Written by 06:32 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi

Colgate Optic White Plus Shine

Lapisan enamel gigi dapat dihinggapi noda kuning akibat konsumsi kopi, teh, atau kebiasaan merokok. Untuk memutihkan gigi, pasta gigi pemutih umum digunakan karena lebih murah dan mudah pelaksanaannya. Jika Anda berniat memakai pasta gigi untuk memutihkan gigi, pastikanlah produk yang Anda pilih terbukti bekerja secara berkala untuk memberikan hasil efektif.

Anda mungkin akrab dengan pasta gigi merek Pepsodent dan Sensodyne. Selain kedua brand tersebut, dalam jajaran pasta gigi pemutih, tersedia pula pilihan lain, misalnya Sensatia Botanicals, Nu Skin, Colgate, dan lain-lain. Bingung memilihnya? Tidak perlu khawatir, kami akan membantu Anda temukan pasta gigi pemutih terbaik di sini. Selamat membaca!

Mengapa Gigi Mengalami Perubahan Warna?

Bermacam faktor memengaruhi perubahan warna ggi. Pertambahan usia cenderung membuat gigi menguning akibat penipisan lapisan enamel yang berwarna putih. Karena hal tersebut, warna kuning lapisan dentin semakin tampak.

Pudarnya warna gigi dipengaruhi pula oleh konsumsi makanan dan minuman tertentu, misalnya teh, kopi, minuman bersoda, wine, buah asam, dan makanan tinggi gula lainnya. Pada makanan dan minuman tersebut terdapat zat warna (kromogen) yang menimbulkan noda pada lapisan enamel gigi. Level keasaman dari produk yang dikonsumsi ikut mengubah warna gigi.

Para perokok termasuk yang paling sering mengalami perubahan warna gigi menjadi kecokelatan atau kehitaman. Alasannya, tembakau mengandung nikotin dan tar, di mana kedua zat tersembut melekat pada enamel gigi, dan secara bertahap mengubah warna asli gigi Anda.

Gigi berlubang atau karies gigi ikut menyebabkan perubahan warna alami gigi. Penggunaan obat kumur berkandungan chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride juga bisa menciptakan noda kuning di gigi. Yang mungkin tidak banyak orang sadar, penyebab gigi menguning lain bisa dikarenakan paparan fluoride berlebih dari pasta gigi, gel fluoride, atau obat kumur.

Cara Memilih Pasta Gigi untuk Memutihkan Gigi

Mendapatkan senyum indah dengan gigi putih merupakan keinginan setiap orang. Anda yang mengharapkan hal serupa bisa mengandalkan pasta gigi pemutih. Sebelum membelinya, mari kenali dulu kandungan-kandungan pada pasta gigi pemutih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mohon dicermati, ya!

Pastikan Mengandung Komponen yang Efektif Memutihkan Gigi

Pasta gigi whitening menggunakan bahan-bahan khusus yang telah diuji keefektifannya dalam memutihkan gigi. Berikut ini beberapa whitening agent yang biasa tercantum pada pasta gigi, dan Anda harus periksa keberadaannya pada pasta gigi pilihan Anda.

Hydrogen Peroxide dan Carbamide Peroxide: Umum Digunakan untuk Proses Bleaching

Pemutihan warna gigi dengan bleaching umumnya menggunakan bahan pengoksidasi (oxidizing agents). Untuk keperluan rumahan, beberapa produsen mengatur agar produk pasta giginya mengantongi komponen pengoksidasi tersebut, misalnya hydrogen peroxide dan carbamide peroxide. Bahan-bahan ini merupakan gel yang dioleskan pada permukaan gigi untuk kemudian meresap ke pori-pori email gigi agar mencapai lapisan dentin di di bawah lapisan email.

Kedua bahan pengoksidasi ini berbeda dari segi kekuatan. Hydrogen peroxide memiliki daya memutihkan 3 kali leih kuat dibandingkan carbamide peroxide. Jadi, pada pasta gigi kebanyakan mengandalkan carbamide peroxide untuk penggunaan rumahan. Meski demikian, kandungan hydrogen peroxide juga dipakai beberapa merek, namun takarannya dibatasi, misalnya 10% sedangkan carbamide peroxide 15%.

Sodium Tripolyphosphate: Menyingkirkan Kotoran dan Warna yang Melekat di Permukaan Gigi

Kotoran yang menempel harus segera dibersihkan agar tidak menimbulkan kerusakan. Di sisi lain, warna yang terlanjur menempel perlu diatasi dengan benar agar tidak memperparah kondisi. Bila Anda mengalami permasalahan ini, pilihlah pasta gigi berkandungan sodium tripolyphosphate.

