Written by 02:36 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mata Lelah

Rohto Eye Drops Aqua Tired Eye Relief

Menatap layar komputer lebih dari dua jam bisa membuat kelelahan mata. Anda mungkin sulit fokus karena kondisi tersebut, sehingga perlu mengambil langkah tepat untuk mengatasinya. Salah satu cara praktis yang bisa Anda lakukan adalah memakai obat tetes mata yang mampu mengatasi mata lelah. Sudahkah Anda membeli dan memilikinya?

Cukup banyak pilihan obat tetes mata untuk mata lelah beredar di pasaran. Sebut saja Insto, Sante, dan Visine, adalah merek-merek obat tetes mata yang terkenal di Indonesia. Kami akan membantu Anda menemukan obat tetes mata terbaik dengan merekomendasikan produknya. Sebelum itu, ayo bahas terlebih dahulu penyebab mata lelah dan cara memilih produk yang tepat. Selamat membaca!

Penyebab dan Gejala Mata Lelah

Apa Penyebab dan Gejala Mata Lelah

Mata lelah sangat umum terjadi dan dapat menimpa siapa pun dengan rentang usia luas, termasuk anak-anak. Kelelahan pada mata merupakan sekumpulan gejala, Anda bisa mengatasi kondisi ini di rumah, tempat kerja, atau di mana pun berada dengan bantuan obat tetes mata.

Akan tetapi, pada satu kondisi, kelelahan mata merupakan pertanda kondisi lain yang memerlukan perlakuan medis. Penyebab umum mata lelah lebih sering dihubungkan dengan penggunaan perangkat digital secara berlebihan, namun tak jarang faktor risiko lain mendorong kelelahan mata.

Berikut hal-hal yang umum menyebabkan mata lelah terjadi:

  • Menatap layar perangkat digital berjam-jam tanpa mengistirahatkan mata
  • Membaca buku, majalah, atau media non-digital lain tanpa jeda mengistirahatkan mata
  • Memaksa mata melihat di tempat bercahaya redup
  • Terekspos cahaya terang dalam waktu lama
  • Memfokuskan mata jangka lama seperti saat berkendara jauh
  • Mempunyai gangguan pada mata, seperti mata kering atau kesalahan bias.
  • Stres dan kelelahan
  • Paparan udara kering dari kipas angin, pemanas, atau pendingin ruangan

Anda akan merasakan mata lelah setelah beberapa gejala muncul, mislanya mata perih, mata gatal, mata berair, mata kering, penglihatan kabur atau ganda, sakit kepala, susah berkonsentrasi, sensitif terhada cahaya, nyeri pada leher, bahu, atau punggung, dan mata terasa berat saat dibuka. Jika timbul gejala yang cukup mengkhawatirkan Anda, temuilah dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Memilih Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah

Pada dasarnya, proses pemilihan obat apa pun perlu disesuaikan dengan kondisi-kondisi yang terkait dengan keluhan. Dalam hal ini, Anda membutuhkan obat tetes mata untuk mata lelah yang juga bekerja mengatasi keluhan lain yang diakibatkan oleh mata lelah, seperti kekeringan, sulit fokus, memerah, dan tegang.

Selain itu, perlu juga mempertimbangkan sensasi yang ditimbulkan pasca penggunaan. Bagi Anda yang memakai lensa kontak atau softlens, tentu tidak bisa sembarangan memakai obat tetes mata. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu poin-poin berikut ini agar berhasil temukan obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah Anda.

Telitilah Bahan yang Bekerja Mengatasi Mata Lelah

Setiap produk diformulasi bahan-bahan tertentu yang disesuaikan dengan gejala dan penyebab dari suatu penyakit. Maka dari itu, perlu Anda pastikan obat tetes mata yang hendak dipilih mengandung bahan-bahan yang secara tepat mengatasi keluhan lain yang disebabkan oleh mata lelah. Selengkapnya akan diuraikan di bagian ini. Let’s check it!

