Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik

Termometer merupakan alat pengukur suhu tubuh yang biasa digunakan ketika mengalami gejala demam. Dalam perkembangannya, termometer digital menjadi salah satu jenis yang populer. Selain lebih praktis, waktu pengukuran yang cepat juga menambah poin lebih dari penggunaan termometer digital.

Anda dapat menemukan berbagai jenis termometer digital di toko alat kesehatan maupun online store. Beberapa brand yang umum dijumpai di antaranya Little Giant, Beurer, SPC, dan Omron. Sebelum mengenal beberapa brand termometer digital lebih jauh, kami akan bagikan tips memilihnya terlebih dulu. Silakan disimak, ya!

Cara Memilih Termometer Digital

Beragam jenis termometer digital yang dijual di pasaran mungkin membuat Anda bingung ketika akan membelinya. Kira-kira, termometer seperti apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Di bawah ini telah kami rangkum beragam aspek dalam memilih termometer digital.

Tentukan Tipe Termometer Berdasarkan Lokasi Penggunaannya

Bila membahas dari lokasi pengukurannya, termometer digital dibagi menjadi dua jenis yakni termometer sentuh/kontak dan termometer jarak jauh yang menggunakan inframerah.

Contact/Termistor: Harganya Relatif Terjangkau dan Mudah Didapatkan

Termometer kontak atau termistor merupakan jenis termometer yang paling umum digunakan karena biayanya yang terjangkau. Termometer ini merekam suhu tubuh seseorang dengan menggunakan sensor panas elektronik. Selain cepat, penggunaan termometer jenis ini juga sangat praktis. Contact/termistor cocok digunakan untuk bayi, anak-anak, hingga orang dewasa.

Anda cukup menempelkannya pada mulut, ketiak, atau rektum. Keakuratan hasil pada setiap lokasi pengukuran dapat berbeda-beda. Bila ingin mengukur melalui mulut, pastikan mulut Anda benar-benar tertutup saat termometer terpasang. Anda juga tidak diperkenankan makan dan minum selama 15 menit sebelum pengukuran suhu.

Digital In-Ear: Mengukur Suhu dengan Mudah Lewat Telinga

blank

Termometer digital in-ear sering disebut juga sebagai termometer timpani. Termometer ini merupakan jenis termometer jarak jauh yang menggunakan sinar inframerah untuk mengukur suhu di dalam saluran telinga.

Termometer ini cocok digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa, namun tidak disarankan untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan, apalagi bayi baru lahir. Jika ingin menggunakan termometer ini, pastikan untuk terlebih dahulu membersihkan telinga agar hasil pengukuran lebih akurat.

Termometer Dahi: Tanpa Kontak, Pengukuran Lebih Cepat dan Higienis

blank

Sama halnya seperti termometer timpani, termometer dahi merupakan salah satu jenis termometer jarak jauh. Termometer ini menggunakan pemindai inframerah untuk mengukur suhu arteri temporal di dahi. Selain cepat dan praktis, penggunaan termometer ini dapat digunakan di segala usia.

Tingkat keakuratan pada termometer jenis ini dapat dipengaruhi oleh keringat, suhu dingin, dan sinar matahari langsung. Bentuk termometer ini menyerupai bentuk pistol di bagian ujungnya dengan jarak ukur sekitar 5 – 15 cm. Di balik segala keunggulan yang dimiliki, termometer dahi dibanderol dengan harga lebih tinggi dibandingkan termometer jenis lain.

Pilih Termometer dengan Waktu Pengukuran yang Cepat

blank

Memang, waktu pengukuran yang dibutuhkan setiap termometer sangat bervariasi. Namun, sebuah termometer dianggap lebih efisien ketika memiliki waktu pengukuran yang lebih cepat.

Untuk termometer tipe termistor, biasanya diperlukan waktu pengukuran selama ± 10 – 60 detik. Sedangkan, termometer jarak jauh atau termometer inframerah hanya membutuhkan waktu pengukuran selama ± 1 detik saja.

Pertimbangkan Produk dengan Tambahan Fitur untuk Menunjang Kenyamanan Anda

Ketika akan membeli sebuah termometer, jangan lupa untuk melihat fitur-fitur apa saja yang terdapat pada produk termometer tersebut. Selain sebagai penunjang kenyamanan, fitur-fitur tambahan juga dapat memberikan berbagai keuntungan untuk Anda.

