Written by 16:01 DIY & Tools

10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik

Bor listrik akan mempermudah pekerjaan Anda memasang lukisan dinding, membuat furnitur, hingga melakukan proyek DIY (Do It Yourself). Untuk penggunaan intens, disarankan menggunakan bor listrik dengan kabel. Sementara itu, bila Anda bermaksud mengerjakan kerajinan tangan berskala kecil, bor listrik tanpa kabel lebih nyaman digunakan.

Cukup banyak pilihan bor listrik di pasaran, mulai dari Bosch, Kenmaster, Nankai, dan MAILTank. Setiap produk memiliki spesifikasi beragam. Untuk itu, Anda perlu memilih bor listrik berdasarkan preferensi dan kebutuhan. Guna membantu proses pemilihan, kami rangkum berbagai tips yang dapat Anda simak, dan tak lupa sepuluh bor listrik terbaik tercantum dalam list artikel ini. Selamat membaca!

Cara Memilih Bor Listrik

Seringkali, kebutuhan orang menggunakan bor listrik berbeda-beda. Ada yang memerlukan bor listrik dengan suplai daya terus-menerus agar pekerjaan cepat rampung. Pemilihan mesin bor juga perlu dipertimbangkan sesuai material permukaan yang ingin dilubangi oleh mata bor. Simaklah lebih lanjut cara memilih bor listrik di bagian ini!

Pilihlah Tipe Bor yang Menyanggupi Kebutuhan Anda

Secara umum, bor listrik dibedakan menjadi dua tipe, yaitu bor dengan kabel dan bor nirkabel. Kedua bor ini cukup nyaman digenggam tangan, namun karena sumber daya yang digunakan berbeda, Anda harus menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan.

Bor Tangan dengan Kabel: Suplai Daya Berkelanjutan untuk Memutar Mata Bor

Keuntungan bor listrik dengan kabel yakni mereka terhubung ke catu daya terus menerus, membuatnya takkan kehabisan daya selama tidak terjadi listrik padam. Sebab suplai daya berkelanjutan, performanya pun maksimal. Bor listrik berkabel hampir selalu menawarkan torsi lebih besar daripada bor nirkabel dalam melakukan fungsi yang sama. Tak heran, bor ini pun lebih sering dipakai untuk pekerjaan berat.

Bor dengan kabel atau cord drill sering diandalkan untuk melubangi kayu atau besi, tergantung jenis mata bor yang digunakan. Bor ini juga diturunkan kembali menjadi beberapa jenis, tetapi pembedanya hanya terletak pada ukuran mata bor. Selain itu, perkakas ini kadang tersedia dengan berbagai versi kecepatan putaran. Ada yang kecepatannya bisa diatur dan ada juga yang bisa melakukan putaran dua arah.

Bor Tangan tanpa Kabel: Lebih Ideal untuk Melakukan Pekerjaan Ringan

Bor tanpa kabel atau cordless drill umumnya menggunakan daya baterai untuk sumber tenaganya. Oleh sebab memakai baterai, tentu saja dayanya dapat habis dan mengurangi performa bor apabila digunakan terlalu lama. Untuk itulah bor ini lebih sering digunakan untuk mendukung pekerjaan ringan yang membutuhkan torsi rendah, seperti pengerjaan proyek Do It Yourself (DIY).

Sebagian besar bor tanpa kabel mendukung pekerjaan melubangi gipsum, dinding, kayu, dan besi. Khusus untuk melubangi material besi, mata bor yang digunakan berukuran lebih kecil. Beberapa versi bor nirkabel lain memiliki bobot lebih ringan yang juga sering dipakai sebagai obeng listrik untuk memasang sekrup agar proses kerja lebih mudah dan cepat.

Sesuaikan Mesin Bor dengan Jenis Material yang Ingin Dilubangi

Secara umum, mesin bor listrik yang beredar ada dua macam, yakni mesin impact drill dan mesin hammer drill. Sesuai namanya, impact drill umumnya hanya memberikan tumbukan biasa. Tipe ini lebih sering digunakan untuk mengencangkan paku atau sekrup. Selain itu, impact drill juga bisa untuk mengebor lubang sekrup pada kayu dengan gerakan menghantam maupun mencungkil seperti obeng.

