Written by 18:53 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Produk Pemutih Gigi Terbaik

Tersedia beragam pilihan produk pemutih gigi di pasaran. Anda dapat mengandalkannya untuk mengembalikan kecerahan gigi bernoda akibat konsumsi teh, kopi, atau rokok. Produsen kenamaan berlomba menghadirkan pemutih gigi terbaik, dari mulai Ertos, Nu Skin, hingga merek premium seperti Oralgen dan Swissdent. Anda tertarik membeli salah satunya?

Pada artikel ini, kami telah menyiapkan sepuluh produk pemutih gigi terbaik. Karena jenis, spesifikasi, dan mereknya beragam, mungkin Anda kebingungan memilihnya. Oleh sebab itu, kami akan memaparkan terlebih dahulu cara memilih pemutih gigi sesuai kebutuhan Anda. Simak terus ulasannya, ya!

Cara Memilih Produk Pemutih Gigi

Umumnya, produk pemutih gigi diranacng dalam wujud serbuk dan pasta gigi. Beberapa brand mengeluarkan produk bertipe seal atau strip dan gel yang praktis penggunaannya.

Jenis-jenis pemutih gigi ini dapat ditemukan di toko obat, apotek, atau paling mudah memesannya secara online. Agar lebih yakin, sebaiknya Anda mengetahui hal-hal penting apa saja dalam pemilihan produk pemutih gigi. Berikut ini penjelasannya!

Pilih Produk berdasarkan Metode Penggunaannya

Bermacam sediaan produk pemutih gigi mungkin membingungkan Anda harus memilih yang mana. Karena itulah, kami akan memandu Anda mengenali karakteristik dari masing-masing tipe pemutih gigi.

Tipe Seal/Strips: Jangkauan Luas untuk Gigi Putih yang Lebih Merata

Tipe seal atau strips ditempelkan langsung pada permukaan gigi. Nilai praktis adalah kelebihan yang ditawarkan oleh tipe ini, sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan hasil optimal tanpa mengerjakan banyak step. Cukup diaplikasikan melebar ke permukaan gigi, kandungan pemutihnya akan diserap oleh seluruh gigi Anda.

Sayangnya, pemutih gigi tipe seal kurang pas digunakan oleh Anda yang susunan giginya tidak bagus. Sementara di sisi lain, tipe pemutih gigi satu ini hanya diproduksi oleh beberapa brand. Di Indonesia sendiri tergolong sedikit jumlahnya, Crest adalah salah satu merek pemutih gigi tipe seal yang dapat Anda temukan di Indonesia.

Walau tidak banyak pilihan mereknya, tipe ini dianggap paling efektif memutihkan warna gigi, sehingga banyak orang lebih memilih tipe seal. Hanya saja, Anda perlu menginvestasikan dana cukup besar karena selain alasan produk impor, pemutih gigi ini rata-rata memang mahal.

Tipe Pen: Butuh Waktu, namun Efektif Mengangkat Kotoran pada Gigi

Produk pemutih gigi tipe pen ideal dikenakan siapa saja, termasuk Anda yang susunan giginya tidak rata. Produk ini diaplikasikan pada area gigi yang tampak menguning di mana nanti keluar cairan pemutih sebagai pengangkat noda dan kotoran yang melapisi permukaan gigi.

Dibandingkan tipe seal, pemutih gigi ini memerlukan ketelitian dan waktu karena Anda harus menerapkan cairannya ke seluruh permukaan gigi satu per satu. Selain berisikan cairan pemutih, ada juga produsen menggunakan kandungan pemutih berwujud gel. Pilihlah tekstur paling nyaman untuk Anda, namun tetap utamakan keamanan formulanya terhadap gigi Anda.

Tipe Penghapus: Pembersihan yang Akurat untuk Hasil Optimal

Noda yang tampak menguning sulit sekali dihilangkan? Cobalah memilih produk pemutih gigi tipe penghapus yang bekerja kuat membersihkan kotoran membandel. Pengaplikasiannya mudah layaknya penghapus, cukup digosok pada permukaan gigi, noda menguning dan kotoran yang merusak penampilan gigi akan hilang.

Walau dianggap efektif karena mampu membersihkan gigi secara akurat, tipe ini tidak dianjurkan untuk digunakan terlalu sering. Alasannya, tipe penghapus sebagian besar mengantongi bahan abrasif yang bilamana dipakai terus-menerus dapat mengikis enamel gigi.

