Kosmetik & Kesehatan

10 Pelembab Wajah Pria Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Umum]

Sehari-hari kulit wajah mengalami dehidrasi karena faktor cuaca atau lingkungan. Salah satu cara merawat kulit adalah dengan menggunakan pelembap wajah. Hal ini perlu dilakukan oleh wanita maupun pria. Bagi pria, Anda dapat memilih pelembap wajah khusus pria.

Saat ini, sudah banyak pilihan pelembap wajah pria, seperti Pond’s, Garnier, The Body Shop, dan lain-lain. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih produk dan memberikan sepuluh rekomendasi pelembap wajah pria terbaik versi PickyBest. Simak uraiannya, yuk!

Berkolaborasi dengan Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari

dr. Felicia Puspita SariPakar/Spesialis

dr. Felicia Puspita Sari adalah Dokter Umum yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Selama menjalani masa studi, dr. Felicia cukup sering mengikuti beberapa konferensi ilmiah, baik nasional maupun internasional.

Saat ini, dr. Felicia bertugas sebagai dokter umum di RS Cahya Kawaluyan, Bandung Barat. Sebelumnya, dr. Felicia juga pernah menangani banyak kasus di UGD atau poliklinik di salah satu rumah sakit di kota Denpasar, Bali.

Mengapa Pria Membutuhkan Pelembap Wajah?

blank

Banyak pria yang beranggapan tidak memerlukan perawatan kulit. Padahal kulit merupakan organ yang melindungi tubuh manusia dari berbagai penyakit dan infeksi.

Pentingnya menjaga kesehatan kulit tidak hanya berlaku pada wanita saja. Kaum pria juga perlu merawat kulit, salah satunya dengan pelembap wajah pria. Beberapa alasan mengapa pria membutuhkan pelembap wajah antara lain:

  • Mempertahankan kelembapan dan mencegah penguapan air dari kulit.
  • Mengembalikan kelembapan pada kulit kering dan melindungi kulit sensitif.
  • Mengangkat lapisan kulit mati yang kering dan mencegah kehilangan minyak pelindung kulit.
  • Menjaga kesehatan kulit, membantu mencegah penyakit kulit seperti kanker kulit, dan mengobati kerusakan kulit akibat sinar matahari.
  • Kenyamanan pribadi sekaligus meningkatkan penampilan.

Seiring dengan bertambahnya usia, penggunaan pelembap wajah bagi pria menjadi semakin penting untuk membantu menjaga kulit tampak sehat. 

Fungsi utama dari pelembap adalah untuk menghidrasi kulit, mempertahankan fungsi perlindungan kulit (skin’s barrier), serta memperlambat proses penuaan kulit dengan mencegah timbulnya garis-garis halus pada kulit.

Penggunaan pelembap secara rutin setiap hari dapat membantu memperbaiki penampilan kulit, menjadikan kulit tampak halus dan sehat, serta mengurangi kemungkinan terjadinya jerawat atau iritasi kulit.

Hal tersebut terjadi karena pelembap dapat membantu menjaga keseimbangan produksi minyak pada kulit wajah. Selain itu, penggunaan pelembap secara rutin juga dapat membantu menggantikan kelembapan yang hilang setiap hari akibat dari paparan faktor eksternal atau faktor lingkungan.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Cara Memilih Pelembap Wajah Pria

Sebagian pria ingin segala hal yang serba praktis dan tidak terlalu memperhatikan detail dalam memilih produk. Namun untuk urusan pelembap wajah pria, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting yang bisa dijadikan pertimbangan. Yuk, simak tips-nya!

Pilih Pelembap Wajah sesuai Jenis dan Kondisi Kulit

blank

Pelembap wajah terdiri dari berbagai jenis dengan bahan kandungan yang disesuaikan untuk jenis dan kondisi kulit. Agar mendapatkan hasil yang optimal, kenali jenis dan kondisi kulit Anda sebelum memilih produk.

  • Kulit normal : Pilih pelembap yang berbahan dasar air dengan kandungan minyak yang ringan.
  • Kulit berminyak : Pilih pelembap dengan persentase air tinggi. Selain itu, pilihlah produk dengan label oil-free atau noncomedogenic.
  • Kulit kering : Pilih pelembap berbahan dasar minyak dan hyaluronic acid yang dapat menahan air, menghilangkan kulit mati yang terkelupas, dan mengisi kembali kelembapan ke kulit sebanyak mungkin.
  • Kulit kombinasi : Pilih pelembap yang memberikan keseimbangan kulit, pastikan teksturnya ringan atau berbentuk losion.
  • Kulit sensitif : Pilih pelembap dengan kandungan bahan yang menenangkan, seperti aloe atau chamomile. Pilihlah produk yang berlabel hypoallergenic, tidak mengandung asam, bebas pewangi, dan bebas iritasi.
  • Kulit dewasa : Pilih pelembap berbahan dasar minyak dan mengandung petroleum jelly, yang dapat menahan kelembapan serta menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.

