Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak

Suplemen otak alias nootropics sangat digemari banyak orang karena diklaim mampu menajamkan fokus dan melancarkan proses berpikir. Tak hanya itu, suplemen otak juga bermanfaat untuk mengurangi risiko pikun di usia lanjut. Agar manfaatnya terasa, diperlukan ketelitian ekstra dalam memilih suplemen untuk kecerdasan otak.

Ada banyak pilihan suplemen kecerdasan otak,  misalnya Nature’s Bounty, Life Extension, dan Viva Naturals. Supaya terhindar dari merek yang tidak kredibel, kami akan bahas cara memilihnya di artikel ini. Selain itu, kami juga mengumpulkan sepuluh suplemen kecerdasan otak berkualitas sebagai referensi Anda. Baca sampai habis, ya!

Siapa Saja yang Perlu Mengonsumsi Suplemen Kecerdasan Otak?

Pertama-tama, Anda harus paham bahwa tidak semua orang dapat begitu saja merasakan manfaat dari konsumsi suplemen kecerdasan otak. Relatif hanya orang-orang dengan kondisi medis tertentu yang dapat merasakannya.

Orang yang mengalami defisiensi nutrisi adalah salah satu yang dapat menerima manfaat utuh suplemen otak. Defisiensi nutrisi biasanya diakibatkan tidak seimbangnya pola makan. Dapat pula diakibatkan penyakit atau pengobatan tertentu yang memengaruhi daya serap tubuh terhadap nutrisi.

Seseorang yang mengalami defisiensi nutrisi tertentu akan menunjukkan gejala, misalnya mudah depresi pada orang yang kekurangan omega-3. Suplemen nutropik omega-3 dapat membantu mencukupi asupan nutrisi dan meredakan gejala defisiensi omega-3. Akan tetapi, para ahli tetap lebih menyarankan untuk memasok asupan langsung dari makanan asli, misalnya ikan salmon kaya omega-3.

Dengan kata lain, orang yang sepenuhnya sehat dan asupan nutrisinya cukup kemungkinan besar tidak akan merasakan manfaat. Hal ini dikonfirmasi oleh Global Council on Brain Health (GCBH). Dalam laporan yang mereka rilis pada 2019, dijelaskan bahwa manfaat yang orang sehat rasakan dari konsumsi nutropik kemungkinan besar hanya efek plasebo.

Kendati demikian, orang sehat bisa saja sungguhan merasakan manfaat nutropik, tapi hanya dalam jangka pendek. Misalnya, lebih mudah fokus setelah minum nutropik berkandungan kafein. Tetapi, lagi-lagi efektivitasnya berbeda pada setiap orang. Sebab itu, pengaruh konsumsi nutropik cenderung inkonsisten.

Kesimpulannya, orang yang perlu mengonsumsi suplemen untuk kecerdasan otak adalah mereka yang mengalami defisiensi nutrisi, atau mengalami penurunan ketajaman memori (gejala pikun) yang masih di tahap ringan. Itu pun harus konsultasi ke dokter terlebih dulu agar tipe nutrisi yang Anda peroleh tepat.

Sementara itu, Anda yang sehat boleh-boleh saja mengonsumsi nutropik. Namun, atur ekspektasinya agar tidak kecewa bila pengaruhnya tidak begitu terasa. Agar lebih aman, Anda yang sehat pun sebaiknya konsultasi ke dokter dulu sebelum mencoba mengonsumsi suplemen otak.

Cara Memilih Suplemen untuk Kecerdasan Otak

Sebisa mungkin, Anda tentu menginginkan efek nyata dari konsumsi suplemen otak. Sebab itu, Anda perlu ekstra teliti. Perhatikanlah kandungan nutrisi apa saja yang penting, bahan makanan yang terbukti baik untuk otak, dan bentuk sediaannya.

Kenali Apa Saja Kandungan yang Penting

Ada banyak jenis kandungan pada suplemen untuk kecerdasan otak. Kami akan menampilkan beberapa yang paling populer saja.

Omega-3

blank

Kalau berkaitan dengan kecerdasan otak, omega-3 adalah nutrisi yang paling populer. Anda tentu paham bagaimana para orang tua kerap menyuruh anak mereka minum minyak ikan yang kaya akan omega-3. Harapannya kecerdasan anak bertambah, bahkan IQ-nya naik. Pun orang dewasa banyak meminumnya dengan ekspektasi mengurangi risiko pikun di hari tua.