Di sisi lain, hammer drill digunakan khusus untuk melubangi permukaan yang keras seperti batu bata, kayu, besi, dan beton. Ketika Anda menggunakannya, produk ini bekerja seperti palu yang menghantam permukaan keras dengan cepat. Mesin bor tipe hammer akan memberi hantaman ke depan dan belakang sekaligus bergetar. Hammer drill juga memiliki kopling yang bisa disetel untuk mengatur kecepatannya.

Perhatikan Jumlah RPM yang Memengaruhi Kecepatan Kerja

Kecepatan bor umumnya ditentukan dari jumlah rpm (rotasi per menit) pada poros mesin bor. Jumlah rpm menentukan seberapa cepat dan efisien mesin bor dapat membuat lubang pada material keras. Namun, kecepatan ini juga harus dipilih sesuai material yang akan dibor, sehingga menghasilkan kualitas pengeboran yang memuaskan.

Bor yang digunakan untuk material lebih keras harus memiliki rpm lebih tinggi agar bisa melakukan pekerjaan dengan hasil lebih cepat dan efisien. Sebagai contoh, bor listrik untuk beton harus memiliki rpm lebih besar dari bor kayu. Sementara itu, kebanyakan bor yang ada di pasaran umumnya berkecepatan rotasi antara 800 – 3.000 rpm dan biasanya disertai kontrol kecepatan yang bisa disesuaikan.

Untuk Bor Listrik Cordless, Cek Kekuatan dan Lama Recharge Baterai

Bor tanpa kabel umumnya datang dengan berbagai pilihan tegangan dan arus. Semakin tinggi tegangan maka semakin kuat baterainya. Akan tetapi, hal ini tak bisa dijadikan acuan karena yang secara langsung mempengaruhi baterai adalah jumlah milliampere hour (mAh). Satuan ini menginformasikan Anda masa pakai baterai yang semakin besar nilai mAh, maka daya tahan baterainya pun semakin lama.

Sementara itu, kapasitas baterai juga bisa Anda cek dari lamanya proses recharge. Baterai yang penuh dalam waktu beberapa puluh menit lebih sering berumur pendek. Untuk itu, pilihlah bor yang waktu pengisiannya antara 3 – 4 jam. Meskipun begitu, hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan pasti karena baterai Li-ion yang memiliki pengisian cepat misalnya, ternyata lebih tahan lama dibandingkan baterai nickel-cadmium

Kenali Fungsi Mata Bor untuk Pembelian Satu Set

Sebagian besar bor listrik dijual dengan beberapa mata bor. Untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu, Anda mungkin butuh mata bor dengan karakteristik yang mumpuni. Oleh sebab itu, membeli satu set mesin bor beserta mata bornya akan memberikan Anda keleluasaan dalam melakukan pekerjaan.

Mata Bor untuk Melubangi Permukaan Benda

Ada banyak jenis mata bor yang bisa digunakan untuk melubangi benda. Jenis yang paling umum adalah mata bor twist, yang datang dalam berbagai ukuran mulai dari 0 -88 mm. Mata bor ini mudah dikenali berkat alurnya yang seperti pembuka botol, dan sering digunakan untuk melubangi permukaan datar logam, kayu, dan batu bata.

Untuk melubangi material lebih keras seperti batu atau logam, gunakanlah mata bor baja. Mata bor baja bersifat lunak, sehingga lebih ideal melubangi material keras tanpa khawatir mudah tumpul. Jenis lainnya ada mata bor titanium yang memiliki lapisan berwarna emas untuk mengebor logam keras, dan mata bor batu yang umumnya memiliki kepala berbentuk panah lebar.

Mata Bor untuk Mengencangkan Baut

Setiap jenis sekrup atau baut umumnya memiliki slot yang berbeda di kepala mereka, yang berarti Anda juga memerlukan mata bor yang sesuai. Anda akan tahu betapa pentingnya memiliki satu set mata bor berbeda ketika kesulitan menyatukan beberapa sekrup dasar. Mata bor ini terbuat dari paduan baja chromium-vanadium, yang banyak dikenal sebagai mata bor obeng CR-V.

Untuk mengidentifikasi mata bor yang dibutuhkan, cobalah lihat kepala bautnya. Untuk baut slot (negatif), Anda akan butuh mata bor slot yang memiliki desain pipih seperti alat pahat. Baut lainnya yaitu phillips (positif), ini biasanya membutuhkan mata bor phillips berbagai ukuran dengan ujung runcing dan sedikit lancip. Sementara lainnya ada obeng pozi, star, persegi, dan soket.