Penggunaan pelembap yang tepat sangat penting agar kulit mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk lebih mudah memilih pelembap yang sesuai, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda dan contoh bahan yang diperlukan dan dapat bekerja dengan baik untuk melembapkan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Anda dapat mencoba rekomendasi dibawah ini:

1. Jenis kulit normal dan kombinasi

Umumnya jenis kulit ini dapat menggunakan jenis pelembap apa saja. Namun, pelembap yang mengandung bahan yang larut dalam air dan larut dalam minyak dapat memiliki manfaat yang lebih.

Contoh bahan larut dalam air yang dapat menghidrasi kulit adalah asam hialuronat (hyaluronic acid) dan gliserin. Sedangkan contoh bahan larut dalam minyak yang umum digunakan adalah ceramides, jojoba oil, dan dimethicone.

2. Jenis kulit berminyak

Jenis kulit berminyak sebaiknya mencari pelembap berbasis gel karena formulasinya terasa ringan di kulit dan tidak meninggalkan lapisan berminyak.

Bahan-bahan larut dalam air seperti hyaluronic acid dan gliserin umumnya terasa ringan di kulit namun tetap dapat memberikan hidrasi yang memadai.

Bahan-bahan tersebut dikenal sebagai humektan. Humektan bekerja dengan menarik molekul air dari lapisan kulit dermis dan atmosfer lalu menahannya di kulit.

3. Jenis kulit kering

Orang dengan kulit kering sebaiknya mencari pelembap berbahan dasar krim. Pelembap jenis ini biasanya memiliki tekstur krim dan mengandung pelembap oklusif dan emolien.

Oklusif bekerja dengan menyegel kelembapan, sementara emolien juga menyegel kelembaban dan melembutkan kulit. Beberapa bahan pelembab yang sebaiknya ada untuk kulit kering misalnya dimethicone, oleic acid, urea, dan lanolin.

3. Jenis kulit sensitif

Jenis kulit sensitif membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Ketika memilih pelembap, penting untuk Anda memperhatikan label komposisi pada kemasan produk. Jenis kulit sensitif harus mencari bahan yang dapat menenangkan kulit, menghidrasi, dan memiliki efek anti-inflamasi.

Beberapa contoh bahan yang dapat dipilih misalnya aloe vera, kedelai (soy), shea butter, allantoin, serta colloidal oatmeal. Sebelum menggunakan produk, cobalah menggunakan sedikit saja atau lakukan tes tempel di bawah dagu Anda untuk melihat bagaimana reaksi kulit Anda. Apabila tidak terjadi reaksi alergi ataupun iritasi, Anda dapat menggunakan produk tersebut.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Pilih Formula yang Gampang Meresap di Kulit

blank

Menurut riset, pria memiliki kulit yang cenderung lebih tebal di bagian dahi, terlebih untuk usia yang lebih dewasa. Meski demikian, secara keseluruhan kulit wajah pria biasanya cenderung lebih tebal daripada kulit wanita.

Ketebalan kulit wajah pria dapat dipengaruhi berbagai faktor, di antaranya adalah faktor hormonal dan lingkungan. Kulit pria juga mengandung lebih banyak kolagen sehingga menyebabkan kulit pria tampak lebih kencang.

Berdasarkan teksturnya, ada beberapa jenis formula pelembap wajah pria di antaranya:

  • Losion : mudah meresap di kulit, cocok untuk kulit normal hingga kering, baik untuk digunakan di pagi/siang hari.
  • Gel : ringan, berbasis air, oil-free, cocok untuk kulit berminyak atau rentan jerawat, dapat digunakan untuk mendinginkan kulit pada musim panas.
  • Cream : berfungsi mengunci kelembapan, cocok untuk kulit kering dan bersisik, ideal digunakan di malam hari untuk regenerasi.

Pemilihan bentuk pelembap wajah bagi pria, secara umum sama seperti wanita. Sesuaikan bentuk pelembab dengan kondisi kulit Anda.

Bentuk yang disarankan adalah:

  • Untuk kulit kering, pilihlah pelembap dengan bentuk krim yang memiliki formulasi kental.
  • Untuk kulit normal, pilihlah pelembap dengan bentuk lotion yang lebih ringan dan tidak terlalu berminyak.
  • Untuk kulit berminyak, pilihlah pelembap dengan bentuk toner atau gel.

Apabila Anda memiliki masalah kulit berjerawat, Anda dapat memilih pelembap yang mengandung asam glikolat (glycolic acid) atau asam salisilat (salicylic acid). Kedua kandungan ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menjaga pori-pori Anda agar tidak tersumbat.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Pilih Bahan-Bahan yang Bermanfaat untuk Kulit

blank

Untuk melindungi dan memperkuat kulit, Anda perlu memilih produk dengan bahan-bahan yang tidak hanya bermanfaat untuk melembapkan (menghidrasi), tapi juga bisa melindungi dan memperbarui sel kulit.

