Written by 01:46 Kesehatan & Kecantikan

10 Merk Termometer yang Bagus dan Terbaik untuk Badan

rossmax TG380Q Termometer Digital

Termometer suhu badan membantu banyak orang mengetahui suhu tubuhnya ketika terserang panas atau demam. Pada umumnya, penggunaan termometer lebih sering pada anak, meski tidak jarang juga digunakan untuk mengetahui suhu tubuh orang dewasa. Mengetahui hal tersebut, tentunya penting bagi kita untuk memiliki setidaknya sebuah termometer di rumah.

Di zaman ini, tidaklah sulit mendapati termometer. Anda bisa membelinya secara online atau berkunjung langsung ke toko penjual alat-alat kesehatan terdekat. Harga jual dari setiap termometer bergantung dari jenis termometer itu sendiri. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu jenis-jenis termometer suhu badan sebelum menentukan salah satu produk yang dijual di pasaran.

Cara Memilih Termometer Suhu Badan Berdasarkan Jenisnya

Secara garis besar, saat ini termometer dibagi menjadi beberapa macam, yaitu termometer digital, termometer infrared (disebut juga digital inframerah), termometer dot atau empeng, termometer dahi, dan termometer air raksa. Sebaiknya Anda hindari termometer air raksa yang menggunakan tabung kaca sebagai penyimpan air raksanya. Meski murah, termometer ini mudah pecah dan menyebabkan air raksa menguap dan terhirup, sehingga berisiko mengakibatkan keracunan.

Termometer Digital

Termometer Digital

Termometer digital sendiri cukup banyak digunakan karena harganya yang terjangkau. Jenis ini mempunyai bentuk seperti pensil, terbuat dari plastik, dan bekerja dengan mekanisme sensor panas untuk merekam suhu badan. Penggunaannya bisa pada ketiak, mulut (oral), atau dubur. Termometer digital yang diterapkan ke area dubur umumnya lebih elastis.

Termometer Infrared (Inframerah)

Termometer Infrared Inframerah

Jenis lainnya, yaitu termometer infrared umumnya digunakan untuk mengukur suhu badan dengan mengambil titik uji di area dahi dan liang telinga (membran timpani). Jika diarahkan ke dahi, termometer infrared memanfaatkan sinar inframerah untuk mendapatkan suhu tubuh di dalam liang telinga. Namun, pastikan untuk membersihkan telinga terlebih dahulu agar hasil pengukurannya akurat.

Selain di lubang telinga, termometer infrared juga bisa Anda tembak ke area dahi dan arteri temporal di pelipis untuk mengetahui berapa suhunya. Walau mampu mengukur dengan cepat, termometer jenis ini kerap kali menghasilkan nilai dengan tingkat akurasi yang tidak sebaik termometer digital biasa.  Harga yang lebih mahal juga menjadi aspek yang perlu Anda pertimbangkan apabila ingin membeli termometer inframerah.

Termometer Dot/Empeng Digital

Termometer Dot Empeng Digital

Untuk anak bayi, termometer dot digital dalam bentuk mirip empeng lebih direkomendasikan. Produsen biasanya merancang struktur dot menyerupai dot sesungguhnya sehingga nyaman dipakai si kecil. Jenis ini hanya perlu diisap dan ditunggu kurang lebih 3 menit untuk mengetahui hasil pengukuran suhu tubuh yang akurat.

Sebenarnya, termometer untuk bayi juga mempunyai bentuk lain seperti termometer digital biasa yang menyerupai pensil. Bedanya, jenis ini diancang khusus untuk memberi kenyamanan bayi, seperti membuat waktu pengukuran lebih singkat dibandingkan termometer untuk orang dewasa. Atau, bila anak Anda kurang nyaman dipasangkan termometer ke tubuhnya, jenis infrared juga bisa dipilih karena sifatnya yang non-contact.

10 Rekomendasi Termometer Terbaik Tipe Digital dan Infrared untuk Mengukur Suhu Badan

Setelah memahami perbedaan dari setiap jenis termometer, Anda tentu lebih mudah mendapatkan produk yang tepat. Di bawah ini, kami telah kumpulkan sepuluh merek termometer yang bagus dalam tipe digital biasa atau infrared sebagai referensi Anda memilih. Belilah produk dengan mengecek tingkat akurasi dan lama waktu pengukurannya, ya!

1. Harmed Thermometer Infrared

Harmed Thermometer Infrared

Kisaran harga: Rp210.000

Dapatkan waktu pengukuran hanya dalam 1 detik. Sangat cepat!

Buat durasi pengukuran suhu tubuh buah hati lebih singkat dengan termometer infrared persembahan Harmed ini. Anda bisa arahkan mata sensor inframerah pada alat ke dahi ataupun gendang telinga. Harmed mendesain produk ini agar multifungsi. Selain bisa mengukur suhu tubuh bayi hanya dalam waktu 1 detik, termometer ini juga dapat dipakai oleh usia dewasa.