Mata Bor untuk Menghaluskan Kayu

Selain untuk melubangi dan mengencangkan baut, sebagian mata bor juga ada yang difungsikan untuk menghaluskan kayu. Ada dua jenisnya yakni sanding disc dan sanding drum. Secara umum mata bor ini dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan Anda ketika menghaluskan permukaan bidang yang sulit, melengkung, dan tidak teratur.

Sanding disc berbentuk cakram dan bisa bergerak secara orbital. Jenis ini dipakai untuk mengampelas material kasar atau melucuti cat dari furnitur lama. Mata bor sanding disc juga memungkinkan Anda menghaluskan permukaan yang sulit dijangkau, terutama di area sempit. Sementara sanding drum lebih sering diaplikasikan pada permukaan lengkung yang membutuhkan presisi tepat.

10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik

Selanjutnya, kami akan mencatutkan deskripsi lengkap terkait bor listrik terbaik di Indonesia. Anda dapat menjadikan list di bawah ini sebagai referensi memilih dengan menerapkan poin-poin bahasan kita sebelumnya. Pilihlah bor listrik berdasarkan preferensi kerja Anda, ya!

1. Hasston Prohex Art. 3075-006 Electric Impact Drill

Motor super kencang untuk mempercepat pekerjaan

Untuk Anda yang menginginkan mesin bor dengan harga murah, Hasston Prohex Art 3075-006 layak menjadi salah satu pilihan. Satu set bor listrik ini terdiri dari sebuah unit mesin bor 220 V, dengan masing-masing bonus 5 pcs mata bor kayu, mata bor besi, dan mata bor beton. Produk ini dilengkapi 5 pcs batu gerinda mounted untuk melakukan polesan.

Hasston Prohex Art 3075-006 bisa digunakan sebagai impact dan juga hammer drill dengan daya hantam 46.400 kali per menit. Bor listrik ini memiliki kecepatan maksimal 2.900 rpm yang disertai triger variable speed untuk penyesuaian kecepatan. Kelebihan lainn produk ini yakni memiliki lapisan chrome cantik, lubang angin untuk membuang panas, dan tombol reversible untuk mengubah arah putaran.

Tipe borDengan kabel (cord)
Mesin borImpact
Daya hantam (impact power)46.400 bpm
Jumlah RPM (tanpa beban)2.900 rpm
Pengaturan kecepatan
Reversible
Konsumsi listrik500 W
Diameter pengeboranMaksimal 13 mm
Bobot borTidak diketahui
Kelengkapan paketBor, handle bor, rol meter, cutter, batu gerinda mounted (5 pcs), mata bor beton (5 pcs), mata bor kayu (5 pcs), obeng, pensil, carbon brush, sarung tangan
Kisaran hargaRp469.000

2. Bosch GSB 550 Professional

Andal untuk pekerjaan berat seperti konstruksi dan industri

Bosch GSB 550 cukup andal untuk pekerjaan berat seperti konstruksi dan skala industri. Bagi Anda yang memerlukan mesin bor untuk kebutuhan intens, ada baiknya untuk mempertimbangkan produk satu ini. Dengan harga lebih dari setengah juta, Anda memperoleh bor listrik yang sanggup melubang tembok, baja, dan beton dengan maksimal.

Bor listrik Bosch berikut dapat beroperasi sebagai impact drill maupun rotary hammer drill dengan kecepatan maksimal 2.800 rpm. Anda bisa mengatur atau mengubah sendiri putaran arah mata bor. Rentang pengeboran produk ini pun bervariasi, untuk melubangi beton dan batu 13 mm, kayu 25 mm, dan besi 10 mm. Tenang saja, pada satu paket pembelian, telah tersedia mata bor untuk masing-masing material.