  • Menghidrasi : menjadikan kulit lebih kencang; tampak cerah dan tidak kusam; mengandung bahan yang melembapkan, seperti aloe vera, hyaluronic acid, dan vitamin E.
  • Melindungi : mencegah kulit kehilangan air (terdapat pada minyak jojoba), mencegah noda pada kulit yang berminyak (niacinamide), membantu melawan radikal bebas (ekstrak rooibos), dan sebagainya.
  • Memperbarui : membantu melawan penuaan; mengandung vitamin C, teh hijau, ceramide, aloe vera.

Pilih yang Bebas Pewangi untuk Kulit yang Mudah Iritasi

blank

Meskipun kulit pria lebih tebal dan jarang terkena iritasi, alangkah baiknya untuk memilih pelembap wajah pria yang bebas pewangi guna mencegah efek iritasi tertentu di kemudian hari.

Tak hanya pewangi buatan, bahan pewangi alami atau essential oil juga perlu dihindari. Penambahan wewangian sebenarnya hanya untuk memberikan kesan harum dan menyenangkan. Namun, wewangian tersebut belum tentu bisa diterima oleh kulit Anda.

Penggunaan pewangi dalam campuran produk perawatan kulit berarti terdapat aroma yang ditambahkan ke dalam produk. Pewangi dapat berupa pewangi sintetis maupun alami, yang biasanya merupakan campuran bahan kimia untuk memberikan aroma tertentu.

Meskipun penambahan pewangi membuat produk perawatan kulit memiliki aroma yang harum, namun pewangi dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu, pewangi juga memiliki sifat highly allergenic yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada kulit, khususnya pada orang yang memiliki kulit sensitif. Reaksi alergi ini dapat menyebabkan kulit tampak kemerahan dan menimbulkan iritasi kulit.

Oleh sebab itu, Anda disarankan memilih produk pelembap yang tidak mengandung pewangi atau “fragrance free”. Perhatikan label komposisi pada kemasan produk sebelum menggunakan suatu produk tertentu.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Pilih yang Mengandung Sunscreen untuk Perlindungan di Siang Hari

blank

Bila Anda lebih sering beraktivitas di ruang terbuka pada siang hari dalam jangka waktu lama, sebaiknya gunakan pelembap wajah pria yang mengandung SPF atau tabir surya agar kulit Anda lebih terlindungi dari radiasi sinar matahari.

Pelembap berbasis tabir surya mengandung bahan-bahan seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Titanium dioxide berfungsi sebagai filter UV broad-spectrum, sedangkan zinc oxide efektif dan aman untuk kulit sensitif. Keduanya merupakan pencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Menggunakan pelembap dan produk dengan SPF merupakan cara yang efektif untuk membantu mencegah penuaan dan timbulnya kerutan pada kulit.

Gunakanlah pelembap yang mengandung SPF ketika pagi hari setelah Anda mandi dan sebelum Anda beraktivitas. American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk menggunakan pelembap harian dengan SPF-30.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

10 Rekomendasi Pelembap Wajah Pria Terbaik

Untuk mempermudah Anda dalam memilih produk yang tepat, kami telah menyiapkan rekomendasi sepuluh produk pelembap wajah pria terbaik yang tersedia di pasaran. Simak daftarnya, yuk!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Felicia.

1. Pond’s Men Bright Boost Face Moisturizer

blank

Sumber: Ponds.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Tokopedia

Dengan ekstrak ginseng untuk kulit bersih dan cerah

Pelembap wajah pria terbaik Men Bright Boost Face Moisturizer dari Pond’s dibekali scrub bead yang membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan wajah Anda secara menyeluruh.

Mengandung ekstrak ginseng, vitamin pencerah, dan triple sunscreen, pelembap ini akan memberikan empat manfaat, dari mulai mencerahkan, meregenerasi sel kulit, menyamarkan bintik hitam, sekaligus melindungi kulit dari sinar UVA/UVB.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Produk mudah ditemukan di supermarket dan minimarket.
  • Pemakaiannya cukup hemat karena bisa tahan sampai dua bulan.
  • Efektif untuk mengatasi jerawat dan membersihkan debu serta kotoran di wajah.
  • Setelah pemakaian rutin, muka menjadi lebih cerah, glowing, dan segar.
  • Baunya enak, refreshing, dan tidak menyengat.
  • Formulanya mudah meresap di kulit.
  • Nyaman digunakan karena tidak memberi efek perih di wajah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kurang cocok untuk pemilik kulit kering karena hasil finish-nya
Formula Cream
Jenis kulit Kulit kusam dan noda hitam
Bahan aktif Panax ginseng root extract, niacinamide, glycerin, tocopheryl acetate, dll
Agen sunscreen Ethylhexyl methoxycinnamate, titanium dioxide, butyl methoxydibenzoylmethane, dan zinc oxide
Bebas dari parfum Tidak
Aplikasi Pagi dan malam hari
Kemasan Tube
Isi 20 ml
Kisaran harga Rp27.000

2. LT Men Refreshing Cream SPF 18

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Melembapkan, menyejukkan, dan melindungi kulit wajah dari sinar UV

Aktivitas Anda di bawah sinar matahari membuat kulit rentan terpapar efek buruk sinar UV. Lindungi kulit Anda dengan LT Men Refreshing Cream SPF 18 yang sekaligus menjaga kelembapan kulit Anda.

