Written by 02:06 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Obat Sariawan Terbaik

Sanjin Watermelon Frost Insufflations

Sariawan atau stomatitis adalah salah satu masalah mulut paling umum yang dapat menimpa usia anak hingga orang dewasa. Apakah Anda sedang mengalaminya dan bermaksud mencari obat sariawan yang ampuh menyembuhkan sariawan? Beragam jenis obat bisa Anda temui di pasaran, mulai dari obat kumur, krim salep, bentuk bubuk, hingga plester.

Cukup banyak merek obat yang dirancang untuk mengobati sariawan, seperti Betadine, Kuldon, hingga merek obat-obatan Cina. Bingung memilihnya? Santai saja karena kami telah menyiapkan daftar obat sariawan terbaik untuk Anda berikut tips memilihnya. Sebelum melihat list-nya, mari pahami terlebih dahulu penyebab munculnya sariawan di mulut. Baca hingga akhir, ya!

Faktor Risiko yang Menyebabkan Sariawan

Faktor Risiko yang Menyebabkan Sariawan

Sariawan berulang atau Recurrent Aphthous Stomatitis (RAS) lazim terjadi pada sekitar 5-25% penduduk Amerika Serikat. Rata-rata penderita RAS didominasi perempuan daripada laki-laki. Sebenarnya, apakah faktor yang menyebabkan sariawan muncul?

Sampai sekarang, para peneliti belum mengetahui pasti penyebab langsung dari sariawan, baik itu sariawan di jaringan lunak mulut seperti gusi atau sisi dalam pipi (canker sores) maupun sariawan di sekitar bibir (cold sores). Namun, beberapa faktor berkontribusi terhadap kemunculan sariawan, misalnya obat-obatan tertentu, trauma atau iritasi pada mulut, kekurangan tidur, penurunan berat badan secara drastis, dan beberapa jenis makanan.

Sariawan jenis canker sores sendiri cenderung dikaitkan dengan menurunnya sistem imun, seperti ketika terserang pilek atau flu dan bisa pula didorong oleh kecenderungan genetik, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Risiko sariawan juga dapat dicetus faktor lain seperti defisiensi vitamin B12 atau vitamin B9 (folat) dan perubahan hormon.

Sementara sariawan yang menyerang area bibir atau cold sores dapat dipicu oleh virus herpes simplex type 1 (HSV-1). Jika canker sores tidak menular, cold sores dapat menular dengan cepat saat lukanya pecah. Infeksi virus HSV-1 umum terjadi sebelum usia dewasa. Saat terpapar virus, virus tersebut berada di dalam tubuh dan dapat diaktifkan oleh kondisi-kondisi seperti stres, demam, trauma, perubahan hormon, dan paparan sinar matahari.

Cara Memilih Obat Sariawan

Apakah Anda mengetahui apa kiranya penyebab sariawan yang Anda alami saat ini? Setelah berhasil mengidentifikasinya, hal penting lain untuk Anda ketahui adalah bagaimana memilih obat sariawan yang tepat.

Setiap obat dirancang dengan efek berbeda. Untuk itu, jangan sampai Anda sembarangan memilih obat sariawan. Berikut kami berikan panduan memilih obat sariawan berdasarkan jenis, kandungan, dan cara penggunaannya. Mari cermati dengan saksama!

Jenis-jenis Obat Sariawan berdasarkan Cara Mengonsumsinya

Jenis jenis Obat Sariawan Berdasarkan Cara Mengonsumsinya

Secara umum, obat sariawan dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan cara pemakaiannya, yakni obat semprot, oles (topikal), tempel (plester), atau obat yang diminum (oral). Jika Anda memiliki sariawan di beberapa tempat dan masih bisa dijangkau, belilah obat sariawan jenis oles atau tempel yang lebih efektif menyembuhkan sariawan langsung di pusatnya.

Di sisi lain, sariawan dapat timbul pada beberapa titik berbeda yang sulit dijangkau. Untuk mengobati sariawan seperti ini, Anda dapat mengandalkan obat semprot atau obat kumur, Obat semprot merupakan solusi penyembuhan jerawat yang terasa perih tak tertahankan saat disentuh. Mesi efeknya tidak lama, obat sariawan jenis semprot dianggap lebih praktis dan higienis.