Mata Lelah yang Memicu Kekeringan, Gunakan Obat Tetes dengan Kandungan Chondroitin Sulfate Sodium

Mata Lelah yang Memicu Kekeringan Gunakan Obat Tetes dengan Kandungan Chondroitin Sulfate Sodium

Selain dipicu oleh faktor-faktor seperti kondisi luar ruangan yang berangin, udara kering, dan menatap layar komputer terlalu lama, nyatanya mata lelah juga menyebabkan kekeringan. Untuk menangani kondisi ini, mata perlu dilumas kembali oleh air mata buatan (artificial tears). Obat tetes mata semacam itu bekerja melegakan mata kering agar kembali nyaman dipakai melihat.

Bahan aktif sodium kondroitin sulfat (chondroitin sulfate sodium) adalah salah satu contoh bahan yang mampu melembapkan mata. Bahan tersebut bertindak mempertahankan kelembapan mata, memulihkan kondisi kornea mata, dan memberi asupan vitamin A. Bahan lain, misalnya sodium chloride atau potassium chloride juga digolongkan sebagai artificial tears sehingga direkomendasikan untuk mata kering.

Mata Lelah yang Membuat Sulit Fokus, Carilah Obat Tetes yang Mengandung Neostigmine Methylsulfate

Mata Lelah yang Membuat Sulit Fokus Ambillah Obat Tetes yang Mengandung Neostigmine Methylsulfate

Berlama-lama di depan layar gadget, komputer, ataupun laptop bisa menurunkan fokus mata karena otot-otot yang tegang dan lelah. Jika Anda mengalami gejala mata lelah yang membuat Anda sulit fokus, gunakanlah obat tetes mata yang mengandung bahan untuk meningkatkan fungsi otot siliaris seperti neostigmine methylsulfate.

Bahan tersebut akan mengembalikan fokus mata Anda sekaligus membantu otot mata yang tegang lebih rileks. Untuk dukungan tambahan, istirahatkan mata sekitar 15 – 20 menit agar mata Anda benar-benar pulih dari kondisi kelelahan. Dengan demikian, mata Anda pun dapat kembali fokus untuk bekerja atau melakukan aktivitas lain.

Mata Lelah yang Menyebabkan Kemerahan, Utamakan Obat Tetes Mata Dekongestan

Mata Lelah yang Menyebabkan Kemerahan Utamakan Obat Tetes Mata Dekongestan

Tak jauh berbeda dengan mata kering, kondisi kemerahan pada mata atau mengalami hiperemia dapat pula disebabkan alergi, infeksi, dan kelelahan mata. Silakan mencari obat tetes mata berkandungan dekongestan untuk mengatasi keluhan ini. Obat tetes tipe ini akan mempersempitpembuluh darah dan menjadikan sklera mata tampak lebih putih.

Pemakaian obat tetes mata untuk mata lelah berkomposisikan dekongestan (contoh: tetrahydrozoline atau naphazoline hydrochloride) memanglah membantu, namun hindari pemakaian jangka panjang untuk menghindari potensi mata kering, iritasi, pupil melebar, dan efek samping lainnya. Gunakanlah obat tetes mata berkandungan vasoconstrictors tersebut saat diperlukan saja.

Mata Lelah dan Tegang, Carilah Obat Tetes yang Mengandung Bahan Penekan Peradangan

Mata Lelah dan Tegang Carilah Obat Tetes yang Mengandung Bahan Penekan Peradangan

Bahan dengan kandungan yang mampu menekan peradangan termasuk efektif mengatasi mata lelah. Misalnya, komponen epsilon-aminocaproic acid, nicotium glycyrrhizinate, dan sebagainya pada obat tetes mata mampu menyembuhkan peradangan yang terjadi sehingga mata merah dan mata lelah berkurang.

Selain bahan anti-inflamasi, pertimbangkan pula obat tetes mata yang dilengkapi bahan penutrisi mata. Vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, taurine, dan semacamnya adalah bahan tambahan yang kiranya penting Anda pertimbangan untuk hadir dalam obat tetes mata pilihan Anda. Dengan demikian, efektivitasnya bukan sebatas mengatasi mata tegang dan lelah, tetapi juga mata kembali segar dan sehat.