Tipe borDengan kabel (cord)
Mesin borImpact
Daya hantam (impact power)41.600 bpm
Jumlah RPM (tanpa beban)2.800 rpm
Pengaturan kecepatan
Reversible
Konsumsi listrik550 W
Diameter pengeboranTembok (13 mm), baja (10 mm), kayu (25 mm), beton (13 mm)
Bobot bor1,8 kg
Kelengkapan paketBor, masonry drill bit (4 pcs), wood drill bit (4 pcs), PH2 screw bit (2 pcs), screw set, wall plug set, kotak alat
Kisaran hargaRp529.000

3. Kova Cordless Impact Drill 20 V

Mesin bor tanpa kabel yang cocok untuk keperluan rumah tangga

Cordless drill 20 V ini cocok untuk pekerjaan ringan seperti memutar sekrup atau mengebor tembok, besi, dan kayu. Bor listrik besutan Kova ini sanggup beroperasi selama 3 – 4 jam tanpa henti dengan lama pengecesan kurang dari 3 jam. Untuk kekuatan torsi sekitar 24-14 Nm, di mana Anda bisa setting putarannya dengan variasi antara 360 – 1.300 rpm.

Kova Cordless Impact Drill 20 V memiliki fungsi screwdriver yang dapat mengubah posisi sekrup berukuran 1 – 18. Bor listrik ini juga dibekali fungsi hammer drill yang setara dengan mesin bor dinding atau beton. Selain itu, keunggulan lain produk ini terletak pada adanya flat drill yang mampu membuat lubang pada logam, kayu, dan plastik dengan presisi.

Tipe borTanpa kabel (cordless)
Mesin borImpact
Daya hantam (impact power)Tidak diketahui
Jumlah RPM (tanpa beban)360 – 1.300 rpm
Pengaturan kecepatan
Reversible
Voltase bateraiMaksimal 20 V
Durasi pengecasan (recharge)< 3 jam
Durasi penggunaan3 – 4 jam
Diameter pengeboranTidak diketahui
Bobot borTidak diketahui
Kelengkapan paketBor, user manual, alat pengisian daya baterai, baterai (2 pcs), mata bor (15 pcs), kunci sok (9 pcs)
Kisaran hargaRp545.000

4. Bosch GSB 120-LI Professional

Pengoperasian lebih lama dengan baterai Li-ion 12 V

GSB 120-LI Professional dari Bosch satu ini dilengkapi dua baterai lithium-ion 12 V dengan perlindungan sel elektronik untuk mencegah baterai dari kelebihan beban. Kapasitas maksimal pengeborannya yakni 19 mm pada kayu, 6 mm pada baja, 8 mm pada dinding, dan 7 mm untuk skrup.

Mesin bor listrik ini sanggup mencapai torsi 11 – 28 Nm dengan kecepatan 400 – 1.300 rpm. Bosch memberi akses pengguna melakukan pengaturan kecepatan sesuai kebutuhan. Belum berhenti, produk ini disematkan lampu LED untuk membantu penglihatan Anda ketika bekerja. Selain itu, berkat chuck tanpa kunci, Anda semakin mudah melakukan penggantian aksesoris bor ukuran 1 – 10 mm.

Tipe borTanpa kabel (cordless)
Mesin borImpact
Daya hantam (impact power)19.500 bpm
Jumlah RPM (tanpa beban)400 rpm (1st gear) / 1.300 rpm (2nd gear)
Pengaturan kecepatan
Reversible
Voltase baterai12 V
Durasi pengecasan (recharge)Tidak diketahui
Durasi penggunaanTidak diketahui
Diameter pengeboranSekrup (7 mm), kayu (19 mm), baja (6 mm), dinding (8 mm)
Bobot borTidak diketahui
Kelengkapan paketBor, carrying case, 2 x 1.5 Ah Li-Ion batteries (12 V), GAL 1210 CV charger
Kisaran hargaRp1.115.000

5. Modern M-2130

Jenis bor yang sangat murah, namun kuat dan tangguh

Jenis bor satu ini cukup populer karena harganya yang cukup terjangkau. Bor Modern M–2130 dapat Anda jadikan alat untuk pengeboran biasa (impact) maupun pengeboran tembok (drill) dengan mengubah tombol mode yang disediakan. Selain putaran kuat dan kencang, mata bor perkakas ini bersifat reversible.

Bentuk kompak menjadikan bor listrik Modern seri ini nyaman digenggam. Anda tak perlu membeli mata bor terpisah karena pada satu setnya, telah disediakan mata bor untuk beberapa jenis permukaan. Lengkap dengan koper, Anda semakin praktis membawa alat ke lokasi kerja.