Memberikan sensasi menyejukkan saat dipakai, pelembap wajah pria terbaik ini dapat Anda gunakan di pagi atau siang hari sebelum beraktivitas. Setelah pemakaian, kulit akan terasa sejuk dan segar, terutama bila kulit Anda memerah karena iritasi ringan.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat mencerahkan kulit.
  • Dilengkapi dengan protektor sinar matahari yang efektif melindungi kulit dari UVA dan UVB.
  • Dapat memberi kelembapan kulit yang bisa bertahan seharian.
  • Dapat memberikan sensasi sejuk, terutama pada bagian yang iritasi.
  • Aman digunakan karena memiliki sertifikasi halal dan sudah terdaftar di BPOM.
  • Teksturnya sangat lembut sehingga nyaman diaplikasikan di wajah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bagi yang kurang cocok dapat mengalami iritasi atau alergi.
Formula Cream
Jenis kulit Semua jenis kulit
Bahan aktif Glycerin, opuntia ficus-indica stem extract, niacinamide, dll
Agen sunscreen Titanium dioxide, ethylhexyl methoxycinnamate, dan butyl methoxydibenzoylmethane
Bebas dari parfum Iya
Aplikasi Pagi/siang hari
Kemasan Tube
Isi 50 gr
Kisaran harga Rp40.000

3. Garnier Men Acno Fight Serum Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Dengan 12 manfaat untuk mengatasi kulit kusam dan berjerawat

Sebagai pelembap pertama khusus pria, Garnier Men Acno Fight Serum Cream menawarkan 12 manfaat untuk mengatasi masalah kulit. Beberapa di antaranya adalah mengatasi kulit kusam, menyamarkan noda hitam, melawan jerawat dan komedo, mengurangi minyak berlebih, dan sebagainya.

Mengandung whitening vitamin, perlite & salicylic acid, serta UVA/UVB filter, pelembap wajah pria terbaik ini mengubah kulit kusam menjadi lebih cerah, mengatasi jerawat, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat memberikan kelembapan ekstra pada wajah.
  • Dari segi packaging, cocok untuk dibawa berpergian karena minimalis.
  • Dapat membantu melembutkan area kulit yang mengelupas karena efek sinar matahari.
  • Membuat kulit lebih cerah.
  • Dapat mengatasi bekas jerawat setelah pemakaian selama dua bulan.
  • Bisa mengendalikan produksi minyak di wajah.
  • Teksturnya creamy, tidak lengket, dan mudah meresap di wajah.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dapat menimbulkan white cast, jadi harus di-apply benar-benar rata.
  • Saat di-apply, menimbulkan efek agak panas.
Formula Cream agak cair
Jenis kulit Kulit berjerawat dan kusam
Bahan aktif Glycerin, perlite, niacinamide, tocopherol, salicylic acid, citrus lemon fruit extract, dll
Agen sunscreen Titanium dioxide, octocrylene, pentasodium ethylenediamine tetramethylene phosphonate, butyl methoxydibenzoylmethane
Bebas dari parfum Tidak
Aplikasi Pagi dan malam hari
Kemasan Tube
Isi 20 ml
Kisaran harga Rp23.900

4. Kiehl’s Age Defender Gel Moisturizer

blank

Sumber: Kiehls.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Tokopedia

Mengencangkan kulit dan mengurangi garis kerutan

Pelembap wajah pria terbaik keluaran Kiehl’s ini merupakan produk anti-aging yang diformulasikan khusus untuk kulit pria yang cenderung lebih tebal dan kasar. Mengandung ekstrak biji rami, pelembap ini berbentuk gel dengan tekstur yang ringan dan tidak berminyak, sehingga mudah menyerap ke dalam kulit.