Sesuaikan Kenyamanan dengan Sensasi yang Ditimbulkan

Sesuaikan Kenyamanan dengan Sensasi Setelah Meneteskan Obat

Tidak banyak, namun ada pilihan obat tetes mata untuk mata lelah yang diformulasi bahan untuk memberikan sensasi dingin pada mata. Apabila Anda menyukai sensasi tersebut, cobalah mencari obat tetes mata yang meninggalkan kesan dingin. Namun, perhatikan juga tingkatan sensasi dingin tersebut, apakah lembut atau kuat. Sesuaikan dengan kenyamanan Anda, ya!

Jika Anda tidak nyaman dengan sensasi dingin pasca penggunaan, pilihlah obat tetes mata yang tidak memberikan sensasi dingin. Perhatikanlah aspek satu ini agar Anda bisa tetap memakai obat dengan nyaman ketika dibutuhkan. Tenang, pada list rekomendasi produk kami mencantumkan keterangan sensasi dari setiap obat tetes mata supaya Anda lebih mudah memutuskannya.

Ketahui Apakah Aman Digunakan bersama Lensa Kontak atau Tidak

Ketahui Apakah Aman Digunakan Bersama Lensa Kontak atau Tidak

Bagi pengguna lensa kontak (contact lenses) atau softlens, waspadalah terhadap mata iritasi akibat kesalahan menggunakan obat tetes mata. Alasannya, sejumlah bahan pengawet, contohnya benzalkonium chloride, yang tercantum di dalam beberapa obat tetes mata, memberi dampak buruk untuk lensa kontak.

Bacalah keterangan produk secara saksama untuk memastikan keamanannya terhadap lensa kontak. Kabar baiknya, kami telah menyiapkan opsi obat tetes mata untuk mata lelah bagi Anda yang notabene memakai contact lenses. Sebentar lagi akan kami bahas di bagian berikutnya. Jadi, ayo kita beralih ke section rekomendasi produk!

10 Rekomendasi Obat Tetes Terbaik untuk Mengatasi Mata Lelah

Sudahkah Anda memahami aspek-aspek penting dalam pemilihan obat tetes mata untuk mata lelah tersebut? Baiklah, kini waktunya bagi Anda menentukan produk. Penasaran manakah obat tetes mata yang bagus dan ampuh mengatasi mata lelah? Berikut ke-10 produk terbaik rekomendasi kami. Selamat memilih!

1. Rohto Cool Nafazolin HCl 0,012%

Rohto Cool Nafazolin HCl 0012

Memberikan cooling sensation yang bikin nyaman di mata

Diproduksi oleh brand obat tetes mata terkemuka, Cool Eye Drop berikut cocok bagi Anda yang menyukai sensasi dingin setelah meneteskan cairan ke mata. Dengan harga terjangkau, Anda bisa menyediakan lebih dari satu produk untuk ditaruh di kotak P3K rumah dan tas kerja Anda. Karena mengandung pengawet, produk ini umumnya memiliki masa kedaluwarsa cukup lama.

Akan tetapi, kandungan benzalkonium chloride menjadikan obat tetes mata ini tidak cocok untuk pengguna softlens. Mata merah akibat berenang atau iritasi ringan karena debu, asap, dan sengatan matahari seketika disegarkan oleh Rohto Cool Nafazolin HCl 0,012%. Untuk mata lelah yang disebabkan terlalu lama di depan komputer, obat tetes mata ini juga ampuh mengatasi mata lelah, lho!

Komposisi bahanNaphazoline HCl 0,012%, Asam borat, Natrium borat, Dinatrium edetat, Polisorbat 80, Benzalkonium klorida 0,005%, Klorobutanol, dan Menthol
Sensasi dingin
Aman untuk lensa kontakx
Kisaran hargaRp13.500
Isi7 ml

2. Combiphar Insto Regular Tetrahydrozoline HCl

Combiphar Insto Regular Tetrahydrozoline HCl

Atasi perih dan kemerahan yang dipicu oleh kelelahan mata

Insto adalah salah satu merek obat tetes mata terbaik di Indonesia besutan Combiphar. Tercatat beberapa varian dari seri Insto, namun Insto Regular Tetrahydrozoline HCl yang paling layak Anda gunakan. Alasannya, obat tetes mata berikut mengandung benzalkonium chloride untuk membasmi beberapa jenis bakteri pemicu mata iritasi dan memerah.

