Written by 09:09 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Masker Wajah Pria Terbaik

Sama halnya dengan perempuan, kaum pria pun memiliki tipe kulit beragam. Paparan faktor eksternal hingga kebiasaan hidup tidak sehat dapat memengaruhi kondisi wajah. Untuk mengatasi berbagai masalah di wajah, Anda bisa menggunakan masker wajah. Akhir-akhir ini, semakin banyak diproduksi masker wajah khusus untuk pria.

Sebagian dari Anda mungkin familier dengan merek Garnier yang banyak meluncurkan skin care untuk pria. Sebenarnya, brand lain juga merilis masker wajah pria, misalnya Freeman, Vienna, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak pilihan, kami telah rangkum sepuluh masker wajah terbaik untuk pria yang bisa Anda jadikan referensi. Simak terus ulasan ini untuk temukan produk yang tepat!

Apakah Penting bagi Pria Menggunakan Masker Wajah?

Penggunaan sabun muka saja belum cukup untuk memelihara kesehatan wajah. Para pria juga butuh perawatan tambahan dengan  masker wajah, terlebih bagi mereka yang aktif berkeseharian di luar ruangan. Paparan sinar UV dan polutan yang terus mengenai wajah lama-kelamaan dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan.

Produksi minyak berlebih merupakan hal yang umum dialami pria. Apabila tidak dibantu perawatan intensif dengan masker wajah, kulit bisa menjadi tempat bersarangnya kotoran dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kondisi kulit kusam akibat sel-sel mati yang tidak terangkat sepenuhnya juga dianggap salah satu momok bagian sebagian pria.

Untuk menanggulangi bermacam masalah pada kulit wajah, entah itu kulit kusam, komedo, berjerawat, dan gejala penuaan, masker wajah merupakan solusi praktis yang layak Anda coba. Selain banyak pilihannya, masker wajah juga cenderung lebih terjangkau ketimbang produk skin care lain semacam serum. Jadi, jangan pernah abai menerapkan facial mask.

Cara Memilih Masker Wajah untuk Pria

Efektivitas setiap masker wajah berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus cermat memilih produk. Apa saja aspek-aspek yang mesti diperhatikan tatkala membeli masker wajah? Berikut penjelasannya!

Periksa Bahan-bahan Aktif yang Terkandung di Dalamnya

Bahan yang umum dicantumkan ke dalam masker wajah di antaranya adalah lidah buaya. Bahan satu ini mengantongi senyawa yang memberi kebaikan bagi wajah, seperti antioksidan, enzim, vitamin A, vitamin C, dan properti antiradang. Bagi Anda yang menyukai produk berkandungan minyak alami, masker wajah juga sering memadukan minyak biji anggur dengan tea tree oil untuk menghilangkan jerawat.

Antara satu produk dengan produk yang lain dibedakan berdasarkan fungsi dan komposisinya. Maka dari itu, penting agar Anda selalu mengecek keseluruhan komposisi. Periksa bahan aktif masker karena Anda akan merasakan efek perawatan dari bahan-bahan utamanya tersebut.

Pilih Masker Wajah dengan Fungsi yang Anda Perlukan

Memilih masker wajah tidak boleh sembarangan. Setiap produk umumnya mencantumkan klaim fungsi yang berbeda-beda. Anda perlu memeriksa fungsi utama produk tersebut agar hasilnya sesuai untuk mengatasi permasalahan Anda.

Untuk Mengatasi Kulit Kering, Pilih yang Tinggi Komponen Pelembap

Kulit wajah yang kering bisa dipicu bermacam hal. Pada kondisi yang parah, kekeringan dapat berujung pada iritasi atau malah terjadi pengelupasan. Untuk menghindari kondisi tersebut, kami menganjurkan Anda memilih masker wajah yang mengandung bahan pelembap tinggi. Dengan terkontrolnya kelembapan wajah, maka kulit pun bebas dari dehidrasi dan masalah lain yang menyertai.

Carilah masker yang mampu mengunci air agar kulit senantiasa lembap. Sebuah produk dengan klaim hydrating atau moisturizing bisa Anda pilih. Selain itu, Anda juga bisa mengecek kandungan bahannya apakah tinggi komponen pelembap. Kandungan yang dikenal baik melembapkan kulit antara lain ceramide, squalene, glycerin, hyaluronic acid, dan vitamin E.