Jenis obat sariawan lain adalah obat minum atau oral. Gunakan obat ini untuk membantu meredakan gejala sariawan. Obat oral merupakan alternatif untuk Anda yang ragu mengoleskan obat topikal ke dalam rongga mulut, atau khawatir perih apabila menggunakan obat kumur. Meski demikian, obat yang diminum memiliki efek penyembuhan tidak langsung, sehingga sebagian orang kurang menyukainya.

Untuk Obat Topikal, Pilihlah yang Mampu Menghilangkan Rasa Sakit dan Mencegah Infeksi

Untuk Obat Topikal Pilihlah yang Mampu Menghilangkan Rasa Sakit dan Mencegah Infeksi

Obat topikal adalah obat-obatan yang penggunaannya dioleskan langsung ke permukaan kulit. Adapun beberapa jenis obat digolongkan sebagai obat topikal antara lain salep, busa, krim, gel, dan losion. Untuk obat sariawan jenis topikal sendiri, pastikan Anda mencari produk dengan kinerja meredakan rasa sakit, mengurangi peradangan, dan mencegah infeksi.

  • Untuk Menghilangkan Rasa Sakit. Pilihlah obat topikal dalam bentuk gel atau salep berkandungan benzocaine dan lidocaine (anestetik) untuk meredakan sakit dan rasa tidak nyaman di mulut akibat sariawan. Anda bisa juga mencari obat topikal berbentuk patches atau plester yang bekerja ganda meredakan sakit sekaligus menutupi luka sariawan.
  • Untuk Mengurangi Peradangan (Anti-Inflammatory). Obat dengan kandungan steroid seperti triamcinolone acetonide atau flucinonide dapat digunakan secara topikal untuk membantu meringankan peradangan akibat jerawat. Perlu pendampingan dari dokter untuk Anda yang bermaksud menggunakan obat topikal antiinflamasi.
  • Untuk Mencegah Infeksi. Obat sariawan untuk membasmi bakteri dalam bentuk topikal umumnya mengandung antibiotik. Obat-obatan ini diberikan dokter kepada penderita sariawan apabila ada kemungkinan sariawan bertambah parah akibat aktivitas bakteri.

Untuk Obat Kumur, Periksalah Kandungan yang Efektif Menyembuhkan Sariawan

Untuk Obat Kumur Periksalah Kandungan yang Efektif Menyembuhkan Sariawan

Jika Anda segan mengaplikasikan obat topikal, terdapat alternatif obat sariawan berbentuk mouthwash untuk membantu menyembuhkan sariawan. Meski tidak sepenuhnya ampuh, keberadaan zat-zat dalam obat kumur seperti antibiotik, antihistamin/anestesi lokal, antijamur, antasida, dan kortikosteroid dianggap mampu mengatasi sariawan ringan.

Berikut beberapa contoh komponen dari masing-masing zat di dalam obat kumur untuk sariawan tersebut:

  • Zat Antibiotik: Tetracycline
  • Zat Antijamur: Nyastin
  • Zat Antasida: Kaopectate, aluminum hydroxide, magnesium, atau kaolin
  • Zat Antihistamin/Anestesi Lokal: Diphenhydramine dan lidocaine
  • Zat Kortikosteroid: Hydrocortisone, dexamethasone, fluocinoide, atau clobetasol

Untuk Obat Oral, Pastikan Mengandung Komponen untuk Meredakan Gejala Sariawan

Untuk Obat Oral Pastikan Mengandung Komponen untuk Meredakan Gejala Sariawan

Berbeda dengan obat jenis topikal, rata-rata obat oral atau yang diminum/dihisap (pil, tablet, bubuk, drase, kapsul, dan sirup) lebih mudah ditemui secara bebas di counter. Untuk Anda yang berminat membeli obat sariawan berjenis oral, pastikan di dalamnya terkandung komposisi untuk meredakan gejala yang ditimbulkan oleh sariawan.