Agar Penggunaannya Lebih Fleksibel, Pilih yang Dilengkapi LED Backlight

blank

Anda ingin mengukur suhu pada saat gelap atau malam hari? Sebaiknya pilih termometer yang memiliki fitur LED backlight (lampu latar). LED backlight membuat tampilan layar termometer menjadi lebih jelas pada ruangan gelap atau di malam hari. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menghindari kesalahan membaca hasil pengukuran suhu.

Ketersediaan Fitur Antiair Berguna untuk Pemakaian Jangka Panjang

blank

Fitur antiair sangat membantu terutama dalam penggunaan termometer kontak. Dengan fitur ini, Anda dapat mencuci termometer dan menggunakannya kembali dalam keadaan steril di lain waktu.

Anda dapat merasakan manfaat dari fitur ini untuk termometer yang dipakai secara bergantian. Selain lebih hemat, termometer yang memiliki fitur antiair juga dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama.

Lebih Hemat Baterai dengan Fitur Automatic Switch-off

blank

Apakah Anda termasuk orang yang pelupa, atau mungkin mencari produk dengan fitur penghemat baterai? Fitur automatic switch-off ini bisa menjadi solusi bagi Anda.

Fungsi utama dari automatic switch-off adalah untuk memperpanjang daya hidup baterai sehingga lebih awet dan tahan lama. Dengan adanya fitur ini, termometer akan mati dengan sendirinya setelah beberapa saat tidak digunakan.

Fitur Memory Recall Memungkinkan Anda Membandingkan Hasil Pengukuran

blank

Apakah Anda berniat untuk membandingkan hasil pengukuran suhu dari waktu ke waktu? Jika demikian, pastikan termometer yang Anda beli memiliki fitur memory recall.

Berkat fitur memory recall, Anda dapat melihat hasil pengukuran yang sudah dilakukan sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk pergi ke fasilitas kesehatan saat suhu tubuh tak kunjung menurun.

Lebih Disarankan Memilih Produk yang Tersertifikasi

blank

Sumber: Kemkes.go.id

Termometer yang tersertifikasi telah menjalani lebih banyak uji kelayakan guna memastikannya lebih aman digunakan. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk membeli termometer digital yang telah tersertifikasi.

Beberapa lembaga terpercaya seperti Kemenkes, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), CE (Conformite Europeenne), dan ISO (International Organization for Standardization) dapat Anda jadikan acuan memilih produk yang tersertifikasi.

10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik

Pada bagian ini, kami memilihkan sepuluh termometer digital terbaik versi PickyBest. Semoga, salah satu produk dapat menjadi termometer yang tepat untuk Anda!

1. Little Giant Flexible Digital Thermometer

Hemat kantong, daya tahannya pun sangat lama!

Jika ingin menghemat biaya pembelian termometer, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli Flexible Digital Thermometer dari Little Giant. Dengan daya baterai lebih dari 200 jam pengoperasian, termometer ini dapat dipakai hingga 2 tahun lamanya dengan durasi penggunaan 10 menit per hari.

Dengan harga yang ramah di kantong, termometer ini juga lebih hemat dalam penggunaan baterai karena akan mati otomatis bila tidak digunakan. Agar tetap steril, Anda bisa mencuci termometer setelah selesai memakainya. Termometer ini telah dilengkapi alarm yang akan berbunyi ketika suhu tubuh berada di atas normal.

Tipe termometer Contact
Lokasi pengukuran Oral, ketiak, rektal
Fitur Antiair, autmatic power-off, memory, alarm demam
Waktu pengukuran 10 detik
Sertifikasi Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp100.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Beurer FT-58

blank

Sumber: Beurer.com

Lebih mudah membaca hasil dengan tampilan ikon wajah

Beurer FT-58 merupakan termometer telinga yang dilengkapi dengan tutup pelindung yang dapat diganti. Termometer ini memiliki alarm peringatan dan alarm demam yang akan berbunyi pada suhu 37,5 °C dan 38,0 °C. Anda juga dapat melihat ikon wajah pada layar dgital saat pengukuran telah selesai.

