Written by 01:49 Kesehatan & Kecantikan

10 Obat Kumur yang Bagus untuk Bersihkan Mulut

Listerine Cool Mint Antiseptic Mouthwash

Obat kumur atau mouthwash adalah produk perawatan oral yang disinyalir mampu membantu membasmi kuman dan sisa makanan di sela-sela gigi secara efektif. Selain berguna untuk menjaga kondisi mulut tetap bersih dan sehat, obat kumur lebih disukai karena kemampuannya dalam menyegarkan mulut lebih lama.

Sebenarnya, apa kegunaan obat kumur? Bagaimana cara memilih obat kumur yang benar? Semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kami bahas melalui artikel ini. Tidak lupa, kami berikan pula 10 rekomendasi obat kumur terbaik yang dapat Anda temukan dengan mudah, baik secara online ataupun offline. So, let’s check it out!

Apa Manfaat dari Penggunaan Obat Kumur?

Apa Manfaat dari Penggunaan Obat Kumur

Banyak orang beranggapan bahwa obat kumur hanya berguna untuk menjadikan rongga mulut bersih dan membuat napas lebih wangi dan segar. Tidak salah memang, tetapi sebenarnya peranan obat kumur lebih dari itu. Komposisi kandungan yang dimiliki setiap obat kumur menjadikannya efektif dalam membasmi bakteri jahat pemicu kerusakan gigi sehingga Anda terbebas dari bau mulut tidak sedap.

Obat kumur akan memaksimalkan kinerja penyikatan gigi dalam mencegah kerusakan gigi dan bahkan penyakit radang gusi (gingivitis). Dijelaskan bahwa aktivitas menyikat gigi hanya mampu membersihkan sekitar 50% plak dan sisa makanan di dalam mulut. Jadi, 50%-nya lagi dapat dipenuhi oleh penggunaan obat kumur (mouthwash) sehingga proses pembersihan gigi dan mulut semakin total.

Berkumur dengan obat kumur secara teratur akan membersihkan rongga mulut secara menyeluruh. Dampak positifnyanya, penumpukan bakteri dan kotoran sisa makanan pada sela gigi dan gusi akan tersingkirkan, sehingga mulut bebas dari plak serta terhindar dari peradangan gusi dan rongga gigi (soket). Namun, tidak semua obat kumur mengantongi manfaat yang sama. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan kandungan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Memilih Obat Kumur yang Baik

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan bagaimana pemilihan obat kumur yang bisa Anda jadikan panduan. Di pasaran tersedia beberapa jenis obat kumur, maka itu pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi mulut Anda. Jika Anda menghendaki obat kumur untuk dipakai anak Anda, belikanlah produk yang kandungannya tidak berbahaya baginya.

Pilih Obat Kumur yang Sesuai dengan Kondisi Mulut Anda

Secara umum, obat kumur yang dijual di pasaran berguna membantu mengurangi napas yang berbau tidak sedap. Namun, beberapa produk diperkaya bahan aktif untuk menangani beberapa masalah berdasarkan kondisi mulut setiap orang. Untuk itu, kami akan ulas masing-masing jenis obat kumur berdasarkan kandungan dan manfaat yang diberikannya.

Bagi Anda yang Kondisi Mulutnya Kering, Pilihlah Obat Kumur dengan Kandungan Fluoride

Bagi Anda yang Kondisi Mulutnya Kering Pilihlah Obat Kumur dengan Kandungan Fluoride

Fluoride bukan hanya ditemukan pada pasta gigi, tetapi juga obat kumur. Zat satu ini banyak dipakai dalam produk perawatan mulut karena mampu mencegah kerusakan gigi dengan memperkuat lapisan email gigi. Meski sudah menyikat gigi dengan pasta gigi ber-fluoride, beberapa orang disarankan untuk tetap memakai mouthwash dengan kandungan ini.

Orang dengan kondisi mulut kering yang tidak normal atau istilah medisnya xerostomia dianjurkan memakai obat kumur dengan kandungan fluoride. Kondisi mulut yang kering berisiko mengalami karies atau gigi berlubang akibat ketidakseimbangan bakteri di rongga mulut, sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan gigi pun semakin besar. Oleh sebab itu, gunakanlah obat kumur berformulasi fluoride untuk membantu mencegah kerusakan gigi pada Anda yang bermulut kering.