Obat OTC (over-the-counter) yang mengadung komponen seperti ibuprofen, acetaminophen, atau naproxen dapat dipilih untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan pada rongga mulut akibat sariawan. Anda dapat juga memanfaatkan tablet hisap yang mengandung zinc atau vitamin B dan C untuk meredakan gejala lain dari sariawan.

Untuk Anak, Berikan Obat yang Dapat Mengurangi Perih Akibat Sariawan

Untuk Anak Berikan Obat Bebas yang Mengurangi Sariawan Perih

Anak-anak yang tertimpa sariawan membuatnya kesulitan makan, bahkan tidak jarang mereka rewel karena rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan. Sebagai orang tua, Anda bisa memberikan obat sariawan untuk anak yang dikategorikan sebagai pereda nyeri, contohnya paracetamol atau acetaminophen.

Ibuprofen merupakan opsi lain obat untuk mengobati sariawan pada anak yang termasuk sebagai obat nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Namun ingat, ibuprofen memberikan efek lebih kuat dibandingkan paracetamol sehingga penggunaannya pun haris hati-hati.

Jika Anda ingin memberikan obat kumur untuk menyembuhkan sariawan anak, biasanya dokter meresepkan produk berkandungan chlorhexidine gluconate, yakni antiseptik cair untuk mencegah perkembangan bakteri jahat di dalam mulut. Jika berbentuk tablet hisap, kandungan antiseptik semacam cetylpyridinium chloride biasa dipakai untuk membantu mengobati infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan.

10 Rekomendasi Obat Sariawan Terbaik untuk Anak dan Dewasa

Setelah membaca ulasan mengenai panduan memilih, tentu Anda lebih paham untuk menggunakan obat sariawan seperti apa, bukan? Berikut ini kami rekomendasikan obat sariawan terbaik. Kami harap Anda berhasil menemukan produk yang ampuh menyembuhkan sariawan. Selamat memilih!

1. Hau Fung San Spray Cap Kupu

Hau Fung San Spray Cap Kupu

Kisaran harga: Rp23.000

Solusi praktis untuk permasalahan di rongga mulut dan tenggorokan

Anda sedang diterpa sariawan dan sakit tenggorokan dalam satu waktu? Obat dalam bentuk semprot ini dapat menjadi pilihan tepat. Hau Fung San Spray Cap Kupu bekerja menumpas kuman dan bakteri untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Melalui mekanisme perbaikan jaringan kulit yang rusak, obat berikut efektif pula dalam mengatasi bibir pecah-pecah dan luka ringan.

Dalam mengobati sakit tenggorokan, Hau Fung San Spray Cap Kupu beraksi meningkatkan cairan selaput lendir pada permukaan tenggorokan yang iritasi. Hasilnya, rasa sakit, gatal, ataupun kering di tenggorokan akan mereda secara perlahan. Dilengkapi camphor dan menthol, obat sariawan ini juga memberi sensasi segar yang berguna mencegah bau mulut.

2. Kamillosan M Natural Extract

Kamillosan M Natural Extract

Kisaran harga: Rp185.000

Mengandung bahan alami yang efektif menyembuhkan luka sariawan

Kamillosan M Natural Extract adalah obat semprot untuk sariawan yang mengandung properti antiinflamasi berupa ekstrak tumbuhan kamomil. Produk ini menindak tegas segala bentuk peradangan di area mulut, termasuk mendukung penyembuhan luka sariawan dan mengurangi iritasi.

Sifat antiseptik juga dimiliki oleh obat ini, menjadikannya efektif menghilangkan bau mulut. Apabila Anda ingin menyembuhkan infeksi gusi atau periodontitis, Kamillosan M Natural Extract dapat pula diandalkan. Cukup digunakan 3 kali sehari, kandungannya akan menyembuhkan berbagai keluhan yang terjadi di dalam mulut.

