Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Gatal Terbaik

Kebiasaan mengucek mata saat terasa gatal dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi. Sebaiknya, mulai Anda kurangi kebiasaan tersebut, lalu ganti dengan penggunaan obat tetes mata gatal yang tepat.

Pada artikel ini, mulai dari cara memilih sampai rekomendasi obat tetes mata gatal terbaik akan PickyBest bahas. Berbagai merek tersedia, sebut saja Rohto, Kalbe Farma, dan Cendo. Sebelum itu, ada pahami dulu mengapa muncul rasa gatal pada mata bersama, yuk!

Mata Terasa Gatal, Apa Penyebabnya?

Mata Terasa Gatal Apa Penyebabnya

Baik anak-anak maupun lansia, ketika mata terasa gatal akan refleks mengucek mata. Sebenarnya, apa penyebab kondisi ini?

Konjungtivitis Alergi

Keinginan mengucek mata gatal muncul dikarenakan reaksi alergi menimpa mata akibat zat-zat seperti serbuk sari, spora jamur, bulu binatang, dan partikel alergen lain terbang terbawa angin. Konjungtivitis alergi rentan terhadap iritasi dan umum terjadi, serta bisa menimpa usia anak hingga orang dewasa.

Mata Kering

Air mata diperlukan untuk melumasi bola mata dan membersihkan partikel asing yang mengenainya. Jika produksi air mata berkurang, mata akan terasa gatal, perih, dan penglihatan pun terganggu. Selain faktor eksternal, mata gatal juga terjadi akibat kualitas air mata yang dihasilkan kurang baik.

Peradangan pada Kelopak Mata

Kondisi meradangnya kelopak mata atau blepharitis terjadi akibat kelenjar minyak kecil di dasar bulu mata tersumbat. Hal demikian membuat mata mudah teriritasi dan kelopak mata membengkak, sehingga gejala yang umum terasa pertama kali adalah mata gatal, mata berair, mata merah, dan mata sensitif terhadap cahaya silau.

Penggunaan Lensa Kontak

Terlalu lama menggunakan lensa kontak berisiko menimbulkan mata gatal. Lensa kontak yang tidak terawat baik atau jarang diganti juga menjadi faktor pemicu.

Selain karena lensa kontaknya sendiri, cairan lensa kontak terkadang tidak cocok untuk penggunanya, sehingga menyebabkan reaksi alergi pada mata yang berakhir dengan rasa gatal.

Cara Memilih Obat Tetes Mata Gatal

Apa saja hal-hal yang perlu diperiksa saat memilih obat tetes mata gatal? Mari bersama-sama pelajari di bagian ini!

Pilih Kandungan sesuai Penyebab Mata Gatal

Hal utama yang penting Anda ingat adalah memilih obat tetes mata gatal sesuai gejala dan penyebabnya.

Mata Gatal karena Bakteri, Pilih yang Mengandung Antibakteri

Mata Gatal karena Bakteri Pilih yang Mengandung Antibakteri

Obat tetes mata gatal akibat infeksi bakteri biasanya mengandung dua komposisi, yakni:

  • Sulfamethoxazole yang bertindak menghentikan aktivitas dan perkembangan bakteri pada area mata.
  • Benzalkonium chlorideyang merupakan komponen antibakteri dengan gabungan fungsi sebagai pengawet.

Walau bahan antibakteri dapat meredakan rasa gatal pada mata akibat bakteri, Anda perlu waspada terhadap obat-obatan yang juga memicu alergi, misalnya sulfa drugs.

Berkonsultasilah ke dokter sebelum memutuskan untuk membeli salah satu obat tetes mata untuk mata gatal karena bakteri. Hentikan pemakaian obat segera setelah gejala infeksi tertangani.

Mata Gatal karena Alergi, Utamakan Produk dengan Komponen Antialergi

Mata Gatal karena Alergi Utamakan Produk dengan Komponen Antialergi

Serbuk bunga dan partikel debu adalah contoh alergen yang dapat menyebabkan mata gatal. Untuk mengatasi mata gatal akibat alergi, gunakanlah obat mata berdasarkan tingkat keparahan gejala yang muncul.