Untuk Mencerahkan Kulit Kusam, Pilih yang Mengandung Whitening Agent

Apakah wajah Anda sering terekspos oleh sinar UV? Perlu diketahui, salah satu sinar UV, yakni UVB membawa dampak negatif berupa kulit terbakar (burning). Jika Anda bermaksud membeli masker untuk mencerahkan kulit kusam akibat matahari, sekarang sudah banyak dijual masker wajah yang mengandung bahan pencerah.

Kandungan brightening dan whitening di dalam masker wajah pun beragam. Namun, dari beberapa ingredients, produsen lebih sering menanamkan komponen black sugar, vitamin B3 (niacinamide), licorice root extract, lemon extract, ekstrak teh hijau, dan ekstrak bambu. Baik secara individu maupun dibuat berpadu, bahan-bahan tersebut memberi efek mencerahkan kulit sekaligus menekan hiperpigmentasi yang menggelapkan kulit.

Untuk Menghilangkan Komedo dan Jerawat, Pilih yang Ampuh Menyerap Minyak dan Mengandung Antibakteri

Komedo membuat kulit terasa kasar ketika diraba. Bagian hidung dan sekitarnya termasuk area yang sering dihinggapi komedo. Masalah ini memang hampir tidak mungkin dihentikan karena selama Anda aktif berkegiatan outdoor, kotoran dan debu yang beterbangan akan menyelinap ke dalam pori-pori. Walau demikian, masker wajah bisa menjadi solusi ideal untuk membersihkan komedo dengan total.

Selain komedo, hal lain yang menurunkan rasa percaya diri sebagian pria adalah jerawat. Kondisi ini lebih parah dari komedo, sehingga Anda butuh masker wajah yang mampu mengatasi permasalahan dari akarnya. Kami sarankan untuk memilih produk berkandungan anti-acne.

Biasanya, masker penghilang komedo dan jerawat mengandung bahan yang ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat dan menyerap minyak berlebih, seperti salicylic acid. Selain itu, efektivitas produk semakin baik ketika di dalamnya terkandung bahan pendukung lain untuk menangani jerawat, contohnya tea tree oil, ginkgo biloba extract, licorice extract, dan zinc oxide.

Untuk Mengurangi Tanda-tanda Penuaan Dini, Pilih yang Diperkaya Anti-Aging

Penuaan dini dapat ditandai dengan munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bahkan disertai bintik hitam. Untuk Anda yang mengalami kondisi aging, masker wajah berkandungan anti-aging menjadi opsi terbaik yang worth to try. Kandungan anti-aging bertindak mulai dari pengencangan kulit hingga regenerasi.

Bahan yang kerap dikorelasikan dengan fungsi anti-aging di antaranya yaitu kolagen, ceramide, seaweed extract, niacinamide, allantoin, dan adenosine. Di samping itu, senyawa bersifat asam berupa citric acid dan lactic acid juga termasuk ampuh memberikan efek peremajaan sehingga kulit kembali segar, kencang, dan tampak muda.

Pilih Jenis Masker berdasarkan Metode Penggunaannya

Bagi Anda yang awam dalam dunia skin care, masker wajah tidak hanya memiliki satu bentuk, namun beragam. Pada bagian ini, kami akan mengulas singkat jenis-jenis masker wajah berdasarkan cara penggunaan dan mekanisme kerjanya terhadap wajah.

Masker Bilas: Menawarkan Lebih Banyak Manfaat untuk Kulit Anda

Selaras dengan namanya, masker bilas adalah bentuk masker yang pada akhir treatment harus dibersihkan dengan cara dibilas. Masker ini cocok untuk Anda yang mengalami lebih dari satu masalah, misalnya wajah berminyak disertai komedo dan jerawat.

Adapun produk yang digolongkan masker bilas antara lain cream mask, gel mask, clay mask, dan mud mask. Masker wajah jenis ini perlu diratakan ke seluruh area wajah menggunakan kuas atau telapak tangan. Jika menggunakan tangan, pastikan agar kulit telapak sudah Anda cuci bersih sebelum meratakan masker. Umumnya, masker bilas memerlukan waktu perawatan lebih lama dibandingkan masker tanpa bilas.

Masker Tanpa Bilas: Sangat Praktis dan Tidak Memakan Banyak Waktu

Kebalikan dari tipe sebelumnya, masker ini tidak mengharuskan Anda membersihkan masker yang menempel dengan air. Sheet mask adalah salah satu produk yang dikategorikan sebagai masker tanpa bilas. Sheet mask atau masker lembaran terbuat dari kertas atau pulp kelapa. Jenis masker ini sangat praktis digunakan, terlebih desainnya yang menyesuaikan kontur muka.

