Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik

Tubuh memerlukan kalsium dan vitamin D untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang dan gigi agar tidak mudah rapuh. Meski bisa didapat secara alami dari makanan sehat dan sinar matahari pagi, terkadang hal itu belum cukup. Dalam kondisi tertentu, Anda membutuhkan suplemen tambahan berupa vitamin tulang.

Berbagai merek vitamin tulang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Redoxon yang berbentuk effervescent, Wellness dengan bentuk tabletnya, dan Ostelin dalam bentuk kapsul. Masih banyak lagi merek vitamin tulang terbaik yang tersedia, tapi manakah yang paling baik? Serta, bagaimana cara memilih vitamin yang tepat? Berikut akan PickyBest rangkum informasinya untuk Anda.

Cara Memilih Vitamin Tulang Terbaik

Untuk memilih vitamin tulang terbaik, Anda perlu memperhatikan kandungan utamanya, yakni kalsium dan vitamin D, dan juga kandungan pendukungnya. Varian bentuk pun bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam mengonsumsinya. Mari kita lihat uraiannya satu per satu.

Pilih yang Kandungan Utamanya berupa Kalsium dan Vitamin D

Pada suplemen vitamin tulang terbaik biasanya mengandung dua mineral penting, yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tulang tetap padat dan kuat, sedangkan vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

Kalsium: Memperkecil Risiko Terjadinya Osteoporosis

Kalsium berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Kalsium terdapat pada sayuran berdaun hijau, produk yang terbuat dari susu, ikan berlemak, dan kacang-kacangan.

Kebutuhan kalsium tidak sama untuk semua orang. Berikut rekomendasinya:

  • Anak usia 9 – 18 tahun dianjurkan mendapatkan 1.300 mg kalsium per hari
  • Usia <50 tahun butuh 1.000 mg kalsium per hari.
  • Usia >51 tahun, jika wanita membutuhkan 1.200 mg per hari dan pria membutuhkan 1000 mg per hari.

Dalam kondisi kesehatan atau diet tertentu, Anda mungkin saja membutuhkan tambahan kalsium dari suplemen vitamin tulang terbaik. Sebaiknya konsumsi suplemen dalam dosis kecil, yakni tak lebih dari 500 mg dalam beberapa kali sehari.

Jangan sampai total kalsium yang masuk ke tubuh melebihi 2.000 mg per hari, karena bisa menyebabkan masalah seperti peningkatan risiko batu ginjal.

Vitamin D: Membantu Maksimalkan Penyerapan Kalsium

blank

Vitamin D berfungsi membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Tanpa vitamin D yang memadai, pembentukan hormon calcitriol (vitamin D aktif) tidak cukup untuk penyerapan kalsium. Pada situasi ini, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang, sehingga membuat tulang menjadi lemah dan kesulitan membentuk tulang baru yang kuat.

Untuk mendapatkan vitamin D yang cukup bisa didapatkan dari 3 sumber:

  1. Sinar matahari pagi.
  2. Diet makanan sehat yang seimbang akan vitamin D.
  3. Vitamin tulang untuk penyerapan kalsium yang lebih maksimal.

The Institute of Medicine menganjurkan konsumsi vitamin D agar tidak kurang dari 4.000 IU (International Units) dalam sehari. Namun, untuk orang yang kekurangan vitamin D, kadang dokter menyarankan dosis yang lebih tinggi.

Perhatikan Kandungan Pendukung yang Juga Baik untuk Tulang

blank

Biasanya vitamin tulang terbaik juga memiliki kandungan pendukung tersebut seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B12, dan magnesium.

  • Vitamin C membantu tubuh membentuk kolagen yang berguna untuk tulang dan gigi. Setidaknya, tubuh memerlukan 500 miligram vitamin C setiap harinya.
  • Vitamin K berfungsi untuk membantu proses pembentukan tulang dan mengoptimalkan penyerapan kalsium.
  • Vitamin B12 berfungsi untuk mencegah pengeroposan dan kerapuhan tulang.
  • Magnesium yang juga mendukung fungsi kalsium. Secara spesifik, magnesium aktif mengangkut kalsium melintasi selaput sel dan mendukung perkembangan struktur jaringan tulang baru.

Pilih Varian Bentuk yang Mudah Dikonsumsi Sehari-hari

Suplemen tersedia dalam beragam bentuk mulai dari tablet effervescent, kapsul, hingga gummy. Anda bisa mempertimbangkan vitamin tulang terbaik dengan varian bentuk tertentu yang sekiranya mudah dikonsumsi sehari-hari. Lalu, apa saja keunggulan dari masing-masing bentuk tersebut?

