Written by 18:56 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Produk Penghilang Kantung Mata Terbaik

Pembesaran kantung mata dipengaruhi oleh faktor penuaan. Namun, kurangnya merawat area di sekitar mata serta kebiasaan hidup yang tidak sehat ikut mendorong pembentukan kantung mata. Anda yang mengalami hal ini bisa memanfaatkan produk penghilang kantung mata. Terdapat cukup banyak pilihan kosmetik yang bisa Anda andalkan, mulai dari krim, gel, dan serum.

Di dalam post ini, kami akan membantu Anda temukan produk penghilang kantung mata terbaik. Meski kebanyakan berbentuk krim yang dipakai malam hari, beberapa produsen mengeluarkan produk dalam wujud serum. Sederet nama memperkenalkan produk penghilang kantung mata, sebut saja Clinique, Sulwhasoo, dan Uriage. Sebelum menengok list-nya, yuk ketahui dulu apakah penyebab timbulnya kantung mata. Selamat membaca!

Apa yang Memicu Terbentuknya Kantung Mata?

Seiring bertambahnya usia, jaringan kulit di sekitar mata mengendur dan melemah secara bertahap. Hal ini kemudian membuat lemak berpindah mengisi area kulit yang lemah tadi, dan semakin lama membentuk kantung yang kian membesar. Pengenduran kulit sewaktu penuaan adalah hal yang tidak bisa dihindari.

Meski demikian, beberapa faktor berkontribusi menciptakan kantung mata atau mata panda, beberapa di antaranya:

  • Tidak mendapatkan waktu tidur cukup dan berkualitas
  • Kebiasaan merokok
  • Alergi
  • Tumpukan cairan, misalnya setelah bangun tidur atau setelah mengonsumsi makanan asin
  • Keturunan (genetik)

Tidak dimungkiri, kantung mata membuat sebagian orang kurang nyaman dan khawatir. Sah-sah saja semisal Anda ingin mengatasinya dengan memakai produk penghilang kantung mata. Namun perlu dipahami, walau kantung mata tampak kurang menarik, keberadaannya tidak membahayakan. Tetapi bila kantung mata yang muncul akibat pembengkakan, sehingga muncul rasa sakit, gatal, dan kulit memerah, segera temui dokter mata untuk ditangani.

Cara Memilih Produk Penghilang Kantung Mata

Setelah melihat faktor-faktor yang menyebabkan kemunculan kantung mata, faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap kantung mata Anda? Setelah memahami poin-poin penyebab di atas, berikutnya Anda perlu selektif memilih produk penghilang kantung mata. Agar tidak kebingungan atau bahkan salah membeli produk, simaklah terlebih dahulu cara memilih produk penghilang kantung mata di bawah ini!

Pilih Jenis Produk yang Mengutamakan Fungsi Menyamarkan Kantung Mata

Jika selama ini paling banyak dijumpai produk berbentuk krim, sekarang, kosmetik untuk menghilangkan kantung mata terdiri dari beberapa jenis, misalnya serum, lotion, dan gel. Masing-masing jenis menawarkan efektivitas yang boleh jadi berbeda, namun secara mendasar, tidak ada perbedaan mencolok sehingga Anda hanya perlu memilih  yang paling sesuai kebutuhan Anda.

Bila tujuan Anda untuk menyamarkan kantung mata, carilah produk yang mengantongi bahan aktif utama dengan fungsi menyamarkan kantung mata. Oleh karena tidak ada jaminan kesamaan kondisi kulit di antara masing-masing orang, maka Anda perlu mengecek lebih jauh bagaimana produk bekerja mengatasi berbagai keluhan yang dialami oleh Anda.

Pilih yang Mengandung Pelembap untuk Meningkatkan Elastisitas Kulit

Tahukah Anda kalau keringnya kulit menjadi salah satu faktor yang berkontribusi besar terhadap pengenduran kulit? Hal tersebut dikarenakan kulit yang sangat tipis di sekitar mata tidak mampu menahan ceramide untuk menjalankan fungsinya melembapkan kulit. Untuk itu, bagi Anda yang mengalami permasalahan kulit wajah kering, carilah produk penghilang kantung mata berkandungan pelembap.