Tidak hanya itu, keuntungan lain dari membeli produk ini adalah Anda bisa mengetahui suhu ruangan di rumah Anda. Bahkan, terdapat jendela layar sebagai penunjuk waktu dengan tampilan jam digital. Harmed Thermometer Infred juga dilengkapi fitur anti bakteri. Tenang saja, untuk dipakai mengukur suhu, Anda hanya perlu menekan 1 tombol yang disediakannya.

2. DOTORY Infrared Forehead Thermometer

DOTORY Infrared Forehead Thermometer

Kisaran harga: Rp233.580

Dilengkapi fitur auto off setelah 1 menit. Hemat daya!

Apabila Anda kesulitan sewaktu mengukur suhu badan bayi Anda karena banyak bergerak, termometer infrared keluaran DOTORY ini dapat mempermudah pekerjaan Anda. Hanya dalam waktu 3 detik Anda tembakkan alat ke dahi anak, Anda pun bisa mengetahui seberapa tinggi suhu tubuh buah hati Anda yang sedang sakit.

Desain yang unik dan sederhana menjadi poin lebih dari alat ini. Selain itu, performa pengukuran dengan hasil yang akurat juga membuatnya lebih unggul dibandingkan produk lain. Di samping itu, termometer ini juga telah dibekali baterai CR2032 (1ea) yang dapat melakukan pembacaan hingga 6.000 kali. Ditambah dengan mode hemat daya, termometer ini dapat mati otomatis setelah 1 menit tidak digunakan!

3. Xiaomi Mijia iHealth Thermometer – JXB-310

Xiaomi Mijia iHealth Thermometer JXB 310

Kisaran harga: Rp310.000

Mampu mengukur dengan nilai suhu hingga 0,1oC

Termometer inframerah keluaran Xiaomi ini didesain dalam bentuk ergonomis sehingga nyaman ketika digenggam. Dikatakan bahwa produk ini bisa membaca suhu hingga 0,1oC, jelas kehadirannya membuat banyak orang tertarik untuk membuktikan apakah hasil pengukurannya sangat akurat seperti klaimnya tersebut.

Nampaknya, klaim tersebut benar dibuktikan, namun dengan syarat penggunaan pada jarak tidak lebih dari 3 cm. Selain itu, Xiaomi Mijia ihealth Thermometer JXB-310 dapat memberikan feedback getaran sebagai pengingat ketika suhu tubuh yang didapatkan telah tampil pada layar LED-nya. Hanya dengan satu tombol, pemakaiannya pun sangatlah praktis.

4. OEM Termometer Infrared Digital

OEM Termometer Infrared Digital

Kisaran harga: Rp124.500

Dilengkapi oleh jam dan fitur penyimpanan suhu terakhir

Apabila Anda membutuhkan termometer badan yang dapat dipakai oleh seisi keluarga, kami pilihkan Anda OEM Termometer Infrared Digital. Selain bisa digunakan oleh orang dewasa hingga usia anak dan bahkan bayi, produk ini juga dibandrol dengan nilai jual yang ramah di kantong. Tidak usah murung akan budget yang pas-pasan!

OEM memang memasarkannya dengan harga terjangkau, tetapi bicara kualitas, termometer ini dapat melakukan pengukuran suhu dengan cepat. Pengaplikasiannya bisa di daerah liang telinga sebagai termometer timpani atau dahi yang juga membaca suhu pada arteri temporal di pelipis mata. Dilengkapi dengan jam, Anda bisa melakukan pencatatan fluktuasi suhu lebih mudah.

5. Avico Digital Elastis Termometer

Avico Digital Elastis Termometer

Kisaran harga: Rp16.000

Ujung sensor yang elastis memberi kenyamanan saat lakukan pengukuran

Avico Digital Elastis Termometer adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk mengukur suhu tubuh si kecil melalui duburnya. Jika ternyata anak Anda kurang nyaman apabila Anda selipkan termometer ini ke dalam dubur, Anda bisa ubah lokasi pengukuran ke area ketiak dengan dihimpit lengan atau secara oral dengan meletakkannya di bawah lidah di rongga mulut.

Hanya dalam waktu beberapa detik, alat ini langsung menunjukkan angka suhu yang dimiliki tubuh anak Anda. Belum lagi dengan alarm yang berbunyi ketika suhu tubuh sudah diketahui, Anda hanya perlu menunggu hingga alarm tersebut berbunyi. Satu lagi, Avico menghadirkan termometer digital ini dengan bermacam pilihan warna terang yang disukai anak-anak.

6. Puremed PRM-168 Infrared Thermometer 4 in 1

Puremed PRM 168 Infrared Thermometer 4 in 1

Kisaran harga: Rp195.000

Dapat mengukur suhu tubuh, ruangan, makanan, dan air susu atau air panas pada bak mandi

Apakah Anda orang yang suka kelupaan untuk mematikan benda elektronik kecil seperti termometer? Puremed hadir dengan PRM-168 yang menerapkan sistem pembacaan inframerah dengan fitur auto power off. Jadi, tidak masalah ketika Anda lupa menonaktifkan alat sehabis mengecek suhu tubuh dengan termometer ini.