Kiehl’s Age Defender Gel Moisturizer bermanfaat untuk mengencangkan kulit serta membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan saat usia Anda bertambah. Sebagai antipenuaan, pelembap ini juga mampu menghaluskan kulit pria yang kasar hingga menjadi lebih lembut, terhidrasi, dan tampak lebih muda.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kemasannya praktis dan simpel.
  • Formulanya mudah meresap dan tidak menyebabkan kulit berminyak.
  • Teksturnya ringan dan tidak lengket di wajah.
  • Dapat berperan sebagai anti-aging.
  • Dapat memberi efek soothing.
  • Dapat menjaga kulit tetap segar sepanjang hari.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Terdapat kandungan alkohol yang kurang cocok untuk pemilik kulit sensitif.
  • Jika tidak cocok, dapat menyebabkan redness.
Formula Gel
Jenis kulit Semua jenis kulit, kulit sensitif
Bahan aktif Linseed extract, glycerin, niacinamide, hydroxypropyl tetrahydropyrantriol, caffeine, tocopherol, ascorbyl glucoside, adenosine, dll
Agen sunscreen Tidak ada
Bebas dari parfum Tidak
Aplikasi Pagi dan malam hari
Kemasan Tube
Isi 50 ml
Kisaran harga Rp760.000

5. Clorismen Brightening Cream

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mengandung bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah kulit wajah

Merupakan produk pelembap sekaligus pemutih, Clorismen Brightening Cream mengandung ekstrak daun arisaema amurense yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah secara alami.

Pelembap wajah pria terbaik ini bekerja cepat dan efektif dalam menyamarkan flek hitam, memudarkan bekas jerawat, melembapkan, dan mengencangkan kulit wajah. Bahkan, ada pula fungsi antiinflamasi dan antiiritasi, lho!

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Setelah beberapa kali penggunaan, wajah jadi lebih cerah.
  • Optimal untuk melembapkan dan melembutkan wajah.
  • Dapat membersihkan dan menghilangkan minyak berlebih pada wajah.
  • Dapat berfungsi sebagai tabir surya karena ada kandungan SPF-nya.
  • Cream ini tidak lengket di wajah dan cepat meresap.
  • Aman digunakan karena telah terdaftar di BPOM.
  • Berperan sebagai antioksidan yang melindungi wajah dari radikal bebas.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Di beberapa pengguna, dapat menyebabkan rasa gatal sementara.
Formula Cream
Jenis kulit Semua jenis kulit
Bahan aktif Melazero (ekstrak daun arisaema amurense), ekstrak kayu manis, ekstrak daun thyme, ekstrak bunga malva, ekstrak daun witch hazel
Agen sunscreen Tidak ada
Bebas dari parfum Tidak disebutkan
Aplikasi Pagi, siang, dan malam hari
Kemasan Tube
Isi 20 gr
Kisaran harga Rp60.000

6. MS Glow for Men Energy Bright Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Melindungi kulit secara maksimal dengan 3 macam UV filter

MS Glow for Men Energy Bright Cream mengandung formula 3 macam UV filter yang akan membantu melindungi kulit Anda secara maksimal. Pelembap wajah pria terbaik ini juga akan melembapkan, mencerahkan, dan melembutkan kulit Anda karena diperkaya ekstrak biji avena strigosa, ekstrak aloe vera, dan niacinamide.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Meskipun bertekstur creamy, namun mudah meresap dengan cepat.
  • Mampu melembapkan kulit dan mencegah munculnya jerawat.
  • Setelah penggunaan, kulit lebih cerah dan halus.
  • Dapat memberi efek soothing pada kulit.
  • Dapat melindungi kulit dari sinar UV.
  • Sudah ada sertifikat BPOM-nya sehingga aman digunakan.
  • Size-nya pocket friendly, mudah dibawa saat berpergian.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Terdapat fragrance sehigga harus hati-hati ketika menggunakannya.
Formula Cream
Jenis kulit Kulit kering, kusam, berjerawat, noda hitam
Bahan aktif Glycerin, niacinamide, aloe barbadensis leaf extract, xylitylglucoside, anhydroxylitol, xylitol, sunflower seed oil, avena strigosa seed extract, alpha arbutin, allantoin, tocopherol
Agen sunscreen Ethylhexyl methoxycinnamate, titanium dioxide, dan butyl methoxydibenzoylmethane
Bebas dari parfum Tidak
Aplikasi Pagi dan malam hari
Kemasan Tube
Isi 30 ml
Kisaran harga Rp100.000

7. ERHA AcneAct Gentle Acne Moisturizer

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mengatasi jerawat dan mengurangi iritasi kulit

Produk ERHA dikenal dengan formula berkualitasnya yang dikembangkan oleh para ahli kulit. Termasuk juga AcneAct Gentle Acne Moisturizer, yang mengandung BHA dan ceramide untuk mengatasi masalah jerawat, melembapkan, sekaligus memperkuat fungsi pelindung kulit.