3. Sanjin Watermelon Frost Insufflations

Sanjin Watermelon Frost Insufflations

Kisaran harga: Rp34.000

Menghilangkan panas dalam dan gejala sariawan hanya dalam 5 – 10 menit

Obat sariawan untuk sariawan ini mengantongi komponen utama watermelon frost yang dikombinasi bersama tumbuhan herbal fritillaria cirroseae bulbus. Bukan cuma itu, Sanjin Watermelon Frost Insufflations mengandung mikroelemen lain seperti zinc dan 18 jenis asam amino untuk membantu pemeliharaan kesehatan tubuh.

Sanjin Watermelon Frost Insufflations didesain khusus untuk memberikan ragam khasiat, seperti menyembuhkan sariawan, luka mulut, serta nyeri dan radang tenggorokan akibat panas dalam berlebih. Menurut keterangan langsung dari situs resmi produsen, obat ini aman dikonsumsi untuk anak-anak di atas usia 2 tahun.

4. Tablet Herbal Kuldon Sariawan

Tablet Herbal Kuldon Sariawan

Kisaran harga: Rp24.000

Resep racikan turun-temurun untuk meredakan sariawan tanpa rasa perih

Adakah ketakutan sariawan menjadi sangat perih saat diberikan obat oles? Jika iya, Anda bisa beralih menggunakan obat sariawan berbentuk tablet herbal ini.  Cukup diminum sesuai anjuran, segala kandungan baik yang tercantum mendukung pengobatan sariawan, tenggorokan kering, dan bibir pecah-pecah. Bahkan, Tablet Herbal Kuldon Sariawan juga dapat membantu melancarkan buang air besar, lho!

Ramuan herbal khusus untuk mengobati sariawan tanpa perih ini dibekali beberapa ekstrak tumbuhan herbal, seperti alang-alang, bunga seruni, akar manis, daun saga, dan timi. Supaya efek obat lebih optimal, imbangi perawatan dengan istirahat cukup, mengurangi konsumsi makanan pedas, dan perbanyak minum air putih.

5. Betadine Obat Kumur Antiseptik

Betadine Obat Kumur Antiseptik

Kisaran harga: Rp38.000

Obat kumur yang ampuh menyembuhkan sariawan dan masalah lain di dalam mulut

Betadine Obat Kumur Antiseptik diperuntukkan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan rongga mulut. Komposisi PovidoneIodine 1% bakal bertindak mengatasi aneka bentuk masalah mulut, termasuk sariawan, sakit tenggorokan, dan gusi bengkak. Anda yang ingin terbebas dari bau mulut bisa juga mempercayakan obat ini.

Hadir dalam bentuk mouthwash, obat kumur untuk menyembuhkan sariawan ini bekerja secara menyeluruh. Betadine menjamin produk keluarannya ini tidak menyebabkan perih di mulut, sehingga aman dipakai hingga sariawan hilang. Untuk anak-anak, obat ini masih bisa dikonsumsi dengan syarat usia di atas 6 tahun.

6. Efisol Liquid

Efisol Liquid

Kisaran harga: Rp35.400

Dapat dijadikan obat oles ataupun obat kumur, atur saja sesuka Anda!

Sewaktu sariawan, Anda mungkin kesulitan mengonsumsi berbagai asupan, termasuk cairan. Agar rongga mulut tidak kering dan berisiko menimbulkan gangguan mulut lain, Anda dapat mengoleskan obat ini tepat di sekitar sariawan. Selain penggunaan topikal, Efisol Liquid dapat diencerkan dengan air sebagai obat kumur.

Efisol Liquid mengandung dequalinum dan thymol yang bukan hanya efektif mengatasi sariawan, tetapi juga menyembuhkan bibir pecah-pecah, menghilangkan bau mulut, dan menanggualngi gangguan rongga mulut lainnya. Jika ingin lebih praktis, Anda dapat memilih varian Efisol Lozenges dalam bentuk tablet hisap.

7. Enkasari

Enkasari

Kisaran harga: Rp18.900

Aman digunakan untuk ibu hamil tanpa menyebabkan gangguan janin!