Selain sheet mask, masker peel-off bisa dikatakan sebagai masker tanpa bilas. Namun untuk beberapa produk biasanya ketika dikelupas, masih ada sisa-sisa masker yang perlu disingkirkan menggunakan air. Kemudian, sleeping mask tergolong masker tanpa bilas yang memungkinkan Anda gunakan tanpa harus dicopot atau dikelupas dalam rentang waktu tertentu.

10 Rekomendasi Masker Wajah Pria Terbaik

Di bagian ini, kami akan memperkenalkan masker wajah terbaik untuk pria yang sudah digunakan banyak orang. Beberapa merek bahkan memiliki produk unggulan yang best seller di Indonesia. Supaya memperoleh produk yang tepat, ingat kembali poin-poin penjelasan kami sebelumnya. So, kami ucapkan selamat memilih!

1. Freeman Polishing Charcoal + Black Sugar Gel Mask + Scrub

Memadukan bahan yang terinspirasi dari alam untuk eksfoliasi dan lembutkan kulit

Scrub dari black sugar pada masker wajah ini akan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Hasilnya, kulit terlihat lebih segar dan cerah sehabis facial mask. Freeman memastikan kinerja eksfoliasi produknya ini tidak meninggalkan sensasi mencekit apalagi kering.

Untuk Anda yang mencari masker untuk mengelupas akulumasi sel kulit yang membuat kulit gelap, Freeman Polishing Chacoal + Black Sugar Gel Mask + Scrub sangatlah recommended. Selain itu, bahan arang aktif yang tercantum membantu detoksifikasi pori-pori dari racun, sekaligus menyerap minyak sehingga kulit tampak fresh seketika.

Jenis Masker bilas
Kandungan pelembap Propylene, glycol
Kandungan pencerah Black sugar
Kandungan anti-penuaan Black sugar
Kandungan anti-komedo/jerawat Activated charcoal
Ukuran 175 mL
Kisaran harga Rp130.000

2. Garnier Acno Fight Peel Off Mask

Cerahkan wajah dengan meluruhkan sel kulit mati serta memudarkan bintik hitam

Cukup sekali perataan, setelahnya Anda tidak perlu repot lagi membersihkan masker dengan air. Kemudian, Garnier Acno Fight Peel Off Mask juga ideal untuk first rescue ketika Anda harus mendatangi acara penting yang memerlukan penampilan maksimal.

Tidak perlu dibilas karena berjenis peel-off mask, Anda yang menyukai kepraktisan pasti bakal menyukai masker ini. Di dalamnya, Garnier menggabungkan salicylic acid dan bubuk arang alami sebagai agen pembersih komedo dan pemudar bintik hitam. Masih dengan komposisi yang sama, masker ini optimal mengangkat sel kulit mati serta mengurangi minyak berlebih.

Jenis Masker tanpa bilas
Kandungan pelembap Glycerin
Kandungan pencerah
Kandungan anti-penuaan Citric acid
Kandungan anti-komedo/jerawat Activated charcoal, salicylic acid
Ukuran 2 x 6 mL
Kisaran harga Rp14.500

3. Lush Mask of Magnaminty

Dengan aroma khas mint yang menyegarkan

Bagi Anda yang ingin rutin melakukan facial mask, produk berkemasan pot ini layak dipertimbangkan. Tidak hanya untuk muka, Lush Mask of Magnaminty bisa diaplikasikan ke area tubuh lain yang terlihat kusam dikarenakan tumpukan sel kulit mati.

Produk ini sangat laris di pasaran serta banyak direkomendasikan beauty vlogger. Formulasi bahan pembersihnya efektif menyingkirkan kotoran hingga ke lapisan pori tanpa efek abrasif yang menimbulkan kerusakan kulit. Kandungan honey di dalamnya menghasilkan kulit lembap dan bersih. Lalu, aroma mint-nya memberi efek menyegarkan sehingga Anda semakin menikmati prosesnya.

Jenis Masker bilas
Kandungan pelembap Honey, glycerin
Kandungan pencerah
Kandungan anti-penuaan
Kandungan anti-komedo/jerawat Bentonite gel, kaolin clay
Ukuran 125 g
Kisaran harga Rp340.000

4. Himalaya Purifying Neem Mask

Walau dilengkapi clay, produk ini tetap aman diaplikasikan ke kulit sensitif

Diproduksi dengan melibatkan 4.000 petani di seluruh India menjamin kualitas masker yang mumpuni. Selain ber-BPOM, masker ini dipastikan bebas animal testing. Berkomposisi utama neem (azadirachta leaf extract) yang dipetik langsung dari pohon, kandungan ini menawarkan manfaat antiinflamasi dan anti-acne.