Tablet Effervescent: Cepat Diserap Tubuh, Lebih Segar saat Diminum

blank

Vitamin tulang terbaik dalam bentuk tablet effervescent didesain untuk sistem penyerapan nutrisi yang efektif dan efisien. Dengan bentuknya yang mudah larut dalam air hanya dalam beberapa waktu, tablet effervescent bisa langsung diminum seperti minuman ringan dan memberikan efek rasa segar saat diminum.

Jika Anda mempunyai lidah sensitif dan terkadang kesulitan dalam mengonsumsi tablet, bentuk tablet effervescent sesuai untuk Anda.

Kapsul: Praktis dan Cocok Dibawa Bepergian

blank

Berbentuk kecil dan lonjong, mempunyai tekstur lunak atau keras, adalah beberapa ciri-ciri kapsul. Bentuk ini didesain untuk melindungi zat aktif di dalamnya, juga agar lebih mudah dikonsumsi.

Sebagai media pembawa obat, kapsul memiliki keunggulan dapat melepaskan zat aktif vitamin lebih cepat di saluran pencernaan. Dengan bentuknya yang kecil, vitamin tulang terbaik jenis ini tergolong praktis dan mudah dibawa bepergian.

Gummy: Rasa Mirip Permen, Mudah Dikonsumsi Anak-anak

blank

Vitamin tulang terbaik satu ini memiliki bentuk seperti permen dengan tekstur kenyal, biasanya memiliki warna dan tampilan yang menarik, serta rasa yang berbeda-beda.

Sebagai tambahan, vitamin ini dapat dikunyah sehingga mudah dikonsumsi anak-anak atau orang yang kesulitan menelan pil. Jika memilih bentuk gummy dengan tambahan gula, pastikan jumlahnya masih dalam batas wajar.

10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik

Berikutnya, Anda dapat memilih merek dan jenis vitamin yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar lebih mudah, kami telah rangkum pilihan produk vitamin tulang terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat memilih!

1. Calcium-D Redoxon (CDR)

blank

Sumber: Cdr.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Suplementasi tulang sehat dengan rasa jeruk segar

Calcium-D Redoxon (CDR) merupakan salah satu produk suplementasi tulang yang sudah lama beredar di pasaran. Tablet effervescent yang dikemas di dalam tube ini memiliki kandungan kalsium, vitamin C, D, dan B6 yang akan membantu menyehatkan tulang orang dewasa serta memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil dan menyusui.

Dengan rasa jeruk yang segar, vitamin tulang terbaik ini juga cocok untuk masa pertumbuhan, masa penyembuhan, membantu memelihara tulang dan gigi yang sehat dan kuat, serta mengatasi gangguan penyerapan makanan.

Kandungan utama Kalsium (250 mg)
Kandungan pendukung Vitamin C (1.000 mg), vitamin D 300 IU
Jenis Tablet effervescent
Takaran saji 1 tablet per hari
Isi 10 butir
Kisaran Harga Rp46.000

2. Wellness Calcium Citrate

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Kalsium untuk orang dewasa, muda, maupun orang tua

Selain mengandung kalsium, Wellness Calcium Citrate juga mengandung vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium, zinc untuk meningkatkan kepadatan tulang, dan magnesium untuk mencegah penumpukan kalsium pada ginjal.

Mempunyai beberapa manfaat seperti mencegah kekurangan kalsium dan menjaga kesehatan tulang, produk ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, muda, maupun orang tua. Bahkan, vitamin tulang terbaik ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang tua karena tidak menimbulkan masalah pada asam lambung.

Kandungan utama Kalsium sitrat (200 mg)
Kandungan pendukung Vitamin D 400 IU, magnesium (10 mg), zinc (2 mg)
Jenis Tablet
Takaran saji 2 tablet per hari
Isi 60 butir
Kisaran Harga Rp184.000

3. Nutrimax Vitamin D3 400 IU

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mempermudah penyerapan vitamin ke dalam tubuh

Vitamin D3 satu ini bersifat water dispersible, yang berarti dapat terdispersi dengan baik di air. Keunggulan ini menjadikan Nutrimax Vitamin D3 400 IU sebagai vitamin D yang mudah diserap ke dalam tubuh.