Berkat komponen tersebut, gejala mata lelah akibat iritasi ringan dapat diatasi dengan segera. Insto Regular mengandalkan bahan aktif tetrahydrozoline hydrochloride untuk mengatasi kemerahan dan kelelahan mata. Selain dikemas dalam ukuran 7,5 ml, terdapat pula ukuran 15 ml apabila Anda bermaksud menyediakannya untuk kebutuhan satu keluarga.

Komposisi bahanTetrahydrozoline HCl 0.05%, Benzalkonium Chloride 0.01%
Sensasi dinginTidak diketahui
Aman untuk lensa kontakx
Kisaran hargaRp17.500
Isi7,5 ml

3. Lion Smile 40 Premium

Lion Smile 40 Premium

Redakan mata lelah dan buram tanpa kandungan alkohol

Lion adalah produsen asal Jepang yang produk-produknya mudah dijumpai di Indonesia. Bagi Anda yang bermaksud mengatasi mata lelah dengan obat tetes mata, Lion menghadirkam Smile 40 Premium. Produk obat kelas 2 OTC Drugs ini dirancang untuk menyembuhkan kelelahan mata dan mata tidak fokus (blurred vision) akibat penuaan atau pemakaian mata berlebihan.

Formulasi bahan yang terkandung sepenuhnya membantu pemulihan fungsi visual. Hanya dengan 1 – 3 tetes sebanyak 3 – 6 kali per sehari, mata lelah Anda kembali segar dalam waktu singkat. Kendati bebas bahan pengawet seperti benzalkonium chloride, obat tetes mata untuk mata lelah ini tidak boleh dipakai bersama contact lenses.

Komposisi bahanRetinol palmitate (vitamin A), d-α-tocopherol acetate (natural vitamin E), Pyridoxine hydrochloride (vitamin B6), Chondroitin sulfate sodium, dll
Sensasi dinginTidak diketahui
Aman untuk lensa kontakx
Kisaran hargaRp220.000
Isi15 ml

4. Santen Pharmaceutical Sante FX V+

Santen Pharmaceutical Sante FX V

Ayo recharge mata lelah Anda dengan obat kaya komponen baik ini!

Diproduksi menggunakan teknologi bertaraf internasional, Sante FX V+ mengantongi khasiat menyegarkan mata lelah. Produk ini diperkaya cukup banyak vitamin dan asam amino yang akan menutrisi dan menyehatkan mata. Dengan demikian, bukan cuma mata lelah yang teratasi, melainkan juga di-recharge oleh formulasi pelengkapnya!

Melalui mekanisme meningkatkan metabolisme jaringan mata, konsentrasi vitamin dan asam amino tinggi pada Sante FX V+ akan menyegarkan mata yang sangat lelah. Belum selesai sampai situ, keberadaan vitamin B6 turut menguatkan jaringan untuk melawan kelelahan mata yang terjadi berulang di waktu singkat.

Komposisi bahanVitamin B6 (pyridoxine hydrochloride), Taurine, Potassium L-aspartate, Neostigmine methyl sulfate, Tetrahydrozoline hydrochloride, dll
Sensasi dinginTidak diketahui
Aman untuk lensa kontakx
Kisaran hargaRp140.000
Isi12 ml

5. Rohto Eye Drops Aqua Tired Eye Relief

Rohto Eye Drops Aqua Tired Eye Relief

Tak perlu melepas lensa kontak saat meneteskan obat ini

Inilah solusi untuk mengatasi mata lelah Anda! Beroperasi secara lembut, Eye Drops Aqua Tired Eye Relief akan meningkatkan kelembapan mata dengan mengirimkan komponen artificial tears ke dalam mata. Bila Anda mencari obat tetes mata tanpa efek dingin, produk berikut menyimpan kriteria tersebut.

Menariknya lagi, Rohto memastikan produk ini aman untuk pemakai lensa kontak ataupun mata sensitif. Keluhan mata buram dan kehilangan fokus dapat pula diatasi obat tetes mata ini. Jika profesi Anda mengharuskan Anda menatap layar laptop atau komputer dalam waktu lama, sediakan Rohto Eye Drops Aqua Tired Eye Relief untuk solusi praktis saat mata lelah menimpa!

