Written by 00:03 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Masker Rambut Terbaik untuk Rambut Kering

Sampo dan kondisioner saja belum cukup menangani permasalahan rambut kering. Anda butuh perawatan intensif menggunakan masker rambut untuk melembapkan rambut yang kering. Namun, banyaknya pilihan merek tentu sedikit membingungkan Anda, bukan?

Oleh karena itu, kami hendak mengulas pentingnya penggunaan hair mask untuk merawat rambut kering. Sepuluh produk masker rambut terbaik untuk rambut kering persembahan L’oreal Paris, Makarizo, Ellips, dan merek-merek lain bisa Anda temukan di sini. Jadi, selamat membaca!

Perbaiki Rambut Kering dengan Hair Mask

Rambut kering ditandai dengan rambut kusut, bercabang, mudah rontok, kusam atau tidak berkilau, serta kaku dan terasa keras. Berbagai faktor berperan mengeringkan rambut. Cuaca panas yang identik terjadi di negara tropis seperti Indonesia akan merusak lapisan keratin atau protein yang berada di dalam rambut.

Selain itu, treatment seperti hair rebonding, hair smoothing, dan hair coloring juga berdampak pada rambut kering. Faktor lain berupa ketidakseimbangan hormon termasuk salah satu penyebab rambut kering yang susah dihindari. Kehamilan, menstruasi, dan menopasue merupakan fase yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormon.

Pemakaian hair dryer secara berlebihan untuk mengeringkan rambut juga berefek samping terhadap rambut cepat kering dan kusam. Bahkan yang paling jarang disadari orang adalah, berkeramas dengan air hangat juga membuat minyak alami rambut luruh. Alhasil, kulit kepala dan rambut menjadi kering, terlebih bila setelahnya rambut disisir dalam keadaan basah.

Saat rambut kering, Anda butuh mengenakan produk yang sesuai, dari mulai sampo, kondisioner, hingga masker rambut. Penggunaan masker rambut menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi rambut kering. Masker rambut bersifat deep conditioning lebih intensif sehingga bukan hanya rambut lembap tercipta, melainkan rambut pun terlindungi dari kerusakan serta kekuatan rambut meningkat.

Cara Memilih Masker Rambut untuk Rambut Kering

Masker rambut diformulasi dengan berbagai bahan aktif. Karena tidak semua produk cocok untuk rambut kering, sebaiknya Anda pilih masker rambut khusus rambut kering. Simak poin-poin berikut di mana kami akan menjelaskan cara memilih masker rambut yang bagus untuk merawat rambut kering Anda.

Pilih Produk yang Diperkaya Kandungan Minyak Nabati

Rambut kering pada dasarnya terjadi ketika batang rambut tidak mampu mempertahankan kelembapan alaminya. Bila dibiarkan, lama kelamaan rambut akan rapuh dan bercabang. Untuk itu, bila Anda menghendaki penggunaan masker rambut untuk mengembalikan kemampuan rambut, utamakan produk berkandungan minyak nabati.

Minyak nabati merupakan hasil ekstraksi tumbuh-tumbuhan, entah itu buah-buahan, kacang-kacangan, atau dedaunan. Tumbuhan yang biasa diekstraksi sebagai minyak alami untuk merawat rambut antara lain buah zaitun, alpukat, kelapa, kacang almond, biji pohon argan, jojoba, lavendel, dan sandalwood. Periksalah keberadaan minyak nabati pada masker rambut pilihan Anda.

Periksa Kebaikan Bahan Lain untuk Menyehatkan Rambut

Ketika rambut kering, masalah lain biasanya ikut muncul, misalnya kerontokan. Untuk Anda yang mengalami rambut kering sekaligus rontok akibat melemahnya batang rambut, masker rambut dengan kandungan pisang dapat meningkatkan kekuatan rambut berkat natural silica di dalamnya yang akan meningkatkan produksi kolagen bagi rambut.

Jika kurangnya produksi minyak membuat rambut Anda tampak kusam, bentuk kerusakan ini bisa diatasi menggunakan masker rambut yang mengandung keratin dan panthenol. Keratin bertugas memperbaiki kutikula rambut rusak sehingga menjadi lembut. Sementara panthenol dikenal efektif melembapkan rambut serta menjadikannya berkilau.

Dengan adanya bahan pendukung yang bertindak selain melembapkan, rambut Anda menerima perawatan tambahan. Selain bahan-bahan di atas, masker rambut juga diperkaya bahan pendukung lain termasuk di antaranya hydrolyzed wheat protein, hydrolyzed soy protein, shea butter, dan sebagainya.