Bila dikonsumsi sesuai dosisnya, vitamin ini baik untuk mempromosikan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin tulang terbaik ini juga dapat meningkatkan penyerapan dan penggunaan kalsium dan fosfor, mengatur fungsi hormon, mencegah kanker dan kelemahan otot

Kandungan utama Vitamin D3 400 IU
Kandungan pendukung
Jenis Tablet salut selaput
Takaran saji 1 kali per hari
Isi 120 butir
Kisaran Harga Rp130.000

4. Blackmores Calcimag Multi

blank

Sumber: Kalcare.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis

Suplemen tulang terbaik ini mengandung kombinasi kalsium, vitamin D3, magnesium dan vitamin K1 yang baik untuk memaksimalkan kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

Lebih mudah diserap oleh tubuh dan tidak asam, Blackmores Calcimag Multi juga membantu mencegah dan mengobati tulang rapuh terkait dengan osteoporosis ringan. Lebih dari itu, suplemen ini juga dapat meningkatkan kesehatan otot serta fungsi saraf.

Kandungan utama Kalsium sitrat (229,2 mg), cholecalciferol (vitamin D3 200 IU) 5 µg
Kandungan pendukung Magnesium (115,9 mg), asam amino zinc chelate (zinc 2,5 mg) 12,5 mg, asam amino mangan chelate (mangan 1,5 mg) 15 mg, asam askorbat (vitamin C) 60 mg, phytomenadione (vitamin K1) 5 µg, asam folat (100 µg)
Jenis Tablet
Takaran saji Dewasa: 1 – 2 tablet per hari

Anak-anak 9 – 12 tahun: 1 tablet per hari

Isi 60 butir
Kisaran Harga Rp160.000

5. Osteocare Vitabiotics

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Formula kalsium nomor satu di Inggris

Dikembangkan secara ilmiah untuk melengkapi asupan makanan untuk segala usia, Osteocare Vitabiotics memberikan 100% NRV (Nilai Referensi Gizi) kalsium, zinc, dan selenium.

Vitamin tulang terbaik dari Inggris ini pun mengandung magnesium, vitamin D, dan seng yang berkontribusi pada pemeliharaan tulang normal serta cocok untuk vegan.

Kandungan utama Vitamin D (as D3 1.000 IU) 25 µg, kalsium (800 mg)
Kandungan pendukung Magnesium (300 mg), zinc (10 mg), copper (500 µg), manganese (0,5 mg), selenium (0,5 µg), boron (0,6 mg)
Jenis Tablet
Takaran saji 2 tablet per hari
Isi 30 butir
Kisaran Harga Rp109.000

6. Ostelin Vitamin D3 1000IU

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Membantu menjaga kekuatan otot dan tulang bersertifikat halal

Vitamin D adalah nutrisi penting untuk kesehatan, terutama untuk mendukung fungsi otot dan memelihara kekuatan tulang. Itulah sebabnya, Ostelin memformulasikan suplemen vitamin D3 yang mampu membantu proses mineralisasi tulang sekaligus meningkatkan penyerapan kalsium.

Bahan baku vitamin tulang terbaik ini terbuat dari lanolin yang berasal dari bulu domba, membuat produk ini bersertifikat halal. Saat dikonsumsi, sebaiknya ikuti petunjuk penggunaannya, seperti baik untuk dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun dan tidak menggunakannya untuk menggantikan diet seimbang.

Kandungan utama Vitamin D3 1.000 IU
Kandungan pendukung
Jenis Kapsul
Takaran saji Dewasa dan anak >12 tahun: 1 kapsul per hari
Isi 60 butir
Kisaran Harga Rp150.000

7. BioCalci 72 – Ester C

blank

Sumber: Konimex.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak

Suplemen kalsium organik dengan ester C dan vitamin D3

Dapatkan tulang yang kuat dengan gaya hidup sehat dan asupan nutrisi yang baik. Penuhi kebutuhan kalsium Anda dengan mengonsumi vitamin tulang terbaik dari Konimex ini.

Biocalci72 mengandung ester C dan vitamin D3 untuk membantu meningkatkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Sebagai suplemen kalsium organik, produk ini bermanfaat untuk mereka yang memiliki kebutuhan tinggi akan kalsium seperti wanita hamil, menyusui, dan menopause.