Sodium tripolyphosphate adalah chemical agent yang sanggup menghilangkan kotoran dan warna pada permukaan gigi. Tak hanya menghilangkan, kandungan bahan ini juga mencegah kotoran dan plak kembali menempel dengan membentuk lapisan di permukaan gigi.

Hydroxyapatite (HAP): Meremineralisasi Lubang-lubang Tak Kasat Mata untuk Cegah Noda dan Plak Menempel

Hydroxyapatite (HAP) adalah bahan yang banyak ditemukan pada produk pasta gigi. Bahan ini mampu menyingkirkan segala noda dan plak yang menempel melalui proses remineralisasi. Hydroxyapatite sangat baik dalam mencegah erosi email, sehingga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi gigi sensitif akibat lubang-lubang tak kasat mata pada permukaan gigi.

Berkat kinerjanya yang demikian, secara tidak langsung hydroxyapatite membantu Anda memperoleh gigi putih impian. Dengan tertutupinya lubang-lubang kecil di permukaan gigi, pastinya noda warna dan kotoran lebih sulit menempel, plak pun tidak gampang terbentuk.

Perlite: Ampuh Memutihkan Gigi Kuning akibat Kebiasaan Meminum Kopi dan Merokok

Perlite adalah bahan pemutih yang secara komersial dapat dijumpai dalam pasta gigi. Selain perlite, bahan whitening seperti speedy whitening agent (SWA) dan micro-cleansing crystal juga kerap dipilih. Hanya saja, kandungan perlite-lah yang lebih efektif memutihkan gigi dibandingkan kedua bahan pemutih tadi.

Pada sebuah penelitian, pasta gigi tanpa pemutih yang digunakan selama 14 hari memiliki efektivitas sama dengan pasta gigi pemutih berkandungan SWA dan micro-cleansing crystal. Itulah mengapa, perlite menjadi salah satu komponen yang dianjurkan untuk Anda saat menentukan pasta gigi pemutih.

Fluoride: Menekan Kerusakan Struktur Gigi agar Gigi tetap Putih dan Sehat

Saat mengunyah makanan, kemungkinan terciptanya plak di gigi semakin besar. Itulah mengapa dianjurkan menyikat gigi setelah makan. Plak yang menempel mengandung bakteri penghasil zat asam yang merusak gigi. Untuk membersihkan plak ini, Anda dapat memakai pasta gigi berkandungan fluoride. Kabar baiknya, rata-rata produk pasta gigi di pasaran mengandung mineral fluoride.

Tak hanya mengusir plak penuh bakteri, fluoride pada dasarnya ditujukan untuk meremineralisasi gigi agar gigi tidak mudah goyang. Walau tidak berperan langsung dalam memutihkan gigi, pasta gigi ber-fluoride akan mendukung Anda memperoleh gigi yang putih dan bersih.

Pilih Pasta Gigi yang Tidak Berbusa Banyak dan Minim Zat Abrasif

Untuk memutihkan gigi diperlukan bahan-bahan bersifat abrasif, misalnya kalsium karbonat, kalsium perofosfat, dikalsium fosfat, dan silikon dioksida. Kehadiran bahan-bahan abrasif pada pasta gigi berkisar antara 20 – 40 persen. Supaya terhindar dari pengikisan permukaan gigi yang justru membuat lapisan dentin kian terlihat, pilihlah pasta gigi yang minim zat abrasif. Kandungan hydroxyapatite mempunyai partikel lebiih lembut dibandingkan zat abrasif lain, sehingga bisa Anda jadikan opsi.

Pertimbangkan pula produk yang sedikit kandungan foaming agent-nya. Sodium laury sulfate (SLS) adalah salah satu contohnya. Apabila pasta gigi terlalu cepat dan banyak menghasilkan busa, Anda akan sulit mengetahui sudah seberapa bersih proses penyikatan yang Anda lakukan. Pada akhirnya, kandungan bahan aktif yang melakukan remineralisasi atau whitening justru tidak terserap optimal ke dalam gigi.

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi

Apabila Anda berencana meningkatkan warna cerah gigi, Anda dapat membeli pasta gigi untuk memutihkan gigi atau yang diberi label “whitening” pada kemasannya. Gunakanlah secara teratur, setidaknya dua kali sehari, agar memberikan hasil yang optimal.