Pilih yang Mengandung Zat Aditif Silikon untuk Melindungi Rambut

Lain halnya dengan sampo, kandungan silikon pada masker rambut justru baik digunakan oleh Anda yang mengalami masalah rambut kering dan mengembang. Silikon akan melapisi setiap helai batang rambut agar lebih terlindungi dari paparan eksternal. Selain menciptakan lapisan pelindung, silikon turut memberi hasil akhir rambut berkilau, terlihat heavy atau jatuh, serta lebih mudah diatur.

Salah satu alasan mengapa silikon banyak ditemukan dalam perawatan rambut kering adalah sifatnya yang tidak mudah hilang walau terkena air. Bahkan tidak hanya waterproof, masker rambut berkandungan silikon juga akan mengurangi penyerapan panas. Makanya, silikon biasa digunakan sebelum proses rebonding.

Pilih yang Tidak Mengeluarkan Aroma Menyengat

Hair treatment dengan masker rambut butuh waktu hingga belasan menit. Agar lebih nyaman, kami menganjurkan Anda memilih produk yang mengeluarkan aroma harum. Masker rambut biasanya tidak menggunakan pewangi buatan, melainkan wewangian alami dari bahan utamanya.

Untuk menaikkan mood, Anda dapat membeli masker rambut beraroma pisang. Efek menenangkan dari aroma akar wangi dan melon juga bisa dipilih apabila Anda menginginkan efek relaksasi selama perawatan. Akan tetapi, saat memutuskan memilih masker rambut dengan aroma tertentu, pastikan aromanya tidak cukup kuat sehingga menyengat dan membuat Anda tidak nyaman.

Siapkan Budget Cukup untuk Treatment Berkelanjutan

Beberapa masker rambut ada yang aman digunakan setiap hari. Jika Anda menghendaki perawatan rambut harian karena berharap menuai hasil dalam waktu dekat, penting untuk memerhatikan harganya. Masker rambut yang diformulasi oleh banyak sekali bahan memang kaya akan dampak positif. Akan tetapi, harga jualnya pun cenderung mahal.

Untuk penggunaan harian, hemat pengeluaran Anda dengan memilih masker rambut seharga puluhan hingga kurang dari seratus ribu. Gunakanlah produk yang mahal hanya untuk momen-momen spesial, seperti kencan, meeting, atau menghadiri pesta pernikahan. Masker rambut yang kami rekomendasikan di bawah memiliki kisaran harga kurang dari puluhan ribu hingga mendekati setengah juta rupiah.

10 Rekomendasi Masker Rambut Terbaik untuk Rambut Kering

Selanjutnya, kami akan menampilkan sepuluh masker rambut yang tidak hanya berkualitas bagus, melainkan minim sekali efek samping. Pilihlah produk terbaik berdasarkan kondisi rambut Anda. Bila perlu, pilih yang tidak hanya mengatasi rambut kering, tetapi juga mengatasi kondisi lainnya seperti kusam, kusut, mengembang, dan sebagainya. Selamat berbelanja!

1. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Olive Extract Hair & Scalp Cream

Ubah rambut kering Anda menjadi lebih sehat, kuat, dan berkilau!

Makarizo mengembangkan masker rambut seri Hair Energy yang khusus memperbaiki keadaan rambut kering. Produk dalam wujud krim lembut ini diaplikasikan setelah keramas dengan lama treatment kurang lebih 2 – 5 menit. Di samping memadukan olive extract dan passiflora plant extract untuk menutrisi sekaligus melembapkan rambut, produk ini juga akan merevitalisasi rambut.

Sebagaimana diketahui, rambut yang kering akibat satu dan lain faktor cenderung merusak kadar protein penyusun rambut. Dengan adanya asam amino keratin serta inovasi krim cepat serapnya, masker rambut Makarizo satu ini efektif mendorong mengembalikan struktur rambut agar lebih sehat, kuat, dan berkilau.

Kandungan minyak nabatiPassiflora plant oil, oilive oil
Kandungan pendukungAsam amino keratin, omega 6
Ukuran500 g
Kisaran hargaRp91.000

2. L’Oreal Professionnel Serie Expert Absolut Repair Lipidium Masque

Mengatasi kerusakan rambut hingga 77%

Saat rambut kehilangan kelembapannya, bukan hanya memengaruhi penampilan Anda, namun secara internal kondisi tersebut akan memunculkan berbagai kerusakan rambut. Segera atasi kerusakan rambut akibat kekeringan bersama produk besutan L’oreal Professionnel Paris satu ini.