Tipe borDengan kabel (cord)
Mesin borImpact
Daya hantam (impact power)Tidak diketahui
Jumlah RPM (tanpa beban)2.600 rpm
Pengaturan kecepatan
Reversible
Konsumsi listrik550 W
Diameter pengeboranKayu (18 mm), besi (13 mm), tembok (13 mm)
Bobot borTidak diketahui
Kelengkapan paketBor, gagang tambahan dan pembatas kedalaman, mata bor beton (5 pcs), mata bor besi/kayu (9 pcs), mata bor gerinda/batu osco (5 pcs), obeng, meteran, sarung tangan, cutter, pensil, fisher (1 bungkus)
Kisaran hargaRp285.000

6. Kenmaster KM-603R Electric Drill 10mm

Mesin bor reversible yang bisa dibeli tanpa set yang lengkap

Bagi Anda yang memerlukan bor dengan fitur reversible harga miring, Kenmaster KM-603R boleh dijadikan pertimbangan. Bor listrik ini bisa Anda gunakan untuk melubangi besi dan kayu dengan ukuran maksimal 10 mm. Produk ini ocok untuk keperluan rumah tangga dengan pengonsumsian listrik 350 W.

Hanya saja, Kenmaster KM-603R tidak dijual satu paket. Untuk itu, Anda harus membeli sendiri mata bor yang diperlukan sesuai kebutuhan. Rancangan handle ergonomis memastikan tangan Anda selalu solid memegang mesin bor ketika melubangi permukaan benda.

Tipe borDengan kabel (cord)
Mesin borBiasa/standar
Jumlah RPM (tanpa beban)2.600 rpm
Pengaturan kecepatan
Reversible
Konsumsi listrik350 W
Diameter pengeboranBesi (10 mm), kayu (10 mm)
Bobot bor1,5 kg
Kelengkapan paketBor
Kisaran hargaRp168.000

7. NRT-PRO DC-340 + SET

Ditenagai baterai lithium-ion yang bisa mendukung pekerjaan berat

Seri unggulan dari NRT PRO ini merupakan jenis cordless drill yang tangguh melakukan pengeboran pada beton, tembok, kayu, dan besi. Mesin bertenaga bor ini ditenagai dua baterai lithium-ion yang menjamin efektivitas kerja lebih tahan lama, serta mampu diandalkan untuk bermacam pekerjaan berat.

Bila Anda memerlukan bor listrik yang bisa berputar bolak-balik untuk mengencangkan hingga membuka baut, sekrup, atau melakukan pemasangan mur, NRT-PRO DC-340 menjadi produk yang tak boleh Anda lewatkan. Terlebih lagi, flexible screwdriver yang juga terangkum dalam satu unit bor ini memungkinkan Anda menjangkau sudut kerja lebih sempit.

Tipe borTanpa kabel (cordless)
Mesin borImpact
Daya hantam (impact power)Tidak diketahui
Jumlah RPM (tanpa beban)450 rpm / 1.700 rpm
Pengaturan kecepatan
Reversible
Voltase bateraiMaksimal 20 V
Durasi pengecasan (recharge)Tidak diketahui
Durasi penggunaanTidak diketahui
Diameter pengeboranBesi (10 mm), beton (8 mm), kayu (20 mm)
Bobot borTidak diketahui
Kelengkapan paketBor, baterai 20 V Lithium Ion (2 pcs), charger, mata sock ukuran 5 – 13 mm (9 pcs), mata obeng plus (3 pcs), mata obeng minus (2 pcs), mata bor besi ukuran 4,5,6 (3 pcs), mata bor kayu ukuran 4,5,6 (3 pcs), flexible xnake
Kisaran hargaRp544.888

8. Nankai Cordless Besar 10mm

Obeng elektrik dengan lama kerja 3 – 5 jam per sekali recharge

Butuh obeng otomatis untuk menunjang Anda membuat furnitur, pemasangan pigura dinding, atau proyek DIY? Cukup menyiapkan dana tak sampai tiga ratus ribu rupiah, bor listrik rancangan Nankai satu ini siap membantu pekerjaan Anda! Dengan harga terjangkau, Anda menerima satu paket obeng elektrik beserta 13 buah mata bor.