Bahan pelembap paling umum digunakan pada kosmetik perawatan kulit antara lain hyaluronic acid, ceramide, elastin, dan kolagen. Lebih dianjurkan memilih produk yang mengandung bahan pelembap ceramide dan collagen. Alasannya, seiring bertambahnya umur, jumlah ceramide dan kolagen di dalam kulit akan semakin berkurang, sehingga elastisitas kulit pun menurun.

Pastikan Terdapat Kandungan yang Berperan sebagai Anti-Aging

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab utama kemunculan kantung mata adalah pengenduran kulit akibat proses penuaan (aging). Oleh kareana itu, sangat penting mencari produk penghilang kantung mata yang kaya akan bahan-bahan anti-aging.

Komponen yang terkenal akan kemampuan anti-aging salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C mengandung antioksidan tinggi yang berperan baik mencegah penuaan pada kulit. Untuk merasakan khasiat yang lebih maksimal, kami menyarankan Anda memilih produk yang menggunakan turunan vitamin C atau vitamin C derrivatives.

Zat yang dikelompokkan sebagai turunan vitamin C memiliki unsur lebih stabil sehingga efek kerjanya pun lebih mudah dirasakan tubuh dalam waktu lama. Selain vitamin C derrivatives, agen yang tinggi antioksidan lainnya antara lain polyphenol, astaxanthin, dan pycnogenol.

Selain vitamin C, kami juga menyarankan agar Anda mencari produk berisikan neuropeptide. Neuropeptide akan menstimulasi kolagen yang beraperan baik meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan neuropeptide pada produk penghilang kantung mata efektif pula meningkatkan daya tahan kulit sekaligus mertakan warna dan tekstur permukaan kulit di area mata.

Produk yang Mengandung Retinol dapat Mencerahkan Area Kulit di Sekitar Mata

Di samping mengandung bahan pelembap dan anti-aging, produk yang dapat mengaktifkan metabolisme kulit seperti vitamin B3 dan AHA (Alpha Hydroxy Acid) memungkinkan Anda peroleh khasiat lebih banyak. Sementara itu, kandungan retinol yang merupakan wujud hewani dari vitamin A berguna untuk mencerahkan warna kulit di sekitar mata.

Selain mencerahkan, retinol ikut membantu proses regenerasi sel-sel kulit baru, sehingga lingkaran hitam yang tampak pada area mata akan menghilang. Jika Anda bermaksud membeli produk penghilang kantung mata yang mengandung retinol, pastikan untuk memakainya di malam hari agar memberikan hasil yang maksimal.

Cek Keamanan Bahan-bahan pada Setiap Produk

Saat menentukan produk kosmetik topikal, penting untuk mengecek kecocokannya terhadap kulit Anda. Tak hanya itu, produk yang aman juga akan menghindarkan Anda dari permasalahan iritasi atau potensi buruk lainnya. Maka dari itulah, kami merekomendasikan Anda memilih produk bebas fragrance, pewarna buatan, alkohol, paraben, mineral oil, surfaktan, dan zat lain yang memungkinkan timbulnya dampak negatif pada kulit.

Bila sulit menemukan produk berkarakteristik demikian, tetap lebih aman untuk memilih produk dengan komponen tambahan seminimal mungkin. Produk yang mengadopsi minimal ingredients juga dapat Anda pilih. Bacalah selalu kandungan pada setiap produk yang tercantum pada kemasan agar Anda tidak waswas setiap kali memakainya.

10 Rekomendasi Produk Penghilang Kantung Mata Terbaik

Sudah mengingat poin-poin apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih produk? Jika sudah, kini saatnya untuk Anda pilih salah satu produk penghilang kantung mata terbaik dalam daftar berikut. Selain memeriksa kandungan dan fungsi kerjanya, cek juga teksturnya agar nyaman untuk dipakai jangka panjang, ya!

1. Sulwhasoo Timetreasure Renovating Eye Cream EX

Tekstur rich menjadikan kulit ekstra lembap, halus, dan kencang

Kemunculan tanda-tanda penuaan menjadi momok bagi banyak wanita, apakah Anda termasuk salah satunya? Yuk, sudahi keresahan Anda dengan produk penghilang kantung mata ini. Krim anti-aging berkandungan pinus merah dari Sulwhasoo merupakan solusi praktis untuk Anda yang ingin terlihat awet muda dengan kulit tetap kencang.

