kulit Kering, Pilih Cushion yang Mengandung Pelembap

Untuk Kulit Kering Pilih Cushion yang Mengandung Pelembap

Apakah Anda memiliki kulit kering dan khawatir makeup cracky karena salah mengenakan makeup base? Salah satu tips untuk mencegah trouble tersebut adalah memilih produk yang dapat memberikan kelembapan kulit. Saat ini, cushion compact untuk kulit kering banyak dilengkapi komponen pelembap seperti hyaluronic acid, collagen, ceramide, atau moisturizing agents lain.

Cushion compact water-based dapat pula menjadi opsi terbaik untuk Anda yang berkulit kering. Periksa juga apakah produk tersebut diperlengkap oleh pelembap alami, misalnya ekstrak blueberry dan aloe vera yang membebaskan kulit dari kekeringan. Cushion dengan klaim memberikan cooling sensation juga ideal Anda pilih agar kulit kering tetap segar.

Untuk Kulit Sensitif, Pilih Cushion yang Tidak Mengandung Zat Aditif

Untuk Kulit Sensitif Pilih Cushion yang Tidak Mengandung Zat Aditif

Penggunaan makeup terlalu lama cukup berisiko bagi kulit wajah sensitif, terlebih jika produk kosmetik yang diterapkan banyak menyimpan kandungan bahan kimia. Untuk mencegah terjadinya iritasi, Anda yang berkulit sensitif perlu menghindari cushion berkandungan zat aditif.

Carilah cushion tanpa paraben, mineral oil, alkohol, pewarna, artificial fragrance, ataupun pengawet lain agar memperkecil efek iritasi. Sebaiknya Anda melakukan percobaan produk yang telah dibeli terlebih dahulu untuk memastikan kecocokannya dengan kulit.

Tentukan Cushion berdasarkan Hasil Akhir yang Anda Inginkan

Tentukan Cushion Berdasarkan Hasil Akhir yang Anda Inginkan

Di samping mempertimbangkan cushion berdasarkan undertone, tekstur, level coverage, maupun formulanya, periksa juga apakah produk tersebut memberikan hasil akhir sesuai tipe kulit Anda. Bagi kulit kering, cushion yang mampu menampilkan hasil akhir dewy patut diberikan ‘lampu hijau’ karena makeup look dewy finish membuat wajah Anda terlihat berkilau.

Sedangkan untuk kondisi kulit rentan berminyak, kami sarankan Anda mencari cushion yang bekerja efektif menyerap sebum. Cushion compact yang cocok untuk kulit berminyak biasanya menawarkan matte finish makeup look, di mana kulit wajah tampak seperti porselen.

Pertimbangkan Produk yang Dilengkapi Formula SPF

Pertimbangkan Produk yang Dilengkapi Formula SPF

Cuaca panas dapat membuat kulit gosong akibat produksi melanin yang out of control. Apabila Anda ingin melindungi kulit wajah tanpa pengaplikasian tabir surya, cari saja cushion yang mengandung SPF sehingga tidak butuh membuat banyak layer di kulit wajah.

Formula tabir surya pada cushion akan melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Cushion yang dilengkapi SPF juga bertindak sebagai anti-aging yang menghambat pembentukan age spot, seperti keriput dan garis halus, serta mencegah masalah lain semacam bintik hitam, kulit kasar, warna kulit tidak merata, atau bahkan kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

10 Rekomendasi Cushion Compact Terbaik

Berikutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh cushion compact terbaik dari berbagai merek. Pilihlah produk yang cocok terhadap undertone serta jenis kulit Anda. Selamat memilih!

1. Rollover Reaction Cushion Compact SPF 27

Rollover Reaction Cushion Compact SPF 27

Kisaran harga: Rp195.000

Tersedia 3 pilihan shade untuk skin tone light, medium, hingga dark

Rollover Reaction meluncurkan cushion dalam kemasan compact yang dilengkapi cermin. Hadir dalam 3 varian shade, yaitu 101 Custard Tart, 102 Honey Toast, dan 103 Milk Tea, masing-masingnya diproduksi dalam bentuk package ataupun refill. Berukuran 15 gram, cushion compact berikut memiliki puff warna hitam yang dapat mencegah kesan kusam.