Tipe Pasta Gigi: Banyak Pilihannya di Pasaran, Penggunaannya pun Mudah

Di pasaran paling banyak ditemukan produk pemutih gigi bertipekan pasta. Dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu tersedia, begitu pula mereknya, mulai dari merek lokal hingga internasional menyediakan pasta gigi dengan bahan whitening di dalamnya. Bila Anda tidak memiliki waktu banyak untuk treatment menggunakan produk pemutih gigi tipe seal, penghapus, atau pen, memilih pemutih gigi bertipe pasta gigi bisa menjadi opsi terbaik.

Namun perlu Anda ketahui, karena pasta gigi menyimpan cukup banyak bahan aktif, kami merekomendasikan Anda pasta gigi yang tidak mengeluarkan banyak busa. Selain itu, meski Anda lebih gampang memutihkan gigi dengan pasta gigi, sebaiknya tetap ikuti aturan pakai untuk menghindari gigi sensitif akibat paparan intens zat abrasif yang mengenai gigi.

Tipe Gel: Bekerja secara Lembut, Tidak Terlalu Merusak Email Gigi

Salah satu tipe pemutih gigi yang disarankan adalah tipe gel. Produk ini mudah digunakan sekaligus lebih aman digunakan berulang kali. Alasannya, walaupun terdapat bahan abrasif, kehadiran komposisi lain sebagai penyeimbang tidak akan merusak email gigi.

Anda bisa mengenakan pemutih gigi ini sebagai pengganti pasta gigi atau sehabis menyikat gigi. Guna memaksimalkan penyerapan gel ke lapisan gigi, beberapa merek tidak hanya menjual gel pemutih, melainkan sepaket dengan alat khusus yang mengeluarkan sinar ultraviolet untuk membantu memutihkan gigi. Produk pemutih gigi semacam itu boleh Anda coba bila menginginkan hasil lebih baik tanpa menimbulkan kerusakan email gigi.

Tipe Cair: Penggunaannya Praktis seperti Berkumur dengan Mouthwash

Sebagaimana obat kumur, pemutih gigi tipe cair memungkinkan Anda menyingkirkan kotoran dan sisa makanan pada gigi sekaligus menghilangkan bau mulut. Bagi Anda yang kesehariannya banyak bertemu orang, menggunakan produk pemutih gigi tipe ini akan membuat Anda tetap maksimal saat menjalani mobilitas.

Anda hanya perlu berkumur sesuai takaran yang dianjurkan. Setelahnya, napas menjadi segar dan gigi pun terlihat lebih cerah. Pemutih gigi bertipe cair bisa Anda peroleh di toko obat atau apotek. Bila ingin membelinya secara online, pastikan membeli produk orisinal dari produsen resminya, ya!

Tipe Serbuk: Kuantitas Banyak, Ideal untuk Perawatan Jangka Panjang

Beberapa tahun terakhir, tren memutihkan gigi dengan bubuk arang aktif mulai digandrungi orang. Produk pemutih gigi semacam ini tidak berbau, tidak berasa, dan mudah menemukannya di toko-toko kesehatan. Meski berwarna hitam, arang aktif tidak akan mengubah warna gigi Anda.

Bila Anda ingin membersihkan zat-zat kekuningan yang tampak pada gigi, sekaligus merontokkan plak dan sisa makanan yang menempel, produk pemutih gigi bertipe serbuk arang aktif layak dicoba. Namun ingat, active charcoal tidak dianjurkan untuk penggunaan jangka panajng karena kinerjanya yang merusak lapisan email gigi akan membuat gigi lebih sensitif.

Pastikan Level Kekuatan Bahan Pemutih sesuai Noda pada Gigi

Noda yang muncul pada gigi disebabkan oleh banyak sekali hal. Jika Anda bermaksud menggunakan produk pemutih gigi, selain mempertimbangkan metode penggunaan berdasarkan tipenya, penting juga memilih produk pemutih gigi yang di dalamnya terkandung bahan pemutih dengan efektivitas sesuai noda pada gigi.

Jika Anda ingin menghilangkan noda kecokelatan akibat konsumsi rokok, pemutih gigi berkandungan polyethylene glycol (macrogol) atau polyvinylpyrrolidone dapat dipilih untuk menangani noda akibat tembakau yang sulit dihilangkan. Sebaiknya Anda  periksa bagian komposisi produk yang tercantum di kemasan. Cek juga review pengguna lain akan sebuah produk untuk memastikan efektivitasnya.