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh pasta gigi pemutih terbaik dari berbagai merek ternama. Pilihlah dengan memperhatikan Kandungan penting serta kemampuan kerjanya, ya!

1. Nu Skin AP24 Whitening Fluoride Toothpaste

Nu Skin AP24 Whitening Fluoride Toothpaste

Telah melewati proses uji kualitas ketat sehingga berlabelkan BPOM

Nu Skin memformulasikan pasta gigi pemutih ini tanpa peroksida sehingga tidak mengurangi penipisan enamel secara berlebih. Selain itu, absennya peroksida turut membuat pasta gigi ini efektif mencegah gigi berlubang dan mengurangi pembentukan plak yang memicu karies gigi.

Dibekali ekstrak vanilla mint, pasta gigi ini akan menimbulkan sensasi nikmat sekaligus menyegarkan yang akan terasa sepanjang hari hanya dengan satu kali penyikatan. AP24 Whitening Fluoride Toothpaste membantu memutihkan gigi yang kuning akibat terlalu sering minum teh, kopi, atau konsumsi makanan lain. Sudah tersertifikasi BPOM, pasta gigi pemutih ini aman digunakan semua orang.

Klaim fungsiMencerahkan dan memutihkan gigi
Kandungan/bahan pentingAluminium hydroxidehydrated silicaglycerindimethicone, surfaktan, sodium monofluorophosphate
RasaVanilla dengan aroma mint
Ukuran110 g
Kisaran hargaRp65.000

2. Colgate Optic White Plus Shine

Colgate Optic White Plus Shine

Menjanjikan gigi yang putih hanya dalam 1 bulan pemakaian

Produk dari Colgate ini ikut meramaikan pasar pasta gigi pemutih di Indonesia. Alih-alih mengklaim janji sebagai “pasta gigi terbaik untuk memutihkan gigi”, Colgate justru menerangkan bagaimana produk ini memberikan hasil kerja efektif. Pasta gigi ini akan memutihkan gigi hingga 3 tingkat lebih cerah bila dipakai 2 kali sehari selama 4 minggu.

Noda kuning pada permukaan gigi akan tersapu bersih oleh kandungan aktif yang tercantum di dalamnya. Colgate Optic White Plus Shine memungkinkan Anda menyungging senyum indah dengan hasil yang terlihat langsung sejak pemakaian pertama. Selain itu, pasta gigi pemutih ini diperkaya formula rahasia untuk membantu melindungi enamel gigi agar tidak mudah terkikis oleh plak.

Klaim fungsiMencerahkan gigi dalam 1 bulan
Kandungan/bahan pentingHydrated silicaglycerincalcium pyrophosphatesodium monofluorophosphate
RasaMenthol
Ukuran100 g
Kisaran hargaRp35.000

3. Hawley & Hazel Darlie All Shiny White

Hawley Hazel Darlie All Shiny White

Ciptakan senyum tanpa takut tampilan gigi yang kuning!

Anda akan temukan dua varian Darlie All Shiny White, tetapi kami rekomendasikan yang tanpa charcoal ini untuk Anda. Untuk seri ini, Hawley & Hazel mengandalkan 50 juta partikel SWA ke dalamnya agar Anda nyaman melukis senyum setiap kali berinteraksi dengan orang. Kandungan penting di dalamnya dipadukan dengan 7 manfaat untuk memelihara kesehatan gigi.

Ke-7 manfaat tersebut antara lain mengurangi plak melalui kerja micro-aging alami, memperkukuh enamel gigi, mengirimkan fluoride untuk mencegah gigi berlubang, menjaga gusi senantiasa sehat, membersihkan gigi bagian terdalam, dan memperkuat struktur gigi serta menyegarkan napas. Ingin memerangi serangkaian penyakit mulut sekaligus menyegarkan napas? Pasta gigi pemutih berharga murah ini pilihannya!

Klaim fungsiMenghilangkan noda membandel, memberikan napas segar, menghilangkan karang gigi
Kandungan/bahan pentingSWA whitening system
RasaMint
Ukuran140 g
Kisaran hargaRp14.000

4. Li-ZEY White Boom Whitening Sensitive Toothpaste

Li ZEY White Boom Whitening Sensitive Toothpaste

Pasta gigi untuk memutihkan gigi dari luar negeri

Li-ZEY White Boom Whitening Sensitive Toothpaste menjanjikan kesegaran sepanjang hari hanya dengan satu kali penyikatan. Produk ini memiliki peran kerja cukup banyak, dari mulai menghilangkan pigmen dan memutihkan gigi, mengatasi bau mulut, memperkuat dan menutupi enamel gigi, mencegah masalah gusi, membersihkan tartar dan plak, hingga membasmi bakteri patogen yang bersarang di dalam mulut.