Selain pengukuran suhu telinga, termometer ini juga dapat digunakan untuk mengukur suhu permukaan, benda, dan cairan. Anda akan memperoleh tanda berupa sinyal akustik saat pengukuran telah selesai. Pengukuran suhu diatur dalam satuan °C / °F. Indikasi baterai lemah akan otomatis ditampilkan sehingga Anda bisa mengganti baterai di waktu yang tepat.

Tipe termometer Digital in-ear
Lokasi pengukuran Telinga
Fitur Automatic switch-off, low battery indicator, date and time, 3 mode measurement, 10 memory space
Waktu pengukuran 1 detik
Sertifikasi CE
Kisaran harga Rp828.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. SPC Thermogun TG-05

Bergaransi dengan kapasitas saving yang lebih besar

Di samping waktu pengukuran yang sangat cepat dan tingkat akurasi yang tinggi, termometer ini juga sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu menembakkannya ke dahi dengan jarak 5-15 cm, kemudian hasil pengukuran akan langsung tertera di layar LED. Layar LED pada termometer ini memungkinkan Anda untuk tetap dapat melakukan pengukuran saat gelap atau malam hari.

Produk ini memiliki masa garansi selama 6 bulan dan telah tersertifikasi oleh beberapa lembaga resmi yang terpercaya. Dengan kemampuan saving hingga 32 data histori pengukuran, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data hasil pengukuran sebelumnya. Thermogun TG-05 juga sudah menggunakan baterai yang lebih modern dan berkualitas tinggi.

Tipe termometer Termometer dahi
Lokasi pengukuran Dahi
Fitur LED backlight, 32 memories recall
Waktu pengukuran 1 detik
Sertifikasi Kemenkes, BNPB, CE, RoHS
Kisaran harga Rp450.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Omron MC-720

Bisa mengukur suhu tubuh, permukaan benda, sampai suhu ruangan!

Salah satu brand asal Vietnam ini meluncurkan produk termometer nonkontak dengan banyak kecanggihan. Selain dapat digunakan di segala usia, device ini juga sangat praktis digunakan bahkan saat sedang tidur. Desain yang simpel dan pegangan yang lembut, akan memberikan kenyamanan saat melakukan pengukuran. Anda tetap dapat melakukan pengukuran dalam keadaan gelap maupun di malam hari.

Selain untuk mengukur suhu tubuh, termometer ini juga dapat digunakan untuk mengukur suhu permukaan dan suhu ruangan, bahkan ketika daya sudah dimatikan. Anda bisa memilih pengukuran menggunakan satuan °C ataupun °F dan menampilkan mode diam saat pengukuran berlangsung.

Tipe termometer Termometer dahi
Lokasi pengukuran Dahi
Fitur Backlight, 25 memories recall, 3 in 1 measurement, silent mode
Waktu pengukuran 1 detik
Sertifikasi EC directive 93/42/EEC, European Standard, EN ISO 80601-2-56:2012, CE 0197
Kisaran harga Rp729.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Bukalapak

5. Microlife MT200 Thermometer

Bebas alergi berkat ujung gold tip

Apakah Anda ingin menggunakan termometer kontak tanpa khawatir alergi? Microlife menghadirkan MT200 Thermometer dengan lapisan emas pada bagian ujungnya yang tidak menimbulkan reaksi alergi. Termometer ini dilengkapi alarm yang akan mendeteksi suhu tubuh saat dalam kondisi demam. Anda bisa mencuci produk ini sehingga akan tetap steril ketika hendak digunakan kembali.

Layar LCD yang lebih besar akan membantu Anda melihat hasil pengukuran dengan lebih jelas. Ketika selesai melakukan pengukuran, termometer akan menampilkan bunyi dan otomastis mati bila tidak digunakan lagi. Dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan termometer dengan banyak fitur tambahan yang menguntungkan!

Tipe termometer Contact
Lokasi pengukuran Oral, ketiak, rektal
Fitur Flexible gold tip, waterproof, beeper & alarm, automatic switch off, indikator baterai, memory recall
Waktu pengukuran 10 detik
Sertifikasi Kemenkes RI AKL 20901313173, CE 0044
Kisaran harga Rp113.850
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Xiaomi MiJia iHealth Thermometer

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cepat dan akurat dengan desain yang futuristik

Dengan menggabungkan teknologi modern, termometer jarak jauh ini diklaim memiliki tingkat akurasi yang sangat baik dengan waktu pengukuran sangat cepat. Selain mampu mengukur suhu tubuh, termometer ini juga dapat mengukur suhu air, oven, dan ruangan. Berdesain sleek dan futuristik, termometer Xiaomi ini dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi yang diimpor dari Jepang.