Periksa Sertifikasi dan Izin Edar untuk Memastikan Keamanannya

Sebenarnya, prosedur pemutihan gigi harus ditangani langsung oleh dokter. Dengan kata lain, Anda tidak dianjurkan memakai sembarang produk. Sementara, produk pemutih gigi yang diedarkan secara bebas umumnya mengandung hidrogen peroksida dalam dosis rendah, baik itu whitening strips, obat kumur pemutih, pasta gigi, hingga sediaan gel hidrogen peroksida dosis sedang dilengkapi cetakan gigi (tray).

Selama mengikuti aturan pakai, produk pemutih gigi yang dijual bebas aman digunakan sendiri tanpa pengawasan dokter. Akan tetapi, untuk lebih amannya, kami merekomendasikan Anda membeli produk yang telah memperoleh sertifikasi dari BPOM. Periksalah informasi produk pada label kemasan atau website resmi untuk mengetahui keamanannya, lalu pilih yang sudah memperoleh izin, misalnya dari BPOM, ADA (American Dental Association), dan sebagainya.

Pertimbangkan pula Harganya untuk Penggunaan Berkelanjutan

Beberapa jenis produk pemutih gigi perlu digunakan setiap hari, misalnya gel, whitening strips, dan pasta gigi. Aktivitas seperti makan, minum, merokok, dan faktor lain memicu noda gigi kembali. Oleh karena itu, penting bagi Anda mempertimbangkan biaya saat memilih produk pemutih gigi.

Anda mungkin akan tertarik dengan produk yang menawarkan hasil signifikan hanya dalam beberapa kali pemakaian. Mengingat noda pada gigi dapat kembali kapan saja, lebih disarankan memilih produk yang kuantitasnya banyak serta aman untuk penggunaan berkala. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu terlalu perhitungan dalam mengurangi asupan makanan atau minuman yang memungkinkan terbentuknya noda gigi.

10 Rekomendasi Produk Pemutih Gigi Terbaik

Selanjutnya, kami perlihatkan kepada Anda produk pemutih gigi terbaik dalam wujud pen, penghapus, seal, pasta gigi, dan sebagainya. Sesuaikan produk berdasarkan efektivitas dan kemudahan penggunaannya, ya!

1. Denta Secret Charcoal Teeth Whitening Powder

Gigi cemerlang tercipta tanpa harus melakukan bleaching

Buat Anda yang tidak ingin memutihkan gigi dengan gel hidrogen peroksida, produk pemutih gigi persembahan Denta Secret patut dicoba. Bubuk arang aktif alami menjadi bahan andalan produk ini. Kemunculan noda dari kopi, rokok, dan wine pada permukaan gigi akan dibantuhilangkan oleh produk ini.

Mengetahui sifat abrasif yang dimiliki activated charcoal, Denta Secret melengkapi produk ini dengan activated coconut formula untuk melindungi enamel gigi selama proses pemutihan. Anda bisa melaksanakan whitening treatment rumahan hingga 2 – 3 bulan tanpa harus membeli produk baru setiap bulannya. Efektif, hemat biaya, dan hemat waktu, bukan?

TipeSerbuk
Bahan pemutihFood grade activated charcoal
KeamananBPOM NA18201400011
Ukuran/isi30 g
Kisaran hargaRp189.000

2. Dazzling White Professional Strength Whitening Pen

Menjanjikan warna gigi empat kali lebih cerah dari biasanya!

Percayakan keinginan Anda memutihkan warna gigi dari noda membandel kepada Dazzling White Professional Strength Whitening Pen. Sesuai namanya, ini adalah produk pemutih gigi berbentuk pen. Diklaim telah lama menjadi produka andalan penduduk Amerika selama bertahun-bertahun, keamanan dan efektivitasnya memutihkan gigi tidak perlu diragukan lagi.

Bekerja tepat pada pusat gigi yang bernoda, pena pemutih gigi ini akan meningkatkan kecerahan gigi hingga 4 kali bila digunakan secara rutin. Gel pemutih yang terkandung dirancang maksimal merontokkan noda. Pengaplikasiannya tidak memakan waktu lama, cukup 30 detik setelah mengoleskan gel, lalu 10 – 12 menit didiamkan dan treatment pun selesai.

TipePen
Bahan pemutih6% hydrogen peroxide
KeamananBPOM NE51181405194
Ukuran/isi2 g
Kisaran hargaRp65.000

3. Oralgen NuPearl 12x Advanced Teeth Whitening System

Tidak akan menyebabkan gigi sensitif

Produk pemutih gigi keluaran Oralgen ini telah direkomendasikan oleh para dentist. Mengandung ultra pure 12% hydrogen peroxide, bahan aktif tersebut siap memutihkan gigi Anda hanya dalam 20 menit pengaplikasian. Tidak hanya menyediakan pena inovatif berisikan gel pemutih, Oralgen melengkapi produk ini dengan alat yang dinamakan NuBrightTM Brightening Technology.