Jika Ingin Membuat Napas Segar, Pilihlah Obat Kumur dengan Kandungan Alkohol

Jika Ingin Membuat Napas Segar Pilihlah Obat Kumur dengan Kandungan Alkohol

Membuat napas segar adalah salah satu kelebihan dari produk mouthwash paling umum. Walau tampak menyenangkan, sebenarnya obat kumur semacam ini harus digunakan dengan bijak karena kandungan penyegar berupa alkohol dan pewangi dapat menimbulkan rangsangan kuat seperti sensasi kesemutan. Efek menyegarkannya pun terasa seketika setelah berkumur dengan obat kumut beralkohol.

Akan tetapi, obat kumur dengan kandungan alkohol sebenarnya tidak begitu efektif dalam memberi efek sterilisasi pada rongga mulut. Jadi, pertimbangkan kembali soal efektivitasnya, terutama bagi Anda yang menginginkan mulut bersih dari kuman dan bakteri sisa makanan. Selain itu, efek menyegarkan yang ditimbulkan juga tidak bertahan lama, sehingga harus lebih sering pemakaiannya.

Untuk Cegah Gingivitis Akibat Plak, Pilihlah Obat Kumur yang Mengandung Zat Antiplak

Untuk Cegah Gingivitis Akibat Plak Pilihlah Obat Kumur yang Mengandung Zat Antiplak

Fungsi perontok plak juga dimiliki oleh sebagian produk obat kumur, Anda bisa memakainya juga mempunyai masalah satu ini. Biasanya, obat kumur semacam ini menyimpan bahan erythritol atau pyrophosphoric anhydride. Kedua bahan tersebut mampu memecah plak dan kotoran lain yang belum bersih sempurna dengan penyikatan gigi biasa.

Jika Anda menderita gingivitis, lebih diutamakan menggunaakn obat kumur yang diformulasikan zat antiplak. Walau daya pembersihnya cukup kuat untuk meluruhkan plak, Anda tetap dianjurkan menyikat gigi paling tidak 2x dalam sehari. Untuk hasil optimal, lakukanlah flossing (membersihkan dengan beang gigi) sehabis makan.

Mencari Obat Kumur untuk Anak? Pilih yang Tanpa Alkohol dan Berkemasan Menarik

Mencari Obat Kumur untuk Anak Pilih yang Tanpa Alkohol dan Berkemasan Menarik

Faktanya, obat kumur perlu dikenalkan kepada anak sejak dini. Tetapi, obat kumur yang diberikan berbeda komposisinya dengan obat kumur untuk orang dewasa. Obat kumur buat anak akan bekerja mencegah pembentukan plak pada gusi dan gigi, serta menurunkan produksi kuman jahat di rongga mulut, termasuk yang menyebabkan penyakit gusi.

ADA (American Dental Association) merekomendasikan setiap anak untuk mulai belajar berkumur dengan obat kumur saat usianya telah menginjak 6 tahun. Mengapa ketika usia anak 6 tahun? Berdasarkan penelitian, saat menginjak usia 6 tahun, anak-anak umumnya sudah mempunyai refleks untuk meludah, sehingga risiko anak menelan obat kumur pun lebih kecil. Di sisi lain, saat berusia 6 tahun, gigi geraham permanen anak biasanya sudah mulai tumbuh.

Obat kumur untuk anak lebih diperuntukkan sebagai terapi, yaitu hanya untuk membantu pencegahan gigi berlubang. Anda dapat mencari produk obat kumur khusus anak, biasanya dibuat tanpa alkohol, berkemasan menarik, dan menawarkan banyak pilihan rasa yang disenangi anak-anak. Beberapa mouthwash untuk anak juga dilengkapi fluoride yang membantu proses remineralisasi saat masa transisi gigi gusi ke gigi permanen.