Kandungan utama Kalsium (363 mg), vitamin D3 400 IU
Kandungan pendukung Ester-C (300 mg)
Jenis Tablet salut selaput
Takaran saji 1 tablet per hari
Isi 30 butir
Kisaran Harga Rp74.449

8. Bio-Tech Pharmacal Vitamin D3

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Untuk kesehatan tulang, kardiovaskular, neuromuskuler, dan imun tubuh

Bio-Tech Pharmacal adalah vitamin tulang terbaik yang menawarkan vitamin D3 alami (cholecalciferol) yang kering dan larut dalam air untuk meningkatkan dan mempertahankan kadar vitamin D dalam darah.

Kandungan vitamin D3 50.000IU-nya bermanfaat untuk merawat kesehatan tulang, membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan neuromuskuler, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan utama Vitamin D3 50.000 IU (as cholecalciferol) 1.250 µg
Kandungan pendukung
Jenis Kapsul
Takaran saji 1 kapsul per hari
Isi 50 butir
Kisaran Harga Rp250.000

9. Fitkom Gummy Calcium

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Suplemen kunyah yang disukai anak-anak

Fitkom Gummy Calcium merupakan vitamin tulang terbaik berbentuk jeli kenyal yang disukai anak-anak. Suplemen ini kaya akan vitamin D dan kalsium untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi anak.

Selain rasanya yang manis, suplemen ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak-anak di masa pertumbuhannya. Namun, jangan lupa untuk tetap mematuhi dosis hariannya, ya!

Kandungan utama Kalsium, vitamin D
Kandungan pendukung Protein (1 g), karbohidrat (13 g), natrium/sodium (60 g), sirop, glukosa, air, perisa makanan, minyak nabati
Jenis Gummy
Takaran saji 1 saset per hari
Isi 4 saset @16 g
Kisaran Harga Rp16.020

10. Nature’s Plus Vitamin D3

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Vitamin D3 dalam bentuk gel lunak

Vitamin D pada suplemen ini didapatkan dari minyak hati ikan laut dalam. Dengan kandungan vitamin D aktif dan bentuknya yang mudah ditelan, Nature’s Plus Vitamin D3 dapat langsung diserap oleh tubuh.

Vitamin tulang terbaik ini bebas gluten serta diproduksi sesuai standar ketat untuk menjaga kemurniannya. Manfaat yang Anda dapatkan antara lain meningkatkan kekuatan tulang dan membantu mengatasi nyeri tulang, mencegah osteoporosis, hipokalsemia dan kelemahan otot, menghambat pembelahan sel kanker, dan masih banyak lagi.

Kandungan utama Vitamin D3 (as cholecalciferol) 400 IU
Kandungan pendukung Vitamin A (as retinol) 800 IU
Jenis Kapsul lunak
Takaran saji 1 kapsul per hari
Isi 90 butir
Kisaran Harga Rp230.000

Tabel Perbandingan Vitamin Tulang

Produk Calcium-D Redoxon (CDR) Wellness Calcium Citrate Nutrimax Vitamin D3 400 IU Blackmores Calcimag Multi Osteocare Vitabiotics Ostelin Vitamin D3 1000IU BioCalci 72 – Ester C Bio-Tech Pharmacal Vitamin D3 Fitkom Gummy Calcium Nature’s Plus Vitamin D3
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan utama Kalsium (250 mg) Kalsium sitrat (200 mg) Vitamin D3 400 IU Kalsium sitrat (229,2 mg), cholecalciferol (vitamin D3 200 IU) 5 µg Vitamin D (as D3 1.000 IU) 25 µg, kalsium (800 mg) Vitamin D3 1.000 IU Kalsium (363 mg), vitamin D3 400 IU Vitamin D3 50.000 IU (as cholecalciferol) 1.250 µg Kalsium, vitamin D Vitamin D3 (as cholecalciferol) 400 IU
Kandungan pendukung Vitamin C (1.000 mg), vitamin D 300 IU Vitamin D 400 IU, magnesium (10 mg), zinc (2 mg) Magnesium (115,9 mg), asam amino zinc chelate (zinc 2,5 mg) 12,5 mg, asam amino mangan chelate (mangan 1,5 mg) 15 mg, asam askorbat (vitamin C) 60 mg, phytomenadione (vitamin K1) 5 µg, asam folat (100 µg) Magnesium (300 mg), zinc (10 mg), copper (500 µg), manganese (0,5 mg), selenium (0,5 µg), boron (0,6 mg) Ester-C (300 mg) Protein (1 g), karbohidrat (13 g), natrium/sodium (60 g), sirop, glukosa, air, perisa makanan, minyak nabati Vitamin A (as retinol) 800 IU
Jenis Tablet effervescent Tablet Tablet salut selaput Tablet Tablet Kapsul Tablet salut selaput Kapsul Gummy Kapsul lunak
Takaran saji 1 tablet per hari 2 tablet per hari 1 kali per hari Dewasa: 1 – 2 tablet per hari