Untuk penggunaannya, syringe berisi hydrogen peroxide 12% ultra pure NuPearl 12x Advenced Teeth Whitening System sediaan perlu Anda terapkan ke area gigi. Kemudian perawatan dilanjut dengan tray yang ditempel ke gigi. Pancaran lampu LED akan membantu gel bekerja lebih baik dalam memutihkan lapisan gigi. Tenang saja, meski kadar hidrogen peroksidanya tinggi, produk ini takkan mengikis enamel.

TipeGel
Bahan pemutihUltra pure 12% hydrogen peroxide
KeamananBebas lateks, bebas paraben, bebas sulfat, bebas sodium fluoride, bebas PEG/PPG, bebas gluten, BPOM NE51181400053
Ukuran/isi20 ml
Kisaran hargaRp560.000

4. SYB Cosmetics Charcoal Teeth Whitening

Usir napas tak sedap bersama senyum cemerlang, yuk!

Produk pemutih gigi berbentuk bubuk charcoal aktif ini telah memperoleh izin dari BPOM. Di samping tersertifikasi aman oleh lembaga negara, SYB Cosmetics berani menjamin arang aktif rancangannya ini optimal memutihkan gigi tanpa mengikis lapisan pelindung gigi.

Keseluruhan formulanya teruji tidak mengiritasi gigi, gusi, dan mulut. SYB Cosmetics Charcoal Teeth Whitening sangat ideal digunakan oleh Anda yang hobi meminum kopi atau merokok. Tak cuma membantu hilangkan noda kuning pada gigi, produk pemutih gigi ini juga akan mengurangi bau napas tidak sedap.

TipeSerbuk
Bahan pemutihActivated charcoal
KeamananBPOM NA18191405113
Ukuran/isi50 g
Kisaran hargaRp45.000

5. Swissdent Extreme Whitening Pen

Memutihkan gigi di rumah tidak pernah sesederhana ini!

Setelah populer dengan pasta giginya, Swissdent ikut merilis produk pemutih gigi bertipe pen. Dalam satu paket pembelian, Anda akan memperoleh 2 pen berisikan gel pemutih di mana gel pada pen step two-nya menggunakan komponen khusus yang biasa dipakai dokter gigi untuk whitening treatment.

Dikarenakan bebas formula paraben dan fluoride, Swissdent Extreme Whitening Pen memungkinkan Anda peroleh warna gigi cemerlang tanpa khawatir iritasi maupun alergi. Meskipun produk impor, Swissdent telah mendapatkan izin edar resmi dari BPOM.

TipePen
Bahan pemutihTidak ada keterangan
KeamananBebas paraben, bebas fluoride, BPOM NKIT190000267
Ukuran/isi2 x 3 ml
Kisaran hargaRp650.000

6. Crest 3D Whitestrips Original Whitening Kit – Glamorous White

Memiliki seal anti selip yang terjamin enamel-safe

Crest 3D Whitestrips Original Whitening Kit dilengkapi blue light tray akan membantu Anda menghilangkan seluruh noda gigi yang mengganggu penampilan. Cukup menerapkannya 30 menit setiap hari, pada hari ke-14 Anda akan memperoleh gigi lebih putih hingga 6 bulan bahkan lebih!

Seal-nya dirancang tidak gampang selip melalui teknologi Advanced Seal-nya, sehingga Anda pun takkan kerepotan meski kali pertama menggunakannya. Walau belum mengantongi izin BPOM, produk pemutih gigi ini telah lolos uji ADA (American Dental Association) sehingga sangat terjamin keamanannya.

TipeSeal (whitestrips)
Bahan pemutihHydrogen peroxide
KeamananADA (American Dental Association) accepted
Ukuran/isi28 strips / 14 kali penggunaan
Kisaran hargaRp650.000

7. Oraluv Shine Whitening Tooth Powder

Satu produk untuk segala bentuk perawatan di dalam mulut

Baking soda pada Oraluv Shine Whitening Tooth Powder akan menetralkan asam di dalam mulut. Bukan hanya itu, kandungan abrasif ringan tersebut juga membersihkan dan memoles gigi untuk tampilan lebih cerah, serta menghilangkan bau mulut tidak sedap. Produk pemutih ggi yang sekaligus menyegarkan napas ini tersusun dari 100% komposisi bahan alami.