Dua bahan aktifnya, yakni gold quinoa dan protein bekerja sama mengurangi kerusakan permukaan rambut sampai 77%. Lebih kerennya lagi, hair mask seri eksper ini mengantarkan Anda miliki rambut 7x lebih berkilau. Produk ini akan merestorasi lipid pada rambut yang hilang akibat perlakuan kimiawi, alat styling, dan faktor eksternal termasuk matahari, air klorin, dan sodium chloride pada sampo.

Kandungan minyak nabati
Kandungan pendukungLactic acid, phyto-keratin, ceramide, hydrolyzed wheat protein, hydrolyzed soy protein, hydrolyzed corn protein
Ukuran500 mL
Kisaran hargaRp415.000

3. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Aloe & Melon Extract Hair & Scalp Cream

Perkuat batang rambut yang kering untuk meminimalisir kerontokan

Tidak dimungkiri bahwasanya rambut kering turut berkontribusi menyebabkan rambut rontok sebab hilangnya kekuatan akar rambut. Apabila dibiarkan terus-menerus, besar kemungkinan Anda mengalami kebotakan pada area tertentu. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Makarizo menawarkan produk yang ampuh melembapkan rambut sekaligus memperkuat akar rambut.

Setali tiga uang dengan seri hair energy lain, Makarizo menyematkan bahan utama passiflora plant oil. Dilengkapi ekstrak buah melon, aloe vera, dan omega 6, masker rambut ini semakin efektif mengurangi kerontokan rambut. Ada tiga varian size, selain 500 mL, Anda juga bisa memilih varian lebih kecil dengan ukuran 170 mL dan 10 mL.

Kandungan minyak nabatiPassiflora plant oil
Kandungan pendukungAsam amino keratin, aloe vera, ekstrak melon, omega 6
Ukuran500 mL
Kisaran hargaRp91.000

4. L’oreal Paris Smooth-Intense 1 Minute Caring Mask

Membuat rambut 4x lebih halus, berkilau, dan mudah diatur

Jengkel dengan rambut kering Anda karena menyisir rambut jadi susah? Apalagi, rambut kering kerap diperparah dengan efek mengembang bak rambut singa. Mari sudahi kecemasan Anda dengan menjajal produk persembahan L’oreal Paris ini. Dengan klaim 1 minute-nya, masker rambut ini akan menciptakan rambut sehat hanya dalam satu menit.

Smooth-Intense 1 Minute Caring Mask juga sanggup melembutkan rambut yang kasar. Bahkan, berkat dukungan silk protien dan nutrileum yang memperkaya komposisi, masker rambut dengan smoothing action ini menjamin rambut bebas kusut hingga 48 jam.

Kandungan minyak nabatiArgan oil
Kandungan pendukungSilk protein
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp76.200

5. The Body Shop Banana Truly Nourishing Hair Mask

Hair mask yang efektif melembapkan tiap helai rambut

Kebaikan ekstrak pisang dari Ekuador pada masker rambut The Body Shop ini menjadikannya optimal memelihara rambut kering dari pangkal hingga ujung rambut. Sementara itu, brazil nut oil yang berasal dari Peru juga ditemukan dalam produk ini. Bahan tersebut akan mengunci kilau rambut sekaligus mengurangi efek frizzy.

Walau harganya tergolong mahal, Anda sudah bisa merasakan manfaat maksimal hanya dengan satu kali pemakaian per minggunya. The Body Shop Banana Truly Nourishing Hair Mask tidak membebani rambut, malah yang ada bahan 100% vegan-nya diformulasi tanpa mineral oil sehingga aman saat mengenai kulit kepala.

Kandungan minyak nabatiBrazil nut oil
Kandungan pendukungBanana fruit extract, shea butter, cocoa seed butter, theobroma oil
Ukuran240 mL
Kisaran hargaRp269.000

6. L’oreal Paris Hair Spa Deep Nourishing Creambath

Masker rambut big size yang tidak menguras dompet Anda!

Produk dalam pot berwarna biru ini merupakan persembahan khusus L’oreal Paris untuk Anda yang ingin terbebas dari permasalahan dry hair. Hair treatment dengan komposisi dasar bunga teratai dan purified water ini berperan menutrisi rambut Anda luar dan dalam.

Anda yang menyukai sensasi hair spa di salon sangat wajib memberi kesempatan produk ini. Pasalnya, masker rambut yang satu ini mengeluarkan wangi khas salon. Cukup menyiapkan dana tak sampai Rp150.000, Anda sudah bisa membawa pulang produk berukuran 500 mL ini. Menurut beberapa review, untuk size tersebut bisa bertahan 3 – 6 bulan, lho!