Lengkap dengan kandungan pH balance dan hypoallergenic, pelembap wajah pria terbaik ini juga membantu mengurangi iritasi pada kulit sensitif, kulit kering, atau atopi. Selain itu, produk ini juga mampu mencegah timbulnya jerawat baru, serta cocok digunakan oleh pria dan wanita.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat membantu menahan produksi minyak berlebih di wajah.
  • Wanginya subtle dan tidak menyengat.
  • Teksturnya berupa gel yang ringan dan lembut, mudah meresap, dan mudah diratakan di kulit.
  • Meskipun di-layer dengan skincare lain, produk ini tidak menimbulkan rasa gerah.
  • Pemakaian lebih dari seminggu dapat membantu meredakan jerawat dan redness.
  • Packaging-nya travel friendly karena mungil dan ramping.
  • Tidak lengket dan tidak meninggalkan white cast.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dapat menyebabkan sensasi tingling, kurang cocok untuk kulit sensitif.
  • Pada beberapa pengguna yang tidak cocok dapat menimbulkan jerawat.
Formula Cream
Jenis kulit Kulit berjerawat, kering, sensitif, dan atopi
Bahan aktif BHA, granactive acne, asam salisilat, ceramide complex, zinc gluconate, niacinamide, allantoin, dan bisabolol
Agen sunscreen Tidak ada
Bebas dari parfum Iya
Aplikasi Pagi dan malam hari
Kemasan Tube
Isi 30 gr
Kisaran harga Rp108.900

8. SK-II Facial Treatment Essence Men

blank

Sumber: Sk-ii.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mengandung lebih dari 50 nutrisi mikro untuk kulit lebih cemerlang

Kualitas produk keluaran SK-II tidak perlu diragukan lagi. Merek skin care dari Jepang ini juga mengeluarkan produk perawatan khusus untuk pria yang diformulasikan dengan bahan natural dari fermentasi ragi yang amat mirip dengan faktor pelembap alami kulit.

Hadir dalam kemasan yang simple dan elegan, pelembap wajah pria terbaik ini mengandung lebih dari 50 nutrisi mikro, seperti vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik. Paduan semua bahan tersebut bekerja meningkatkan peremajaan permukaan kulit, menjadikan kulit Anda lebih cerah dan tidak kasar.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ada sensasi cooling karena kandungan menthol-nya.
  • Setelah diaplikasikan secara teratur, muka terlihat lebih cerah, mulus, glowing, dan sehat.
  • Produksi minyak di wajah lebih terkontrol.
  • Efektif dalam menghilangkan jerawat dan mengecilkan pori-pori.
  • Wanginya cukup enak.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kandungan alkoholnya kurang cocok untuk kulit sensitif karena dapat menimbulkan iritasi.
  • Dapat menyebabkan sensasi tingling dan purging.
Formula Liquid
Jenis kulit Semua jenis kulit
Bahan aktif Pitera (galactomyces ferment filtrate), butylene glycol, pentylene glycol, dll
Agen sunscreen Tidak ada
Bebas dari parfum Iya
Aplikasi Pagi dan malam hari
Kemasan Botol pump
Isi 75 ml
Kisaran harga Rp875.000

9. Ertos All In One Cream For Men

blank

Sumber: Ertos.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Meningkatkan produksi kolagen dan menghidrasi kulit wajah

Produk yang satu ini merupakan pelembap wajah dan pencerah kulit untuk pria yang sekaligus dapat mengatasi masalah jerawat. Dengan tekstur yang ringan dan tidak lengket, Ertos All In One Cream For Men membuat wajah lebih cerah, halus, dan terhidrasi.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat mencerahkan kulit.
  • Berfungsi sebagai oil control sehingga kulit wajah tidak greasy.
  • Dapat melindungi wajah dari sinar UV dan meningkatkan kolagen.
  • Dapat mengatasi iritasi, menyamarkan jerawat, dan memberikan efek glowing pada wajah.
  • Ketika diaplikasikan, baunya enak dan kalem sehingga nyaman digunakan.
  • Penggunaan selama satu bulan dapat membuat wajah lebih lembut.
  • Dapat meningkatkan minyak alami kulit sehingga kelembapannya tetap terjaga.
  • Kemasannya mungil dan travel friendly.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Memiliki kandungan fragrance sehingga pemilik kulit sensitif harus berhati-hati menggunakannya.
Formula Cream
Jenis kulit Kulit normal
Bahan aktif Glycerin, niacinamide, centella asiatica leaf water, rainbow algae, niacinamide, adenosine, allantoin, dan caffeine
Agen sunscreen Tidak ada
Bebas dari parfum Tidak
Aplikasi Pagi dan malam hari
Kemasan Tube
Isi 20 gr
Kisaran harga Rp75.000

