Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Deodorant Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning

Memilih deodorant yang kurang tepat bisa membuat baju menguning. Anda mungkin mengira bahwa noda kuning yang muncul di baju disebabkan oleh produksi keringat berlebih saja. Namun, sebenarnya baju menguning juga bisa disebabkan karena keringat bercampur dengan kandungan yang ada pada deodorant yang Anda gunakan.

Maka dari itu, PickyBest akan mengulas beberapa deodorant yang tidak membuat baju kuning. Misalnya, deodorant yang dikeluarkan oleh merek Kahf, The Body Shop, Rexona, Sebamed, dan sebagainya. Jadi, simak artikelnya hingga akhir, ya!

Mengapa Sebagian Deodorant Bisa Membuat Baju Kuning?

Seperti air putih, keringat manusia sebenarnya berwarna bening atau tidak berwarna. Sebab, struktur keringat manusia terdiri dari beragam jenis protein dan mineral tanpa zat pewarna atau pigmen. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keringat berubah warna menjadi kekuningan.

Salah satu penyebabnya adalah reaksi kimia yang berasal dari kandungan produk deodoran yang dipakai. Warna kuning muncul ketika struktur keringat bercampur dengan aluminium chloride. Biasanya, aluminium chloride terdapat pada produk antiperspiran atau deodoran dengan antiperspiran.

Sebenarnya, deodoran dan antiperspiran adalah dua produk yang berbeda. Deodoran berfungsi untuk menghilangkan bau badan atau bau keringat dengan cara membasmi bakteri dalam keringat. Sedangkan, antiperspiran bekerja mengurangi produksi keringat dengan cara memblokir pori-pori.

Kedua produk ini kerap dikombinasi menjadi satu produk. Antipersipiran inilah yang mengubah warna keringat dan meninggalkan bekas noda kekuningan pada pakaian karena mengandung aluminium chloride.

Cara Memilih Deodorant yang Tidak Membuat Baju Kuning

Di bawah ini adalah uraian mengenai poin-poin yang patut dipertimbangkan dalam memilih deodorant yang tidak membuat baju kuning. Simak hingga tuntas, ya!

Tentukan Jenis Deodorant yang Tepat

blank

Ada beberapa jenis deodorant yang tidak membuat baju kuning yang bisa Anda pilih sesuai dengan kenyamanan Anda saat memakainya.

  • Spray: Memberi sensasi dingin pada awal pemakaian, ideal untuk dipakai setelah gym atau berolahraga, dan melindungi dengan baik.
  • Roll on: Berbentuk cairan, terasa dingin dan basah saat pertama kali diaplikasikan, mudah dipakai, baik untuk menghilangkan bau badan.
  • Gel atau krim: Bertekstur kental, mudah kering, menghilangkan bau badan dengan sangat baik.
  • Stick: Berbentuk stick yang solid dan powdery, terasa kering saat diaplikasikan. Namun kadang meninggalkan bekas noda pada pakaian.
  • Wipes: Deodoran sekali pakai, cocok untuk traveling, bisa menjadi deodoran cadangan bila Anda lupa membawa deodoran andalan, bisa juga dibagikan ke teman-teman.

Pilih Deodorant yang Tidak Mengandung Aluminium Chloride

blank

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, pemicu keringat menguning adalah kandungan aluminium chloride. Hal inilah yang menyebabkan noda kekuningan pada baju Anda. Oleh sebab itu, hindari deodoran yang mengandung aluminium chloride.

Selain membuat baju menguning, aluminium chloride juga dapat menyebabkan dampak lain yang cukup serius, yaitu kanker payudara, penyakit ginjal, penyakit tulang, dan gangguan ingatan.

Sehingga dapat dikatakan memilih deodorant yang tidak membuat baju kuning dan tidak mengandung aluminium chloride adalah pilihan yang sangat bijaksana.

Waspadai Kandungan yang Dapat Memicu Alergi, Iritasi, dan Gangguan Kesehatan Lainnya

blank

Tidak hanya kandungan aluminium chloride pada deodoran yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan, ada beberapa kandungan lain yang sebaiknya dihindari karena dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Paraben: Menurut penelitian, beberapa paraben dapat mengganggu produksi estrogen dan hormon lain, sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.
  • Aluminium: Dapat menyebabkan ketidakstabilan gen pada jaringan payudara, berisiko mendorong pertumbuhan tumor dan sel kanker payudara.
  • Triclosan: Dapat menimbulkan aktivitas hormon yang tidak biasa, mengacaukan mikrobioma atau operasi gen.
  • Phthalates: Dapat mengganggu fungsi androgen dan produksi hormon testosteron. Biasanya terdapat pada produk wewangian yang aromanya menempel pada kulit, seperti deodoran, parfum, sabun, dan lain-lain.
  • Fragrance: Dapat memicu reaksi alergi atau iritasi kulit.