Untuk Pemakaian Rutin, Carilah Obat Kumur Berstimulasi Rendah

Untuk Pemakaian Rutin Carilah Obat Kumur Berstimulasi Rendah

Penggunaan obat kumur yang benar sebaiknya dilakukan secara rutin agar rongga mulut senantiasa terjaga kebersihan dan kesehatannya. Namun, dikarenakan beberapa jenis produk mempunyai daya rangsang kuat, terutama yang disertai alkohol dan kadar asam tinggi, maka efek yang ditimbulkan bukan hanya mulut bebas bakteri penyebab bau mulut, tetapi bakteri yang melindungi gigi juga ikut mati.

Yang lebih parah lagi, pemakaian jangka panjang obat kumur dengan stimulasi tinggi akan memicu pengeroposan gigi. Oleh karena itu, kami menganjurkan Anda memakai obat kumur berstimulasi rendah secara rutin sehabis menyikat gigi. Walau efeknya tidak secepat obat kumur berstimulasi tinggi, Anda bisa masalah pada mulut dan gigi lebih kecil kemungkinannya datang di kemudian hari.

10 Rekomendasi Obat Kumur Terbaik untuk Anak dan Orang Dewasa

Sekarang, mari dilihat langsung kesepuluh produk obat kumur terbaik dari brand-brand ternama, seperti Listerine, Total Care, Oral-B, dan Systema, di mana tak sedikit yang sempat menjadi best seller. Pastikan untuk memeriksa selalu kandungannya dan pilih mouthwash yang sesuai keinginan atau kondisi mulut Anda.

1. Listerine Zero Antiseptic Mouthwash

Listerine Antiseptic Mouthwash Zero

Kisaran harga: Rp22.200

Salah satu obat kumur best seller di Indonesia

Jika Anda bertanya obat kumur apakah yang paling banyak digunakan orang Indonesia, atau bahkan dunia, mungkin Listerine Zero Antiseptic Mouthwash masuk dalam deretannya. Pada varian ini, Listerine menggunakan 4 bahan aktif yaitu menthol, methyl salicylate, eucalyptol, dan thymol.

Keempat formula unik essential oils tersebut terbukti klinis mampu melawan kuman dan bakteri penyebab bau mulut dan plak hingga 99,9%. Walau tidak menjamin kesempurnaan, obat kumur merek Listerine dengan dua ukuran yaitu 250 ml dan 500 ml  ini dipastikan optimal dalam merawat mulut, serta memelihara gusi lebih sehat dalam 2 minggu.

2. Enzim Mouthwash

Enzim Mouthwash

Kisaran harga: Rp20.350

Menjaga napas tetap segar, berbicara dengan orang tak lagi segan!

Jangan salah memilih obat kumur karena bukannya membantu mulut bersih dan menjadikan napas segar, justru sebaliknya yang terjadi. Pilih yang pasti-pasti saja, seperti Enzim Mouthwash ini. Aman digunakan jangka panjang karena obat kumur satu ini tidak mengandung alkohol dan bebas bahan antiseptik.

Alih-alih menggunakan antiseptic agent, Enzim mengirimkan glucose oxidase, lactoperoxidase, dan amyloglucosidase sebagai enzim yang berperan mengembalikan kualitas air liur sehingga keseimbangan bakteri pada rongga mulut terjaga. Satu lagi, Enzim Mouthwash ini juga cocok menjadi andalan saat berpuasa. Mulut nyaman, berbicara dengan orang tak lagi segan!

3. Formula Mouthwash Cool & Fresh

Formula Mouthwash Cool Fresh

Kisaran harga: Rp18.000

Obat kumur tanpa alkohol dan bebas gula dengan harga murah

Formula Mouthwash Cool & Fresh adalah pilihan ideal untuk Anda yang mencari obat kumur murah. Selain terjangkau, mouthwash dengan botol mudah digenggam ini mudah dicari. Sesuai sematan nama pada produknya, obat kumur ini akan menciptakan sensasi dingin di mulut dan napas pun semakin segar.