Ada tiga jenis omega-3: EPA, DHA, dan ALA. Tetapi yang berkhasiat untuk otak hanya EPA dan DHA. Jumlah konsumsi EPA dan DHA yang direkomendasikan per hari adalah 250 sampai 500 miligram. Jangan coba-coba mengonsumsinya berlebihan, apalagi bila Anda menderita diabetes. Sebab, konsumsi tinggi omega-3 merangsang produksi glukosa di dalam tubuh.

L-theanine

blank

L-theanine mungkin tak asing lagi untuk pengidap bipolar. Asam amino ini memang terkenal berkhasiat meredakan rasa cemas, stres, dan insomnia. Sementara pada orang sehat, L-theanine dapat meningkatkan daya fokus dan membantu relaksasi. Meski aman, L-theanine tidak memiliki anjuran dosis yang baku. Sebab itu, Anda wajib konsultasi ke dokter dulu sebelum mengonsumsi suplemennya.

Kafein

blank

Kafein adalah stimulan alami yang mampu mempertajam fokus, kewaspadaan, dan mengusir kantuk. Jika dikonsumsi rutin, bermanfaat pula untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. Jumlah konsumsi kafein yang direkomendasikan adalah 400 miligram per hari.

Kafein adalah salah satu kandungan yang sering dipakai dalam suplemen otak. Agar khasiatnya lebih terasa, biasanya dikombinasikan dengan L-theanine. Pengombinasian ini juga bertujuan agar L-theanine menetralisir efek samping yang ditimbulkan kafein, yakni rasa cemas, susah tidur, dan detak jantung tak teratur.

Magnesium L-threonate

blank

Magnesium ada banyak tipe yang masing-masing berbeda fungsinya. Untuk otak, jenis yang paling berkhasiat adalah magnesium L-threonate. Pada hewan, magnesium jenis ini merupakan yang paling efektif untuk meningkatkan kadar magnesium dalam otak. Sementara pada manusia, berkhasiat meringankan depresi dan menurunkan risiko pikun karena usia lanjut.

Vitamin B

blank

Vitamin B yang secara langsung bermanfaat untuk otak adalah vitamin B1 (tiamin), B3 (niasin), B6 (piridoksin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin). Asupan vitamin B umumnya sudah tercukupi dalam makanan sehari-hari. Sebab itu, hanya konsumsi suplemen vitamin B bila Anda mengalami defisiensi. Biasanya orang yang defisiensi vitamin B adalah yang umurnya 50 tahun ke atas, perempuan hamil, dan vegetarian.

Vitamin C

blank

Salah satu penyebab naiknya risiko demensia adalah jumlah radikal bebas dalam tubuh yang berlebihan (istilahnya stres oksidatif), dan inflamasi di dekat sistem saraf pusat. Itu sebabnya vitamin C yang merupakan antioksidan kuat sangat penting untuk otak. Adapun asupan harian yang dianjurkan adalah 75 miligram untuk perempuan dan 90 miligram untuk laki-laki.

Vitamin E

blank

Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang penting dalam tubuh. Di otak, vitamin ini bekerja dengan melarutkan dirinya ke dalam lemak omega-3 untuk melindungi kandungannya dari oksidasi.

Di samping itu, beberapa ahli kesehatan mengklaim alfa tokoferol (salah satu bentuk vitamin E) dapat mengurangi risiko depresi dan demensia. Asupan vitamin E harian yang dianjurkan untuk orang berusia di atas 14 tahun adalah 15 miligram.

Pilih Bentuk Sediaan yang Nyaman Dikonsumsi

blank

Suplemen untuk kecerdasan otak umumnya berbentuk kapsul. Meski begitu, ada juga yang berbentuk kapsul softgel (umumnya untuk minyak ikan). Bentuk kapsul memang lebih disukai karena tidak terasa pahit, sementara isinya yang bubuk gampang diserap oleh tubuh. Alternatifnya, Anda dapat mencoba bentuk cair yang juga mudah dan cepat diserap tubuh, tapi rasanya mungkin kurang enak di lidah.