Tak hanya dirumuskan bersama neem, Himalaya melengkapi ingredients-nya dengan white kaolin dan fuller’s earth yang termasuk keluarga clay. Berkat keberadaan sedimen tinggi mineral tersebut, masker berkemasan tube ini ampuh melawan jerawat, mendetoksifikasi kulit, serta menyerap sebum. Karena menggunakan white kaolin, daya kerjanya masih bisa ditoleransi oleh kulit sensitif.

Jenis Masker bilas
Kandungan pelembap Propylene glycol
Kandungan pencerah Fuller’s earth
Kandungan anti-penuaan Citric acid
Kandungan anti-komedo/jerawat Azadirachta (neem) leaf extract, kaolin, bentonite, Fuller’s earth
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp58.000

5. Biokos Age Renew Anti Wrinkle Mask

Efektif melawan tanda-tanda penuaan

Apakah tanda-tanda penuaan mulai nampak di wajah Anda? Jika iya, Biokos mengeluarkan masker seri anti-aging yang fokus meminimalisir wrinkle atau kerutan akibat penuaan. Guna mencapai klaim antipenuaan, produk ini memainkan 3 aksi utama, yakni melembapkan secara intensif, meningkatkan elastisitas, serta mengencangkan kulit.

Keutamaan masker ini ada pada kekayaan nutrisinya. Selain collagen dan seaweed extract, Biokos menyertakan hydroviton dan glycoprotein yang akan merevitalisasi kulit. Selain untuk pria, produk dengan wangi enak ini juga telah dibuktikan banyak wanita ampuh mengurangi garis halus, kerutan, dan kulit kendur.

Jenis Masker bilas
Kandungan pelembap Glycoproteins
Kandungan pencerah
Kandungan anti-penuaan Bio-seaweed extract, collagen
Kandungan anti-komedo/jerawat
Ukuran 80 mL
Kisaran harga Rp93.400

6. Vienna Men Mattifying Mud Face Mask

Maksimal melakukan pembersihan komedo dan penyerapan minyak

Produk ini mengandung kebaikan mineral yang diperoleh dari lumpur hitam. Karena berjenis mud mask, Anda pun bebas khawatir akan kulit yang over dry. Soal performa, masker Vienna satu ini termasuk efektif menghilangkan komedo, terutama pada kondisi wajah yang rentan berminyak.

Cukup sekali angkat, seluruh kotoran, sel mati, dan komedo akan terangkat sempurna. Hebatnya lagi, proses pengelupasan masker ini tergolong painless. Namun, tetap perhatikan apabila Anda memiliki rambut kumis dan jenggot. Hindari pengaplikasian di area rambut wajah yang tebal supaya ketika ditarik tidak menyakitkan.

Jenis Masker tanpa bilas
Kandungan pelembap Glycerin
Kandungan pencerah Niacinamide (vitamin B3)
Kandungan anti-penuaan Niacinamide (vitamin B3), citric acid, allantoin
Kandungan anti-komedo/jerawat Lumpur hitam, ginkgo biloba extract
Ukuran 15 mL
Kisaran harga Rp8.500

7. Naruko Tea Tree Shine Control & Blemish Clear Mask

Semakin tenang sebab produknya telah lolos uji dermatologi

Jika Anda sering mengalami masalah komedo dan jerawat, boleh jadi pori-pori wajah Anda terbuka lebar sehingga akumulasi minyak dan kotoran menciptakan keadaan tersebut. Untuk menanggulanginya, Naruko hadir bersama keutamaan tea tree oil dan salicylic acid yang akan menyerap kelebihan minyak, mengangkat kotoran, sekaligus memberantas komedo.

Tea Tree Shine Control & Blemish Clear Mask telah teruji secara dermatologi sehingga aman diaplikasikan ke kulit berminyak Anda. Apalagi, komponen bebas paraben-nya menjadikan produk ini semakin ideal digunakan tanpa waswas terjadinya alergi.

Jenis Masker tanpa bilas
Kandungan pelembap Chamomilla recutita (matricaria) flower extract, butylene glycol, sodium hyaluronate
Kandungan pencerah Licorice root extract, tranexomic acid
Kandungan anti-penuaan
Kandungan anti-komedo/jerawat Licorice root extract, tranexomic acid, tea tree oil, salicylic acid
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp32.000

8. Laneige Time Freeze Firming Sleeping Mask

Cukup dioleskan tipis saja, hasil berupa kulit kencang dan elastis langsung terasa

Pekerjaan harian Anda memangkas banyak waktu dan tenaga sampai-sampai tidak sempat melakukan perawatan wajah? Jangan cemas karena Laneige merlis masker wajah yang didesain khusus sebagai overnight mask. Bekal teknologi pengisi kulit kendur bakal mengembalikan elastisitas kulit Anda dalam waktu semalam.