Perusahaan industri farmasi terkemuka di Indonesia, Kimia Farma, memproduksi obat sariawan yang dirumuskan dalam bentuk cair. Apabila Anda membutuhkan obat sirup untuk sariawan yang dapat diminum mulai dari anak-anak, orang dewasa, dan bahkan usia lanjut, Enkasari adalah produk yang selama ini Anda cari!

Enkasari memanfaatkan kebaikan ekstrak daun saga (abrus precatorius folia), daun sirih (piper betle folia), dan akar kayu manis (liquiritiae radix) untuk menyembuhkan sariawan ringan dan sariawan meradang. Uniknya lagi, obat yang juga aman untuk ibu hamil ini diperlengkap menthol untuk memberi efek segar dan pengurangan rasa sakit akibat peradangan.

8. Novell Cooling 5 Spray Cool Mint

Novell Cooling 5 Spray Cool Mint

Kisaran harga: Rp31.700

Bantu hilangkan rasa nyeri akibat sariawan

Salah satu kemanjuran dari obat spray berikut sebagai penyembuh jerawat terletak pada kandungan antiseptiknya. Phenol Crystal 1,4% pada Novell Cooling 5 Spray Cool Mint akan membasmi kuman yang menjadi pencetus utama datangnya gangguan mulut, seperti sariawan, radang gusi, sakit tenggoorkan, dan bau mulut.

Rasa nyeri dari jerawat yang meradang juga bisa diredakan oleh anestetik di dalam obat ini. Anda yang hobi memakan makanan berminyak, kurang minum, terserang flu, atau memiliki kebiasaan merokok akan lebih rentan terhadap masalah mulut. Sebelum gejalanya semakin parah, mari hentikan seluruh gangguan tersebut dengan menyemprotkan obat ini!

9. ULCELOOCIN® Oral Ulcer Patch

ULCELOOCIN® Oral Ulcer Patch

Kisaran harga: Rp37.500

Aman, efektif, dan mudah digunakan!

Sesuai namanya, Oral Ulcer Patch merupakan obat sariawan dalam bentuk plester (patch). Sudah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) dan Comformite Europeenne (CE), obat ini kini bisa Anda temui di pasar luas, termasuk Indonesia!

Cara kerja obat ini adalah dengan membentuk lembaran tipis lembut berbentuk gel untuk melindungi jaringan lunak di dalam mulut yang terdapat sariawan. Dengan demikian, rasa sakit sariawan dan bentuk iritasi yang terjadi akan berkurang. Bagi Anda yang tertarik, obat plester untuk sariawan ini akan bekerja sekitar 30 menit untuk memberi dampak maksimal.

10. Aloclair Plus Spray

Aloclair Plus Spray

Kisaran harga: Rp101.000

Tidak menyebabkan perih karena formula bebas alkohol dan dukungan aloe vera-nya

Ingin kumpul makan siang dengan teman namun diganggu oleh keberadaan sariawan? Tidak usah khawatir, Aloclair Plus Spray dapat Anda jadikan sebagai solusi penyembuhan yang praktis dan efektif. Cukup disemprotkan ke arah sariawan, rasa sakit yang dipicu oleh sariawan akan berkurang.

Obat semprot produksi Kalbe Farma menggandeng ingredient alami berupa lidah buaya untuk mencegah efek perih pasca penyemprotan. Tak hanya itu, Aloclair Plus Spray juga dipastikan bebas alkohol dan tidak beraksi terhadap obat lain, Anda pun semakin tenang setiap kali menggunakannya!

Kesimpulan

Sariawan merupakan gangguan mulut yang hampir dialami setiap orang. Walaupun tidak diperlukan penangangan khusus, Anda tetap bisa mengandalkan obat sariawan yang telah kami rekomendasikan produk-produk terbaiknya di atas untuk mempercepat proses penyembuhan.

Dengan memakai obat sariawan yang bekerja langsung sesuai indikasi, secara bertahap kandungan aktif obat bekerja langsung dalam mengatasi jerawat. Apabila sariawan tak kunjung sembuh dalam waktu 3 minggu, atau luka sariawan bertambah sakit dan memerah sebagai indikasi bakteri, bergegaslah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Get well soon, ya!

(Visited 160 times, 11 visits today)