Bila Anda khawatir akan kerusakan gigi, produk ini menyediakan bentonite clay yang akan meremineralisasi lubang-lubang tak kasat mata pada gigi. Kandungan unrefined seasalt-nya ikut membantu melenyapkan bakteri yang bersifat harmful di dalam mulut. Satu lagi, Oraluv mengandung spearmint essential oil yang bertindak sebagai antiseptik untuk cegah infeksi mulut dan gusi.

TipeSerbuk
Bahan pemutihBaking soda, bentonite clay
KeamananTerbuat dari 100% bahan alami
Ukuran/isi100 g
Kisaran hargaRp105.000

8. Luma Smile Tooth Whitener & Polisher

Praktis dan tidak bikin tangan pegal!

Ingin membersihkan kotoran pada gigi langsung di pusat area yang terdapat noda? Kami harap Anda cocok dengan produk satu ini. Luma Smile terdiri dari lima polishing cup berbahan karet lembut yang aman bila terkena gigi. Alat pemutih gigi portable ini bergerak dengan mengandalkan daya dari 2 baterai AA.

Karena tidak dilengkapi bahan pemutih, Anda dapat mengombinasikan alat ini dengan pasta gigi pemutih atau gel hidrogen peroksida. Buat Anda yang takut gigi ngilu karena sering mendapatkan perlakuan whitening, Luma Smile Tooth Whitener & Polisher dipastikan pas untuk Anda.

TipePenghapus
Bahan pemutihx
KeamananTanpa efek samping, FDA approved
Ukuran/isi1 unit polisher,5 polishing cups
Kisaran hargaRp35.000

9. Erto’s Teethgenic Tooth Whitening Cream

Produk pemutih gigi yang multifungsi

Ertos mengembangkan produk ini agar maksimal menciptakan gigi putih alami tanpa efek erosi. Salah satu bahan whitening khusus yang diterapkan ke dalam produk pemutih gigi ini adalah titanium dioxide. Gigi Anda yang kuning karena noda dari tembakau, kopi, dan teh akan kembali putih setelah rutin menggosok gigi dengan produk ini.

Selain menyediakan komponen pemutih mudah serap, Ertos Teethgenic Tooth Whitening Cream juga akan melenyapkan plak-plak yang terbentuk dari sisa-sisa makanan. Belum berhenti di situ, produk pemutih gigi ber-BPOM ini ikut memelihara kesehatan gusi penggunanya. Multifungsi!

TipeKrim/pasta gigi
Bahan pemutihTItanium dioxide
KeamananBPOM NA18181400025
Ukuran/isi20 g
Kisaran hargaRp80.000

10. Nu Skin AP24 Whitening Fluoride Toothpaste

Produk pemutih gigi tanpa peroksida dan harsh abrasives agent

Aksi utama mencerahkan gigi tanpa peroksida membuat produk ini semakin digandrungi orang. Dengan produk ini, Anda yang mengharapkan gigi putih berseri akan merasakan manfaat lain berupa gigi bebas berlubang dan terhindar dari risiko pembentukan plak. Belum selesai, Nu Skin mengandalkan formula vanilla mint ke dalam produk ini, memungkinkan Anda miliki napas lebih segar diiringi gigi bersih sepanjang hari.

Sebagai pengganti fluoride, Nu Skin menerapkan sodium monofluorophosphate, yakni bentuk lain dari fluoride yang diperbolehkan penggunaan bebas untuk mencegah gigi berlubang, memutihkan gigi, dan meghilangkan plak gigi. Selain absen kandungan peroksida, produk pemutih gigi berbentuk pasta ini juga tidak mengandung bahan penggosok yang kasar (harsh abrasives), lho!

TipePasta gigi
Bahan pemutihHydrated silica, aluminum oxide
KeamananBebas peroksida, BPOM NE51191400004
Ukuran/isi110 g
Kisaran hargaRp57.000

Kesimpulan

Sekarang, memiliki gigi putih mempesona dapat terwujud berkat pengaplikasian teratur produk pemutih gigi. Seperti yang Anda lihat pada list rekomendasi di atas, sebagian produk dibanderol seharga ratusan ribu rupiah. Untuk menyelematkan anggaran Anda dari pengeluaran berlebih, pertimbangkanlah produk yang dapat digunakan setiap hari.

Pastikan Anda menggunakan produk pemutih gigi secara teratur mengikuti aturan penerapan yang tercantum. Bila ada area gigi yang sulit dijangkau produk pemutih gigi, Anda bisa membersihkannya di klinik dokter gigi. Semoga Anda berhasil mewujudkan gigi putih cemerlang yang mengesankan!

(Visited 10.547 times, 15 visits today)