Bor listrik Nankai sangat efisien mengencangkan baut dibandingkan obeng manual. Produk ini turut membantu Anda yang sering melakukan pekerjaan electrical yang membutuhkan banyak mata obeng. Berat koper alat hanya 1,8 kg, tentu Anda lebih bebas bergerak mengerjakan seluruh proyek.

Tipe borTanpa kabel (cordless)
Mesin borBiasa/standar
Jumlah RPM (tanpa beban)Tidak diketahui
Pengaturan kecepatan
Reversible
Voltase baterai12 V
Durasi pengecasan (recharge)Tidak diketahui
Durasi penggunaan3 – 5 jam
Diameter pengeboran0,8 – 10 mm
Bobot bor1,8 kg
Kelengkapan paketSet obeng dan or tangan elektrik, mata baut (13 pcs), baterai (2 pcs), selang fleksibel
Kisaran hargaRp255.000

9. Orange 6103 Impact Electric Drill 13mm

Mengebor tembok hingga 13 mm dengan kekuatan maksimal

Bila dana Anda terbatas, namun menginginkan mesin bor satu set dengan beberapa sediaan mata bor, kami rekomendasikan Orange 6103 ini kepada Anda. Dalam box perlengkapannya, Anda bisa mendapatkan satu unit mesin bor impact 500 W beserta satu set mata bor besi, mata bor beton, dan mata bor gerinda yang bisa langsung digunakan.

Di samping kebebasan mengatur arah putaran, Anda juga dapat menyetel sendiri kecepatan putar mesinnya. Satu set bor Orange 6103 dikemas dalam koper plastik yang selain tebal, juga tergolong kukuh. Baik untuk keperluan rumah tangga hingga proyek pembuatan furnitur sederhana, Anda bisa andalkan bor listrik ini!

Tipe borDengan kabel (cord)
Mesin borImpact
Daya hantam (impact power)Tidak diketahui
Jumlah RPM (tanpa beban)2.800 rpm
Pengaturan kecepatan
Reversible
Konsumsi listrik500 W
Diameter pengeboranMaksimal 13 mm
Bobot borTidak diketahui
Kelengkapan paketBor, mata bor besi, mata or beton, mata bor gerinda, koper
Kisaran hargaRp219.000

10. MAILTank SH190 Cordless Impact Drill

Cordless drill dengan baterai tanam yang lebih awet dan kuat

Untuk pengoperasian bor tanpa kabel dari MAILTank ini, diperlukan dua baterai tanam berbahan litium. Di bagian handle tempat Anda menggenggam bor untuk dioperasikan, terdapat lapisan karet yang selain membuat tangan Anda tak mudah bergeser, karet tersebut akan mengurangi getaran untuk cegah tangan cepat lelah.

Bila lokasi pekerjaan Anda minim cahaya, MAILTank SH190 dilengkapi lampu LED terfokus pada area pengeboran. Tak hanya membuat pekerjaan Anda semakin nyaman, bor listrik ini pun dipastikan tahan lama meski sering dipakai berkat lubang sirkulasi yang akan mengeluarkan suhu panas akibat perputaran mesin.

Tipe borTanpa kabel (cordless)
Mesin borImpact
Daya hantam (impact power)Tidak diketahui
Jumlah RPM (tanpa beban)550 rpm / 1750 rpm
Pengaturan kecepatan
ReversibleTidak diketahui
Voltase baterai32 V
Durasi pengecasan (recharge)Tidak diketahui
Durasi penggunaan3 – 5 jam
Bobot borTidak diketahui
Kelengkapan paketBor, baterai (2 pcs), charger, tali pergelangan tangan, mata bor (1 set)
Kisaran hargaRp500.000

Kesimpulan

Guna mempermudah pengerjaan, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli bor listrik ketimbang hanya mengandalkan obeng biasa. Entah menggunakan sumber daya baterai rechargeable maupun suplai daya terus-menerus dari aliran listrik, Anda dianjurkan memilih bor listrik paling sesuai dengan level pekerjaan Anda.

Efektivitas kinerja bor listrik dibedakan berdasarkan mesin bor yang digunakan. Tak hanya itu, mata bor turut berperan memengaruhi hasil kerja. Maka dari itu, bila Anda punya dana lebih, lebih baik membeli bor listrik yang dijual satu set dengan mata bor, termasuk mata bor untuk mengampelas atau melakukan polesan.

(Visited 16.749 times, 260 visits today)