10. The Body Shop Guarana & Coffee Energising Moisturiser

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Tokopedia

Memberi kesegaran, hidrasi, serta energi untuk seharian

Memiliki tekstur gel-losion yang terasa ringan dan tidak lengket, pelembap wajah pria terbaik ini akan membantu melembapkan kulit Anda. Ditambah dengan guarana seedgreen coffee, dan aloe vera, produk ini akan membuat kulit terasa segar, halus, dan terhidrasi. Selain itu, produk ini juga memberi energi kesegaran untuk Anda saat melakukan aktivitas seharian.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Setelah diaplikasikan, efek melembapkannya sangat terasa.
  • Jika digunakan dengan rutin, dapat mengurangi jerawat dan mencerahkan kulit.
  • Teksturnya berupa gel, ringan, dan mudah meresap.
  • Dapat dipakai setiap hari dan aman saat dikombinasikan dengan skincare lain.
  • Hasil tidak greasy, bisa juga mengontrol minyak.
  • Kemasannya simple sehingga mudah dibawa.
  • Gel-nya cukup mudah di-blend di kulit wajah.
  • Tidak meninggalkan white cast.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dapat menyebabkan efek perih karena ada kandungan bahan aktifnya.
  • Kurang cocok dikombinasikan dengan vitamin C, karena dapat menimbulkan iritasi.
Formula Gel-lotion
Jenis kulit Kulit normal hingga kering
Bahan aktif Bertholletia excelsa seed oil, orbignya oleifera seed oil, wheat germ oil, safflower seed oil, tocopheryl acetate, aloe barbadensis leaf juice powder, coffea arabica seed extract, dll
Agen sunscreen Tidak ada
Bebas dari parfum Tidak
Aplikasi Pagi hari
Kemasan Tube
Isi 100 ml
Kisaran harga Rp229.000

Tabel Perbandingan Pelembap Wajah Pria

Produk Pond’s Men Bright Boost Face Moisturizer LT Men Refreshing Cream SPF 18 Garnier Men Acno Fight Serum Cream Kiehl’s Age Defender Gel Moisturizer Clorismen Brightening Cream MS Glow for Men Energy Bright Cream ERHA AcneAct Gentle Acne Moisturizer SK-II Facial Treatment Essence Men Ertos All In One Cream For Men The Body Shop Guarana & Coffee Energising Moisturiser
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Formula Cream Cream Cream agak cair Gel Cream Cream Cream Liquid Cream Gel-lotion
Jenis kulit Kulit kusam dan noda hitam Semua jenis kulit Kulit berjerawat dan kusam Semua jenis kulit, kulit sensitif Semua jenis kulit Kulit kering, kusam, berjerawat, noda hitam Kulit berjerawat, kering, sensitif, dan atopi Semua jenis kulit Kulit normal Kulit normal hingga kering
Bahan aktif Panax ginseng root extract, niacinamide, glycerin, tocopheryl acetate, dll Glycerin, opuntia ficus-indica stem extract, niacinamide, dll Glycerin, perlite, niacinamide, tocopherol, salicylic acid, citrus lemon fruit extract, dll Linseed extract, glycerin, niacinamide, hydroxypropyl tetrahydropyrantriol, caffeine, tocopherol, ascorbyl glucoside, adenosine, dll Melazero (ekstrak daun arisaema amurense), ekstrak kayu manis, ekstrak daun thyme, ekstrak bunga malva, ekstrak daun witch hazel Glycerin, niacinamide, aloe barbadensis leaf extract, xylitygluscoside, anhydroxylitol, xylitol, sunflower seed oil, avena strigosa seed extract, alpha arbutin, allantoin, tocopherol BHA, granactive acne, asam salisilat, ceramide complex, zinc gluconate, niacinamide, allantoin, dan bisabolol Pitera (galactomyces ferment filtrate), butylene glycol, pentylene glycol, dll Glycerin, niacinamide, centella asiatica leaf water, rainbow algae, niacinamide, adenosine, allantoin, dan caffeine Bertholletia excelsa seed oil, orbignya oleifera seed oil, wheat germ oil, safflower seed oil, tocopheryl acetate, aloe barbadensis leaf juice powder, coffea arabica seed extract, dll
Agen sunscreen Ethylhexyl methoxycinnamate, titanium dioxide, butyl methoxydibenzoylmethane, dan zinc oxide Titanium dioxide, ethylhexyl methoxycinnamate, dan butyl methoxydibenzoylmethane Titanium dioxide, octorylene, pentasodium ethylenediamine tetramethylene phosphonate, butyl methoxydibenzoylmethane Tidak ada Tidak ada Ethylhexyl methoxycinnamate, titanium dioxide, dan butyl methoxydibenzoylmethane Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada
Bebas dari parfum Tidak Iya Tidak Tidak Tidak disebutkan Tidak Iya Iya Tidak Tidak
Aplikasi Pagi dan malam hari Pagi/siang hari Pagi dan malam hari Pagi dan malam hari Pagi, siang, dan malam hari Pagi dan malam hari Pagi dan malam hari Pagi dan malam hari Pagi dan malam hari Pagi hari
Kemasan Tube Tube Tube Tube Tube Tube Tube Botol pump Tube Tube
Isi 20 ml 50 gr 20 ml 50 ml 20 gr 30 ml 30 gr 75 ml 20 gr 100 ml
Kisaran harga Rp27.000 Rp40.000 Rp23.900 Rp760.000 Rp60.000 Rp100.000 Rp108.900 Rp875.000 Rp75.000 Rp229.000
Periksa ketersediaan Cek di ShopeeCek di Blibli Cek di Tokopedia Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Tokopedia Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Blibli Cek di Tokopedia

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

blank

Pelembap adalah basic skincare yang juga diperlukan pria

Untuk menjaga kesehatan kulit, terdapat langkah dasar yang sebaiknya para pria lakukan, yaitu:

  • Cleansing → mencuci muka
  • Toning → menyeimbangkan pH kulit
  • Moisturizing → menggunakan pelembap

Jadi, selain menggunakan sabun muka, pria tetap perlu menggunakan pelembap pada rangkaian perawatan wajah hariannya.