Kandungan minyak nabati
Kandungan pendukungWater lily, purified water
Ukuran500 mL
Kisaran hargaRp95.000

7. Ellips Vitamin Hair Mask Hair Repair

Mengatasi rambut yang kering akibat pemakaian alat styling

Anda pasti tidak asing dengan merek satu ini, bukan? Ellips bukan hanya terkenal akan produk hair vitamin-nya, tetapi ada juga masker dengan fungsi hair repair. Mengandalkan minyak nabati dari ekstrak parenial Buxaceae, masker rambut keluaran Ellips ini membantu penutrisian rambut agar kondisinya semakin sehat.

Menurunnya kondisi batang rambut akibat kekeringan akan segera teratasi berkat komponen pro-keratin complex yang tersimpan di dalamnya. Bagi Anda yang sering menggunakan catok rambut, produk ini wajib dipilih karena senantiasa memperbaiki struktur helai rambut yang rusak akibat penggunaan alat styling.

Kandungan minyak nabatiJojoba oil
Kandungan pendukungPro-keratin complex
Ukuran120 mL
Kisaran hargaRp58.500

8. L’Oreal Paris Total Repair 5 Deep Repairing Mask

Hanya butuh 1 menit perawatan. Hemat waktu!

Sesuai namanya, produk unggulan L’oreal Paris ini menjanjikan 5 fungsi perawatan rambut. Dari mulai rambut patah, kusam, rapuh, kering, dan bercabang, semua kondisi tersebut sanggup diperbaiki olehnya. Bahkan, produk ini juga banyak digunakan oleh mereka yang ingin sekadar mencegah timbulnya kerusakan rambut.

Apabila Anda menyukai tatanan rambut mudah tergerai dengan efek kilau alami, produk ini tepat dijadikan pilihan. L’oreal Paris mencantumkan bahan aktif ceramide yang berfungsi merawat kekuatan rambut dari pusatnya. Tak pelru lama-lama, cukup 1 menit dan bilas, rambut yang lembap ternutrisi seketika Anda miliki!

Kandungan minyak nabati
Kandungan pendukungHydrolyzed wheat protein, limonene, arginine, ceramide
Ukuran200 g
Kisaran hargaRp67.000

9. Natur Hair Mask Olive Oil & Vitamin E

Fokus menangani rambut kering akibat pewarnaan

Salah satu hair treatment dari Natur ini didesain khusus untuk merawat rambut yang kering dan rusak akibat hair coloring. Guna mencapai tujuan tersebut, masker rambut produksi lokal ini mempercayai olive oil dan vitamin E sebagai active ingredients yang terbukti klinis menutrisi rambut secara intensif.

Dikemas dalam bentuk sachet ukuran 15 mL, masker penutrisi rambut satu ini bersifat once treatment. Jadi, apabila produknya tidak cocok di rambut Anda, Anda pun tidak merasa rugi karena sudah membelinya. Apalagi, harga jual satu sachet masker ini tidak sampai puluhan ribu.

Kandungan minyak nabatiOlive oil
Kandungan pendukungVitamin E
Ukuran15 mL
Kisaran hargaRp8.500

10. Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask

Jadikan momen travelling bebas dari rambut kering!

Apabila Anda ingin merawat rambut kering saat travelling, hair mask produksi Sensatia Botanicals ini merupakan pilihan tepat. Kemasan tube-nya didukung tutup flip top yang tak hanya berdesain ringkas, namun juga menjamin isi masker tidak tumpah saat disimpan di dalam skin care pouch.

Seperti namanya, produk ini tersusun dari bahan-bahan alami yang utamanya adalah tamarind, minyak argan, ekstrak lidah buaya, dan alpukat. Gabungan dari keempat bahan tersebut bersinergi menutrisi rambut. Hasilnya, rambut Anda memperoleh kelembapan pasca perawatan, masalah kusut juga teratasi!

Kandungan minyak nabatiArgan oil, avocado oil
Kandungan pendukungAloe vera, tamarind
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp144.000

Kesimpulan

Atasi kekeringan rambut dengan rutin memakai masker rambut. Gunakanlah produk yang tinggi komponen pelembap alami seperti minyak nabati. Sebaiknya Anda pilih juga produk yang menyediakan formula pendukung lain agar peranannya semakin bagus dalam menyehatkan rambut.

Masker rambut untuk rambut kering dengan tambahan silikon mampu melapisi batang rambut. Selain melemaskan rambut dan mencegah kusut, perlindungan silikon akan mempercepat perbaikan rambut Anda yang kering dan disertai kerusakan lain. Ayo pilih produk terbaik Anda dan terapkan segera agar rambut kering Anda cepat teratasi!

(Visited 185 times, 3 visits today)