Terlepas dari seberapa mudah dan cepat kandungannya diserap tubuh, tetaplah memilih bentuk sediaan yang paling nyaman dikonsumsi oleh Anda. Jika Anda tipe orang yang kesulitan menelan kapsul atau tablet, pilihlah yang cair. Kalau tidak ada, Anda dapat membuka suplemen kapsul dan melarutkan bubuknya pakai air. Namun menurut banyak ahli, metode ini dianggap dapat mengurangi efektivitas kandungan.

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak

Jika Anda telah memahami poin-poin cara memilih di atas, di bagian ini kami telah mengumpulkan sepuluh suplemen untuk kecerdasan otak terbaik dari berbagai merek. Pastikan untuk memilih yang kandungannya sesuai dengan anjuran dokter Anda.

1. Nature’s Bounty Acetyl L-Carnitine HCl

Mengurangi risiko gangguan memori usia lanjut

Persiapkan diri Anda untuk menyambut hari tua saat ini juga. Asupan teratur Acetyl L-Cartinine (ALCAR) ini membantu mengurangi risiko gangguan memori usia lanjut yang dapat berkembang menjadi Alzheimer.

Di sisi lain, untuk lansia yang tidak mengidap Alzheimer, asupan ALCAR juga berefek positif pada keseluruhan fungsi otak. Alhasil, performa otak Anda di masa tua nyaris sama cemerlangnya seperti saat masih muda!

Kandungan Acetyl L-Carnitine HCl, Alpha Lipoic Acid
Bentuk sediaan Kapsul
Kisaran harga Rp409.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

2. Nootropics Depot Caffeine L-Theanine

Sahabat setia para pekerja lembur

Produk ini mengusung formula pamungkas kombinasi kafein dan L-theanine, cocok sekali untuk para pekerja yang sering lembur. Suplemen ini akan bekerja menyingkirkan kelelahan mental sementara, mengusir kantuk, serta mengambalikan stamina dan konsenterasi untuk lanjut kerja.

Suplemen otak ini juga bisa menjadi alternatif kalau Anda bosan minum kopi. Meski begitu, jika Anda orang yang tidak boleh minum kopi—seperti penderita maag atau gangguan rasa cemas—sebaiknya hindari produk ini. Alternatifnya, Anda dapat coba varian produk Nootropics Depot yang hanya mengandung L-theanine saja.

Kandungan Caffeine, L-Theanine
Bentuk sediaan Kapsul
Kisaran harga Rp739.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

3. Nootropics Depot Synapsa Bacopa Monnieri

Bermanfaat untuk hari ini, esok, dan senja

Asupan rutin bacopa monnieri bermanfaat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek performa kognitif jadi meningkat. Sedangkan pada jangka panjang, memori tetap terjaga. Suplemen ini bakal meminimalisir risiko pikun, serta mempertahankan kecepatan otak dalam memproses informasi visual dan kemampuan belajar.

Kandungan Bacopa Monnieri
Bentuk sediaan Kapsul
Kisaran harga Rp759.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Life Extension Neuro-Mag Magnesium L-Threonate

Mengatasi defisiensi magnesium yang umum di usia lanjut

Di usia lanjut, defisiensi magnesium adalah fenomena yang umum. Untuk memastikan asupannya tetap cukup, Anda dapat mencoba suplemen ini. L-threonate merupakan bentuk magnesium yang paling mudah diserap otak. Alhasil, kerjanya lebih maksimal dibanding bentuk magnesium lainnya. Minumlah sebelum tidur untuk pikiran yang lebih jernih besok paginya!

Kandungan Magnesium L-Threonate
Bentuk sediaan Kapsul
Kisaran harga Rp699.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Viva Naturals Omega-3 Fish Oil

Memiliki kandungan omega-3 lebih tinggi dibanding merek minyak ikan lainnya

Ada banyak sekali merek suplemen omega-3, lantas kenapa kami rekomendasikan Viva Naturals? Pertama, kandungan omega-3-nya sangat tinggi, yakni mencapai 2.000 miligram yang terdiri dari 1.400 miligram EPA dan 480 miligram DHA. Angka ini jauh di atas kebanyakan minyak ikan lain yang hanya berkisar di angka 1.000 miligram. Efeknya, produk ini sangat manjur untuk orang yang defisiensi serius omega-3.