  • Mata gatal akibat serbuk bunga: Pilih obat tetes mata yang mengandung bahan antialergi seperti sodium cromoglycate atau pilih yang berlabel “untuk alergi”.
  • Mata gatal akibat debu: Pilih obat tetes mata gatal terbaik yang mengandung antihistamin seperti chlorpheniramine maleate.

Mata Gatal karena Iritasi, Cari yang Menyimpan Kandungan Antiradang

Mata Gatal karena Iritasi Cari yang Menyimpan Kandungan Antiradang

Jika mata gatal Anda diakibatkan oleh iritasi atau peradangan, pilihlah obat tetes mata terbaik yang dibekali komponen antiradang seperti dipotassium glycyrrhizinate dan epsilon-aminocaproic acid.

Bila iritasi mata disebabkan oleh lensa kontak, pilih obat tetes mata gatal yang mengandung air mata buatan (artificial tears). Dalam masa penyembuhan, hentikan terlebih dahulu pemakaian lensa kontak.

Mata Gatal karena Kering, Pilih yang Mengandung Pelembap dan Bebas Pengawet

Mata Gatal karena Kering Pilih yang Mengandung Pelembap dan Bebas Pengawet

Obat tetes mata gatal akibat mata kering dapat diatasi dengan obat tetes yang mengandung pelembap, seperti hyaluronic acid dan glycerin. Selain dua komponen tersebut, agen pelembap murni lain juga biasa dirumuskan untuk melumasi mata agar tetap basah.

Sementara itu, Anda perlu berhati-hati terhadap produk berkandungan pengawet. Pasalnya, bahan pengawet tidak aman dipakai terlalu sering. Sebisa mungkin pilih obat tetes mata gatal tanpa pengawet untuk membantu mengatasi mata kering.

Bagi Pengguna Lensa Kontak, Pilih yang Bisa Digunakan Bersama Lensa Kontak

Lebih Baik Memilih yang Dapat Digunakan Bersama Lensa Kontak

Tidak semua produk bisa digunakan bersamaan lensa kontak. Maka dari itu, waspadai bahan-bahan yang memungkinkan mata iritasi apabila digunakan bersamaan lensa kontak. Bacalah aturan pakai untuk mengetahui keterangan terkait hal ini.

Bila Anda ragu, utamakan obat tetes mata yang aman dipakai bersamaan dengan lensa kontak. Umumnya, obat tetes mata gatal terbaik ini tidak mengandung bahan-bahan yang bakal diserap lensa.

Jika Mengandung Mentol, Sesuaikan dengan Tingkat Gatal pada Mata

Jika Mengandung Mentol Sesuaikan dengan Tingkat Gatal pada Mata

Obat tetes mata gatal dengan tambahan mentol memberi sensasi dingin dengan tingkatan tertentu, misalnya level 3, 5, 7, dan seterusnya. Semakin besar angka, sensasi dingin dan segar mentolnya pun terasa semakin kuat untuk menekan rasa gatal.

Sayangnya, kandungan mentol tidak menyembuhkan masalah berdasarkan sumbernya. Sensasi sejuknya pun hanya berlangsung sementara. Ketika dipakai berlebihan, mentol berisiko menyebabkan congestion (penyumbatan pada aliran mata) dan faktor lain yang mendorong timbulnya masalah baru.

Jadi, obat tetes mata gatal berbahan mentol sebaiknya Anda hindari jika mengalami mata gatal disertai kemerahan. Gunakanlah produk yang mengandung mentol secara wajar, misalnya hanya 2 – 3 kali ketika gatal menimpa di waktu kerja.

Untuk Obat yang Mengandung Vasoconstrictor, Pakailah Secukupnya

Untuk Obat yang Mengandung Vasoconstrictor Pakailah Secukupnya

Pada beberapa kasus, mata gatal berujung pada kemerahan akibat adanya sumbatan aliran mata yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Untuk memperkecil risiko pembuluh darah mata mata sebagai konsekuensi dari kondisi penyempitan tadi, Anda sebaiknya memilih obat tetes mata tanpa kandungan vasoconstrictor.