Anak-anak 9 – 12 tahun: 1 tablet per hari

2 tablet per hari Dewasa dan anak >12 tahun: 1 kapsul per hari 1 tablet per hari 1 kapsul per hari 1 saset per hari 1 kapsul per hari
Isi 10 butir 60 butir 120 butir 60 butir 30 butir 60 butir 30 butir 50 butir 4 saset @16 g 90 butir
Kisaran harga Rp46.000 Rp184.000  Rp130.000 Rp160.000 Rp109.000 Rp150.000 Rp74.449 Rp250.000 Rp16.020 Rp230.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Blibli Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Yuk, cek rekomendasi vitamin untuk nutrisi tulang dari PickyBest lainnya!

Memiliki tulang sehat dan kuat hingga usia lanjut adalah dambaan setiap orang. Selain menjalani pola hidup sehat, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin untuk memastikan kebutuhan nutrisi tulang Anda terpenuhi.

Namun, untuk Anda yang tidak terlalu suka suplemen, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi susu. Pada artikel berikut ini kami telah merangkum informasinya untuk Anda.

Panduan Konsumsi Vitamin Tulang berdasarkan Usia dan Kondisi Kesehatan

blank

Vitamin D pada vitamin tulang berfungsi untuk menyerap kalsium dan fosfor di dalam tulang, menguatkan hubungan antarsel, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kebutuhan vitamin D harian dapat terpenuhi dengan makanan seperti ikan berlemak, telur, hati sapi, keju, jamur, serta diimbangi dengan kebiasaan berjemur di pagi hari.

Bila kondisi tubuh Anda sehat dan tidak mengalami masalah medis apa pun, Anda tidak perlu minum suplemen vitamin D setiap hari. Hanya kelompok orang tertentu saja yang disarankan oleh dokter untuk minum suplemen vitamin D sesuai dengan kebutuhannya.

  • Berdasarkan usia, suplemen vitamin D dibutuhkan oleh lansia di atas 70 tahun, karena mereka mengalami penurunan kemampuan dalam memproduksi vitamin D hingga 75 persen.
  • Berdasarkan kondisi kesehatan, suplemen vitamin D juga diperlukan oleh kelompok yang kekurangan kalsium dan membutuhkan asupan vitamin D tambahan, seperti wanita pascamenopause, ibu hamil dan menyusui, pria dan wanita yang membutuhkan steroid jangka panjang, orang dengan penyakit ginjal kronis, dan orang dengan penyakit paratiroid.

Kesimpulan

Kalsium dan vitamin D adalah kombinasi yang baik untuk menghindari osteoporosis. Selain bisa didapat dari sumber alami, kandungan tersebut juga bisa didapat dari suplemen vitamin tulang, khususnya bila Anda memasuki usia tertentu atau dalam kondisi kekurangan kalsium.

Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda dapat menentukan pilihan mana vitamin tulang terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dalam memenuhi asupan kalsium dan vitamin D harian. Mari jaga tulang agar tetap kuat!

Referensi

Calcium, Vitamin D, and Your Bones
https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000490.htm diakses pada 25 Februari 2021

Ragam Vitamin untuk Tulang
https://www.alodokter.com/ragam-vitamin-untuk-tulang diakses pada 25 Februari 2021

Calcium and Vitamin D: The Backbones of Bone Health
https://takecareof.com/articles/4-best-vitamins-supplements-bone-health diakses pada 25 Februari 2021

Vitamin Banyak Bentuknya, Mana yang Paling Bagus?
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3057574/vitamin-banyak-bentuknya-mana-yang-paling-bagus diakses pada 25 Februari 2021

Are Vitamin Drinks Better than Tablets?
https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/wellbeing/a28651/liquid-vitamins-vs-tablets-pills-supplements/ diakses pada 25 Februari 2021

Fakta-fakta Menarik Seputar Obat Kapsul
https://www.guesehat.com/fakta-fakta-menarik-seputar-obat-kapsul diakses pada 25 Februari 2021

Do Gummy Vitamins Work, and Are They Good or Bad for You?
https://www.healthline.com/nutrition/gummy-vitamins#benefits diakses pada 25 Februari 2021

You may also like

Comments are closed.