10 Rekomendasi Deodorant Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning

Berikutnya, kami akan membahas rekomendasi sepuluh deodorant terbaik yang tidak membuat baju kuning. Selamat memilih!

1. Kahf Soothing Antiperspirant Deodorant

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Cegah bau badan dan keringat selama 48 jam

Kahf Soothing Antiperspirant Deodorant merupakan solusi yang tepat untuk mencegah bau badan dan keringat selama 48 jam. Selain harganya ekonomis, deodorant ini sangat nyaman dipakai karena tidak menimbulkan noda pada pakaian. Deodorant yang dirancang menggunakan bahan-bahan alami ini akan membuat keringat dan bau badan berkurang.

Aluminium chloride Tidak ada
Jenis Roll on
Durasi kerja 48 jam
Isi 50 mL
Kisaran harga Rp20.800

2. Lady Speed Stick Invisible Dry

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Memberikan perlindungan sepanjang hari dari bau badan

Lady Speed Stick Invisible Dry dapat memberikan perlindungan sepanjang hari dari bau badan. Meskipun harganya ekonomis, Anda akan merasa segar dan wangi sepanjang hari setelah menggunakannya.

Deodorant berikut dapat menjaga agar keringat tidak berbau dan tidak burket. Anda bisa memakainya setiap hari karena produk ini tidak meninggalkan noda sama sekali di baju.

Aluminium chloride Tidak ada
Jenis Stick
Durasi kerja 48 jam
Isi 39,6 g
Kisaran harga Rp48.100

3. Peek.Me Naturals (The) Deodorant

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Menjaga kulit ketiak tetap kering

Salah satu deodorant yang tidak membuat baju kuning yaitu Peek.Me Naturals (The) Deodorant. Deodorant ini dapat menjaga ketiak tetap kering dan bebas bau seharian. Produk ini tidak menyebabkan efek samping ketika digunakan. Formulanya lembut dan aman digunakan pada kulit ketiak.

Bahkan, setelah digunakan, tidak ada noda yang tertinggal di baju. Di dalamnya terdapat kandungan essential oil yang berguna untuk mencegah timbulnya bakteri. Aplikasikan pada area kulit yang gampang berkeringat setiap hari.

Aluminium chloride Tidak ada
Jenis Stick
Durasi kerja Tidak disebutkan
Isi 60 g
Kisaran harga Rp180.000

4. Dove Powder Soft Antiperspirant Deodorant Roll On

blank

Sumber: Dove.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Kulit ketiak terasa lembut, halus, dan harum

Anda pasti sudah tidak asing dengan merek yang satu ini. Selain memproduksi sabun dan produk skincare lainnya, Dove juga mengeluarkan produk deodorant yang tidak membuat baju kuning. Deodorant ini dapat membuat kulit ketiak terasa lebih lembut, halus, dan harum.

Teksturnya lembut mirip seperti bedak dan tidak ada kandungan alkoholnya sehingga terasa nyaman dan aman ketika digunakan ke kulit. Deodorant ini diklaim mampu mengendalikan produksi keringat berlebih sampai 48 jam. Wanginya pun lembut dan tahan lama.

Aluminium chloride Tidak ada
Jenis Roll on
Durasi kerja 48 jam
Isi 40 g
Kisaran harga Rp28.000

5. Nivea Black & White Invisible Clear

blank

Sumber: Nivea.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Sudah teruji secara dermatologis

Agar baju bebas dari noda putih dan kuning, coba gunakan Nivea Black & White Invisible Clear. Deodorant ini siap memberikan perlindungan dari keringat dan bau badan selama 48 jam.

Karena sudah teruji secara dermatologis, deodorant ini aman diaplikasikan pada kulit. Di dalamnya tidak ada kandungan alcohol maupun pewarna. Gunakan produk ini agar Anda merasa segar seharian.

Aluminium chloride Tidak disebutkan
Jenis Roll on
Durasi kerja 48 jam
Isi 50 ml
Kisaran harga Rp16.500

6. Rexona Advance Brightening + Anti Noda Roll On

blank

Sumber: Rexona.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Kulit ketiak lebih cerah dan terlindungi dari keringat

Rahasia untuk mendapatkan kulit ketiak yang lebih cerah tanpa menimbulkan noda di pakaian adalah menggunakan deodorant dari Rexona. Dilengkapi dengan teknologi Motion Activated, deodorant ini dapat melindungi Anda dari keringat dan bau badan hingga 72 jam.

Aplikasikan deodorant ini pada kulit ketiak Anda selama 4 hingga 6 kali setelah mandi. Perlu diperhatikan untuk tidak mengaplikasikannya pada kulit yang terluka atau iritasi.