Bahkan, shape memory polymer berpadu molekul-molekul alami lain pada produk ini membantu Anda peroleh kulit terasa kencang. Tak main-main, masker wajah Laneige ini dbekali 5 fungsi utama menangkal tanda-tanda penuaan kulit, seperti kekeringan, tekstur kasar, garis halus, pori besar, dan rona kulit tidak merata.

Jenis Masker tanpa bilas
Kandungan pelembap Butylene glycol, glycerin
Kandungan pencerah
Kandungan anti-penuaan Adenosine
Kandungan anti-komedo/jerawat
Ukuran 60 mL
Kisaran harga Rp360.000

9. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

Minim efek samping berkat 4 free system-nya

akibat ketidakseimbangan kinerja kelenjar minyak memproduksi sebum memang menjengkelkan. Untungnya, produk ini dihadirkan bersama kandugan utama volcanic clay dari pulau Jeju untuk menyeimbangkan jumlah minyak wajah sekaligus membersihkan pori.

Kulit terlihat cerah berseri juga mungkin Anda dapatkan berkat komponen exfoliator yang meruntuhkan sel kulit mati secara menyeluruh. Dibekali teknologi 4 free system, yakni free mineral oil, animal testing, fragrance, dan imidazolidinyl urea, masker ini menjamin keamanan dengan efek samping yang minim.

Jenis Masker bilas
Kandungan pelembap Butylene glycol, glycerin
Kandungan pencerah
Kandungan anti-penuaan Lactic acid
Kandungan anti-komedo/jerawat Zinc oxide, volcanic ash, kaolin, bentonite
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp185.000

10. Freeman Oil Absorbing Mint + Lemon Clay Mask

Sempurna menangani breakout akibat pertumbuhan bakteri jerawat

Peradangan jerawat adalah kondisi yang saat ini menimpa Anda? Cobalah memilih masker wajah dari Freeman berikut ini. Lemon extract-nya bertindak sebagai anti-inflammatory agent untuk menjinakkan bakteri Propionibacterium acnes penyebab breakout.

Di sisi lain, produk ini diperkaya bentonite clay dan kaolin clay untuk mengurangi  efek kilau yang disebabkan lapisan minyak. Daya angkat kotoran dari dalam pori pada produk ini terbilang unggul. Kemudian, dukungan kombinasi mint dan lemonnya menghasilkan sensasi wajah dingin menyegarkan.

Jenis Masker bilas
Kandungan pelembap Propylene glycol, tocopherol (vitamin E)
Kandungan pencerah Lemon extract
Kandungan anti-penuaan Tocopherol (vitamin E)
Kandungan anti-komedo/jerawat Bentonite, kaolin
Ukuran 175 mL
Kisaran harga Rp150.000

Lihat juga rekomendasi produk skin care untuk pria lainnya di sini!

Sebelum menggunakan masker, Anda sebaiknya membersihkan wajah dengan sabun muka. Anda yang mengutamakan produk khusus pria bisa memakai sabun muka khusus pria.

Selain itu, tersedia pula pelembap wajah pria yang dapat Anda aplikasikan untuk mencegah kulit kering. Supaya tidak salah memilih produk, berikut kami rekomendasikan produk terbaik beserta tips memilihnya.

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Pria
10 Rekomendasi Pelembab Wajah Terbaik untuk Pria

Kesimpulan

Bagaimana? Apa Anda telah menemukan masker wajah untuk pria yang sekiranya cocok merawat kulit Anda? Jika sudah, lakukan facial mask secara rutin. Waktu paling nyaman untuk menerapkan masker wajah adalah di malam hari menjelang tidur. Meski demikian, pengaplikasian masker di siang hari juga tidak masalah selama Anda punya waktu luang.

Masker wajah dapat Anda gunakan seusai membersihkan wajah. Saat membersihkan wajah pun, pastikan Anda memakai facial wash khusus pria. Tengoklah sabun muka pria rekomendasi kami pada artikel yang kami cantumkan tautannya di atas. Dengan rajin melakukan skin treatment, risiko kerusakan kulit dikarenakan faktor eksternal bisa ditekan. Selamat mencoba!

(Visited 13.433 times, 89 visits today)