Komposisi bahanHypromellose 0.2%, Tetrahydrozoline HCl 0.05%, Zinc sulfate 0.25%
Sensasi dinginx
Aman untuk lensa kontak
Kisaran hargaRp142.500
Isi13 ml

6. Visine Original

Visine Original Tetes Mata Steril

One of the best tetes mata steril di Indonesia

Satu dari sekian banyak pilihan, Visine Original adalah obat tetes mata yang paling banyak digunakan penduduk Indonesia. Selain alasan murah, produk tetes mata steril ini siap meredakan mata lelah hanya dalam 60 detik saja! Bagi Anda yang bermobilitas tinggi, produk ini wajib tersimpan di laci kerja atau kotak P3K rumah Anda.

Kemerahan mata akibat paparan debu, asap, dan polusi langsung sembuh seketika dengan obat ini. Visine Original mengutamakan tetrahydrozoline hydrochloride untuk membasmi respons vaskular setempat dengan mekanisme vasoconstrictor. Satu lagi, bila Anda ingin meredakan mata merah dan buram sehabis berenang, obat tetes mata ini juga bisa diandalkan.

Komposisi bahanTetrahydrozoline HCl 0,05%, Benzalkonium Chloride 0.01%
Sensasi dinginTidak diketahui
Aman untuk lensa kontak×
Kisaran hargaRp15.600
Isi6 ml

7. Alcon Tears Naturale® Free Lubricant Eye Drops

Alcon Tears Naturale® Free Lubricant Eye Drops

Kemasannya unik, tanpa pengawet, cocok untuk bepergian. Kurang apalagi?

Lebih mengutamakan obat tetes mata tanpa pengawet untuk mengatasi mata lelah Anda? Produk besutan brand asal Texas, Amerika Serikat ini patut Anda pertimbangkan. Tidak hanya bebas alkohol, obat ini didesain dalam kemasan ampul yang hanya bisa digunakan selama 12 jam setelah dibuka. Selama waktu tersebut, Anda tetap dapat meneteskannya ke mata sesuai keperluan.

Produk yang mengandung artificial tears ini bertindak melumasi mata yang merah dan panas. Setelah diteteskan, mata pun terasa sejuk dan fresh kembali. Alcon Tears Naturale® Free Lubricant Eye Drops cocok dibawa travelling. Meski tidak berbentuk botol, kemasan ampul yang sudah dibuka tetap bisa ditutup kembali, memungkinkannya dipakai berulang kali (multi-dose).

Komposisi bahanDextran 70 0.1%, Hydroxypropyl Methylcellulose 2910 0.3%.
Sensasi dinginTidak diketahui
Aman untuk lensa kontak
Kisaran hargaRp42.000
Isi4 ampul plastik @0,8 ml

8. Santen Pharmaceutical Hialid® 0.1 Ophthalmic Solution

Santen Pharmaceutical Hialid® 01 Ophthalmic Solution

Kembalikan kesegaran mata yang lelah akibat berbagai faktor

Hialid® 0.1 Ophthalmic Solution telah terdistribusikan di banyak negara Asia, mulai dari China, Korea, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia, hingga Indonesia. Mengandung bahan pelembap yang efektif mengatasi mata kering, produk persembahan Santen Pharmaceutical ini dapat Anda masukkan daftar belanja.

Selain mengutamakan fungsi melembapkan mata yang sangat kering, Hialid® 0.1 Ophthalmic Solution sanggup pula mengatasi kelelahan mata akibat penggunaan lensa kontak, obat, atau pasca operasi. Hanya perlu diteteskan sekali sebanyak 5 – 6 kali sehari atau sesuai anjuran dokter, formulanya akan langsung meredakan keluhan mata Anda.

Komposisi bahanPurified sodium hyaluronate
Sensasi dinginTidak diketahui
Aman untuk lensa kontakx
Kisaran hargaRp75.000
Isi5 ml

9. Johnson & Johnson Vision Blink Contacts® Lubricating Eye Drops

Johnson Johnson Vision Blink Contacts® Lubricating Eye Drops

Larutan steril dengan kandungan bahan mirip air mata asli

Apakah Anda membutuhkan produk yang dapat mencegah mata kering dan lelah saat memakai lensa kontak? Obat tetes mata berikut ini solusinya. Formulasi tinggi air akan melumasi mata selama pemakaian lensa kontak, mempromosikan kelembapan jangka panjang untuk mencegah mata lelah maupun kering.