Rollover Reaction Cushion Compact SPF 27 dapat dikombinasikan bersama concealer untuk apabila Anda ingin menutupi jerawat. Mengandung hyaluronic acid, produk ini akan memberikan kelembapan tanpa membuat kulit terasa lengket. Proteksi bagi kulit terhadap paparan sinar UV juga dilakukan berkat komponen SPF 27-nya.

Kondisi kulitUntuk semua jenis kulit
Daya coverageLight coverage
Hasil akhirDewy finish
Formula SPF✓ | SPF 27

2. Laneige BB Cushion Pore Control

Laneige BB Cushion Pore Control

Kisaran harga: Rp560.000

Teruji klinis mampu mengurangi minyak dan menutup pori hingga 12 jam

Laneige BB Cushion Pore Control mampu mengontrol minyak melalui dua tahapan untuk hasil lebih kuat. Dengan produk ini, efek matte finish bertahan lama tanpa membuat kulit terkesan kaku karena lapisan dalam terjaga kelembapannya.

Formula unik dari cushion ini menciptakan lapisan blurring yang mampu merefleksi cahaya, menjadikan wajah tampak flawless dan glowing. Laneige membekali produk ini dengan tekstur ringan berbentuk bubuk cotton candy yang bisa menyerap dengan baik, menghasilkan kesan segar dalam waktu lama.

Kondisi kulitUntuk kulit berminyak
Daya coverageLight to medium coverage
Hasil akhirMatte finish
Formula SPF✓ | SPF 50+ PA+++

3. Emina Bare With Me Mineral Cushion

Emina Bare With Me Mineral Cushion

Kisaran harga: Rp126.000

Tidak menyumbat pori-pori berkat formula yang bersifat non-comedogenic

Bare With Me Mineral Cushion adalah produk complexion berkemasan pink-putih lembut dengan 3 pilihan warna. Emina menjamin cushion keluarannya ini mudah dibaurkan ke area berlian wajah berkat tekstur creamy yang ringan. Anda tidak perlu menyiapkan kuas untuk touch up saat bepergian karena di dalamnya telah dilengkapi puff siap pakai.

Yang unik dari produk ini adalah klaim hasil akhir dewy matte. Jadi, cushion ini akan memperlihatkan efek makeup dewy dengan kulit terlihat glowing, namun terasa matte dan bebas minyak saat disentuh berkat oil absorber yang dimilikinya. Dilengkapi titanium dioxide, komponen UV protection berpartikel kecil tersebut akan melindungi wajah dari sinar matahari tanpa meninggalkan whitecast.

Kondisi kulitUntuk semua jenis kulit
Daya coverageMedium to full coverage
Hasil akhirSatin finish
Formula SPF

4. Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Make Over Powerstay Demi Matte Cover Cushion

Kisaran harga: Rp215.000

Cocok untuk mendukung style Anda sehari-hari

Brand lokal Make Over mengeluarkan cushion compact untuk kulit kombinasi dan berminyak. Mengandung formula oil control, produk dengan hasil akhir demi-matte yang natural ini diklaim mampu menahan minyak hingga 12 jam! Bukan cuma itu, cushion ini disertai pula oleh komponen moisturizer dan anti-pollution.

Untuk Anda yang banyak menghabiskan waktu di ruangan terbuka, Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion tak sekadar mencegah produksi sebum berlebih, tetapi juga melindungi wajah melalui kandungan SPF 50 PA++++-nya. Puff-nya dirancang waterproof, produk pun tidak cepat habis berkat pemakaian yang lebih hemat.

Kondisi kulitUntuk kulit kombinasi dan berminyak
Daya coverageMedium to full coverage
Hasil akhirDemi-matte finish
Formula SPF✓ | SPF 50++++

5. Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion

Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion

Kisaran harga: Rp135.000

Mengandung macadamia dan jojoba oil untuk melembapkan kulit

Dengan bangga Wardah mempersembahkan Exclusive Flawless Cover Cushion, sebuah produk base makeup full coverage dengan hasil akhir natural glow. Desain aplikator berketebalan medium menjadikannya mudah untuk meratakan cushion ke seluruh wajah. Selain nyaman dipakai, puff-nya juga bersifat waterproof dan berformula anti bakteri, lho!