Alasan kedua, minyak ikan yang terkandung berbentuk triglyceride yang lebih mudah dan cepat diserap tubuh. Khasiatnya pun lebih mudah terasa pada usia lanjut yang kemampuan penyerapan nutrisinya telah menurun. Selain itu, minyak ikan ini tidak memiliki bau amis maupun meninggalkan sisa rasa amis di mulut.

Kandungan Fish oil, omega-3, EPA, DHA
Bentuk sediaan Softgel
Kisaran harga Rp1.159.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Blackmores Vegan Omega-3 Oil

Solusi omega-3 untuk vegan!

Kebanyakan produk mengambil kandungan omega-3 dari minyak ikan yang merupakan ekstrak lemak ikan. Sebab itu, tidak cocok untuk Anda yang vegan atau vegetarian. Kendati begitu, bukan berarti Anda tidak dapat mengasup omega-3.

Produk Blackmores ini misalnya, terbuat dari minyak biji rami (linseed oil). Bebas dari nutrisi hewani, sehingga aman untuk vegan. Jangan khawatir, jumlah kandungan dan khasiatnya sama seperti minyak ikan pada umumnya, kok!

Kandungan Omega-3
Bentuk sediaan Kapsul
Kisaran harga Rp675.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Nature’s Bounty Ginkgo Biloba

Menatap hari tua dengan percaya diri

Kelak, Anda tentu tidak ingin menjadi lansia yang mudah lupa dan lamban berpikir. Jagalah kemampuan mengingat dan daya pikir Anda dengan ekstrak ginkgo biloba yang berkhasiat melancarkan sirkulasi dan fungsi otak. Tidak hanya di hari tua, tapi juga saat ini. Bila Anda lihat ulasannya di internet, banyak yang mengaku dapat mengingat lebih baik setelah mengonsumsi produk ini!

Kandungan Ekstrak ginkgo biloba
Bentuk sediaan Kapsul
Kisaran harga Rp389.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

8. Now Foods Alpha GPC

blank

Sumber: Nowfoods.com

Sumber kolin yang lebih cepat diserap

Kolin ialah nutrisi yang digunakan tubuh untuk memproduksi asetilkolin (zat penghantar rangsangan saraf) yang sangat dibutuhkan oleh sistem saraf. Zat ini berhubungan erat dengan ketajaman memori dan kemampuan belajar. Alpha GPC merupakan sumber kolin yang lebih mudah diserap. Alhasil, khasiatnya pun lebih cepat terasa.

Kandungan L-alpha-glycerylphosphorylcholine
Bentuk sediaan Kapsul
Kisaran harga Rp550.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Puritan’s Pride Methylcobalamin Vitamin B-12 1000 mcg

Vitamin B12 dalam bentuk terbaiknya!

Vitamin B12 perlu diubah oleh tubuh menjadi metilkobalamin sebelum dapat diserap. Pada produk ini, vitamin B12-nya sudah berada dalam bentuk metilkobalamin sehingga dapat langsung diserap. Hal ini sangat memudahkan khususnya untuk lansia yang daya penyerapan vitamin B12-nya telah menurun.

Kandungan Vitamin B-12
Bentuk sediaan Microlozenges
Kisaran harga5 Rp185.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Nootropics Depot Lion’s Mane Mushroom Capsules

Berpotensi melindungi otak dari demensia dan penyakit Alzheimer

Jamur lion’s mane alias surai singa terkenal sangat berkhasiat untuk kesehatan otak. Selain dapat meringankan rasa cemas dan depresi, suplemen ini juga berpotensi melindungi otak Anda dari demensia dan Alzheimer.

Banyak juga pengguna produk ini yang merasa lebih mudah fokus. Meski begitu, penelitian juga mencatat bahwa fungsi peningkatan kognitif yang dirasakan hanya terasa jika diminum secara rutin. Begitu berhenti, khasiatnya pun menghilang.