Tetrahydrozoline dan naphozoline hydrochloride adalah komponen golongan vasoconstrictor yang bekerja mempersempit pembuluh darah, sehingga bola mata terlihat lebih putih. Hanya saja, mekanisme ini bersifat sementara dan tidak mengatasi masalah langsung ke sumbernya.

Justru, penggunaan jangka panjang berisiko menimbulkan masalah baru. Oleh karena itu, gunakanlah obat tetes mata gatal terbaik yang mengandung vasoconstrictor seperlunya atau sebaiknya konsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu.

10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Gatal Terbaik

Di bagian ini, kami rekomendasikan sepuluh merek obat tetes mata gatal terbaik. Carilah produk yang paling tepat mengobati mata gatal Anda, ya!

1. Cendo Xitrol

Cendo Xitrol

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Melindungi sel-sel mata dari radikal bebas, melembapkan dan merevitalisasi kondisi mata

Bahan aktif nemycin dan polymyxin menjadikan Cendo Xitrol sangat ampuh meredakan mata gatal akibat infeksi bakteri. Kedua bahan tersebut bakal menghentikan pertumbuhan bakteri. Didukung deksametason, obat tetes mata gatal terbaik ini berguna juga mengurangi pembengkakan.

Cendo Xitrol hanya efektif mengobati infeksi mata yang disebabkan bakteri, sehingga tidak ideal diterapkan untuk mata yang terinfeksi virus, jamur, atau parasit. Sebelum menggunakan obat tetes mata berikut, mintalah arahan dahulu dengan dokter untuk merasakan dampak optimal.

Komposisi utama Dexamethasone, Neomycin sulphate, Polymyxin B sulphate
Bahan pengawet ×
Pemakaian dengan lensa kontak ×
Vasoconstrictor ×
Golongan obat Obat keras (perlu resep dokter)
Kisaran harga Rp36.965
Kemasan Botol

2. Kalbe Farma Visionlux Plus Eye Drops

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Melindungi sel-sel mata dari radikal bebas, melembapkan dan merevitalisasi kondisi mata

Bila Anda menggunakan lensa kontak, mungkin Anda sering merasakan mata lelah, perih, dan gatal. Saat merasakan gejala mata kering seperti itu, gunakan Visionlux Plus yang akan melindungi sel-sel mata dari radikal bebas.

Produk ini mengandung vitamin B12 yang kaya antioksidan, menyegarkan sekaligus melembapkan dan merevitalisasi kondisi mata Anda. Dilengkapi dengan zat elektrolit, produk ini juga bekerja membuat permukaan mata tetap dalam kondisi fisiologis yang prima.

Komposisi utama Sodium hyaluronate 0,3%, elektrolit, vitamin B12 antioksidan
Bahan pengawet Tidak disebutkan
Pemakaian dengan lensa kontak
Vasoconstrictor Tidak disebutkan
Golongan obat Obat bebas
Kisaran harga Rp159.000
Kemasan Botol

3. Kalbe Navitae

Kalbe Navitae

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Lembapkan mata kering dan lelah akibat pemakaian lensa kontak

Satu lagi obat tetes mata gatal terbaik untuk pemakai lensa kontak kami rekomendasikan kepada Anda. Produk besutan Kalbe ini akan memelihara organ mata Anda dari efek yang ditimbulkan akibat penggunaan contact lenses.

Bukan hanya mengandung sodium hyaluronate untuk melembapkan mata kering dan lelah, tetapi tersedia pula vitamin A dan vitamin E untuk mengurangi kerusakan mata pada konjungtivitis dan akibat radikal bebas.