Puremed PRM-168 dibekali 4 fungsi, yaitu mengukur suhu pada tubuh, makanan, air kemasan, dan ruangan. Hanya dengan waktu 2 detik, alat ini dapat menampilkan hasil pengukuran yang akurat. Untuk mempermudah pembacaan, terdapat 3 warna backlight, yaitu hijau untuk rentan 32 – 37,3oC, kuning untuk 37,4 – 38oC, dan 38,1 – 42,9oC. Sementara ketika suhunya di bawah 32oC dan di atas 42,9oC, layar akan menampilkan backlight warna hijau.

7. Onemed ThermoONE Alpha 1 Digital Clinical Thermometer

Onemed ThermoONE Alpha 1 Digital Clinical Thermometer

Kisaran harga: Rp13.000

Opsi terjangkau dengan fitur-fitur yang memuaskan

Sangat murah adalah deskripsi singkat yang tepat dilekatkan pada termometer satu ini. Produk ini lebih cocok untuk orang dewasa karena memiliki durasi pengukuran 60 detik. Meski butuh waktu sedikit lama, termometer Onemed ini mudah digunakan dan hasil pembacaannya juga dijamin akurat.

Anda bisa memantau perkembangan kesehatan tubuh dengan memeriksa suhu beberapa jam sekali. Canggihnya, walau ThermoONE Alpha 1 dipasarkan dengan harga terjangkau, di dalamnya telah disediakan memori untuk menyimpan pengukuran terakhir. Bukan itu saja, termometer dengan jarak pengukuran 32 – 43oC ini otomatis mati saat tidak digunakan selama 10 menit.

8. Beurer BY 20 Pacifier Thermometer

Beurer BY 20 Pacifier Thermometer

Kisaran harga: Rp208.000

Tanpa kaca dan tidak mengandung merkuri. Aman bagi bayi!

Banyak orang tua yang kesulitan mengecek suhu tubuh buah hatinya yang masih berusia bayi ketika diserang demam. Tidak jarang mereka rewel atau banyak bergerak sehingga hasil pengukuran kurang akurat. Apabila Anda salah satu yang mengalaminya, kami rekomendasikan Beurer BY 20 ini sebagai solusi atas permasalahan Anda.

Beurer BY 20 merupakan termometer digital berbentuk dot bayi yang didesain praktis dan higienis. Ujung dot yang terbuat dari material lembut, tanpa kaca, dan bebas merkuri menjamin keamanan produk selama penggunaan. Anda bisa gunakan termometer yang tahan air ini kepada si kecil yang berusia balita ataupun batita.

9. Omron MC-245 Termometer Digital

Omron MC 245 Termometer Digital

Kisaran harga: Rp37.765

Meski murah, alat ini telah dilengkapi memori untuk menyimpan hasil pengukuran terakhir

Apakah Anda memerlukan termometer digital yang mempunyai tingkat akurasi tinggi, namun harga jualnya rendah? Omron MC-245 ini bisa dibeli dengan harga tak sampai Rp50.000, tetapi kemampuannya untuk mengukur suhu dapat mencapai level 0,1oC. Luar biasa, bukan?

Bahkan tidak hanya itu, termometer satu ini mempermudah Anda melakukan pembacaan melalui layar LED-nya. Omron juga menyebutkan kalau produk ciptaannya ini dibekali fitur alarm yang berbunyi “beep” saat pengukuran selesai, tahan air, dan baterai berdaya tahan hingga 5.000 pengukuran.

10. rossmax TG380Q Termometer Digital

rossmax TG380Q Termometer Digital

Kisaran harga: Rp55.440

Mudah digunakan karena memiliki ujung yang fleksibel

Jika anak Anda kurang nyaman menunggu waktu lama untuk melihat hasil pengukuran suhu tubuhnya saat demam, produk ini dapat menjadi pilihan. Cukup menunggu sekitar 10 detik, termometer digital persembahan rossmax ini akan menampilkan berapa suhu tubuh dengan level keakuratan tinggi.

Sebagai pabrikan internasional, rossmax menyediakan dua skala satuan suhu, yaitu Celsius dan Fahrenheit, yang dapat diubah sesuai keinginan. Keunggulan lain dari termometer ini adalah mempunyai ujung yang elastis ke segala arah, dapat dicuci setelah penggunaan (waterproof), auto shut-off, dan indikator low-batt.

Kesimpulan

Termometer adalah alat yang penting dimiliki oleh setiap orang. Bagi yang sudah berkeluarga, tentu penting menyiapkan benda kecil ini karena dapat membantu mengetahui level panas tubuh si kecil saat demam. Apabila Anda telah membeli termometer, periksalah deskripsinya kembali apakah baterai pada termometer tersebut dapat diganti.

Termometer suhu badan yang baterinya dapat diisi ulang memberikan keuntungan sendiri. Anda juga tidak harus membuang sampah baterai yang sudah tidak terpakai. Jadi, pertimbangkan pula jenis baterai yang dimiliki pda termometer pilihan Anda apakah dapat rechargeable atau tidak.

(Visited 54 times, 1 visits today)