Aluminium chloride Tidak ada
Jenis Roll on
Durasi kerja 72 jam
Isi 45 ml
Kisaran harga Rp17.500

7. The Body Shop Aloe Caring Roll On Deodorant

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Tidak menimbulkan iritasi dan rasa gatal

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya Anda menggunakan deodorant dari The Body Shop ini. Deodorant ini mengandung aloe vera yang bagus untuk kulit sensitif karena tidak menyebabkan iritasi dan rasa gatal.

Formulanya tidak mengandung fragrance dan paraben. Saat dipakai, formulanya cepat kering dan tidak menempel di baju. Pemakaiannya cukup awet, bisa sampai beberapa bulan.

Keringat dan bau tidak sedap pada ketiak akan berkurang setelah Anda menggunakannya. Sebelum menggunakannya, pastikan kulit ketiak dalam keadaan kering dan bersih.

Aluminium chloride Tidak ada
Jenis Roll on
Durasi kerja Tidak disebutkan
Isi 50 ml
Kisaran harga Rp139.000

8. Rexona Men Ice Cool Roll On

blank

Sumber: Rexona.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Tidak lengket dan terasa dingin ketika digunakan

Untuk memperoleh kesegaran pada kulit ketiak setiap hari, pakailah Rexona Men Ice Cool Roll On. Saat cuaca panas maupun lembap, deodorant ini selalu siap memberikan perlindungan dari keringat dan bau badan selama 72 jam. Selain memberikan aroma yang wangi, teksturnya tidak lengket, aman dan terasa dingin saat digunakan.

Aluminium chloride Tidak ada
Jenis Roll on
Durasi kerja 72 jam
Isi 45 ml
Kisaran harga Rp18.100

9. Sebamed Fresh Deodorant Active Spray

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Efektif menjaga pH kulit agar menjadi normal

Sebamed Fresh Deodorant Active Spray merupakan deodorant yang dirancang untuk mencegah timbulnya bau badan. Deodorant yang satu ini bekerja dengan cara menjaga pH kulit Anda agar selalu normal.

Deodorant ini juga sangat mudah digunakan. Kemasannya yang berupa spray sangat praktis, Anda tinggal menyemprotkannya pada ketiak beberapa kali saja. Gunakan deodorant ini pada ketiak secara menyeluruh, terutama sebelum melakukan aktivitas.

Aluminium chloride Tidak ada
Jenis Spray
Durasi kerja Tidak disebutkan
Isi 75 ml
Kisaran harga Rp216.000

10. The Body Shop White Musk Deodorant Roll-On

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Aromanya enak dan tidak menyengat

Apabila Anda menyukai aroma yang lembut, Anda pasti juga akan menyukai deodorant dari The Body Shop ini. Perpaduan aromanya enak dan tidak menyengat dengan sentuhan jasmine yang menawan. Sehingga, ketiak akan bebas dari keringat dan bau tidak sedap setelah Anda menggunakannya. Gunakan deodorant ini ketika kulit ketiak dalam kondisi kering.

Aluminium chloride Tidak ada
Jenis Roll on
Durasi kerja Tidak disebutkan
Isi 50 ml
Kisaran harga Rp139.000

Tabel Perbandingan Deodorant yang Tidak Membuat Baju Kuning

Produk Kahf Soothing Antiperspirant Deodorant Lady Speed Stick Invisible Dry Peek.Me Naturals (The) Deodorant Dove Powder Soft Antiperspirant Deodorant   Roll On Nivea Black & White Invisible Clear Rexona Advance Brightening + Anti Noda Roll   On The Body Shop Aloe Caring Roll On Deodorant Rexona Men Ice Cool Roll On Sebamed Fresh Deodorant Active Spray The Body Shop White Musk Deodorant Roll-On
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Aluminium chloride Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak disebutkan Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada
Jenis Roll on Stick Stick Roll on Roll on Roll on Roll on Roll on Spray Roll on
Durasi kerja 48 jam 48 jam Tidak disebutkan 48 jam 48 jam 72 jam Tidak disebutkan 72 jam Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Isi 50 mL 39,6 g 60 g 40 g 50 ml 45 ml 50 ml 45 ml 75 ml 50 ml
Kisaran harga Rp20.800 Rp48.100 Rp180.000 Rp28.000 Rp16.500 Rp17.500 Rp139.000 Rp18.100 Rp216.000 Rp139.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Yuk, cek rekomendasi deodorant dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Menjaga kebersihan tubuh merupakan hal yang penting. Agar terhindar dari bau badan, cuci pakaian segera setelah dipakai, hindari penggunaan pakaian yang berulang, serta mandi secara teratur. Dan, jangan lupa untuk selalu menggunakan deodorant.

Itulah beberapa rekomendasi produk deodorant yang tidak membuat baju kuning. Semoga dengan pembahasan ini, Anda lebih mudah dalam menemukan deodorant yang tepat untuk Anda. Dari beberapa rekomendasi tersebut, apakah ada yang menarik untuk Anda?

You may also like

Comments are closed.