Kandungan Lion’s Mane 8:1 Extract
Bentuk sediaan Kapsul
Kisaran harga Rp619.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Suplemen untuk Kecerdasan Otak

Produk Nature’s Bounty Acetyl L-Carnitine HCl Nootropics Depot Caffeine L-Theanine Nootropics Depot Synapsa Bacopa Monnieri Life Extension Neuro-Mag Magnesium   L-Threonate Viva Naturals Omega-3 Fish Oil Blackmores Vegan Omega-3 Oil Nature’s Bounty Ginkgo Biloba Now Foods Alpha GPC Puritan’s Pride Methylcobalamin Vitamin B-12   1000 mcg Nootropics Depot Lion’s Mane Mushroom   Capsules
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan Acetyl L-Carnitine HCl, Alpha Lipoic Acid Caffeine, L-Theanine Bacopa Monnieri Magnesium L-Threonate Fish oil, omega-3, EPA, DHA Omega-3 Ekstrak ginkgo biloba L-alpha-glycerylphosphorylcholine Vitamin B-12 Lion’s Mane 8:1 Extract
Bentuk sediaan Kapsul Kapsul Kapsul Kapsul Softgel Kapsul Kapsul Kapsul Microlozenges Kapsul
Kisaran harga Rp409.000 Rp739.000 Rp759.000 Rp699.000 Rp1.159.000 Rp675.000 Rp389.000 Rp550.000 Rp185.000 Rp619.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Shopeehttps://shopee.co.id/search?keyword=nootropics%20depot%20caffeine%20l-theanine target='_blank' rel='nofollow sponsored' class='btn-mp'>Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia

Kenali juga Makanan dan Bahan Alami yang Terbukti Bermanfaat untuk Otak

Selain kandungan di atas, Anda dapat coba makanan dan bahan-bahan alami berikut ini yang juga sering diasosiasikan dengan kesehatan otak. Anda dapat memasak atau mengolah bahan mentahnya sendiri agar khasiatnya lebih maksimal. Alternatifnya, Anda juga dapat mencari suplemen yang mengandung ekstrak bahan-bahan di bawah ini.

Ikan Salmon

blank

Sebuah penelitian di Inggris mengindikasikan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi setidaknya 12 ons ikan salmon tiap minggu melahirkan anak dengan IQ yang lebih tinggi. Tidak mengherankan, sebab ikan salmon memang salah satu bahan makanan berkandungan omega-3 paling tinggi.

Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya, omega-3 adalah salah satu kandungan terpenting untuk otak. Kandungan lemak tak jenuh gandanya juga memiliki relasi dengan perbaikan kondisi psikosis, defisit kognitif, dan ADHD. Sebab itu, jika Anda menginginkan asupan omega-3 terbaik, rajinlah makan ikan salmon.

Gingseng

blank

Terdapat banyak penelitian yang menunjukkan dampak positif konsumsi ginseng, terutama ginseng Korea (Panax ginseng). Mulai dari perbaikan kesehatan mental, meningkatkan performa kognitif, meringankan kelelahan mental, menambah ketenangan, bahkan kemampuan berhitung.

Tanaman herbal ini juga memberi dampak positif pada fungsi otak penderita Alzheimer. Terdapat dua cara untuk mengonsumsi ginseng. Anda dapat membelinya mentah untuk mengolah sendiri menjadi ramuan herbal atau membeli suplemen yang mengandung ekstraknya.

Gotu Kola

blank

Gotu kola atau dikenal juga dengan sebutan pegagan dan centella asiatica, adalah tanaman herbal yang telah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Khasiatnya sangat banyak, termasuk untuk kesehatan otak.

Pada sebuah penelitian, gotu kola diukur menghasilkan peningkatan fungsi kognitif yang lebih tinggi dari asam folat. Gotu kola juga bermanfaat sebagai antidepresan alami, pun untuk meredakan rasa cemas, stres, dan insomnia. Bahkan, dapat dipakai untuk perawatan penderita Alzheimer!

Ginkgo Biloba

blank

Ginkgo biloba biasa digunakan untuk merawat penderita demensia, Alzheimer, dan skizofrenia. Tanaman ini memang bersifat antioksidan dan antiinflamasi, peredaran darah ke otak pun dibuatnya lebih lancar. Selain itu, ginkgo biloba juga berpotensi meningkatkan fungsi kognitif pada pengidap ADHD, autisme, dan gangguan kecemasan.

Yuk, cek rekomendasi suplemen dengan kandungan yang baik untuk kesehatan otak dari PickyBest lainnya!

Seperti yang telah kita bahas bersama, kandungan omega-3 dan vitamin B kompleks termasuk pilihan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Anda bisa menemukan pilihan suplemen dengan kandungan tersebut secara spesifik dari berbagai merek.