Anda yang tidak menggunakan contact lenses pun tidak menjadi masalah apabila tertarik dengan obat tetes mata ini. Blink Contacts Lubricating Eye Drops tidak mengandung bahan merkuri yang memicu masalah pada mata. Walau aman dipakai bersama lensa kontak, tetap jaga kondisi mata dengan mengontrol waktu pakai lensa kontak agar tidak berlebihan.

Komposisi bahanPurified water, Sodium hyaluronate, Sodium chloride, Potassium chloride, Calcium chloride, Magnesium chloride, Boric acid, dll
Sensasi dinginTidak diketahui
Aman untuk lensa kontak
Kisaran hargaRp62.500
Isi10 ml

10. Refresh Contacts Contact Lens Comfort Drops

Refresh Contacts Contact Lens Comfort Drops

Cegah mata kering akibat penggunaan lensa kontak

Kondisi mata kering kerap dikeluhkan pemakai lensa kontak. Bila Anda juga mengalami keluhan serupa, Refresh Contacts Contact Lens Comfort Drops akan menjauhkan Anda dari kondisi tersebut. Gunakanlah produk ini selama Anda memakai lensa kontak supaya mata tidak lelah dan cepat kering.

Di dalamnya terkandung banyak sekali bahan aktif untuk pemeliharaan mata. Sodium chloride-nya, adalah satu komponen vital yang menjaga kelembapan mata alami Anda. Selama tidak alergi dengan komposisinya dan diterapkan dengan benar, risiko timbulnya efek samping dari produk ini amatlah kecil.

Komposisi bahanCarboxymethylcellulose sodium, Sodium chloride, Boric acid, Sodium borate decahydrate, Potassium chloride, dll
Sensasi dinginTidak diketahui
Aman untuk lensa kontak
Kisaran hargaRp60.000
Isi15 ml

Panduan Menggunakan Obat Tetes Mata

Panduan yang Benar dalam Menggunakan Obat Tetes Mata

Sebelum mengaplikasikan obat tetes mata, perhatikanlah higienitas tangan Anda. Disarankan untuk mencuci tangan dengan hand wash atau hand sanitizer telebih dahulu. Lalu, kondisikan ujung tube dari obat tetes mata mengarah ke arah kornea, dan pastikan tidak mengenai tangan atau bulu mata Anda. Setelah diteteskan, tutup obat tetes mata dengan benar, kemudian letakkan di tempat bersih guna mencegah bakteri menempel.

Sewaktu meneteskan pun, pastikan Anda melakukannya dengan wajar. Obat tetes mata sudah bekerja optimal hanya dengan 1 – 2 kali tetesan cairan. Untuk satu hal ini, lebih baik Anda mengikuti aturan pakai yang dicantumkan pada botol atau kardus kemasan. Hindari pemakaian berlebihan yang justru membuat mata iritasi.

Seusai diteteskan, pejamkan mata beberapa saat sembari ditekan lembut bagian dalam mata. Hal ini bertujuan mencegah obat tetes mata keluar lagi. Kemudian, apabila Anda hendak meneteskan kembali dengan obat tetes mata jenis lain, berilah jeda waktu sekitar 5 menit. Lakukanlah dengan benar dan tepat agar obat tetes mata bekerja optimal mengatasi mata lelah yang Anda alami.

Kesimpulan

Apakah mata lelah Anda menyebabkan rasa tidak nyaman dan keluhan-keluhan lain? Kami berharap pilihan obat tetes mata terbaik untuk mata lelah di atas berhasil mengatasi keluhan Anda. Dari kesepuluh merek obat tetes mata, sudahkah Anda menentukan satu yang paling cocok dengan kebutuhan mata Anda?

Gunakanlah obat tetes mata secara wajar mengikuti aturan pakai yang tertera. Di samping berisiko menimbulkan iritasi, pemakaian jangka panjang juga memungkinkan mata kecanduan, sehingga Anda dipaksa untuk terus menggunakannya. Konsultasikan kepada dokter apabila kondisi kelelahan pada mata Anda tidak bisa diselesaikan oleh obat tetes mata, ya. Selamat mencoba!

(Visited 637 times, 15 visits today)