Walaupun mengandung whitening agent, pasta gigi pemutih ini menjamin keamanannya untuk semua orang, termasuk Anda yang sedang menderita masalah gigi sensitif. Hanya saja, produk ini merupakan pasta gigi impor sehingga Anda perlu bersabar bilamana tertarik membeli dan merasakan klaim-klaim yang dijanjikannya.

Klaim fungsiMemutihkan gigi, mengatasi bau mulut, memperkuat enamel, dan memusnahkan bakteri patogen di dalam mulut
Kandungan/bahan pentingX-VC teeth whitening factorgrape fruit essential oilcleansing formula
RasaAnggur
Ukuran120 g
Kisaran hargaRp485.000

5. Pepsodent Action 1 2 3 Plus Whitening

Pepsodent Action 1 2 3 Plus Whitening

Rawat gigi menggunakan pasta gigi pemutih dengan harga hemat

Pepsodent Action 1 2 3 Plus Whitening diklaim mampu memberikan perlindungan bagi mulut, gigi, dan gusi selama 12 jam. Pasta gigi ini akan menjaga mulut terhindar dari pembentukan asam, risiko kemunculan lubang akibat lapuk dan rusaknya permukaan gigi pun terhindarkan. Tak cuma itu, pasta gigi ini juga meremineralisasi gigi yang hilang sehingga lubang kecil tak kasat mata tertutupi.

Meski diperkaya oleh micro active calcium yang memperkuat struktur gigi dan mempertebal lapisan enamel, pasta gigi ini dapat melindungi gigi Anda lebih lama berkat kandungan pro-fluoride complex-nya. Sementara kandungan perlite di dalamnya turut membantu membuat gigi beberapa tingkat lebih putih alami.

Klaim fungsiMembunuh kuman/bakteri, meningkatkan kecerahan gigi, dan memperkuat gigi
Kandungan/bahan pentingPerlitepro-fluoride complexmicro active calcium
RasaTidak ada keterangan
Ukuran190 g
Kisaran hargaRp18.000

6. Marvis Classic Strong Mint

Marvis Classic Strong Mint

Formula rahasia untuk memutihkan dan melindungi gigi

Marvis Classic Strong Mint merupakan pasta gigi pemutih asal Florence, Italia, yang kini dapat ditemui di beberapa toko online di Indonesia. Pasta gigi dengan warna krem ini mempunyai rasa peppermint berkonsentrasi tinggi sehingga dapat menjaga kesegaran mulut dan napas lebih lama.

Pasta gigi merek Marvis ini sudah digunakan oleh banyak penduduk Italia selama beberapa generasi. Kemampuannya memutihkan gigi merupakan kelebihan utamanya. Sentuhan inovatif pada desain kemasan juga membuat produk ini meningkatkan nilai estetis pada rak bath stuffs di kamar mandi Anda.

Klaim fungsiMemutihkan gigi, melindungi gigi, dan menyegarkan napas
Kandungan/bahan pentingAluminium hydroxidesilicaglycerin
RasaMint
Ukuran10 ml
Kisaran hargaRp100.000

7. Sensodyne Pasta Gigi Gentle Whitening

Sensodyne Pasta Gigi Gentle Whitening

Gunakan maksimal 2 kali sehari, gigi menjadi putih dan bebas ngilu!

Meskipun Sensodyne dikenal akan kemampuannya mengatasai masalah gigi sensitif, Pasta Gigi Gentle Whitening ini diperkaya formulasi untuk menambah level kecerahan gigi. Selain memberikan perlindungan pada gigi sensitif selama 24 jam, produk ini juga dapat mengurangi timbunan plak untuk ciptakan mulut bersih dan napas segar.

Sensodyne Pasta Gigi Gentle Whitening mengandung fluoride yang akan mencegah terjadinya gigi berlubang. Dikemas dalam tube, Anda lebih mudah mengatur jumlah yang ingin digunakan. Untuk menjaga kekentalan isinya, upayakan menyimpan produk ini di ruangan bersuhu paling tinggi 30o C.