Mengandalkan teknologi Fresh Lock, kesegaran yang ditimbulkan membuat mulut terasa lega lebih lama. Formula menjamin produk ini berstimulasi rendah karena bebas alkohol, namun tetap efektif dalam membunuh kuman yang berkembang biak di dalam mulut. Selain itu, obat kumur beraroma citrus mint ini dilengkapi triclosan, fluoride, cooling agent, dan dipastikan bebas gula!

4. Total Care Mouthwash Sensitive Teeth Protection

Total Care Mouthwash Sensitive Teeth Protection

Kisaran harga: Rp16.000

Jaga mulut bersih dan terbebas dari gigi sensitif tanpa rasa terbakar

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbanyak, Total Care paham betul bahwa sebagian besar masyarakat membutuhkan obat kumur yang halal. Jika Anda mencari produk bersertifikasi halal MUI, Total Care Mouthwash Sensitive Teeh Protection merupakan opsi terbaik. Menggunakan bahan-bahan herbal alami dan diperkaya fluoride, produk ini akan memberi perlindungan dari gigi sensitif.

Formula aktif pembasmi kuman dan bakteri di dalamnya bukan hanya membebaskan mulut dari bau tak sedap, tetapi juga terjauhkan dari masalah gigi berlubang. Oleh karena dijamin halal, obat kumur Total Care tidak mengandung alkohol. Jika Anda kurang suka dengan rangsangan kuat yang menimbulkan sensasi “cekit-cekit” di mulut, tentu produk satu ini pilihannya!

5. Systema Mouthwash Spring Fresh

Systema Mouthwash Spring Fresh

Kisaran harga: Rp14.000

Ciptakan kesegaran lebih lama tanpa rasa perih setelah berkumur

Kemasan botol Systema Mouthwash Spring Fresh bukan cuma unik, tetapi menarik karena warna merah muda transparan yang membalutnya. Produk berisikan 250 ml cairan pembersih mulut ini akan memberikan kesegaran di mulut dalam jangka lebih lama.

Adanya kandungan aktif fluoride, IPMP, dan GK2,  membuat mulut dan gigi sehat secara menyeluruh. Buat Anda yang khawatir sensasi kesemutan saat berkumur dan perih setelahnya, Systema Mouthwash Spring Fresh dijamin membebaskan Anda dari rasa perih sehabis berkumur atau rongga mulut terangsang kuat saat berkumur.

6. Oral-B Pro Health Multi Protection Refreshing Clean Mint Rinse

Oral B Pro Health Multi Protection Refreshing Clean Mint Rinse

Kisaran harga: Rp31.000

Sudah diuji panjang melalui tes laboratorium untuk memastikan efektivitasnya

Oral-B adalah salah satu brand yang merilis rangkaian produk perawatan mulut, mulai dari sikat gigi, pasta gigi, dan tentunya mouthwash. Pro Health Multi Protection Refreshing Clean Mint Rinse kami perkenalkan untuk Anda yang mencari obat kumur dengan kemampuan membunuh kuman hingga 99% efektivitasnya.

Selain menciptakan lingkungan mulut yang bersih, obat kumur merek Oral-B juga bantu cegah terbentuknya plak dan radang gusi. Napas segar berkat rasa mint yang mendinginkan. Lebih dari itu, obat kumur anti inflamasi ini juga dilengkapi glycerin untuk menjauhkan mulut dari bau yang mengganggu, terutama ketika bangun tidur.

7. Pepsodent Mouthwash White Now

Pepsodent Mouthwash White Now

Kisaran harga: Rp27.000

Selain memelihara lingkungan mulut yang bersih, juga bantu memutihkan gigi!

Tentu menyenangkan bukan jika menggunakan obat kumur bukan sebatas membuat napas segar, tetapi menjaga kecerahan gigi? Pepsodent membawa kabar gembira tersebut buat Anda. Mouthwash White Now ditawarkan untuk mengurangi pertumbuhan bakteri, mencegah gigi berlubang, menghambat pembentukan plak, dan membantu supaya gigi tetap putih.

Pada varian berukuran 200 ml ini, Pepsodent Mouthwash White Now menghindari formulasi alkohol pada rumusan bahannya. Sebagai akibatnya, obat kumur ini akan memelihara rongga mulut dan struktur gigi yang sehat dan kuat tanpa efek kesemutan saat pemakaian. Active zinc dan fluoride formula di dalamnya ikut membantu memberi sensasi menyegarkan.