Komposisi utama Sodium hyaluronate, Carboxymethyl β-glucan, Vitamin A palmitate, Vitamin E, D-α tocopheryl polyethylene glycol 1000 succinate (TPGS), dll
Bahan pengawet ×
Pemakaian dengan lensa kontak
Vasoconstrictor ×
Golongan obat Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp193.600
Kemasan Botol
Isi 15 ml

4. Cendo Asthenof

Cendo Asthenof

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Segarkan kembali mata yang gatal akibat inflamasi

Cendol Asthenof akan menyembuhkan kemerahan pada mata akibat inflamasi. Senyawa aktif oxymetazoline hydrochloride di dalamnya mampu meredakan penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan mata merah dan gatal.

Keutamaan lain dari obat tetes mata gatal terbaik ini terletak pada vitamin A-nya yang menutrisi dan memelihara kesehatan mata. Lengkap dengan mentol, rasakan pula sensasi segar setiap kali menggunakannya.

Komposisi utama Vitamin A, Oxymetazoline hydrochloride
Bahan pengawet ×
Pemakaian dengan lensa kontak ×
Vasoconstrictor
Golongan obat Obat bebas terbatas
Kisaran harga Rp29.601
Kemasan Botol
Isi 5 ml

5. Combiphar Insto Dry Eyes

Combiphar Insto Dry Eyes

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Cegah kekeringan mata saat menghabiskan waktu lama di depan komputer

Insto Dry Eyes diluncurkan Combiphar khusus sebagai obat mata untuk mata kering. Kendati diperuntukkan bagi penderita mata kering, Anda dapat mengurangi sensasi gatal dengan memanfaatkan efek kelembapan yang diberikan.

Obat tetes mata ini mengutamakan bahan pelembap untuk membasahi bola mata. Berkat sifatnya yang melembapkan, produk ini akan mencegah kekeringan akibat mata lelah yang berujung gatal, sulit fokus, dan bahkan terjadi kerusakan pada permukaan mata.

Komposisi utama Hydroxypropyl methylcellulose, Benzalkonium chloride
Bahan pengawet
Pemakaian dengan lensa kontak ×
Vasoconstrictor ×
Golongan obat Obat bebas terbatas
Kisaran harga Rp15.280
Kemasan Botol
Isi 7,5 ml

6. X2 Contacts Moisturizing and Comfort Drops

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Menjaga kelembapan lensa kontak dan menjaga mata Anda dari kekeringan

Produk ini merupakan pelumas lensa kontak yang akan menjaga kelembapan lensa kontak selama Anda gunakan. Berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan pada mata, X2 Contacts Moisturizing and Comfort Drops juga memberikan kelembapan pada mata Anda.

Dengan produk ini, mata Anda akan terjaga dari kekeringan selama menggunakan lensa kontak. Formulasinya juga dapat memperpanjang waktu pemakaian, sehingga lensa kontak lebih lama dipakai tanpa membuat mata Anda kering.

Komposisi utama Sodium hyaluronate 0.1%, polyhexanide, sodium zhloride, sodium phosphate buffer
Bahan pengawet Tidak disebutkan
Pemakaian dengan lensa kontak
Vasoconstrictor Tidak disebutkan
Golongan obat Alat kesehatan & medis habis pakai
Kisaran harga Rp18.500
Kemasan Botol

7. FreshKon CLEAR Refreshing Drops

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Cocok untuk semua lensa kontak lunak, menyejukkan dan menyegarkan mata

Tidak semua obat tetes mata dapat dipakai untuk semua lensa kontak. Namun, FreshKon CLEAR Refreshing Drops mampu melakukannya. Produk ini cocok untuk semua lensa kontak lunak, termasuk lensa kosmetik dan lensa silicone hydrogel.

Bekerja dengan cara melumasi dan melembapkan lensa kontak, produk ini mampu menyejukkan dan menyegarkan mata Anda, serta nyaman saat menggunakan lensa kontak dalam waktu yang lama.