Selain minim kerusakan saat jatuh, termometer ini juga memiliki pegangan yang nyaman di tangan. Ketika selesai melakukan pengukuran, device akan bergetar dan hasilnya muncul di layar LED. Jika 10 detik tidak digunakan, termometer akan mati secara otomatis sehingga Anda tidak perlu repot mematikannya. Baterai termometer dapat diganti dengan mudah dan bisa digunakan hingga 200 jam dengan kapasitas maksimum.

Tipe termometer Termometer dahi
Lokasi pengukuran Dahi
Fitur Clear LED backlight display, German Heimann sensor, distance sensor, room temperature sensor
Waktu pengukuran 1 detik
Sertifikasi Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp1.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Bukalapak

7. OneMed Thermo One Alpha 3

blank

Sumber: Onemed.co.id

Praktis dan aman dengan ujung probe yang lentur

Jika Anda ingin termometer kontak dengan pemakaian yang sangat praktis, device ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda. Dengan ujung probe yang lentur, termometer ini cocok digunakan oleh anak-anak. Baterai pada termometer merupakan baterai jam yang mudah diganti dan dibeli di pasaran. Pegangan termometer berbentuk ergonomis sehingga tidak licin di tangan.

Jika pengukuran telah selesai, alarm akan berbunyi dan termometer mati dengan sendirinya dalam waktu 10 menit. Selain menampilkan memori pengukuran terakhir, layar digital akan menampilkan indikasi baterai lemah, sehingga Anda memiliki waktu yang tepat untuk mengganti baterai.

Tipe termometer Contact
Lokasi pengukuran Oral, ketiak, rektal
Fitur Waterproof, flexible tip, otomatis power off, alarm, memory recall, indikator baterai
Waktu pengukuran 60 detik
Sertifikasi Kemenkes AKL 20901312719
Kisaran harga Rp27.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Bukalapak

8. Omron TH-839

Desain yang compact dilengkapi free goodie bag

Omron TH-839 merupakan salah satu termometer telinga yang dirancang khusus untuk bayi dan anak-anak. Produk ini memiliki desain yang compact sehingga mudah untuk disimpan di mana pun. Selain mampu mengukur dengan satuan ukur °C dan °F, termometer ini juga dilengkapi alarm pendeteksi demam.

Pada ujung termometer dilengkapi tutup pelindung yang menjaga termometer tetap steril dari debu. Tak sekadar waktu pengukuran yang cepat dan hasil yang akurat, produk ini juga telah tersertifikasi sehingga aman digunakan. Jika Anda membeli produk ini di official store, Anda bisa mendapatkan free goodie bag.

Tipe termometer Digital in-ear
Lokasi pengukuran Telinga
Fitur 9 memory recall, pendeteksi demam
Waktu pengukuran 1 detik
Sertifikasi Kemenkes AKL 20901611134
Kisaran harga Rp607.600
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

9. Contec TP-500

Lebih lengkap dengan tampilan angka dan warna hasil pengukuran

Dengan tampilan LCD TFT berwarna, Contect TP-500 akan menampilkan angka dan juga warna hasil pengukuran. Warna biru menunjukkan suhu berada di bawah 37,6 °C. Warna kuning menunjukkan suhu berada pada kisaran 37,5 °C. Sementara jika suhu tubuh di atas 38,4 °C, maka warna LCD akan berubah menjadi merah dan alarm peringatan akan berbunyi.

Termometer ini dapat digunakan hingga 5 tahun lamanya dengan jenis baterai AAA yang mudah didapatkan. Indikator baterai lemah akan ditampilkan bila sudah saatnya untuk mengganti baterai baru. Selain untuk mengukur dahi, Anda dapat pula mengugnakannya untuk mengukur suhu cairan.