Pinus merah yang digunakan mengantongi komponen DAA untuk menekan penuaan kulit. Sulwhasoo Timetreasure Renovating Eye Cream EX dilengkapi ginseng merah dan ginseng putih untuk peran aktif mencerahkan kulit di bawah mata. Kedua bahan alam tersebut juga berguna untuk menyamarkan garis halus agar tekstur kulit tampak merata.

Jenis Krim
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan pencerah
Klaim keamanan Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, allergen-free, cruelty-free
Ukuran 25 ml
Kisaran harga Rp3.200.000

2. Biokos Vital Nutrition Nutrient Eye Cream

Sudah dibuktikan secara klinis melibatkan banyak orang

Krim mata besutan Biokos satu ini tersusun dari kebaikan bahan-bahan alami yang diproses secara higienis menggunakan advance technology. Para dermatolog merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin menghilangkan tanda-tanda penuaan dini di area mata. Efek melembapkan dan mengencangkan kulit juga dimampukan oleh Vital Nutrition Nutrient Eye Cream.

Produk ini memiliki tekstur gel ringan dan sedikit watery, sehingga cepat meresap ke lapisan kulit di sekitar mata. Dianjurkan penggunaan malam hari menjelang tidur agar mata yang terasa segar dirasakan pagi harinya. Tak perlu ragu soal kualitas karena Biokos telah menguji klinis produk di atas kepada 27 subjek, dengan hasil 81% lebih lembap, 89% lebih cerah, dan 96% lebih kencang.

Jenis Krim
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan pencerah
Klaim keamanan Dermatologically tested, clinically proven, no animal testing
Ukuran 12 gr
Kisaran harga Rp58.000

3. Clinique All About Eyes™ Serum De-Puffing Eye Massage

Dengan rollerball yang mendinginkan dan merelaksasikan otot-otot sekitar mata

Clinique mengeluarkan produk untuk menyamarkan lingkar hitam dengan efek menenangkan. Alih-alih dioleskan, kosmetik ini diaplikasikan dengan cara memijat di area kulit mata. Adanya rollerball memudahkan Anda memberikan efek pemijatan.

Lakukanlah secara lembut dengan aturan yang tertera pada kemasan. Serum penghilang kantung mata ini tidak mengandung minyak serta sudah teruji aman oleh dokter spesialis mata. Bahan lain di dalamnya pun terbukti tidak mengiritasi kulit. Justru, kehadiran antioksidan dan kafein menjadi bahan penting yang ampuh melawan lingkar hitam dan mengempeskan kantung mata.

Jenis Serum
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan pencerah
Klaim keamanan Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free
Ukuran 15 ml
Kisaran harga Rp515.000

4. Joylab Eye on Diet Cream

Ampuh redakan puffy eyes, dark circle, dan kantung mata

Permukaan kulit yang elastis dan bebas kantung mata bisa Anda wujudkan bersama Joylab Eye on Diet Cream. Produk dalam bentuk krim mata ini menggabungkan viscosity boosting agent seperti paraffin dan glyceryl stearate yang didesain untuk membantu metabolisme kulit. Berkatnya, permukaan kulit terhidrasi dan kantung mata pun berkurang.

Bagi Anda yang mengalami permasalahan lingkar hitam disertai penampilan bengkak, produk tanpa alkohol, sulfat, dan paraben ini secara efektif meredakan kondisi tersebut. Produk ini lebih diutamakan untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering, namun buat kulit berminyak, normal, dan sensitif juga aman menggunakannya.

Jenis Krim
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan pencerah
Klaim keamanan Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, cruelty-free
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp85.000

5. Uriage EAU Thermale Water Eye Contour Cream

Mengurangi hingga 41% tampilan kantung mata dan lingkaran hitam

Mata yang lelah sangat rentan memunculkan garis kerutan dan kantung mata. Ayo kurangi dengan produk ini! Uriage EAU Thermale Water Eye Contour Cream memberikan efek smoothing yang akan mengurangi munculnya garis-garis halus akbat dehidrasi dan kelelahan. Penampakan lingkaran hitam turut dikurangi sekaligus memberikan perasaan segar.