Pentingnya menyesuaikan jenis pelembap dengan jenis kulit

Poin penting yang perlu diperhatikan ketika memilih pelembap adalah harus memilih pelembap yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda. Karena pada dasarnya, semua jenis kulit memerlukan pelembap, namun dengan jenis yang berbeda tergantung jenis kulit Anda.

Pada pria dengan kondisi kulit yang cenderung berminyak, sebaiknya memilih pelembap dengan formulasi yang ringan, cepat menyerap, dapat menghidrasi dengan baik, serta tidak berminyak (non-greasy). Pelembap yang memiliki kriteria seperti ini dapat memberikan manfaat melembapkan kulit tanpa menyebabkan kulit tampak makin berminyak.

Aturan penggunaan pelembap yang direkomendasikan

Penggunaan pelembap direkomendasikan sebanyak dua kali dalam sehari. Waktu terbaik untuk menggunakan pelembap adalah tepat setelah Anda selesai mandi karena kulit masih dalam keadaan lembap.

Pelembap dapat bekerja lebih efektif untuk mengunci dan mempertahankan air di kulit serta mencegahnya untuk menguap. Selain itu, pada keadaan kulit yang lembap, pelembap dengan bentuk krim yang kental dapat diratakan dengan lebih mudah

Adakah perbedaan antara pelembap untuk pria dan wanita?

Kulit pria sekitar 25% lebih tebal dari kulit wanita karena dipengaruhi oleh faktor hormonal dan lingkungan. Oleh karena itu, kulit wajah pria juga cenderung tidak terlalu sensitif terhadap kandungan yang terdapat di dalam produk pembersih dan pelembab wajah.

Dengan melihat perbedaan kondisi kulit ini, pelembap wajah pria biasanya mengandung bahan-bahan yang diformulasikan khusus untuk kulit pria agar memperoleh manfaat yang maksimal dari pelembap tersebut.

Yuk, cek rekomendasi perawatan untuk pria dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Pelembap wajah merupakan bentuk perawatan kulit standar untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Tidak hanya wanita, pria juga perlu peduli dengan kesehatan kulit dan penampilannya. Karena kondisi kulit yang berbeda, kaum pria perlu menggunakan pelembap wajah khusus untuk pria.

Dengan memilih produk yang tepat serta penggunaan yang teratur, pelembap wajah akan membuat wajah Anda lebih bersih, segar, dan sehat. Penampilan yang terjaga akan membuat Anda lebih percaya diri. Semoga Anda menemukan pelembap wajah pria terbaik yang cocok, ya!

Referensi

Why should men maintain a moisturizing regimen?
https://health.howstuffworks.com/skin-care/men/moisturizing-tips/moisturizing-regimen.htm diakses pada 11 November 2021

The HSS Guide To Men’s Skin Types
https://hespokestyle.com/mens-skin-types/ diakses pada 11 November 2021

Moisturizers: Options for softer skin
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/in-depth/moisturizers/art-20044232 diakses pada 11 November 2021

Men are just not that excited about skin care
https://www.washingtonpost.com/wp-dyn/content/article/2010/12/31/AR2010123103789.html diakses pada 11 November 2021

HOW TO CHOOSE THE RIGHT MOISTURIZER TEXTURE
https://doctoraltheaglobal.com/blogs/news/how-to-choose-the-right-moisturizer-texture-for-your-skin-type diakses pada 11 November 2021

How to Moisturize Your Face: Expert Tips, When to Do It, and Ingredients to Look For
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-moisturize-face diakses pada 11 November 2021

The 14 Best Face Moisturizers for Men, According to Experts
https://www.menshealth.com/grooming/g22686394/best-moisturizer-for-men/ diakses pada 11 November 2021

Why Fragrance-Free Products are Best for Everyone
https://www.paulaschoice.com/expert-advice/skincare-advice/sensitive-skin/why-fragrance-free-products-are-best-for-everyone.html diakses pada 11 November 2021

Why You Should Use a Men’s Face Moisturizer Daily
https://brickellmensproducts.com/blogs/grooming-manual/80420163-why-you-should-use-a-mens-face-moisturizer-daily diakses pada 11 November 2021

What Sunscreen Ingredients to Look for — and Which Banned Ones to Avoid
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/best-sunscreen-ingredients diakses pada 11 November 2021

You may also like

Comments are closed.