8. Listerine Cool Mint Antiseptic Mouthwash

Listerine Cool Mint Antiseptic Mouthwash

Kisaran harga: Rp37.000

Obat kumur dengan antimikrob yang disetujui oleh ADA dalam menangkal plak dan gingivitis

Cukup 30 detik berkumur dengan Listerine Cool Mint Antiseptic Mouthwash, hampir seluruh bakteri jahat pada mulut terbasmi. Obat kumur terbaik ini telah digunakan oleh banyak sekali orang Amerika, bahkan menjadi favorit hingga bertahun-tahun.

Bau mulut karena tumpukan sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi akan bersih seketika setelah berkumur dengan produk ini. Selain itu, risiko terhadap gingivitis juga berkurang lebih dari 21% ketimbang sebatas menyikat dan flossing.  Listerine juga menyatakan dalam situs resminya bahwa produk ini dapat mengurangi hingga 52% lebih plak pada permukaan gigi.

9. Mama’s Choice Non-Fluoride Mouthwash

Mamas Choice Non Fluoride Mouthwash

Kisaran harga: Rp29.000

Obat kumur yang cocok dan aman untuk wanita hamil atau menyusui

Bagi Anda yang mencari obat kumur untuk ibu hamil atau sedang menyusui, produk dari Mama’s Choice patut dilirik dan dijadikan pilihan. Formulasi bahan-bahannya bukan hanya aman bagi ibu hamil dan menyusui, tetapi juga dapat membantu mengurangi rasa muat, serta menjaga kebersihan mulut dari sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi dan gusi secara menyeluruh.

Di samping bebas fluoride, obat kumur tanpa alkohol, pewarna buatan, dan paraben ini tidak pula menerapkan komposisi SLS (sodium lauryl sulfate) dan triclosan. Mama’s Choice hanya mengandalkan kandungan mint, klorofil, dan allantoin untuk optimalkan kinerjanya dalam menyegarkan napas, mengatasi masalah iritasi, dan mencegah pembentukan plak.

10. Total Care Junior Bubble Gum Strawberry Anti Cavity Mouthwash

Total Care Junior Bubble Gum Strawberry Anti Cavity Mouthwash

Kisaran harga: Rp39.000

Solusi efektif untuk melindungi mulut, gusi, dan gigi anak secara menyeluruh

Seperti yang Anda bayangkan, obat kumur dari Total Care pada poin ini diperuntukkan bagi anak-anak. Berukuran 250 ml, Total Care Junior Bubble Gum Strawberry Anti Cavity Mouthwash dapat memberi penjagaan ekstra pada rongga mulut si kecil dari bakteri.

Tidak perlu khawatir, obat kumur untuk anak ini tidak mengandung alkohol sehingga saat berkumur takkan terasa perih atau kesemutan. Rasa permen karet strawberry menambah kesan menyenangakn setiap kali anak Anda berkumur dengan produk ini. Satu lagi, selain mencegah gigi berlubang dan timbulnya plak, obat kumur Total Care Junior juga bakal menjadikan napas anak segar seharian.

Kesimpulan

Sesampainya di sini, Anda sudah melihat manfaat dari pemakaian obat kumur sekaligus mengetahui cara memilihnya. Anda juga telah mengecek list obat kumur terbaik dengan kelebihannya masing-masing. Jadi, apakah Anda berhasil menemukan mouthwash yang cocok dengan kebutuhan Anda?

Penggunaan obat kumur secara rutin akan menjaga kondisi mulut tetap bersih, terutama dari risiko kerusakan akibat sisa makanan dan bakteri yang menumpuk. Menyikat gigi secara rutin saja belumlah maksimal, maka dari itu Anda perlu mengoptimalkannya dengan pemakaian mouthwash. Jika artikel ini bermanfaat, kami sangat berterima kasih apabila Anda ingin share ke akun sosial media Anda!

(Visited 27 times, 2 visits today)