Produk penghilang kantung mata dengan efek menyegarkan ini bertindak dengan melembapkan lapisan epidermis pada kontur mata. Kandungan air yang tinggi membantu membentuk kembali barrier kulit guna mencapai kelembapan paling optimal. Penggunaan rutin Uriage EAU Thermale Water Eye Contour Cream akan mengurangi kantung mata dan lingkaran hitam hingga 41%.

Jenis Krim
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan pencerah
Klaim keamanan Fragrance-free, paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, allergen-free
Ukuran 15 ml
Kisaran harga Rp245.000

6. 3W Clinic Collagen Eye Cream Whitening

Menyulap mata cantik menggoda tanpa kantung mata. Mau?

Kolagen adalah protein penting bagi kulit untuk menjaga keelastisannya. Tak heran, kantung mata pun muncul begitu mudahnya. Untuk menangani hal ini, percayakan perawatan pada produk besutan 3W Clinic. Dirancang untuk mengontrol kelembapan kulit melalui komponen kolagennya, produk ini akan mengurangi tampilan kantung mata sekaligus menyamarkan kerutan.

3W Clinic menggunakan hydrolyzed collagen untuk memudahkan partikelnya meresap ke lapisan kulit. Walaupun diproduksi oleh brand asli asal Korea Selatan, produk penghilang kantung mata ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harga terjangkau mudah di Indonesia. Yuk, coba sekarang!

Jenis Krim
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan pencerah
Klaim keamanan Sulfate-free, alcohol-free, allergen-free
Ukuran 40 ml
Kisaran harga Rp65.000

7. Raiku Eye Serum

Nyaman diaplikasikan sebelum menerapkan makeup

Bagi Anda yang kurang nyaman menggunakan produk bertekstur rich pasti akan menyukai produk ini. Dirancang bertekstur menyerupai krim dengan konsistensi ringan, Raiku Eye Cream bakal menjadi holy grail untuk merawat kantung mata Anda. Selain ringan, teksturnya pun cepat terserap sehingga tidak meninggalkan residu apa pun. Kesan lengket? Tidak juga, kok!

Raiku Eye Cream mengantongi 4 bahan aktif, yakni squalene, minyak jojoba, camellia seed oil, dan niacinamide. Kombinasi squalene dan jojoba oil akan bekerja menghaluskan dan melembapkan kulit. Sementara itu, camellia seed oil dan niacinamide berperan mencerahkan lingkaran gelap sekaligus meremajakan kulit di sekitar mata.

Jenis Krim
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan pencerah
Klaim keamanan Tidak dicantumkan
Ukuran 30 ml
Kisaran harga Rp148.000

8. Sebamed Q10 Lifting Eye Cream

Menjanjikan kerutan pada area mata berkurang dalam 28 hari pemakaian

Memasuki usia kepala tiga, tanda-tanda penuaan mulai nampak di permukaan wajah. Buat Anda yang ingin memelihara kulit muda sejak usia 30-an, mulailah rutin menggunakan Sebamed Q10 Lifting Eye Cream. Produk ini mengandung Coenzym Q10 sebagai bahan alami untuk mengaktifkan metabolisme energi pada tingkat sel.

Sebamed menjanjikan hasil kulit yang teremajakan di area mata. Didukung perpaduan phytopeptides dan mucopolysaccharides, produk penghilang kantung mata ini semakin intensif memberikan kelembapan. Tak lupa, keberadaan shea butter, minyak almond, dan alpukat di dalamnya menjadi sumber lipis yang akan menutrisi, melindungi, dan menghaluskan kulit.

Jenis Krim
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan pencerah
Klaim keamanan Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free, dermatologically tested
Ukuran 15 ml
Kisaran harga Rp184.000

9. Bioderma Sensibio Eye Contour Gel

Krimnya tidak perih saat terkena mata

Bioderma mempersembahkan produk penghilang kantung mata untuk kulit sensitif. Bagi Anda yang berkulit sensitif, Sensibio Eye Contour Gel takkan menimbulkan rasa mengganggu dan efek iritasi di sekitar mata. Guna mencapai keinginan tersebut, Bioderma menngandalkan bahan paten alami dari DAF (Dermatological Advanced Formulation) untuk mengurangi reaksi iritatif pada kulit.