Komposisi utama Boric acid, borax, sodium chloride, potassium chloride, edetate disodium (edta), polyhexanide (phmb), hypromellose (hpmc) and poloxamer
Bahan pengawet
Pemakaian dengan lensa kontak
Vasoconstrictor Tidak disebutkan
Golongan obat Alat kesehatan & medis habis pakai
Kisaran harga Rp19.000
Kemasan Botol

8. Sandai Farma Aito Tetes Mata

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Menyejukkan mata, sekaligus mengatasi mata merah, perih, dan iritasi ringan

Aito merupakan obat tetes mata dari Sandai Farma yang berkhasiat menyejukkan mata sekaligus berfungsi sebagai antiseptik dan adstringens. Mengandung tetrahydrozolibe HCL 0.05% dan benzalkonium chloride 0.01%, produk ini juga dapat mengatasi mata merah, perih, dan iritasi ringan yang diakibatkan oleh debu, kotoran, dan polusi.

Komposisi utama Tetrahydrozoline Hcl 0.05%, benzalkonium chloride 0.01%
Bahan pengawet Tidak disebutkan
Pemakaian dengan lensa kontak Tidak disebutkan
Vasoconstrictor Tidak disebutkan
Golongan obat Obat bebas terbatas
Kisaran harga Rp12.750
Kemasan Botol

9. Rohto Lycee Contact

Rohto Lycee Contact

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Cocok bagi pengguna lensa kontak jenis apa pun!

Terkenal sebagai brand obat tetes mata terkemuka di dunia, kali ini Rohto merumuskan obat tetes mata gatal terbaik yang aman digunakan bersamaan semua jenis lensa kontak, entah itu soft lens, hard lens, O2 lens, lensa kontak sekali pakai, atau lensa kontak berwarna.

Mengandalkan sodium chondroitin sulfate, Rohto Lycee Contact bakal memelihara kesehatan kornea mata sekaligus menjaga kelembapannya. Jika Anda ragu karena melihat warna cairannya yang merah muda, warna tersebut sebenarnya bukan dari zat pewarna apa pun, melainkan vitamin B12 yang justru berfungsi mengoptimalkan fungsi mata.

Komposisi utama Hypromellose, Sodium chondroitin sulfate, Sodium hyaluronate
Bahan pengawet ×
Pemakaian dengan lensa kontak
Vasoconstrictor ×
Golongan obat Third-class OTC drug
Kisaran harga Rp95.000
Kemasan Botol
Isi 8 ml

10. Konimex BRAITO Original

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Tersedia dalam kemasan sekali pakai tanpa bahan pengawet

Konimex BRAITO Original adalah obat tetes mata steril yang dapat membantu Anda meredakan mata merah akibat iritasi mata minor. Tetes mata ini mengandung Tetrahydrozoline yang dapat bekerja efektif mengatasi iritasi ringan yang disebabkan oleh debu, asap kendaraan, dan asap rokok.

Selain itu, tetes mata ini juga dapat meredakan mata merah akibat alergi, berenang, menonton televisi, dan mengenakan lensa kontak. Atau bagi Anda yang mengalami mata lelah akibat terlalu banyak membaca dan bekerja di depan komputer juga bisa menggunakan tetes mata ini. Produk ini tersedia dalam kemasan sekali pakai tanpa bahan pengawet.

Komposisi utama Tetrahydrozoline hydrochloride 0.05%
Bahan pengawet
Pemakaian dengan lensa kontak
Vasoconstrictor
Golongan obat Obat bebas
Kisaran harga Rp19.700
Kemasan Strip

Yuk, cek juga rekomendasi obat tetes mata terbaik dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Sudahkah Anda memutuskan membeli obat tetes mata gatal yang sesuai? Periksa kembali komponen apa saja yang terkandung serta indikasi umum yang tertera pada kemasan. Batasilah penggunaan obat tetes mata yang mengandung bahan vasoconstrictor untuk meminimalisir efek jangka panjangnya.

Apabila Anda sudah melakukan pengobatan mandiri untuk mengatasi mata gatal dengan bantuan obat tetes, namun belum berhasil atau justru kondisinya terasa lebih parah, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

You may also like

Comments are closed.