Tipe termometer Termometer dahi
Lokasi pengukuran Dahi
Fitur 3 colour LCD backlight display, automatic shutdown, 30 memory recall
Waktu pengukuran < 1 detik
Sertifikasi Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp348.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Bukalapak

10. Beurer FT-65 Multifunction Thermometer

blank

Sumber: Beurer.com

Produk multifungsi yang cocok untuk seluruh anggota keluarga

Apakah Anda menginginkan termometer nonkontak yang multifungsi? Salah satu produk Beurer ini dapat digunakan baik di dahi maupun di telinga. Desain produk ini modern dan unik, serta didukung layar digital yang besar dan jelas. Pengukuran hanya dalam hitungan detik dan hasil langsung ditampilkan di layar. Anda akan mendengar sinyal akustik ketika pengukuran telah selesai.

Di bagian bawah layar akan berwarna hijau jika suhu yang tercatat mencapai 37,9 °C dan berubah merah jika suhu lebih dari 38,0 °C. Produk ini juga dapat digunakan untuk mengukur suhu ruangan dan suhu cairan, misalnya air susu dan air panas. Sama seperti produk sebelumnya, termometer ini juga menggunakan baterai AAA yang murah dan mudah didapatkan.

Tipe termometer Digital in-ear, termometer dahi
Lokasi pengukuran Dahi, telinga
Fitur Pengukuran multifungsi, LED temperature alarm, date and time; 10 memory spaces, automatic switch-off
Waktu pengukuran 1 detik
Sertifikasi CE 0483, EN 12470-5: Clinical thermometers
Kisaran harga Rp772.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Termometer Digital

Produk Little Giant Flexible Digital Thermometer Beurer FT-58 SPC Thermogun TG-05 Omron MC-720 Microlife MT200 Thermometer Xiaomi MiJia iHealth Thermometer OneMed Thermo One Alpha 3 Omron TH-839 Contec TP-500 Beurer FT-65 Multifunction Thermometer
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe termometer Termistor Digital in-ear Thermo gun Termometer dahi Termistor Termometer dahi Termistor Digital in-ear Thermo gun Digital in-ear, temperatur dahi
Lokasi pengukuran Oral, ketiak, rektal Telinga Dahi Dahi Oral, ketiak, rektal Dahi Oral, ketiak, rektal Telinga Dahi Dahi, telinga
Fitur Tahan air, otomatis power off, memory, alarm demam Automatic switch-off, low battery indicator, date and time, 3 mode   measurement, 10 memory space LED backlight, 32 memories recall Backlight, 25 memories recall, 3 in 1 measurement, silent mode Flexible gold tip, waterproof, beeper & alarm, automatic switch off,   indikator baterai, memory recall Clear LED backlight display, German Heimann sensor, distance sensor, room   temperature sensor Waterproof, flexible tip, otomatis power off, alarm, memory recall,   indikator baterai 9 memory recall, pendeteksi demam 3 colour LCD backlight display, automatic shutdown, 30 memory recall Pengukuran multifungsi, LED temperature alarm, date and time; 10 memory   spaces, automatic switch-off
Waktu pengukuran 10 detik 1 detik 1 detik 1 detik 10 detik 1 detik 60 detik 1 detik <1 detik 1 detik
Sertifikasi Tidak disebutkan CE Kemenkes, BNPB, CE, RoHS EC directive 93/42/EEC, European Standard EN ISO   80601-2-56:2012, CE 0197 Kemenkes RI AKL 20901313173, CE 0044 Tidak disebutkan Kemenkes AKL 20901312719 Kemenkes AKL 20901611134 Tidak disebutkan CE 0483, EN 12470-5: Clinical thermometers
Kisaran harga Rp100.000 Rp828.000 Rp450.000 Rp729.000 Rp113.850 Rp1.000.000 Rp27.000 Rp607.600 Rp348.000 Rp772.800
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Setiap termometer memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Perhatikan cara penggunaan produk dan fitur tambahan yang terdapat pada produk sebelum membeli termometer. Anda juga dapat membandingkan harga dan spesifikasi dari beberapa produk termometer yang akan Anda beli.

Jika Anda adalah seorang pemula, sebaiknya pilihlah termometer digital yang sudah tersertifikasi lembaga terpercaya sehingga lebih aman digunakan. Pastikan teliti membaca informasi yang tertera sebelum membeli. Semoga Anda dapat menemukan termometer yang tepat untuk Anda maupun keluarga Anda!

Referensi

Thermometers: Understand the options
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fever/in-depth/thermometers/art-20046737 diakses pada 21 Desember 2020

You may also like

Comments are closed.