Bila kantung mata Anda diiringi pembengkakan, kandungan kafeinnya akan mengempeskannya secara perlahan. Oleh karena didesain khusus untuk kulit sensitif, produk bertekstur creamy gel ini tidak perih apabila terkena mata. Bagi pengguna lensa kontak, Bioderma Sensibio Eye Contour Gel juga aman, lho!

Jenis Krim
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan pencerah
Klaim keamanan Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, allergen-free
Ukuran 15 ml
Kisaran harga Rp275.000

10. Lacoco Intensive Treatment Eye Serum

Memadukan komponen berkonsentrasi tinggi yang ampuh menghambat penuaan kulit

Lacoco Intensive Treatment Eye Serum dikemas secara khusus untuk kulit sekitaran mata. Konsentrasi bahan-bahan tinggi tercantum di dalamnya, memberikan efek perawatan maksimal. Walaupun berkonsentrasi tinggi, serum penghilang kantung mata ini sangat nyaman, cepat terserap oleh kulit, serta tidak meninggalkan kesan lengket.

Kebaikan vitamin A dan C dapat Anda temukan pada produk ini. Seperti yang disebutkan di atas, kombinasi antioksidan dari vitamin C dan retinol dari vitamin A akan meningkatkan kecerahan kulit sekaligus menekan proses penuaan yang terjadi di sekitaran kulit mata. Kandungan lainnya yaitu lidah buaya, menjadi bahan penting yang tidak hanya menjaga kulit tetap lembap, melainkan menstimulasi fibroblast cell yang akan merangsang produksi kolagen.

Jenis Serum
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan pencerah
Klaim keamanan Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free, allergen-free, fungal acne (malassezia) safe, minimal ingredients
Ukuran 15 ml
Kisaran harga Rp190.000

Panduan Tepat untuk Mencegah Kemunculan Kantung Mata

Sejauh ini, kita sudah melihat bersama mengapa kantung mata bisa muncul berikut panduan pemilihan dan rekomendasi produk penghilang kantung mata. Tentu kami berharap Anda berhasil menghilangkan kantung mata yang mengganggu penampilan.

Namun, akan lebih menguntungkan bilamana Anda menerapkan tindakan preventif sebelum kantung mata muncul. Di bawah ini 2 tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya kantung mata.

Lebih Sering Menggerakkan Otot-otot Wajah

Aktif Mengekspresikan wajah dapat membantu mengurangi potensi pembentukan kantung mata. Oleh karena itu, sesekali lakukanlah senam wajah untuk melatih otot-otot agar tetap kencang dan tidak kaku. Terutama bagi Anda yang dituntut untuk sering menghadap layar monitor, bersenam wajah akan menjaga wajah Anda terlihat fresh dan awet muda.

Anda bisa melakukan senam wajah di rumah agar tidak menarik perhatian orang banyak. Bersenam wajah merupakan kegiatan yang menyenangkan, mudah dilakukan, dan praktis tidak memerlukan biaya apa pun untuk membayar keanggotaan layaknya di gym.

Berikut kami cantumkan video senam wajah yang dapat Anda ikuti. Lakukan sesering mungkin, ya!

Rawat Kulit di Sekitar Mata secara Lembut

Berkegiatan sehari-sehari mengharuskan Anda untuk senantiasa ber-makeup? Eits, saat membersihkannya, lakukan secara hati-hati, ya! Kulit di area mata yang tipis sangat rentan terhadap tekanan dan gosokan yang Anda berikan saat membersihkan makeup. Pastikan untuk menggunakan spons lembut atau makeup remover khusus, kemudian hapus makeup secara perlahan agar tidak merusak permukaan kulit sekitar mata.

Kesimpulan

Penuaan menjadi proses yang tidak bisa dihindari semua orang. Lapisan dermis yang menua mendorong pembentukan kantung mata. Di tempat lain, kantung mata dapat pula muncul akibat melemahnya otot-otot wajah karena jarang mengubah ekspresi wajah.

Dengan mengaplikasikan produk penghilang kantung mata, secara berangsur warna gelap kantung mata tersamarkan. Jika dibantu dengan rutin merawat area kulit di sekitar mata, kantung mata akan sedikit mengecil. Dari sepuluh produk penghilang kantung mata terbaik di atas, kami harap Anda menemukan satu yang paling cocok. Semoga berhasil!

(Visited 6.256 times, 10 visits today)