Pada dua artikel berikut, kami tampilkan pilihan suplemen minyak ikan berkandungan omega-3 dan nutrisi penting lain, serta suplemen vitamin B kompleks yang baik untuk otak, saraf, dan masih banyak lagi. Yuk, penuhi kebutuhan nutrisi otak Anda agar tetap sehat!

Kesimpulan

Jadi, dari sepuluh suplemen di atas, mana yang paling cocok untuk Anda? Memilih suplemen untuk kecerdasan otak alias nutropik memang cukup sulit. Mesti mempertimbangkan kandungan nutrisi apa saja yang penting, bahan makanan yang terbukti baik untuk otak, dan bentuk sediannya. Bila ini kali pertama Anda mengonsumsi suplemen otak, lebih baik konsultasi ke dokter dulu sebelum membeli suplemen apapun.

Jangan sampai Anda terlanjur beli produk mahal, tetapi nutrisi yang dibutuhkan ternyata berbeda dari yang dibeli. Lalu, kami ingatkan lagi bahwa suplemen otak yang berkhasiat untuk orang lain, belum tentu berkhasiat untuk Anda. Jangan kecewa dulu bila yang pertama Anda beli ternyata tak cocok. Mudah-mudahan Anda dapat segera menemukan suplemen yang cocok, ya!

Referensi

Supplements for Brain Health Are a Waste of Money, Experts Say
https://www.healthline.com/health-news/supplements-for-brain-health-are-ineffective diakses pada 2 April 2021

Don’t buy into brain health supplements
https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/dont-buy-into-brain-health-supplements diakses pada 2 April 2021

We should never have told people to start taking vitamins
https://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/healthy-living/should-never-people-vitamins-science-health-a7649926.html diakses pada 2 April 2021

What are nootropics (smart drugs)?
https://www.medicalnewstoday.com/articles/326379 diakses pada 2 April 2021

You can’t rely on fish oil supplements in pregnancy to make your children smarter
https://theconversation.com/you-cant-rely-on-fish-oil-supplements-in-pregnancy-to-make-your-children-smarter-74697 diakses pada 2 April 2021

Do DHA Supplements Make Babies Smarter?
https://www.nytimes.com/2017/03/30/well/do-dha-supplements-make-babies-smarter.html diakses pada 2 April 2021

The all-too-understandable urge to buy a better brain
https://www.vox.com/the-goods/2019/7/8/18772467/nootropics-silicon-valley-brain-fitness-goop-smart-drugs diakses pada 2 April 2021

Omega-3 Supplement Guide: What to Buy and Why
https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-supplement-guide diakses pada 2 April 2021

8 Little-Known Side Effects of Too Much Fish Oil
https://www.healthline.com/nutrition/fish-oil-side-effects diakses pada 2 April 2021

9 Health Benefits of Vitamin B12, Based on Science
https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b12-benefits diakses pada 2 April 2021

7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body
https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-benefits diakses pada 2 April 2021

Psychiatrist reveals overlooked vitamin that boosts brain health
https://www.independent.co.uk/life-style/brain-health-vitamin-e-psychiatrist-diet-food-omega-3-a9085621.html diakses pada 2 April 2021

Vitamin E
https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-e/ diakses pada 2 April 2021

Folic Acid: Everything You Need to Know
https://www.healthline.com/nutrition/folic-acid diakses pada 2 April 2021

What You Should Know About L-Theanine
https://www.healthline.com/health/l-theanine diakses pada 2 April 2021

What Is Caffeine, and Is It Good or Bad for Health?
https://www.healthline.com/nutrition/what-is-caffeine diakses pada 2 April 2021

10 Interesting Types of Magnesium (and What to Use Each For)
https://www.healthline.com/health/magnesium-types diakses pada 2 April 2021

Health benefits of salmon
https://www.medicalnewstoday.com/articles/307811 diakses pada 2 April 2021

7 Proven Health Benefits of Ginseng
https://www.healthline.com/nutrition/ginseng-benefits diakses pada 2 April 2021

Everything You Need to Know About Gotu Kola
https://www.healthline.com/health/gotu-kola-benefits diakses pada 2 April 2021

10 Evidence-Based Benefits of Green Tea
https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-green-tea diakses pada 2 April 2021

Mana yang Lebih Baik: Suplemen Vitamin Cair, Bubuk, atau Tablet?
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/bentuk-suplemen-vitamin-yang-terbaik/ diakses pada 2 April 2021

You may also like

Comments are closed.