Sama dengan kebanyakan cushion, Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion mempunyai tekstur cair yang ringan dan tidak lengket di wajah. Bersama Superfine Silky Particles dan Soft Focus Agent yang dibawa, kedua komponen ini akan memberikan tampilan halus hingga 10 jam sekaligus menyamarkan pori-pori wajah yang besar.

Kondisi kulitUntuk semua jenis kulit
Daya coverageFull coverage
Hasil akhirSatin finish
Formula SPF✓ | SPF 30 PA+++

6. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

PIXY Make It Glow Dewy Cushion

Kisaran harga: Rp125.000

Cushion produksi brand dalam negeri dengan harga terjangkau

Belum afdal rasanya jika kami tidak menyematkan salah satu cushion terbaik dan terlaris asal lokal. Produk yang menjadi favorit banyak wanita Indonesia ini menjanjikan hasil akhir dewy yang terlihat natural. Tiga varian shade-nya, yaitu Light Beige, Neutral Beige, dan Medium Beige, telah disesuaikan agar cocok untuk kulit sawo matang dan kuning langsat.

Kemasan plastik bernuansa gold chocolate terkesan elegan dan chic. Ukurannya yang ramping memudahkan Anda membawa produk seberat 15 gram ini ke mana-mana. Meski menawarkan hasil dewy, Pixy tetap memprioritaskan agar covering-nya optimal dalam menutupi ketidaksempurnaan wajah. Formulanya pun sangat buildable sehingga Anda bisa mengatur tingkat coverage sesuai kebutuhan.

Kondisi kulitUntuk semua jenis kulit
Daya coverageMedium to full coverage
Hasil akhirDewy finish
Formula SPF✓ | SPF 23

7. Sulwhasoo Perfecting Cushion EX

Sulwhasoo Perfecting Cushion EX

Kisaran harga: Rp890.000

Mampu melekat dengan sangat baik tanpa meninggalkan residu

Sulwhasoo mempersembahkan cushion dalam 6 pilihan warna, Anda lebih leluasa menyesuaikan shade yang tersedia dengan undertone kulit. Berbagai fungsi disuguhkan oleh produk ini, antara lain brightening, UV protection, dan anti-aging. Bagi Anda yang ingin menampilkan kesan glowing tanpa takut akan bintik hitam dan garis halus, pakailah cushion ini.

Sulwhasoo Perfecting Cushion EX mencakup wajah secara menyeluruh untuk tampilan dewy serta mengunci makeup agar tahan di kulit lebih lama. Mengandung Schizophyllum commune, riasan pun terlihat halus berkat kelembapan yang diberikan. Sulwhasoo menyediakan 6 varian shade untuk bermacam warna kulit agar terlihat natural.

Kondisi kulitUntuk kulit kering
Daya coverageMedium to full coverage
Hasil akhirSatin finish
Formula SPF✓ | SPF 50+ PA+++

8. Maybelline Super Cushion Ultra Cover

Maybelline Super Cushion Ultra Cover

Kisaran harga: Rp259.000

Ber-coverage sempurna untuk menutupi kemerahan dan bekas jerawat

Produsen kosmetik asal Amerika Serikat, Maybelline, merumuskan cushion yang mampu meng-cover wajah dengan sangat baik. BB cushion cair pertama dari Maybelline ini menyimpan lebih dari 60% hydrating essence untuk membuat kulit senantiasa lembap.

Enam manfaat lain juga muncul dalam produk ini, antara lain dewy radiance, poreless finish, even skintone, no stickiness, no touch-ups, dan UV protection. Sudah diuji klinis oleh BPOM, cushion dalam 2 pilihan warna dari Maybelline ini dipastikan aman. Cukup sekali pakai, makeup bakal menempel tanpa luntur oleh minyak sampai 14 jam lamanya!

Kondisi kulitUntuk kulit berminyak
Daya coverageMedium to full coverage
Hasil akhirVelvety finish
Formula SPF✓ | SPF 50++

9. Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

Kisaran harga: Rp96.000

Medium coverage cushion yang memberikan matte finish di kulit berminyak

Apakah Anda merasa terganggu oleh tampilan pori-pori yang terlihat besar? Purbasari Pore Perfecting BB Cushion merupakan produk yang perlu Anda pertimbangkan. Cushion keluaran brand dalam negeri ini cocok dijadikan base makeup sehari-hari. Kandungan oil absorber dan SPF 18-nya siap menjaga makeup tetap menempel meski Anda cukup lama berada di ruangan terbuka.