Klaim fungsiMeredakan ngilu akibat gigi sensitif, perlindungan terhadap gigi berlubang, dan mengembangkan warna putih alami gigi
Kandungan/bahan pentingSodium fluoridepotassium nitratepentasodium triphosphate
RasaTidak ada keterangan
Ukuran100 g
Kisaran hargaRp80.000

8. Closeup Icy White

Closeup Icy White

Berbekal perlite dan icylicious gel untuk memutihkan gigi dan menyegarkan rongga mulut

Closeup terkenal akan jargonnya untuk membuat napas segar seharian. Salah satu produk keluarannya yang diklaim mampu memutihkan gigi secara cepat adalah Closeup Icy White. Diformulasikan bersama para ahli, pasta gigi dengan kombinasi icy fresh dan extra white powder ini akan memberikan gigi yang putih serta meningkatkan sensasi segar dan dingin di dalam mulut sehabis pemakaian.

Closeup Icy White juga diperkaya dengan sodium fluoride yang efektif dalam menghancurkan plak di permukaan dan sela-sela gigi. Bersama perlite-nya, tampilan gigi pun semakin putih seiring rutinnya pemakaian. Cukup gunakan 2 kali sehari, rasakan sensasi napas lebih segar dan gigi setingkat lebih putih dari minggu ke minggu.

Klaim fungsiMenyegarkan napas dan memberikan sensasi mulut dingin, membuat gigi lebih putih di setiap sikatan, dan mengurangi plak gigi
Kandungan/bahan pentingIcy freshextra white powderperlitesodium fluoride
RasaSegar
Ukuran160 g
Kisaran hargaRp18.000

9. Pepsodent Activ White

Pepsodent Activ White

Juga bantu kurangi plak yang merusak enamel gigi

Pepsodent Activ White beredar sejak lama di Indonesia. Pasta gigi ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin terhindar dari gigi berlubang sekaligus membuat warna gigi lebih putih. Efek makanan dan minuman yang menimbulkan noda kuning pada permukaan gigi akan dihilangkan secara optimal oleh pasta gigi pemutih ini.

Mengandalkan perlite sebagai whitening agent alami yang umum dipakai oleh dokter gigi dalam proses bleaching, pasta gigi ini sangat ampuh dalam mengangkat noda. Dipadukan bersama hydrated silica membuat efek kerjanya semakin maksimal, warna gigi putih alami yang selama ini Anda idam-idamkan akan kembali hadir.

Klaim fungsiMengangkat noda, mencegah gigi berlubang, menjaga enamel gigi, menyegarkan napas, dan mengurangi plak
Kandungan/bahan pentingPerlitehydrated silica
RasaSegar
Ukuran100 ml
Kisaran hargaRp36.000

10. Sensatia Botanicals Charcoal-Mint Natural Toothpaste

Sensatia Botanicals Charcoal Mint Natural Toothpaste

Pasta gigi pemutih berbahan alami yang bebas fluoride dan sodium lauryl sulfate

Sensatia Botanicals Charcoal-Mint Natural Toothpaste mengandalkan bahan-bahan alami dalam komposisinya. Kandungan utama berupa active charcoal atau arang aktif di dalamnya akan menyerap noda kuning hingga ke permukaan sisi yang sulit dijangkau. Selain itu, bahan arang dalam pasta gigi ini juga membantu menyeimbangkan produksi bakteri alami di mulut agar lebih sehat.

Ekstrak kakadu plum yang diikutsertakan kaya akan vitamin C untuk melindungi gusi Anda dari masalah radang (gingivitis) atau penyakit periodontitis. Tidak menggunakan SLS (sodium lauryl sulfate) dan fluoride, efek bebas pedas pada lidah dan rongga mulut memberi kenyamanan. Karena tidak mengandung fluoride namun memiliki daya abrasif yang rendah, disarankan untuk memakai pasta gigi pemutih ini secara rutin hingga beberapa bulan.

Klaim fungsiMengurangi perubahan warna gigi, menyeimbangkan bakteri alami dalam mulut, dan menyehatkan gusi
Kandungan/bahan pentingCalcium glycerophosphateactive charcoalkakadu plum extract
RasaCharcoal-mint
Ukuran120 g
Kisaran hargaRp120.000

Pasta Gigi Pemutih Tidak Mengubah Warna Asli Gigi

Penting untuk Anda pahami, pasta gigi pemutih dirancang dengan peran menyamarkan noda pada permukaan gigi. Dengan kata lain, odol pemutih tidak mengubah warna asli gigi Anda. Whitening toothpaste tidak pula menghilangkan noda yang terserap dan tertinggal di lapisan dentin (bagian terdalam permukaan gigi).