Tekstur creamy mirip foundation atau BB cream dari cushion ini cukup kental, namun tetap mudah diratakan dengan puff saat diaplikasikan ke wajah. Membawa formula yang terasa nyaman dan light weight, kulit tidak kering meskipun cushion ini menciptakan hasil akhir matte.

Kondisi kulitUntuk kulit berminyak
Daya coverageMedium to full coverage
Hasil akhirMatte finish
Formula SPF✓ | SPF 18

10. Y.O.U Makeups Perfect BB Cushion

YOU Makeups Perfect BB Cushion

Kisaran harga: Rp199.000

Mengandung vitamin E sebagai dukungan penutrisi kulit

Produk ini mampu menahan makeup lebih lama tanpa takut luntur berkat kandungan oil-free dan sifatnya yang long lasting. Segala bentuk kekurangan, entah itu garis halus, noda hitam, ataupun pori-pori terlihat besar dapat ditutupi secara optimal oleh daya full coverage-nya.

Tak cuma menyamarkan berbagai imperfeksi di kulit wajah, Y.O.U Makeups Perfect BB Cushion dilengkapi pula oleh vitamin E untuk menutrisi, meningkatkan elastisitas, melembapkan, dan mencerahkan warna kulit. Tekstur yang ringan dan mudah di-blend menjadikan produk dalam 2 pilihan warna ini enjoyable selama pembauran.

Kondisi kulitUntuk semua jenis kulit
Daya coverageMedium to full overage
Hasil akhirMatte finish
Formula SPF×

Tips Memakai Cushion untuk Makeup Flawless

Tips Memakai Cushion untuk Tampilan Makeup Flawless

Apabila Anda mendambakan makeup look alami dan flawless seperti kebanyakan wanita Korea, inilah trik yang bisa Anda lakukan saat menggunakan cushion compact! Pertama, ambillah cairan cushion dan tempelkan di 4 titik wajah, yaitu dahi, kedua pipi, dan dagu. Setelah itu, ratakan pakai spons atau air puff dengan cara ditepuk-tepuk.

Fokuslah membaurkan ke area berlian wajah, tidak perlu membaur hingga bagian terluar dahi dan rahang. Kedua area tersebut bukannya tidak diaplikasikan cushion, namun diterapkan setelah bagian berlian wajah ter-cover sempurna agar memberi kesan V-line. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan aplikator dengan membersihkannya rutin paling tidak 2 minggu sekali.

Sewaktu mengambil cushion dari wadah kemasan, jangan menekan air puff atau spons terlalu kencang untuk mencegah pemborosan akibat penggunaan di luar kebutuhan. Kemudian, proses penepukan yang tujuannya untuk meratakan cushion juga harus dilakukan konsisten supaya noda hitam, bekas jerawat, atau kemerahan pada kulit tertutup sepenuhnya.

Baca juga rekomendasi foundation terbaik di sini!

Apabila Anda berkehendak mendapatkan riasan lebih perfect untuk acara penting, Anda bisa mengandalkan foundation terbaik sesuai jenis kulit Anda. Di bawah ini dapat Anda temui rekomendasi foundation terbaik untuk kulit kering ataupun berminyak. Silakan dipilih berdasarkan kebutuhan Anda!

10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Semua Jenis Kulit
10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Kering
10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak

Kesimpulan

Cushion compact foundation merupakan kosmetik praktis untuk Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk berdandan. Tanpa perlu menerapkan primer dan concealer lagi, hasilnya pun tetap mempesona. Untuk pemakaian sehari-hari, cushion compact terbaik membantu Anda senantiasa menarik di setiap aktivitas. Jika Anda berencana melakukan touch-up, pastikan dahulu untuk membersihkan minyak di wajah dengan tisu.

Dengan mengikuti panduan memilih yang telah kami jelaskan sebelumnya, tentu tidak sulit bagi Anda menemukan cushion compact yang bagus dalam list di atas. Agar spons atau air puff tetap higienis, gantilah aplikator secara berkala. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda yang memerlukan cushion compact sebagai daily makeup!

(Visited 6.270 times, 87 visits today)