Efek memutihkan dari pasta gigi pemutih bisa Anda lihat dan rasakan dalam dua hingga enam minggu, dengan catatan penggosokan dilakukan rutin dua kali sehari. Jika Anda ingin efek memutihkan seketika setelah menyikat gigi, carilah pasta gigi yang mengandung blue covarine.

Waspadai Efek Penggunaan Jangka Panjang Pasta Gigi Pemutih

Mengetahui cara kerja pasta gigi pemutih mengandalkan bahan-bahan abrasif, kemungkinan terjadinya erosi enamel gigi bukanlah suatu yang mustahil. Pada penelitian yang menjadikan hewan sebagai objeknya menunjukkan efek serupa, namun butuh penelitian lanjutan untuk memastikan efek serupa pada gigi manusia.

Untuk hasil maksimal, lakukanlah penyikatan dengan benar. Pertama-tama, gosok gigi Anda tanpa pasta gigi, melainkan hanya dengan sikat gigi. Bersihkan seluruh area gigi, termasuk sela dan bagian gigi, kemudian berkumurlah dengan air untuk meluruhkan kotoran dan noda yang menempel.

Barulah setelahnya Anda gunakan pasta gigi sepanjang bulu sikat. Lakukan penyikatan secara perlahan dari atas ke bawah. Jika dirasa sudah bersih, kumur-kumurlah dengan air. Namun perlu diingat, saat berkumur upayakan untuk meninggalkan sedikit sisa pasta gigi di mulut. Pasalnya, kandungan aktif pasta gigi tidak langsung terserap. sehingga hal tersebut bisa membantu memutihkan gigi lebih cepat.

Baca juga rekomendasi pasta gigi dan produk pemutih gigi terbaik lainnya!

Timbunan plak dapat membuat Anda sulit untuk senyum karena permukaan gigi yang tampak menguning. Jika tidak dibersihkan dengan total, plak tersebut akan mempertipis lapisan enamel sehingga timbul lubang yang semakin lama semakin besar.

Di samping itu, masalah lain juga bisa saja muncul seperti gigi sensitif. Kondisi-kondisi semacam ini mungkin dialami setiap orang, termasuk anak-anak. Oleh sebab itulah penting mengenakan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Ini dia rekomendasi pasta gigi terbaik yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Mengatasi Gigi Berlubang
10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Mengatasi Gigi Sensitif
10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak-anak

Akhir-akhir ini, produk pemutih gigi hadir dalam banyak pilihan bentuk. Jika sebelumnya paling banyak berbentuk pasta gigi, sekarang Anda bisa memutihkan gigi dengan whitening strips, mouthwash, gel hidrogen peroksida, dan sebagainya. Di artikel berikut dapat Anda tengok produk pemutih gigi terbaik.

10 Rekomendasi Produk Pemutih Gigi Terbaik

Kesimpulan

Perlu diketahui, pasta gigi pemutih tersebut mungkin akan nampak mampu memutihkan gigi. Tetapi, efek yang diberikan hanya bertahan dalam dua hingga enam minggu untuk menyamarkan noda pada permukaan gigi. Sedangkan pasta gigi dengan kandungan blue covarine memberikan efek instan setelah Anda menggosok gigi, tetapi juga sifatnya sementara.

Sebenarnya, odol atau pasta gigi untuk memutihkan gigi tidak mengubah warna asli gigi. Mereka hanya menyamarkan dan membersihkan noda kuning pada lapisan enamel (lapisan terluar) gigi. Sedangkan lapisan dentin (lapisan terdalam) gigi tetap menguning secara almi seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, efek whitening dari pasta gigi pemutih hanyalah efektif pada lapisan terluar.

Selain itu, perhatikan pula bagaimana daya abrasif yang diberikan oleh masing-masing produk. Dikarenakan cara kerja pasta gigi pemutih adalah dengan mengikis lapisan enamel, tidak jarang hal ini membawa dampak pada gigi sensitif atau berlubang. Maka dari itu, agar tidak menimbulkan dampak kerusakan pada gigi Anda, sebaiknya Anda utamakan pasta gigi yang telah mendapatkan segel dari organisasi terkemuka, seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) atau American Dental Association (ADA).

(Visited 24.868 times, 117 visits today)